kecilkan semua  

Teks -- 1 Samuel 15:1-35 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Saul ditolak sebagai raja
15:1 Berkatalah Samuel kepada Saul: "Aku telah diutus oleh TUHAN untuk mengurapi engkau menjadi raja atas Israel, umat-Nya; oleh sebab itu, dengarkanlah bunyi firman TUHAN. 15:2 Beginilah firman TUHAN semesta alam: Aku akan membalas apa yang dilakukan orang Amalek kepada orang Israel, karena orang Amalek menghalang-halangi mereka, ketika orang Israel pergi dari Mesir. 15:3 Jadi pergilah sekarang, kalahkanlah orang Amalek, tumpaslah segala yang ada padanya, dan janganlah ada belas kasihan kepadanya. Bunuhlah semuanya, laki-laki maupun perempuan, kanak-kanak maupun anak-anak yang menyusu, lembu maupun domba, unta maupun keledai." 15:4 Lalu Saul memanggil rakyat berkumpul dan memeriksa barisan mereka di Telaim: ada dua ratus ribu orang pasukan berjalan kaki dan sepuluh ribu orang Yehuda. 15:5 Setelah Saul sampai ke kota orang Amalek, disuruhnyalah orang-orang menghadang di lembah. 15:6 Berkatalah Saul kepada orang Keni: "Berangkatlah, menjauhlah, pergilah dari tengah-tengah orang Amalek, supaya jangan kulenyapkan kamu bersama-sama dengan mereka. Bukankah kamu telah menunjukkan persahabatanmu kepada semua orang Israel, ketika mereka pergi dari Mesir?" Sesudah itu menjauhlah orang Keni dari tengah-tengah orang Amalek. 15:7 Lalu Saul memukul kalah orang Amalek mulai dari Hawila sampai ke Syur, yang di sebelah timur Mesir. 15:8 Agag, raja orang Amalek, ditangkapnya hidup-hidup, tetapi segenap rakyatnya ditumpasnya dengan mata pedang. 15:9 Tetapi Saul dan rakyat itu menyelamatkan Agag dan kambing domba dan lembu-lembu yang terbaik dan tambun, pula anak domba dan segala yang berharga: tidak mau mereka menumpas semuanya itu. Tetapi segala hewan yang tidak berharga dan yang buruk, itulah yang ditumpas mereka. 15:10 Lalu datanglah firman TUHAN kepada Samuel, demikian: 15:11 "Aku menyesal, karena Aku telah menjadikan Saul raja, sebab ia telah berbalik dari pada Aku dan tidak melaksanakan firman-Ku." Maka sakit hatilah Samuel dan ia berseru-seru kepada TUHAN semalam-malaman. 15:12 Lalu Samuel bangun pagi-pagi untuk bertemu dengan Saul, tetapi diberitahukan kepada Samuel, demikian: "Saul telah ke Karmel tadi dan telah didirikannya baginya suatu tanda peringatan; kemudian ia balik dan mengambil jurusan ke Gilgal." 15:13 Ketika Samuel sampai kepada Saul, berkatalah Saul kepadanya: "Diberkatilah kiranya engkau oleh TUHAN; aku telah melaksanakan firman TUHAN." 15:14 Tetapi kata Samuel: "Kalau begitu apakah bunyi kambing domba, yang sampai ke telingaku, dan bunyi lembu-lembu yang kudengar itu?" 15:15 Jawab Saul: "Semuanya itu dibawa dari pada orang Amalek, sebab rakyat menyelamatkan kambing domba dan lembu-lembu yang terbaik dengan maksud untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allahmu; tetapi selebihnya telah kami tumpas." 15:16 Lalu berkatalah Samuel kepada Saul: "Sudahlah! Aku akan memberitahukan kepadamu apa yang difirmankan TUHAN kepadaku tadi malam." Kata Saul kepadanya: "Katakanlah." 15:17 Sesudah itu berkatalah Samuel: "Bukankah engkau, walaupun engkau kecil pada pemandanganmu sendiri, telah menjadi kepala atas suku-suku Israel? Dan bukankah TUHAN telah mengurapi engkau menjadi raja atas Israel? 15:18 TUHAN telah menyuruh engkau pergi, dengan pesan: Pergilah, tumpaslah orang-orang berdosa itu, yakni orang Amalek, berperanglah melawan mereka sampai engkau membinasakan mereka. 15:19 Mengapa engkau tidak mendengarkan suara TUHAN? Mengapa engkau mengambil jarahan dan melakukan apa yang jahat di mata TUHAN?" 15:20 Lalu kata Saul kepada Samuel: "Aku memang mendengarkan suara TUHAN dan mengikuti jalan yang telah disuruh TUHAN kepadaku dan aku membawa Agag, raja orang Amalek, tetapi orang Amalek itu sendiri telah kutumpas. 15:21 Tetapi rakyat mengambil dari jarahan itu kambing domba dan lembu-lembu yang terbaik dari yang dikhususkan untuk ditumpas itu, untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allahmu, di Gilgal." 15:22 Tetapi jawab Samuel: "Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan sama seperti kepada mendengarkan suara TUHAN? Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik dari pada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan. 15:23 Sebab pendurhakaan adalah sama seperti dosa bertenung dan kedegilan adalah sama seperti menyembah berhala dan terafim. Karena engkau telah menolak firman TUHAN, maka Ia telah menolak engkau sebagai raja." 15:24 Berkatalah Saul kepada Samuel: "Aku telah berdosa, sebab telah kulangkahi titah TUHAN dan perkataanmu; tetapi aku takut kepada rakyat, karena itu aku mengabulkan permintaan mereka. 15:25 Maka sekarang, ampunilah kiranya dosaku; kembalilah bersama-sama dengan aku, maka aku akan sujud menyembah kepada TUHAN." 15:26 Tetapi jawab Samuel kepada Saul: "Aku tidak akan kembali bersama-sama dengan engkau, sebab engkau telah menolak firman TUHAN; sebab itu TUHAN telah menolak engkau, sebagai raja atas Israel." 15:27 Ketika Samuel berpaling hendak pergi, maka Saul memegang punca jubah Samuel, tetapi terkoyak. 15:28 Kemudian berkatalah Samuel kepadanya: "TUHAN telah mengoyakkan dari padamu jabatan raja atas Israel pada hari ini dan telah memberikannya kepada orang lain yang lebih baik dari padamu. 15:29 Lagi Sang Mulia dari Israel tidak berdusta dan Ia tidak tahu menyesal; sebab Ia bukan manusia yang harus menyesal." 15:30 Tetapi kata Saul: "Aku telah berdosa; tetapi tunjukkanlah juga hormatmu kepadaku sekarang di depan para tua-tua bangsaku dan di depan orang Israel. Kembalilah bersama-sama dengan aku, maka aku akan sujud menyembah kepada TUHAN, Allahmu." 15:31 Sesudah itu kembalilah Samuel mengikuti Saul. Dan Saul sujud menyembah kepada TUHAN. 15:32 Lalu berkatalah Samuel: "Bawa ke mari Agag, raja Amalek itu." Dengan gembira Agag pergi kepadanya, sebab pikirnya: "Sesungguhnya, kepahitan maut telah lewat." 15:33 Tetapi kata Samuel: "Seperti pedangmu membuat perempuan-perempuan kehilangan anak, demikianlah ibumu akan kehilangan anak di antara perempuan-perempuan." Sesudah itu Samuel mencincang Agag di hadapan TUHAN di Gilgal. 15:34 Kemudian Samuel pergi ke Rama, tetapi Saul pergi ke rumahnya, di Gibea-Saul. 15:35 Sampai hari matinya Samuel tidak melihat Saul lagi, tetapi Samuel berdukacita karena Saul. Dan TUHAN menyesal, karena Ia menjadikan Saul raja atas Israel.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Agag king of the Amalekites in Samuel's time
 · Amalek members of the nation of Amalek
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Amalek members of the nation of Amalek
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Gibea- a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Gibeat a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Gibeon a town of Benjamin pioneered by Jeiel of Benjamin
 · Gilgal a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Hawila son of Cush son of Ham son of Noah,son of Joktan of Shem,a region encircled by the Pishon River,a place whose exact position is unknown
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Mesir descendants of Mizraim
 · orang Amalek members of the nation of Amalek
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Keni resident(s) of the southeastern hill country of Judah
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · perempuan Karmel a woman resident of the town of Carmel
 · Rama a town 8 km north of Jerusalem,a town of Simeon,a town of Benjamin 9 km north of Jerusalem and 8 km south of Bethel (OS),a town on the border of Asher (OS),a town of Ephraim 10 km SE of Aphek, and 25 km east of Joppa,a town in Gilead 50-60 km east of Beth-Shan
 · Samuel son of Ammihud; Moses' land distribution deputy for Simeon,son of Tola son of Issachar
 · Saul the sixth king of Edom,son of Simeon and a Canaanite woman,son of Uzziah of Kohath son of Levi
 · Saulus the man from Tarsus who became a great apostle to the gentiles,the first king of Isreal,son of Kish of Benjamin; king of Israel before David
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Amalek members of the nation of Amalek
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Syur the wilderness region in the NW part of the Sinai isthmus
 · Telaim a place in the Negeb of Judah (OS)
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"


Topik/Tema Kamus: Saul | Samuel | Amalek, Orang | Hukuman | Agag | Orang Amalek | Tobat, Pertobatan | Nabi | Tutup, Tutup Perdamaian | Dosa | Perang | Tidak Berterima Kasih Kepada Allah | Serakah, Keserakahan | Hukum, Hukuman | Raja | Domba | Tentara, Pasukan Israel | Suku Yehuda | Berontak, Pemberontakan Kepada Allah | Orang Keni | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Sam 15:2 - MEMBALAS APA YANG DILAKUKAN ORANG AMALEK. Nas : 1Sam 15:2 Suku Amalek (yaitu, keturunan Amalek) menjadi suku pertama yang menentang Allah dan bangsa Israel di padang gurun (Kel 17:8-13). Me...

Nas : 1Sam 15:2

Suku Amalek (yaitu, keturunan Amalek) menjadi suku pertama yang menentang Allah dan bangsa Israel di padang gurun (Kel 17:8-13). Mereka melambangkan kuasa kejahatan dan perlawanan kepada Allah, umat-Nya, dan kebenaran-Nya. Tanggung jawab Saul ialah memusnahkan bangsa Amalek dan cara hidup mereka yang jahat (ayat 1Sam 15:3). Di bawah kedok semangat religius, Saul menolak untuk sepenuhnya menuruti perintah Allah mengenai bangsa Amalek sehingga kemudian ia ditolak sebagai raja oleh Allah (ayat 1Sam 15:18-23).

Full Life: 1Sam 15:3 - BUNUHLAH SEMUANYA ... KANAK-KANAK MAUPUN ANAK-ANAK YANG MENYUSU. Nas : 1Sam 15:3 Kejahatan, kekejaman, dan pemberontakan bangsa Amalek sudah demikian meluas sehingga penumpasan anak-anak yang menyusu adalah suatu...

Nas : 1Sam 15:3

Kejahatan, kekejaman, dan pemberontakan bangsa Amalek sudah demikian meluas sehingga penumpasan anak-anak yang menyusu adalah suatu tindakan kemurahan. Perhatikan bahwa karena hebatnya kefasikan umat manusia pada zaman Nuh, Allah dengan sedih mengambil keputusan untuk membinasakan semua orang termasuk anak-anak dan bayi-bayi (Kej 6:5-7). Di sini Allah juga memutuskan bahwa bangsa Amalek harus dimusnahkan. Lebih baik anak-anak Amalek mati ketika masih bayi daripada hidup di bawah pengaruh kebejatan dan kejahatan orang-tuanya.

Full Life: 1Sam 15:9 - SAUL DAN RAKYAT ITU ... TIDAK MAU MEREKA MENUMPAS SEMUANYA. Nas : 1Sam 15:9 Saul memberontak dan tidak menaati Allah dan perintah-perintah-Nya yang jelas (ayat 1Sam 15:2-3, ayat 1Sam 15:18-19) karena dia tid...

Nas : 1Sam 15:9

Saul memberontak dan tidak menaati Allah dan perintah-perintah-Nya yang jelas (ayat 1Sam 15:2-3, ayat 1Sam 15:18-19) karena dia tidak mengabdi kepada kehendak Allah dengan sepenuh hati. Ia menganggap firman Allah itu baik tetapi tidak demikian kudus sehingga harus ditaati dalam segala hal. Penolakan firman Tuhan olehnya (ayat 1Sam 15:22-23) menjadi lebih berarti lagi karena sebelumnya Saul telah ditegur sebab ketidaktaatannya (1Sam 13:13).

Full Life: 1Sam 15:22 - MENDENGARKAN LEBIH BAIK DARIPADA KORBAN SEMBELIHAN Nas : 1Sam 15:22 (versi Inggris NIV -- "menaati lebih baik ..."). Menaati Firman Allah dengan segenap hati adalah lebih baik daripada suatu bentuk ...

Nas : 1Sam 15:22

(versi Inggris NIV -- "menaati lebih baik ..."). Menaati Firman Allah dengan segenap hati adalah lebih baik daripada suatu bentuk penyembahan, pelayanan atau pengorbanan pribadi yang lahiriah. Dosa Saul ialah menempatkan pemahamannya sendiri tentang apa yang benar di atas penyataan alkitabiah; dosa ini akan menjadi titik pusat dari kemurtadan terakhir yang dinubuatkan untuk masa sebelum Yesus datang kembali (Mat 24:11,24; 2Tes 2:9-12; 2Tim 4:3-4; bd. 2Pet 2:1-22). Penyembahan, doa, puji-pujian, karunia-karunia rohani, dan pelayanan kepada Allah tidak berharga dalam pandangan-Nya jikalau tidak disertai ketaatan tegas kepada Allah dan standar kebenaran-Nya (bd. Yes 58:2; 59:2; 1Kor 13:1-13).

Full Life: 1Sam 15:23 - PENDURHAKAAN ... DOSA BERTENUNG. Nas : 1Sam 15:23 Dosa "bertenung" artinya berusaha untuk memanipulasi peristiwa, orang, atau masa depan dengan mempergunakan roh-roh orang yang sud...

Nas : 1Sam 15:23

Dosa "bertenung" artinya berusaha untuk memanipulasi peristiwa, orang, atau masa depan dengan mempergunakan roh-roh orang yang sudah mati (bd. Im 19:26; Ul 18:9-12). Pemberontakan terhadap Firman Allah adalah sama dengan dosa ini karena keduanya mencakup penolakan ke-Tuhanan Allah dan suatu usaha untuk menentukan kesudahan hal-hal dengan cara yang tidak selaras dengan cara Allah. Selanjutnya, kedua dosa itu mengeluarkan si pelanggar dari perlindungan Allah dan meletakkannya di bawah kuasa Iblis dan roh-roh jahat yang membinasakan (bd. 1Sam 16:14; 18:10; 19:9).

Full Life: 1Sam 15:23 - IA TELAH MENOLAK ENGKAU SEBAGAI RAJA. Nas : 1Sam 15:23 Teks : 1) Pencabutan hak Saul sebagai raja dan kemudian juga penolakan keturunannya tidak berarti bahwa Allah menolak Saul...

Nas : 1Sam 15:23

Teks :
  1. 1) Pencabutan hak Saul sebagai raja dan kemudian juga penolakan keturunannya tidak berarti bahwa Allah menolak Saul secara pribadi untuk selamanya. Sekalipun kedudukan Saul sebagai raja tidak pernah akan dipulihkan, ia masih dapat diampuni dan menikmati hubungan yang menyelamatkan dengan Allah melalui pertobatan yang sungguh-sungguh dan dengan hidup bagi Tuhan (ayat 1Sam 15:24-25,31).
  2. 2) Prinsip yang sama berlaku pada zaman perjanjian baru. Seorang pemimpin rohani dapat gagal secara moral, dan oleh karena itu ditolak selama-lamanya oleh Allah dari kedudukan rohani, namun tetap terbuka untuk menerima pengampunan, keselamatan, dan persekutuan yang sempurna dengan Allah

    (lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).

Full Life: 1Sam 15:35 - TUHAN MENYESAL. Nas : 1Sam 15:35 "Menyesal" (Ibr. _naham_) mengungkapkan perasaan dan kesedihan Allah yang mendalam atas pemberontakan Saul; kesedihan Allah mencak...

Nas : 1Sam 15:35

"Menyesal" (Ibr. _naham_) mengungkapkan perasaan dan kesedihan Allah yang mendalam atas pemberontakan Saul; kesedihan Allah mencakup penyesalan bahwa Ia telah mengangkat Saul menjadi raja Israel.

BIS: 1Sam 15:8-9 - tidak berguna dan tidak berharga Beberapa terjemahan kuno: tidak berguna dan tidak berharga.

Beberapa terjemahan kuno: tidak berguna dan tidak berharga.

BIS: 1Sam 15:15 - binasakan sama sekali binasakan sama sekali: Binatang-binatang itu telah dikhususkan bagi TUHAN tanpa syarat dan harus dibinasakan (lihat Ima 27:28)

binasakan sama sekali: Binatang-binatang itu telah dikhususkan bagi TUHAN tanpa syarat dan harus dibinasakan (lihat Ima 27:28)

BIS: 1Sam 15:32 - dengan penuh harapan ... lewat dengan penuh harapan ... lewat; atau dengan gemetar karena takut.

dengan penuh harapan ... lewat; atau dengan gemetar karena takut.

Jerusalem: 1Sam 15:1-35 - -- Bab 15 ini tidak tahu-menahu bahwa Saul sudah ditolak, 1Sa 13:8-15. Bab ini juga hanya mengutuk Saul, bukannya lembaga kerajaan. Hanya diperlihatkan s...

Bab 15 ini tidak tahu-menahu bahwa Saul sudah ditolak, 1Sa 13:8-15. Bab ini juga hanya mengutuk Saul, bukannya lembaga kerajaan. Hanya diperlihatkan suatu keterangan yang secara wajar terdapat pada lembaga kerajaan di Israel, yaitu keterangan antara politik keduniaan dan tuntutan-tuntutan dari pihak Tuhan. Keterangan itu memuncak dalam bentrokan antara raja dengan nabi: di sini Saul berbentrokan dengan Samuel: kemudian Ahab dengan Elia, Hizkia dengan Yesaya, Zedekia dengan Yeremia.

Jerusalem: 1Sam 15:9 - yang tidak berharga dan yang buruk Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Saul serta rakyatnya bersalah oleh karena tidak melaksanakan "herem" yang mesti dikenakan pada semua mak...

Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Saul serta rakyatnya bersalah oleh karena tidak melaksanakan "herem" yang mesti dikenakan pada semua makhluk yang berhayat. Dengan maksud baik Saul bertindak, sebab ia tidak melaksanakan "herem" untuk merampas bagian Allah (bagian terbaik dari jarahan), tetapi justru untuk mempersembahkannya kepada Tuhan, 1Sa 15:15. Dan di situlah terletak dramanya: kesalahan Saul ialah: hendak menyenangkan hati rakyat raja memilih sebuah cara untuk memuja Allah yang tidak dikehendaki Tuhan: Saul berusaha memperdamaikan Tuhan yang memilih dia menjadi raja dengan rakyat yang menobatkannya. Saul tidak secara mutlak mengutamakan Tuhan.

Jerusalem: 1Sam 15:12 - Karmel Ialah sebuah kota yang terletak di sebelah selatan Hebron, bdk 1Sa 25:2 dst. Ia terletak di jalan yang ditempatkan Saul dari Tanah Negeb ke Gilgal.

Ialah sebuah kota yang terletak di sebelah selatan Hebron, bdk 1Sa 25:2 dst. Ia terletak di jalan yang ditempatkan Saul dari Tanah Negeb ke Gilgal.

Jerusalem: 1Sam 15:22 - jawab Samuel Samuel tidak menolak korban pada umumnya. Tetapi apa yang berkenan di hati Tuhan ialah ketaatan batiniah, bukannya upacara lahiriah. Mengadakan upacar...

Samuel tidak menolak korban pada umumnya. Tetapi apa yang berkenan di hati Tuhan ialah ketaatan batiniah, bukannya upacara lahiriah. Mengadakan upacara melawan kehendak Allah berarti menyembah sesuatu yang lain dari Tuhan. Dengan demikian upacara menjadi pemujaan berhala, yang di sini disebut sebagai "bertenung" dan "terafim", yaitu berhala-berhala pelindung rumah serta harta milik, Kej 31:19,30 dst; 1Sa 19:13.

Jerusalem: 1Sam 15:23 - sama seperti menyembah berhala dan terafim Harafiah: (dosa) kesia-siaan dan terafim.

Harafiah: (dosa) kesia-siaan dan terafim.

Jerusalem: 1Sam 15:29 - -- Ayat ini berupa sisipan yang mengutip Bil 23:19.

Ayat ini berupa sisipan yang mengutip Bil 23:19.

Jerusalem: 1Sam 15:30 - menyembah kepada TUHAN, Allahmu Pembicara Samuel dengan Saul tidak ada orang yang menyaksikannya. Penolakan Saul tidak segera terlaksana (oleh karena raja mengaku dosanya?). Samuel s...

Pembicara Samuel dengan Saul tidak ada orang yang menyaksikannya. Penolakan Saul tidak segera terlaksana (oleh karena raja mengaku dosanya?). Samuel setuju menguatkan kuasa Saul sebagai raja dan bersama dengannya pergi ke tempat kudus.

Jerusalem: 1Sam 15:32 - sebab pikirnya... Naskah Ibrani tidak jelas dan terjemahannya dikira-kirakan saja.

Naskah Ibrani tidak jelas dan terjemahannya dikira-kirakan saja.

Jerusalem: 1Sam 15:33 - Samuel mencincang Agag Terjemahan lain: Samuel mencekik Agag. Samuel mengenakan "herem" pada Agag.

Terjemahan lain: Samuel mencekik Agag. Samuel mengenakan "herem" pada Agag.

Jerusalem: 1Sam 15:35 - tidak melihat Saul lagi Tetapi bdk 1Sa 19:22-24, yang berasal dari sebuah tradisi lain.

Tetapi bdk 1Sa 19:22-24, yang berasal dari sebuah tradisi lain.

Ende: 1Sam 15:1-35 - -- Bagian ini menerangkan, mengapa Sjaul ditolak sebagai radja. Tjeritera ini tidak tahu, bahwa Sjaul sudah ditolak (1Sa 13:8-15) dan kisah ini djuga tid...

Bagian ini menerangkan, mengapa Sjaul ditolak sebagai radja. Tjeritera ini tidak tahu, bahwa Sjaul sudah ditolak (1Sa 13:8-15) dan kisah ini djuga tidak tersambung dengan lingkungannja dalam kitab Sjemuel seperti tersusun sekarang.

Ende: 1Sam 15:3 - Mengharamkan sesuatu dalam peperangan, berarti bahwa sesuatu (orang atau barang) dichususkan dan disendirikan untuk Allah. karenanja semua mendjadi sutji dan tidak...

sesuatu dalam peperangan, berarti bahwa sesuatu (orang atau barang) dichususkan dan disendirikan untuk Allah. karenanja semua mendjadi sutji dan tidak boleh dipergunakan oleh manusia lagi. Karena itu semua dibinasakan atau jang paling berharga (emas, perak dsb) ditaruh dalam kuil Allah (dewa).

Ende: 1Sam 15:7 - Dari Hawila sampai ke Sjur merupakan istilah seperti "Dari Dan sampai ke Beer-Sjeba", dan artinja ialah: "seluruh daerah suku2 Bedawi".

merupakan istilah seperti "Dari Dan sampai ke Beer-Sjeba", dan artinja ialah: "seluruh daerah suku2 Bedawi".

Ende: 1Sam 15:9 - -- Jang terbaik itu diambil Sjaul bukannja untuk dirinja sendiri, melainkan untuk dikurbankan kepada Jahwe. Kendati maksud baik itu, ia melanggar perinta...

Jang terbaik itu diambil Sjaul bukannja untuk dirinja sendiri, melainkan untuk dikurbankan kepada Jahwe. Kendati maksud baik itu, ia melanggar perintah Tuhan jang menjuruh haramkan segala sesuatu. Mengharamkan sesuatu merupakan djuga sebangsa kurban, tetapi orang harus mematuhi kehendak Tuhan. Disini letaknja kesalahan Sjaul.

Ende: 1Sam 15:19 - -- Sebenarnja Jahwe berbitjara dengan Sjemuel, tetapi seorang nabi merupakan mulut Jahwe sendiri, hingga apa jang dikatakan oleh nabi, dikatakan oleh Jah...

Sebenarnja Jahwe berbitjara dengan Sjemuel, tetapi seorang nabi merupakan mulut Jahwe sendiri, hingga apa jang dikatakan oleh nabi, dikatakan oleh Jahwe.

Ende: 1Sam 15:22 - -- Apa jang ditolak disini bukanlah ibadat lahir (Sjemuel sendiri mempersembahkan kurban) melainkan ibadat, jang tidak disertai rasa keigamaan dan penjer...

Apa jang ditolak disini bukanlah ibadat lahir (Sjemuel sendiri mempersembahkan kurban) melainkan ibadat, jang tidak disertai rasa keigamaan dan penjerahan kepada Tuhan dalam hati.

Ende: 1Sam 15:23 - -- Tidak patuh disini disamakan dengan sihir dan menjembah berhala (terafim), oleh sebab orang jang tidak mau mendengarkan Allah, mendengarkan sesuatu ja...

Tidak patuh disini disamakan dengan sihir dan menjembah berhala (terafim), oleh sebab orang jang tidak mau mendengarkan Allah, mendengarkan sesuatu jang lain, machluk jang dianggap lebih penting daripada Allah, sebagaimana halnja dalam sihir dan penjembahan berhala.

Ende: 1Sam 15:25 - -- Rakjat tidak menjaksikan penolakan Sjaul sebagai radja. Sjaul berusaha agar hal itu tidak diberitahukan oleh kelakuan Sjemuel. Didepan umum Sjemuel ma...

Rakjat tidak menjaksikan penolakan Sjaul sebagai radja. Sjaul berusaha agar hal itu tidak diberitahukan oleh kelakuan Sjemuel. Didepan umum Sjemuel masih harus menghormati Sjaul sebagai radja.

Ende: 1Sam 15:28 - teman Sjaul disini ialah Dawud, jang akan mendjadi radja.

Sjaul disini ialah Dawud, jang akan mendjadi radja.

Ende: 1Sam 15:29 - -- Kedjajaan Israil ialah Allah.

Kedjajaan Israil ialah Allah.

Ende: 1Sam 15:32 - melawan kata Hibrani tidak terang artinja.

kata Hibrani tidak terang artinja.

Ende: 1Sam 15:33 - me-motong2 artinja kata Hibrani tidak diketahui.

artinja kata Hibrani tidak diketahui.

Endetn: 1Sam 15:4 - Telam diperbaiki (Yos 15:24). Tertulis: "Telaim".

diperbaiki (Yos 15:24). Tertulis: "Telaim".

Endetn: 1Sam 15:9 - tambun diperbaiki sesuai dengan terdjemahan Syriah. Tertulis: "jang kedua".

diperbaiki sesuai dengan terdjemahan Syriah. Tertulis: "jang kedua".

Endetn: 1Sam 15:9 - terhina dan terbuang menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani rusak.

menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani rusak.

Endetn: 1Sam 15:11 - sedih diperbaiki menurut terdjemahan Latin. Tertulis: "marah2".

diperbaiki menurut terdjemahan Latin. Tertulis: "marah2".

Endetn: 1Sam 15:18 - kautumpas diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "ditumpas oleh mereka".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "ditumpas oleh mereka".

Endetn: 1Sam 15:23 - -- kedjahatan terafimlah", diperbaiki menurut terdjemahan Junani Symachus. Tertulis: "Kesiaan dan terafimlah".

kedjahatan terafimlah", diperbaiki menurut terdjemahan Junani Symachus. Tertulis: "Kesiaan dan terafimlah".

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:1 - untuk mengurapi · untuk mengurapi: 1Sam 9:16; 1Sam 9:16

· untuk mengurapi: 1Sam 9:16; [Lihat FULL. 1Sam 9:16]

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:2 - orang Amalek · orang Amalek: Kej 14:7; Kej 14:7; 1Sam 14:48; 1Sam 14:48; 2Sam 1:8; 2Sam 1:8

· orang Amalek: Kej 14:7; [Lihat FULL. Kej 14:7]; 1Sam 14:48; [Lihat FULL. 1Sam 14:48]; 2Sam 1:8; [Lihat FULL. 2Sam 1:8]

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:3 - tumpaslah segala · tumpaslah segala: 1Sam 15:9,19; Kej 14:23; Kej 14:23; Yos 6:17; 1Sam 22:19; 27:9; 28:18; Est 3:13; 9:5

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:6 - orang Keni · orang Keni: Kej 15:19; Kej 15:19; Bil 24:22; Hak 1:16; 1Sam 30:29

· orang Keni: Kej 15:19; [Lihat FULL. Kej 15:19]; Bil 24:22; Hak 1:16; 1Sam 30:29

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:7 - orang Amalek // ke Syur · orang Amalek: 1Sam 14:48; 1Sam 14:48 · ke Syur: Kej 16:7; Kej 16:7

· orang Amalek: 1Sam 14:48; [Lihat FULL. 1Sam 14:48]

· ke Syur: Kej 16:7; [Lihat FULL. Kej 16:7]

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:8 - Agag // ditangkapnya hidup-hidup · Agag: Kel 17:8-16; Bil 24:7; Bil 24:7 · ditangkapnya hidup-hidup: Yos 8:23; Yos 8:23

· Agag: Kel 17:8-16; Bil 24:7; [Lihat FULL. Bil 24:7]

· ditangkapnya hidup-hidup: Yos 8:23; [Lihat FULL. Yos 8:23]

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:9 - itu menyelamatkan · itu menyelamatkan: 1Sam 15:3; 1Sam 15:3

· itu menyelamatkan: 1Sam 15:3; [Lihat FULL. 1Sam 15:3]

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:11 - Aku menyesal // telah berbalik // melaksanakan firman-Ku // sakit hatilah · Aku menyesal: Kej 6:6; Kej 6:6; Kel 32:14; Kel 32:14 · telah berbalik: Yos 22:16; Yos 22:16 · melaksanakan firman-Ku: Ayub 21:1...

· Aku menyesal: Kej 6:6; [Lihat FULL. Kej 6:6]; Kel 32:14; [Lihat FULL. Kel 32:14]

· telah berbalik: Yos 22:16; [Lihat FULL. Yos 22:16]

· melaksanakan firman-Ku: Ayub 21:14; 34:27; Mazm 28:5; Yes 5:12; 53:6; Yer 48:10; Yeh 18:24

· sakit hatilah: 1Sam 15:35; [Lihat FULL. 1Sam 15:35]; 1Sam 8:6; [Lihat FULL. 1Sam 8:6]

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:12 - ke Karmel // tanda peringatan · ke Karmel: Yos 15:55 · tanda peringatan: Bil 32:42; Bil 32:42

· ke Karmel: Yos 15:55

· tanda peringatan: Bil 32:42; [Lihat FULL. Bil 32:42]

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:17 - engkau kecil · engkau kecil: Kel 3:11; Kel 3:11

· engkau kecil: Kel 3:11; [Lihat FULL. Kel 3:11]

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:19 - mengambil jarahan · mengambil jarahan: Kej 14:23; Kej 14:23; 1Sam 14:32; 1Sam 14:32

· mengambil jarahan: Kej 14:23; [Lihat FULL. Kej 14:23]; 1Sam 14:32; [Lihat FULL. 1Sam 14:32]

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:20 - memang mendengarkan · memang mendengarkan: 1Sam 28:18

· memang mendengarkan: 1Sam 28:18

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:22 - korban sembelihan · korban sembelihan: Mazm 40:7-9; 51:18; Ams 21:3; Yes 1:11-15; Yer 7:22; Hos 6:6; Am 5:25; Mi 6:6-8; Mr 12:33; Mr 12:33

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:23 - dosa bertenung // telah menolak · dosa bertenung: Ul 18:10 · telah menolak: 1Sam 13:13; 1Sam 13:13

· dosa bertenung: Ul 18:10

· telah menolak: 1Sam 13:13; [Lihat FULL. 1Sam 13:13]

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:24 - telah berdosa // telah kulangkahi // kepada rakyat · telah berdosa: Kel 9:27; Kel 9:27; Bil 22:34; Bil 22:34; Mazm 51:6 · telah kulangkahi: 1Sam 13:13; 1Sam 13:13 · kepada rakyat: ...

· telah berdosa: Kel 9:27; [Lihat FULL. Kel 9:27]; Bil 22:34; [Lihat FULL. Bil 22:34]; Mazm 51:6

· telah kulangkahi: 1Sam 13:13; [Lihat FULL. 1Sam 13:13]

· kepada rakyat: Ams 29:25; Yes 51:12-13; Yer 42:11

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:25 - sekarang, ampunilah · sekarang, ampunilah: Kel 10:17

· sekarang, ampunilah: Kel 10:17

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:26 - telah menolak · telah menolak: Bil 15:31; Bil 15:31; 1Sam 13:14; 1Sam 13:14; 1Raj 14:10; 1Raj 14:10

· telah menolak: Bil 15:31; [Lihat FULL. Bil 15:31]; 1Sam 13:14; [Lihat FULL. 1Sam 13:14]; 1Raj 14:10; [Lihat FULL. 1Raj 14:10]

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:27 - punca jubah // tetapi terkoyak · punca jubah: 1Sam 28:14 · tetapi terkoyak: 1Raj 11:11,31; 14:8; 2Raj 17:21

· punca jubah: 1Sam 28:14

· tetapi terkoyak: 1Raj 11:11,31; 14:8; 2Raj 17:21

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:28 - telah mengoyakkan // jabatan raja // dari padamu · telah mengoyakkan: 1Sam 28:17 · jabatan raja: 1Sam 13:14; 1Sam 13:14 · dari padamu: 2Sam 6:21; 7:15

· telah mengoyakkan: 1Sam 28:17

· jabatan raja: 1Sam 13:14; [Lihat FULL. 1Sam 13:14]

· dari padamu: 2Sam 6:21; 7:15

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:29 - tidak berdusta // tahu menyesal · tidak berdusta: Tit 1:2 · tahu menyesal: Bil 23:19; Bil 23:19; Ibr 7:21

· tidak berdusta: Tit 1:2

· tahu menyesal: Bil 23:19; [Lihat FULL. Bil 23:19]; Ibr 7:21

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:30 - telah berdosa // juga hormatmu · telah berdosa: Bil 22:34; Bil 22:34 · juga hormatmu: Yes 29:13; Yoh 12:43

· telah berdosa: Bil 22:34; [Lihat FULL. Bil 22:34]

· juga hormatmu: Yes 29:13; Yoh 12:43

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:33 - antara perempuan-perempuan · antara perempuan-perempuan: Est 9:7-10; Yer 18:21

· antara perempuan-perempuan: Est 9:7-10; Yer 18:21

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:34 - ke Rama // di Gibea · ke Rama: 1Sam 7:17; 1Sam 7:17 · di Gibea: Hak 19:14; Hak 19:14; 1Sam 10:5; 1Sam 10:5

· ke Rama: 1Sam 7:17; [Lihat FULL. 1Sam 7:17]

· di Gibea: Hak 19:14; [Lihat FULL. Hak 19:14]; 1Sam 10:5; [Lihat FULL. 1Sam 10:5]

Ref. Silang FULL: 1Sam 15:35 - matinya Samuel // Samuel berdukacita // Tuhan menyesal · matinya Samuel: 1Sam 19:24 · Samuel berdukacita: 1Sam 15:11; 1Sam 16:1 · Tuhan menyesal: Kej 6:6; Kej 6:6

· matinya Samuel: 1Sam 19:24

· Samuel berdukacita: 1Sam 15:11; 1Sam 16:1

· Tuhan menyesal: Kej 6:6; [Lihat FULL. Kej 6:6]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 1Sam 15:2 - Orang Amalek 2. Orang Amalek. Orang Amalek yang adalah keturunan Esau (Kej. 36:12), merupakan musuh bebuyutan Israel. Mereka menyerang Israel ketika berada di Rafi...

2. Orang Amalek. Orang Amalek yang adalah keturunan Esau (Kej. 36:12), merupakan musuh bebuyutan Israel. Mereka menyerang Israel ketika berada di Rafidim di dekat Sinai dan
membunuh orang-orang tersesat ketika eksodus dari Mesir. Sebagai bangsa pengembara, mereka dapat dijumpai di berbagai tempat di Palestina. Mereka tidak pernah dimusnahkan secara menyeluruh oleh Saul. Sekelompok sisa yang lolos bertahan terus hingga masa pemerintahan Hizkia (I Taw. 4:43), pada saat mereka dimusnahkan oleh sekelompok suku Simeon di dekat Gunung Seir. Serangan-serangan Saul terhadap Amalek dimaksudkan untuk memperoleh dukungan dari Yehuda melawan orang Filistin, sebab kedudukan orang Amalek adalah di belakang perbatasan Yehuda.

Wycliffe: 1Sam 15:3 - Tumpaslah mereka 3. Tumpaslah mereka. Secara harfiah, persembahkanlah mereka (kepada Yehovah). Ide pertama tentang Herem ialah bahwa obyeknya diserahkan kepada Yehova ...

3. Tumpaslah mereka. Secara harfiah, persembahkanlah mereka (kepada Yehovah). Ide pertama tentang Herem ialah bahwa obyeknya diserahkan kepada Yehova sehingga tidak boleh dipakai untuk hal yang lain. Kota, manusia, hewan, harta milik dan benda berharga dapat dipersembahkan secara demikian. Kita menjumpai ide yang sama di dalam harem (tempat tinggal perempuan) dan haram (tempat tertutup yang kudus di Mekah) karena semua ini juga tidak boleh dipakai untuk hal-hal sekular.

Wycliffe: 1Sam 15:6 - Orang Keni 6. Orang Keni. Pelayanan Yetro orang Keni kepada orang Israel pada masa pengembaraan mereka telah menimbulkan ikatan yang kuat di antara orang Israel ...

6. Orang Keni. Pelayanan Yetro orang Keni kepada orang Israel pada masa pengembaraan mereka telah menimbulkan ikatan yang kuat di antara orang Israel dengan orang Keni. Mereka telah mendampingi orang Israel sampai ke Yerikho, dan sesudah itu mereka tinggal bersama dengan orang Amalek di padang gurun sebelah selatan Yehuda. Orang Keni yang terkenal ialah Yael, yang dengan suaminya Heber, telah berpindah ke Palestina utara (Hak. 4:41; 5:24). Sedangkan orang Rekhab yang merupakan anggota dari suku ini (I Taw. 2:55) masih mempertahankan kebiasaan mengembara dari nenek moyang mereka hingga waktu yang lama (Yer. 35:7-10).

Wycliffe: 1Sam 15:7 - Syur 7. Syur artinya tembok. Nama ini mungkin diambil dari sebuah tembok atau serangkaian kubu pertahanan yang sejak zaman dahulu mempertahankan perbatasan...

7. Syur artinya tembok. Nama ini mungkin diambil dari sebuah tembok atau serangkaian kubu pertahanan yang sejak zaman dahulu mempertahankan perbatasan timur laut dari Mesir.

Wycliffe: 1Sam 15:8 - Agag 8. Agag dijumpai di tempat lain hanya di Bilangan 24:7. Mungkin nama ini merupakan sebuah gelar yang diturunkan seperti Firaun di Mesir dan Abimelekh ...

8. Agag dijumpai di tempat lain hanya di Bilangan 24:7. Mungkin nama ini merupakan sebuah gelar yang diturunkan seperti Firaun di Mesir dan Abimelekh di Filistin.

Wycliffe: 1Sam 15:11 - Aku menyesal 11. Aku menyesal. Di dalam bahasa Perjanjian Lama, Allah dikatakan "menyesal" ketika perubahan watak dan perilaku dari orang yang diperhatikan oleh-Ny...

11. Aku menyesal. Di dalam bahasa Perjanjian Lama, Allah dikatakan "menyesal" ketika perubahan watak dan perilaku dari orang yang diperhatikan oleh-Nya membuat Dia harus mengubah rencana dan maksud-Nya terhadap mereka. Penyesalan ini jangan dipahami sebagai penyesalan yang dirasakan Allah atas tindakan-Nya sebelum itu, dan penyesalan ini juga bukan merupakan tanda bahwa Dia berubah. Janji dan ancaman-Nya sering kali bersyarat (Yer. 18:8-10).

Wycliffe: 1Sam 15:12 - Telah didirikannya baginya // Ke Gilgal 12. Telah didirikannya baginya. Maksudnya, sebuah monumen untuk mengingat kemenangannya. Ke Gilgal. Di tempat yang sama di mana kerajaan Saul telah di...

12. Telah didirikannya baginya. Maksudnya, sebuah monumen untuk mengingat kemenangannya. Ke Gilgal. Di tempat yang sama di mana kerajaan Saul telah ditegaskan (11:14), di tempat itu pula kerajaan itu diambil darinya. Dan di mana peringatan tentang akibat ketidaktaatan telah diutarakan (13:13, 14), di situ pula hukuman atas ketidaktaatan diumumkan.

Wycliffe: 1Sam 15:15 - Jawab Samuel ... rakyat menyelamatkan ... yang terbaik // Walaupun engkau kecil pada pemandanganmu sendiri 15. Jawab Samuel ... rakyat menyelamatkan ... yang terbaik. Saul, seperti Harun di Sinai (Kel. 32:22) dan Adam-Hawa di Eden (Kej. 3) berusaha untuk me...

15. Jawab Samuel ... rakyat menyelamatkan ... yang terbaik. Saul, seperti Harun di Sinai (Kel. 32:22) dan Adam-Hawa di Eden (Kej. 3) berusaha untuk mengalihkan tanggung jawab pribadinya kepada orang lain. Samuel kini sadar bahwa Saul bukan pemimpin tetapi alat dan budak bangsa itu. 17. Walaupun engkau kecil pada pemandanganmu sendiri. Kata-kata ini adalah ucapan Saul sendiri tentang dirinya ketika Samuel pertama kali menceritakan rencana Allah untuk kerajaan yang dipimpin olehnya. Sebuah tradisi yang menarik di dalam Targum mengatakan bahwa pengangkatan Saul tersebut merupakan upah atas keberanian suku Benyamin ketika menyeberang Laut Merah, yaitu ketika mereka berusaha untuk menyeberang dahulu.

Wycliffe: 1Sam 15:23 - Pendurhakaan . . . betenung 23. Pendurhakaan . . . betenung. Keduanya merupakan bentuk kemurtadan, yang satu menyangkal otoritas Allah, yang lainnya mengakui adanya kekuatan adik...

23. Pendurhakaan . . . betenung. Keduanya merupakan bentuk kemurtadan, yang satu menyangkal otoritas Allah, yang lainnya mengakui adanya kekuatan adikodrati yang lain dari Allah.

Wycliffe: 1Sam 15:24 - Aku telah berdosa // takut kepada rakyat // mengabulkan permintaan mereka 24. Aku telah berdosa. Pertobatan Saul tidak sungguh-sungguh. Dia masih berusaha untuk menyalahkan bangsa itu. Yang paling ditakuti olehnya ialah bahw...

24. Aku telah berdosa. Pertobatan Saul tidak sungguh-sungguh. Dia masih berusaha untuk menyalahkan bangsa itu. Yang paling ditakuti olehnya ialah bahwa hubungan yang putus di antara dirinya dengan Samuel menjadi skandal umum yang menggerogoti wibawanya. Perhatikan bahwa Saul takut kepada rakyat bukan kepada Tuhan, sehingga dia mengabulkan permintaan mereka dan bukan menaati apa yang difirmankan Yehova.

Wycliffe: 1Sam 15:32 - Dengan gembira Agag pergi kepadanya // menerjemahkan, Agag datang dalam belenggu. 32. Dengan gembira Agag pergi kepadanya. Dengan sedikit perubahan ada yang menerjemahkan, Agag datang dalam belenggu. Yang lain, dengan perubahan yang...

32. Dengan gembira Agag pergi kepadanya. Dengan sedikit perubahan ada yang menerjemahkan, Agag datang dalam belenggu. Yang lain, dengan perubahan yang masuk akal, menerjemahkan, Agag datang dari belakang. Ada yang berpikir bahwa Agag sedang melakukan tarian kematian. Kata Ibrani yang dipakai sangat tidak jelas artinya.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 1Sam 15:1-16 - Motivasi yang keliru (Jumat, 27 Juni 2008) Motivasi yang keliru Betapa sulitnya untuk taat mutlak pada Tuhan bila motivasi kita sudah keliru. Mudah saja bagi kita untuk mencari alasan guna...

SH: 1Sam 15:1-23 - Tuhan atau perut sendiri? (Selasa, 9 Desember 1997) Tuhan atau perut sendiri? Perintah Tuhan pada dasarnya menuntut orang untuk mengutamakan Tuhan melampaui apa pun termasuk pertimbangan manusiawi. Peri...

SH: 1Sam 15:17-35 - Tidak taat menyembah berhala (Sabtu, 28 Juni 2008) Tidak taat menyembah berhala Ketidaktaatan seringkali muncul karena melupakan anugerah, lupa bahwa apa yang kita miliki itu berasal dari kasih ...

SH: 1Sam 15:24-34 - Tidak tertolong lagi. (Rabu, 10 Desember 1997) Tidak tertolong lagi. Ucapan demikian biasanya diucapkan orang yang telah berjerih payah menolong ternyata sia-sia. Itulah yang terjadi pada kerajaan ...

Topik Teologia: 1Sam 15:17 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Manusia Dunia Pemeliharaan Allah di Dalam Keberadaan Manusia ...

Topik Teologia: 1Sam 15:22 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Menaati Allah

Topik Teologia: 1Sam 15:23 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah

Topik Teologia: 1Sam 15:24 - -- Keselamatan Pertobatan Natur Pertobatan Pertobatan Bukan Hanya Kesadaran akan Dosa Saul dan Pertobatan 1S...

Topik Teologia: 1Sam 15:26 - -- Keselamatan Pertobatan Natur Pertobatan Pertobatan Bukan Hanya Kesadaran akan Dosa Saul dan Pertobatan 1Sa 15:24-30

Topik Teologia: 1Sam 15:29 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kehendak Allah Penentuan K...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kerajaan Teokratis Tanggal Penulisan: Akhir abad ke-10 SM Latar Belakang Di PL Ibrani, 1 dan ...

Full Life: 1 Samuel (Garis Besar) Garis Besar I. Samuel: Seorang Nabi yang Menjadi Pemimpin Israel (1Sam 1:1-8:22) A. Kelahiran Seorang Nabi yang Menja...

Ende: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) SJEMUEL PENDAHULUAN Kedua kitab Sjemuel mula2 hanjalah satu karja besar, jang malahan dilandjutkan dalan I Radja2. Kesatuan ini njatalah baik dari isi...

Wycliffe: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 1 SAMUEL Judul. Judul kedua kitab ini berasal dari nama tokoh utamanya di awal I Samuel. Kata Ibrani Samuel memiliki banyak arti. Sekalip...

Wycliffe: 1 Samuel (Garis Besar) GARIS BESAR 1 SAMUEL I. Kehidupan dan Pelayanan Samuel (I Samuel 1:1-7:17) A. Kelahiran dan Masa Kanak-kanak Samuel (1:1-4:1a) ...

BIS: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) I SAMUEL PENGANTAR Buku I Samuel berisi sejarah Israel dalam masa peralihan dari zaman Hakim-hakim kepada zaman Raja-raja. Perubahan dalam kehidupan

I SAMUEL

PENGANTAR

Buku I Samuel berisi sejarah Israel dalam masa peralihan dari zaman Hakim-hakim kepada zaman Raja-raja. Perubahan dalam kehidupan nasional di Israel itu khususnya berkisar pada tiga orang: Nabi Samuel, Raja Saul, dan Raja Daud. Pengalaman-pengalaman Daud di masa mudanya sebelum ia menjabat raja, terjalin erat dengan kisah Samuel dan Saul.

Pokok buku ini, sama seperti kisah-kisah lainnya dalam Perjanjian Lama, ialah bahwa orang akan berhasil kalau setia kepada Allah, dan celaka kalau mendurhaka. Hal itu dinyatakan dengan jelas dalam 1Sam 2:30 ketika TUHAN berkata kepada Imam Eli, "Yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi yang menghina Aku akan Kuhina."

Dalam buku ini kita melihat perasaan yang berbeda-beda mengenai pembentukan kerajaan Israel. Memang TUHAN sendiri sudah dianggap raja di Israel, tetapi untuk menanggapi permohonan rakyat, Ia memilih seorang raja bagi mereka. Hal yang penting ialah bahwa baik raja maupun rakyat Israel hidup di bawah kedaulatan Allah, Hakim mereka (1Sam 2:7-10). Di bawah hukum-hukum Allah, haruslah dijamin hak seluruh rakyat, kaya maupun miskin.

Isi

  1.  Samuel sebagai pemimpin Israel
    1Sam 1:1-7:17
  2.  Saul menjadi raja
    1Sam 8:1-10:27
  3.  Tahun-tahun pertama pemerintahan Saul
    1Sam 11:1-15:35
  4.  Daud dan Saul
    1Sam 16:1-30:31
  5.  Wafatnya Saul dan putra-putranya
    1Sam 31:1-13

Ajaran: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat, dengan mengetahui isi kitab I Samuel, dapat mengerti bahwa kesejahteraan umat Allah tergantung dari kesetiaannya melak

Tujuan

Supaya anggota jemaat, dengan mengetahui isi kitab I Samuel, dapat mengerti bahwa kesejahteraan umat Allah tergantung dari kesetiaannya melaksanakan perintah dan kehendak Allah.

Pendahuluan

Penulis : Samuel.

Isi Kitab: Kitab I Samuel terdiri dari 31 pasal. Kitab I Samuel menceritakan tentang tiga tokoh utama dari bangsa Israel: nabi Samuel, raja Saul, dan raja Daud.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Samuel

  1. Pasal 1-8 (1Sam 1:1-8:22).

    Kehidupan Samuel Samuel bekerja dengan penuh usaha membangun kehidupan baik dan ketaatan agama bangsa Israel. Kemudian Samuel memegang jabatan hakim. Ia berhasil mengalahkan bangsa Filistin dan mempersatukan bangsa Israel (pasal 5-7; 1Sam 5:1-7:17).

    Pada waktu Samuel sudah menjadi tua, bangsa Israel ingin memiliki seorang raja, karena itu ia melakukan perintah Tuhan untuk melantik seorang raja, yakni Saul (pasal 8; 1Sam 8:1-22).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Sam 1:20,26-28. Apakah arti nama Samuel? Dan apakah teladan yang baik dari Ibu Samuel?
    2. Bacalah pasal 1Sam 3:19-20; 8:15. Bagaimanakah kehidupan rohani Samuel? Berapa lamakah ia menjadi hakim atas orang Israel?
    3. Bacalah pasal 1Sam 8:19-22. Atas kehendak siapakah orang Israel meminta seorang raja?
  2. Pasal 9-15 (1Sam 9:1-15:35).

    Kehidupan raja Saul Raja Saul memulai pemerintahannya dengan berhasil, tetapi pada akhirnya menjadi tidak taat pada Firman Tuhan. Hal ini membuat Tuhan akhirnya menolak dia sebagai raja.

    Pendalaman

    1. Siapakah yang mengurapi Saul? (1Sam 10:1).
    2. Bacalah pasal 1Sam 15:10-11. Apakah yang menjadi kesalahan Saul? Bagaimanakah dengan kelakuan saudara?
  3. Pasal 16-31 (1Sam 16:1-31:13).

    Kehidupan Raja Daud Setelah Saul ditolak, maka Allah memilih Daud sebagai Raja, menggantikan Saul.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Sam 16:11-13. Apakah pekerjaan Daud? Dan apakah yang terjadi setelah Daud diurapi oleh Samuel?
    2. Bacalah pasal 1Sam 17:45-50. Mengapakah Daud merasa tersinggung dan marah terhada orang Filistin?
    3. Bacalah pasal 1Sam 18:6-9. Mengapakah Saul membenci Daud? Apakah saudara sering iri hati juga?
    4. Bacalah pasal 1Sam 31:1-4. Bagaimanakah kematian Saul? Mengapakah ia melakukan hal itu?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Keberhasilan Samuel di dalam pelayanan merupakan hasil dari kesetiaan pada panggilan, suka berdoa dan tidak kompromi dengan dosa.

  2. Saul memulai pemerintahannya dengan rendah hati, sabar, tetapi diakhiri dengan kesombongan dan menolak Firman Allah. Ini adalah penyebab kegagalannya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah tokoh-tokoh penting dalam I Samuel? Dan bagaimanakah sifat mereka masing-masing?
  2. Apakah sebabnya Allah menolak Saul?
  3. Apakah kesan yang saudara peroleh dari kehidupan Saul?

Intisari: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Bagaimana bangsa Israel mendapat seorang raja KISAH TENTANG TIGA ORANGPada mulanya 1 dan 2 Samuel merupakan satu kitab. Namun demikian, karena kitab

Bagaimana bangsa Israel mendapat seorang raja

KISAH TENTANG TIGA ORANG
Pada mulanya 1 dan 2 Samuel merupakan satu kitab. Namun demikian, karena kitab kedua melulu bercerita mengenai raja Daud, maka yang pertama mengisahkan ketiga orang tokoh yang hidupnya saling berkaitan satu sama lain yaitu Samuel, Saul dan Daud. Riwayat yang diceritakan tidak utuh; siapapun yang mengumpulkan seluruh kisah itu tentu mengambilnya dari beberapa sumber. Hal itu tidak menjadi masalah asal kita ingat bahwa bagi para penulis kuno arti suatu kejadian lebih penting daripada ketepatan waktu. Kitab Samuel bukan hanya semata-mata sebagai sejarah, tetapi merupakan cerita tentang bagaimana Allah menangani umat-Nya. Dalam pada itu riwayat yang diceritakan sungguh-sungguh terjadi. Bahkan, pahlawan bangsa seperti Daud digambarkan sebagai orang yang bermasalah dan seorang manusia biasa.

"KAMI MENGINGINKAN SEORANG RAJA"
Kitab Hakim-hakim menyimpulkan bahwa anarki merajalela di Israel pada masa itu, karena "Israel tidak mempunyai raja" (Hak 21:25). Samuel, hakim terakhir, walauoun terkenal tetapi pengaruhnya hanya setempat dan terbatas. Umat Israel memerlukan seorang pemimpin bangsa. Oleh karena itu, permohonan mereka untuk mendapat seorang raja bukanlah semata-mata sebagai suatu kecaman terhadap kepemimpinan Samuel, tetapi menunjukkan betapa manusiawinya pengharapan mereka. Pada kenyataannya hanya Allah yang dapat memimpin mereka untuk memperoleh kemenangan; kekalahan-kekalahan mereka tidak disebabkan karena mereka tidak mempunyai seorang raja, tetapi oleh karena mereka telah melupakan perjanjian dengan Allah (1Sa 10:18,19; 12:6-15). Mereka telah mengikuti cara-cara penyembahan orang kafir. Gagasan mengenai pembentukan kerajaan itu sendiri tidak salah, tetapi mereka menginginkan seorang raja seperti bangsa-bangsa kafir yang ada di sekitar mereka. Samuel memperingatkan mereka bahwa raja-raja mempunyai potensi untuk kebaikan dan kejahatan, seperti yang akan mereka lihat sendiri di kemudian hari.

BANGSA FILISTIN
Oleh karena bangsa Israel tidak membinasakan orang Filistin ketika mereka menduduki Kanaan, maka negara tetangga Israel ini terus menerus menjadi ancaman bagi keamanan mereka. Kita membaca mengenai bangsa Amori, Amalek dan Amon, tetapi kebanyakan mengenai bangsa Filistin. Bangsa-bangsa ini tinggal di lima kota pantai yaitu Asdod, Gat, Ekron, Gaza dan Askelon, dan mereka mengurung Israel (1Sa 13:19-21). Saul dan Yonatan memulai suatu revolusi, tetapi raja Daudlah yang akhirnya menumpas bangsa Filistin dan yang lainnya secara tuntas.

Pesan

1. Samuel, seorang hamba Tuhan
o Samuel adalah jawaban dari doa, dan dedikasi ibunya yang saleh memberikan kepadanya permulaan kehidupan yang terbaik. Ini mungkin berarti bahwa ia harus hidup sebagai seorang Nazir, walaupun biasanya hal ini berarti disumpah sementara dan tidak seumur hidup. 1Sa 1:10,11,27,28; 2:26; Bil 6:1-21.
o Pada waktu suara Tuhan tidak terdengar di Israel. Samuel menonjol sebagai seorang yang kepadanya Tuhan menampakkan diri dan yang mempunyai karunia sebagai peramal -- ia dapat melihat apa yang tidak tampak oleh orang lain. 1Sa 3:1-10, 19-21; 9:9.
o Samuel ternyata seorang hamba Allah yang jujur dan dapat dipercaya. Ia tidak mau melakukan sesuatu yang dapat menguntungkan dirinya, tidak seperti anak-anaknya. Reaksinya terhadap kemunduran Saul menunjukkan bahwa ia lebih mementingkan Allah. 1Sa 9:6; 12:3-5; 15:11,35.

2. Saul, raja yang gagal
o Saul adalah seorang raja yang memulai pemerintahannya dengan baik dan penuh pengharapan yang besar. Dia diurapi sebagai tanda bahwa Allah telah memilihnya dan ia pun rendah hati, berjiwa besar dan penuh kuasa roh serta dapat mengambil keputusan besar pada saat-saat kritis. 1Sa 10:1, 10:22; 11:6, 12, 13.
o Namun demikian, kita dapat melihat kemundurannya yang berangsur-angsur pada saat ia mulai menangani berbagai masalah seorang diri, mengucapkan sumpah dengan gegabah dan tidak taat kepada perintah-perintah Allah. Anaknya, Yonatan, mempermalukannya dengan kebangsawanannya yang sederhana. Sebaliknya, Saul menjadi cemburu, getir dan tertekan dan ia menghabiskan waktu dan tenaganya untuk memburu Daud.
o Dalam keputusasaannya mencari bimbingan, ia jatuh ke dalam spiritualisme yang sebelumnya dilarang olehnya dan akhirnya ia menjadi salah satu kasus bunuh diri yang langka dalam Alkitab. 1Sa 13:8-14; 14:24; 15:9-29; 16:14; 18:8-12; 28:6, 7; 31:4.

3. Daud, pilihan Tuhan
o Sebagai orang yang dipilih Allah untuk menggantikan Saul, Daud adalah seorang yang lurus hati dan yang kesetiaannya besar. Tidak mengherankan jika Yonatan tertarik untuk bersahabat dengannya. Daud yang dalam pekerjaannya diurapi oleh Roh secara istimewa dapat membentuk rakyat jelata menjadi suatu kekuatan tempur yang efektif atau melawan seorang raksasa seorang diri. Ia menunggu saat Allah akan menuntut balas baginya, dan ia dengan setia memohon pimpinan-Nya dan percaya bahwa Allah akan meluputkannya dari bahaya. Ia seorang pemimpin besar yang akan menjadi seorang raja Israel yang terbesar. 1Sa 16:7,13,18; 17:26,34-37, 45-51; 18:1-4; 22:5-15; 23:2,4,9-12; 24:12; 30:6-8, 23-25.
o Daud juga tidak terlepas dari sifat-sifat manusiawi. Ia juga dapat menjadi marah dan tergoda untuk melakukan tindakan yang gegabah dan ia juga dapat berdusta. Perlakuan Allah kepadanya sama dengan apa yang dilakukan kepada kita, yaitu dengan penuh kasih. 1Sa 25:32-34; 27:10-12.

Penerapan

1. Allah menjawab doa
Kitab ini menceritakan bahwa Allah menjawab doa yang sungguh-sungguh, baik doa pribadi orang yang berada dalam kesusahan maupun doa syafaat para pemimpin untuk bangsa mereka. Berdoa merupakan pelayanan yang harus kita lakukan atas nama orang lain. Dalam menjawab doa, Allah memberikan dan melakukan apa yang secara manusiawi tidak mungkin dilakukan.

2. Allah memelihara milik-Nya
Tanpa memandang ketidaktaatan umat-Nya, Allah berjanji untuk melaksanakan misi penyelamatan-Nya dan membela kehormatan-Nya. Jika perlu, Dia dapat melakukannya tanpa bantuan manusia sama sekali. Pada kesempatan lain Dia memberikan kepada umat-Nya pemimpin-pemimpin yang akan membawa mereka pada kemenangan. Jika kita berada dalam kehendak Allah, keberhasilan tidak tergantung pada kekuatan atau keahlian manusia. Dia dapat mengambil yang terlemah dan memakai mereka bagi kemuliaan-Nya jika mereka mempercayai Dia.

3. Kita harus benar di hadapan Allah
Allah memilih dan memakai mereka yang hatinya benar di hadapan-Nya. Dia memberi karunia, kuasa dan berkat bagi mereka yang melayani-Nya. Dia juga dapat menghakimi dan mempermalukan mereka yang tidak taat kepada-Nya. Oleh karena itu, suatu permulaan yang baik bukan merupakan jaminan untuk keberhasilan di masa datang. Kita perlu benar di hadapan-Nya, taat dan percaya, jika kita ingin mengalami berkat-Nya secara berkesinambungan.

Tema-tema Kunci

1. Doa dan pujian
Kitab ini banyak bercerita tentang doa dan pujian. Khususnya, kita melihat bagaimana orang pilihan Allah mencari pimpinan-Nya sebelum mengambil keputusan-keputusan besar. Lihat 1Sa 1:10-18; 2:1-10; 7:5,6,12; 8:6,21; 12:18,19,23; 15:11; 22:15; 23:2-4, 9-12; 30:7,8.

2. Syarat-syarat pengabdian
Ada beberapa persyaratan pokok yang tidak boleh dilupakan jika kita ingin mengenal berkat-berkat Allah. Lihat 1Sa 2:30; 7:3,4; 12:14,15,20-25; 15:22,23,26; 16:7; 26:23. Bandingkanlah dengan ketakhayulan orang Israel yang menganggap bahwa mereka dapat memanipulasi Allah untuk melakukan sesuatu bagi mereka (1Sa 4:1-11). Camkanlah bahwa mereka mempunyai reputasi, tetapi tidak mempunyai kuasa.

3. Karunia roh
Seperti halnya dalam kitab Hakim-hakim, kita melihat bahwa Allah secara khusus mengaruniakan kuasa roh kepada mereka yang melayani Dia. Apabila Roh Allah turun atas mereka, mereka dapat melakukan apa yang pada umumnya tidak dapat mereka lakukan sebelumnya. Lihat 1Sa 10:6,7,9-13; 11:6; 6:13 (Bandingkan 1Sa 19:23,24 Allah seakan-akan mengendalikannya, tetapi tidak memberikan kuasa kepada Saul). Pada saat yang sama kita mendapat bukti bahwa hal ini tidak perlu terjadi secara permanen, juga tidak berarti bahwa mereka seterusnya hidup dalam kekudusan. Tidak ada yang dapat menggantikan hubungan yang berkesinambungan dengan Allah.

Garis Besar Intisari: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) [1] ELI DAN SAMUEL 1Sa 1:1-7:17 1Sa 1:1-2:11Doa Hana dikabulkan 1Sa 2:12-3:21Penghakiman atas keluarga Eli 1Sa 4:1-6:21Tabut Perjanjian hilang da

[1] ELI DAN SAMUEL 1Sa 1:1-7:17

1Sa 1:1-2:11Doa Hana dikabulkan
1Sa 2:12-3:21Penghakiman atas keluarga Eli
1Sa 4:1-6:21Tabut Perjanjian hilang dan ditemukan
1Sa 7:1-17Ebenhaezer: Allah telah menolong kita

[2] SAMUEL DAN SAUL 1Sa 8:1-15:35

1Sa 8:1-22Israel meminta seorang raja
1Sa 9:1-11:15Saul dipilih dan diteguhkan
1Sa 12:1-25 Samuel menyerah
1Sa 13:1-15:35Saul gagal memenuhi persyaratan

[3] SAUL DAN DAUD 1Sa 16:1-31:13

1Sa 16:1-23Daud dipilih: Saul menolak
1Sa 17:1-18:30Daud memperoleh kemenangan: Saul cemburu
1Sa 19:1-26:25Orang pilihan Allah menjadi buronan
1Sa 27:1-12Daud mendua hati
1Sa 28:1-25Saul putus ada
1Sa 29:1-30:31Daud mengalahkan orang Amalek
1Sa 31:1-13Saul bunuh diri
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #29: Klik ikon untuk merubah popup menjadi mode sticky, untuk merubah mode sticky menjadi mode popup kembali. [SEMUA]
dibuat dalam 0.34 detik
dipersembahkan oleh YLSA