kecilkan semua  

Teks -- 1 Raja-raja 19:1-21 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Elia ke gunung Horeb
19:1 Ketika Ahab memberitahukan kepada Izebel segala yang dilakukan Elia dan perihal Elia membunuh semua nabi itu dengan pedang, 19:2 maka Izebel menyuruh seorang suruhan mengatakan kepada Elia: "Beginilah kiranya para allah menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jika besok kira-kira pada waktu ini aku tidak membuat nyawamu sama seperti nyawa salah seorang dari mereka itu." 19:3 Maka takutlah ia, lalu bangkit dan pergi menyelamatkan nyawanya; dan setelah sampai ke Bersyeba, yang termasuk wilayah Yehuda, ia meninggalkan bujangnya di sana. 19:4 Tetapi ia sendiri masuk ke padang gurun sehari perjalanan jauhnya, lalu duduk di bawah sebuah pohon arar. Kemudian ia ingin mati, katanya: "Cukuplah itu! Sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku, sebab aku ini tidak lebih baik dari pada nenek moyangku." 19:5 Sesudah itu ia berbaring dan tidur di bawah pohon arar itu. Tetapi tiba-tiba seorang malaikat menyentuh dia serta berkata kepadanya: "Bangunlah, makanlah!" 19:6 Ketika ia melihat sekitarnya, maka pada sebelah kepalanya ada roti bakar, dan sebuah kendi berisi air. Lalu ia makan dan minum, kemudian berbaring pula. 19:7 Tetapi malaikat TUHAN datang untuk kedua kalinya dan menyentuh dia serta berkata: "Bangunlah, makanlah! Sebab kalau tidak, perjalananmu nanti terlalu jauh bagimu." 19:8 Maka bangunlah ia, lalu makan dan minum, dan oleh kekuatan makanan itu ia berjalan empat puluh hari empat puluh malam lamanya sampai ke gunung Allah, yakni gunung Horeb.
Allah menyatakan diri di gunung Horeb
19:9 Di sana masuklah ia ke dalam sebuah gua dan bermalam di situ. Maka firman TUHAN datang kepadanya, demikian: "Apakah kerjamu di sini, hai Elia?" 19:10 Jawabnya: "Aku bekerja segiat-giatnya bagi TUHAN, Allah semesta alam, karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu, meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang; hanya aku seorang dirilah yang masih hidup dan mereka ingin mencabut nyawaku." 19:11 Lalu firman-Nya: "Keluarlah dan berdiri di atas gunung itu di hadapan TUHAN!" Maka TUHAN lalu! Angin besar dan kuat, yang membelah gunung-gunung dan memecahkan bukit-bukit batu, mendahului TUHAN. Tetapi tidak ada TUHAN dalam angin itu. Dan sesudah angin itu datanglah gempa. Tetapi tidak ada TUHAN dalam gempa itu. 19:12 Dan sesudah gempa itu datanglah api. Tetapi tidak ada TUHAN dalam api itu. Dan sesudah api itu datanglah bunyi angin sepoi-sepoi basa. 19:13 Segera sesudah Elia mendengarnya, ia menyelubungi mukanya dengan jubahnya, lalu pergi ke luar dan berdiri di pintu gua itu. Maka datanglah suara kepadanya yang berbunyi: "Apakah kerjamu di sini, hai Elia?" 19:14 Jawabnya: "Aku bekerja segiat-giatnya bagi TUHAN, Allah semesta alam, karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu, meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang; hanya aku seorang dirilah yang masih hidup, dan mereka ingin mencabut nyawaku." 19:15 Firman TUHAN kepadanya: "Pergilah, kembalilah ke jalanmu, melalui padang gurun ke Damsyik, dan setelah engkau sampai, engkau harus mengurapi Hazael menjadi raja atas Aram. 19:16 Juga Yehu, cucu Nimsi, haruslah kauurapi menjadi raja atas Israel, dan Elisa bin Safat, dari Abel-Mehola, harus kauurapi menjadi nabi menggantikan engkau. 19:17 Maka siapa yang terluput dari pedang Hazael akan dibunuh oleh Yehu; dan siapa yang terluput dari pedang Yehu akan dibunuh oleh Elisa. 19:18 Tetapi Aku akan meninggalkan tujuh ribu orang di Israel, yakni semua orang yang tidak sujud menyembah Baal dan yang mulutnya tidak mencium dia."
Elisa terpanggil
19:19 Setelah Elia pergi dari sana, ia bertemu dengan Elisa bin Safat yang sedang membajak dengan dua belas pasang lembu, sedang ia sendiri mengemudikan yang kedua belas. Ketika Elia lalu dari dekatnya, ia melemparkan jubahnya kepadanya. 19:20 Lalu Elisa meninggalkan lembu itu dan berlari mengikuti Elia, katanya: "Biarkanlah aku mencium ayahku dan ibuku dahulu, lalu aku akan mengikuti engkau." Jawabnya kepadanya: "Baiklah, pulang dahulu, dan ingatlah apa yang telah kuperbuat kepadamu." 19:21 Lalu berbaliklah ia dari pada Elia, ia mengambil pasangan lembu itu, menyembelihnya dan memasak dagingnya dengan bajak lembu itu sebagai kayu api; ia memberikan daging itu kepada orang-orangnya, kemudian makanlah mereka. Sesudah itu bersiaplah ia, lalu mengikuti Elia dan menjadi pelayannya.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Ahab son and successor of Omri, king of Israel,son of Kolaiah; a false prophet in the time of King Zedekiah
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Damsyik a city-state in Syria, located near Mt. Hermon at the edge of the Syrian desert (OS),a town near Mt. Hermon at the edge of the Syrian desert (OS)
 · Elia a prophet from the 9th century B.C.,a prophet from Tishbe in Gilead to Israel in King Ahab's time,son of Jeroham of Benjamin,a priest of the Harim clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani Elam clan who put away his heathen wife
 · Elisa son of Javan son of Japheth son of Noah,a nation of trading people somewhere around the Great Sea (ZD)
 · Habel the second son of Adam and Eve; the brother of Cain,an English name representing two different Hebrew names,as representing the Hebrew name 'Hebel' or 'Habel',the second son of Adam,as representing the Hebrew name 'Abel',a town in northern Israel near Dan (OS)
 · Hazael a king of Syria
 · Horeb a mountain; the place where the law was given to Moses
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Izebel the wife of King Ahab of Israel,wife of Ahab and mother of Jehoram, kings of Israel; daughter of Ethbaal, the king of the Sidonians
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Nimsi father of Jehu, king of Israel
 · orang Aram members of the nation of Syria
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Aram members of the nation of Syria
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · perempuan Aram members of the nation of Syria
 · Safat son of Hori of Simeon; the spy sent by Moses to explore the land of Canaan,father of the prophet Elisha,son of Shemaiah, a descendant of Hananiah, Zerubbabel and David,a chief of the tribe of Gad,son of Adlai; David's chief shepherd over the valley herds
 · seorang Aram members of the nation of Syria
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Siria the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehu son of Hanani who prophesied against King Baasha of Israel,son of Nimshi who killed King Joram and took his place as king of Israel,son of Obed of Judah,son of Joshibiah; head of a large influential family of Simeon in King Hezekiah's time,a man of Anathoth; one of the Benjamites who defected to David at Ziklag
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall


Topik/Tema Kamus: Elia | Ahab | Kebijaksanaan, Kitab | Raja-raja, Kitab-kitab | Raja | Yunus | Elisa | Yehu | Nabi | Malaikat | Izebel | Gempa Bumi | Gurun (Padang) | Keluaran | Pohon | Angin | Lembu | Orang Yahudi | Mati Syahid | Minyak | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Raj 19:3 - TAKUTLAH (ELIA) ... DAN PERGI MENYELAMATKAN NYAWANYA. Nas : 1Raj 19:3 Ungkapan iman dan berbagai kemenangan adikodrati dalam pasal 1Raj 18:1-46 disusul ketakutan, pelarian untuk menyelamatkan diri, dan...

Nas : 1Raj 19:3

Ungkapan iman dan berbagai kemenangan adikodrati dalam pasal 1Raj 18:1-46 disusul ketakutan, pelarian untuk menyelamatkan diri, dan keputusasaan -- semuanya adalah akibat dari maksud Izebel untuk membunuhnya (ayat 1Raj 19:2).

  1. 1) Karena Elia tidak menerima perintah Tuhan untuk tetap tinggal di Yizreel, maka tetap tinggal berarti membahayakan jiwanya tanpa guna (bd. 1Raj 18:1); tujuan perjalanannya ialah Gunung Horeb (yaitu Gunung Sinai).
  2. 2) Kepergian terpaksa Elia dari Israel ke Yehuda dan padang gurun adalah contoh dari mereka yang "sebab kebenaran"

    (lihat cat. --> Mat 5:10)

    [atau ref. Mat 5:10]

    dianiaya dan terpaksa tinggal di padang gurun, gunung, gua, dan lubang tanah (Ibr 11:37-38). Seperti Elia, ada juga nabi yang harus meninggalkan gereja mereka, pengkhotbah kehilangan mimbar mereka, para mahaguru siswa mereka dan orang awam pekerjaan mereka karena mereka menentang dosa, berbicara sesuai dengan Firman Allah dan mengikuti jalan kebenaran demi nama-Nya. Besarlah upah mereka di sorga (Mat 5:10-12).

Full Life: 1Raj 19:4 - AMBILLAH NYAWAKU. Nas : 1Raj 19:4 Elia -- yang dikuasai kelelahan, keputusasaan, dan kesedihan -- berdoa agar Allah membebaskannya dari beban pelayanan nubuat yang b...

Nas : 1Raj 19:4

Elia -- yang dikuasai kelelahan, keputusasaan, dan kesedihan -- berdoa agar Allah membebaskannya dari beban pelayanan nubuat yang berat dan mengizinkannya memasuki perhentian sorgawi.

  1. 1) Perasaan Elia tidak jauh berbeda dengan perasaan
    1. (a) Paulus, ketika ia menyatakan keinginan untuk "pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus" (Fili 1:23), atau
    2. (b) dengan para pahlawan iman yang "merindukan tanah air yang lebih baik, yaitu satu tanah air sorgawi" (Ibr 11:16; bd. juga Musa dalam Bil 11:15).
  2. 2) Berikut ada beberapa alasan mengapa Elia begitu patah semangat.
    1. (a) Kelihatannya ia sudah gagal: ia mengharapkan pertobatan seluruh Israel dan bahkan mungkin juga Izebel, namun sekarang ia harus lari menyelamatkan nyawanya. Harapan, usaha keras, dan pergumulan seluruh hidupnya tampaknya berakhir dengan kegagalan (ayat 1Raj 19:1-4).
    2. (b) Kesepian: ia merasa sendirian dalam pergumulan demi kebenaran Allah (ayat 1Raj 19:10; bd. Paulus, 2Tim 4:16).
    3. (c) Kelelahan jasmani setelah perjalanan yang panjang dan berat (ayat 1Raj 19:3-4; 18:46).

Full Life: 1Raj 19:5 - SEORANG MALAIKAT MENYENTUH DIA. Nas : 1Raj 19:5 Allah menghadapi Elia yang patah semangat dengan sikap yang penuh pengertian dan perhatian (bd. Ibr 4:14-15). 1) Ia membiarkan...

Nas : 1Raj 19:5

Allah menghadapi Elia yang patah semangat dengan sikap yang penuh pengertian dan perhatian (bd. Ibr 4:14-15).

  1. 1) Ia membiarkan Elia tidur (ayat 1Raj 19:5-6).
  2. 2) Ia memberi makanan kepada Elia (ayat 1Raj 19:5-7).
  3. 3) Ia mengunjungi Elia dengan sebuah penyataan yang mengagumkan tentang kuasa dan kehadiran-Nya (ayat 1Raj 19:11-13).
  4. 4) Ia memberikan penyataan dan petunjuk tambahan (ayat 1Raj 19:15-18).
  5. 5) Ia memberi kepada Elia seorang kawan yang sejiwa dan sehati (ayat 1Raj 19:16,19-21). Dengan kata lain, ketika anak-anak Tuhan menjadi putus asa di tempat mereka ditaruh oleh Allah, melalui Kristus mereka dapat memohon kepada Allah untuk memberikan kekuatan, kasih karunia, dan semangat, serta menjadikan mereka mampu untuk menghadapi situasi di situ

    (lih. Ibr 2:18; 3:6; 7:25).

Full Life: 1Raj 19:8 - EMPAT PULUH HARI EMPAT PULUH MALAM. Nas : 1Raj 19:8 Beberapa orang beranggapan bahwa masa puasa ini, seperti yang dialami Musa (Kel 34:28) dan Kristus (Mat 4:2), adalah contoh puasa y...

Nas : 1Raj 19:8

Beberapa orang beranggapan bahwa masa puasa ini, seperti yang dialami Musa (Kel 34:28) dan Kristus (Mat 4:2), adalah contoh puasa yang panjang. Akan tetapi, mereka tidak berpuasa dengan cara yang biasa. Musa di hadapan Allah dalam awan dipelihara secara adikodrati. Elia menerima dua kali makanan adikodrati yang memberinya kekuatan untuk empat puluh hari (ayat 1Raj 19:6-8). Yesus dipimpin oleh Roh Kudus ke dalam gurun dan tidak menjadi lapar hingga sesudah empat puluh hari

(lihat cat. --> Mat 4:2;

lihat cat. --> Mat 6:16).

[atau ref. Mat 4:2; 6:16]

Full Life: 1Raj 19:11-12 - MAKA TUHAN LALU. Nas : 1Raj 19:11-12 Untuk memberikan semangat dan memperkuat iman Elia, Allah mengunjunginya di Gunung Horeb (yaitu, Gunung Sinai, gunung penyataan...

Nas : 1Raj 19:11-12

Untuk memberikan semangat dan memperkuat iman Elia, Allah mengunjunginya di Gunung Horeb (yaitu, Gunung Sinai, gunung penyataan). Kunjungan ini disertai angin besar, gempa bumi, dan api, tetapi Tuhan tidak ada di dalam semua peristiwa itu. Penyataan Allah malah datang dalam bentuk "angin sepoi-sepoi basa." Elia belajar bahwa karya Allah bergerak maju terus, " 'Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan Roh-Ku', firman Tuhan semesta alam" (Za 4:6). Allah sesungguhnya tidak meninggalkan nabi atau umat-Nya yang setia. Melalui Roh dan firman-Nya yang kekal Dia akan membawa penebusan, kebenaran, dan keselamatan kekal.

Full Life: 1Raj 19:16 - ELISA ... HARUSLAH KAUURAPI ... MENGGANTIKAN ENGKAU. Nas : 1Raj 19:16 Allah menyuruh Elia mengurapi Elisa untuk menjadi penggantinya. Perhatikan bahwa yang diurapi untuk jabatannya bukan hanya raja da...

Nas : 1Raj 19:16

Allah menyuruh Elia mengurapi Elisa untuk menjadi penggantinya. Perhatikan bahwa yang diurapi untuk jabatannya bukan hanya raja dan imam, tetapi juga nabi. Elisa bertugas untuk

  1. (1) melayani Elia,
  2. (2) menolong Hazael (raja Aram) dan Yehu (raja Israel) untuk mengalahkan musuh-musuh Allah (ayat 1Raj 19:16-17), dan
  3. (3) memberitakan firman Allah kepada kaum sisa yang benar (ayat 1Raj 19:18). Pelayanan Elia dan Elisa meliputi jangka waktu 75 tahun (875-800 SM, sepanjang masa pemerintahan Ahab, Ahazia, Yoram, Yehu, Yoahas, dan Yoas). Elisa menjadi hamba yang setia kepada nabi atasannya dan dikenal sebagai "yang dahulu melayani Elia" (2Raj 3:11).

Full Life: 1Raj 19:18 - TUJUH RIBU ORANG DI ISRAEL. Nas : 1Raj 19:18 Tujuh ribu orang di Israel yang tidak menekuk lutut mereka kepada Baal ikut menderita bersama orang-orang yang setia dari semua za...

Nas : 1Raj 19:18

Tujuh ribu orang di Israel yang tidak menekuk lutut mereka kepada Baal ikut menderita bersama orang-orang yang setia dari semua zaman yang mengatasi kemurtadan, kompromi, dan keduniawian di antara umat Allah, dan yang bertekun dalam kasih, iman, dan ketaatan kepada Allah dan Firman-Nya. Mereka merupakan golongan yang menolak untuk terperangkap dalam perbuatan jahat dunia, yang telah membasuh jubah mereka dan menjadikannya putih dalam darah Anak Domba itu (Wahy 7:14), yang dianiaya sebab kebenaran (Mat 5:10), dan yang terus berjalan di jalan yang sempit (Mat 7:14;

lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA, dan

lihat art. HUBUNGAN ORANG KRISTEN DENGAN DUNIA).

Sepanjang Alkitab umat sisa yang setia dan menang sajalah yang dikenal Tuhan (2Tim 2:19). Allah berjanji untuk melindungi mereka dengan kuasa-Nya melalui iman (1Pet 1:5), dan Anak Domba akan menuntun mereka pulang (Wahy 7:17).

BIS: 1Raj 19:8 - Sinai Sinai: Dalam naskah Ibrani tertulis Horeb.

Sinai: Dalam naskah Ibrani tertulis Horeb.

BIS: 1Raj 19:20 - Saya ... engkau Saya ... engkau atau Ingatlah apa yang telah kuperbuat kepadamu.

Saya ... engkau atau Ingatlah apa yang telah kuperbuat kepadamu.

Jerusalem: 1Raj 19:2 - Beginilah kiranya.... Bdk Rut 1:17+

Bdk Rut 1:17+

Jerusalem: 1Raj 19:8 - Horeb Bdk Kel 19:1+; Kel 24:18. Untuk menyelamatkan perjanjian dan memulihkan iman yang murni Elia pergi ke tempat di mana Allah sejati dahulu menyatakan di...

Bdk Kel 19:1+; Kel 24:18. Untuk menyelamatkan perjanjian dan memulihkan iman yang murni Elia pergi ke tempat di mana Allah sejati dahulu menyatakan diri, Kel 3 dan Kel 33:18-34:9, dan di mana telah diadakan perjanjian itu, Kel 19:24; 34:10-28. Elia langsung menghubungkan usahanya sendiri dengan karya Musa, sehingga menjadi seolah-olah Musa kedua dan pendiri kedua agama sejati. Karena sama-sama mengalami penampakan Tuhan di gunung Horeb, maka Musa dan Elia juga sama-sama hadir pada saat Yesus dimuliakan, Mat 17:1-9. Peristiwa ini memang tidak lain kecuali sebuah penampakan Allah dalam perjanjian Baru. Mengenai empat puluh hari dan empat puluh malam itu bdk Mat 4:1+.

Jerusalem: 1Raj 19:9 - sebuah gua Harafiah: gua itu. Yang dimaksud ialah gua tempat Musa berada waktu Tuhan menampakkan diri, Kel 33:22.

Harafiah: gua itu. Yang dimaksud ialah gua tempat Musa berada waktu Tuhan menampakkan diri, Kel 33:22.

Jerusalem: 1Raj 19:12 - angin sepoi-sepoi basa Dalam Kel 19 Tuhan menyatakan kehadiranNya dengan angin ribut, gempa bumi dan api, bdk Kel 13:22+; Kel 19:16+. Sebaliknya, di sini gejala-gejala itu h...

Dalam Kel 19 Tuhan menyatakan kehadiranNya dengan angin ribut, gempa bumi dan api, bdk Kel 13:22+; Kel 19:16+. Sebaliknya, di sini gejala-gejala itu hanya mendahului berlalunya Tuhan. Bunyi angin lembut itu melambangkan kemesraan pergaulan Tuhan dengan para nabiNya. Tetapi ini tidak berarti bahwa tindakanNyapun manis lembut. Perintah-perintah dahsyat yang disebut dalam 1Ra 19:15-17 menyatakan bahwa pengartian semacam itu (meskipun cukup lazim) kurang tepat.

Jerusalem: 1Raj 19:13 - ia menyelubungi mukanya Bdk Kel 33:20+.

Bdk Kel 33:20+.

Jerusalem: 1Raj 19:15-18 - -- Apa yang diperintahkan Tuhan di sini tidak dilakukan oleh Elia, tetapi oleh Elisa, bdk 2Ra 8:7-15; 9:1-13; 1Ra 19:19-21.

Apa yang diperintahkan Tuhan di sini tidak dilakukan oleh Elia, tetapi oleh Elisa, bdk 2Ra 8:7-15; 9:1-13; 1Ra 19:19-21.

Jerusalem: 1Raj 19:16 - harus kauurapi menjadi nabi Mengenai pengurapan bdk Kel 30:22+. Nabi-nabi memang tidak diurapi. Di sini istilah itu dipakai dengan arti luas dan diperbaiki disebutkannya pengurap...

Mengenai pengurapan bdk Kel 30:22+. Nabi-nabi memang tidak diurapi. Di sini istilah itu dipakai dengan arti luas dan diperbaiki disebutkannya pengurapan raja. Raja memang diurapi, 1Sa 9:26+.

Jerusalem: 1Raj 19:18 - Aku akan meninggalkan... Bdk Yes 4:3+.

Bdk Yes 4:3+.

Jerusalem: 1Raj 19:19-21 - -- Ayat-ayat ini berasal dari kumpulan ceritera-ceritera mengenai nabi Elisa.

Ayat-ayat ini berasal dari kumpulan ceritera-ceritera mengenai nabi Elisa.

Jerusalem: 1Raj 19:19 - melemparkan jubahnya Paskah seseorang melambangkan diri orang sendiri, 1Sa 18:4+, serta hak-hak pemilik pakaian itu. Selebihnya jubah nabi Elia mempunyai kekuatan ajaib da...

Paskah seseorang melambangkan diri orang sendiri, 1Sa 18:4+, serta hak-hak pemilik pakaian itu. Selebihnya jubah nabi Elia mempunyai kekuatan ajaib dan adalah sakti, bdk 2Ra 2:8. Dengan melemparkan jubahnya kepada Elisa, maka nabi Elia mendapat hak atas diri Elisa dan hak itu tidak lagi dapat hilang.

Jerusalem: 1Raj 19:21 - ia mengambil.... Dengan memusnahkan alat pertaniannya itu Elisa menyatakan tekadnya menempuh jalan hidup yang baru sama sekali dan ia meninggalkan pencariannya dahulu.

Dengan memusnahkan alat pertaniannya itu Elisa menyatakan tekadnya menempuh jalan hidup yang baru sama sekali dan ia meninggalkan pencariannya dahulu.

Ende: 1Raj 19:1 - -- dst. Dalam tjeritera jang berikut ini Elija nampak sebagai Musa jang kedua, pembaru, malah pendiri jang kedua agama Jahwe. Karena itu ia nampak bersam...

dst. Dalam tjeritera jang berikut ini Elija nampak sebagai Musa jang kedua, pembaru, malah pendiri jang kedua agama Jahwe. Karena itu ia nampak bersama dengan Musa diatas Tabor (Mt. 17, 1-9).

Ende: 1Raj 19:2 - -- Izebel mau mengenjahkan Elija dengan antjaman itu.

Izebel mau mengenjahkan Elija dengan antjaman itu.

Ende: 1Raj 19:8 - -- Horeb adalah nama lain untuk pegunungan Sinai atau salah satu puntjaknja.

Horeb adalah nama lain untuk pegunungan Sinai atau salah satu puntjaknja.

Ende: 1Raj 19:9 - gua itu jakni gua jang dimasuki Musa.

jakni gua jang dimasuki Musa.

Ende: 1Raj 19:10 - tjemburulah aku Elija menjamakan dirinja dengan Jahwe jang "tjemburu", karena penjembahan dewa2. Elijapun tjemburu, sebab ia mati2an membela agama dan hak Jahwe.

Elija menjamakan dirinja dengan Jahwe jang "tjemburu", karena penjembahan dewa2. Elijapun tjemburu, sebab ia mati2an membela agama dan hak Jahwe.

Ende: 1Raj 19:12 - -- Biasanja Jahwe nampak dalam taufan, gemuruh dsb. Tetapi disini dalam angin sepoi2, untuk menjatakan sifat kerohanianNja dan kemesraan dalam pergaulan ...

Biasanja Jahwe nampak dalam taufan, gemuruh dsb. Tetapi disini dalam angin sepoi2, untuk menjatakan sifat kerohanianNja dan kemesraan dalam pergaulan dengan nabiNja.

Ende: 1Raj 19:15-18 - -- Apa jang disuruh disini tidak terlaksana oleh Elija sendiri dalam kisah jang berikut. Orang boleh mengira bagian ini berasal dari kisah mengenai nabi ...

Apa jang disuruh disini tidak terlaksana oleh Elija sendiri dalam kisah jang berikut. Orang boleh mengira bagian ini berasal dari kisah mengenai nabi lain (Elisja') dan kemudian dikenakan pada Elija.

Ende: 1Raj 19:20 - -- Maknanja: Bukanlah Elija jang memanggil Elisja', melainkan Jahwe, sehingga Elisja' tidak usah bertanggung djawab terhadap Elija.

Maknanja: Bukanlah Elija jang memanggil Elisja', melainkan Jahwe, sehingga Elisja' tidak usah bertanggung djawab terhadap Elija.

Ende: 1Raj 19:21 - -- Dengan membinasakan alat pertaniannja Elisja' menjatakan ia mau menempuh djalan hidup jang sama sekali baru.

Dengan membinasakan alat pertaniannja Elisja' menjatakan ia mau menempuh djalan hidup jang sama sekali baru.

Endetn: 1Raj 19:1 - -- Dua kata (dan segala sesuatu) ditinggalkan menurut terdjemahan2 kuno.

Dua kata (dan segala sesuatu) ditinggalkan menurut terdjemahan2 kuno.

Endetn: 1Raj 19:2 - kepadaku ditambahkan menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno.

ditambahkan menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno.

Endetn: 1Raj 19:3 - ketakutan diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "melihat". (Elija) diambil dari terdjemahan Junani.

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "melihat". (Elija) diambil dari terdjemahan Junani.

Endetn: 1Raj 19:5 - -- Ditinggalkan "dibawah pohon dadap", bersandarkan terdjemahan Junani.

Ditinggalkan "dibawah pohon dadap", bersandarkan terdjemahan Junani.

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:1 - kepada Izebel // Elia membunuh · kepada Izebel: 1Raj 16:31 · Elia membunuh: Kel 22:20; Kel 22:20

· kepada Izebel: 1Raj 16:31

· Elia membunuh: Kel 22:20; [Lihat FULL. Kel 22:20]

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:2 - lebih lagi // mereka itu · lebih lagi: Rut 1:17; Rut 1:17 · mereka itu: Mazm 13:5; Yer 20:10; 26:21; 36:26

· lebih lagi: Rut 1:17; [Lihat FULL. Rut 1:17]

· mereka itu: Mazm 13:5; Yer 20:10; 26:21; 36:26

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:3 - dan pergi // menyelamatkan nyawanya // ke Bersyeba · dan pergi: Kej 31:21; Kej 31:21 · menyelamatkan nyawanya: Kej 19:17; Kej 19:17 · ke Bersyeba: Yos 19:2; Yos 19:2

· dan pergi: Kej 31:21; [Lihat FULL. Kej 31:21]

· menyelamatkan nyawanya: Kej 19:17; [Lihat FULL. Kej 19:17]

· ke Bersyeba: Yos 19:2; [Lihat FULL. Yos 19:2]

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:4 - pohon arar // ambillah nyawaku · pohon arar: Ayub 30:4 · ambillah nyawaku: Bil 11:15; Bil 11:15; Ayub 6:9; 7:16; 10:1; Mazm 69:20; Yer 20:18; Yun 4:8

· pohon arar: Ayub 30:4

· ambillah nyawaku: Bil 11:15; [Lihat FULL. Bil 11:15]; Ayub 6:9; 7:16; 10:1; Mazm 69:20; Yer 20:18; Yun 4:8

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:5 - dan tidur // seorang malaikat · dan tidur: Kej 28:11 · seorang malaikat: Kej 16:7; Kej 16:7

· dan tidur: Kej 28:11

· seorang malaikat: Kej 16:7; [Lihat FULL. Kej 16:7]

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:8 - empat puluh // gunung Horeb · empat puluh: Kel 24:18; Mat 4:2 · gunung Horeb: Kel 3:1; Kel 3:1

· empat puluh: Kel 24:18; Mat 4:2

· gunung Horeb: Kel 3:1; [Lihat FULL. Kel 3:1]

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:9 - sebuah gua // hai Elia · sebuah gua: Kel 33:22; Kel 33:22 · hai Elia: Kej 3:9; Kej 3:9

· sebuah gua: Kel 33:22; [Lihat FULL. Kel 33:22]

· hai Elia: Kej 3:9; [Lihat FULL. Kej 3:9]

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:10 - bekerja segiat-giatnya // meninggalkan perjanjian-Mu // meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu // masih hidup · bekerja segiat-giatnya: Bil 25:13; Bil 25:13; Kis 22:3; Gal 4:18 · meninggalkan perjanjian-Mu: Ul 31:16; Ul 31:16 · meruntuhkan...

· bekerja segiat-giatnya: Bil 25:13; [Lihat FULL. Bil 25:13]; Kis 22:3; Gal 4:18

· meninggalkan perjanjian-Mu: Ul 31:16; [Lihat FULL. Ul 31:16]

· meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu: 1Raj 18:30

· masih hidup: 1Raj 18:4,22; Yer 5:11; 9:2; Rom 11:3%&

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:11 - atas gunung // Tuhan lalu // Angin // dan memecahkan · atas gunung: Kel 34:2; Mat 17:1-3 · Tuhan lalu: Kel 33:19 · Angin: Kel 14:21; Kel 14:21; 2Raj 2:1; 2Raj 2:1 · dan memeca...

· atas gunung: Kel 34:2; Mat 17:1-3

· Tuhan lalu: Kel 33:19

· Angin: Kel 14:21; [Lihat FULL. Kel 14:21]; 2Raj 2:1; [Lihat FULL. 2Raj 2:1]

· dan memecahkan: Nah 1:6

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:12 - datanglah api // sepoi-sepoi basa · datanglah api: Kel 3:2; Kel 3:2 · sepoi-sepoi basa: 1Raj 19:11; 1Sam 14:6; 1Sam 14:6; Ayub 4:16; Za 4:6; 2Kor 12:9

· datanglah api: Kel 3:2; [Lihat FULL. Kel 3:2]

· sepoi-sepoi basa: 1Raj 19:11; 1Sam 14:6; [Lihat FULL. 1Sam 14:6]; Ayub 4:16; Za 4:6; 2Kor 12:9

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:13 - menyelubungi mukanya · menyelubungi mukanya: Kel 3:6

· menyelubungi mukanya: Kel 3:6

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:14 - masih hidup · masih hidup: 1Raj 18:22; Rom 11:3%&

· masih hidup: 1Raj 18:22; Rom 11:3%&

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:15 - mengurapi Hazael · mengurapi Hazael: 2Raj 8:7-15

· mengurapi Hazael: 2Raj 8:7-15

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:16 - haruslah kauurapi // dan Elisa // dari Abel-Mehola · haruslah kauurapi: 2Raj 9:1-3,6 · dan Elisa: 1Raj 19:21; 2Raj 2:1; 3:11 · dari Abel-Mehola: Hak 7:22; Hak 7:22

· haruslah kauurapi: 2Raj 9:1-3,6

· dan Elisa: 1Raj 19:21; 2Raj 2:1; 3:11

· dari Abel-Mehola: Hak 7:22; [Lihat FULL. Hak 7:22]

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:17 - pedang Hazael // pedang Yehu · pedang Hazael: 2Raj 8:12,29; 10:32; 12:17; 13:3,7,22; Am 1:4 · pedang Yehu: Yer 48:44

· pedang Hazael: 2Raj 8:12,29; 10:32; 12:17; 13:3,7,22; Am 1:4

· pedang Yehu: Yer 48:44

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:18 - akan meninggalkan // tidak mencium · akan meninggalkan: Rom 11:4%& · tidak mencium: Hos 13:2

· akan meninggalkan: Rom 11:4%&

· tidak mencium: Hos 13:2

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:19 - melemparkan jubahnya · melemparkan jubahnya: Kej 41:42; Kej 41:42; 2Raj 2:8,14

· melemparkan jubahnya: Kej 41:42; [Lihat FULL. Kej 41:42]; 2Raj 2:8,14

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:20 - aku mencium · aku mencium: Luk 9:61

· aku mencium: Luk 9:61

Ref. Silang FULL: 1Raj 19:21 - pasangan lembu // menjadi pelayannya · pasangan lembu: 1Sam 6:14; 1Sam 6:14 · menjadi pelayannya: 1Raj 19:16; 1Raj 19:16

· pasangan lembu: 1Sam 6:14; [Lihat FULL. 1Sam 6:14]

· menjadi pelayannya: 1Raj 19:16; [Lihat FULL. 1Raj 19:16]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 1Raj 19:1 - Ahab memberitahukan kepada Izebel segala yang dilakukan Elia 1. Ahab memberitahukan kepada Izebel segala yang dilakukan Elia. Ketika Izebel menerima berita bahwa nabi-nabinya telah dibunuh, dia menjadi sangat mu...

1. Ahab memberitahukan kepada Izebel segala yang dilakukan Elia. Ketika Izebel menerima berita bahwa nabi-nabinya telah dibunuh, dia menjadi sangat murka. Reputasinya sebagai imam untuk penyembahan Baal terancam.

Wycliffe: 1Raj 19:2 - Maka Izebel menyuruh seorang suruhan mengatakan kepada Elia 2. Maka Izebel menyuruh seorang suruhan mengatakan kepada Elia. Izebel pasti bersungguh-sungguh dengan semua ancamannya dan bermaksud menghukum berat ...

2. Maka Izebel menyuruh seorang suruhan mengatakan kepada Elia. Izebel pasti bersungguh-sungguh dengan semua ancamannya dan bermaksud menghukum berat Elia. Inti dari pesan yang disampaikannya ialah bahwa ia akan menangani Elia seperti Elia menangani nabi-nabinya.

Wycliffe: 1Raj 19:3 - Maka takutlah ia, lalu bangkit dan pergi menyelamatkan nyawanya . . . ke Bersyeba 3. Maka takutlah ia, lalu bangkit dan pergi menyelamatkan nyawanya . . . ke Bersyeba. Bersyeba adalah kota paling selatan dari Yehuda. Elia melarikan ...

3. Maka takutlah ia, lalu bangkit dan pergi menyelamatkan nyawanya . . . ke Bersyeba. Bersyeba adalah kota paling selatan dari Yehuda. Elia melarikan diri dari kerajaan utara memasuki kerajaan Yosafat yang lebih ramah. Dia bahkan masuk terus sampai ke ujung peradaban, yaitu Bersyeba.

Wycliffe: 1Raj 19:4 - Tetapi ia sendiri masuk ke padang gurun sehari perjalanan jauhnya // Pohon arar // Tiba-tiba seorang malaikat menyentuh dia 4. Tetapi ia sendiri masuk ke padang gurun sehari perjalanan jauhnya. Maksudnya, memasuki padang gurun Negeb yang ada di selatan Yehuda. Tanpa mau men...

4. Tetapi ia sendiri masuk ke padang gurun sehari perjalanan jauhnya. Maksudnya, memasuki padang gurun Negeb yang ada di selatan Yehuda. Tanpa mau menikmati kenyamanan kota, jelas karena takut kehadirannya diketahui oleh para pengintai Izebel, dia masuk ke padang gurun. Di sini, dalam keadaan benar-benar putus asa, tanpa mengetahui bahwa Allah sedang mengerjakan rencana pemeliharaan-Nya, Elia minta mati. Pohon arar. Pohon rindang yang di bawahnya Elia berteduh dan menyendiri. 5. Tiba-tiba seorang malaikat menyentuh dia. perhatian Allah yang penuh kasih sayang terhadap nabi yang kelelahan itu tampak dengan jelas di sini. Pengalaman emosional yang baru saja ia lalui telah meninggalkan kesan yang mendalam di dalam diri Elia.

Wycliffe: 1Raj 19:8 - Maka bangunlah ia ... berjalan... ke gunung Allah, yakni Gunung Horeb // Gunung Allah // a. Di sana masuklah ia ke dalam sebuah gua dan bermalam di situ 8. Maka bangunlah ia ... berjalan... ke gunung Allah, yakni Gunung Horeb. Setelah diperkuat oleh makanan yang disediakan secara mukjizat, Elia berangk...

8. Maka bangunlah ia ... berjalan... ke gunung Allah, yakni Gunung Horeb. Setelah diperkuat oleh makanan yang disediakan secara mukjizat, Elia berangkat menuju ke Horeb yaitu sebuah gunung di Arab yang letaknya dekat Gunung Sinai (Kel. 3:1; 33:6). Gunung Allah. Maksudnya gunung yang di atasnya Allah dulu memberikan hukum Taurat kepada Musa (Kel. 19:20). 9a. Di sana masuklah ia ke dalam sebuah gua dan bermalam di situ. Pengalaman di puncak Gunung Karmel sangatlah berbeda dengan pengalaman di antara gua-gua berbatu Gunung Horeb. Orang yang doanya membuat Allah menggerakkan unsur-unsur alam, kini lari ketakutan karena kemarahan seorang perempuan. Sekalipun demikian Elia tidak ditakdirkan untuk menghabiskan hidupnya sebagai seorang pelarian yang dikejar-kejar oleh Izebel dan Ahab. Baal telah dikalahkan dan Yehova bertakhta. Tetapi Allah belum selesai dengan Elia; masih ada tugas yang harus dilaksanakan olehnya.

Wycliffe: 1Raj 19:9 - b. Apakah kerjamu di sini, hai Elia? // Aku bekerja segiat-giatnya bagi Tuhan, Allah semesta alam // Hanya aku seorang dirilah yang masih hidup 9b. Apakah kerjamu di sini, hai Elia? Sebuah tantangan ilahi dan juga interogasi. 10. Aku bekerja segiat-giatnya bagi Tuhan, Allah semesta alam. Di da...

9b. Apakah kerjamu di sini, hai Elia? Sebuah tantangan ilahi dan juga interogasi. 10. Aku bekerja segiat-giatnya bagi Tuhan, Allah semesta alam. Di dalam kesendirian dan keSepian itu Elia meratapi nasibnya di hadapan Tuhan. Seandainya kata-kata ini tidak diucapkan dalam keadaan emosional, pasti kata-kata itu tidak dapat dimaafkan. Tetapi Allah menangani secara lembut anak-anak-Nya yang kelelahan. Perkataan sang nabi jika diterima begitu saja - yang pasti tidak mungkin demikian - sama dengan menuduh Allah tidak setia. Hanya aku seorang dirilah yang masih hidup. Lihat tafsiran Paulus tentang pengalaman ini (Rm. 11:2-4).

Wycliffe: 1Raj 19:12 - Dan sesudah api itu datanglah bunyi angin sepoi-sepoi basa 12. Dan sesudah api itu datanglah bunyi angin sepoi-sepoi basa. Berbeda sekali dengan gejala-gejala alam yang menggetarkan, Tuhan sendiri kini berbica...

12. Dan sesudah api itu datanglah bunyi angin sepoi-sepoi basa. Berbeda sekali dengan gejala-gejala alam yang menggetarkan, Tuhan sendiri kini berbicara di dalam ketenangan. Suara tenang yang lembut memanggil Elia dari dalam gua tempatnya bersembunyi untuk berhadapan langsung dengan Allah.

Wycliffe: 1Raj 19:15-18 - Pergilah, kembalilah ke jalanmu, melalui padang gurun ke Damsyik 15-18. Pergilah, kembalilah ke jalanmu, melalui padang gurun ke Damsyik. Allah kini memberikan tiga buah tugas kepada Elia: (1) mengurapi Hazael sebag...

15-18. Pergilah, kembalilah ke jalanmu, melalui padang gurun ke Damsyik. Allah kini memberikan tiga buah tugas kepada Elia: (1) mengurapi Hazael sebagai Raja Siria (Aram) (bdg. II Raj. 8:7-15); (2) mengurapi Raja Israel yang baru, yaitu Yehu putra Nimsi (bdg. II Raj. 9:1-10); (3) mengangkat penggantinya, Elisa putra Safat. Tiga orang tokoh ini, sekalipun berbeda tugas dan wataknya, akan menyatu dalam merendahkan dan mempermalukan keturunan Ahab.

Wycliffe: 1Raj 19:19 - Setelah Elia pergi dari sana, ia bertemu dengan Elisa bin Safat. Elisa 19. Setelah Elia pergi dari sana, ia bertemu dengan Elisa bin Safat. Elisa artinya secara harfiah, Allah adalah keselamatanku. Tempat tinggal pasti El...

19. Setelah Elia pergi dari sana, ia bertemu dengan Elisa bin Safat. Elisa artinya secara harfiah, Allah adalah keselamatanku. Tempat tinggal pasti Elisa pada saat dia dipanggil tidak disebutkan, walaupun rumahnya terletak di Abel-Mehola, yang terletak di sebelah utara Lembah Yordan. Elia mengenakan jubahnya pada Elisa sebagai tindakan simbolis untuk menunjukkan bahwa kuasa dan wewenang Elia, sang nabi yang sudah akan purnabakti itu, kini ada di pundak nabi yang lebih muda, Elisa.

Wycliffe: 1Raj 19:20 - Biarkanlah aku mencium ayahku dan ibuku dahulu 20. Biarkanlah aku mencium ayahku dan ibuku dahulu. Kita mungkin heran atas tanggapan Elia yang kasar terhadap permintaan yang cukup masuk akal. Untuk...

20. Biarkanlah aku mencium ayahku dan ibuku dahulu. Kita mungkin heran atas tanggapan Elia yang kasar terhadap permintaan yang cukup masuk akal. Untuk memahami sikap Elia itu kita harus ingat bahwa cara berpisah di Timur bisa memakan waktu berhari-hari dan bahkan berminggu-minggu.

Wycliffe: 1Raj 19:21 - Lalu berbaliklah ia dari pada Elia // Sesudah itu bersiaplah ia, lalu mengikuti Elia dan menjadi pelayannya 21. Lalu berbaliklah ia dari pada Elia. Sekalipun ditegur, orang muda itu memperoleh izin untuk berpamitan secara singkat kepada keluarga dan kerabatn...

21. Lalu berbaliklah ia dari pada Elia. Sekalipun ditegur, orang muda itu memperoleh izin untuk berpamitan secara singkat kepada keluarga dan kerabatnya. Pesta yang dipersiapkan pasti untuk menghormati nabi yang lebih tua, Elia, di samping merupakan pesta perpisahan.

Sesudah itu bersiaplah ia, lalu mengikuti Elia dan menjadi pelayannya. Tugas pertama yang diberikan kepada Elia di Gunung Horeb dengan demikian sudah dilaksanakan. Yaitu tugas menyediakan kesinambungan pelayanan nabi dalam diri Elisa bin Safat setelah Elia diangkat ke surga.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 1Raj 19:1-21 - Begitu ajal di depan mata, baru sadar arti hidup. (Senin, 23 Agustus 2004) Begitu ajal di depan mata, baru sadar arti hidup. Ini adalah kutipan pernyataan DR. Morrie Schwartz, dosen senior fakultas sosiologi di Bran...

SH: 1Raj 19:1-8 - Krisis rohani lebih mengerikan daripada krisis moneter. (Rabu, 8 Maret 2000) Krisis rohani lebih mengerikan daripada krisis moneter. Apakah Izebel lebih hebat dari nabi-nabi Baal? Itu mungkin pertanyaan yang timbul dala...

SH: 1Raj 19:9-21 - Krisis berakhir pelayanan berakhir. Ada dua pelajaran (Kamis, 9 Maret 2000) Krisis berakhir pelayanan berakhir. Ada dua pelajaran yang sangat berguna bagi Kristen dari peristiwa krisis rohani yang dialami Elia, yaitu ...

Topik Teologia: 1Raj 19:3 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Beberapa Orang yang Kepadanya Para Malaikat Baik Menampakkan diri Elia 1Ra 19:3-5,...

Topik Teologia: 1Raj 19:5 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Teofani Kej 16:7-14 Kej 32:24-30 Kel 3:2-3,5-6 Kel 23:20-21 Kel 33:9-11 Bil 22:2...

Topik Teologia: 1Raj 19:6 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Teofani Kej 16:7-14 Kej 32:24-30 Kel 3:2-3,5-6 Kel 23:20-21 Kel 33:9-11 Bil 22:2...

Topik Teologia: 1Raj 19:8 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Pekerjaan Para Malaikat Baik Para Malaikat di Dalam Sejarah Perjanjian Lama ...

Topik Teologia: 1Raj 19:10 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Rangkap Allah TUHAN Allah Semesta Alam (Ibr.: Yahweh Elohim Sab...

Topik Teologia: 1Raj 19:15 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Manusia Dunia Pemeliharaan Allah di Dalam Negara-negara Pe...

Topik Teologia: 1Raj 19:18 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Keselamatan Orang-orang Percaya dan Komun...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Raja-raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang 1 dan 2 Raja-R...

Full Life: 1 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Masa Pemerintahan Salomo (1Raj 1:1-11:43) A. Salomo Menggantikan Daud Sebagai Raja (1...

Ende: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

Wycliffe: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 1 RAJA-RAJA Judul. Kitab yang dikenal dengan I dan II Raja-Raja dinamakan demikian menurut isinya. Di dalam Septuaginta, para raja Ibrani...

Wycliffe: 1 Raja-raja (Garis Besar) GARIS BESAR 1 RAJA-RAJA I. Kerajaan Sejak Salomo Hingga Rehabeam (I Raj. 1:1-11:43) A. Salomo Naik Takhta (1:1-2:46) ...

BIS: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) I RAJA-RAJA PENGANTAR Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam

I RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam buku ini dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. (1) Wafatnya Raja Daud dan pengangkatan Salomo menjadi raja atas Israel dan Yehuda menggantikan Daud.
  2. (2) Pemerintahan Salomo dan hasil-hasil usahanya, khususnya dalam membangun Rumah TUHAN di Yerusalem.
  3. (3) Bangsa Israel terpecah menjadi kerajaan utara dan kerajaan selatan, dan sejarah raja-raja yang memerintah kedua kerajaan tersebut sampai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi.

Di dalam kedua buku Raja-raja, setiap raja dinilai berdasarkan kesetiaannya kepada Tuhan; dan keberhasilan bangsa adalah akibat dari kesetiaan tersebut. Sebaliknya, penyembahan berhala dan ketidaktaatan mengakibatkan bencana. Berdasarkan penilaian tersebut raja-raja kerajaan utara semuanya gagal, sedangkan raja Yehuda ada yang gagal, ada pula yang tidak.

Yang penting dalam I Raja-raja ialah nabi-nabi Tuhan. Mereka adalah juru bicara Allah yang berani-berani. Mereka memperingatkan raja dan bangsa Israel supaya tidak menyembah berhala dan tidak meremehkan perintah-perintah Allah. Yang menonjol ialah Elia, dan kisah tentang pertarungannya dengan imam-imam Baal (pasal 18 1Raj 18:1-15).

Isi

  1.  Akhir pemerintahan Daud
    1Raj 1:1-2:12
  2.  Salomo menjadi raja
    1Raj 2:13-46
  3.  Pemerintahan Salomo
    1Raj 3:1-11:43
    1. a. Tahun-tahun permulaan
      1Raj 3:1-4:34
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      1Raj 5:1-8:66
    3. c. Tahun-tahun terakhir
      1Raj 9:1-11:43
  4.  Kerajaan yang terpecah
    1Raj 12:1-22:53
    1. a. Pemberontakan suku-suku utara
      1Raj 12:1-14:20
    2. b. Raja-raja Yehuda dan Israel
      1Raj 14:21-16:34
    3. c. Nabi Elia
      1Raj 17:1-19:21
    4. d. Ahab, raja Israel
      1Raj 20:1-22:40
    5. e. Yosafat raja Yehuda dan Ahazia raja Israel
      1Raj 22:41-53

Ajaran: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah berg

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah bergantung pada kesetiaannya terhadap janji Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab I dan II Raja-raja tidak jelas disebutkan dalam Kitab ini, tetapi banyak ahli mengatakan bahwa penulisnya adalah Yeremia (nabi).

Isi Kitab: Isi kedua Kitab ini sesuai dengan namanya, menceritakan tentang kehidupan raja-raja Israel.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I dan II Raja-raja

  1. Pasal 1-11 (1Raj 1:1-11:43).

    Pemerintahan Raja Salomo

    Dalam bagian ini dijelaskan, Salomo naik takhta dan memerintah. Ia menuruti pesan Daud, yaitu bertindak seperti seorang laki-laki dan tetap berhubungan dengan Tuhan. Salomo diberi hikmat oleh Tuhan karena sikapnya yang beribadah terhadap Tuhan dan menetapkan pemerintahannya yang bersifat damai dan sejahtera. Salomo juga membangun rumah Tuhan dan istana serta mentahbiskan rumah Tuhan sehingga ia diberkati secara luar biasa, yaitu kepandaian, kemasyhuran dan kekayaan yang bertambah-tambah. Tetapi Salomo terpengaruh oleh istri-istrinya dan ia menyembah berhala sehingga Tuhan marah kepadanya dan menghancurkan kerajaan itu, akhir pasal 11; 1Raj 11:41-43menyebutkan wafatnya Salomo.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 1:32-40.
    2. Bacalah pasal 1Raj 2:1-4. Apakah nasehat-nasehat Raja Daud yang jug bermanfaat bagi saudara?
    3. Bacalah pasal 1Raj 3:3-9. Apakah yang sering saudara minta dalam doa?
    4. Bacalah pasal 1Raj 7:1,51. Tempat apa sajakah yang dibangun Salomo?
    5. Bacalah pasal 1Raj 11:1-13, 41-43. Apakah yang terjadi dengan Salomo pada akhir hidupnya Da mengapa demikian?
  2. Pasal I Raja-raja 12 sampai II Raja-raja 17 (1Raj 12:1-2Raj 17:29).

    Kerajaan yang terpecah Setelah Salomo meninggal, kerajaan Israel terpecah lagi, dan mulai diperintah oleh raja-raja yang memerintah secara jahat, oleh karena itu selalu mengalami kekacauan dan menerima hukuman dari Tuhan. Tetapi karena cinta kasih Tuhan maka manusia selalu diberi peringatan melalui nabi-nabi supaya bertobat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 12:1-11. Kelompok dibawah pimpinan siapakah yang datang menghada Rehabeam? Dan apakah permintaannya? Apakah usah Rehabeam untuk menjawab permintaan Jerobeam?
    2. Bacalah pasal 1Raj 12:12-20. Nasihat siapakah yang diikuti oleh raja Rehabeam? Dan apakah akibatnya? (kerajaan terpecah menjadi dua 2Raj 12:20).
    3. Bacalah 2Raj 2:1-14. Siapakah dua orang nabi besar yang melayani di Israel? Apakah nabi Elia mati?
    4. Bacalah pasal 2Raj 17:7-23. Ini adalah kehancuran kerajaan Israel. Mengapa terjadi hal itu?
    5. Bacalah pasal 2Raj 24:18-25:7. Ini adalah kehancuran kerajaan Yehuda. Mengapakah terjadi hal ini?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Dalam keadaan jaman yang sesat, Allah selalu memberi jalan kepada umat- Nya untuk bertobat.

  2. Apabila kejahatan terjadi secara luar biasa maka Allah juga memperlihatkan keadilan-Nya dengan hukuman yang luar biasa.

  3. Allah selalu memberkati orang-orang atau bangsa yang takut akan Dia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Sebutkan apakah yang diminta raja Salomo didalam doanya!
  2. Siapakah yang mendirikan bait Allah yang pertama?
  3. Siapakah nama nabi yang bertempur melawan nabi-nabi Baal?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar Kitab I dan II Raja-raja ini?

Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Kerajaan Israel bersatu dan terpecah ISI KITABI Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritaka

Kerajaan Israel bersatu dan terpecah

ISI KITAB
I Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritakan mengenai kehidupan bangsa Israel selama empat abad sesudah kematian Daud dan pembuangan bangsa Israel ke Babel. Kitab itu menceritakan bagaimana suatu negara yang kuat dan bersatu terpecah menjadi dua; bagaimana kerajaan utara yang lebih besar yang terus menerus berpaling dari Allah akhirnya dimusnahkan; bagaimana Yehuda juga gagal untuk memelihara perjanjian dengan Allah dan bagaimana negeri itu juga dilanda bencana, yang mencapai puncaknya pada penghancuran Yerusalem dan pembuangan besar-besaran ke Babel. I Raja-raja merangkum 120 tahun pertama dari kisah yang lengkap.

SIAPA PENULISNYA?
Kitab ini mungkin ditulis oleh seorang nabi atau sejumlah nabi yang menulis di Babel selama masa pembuangan, sekitar tahun 550 SM. Bahan tulisan diambil dari berbagai sumber, seperti catatan resmi pemerintah atau kumpulan kisah-kisah tentang para nabi yang kemudian disatukan sedemikian rupa untuk memberikan tekanan pada pokok-pokok yang ingin diungkapkan oleh si penulis.

TUJUAN PENULISAN
Dalam I dan II Raja-raja penulis tidak ingin mencoba untuk memberikan suatu kisah yang lengkap dari seluruh peristiwa yang terjadi pada masa itu. Ia menceritakan dengan panjang lebar mengenai peristiwa dan tokoh-tokoh yang dianggapnya penting seperti Salomo atau Elia, tetapi tokoh lainnya hanya diceritakan secara sepintas. Raja-raja hanya menulis mengenai pentingnya peristiwa yang terjadi dalam hubungannya dengan perkembangan kehidupan rohani manusia.

PANDANGAN PENULIS
Masalah yang ditunjukkan oleh penulis ialah betapa pentingnya bagi umat Allah untuk menjaga perjanjian mereka dengan-Nya. Manusia dan bangsa-bangsa keduanya dinilai sampai seberapa jauh mereka mencari dan mengikuti kehendak Allah. Jika mereka mengasihi Allah dan patuh pada perintah-perintah-Nya, maka Allah akan memberkati mereka; jika mereka berpaling dari-Nya, maka bencara akan menimpa mereka. Dalam banyak hal sikap seorang raja dianggap sebagai gambaran dari sikap bangsa itu secara keseluruhan; dalam satu segi seorang raja merupakan wakil dari rakyatnya.

METODE PENULISAN
Kisah mengenai kedua bangsa Israel dan Yehuda mudah diikuti jika kita tahu metode penulisan yang dipakai. Kita selalu diberi kisah baru mengenai setiap negeri secara berurutan. Sebagai contoh, gambaran peristiwa yang terjadi dalam kehidupan seorang raja Israel diikuti oleh kisah raja-raja Yehuda yang naik takhta selama pemerintahannya dan seterusnya.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Rehabeam mencoba untuk tidak mengikutsertakan Allah, dan itu tidak mungkin terjadi. Sebenarnya penghakiman Allahlah yang menyebabkan ia kehilangan sepuluh suku dan bukan disebabkan oleh pemberontakan rakyatnya. Bahkan, sebelum Salomo mangkat Yerobeam telah diangkat oleh Allah untuk memerintah Israel. 1Ra 11:26-12:24
o Ahab telah menyaksikan suatu peragaan kekuasaan Allah pada waktu nabi-nabi Baal dikalahkan di Gunung Karmel. Walaupun demikian, dalam perang Siria, Ahab mencoba untuk menghindari kehendak Allah dengan jalan menyamar; tetapi ia mati seperti apa yang dikatakan Allah. 1Ra 18:1-46; 22:5-40

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Salomo kaya raya, bijaksana dan berkuasa, selama bertahun-tahun ia mengasihi dan melayani Allah, tetapi itu tidak berarti ia dapat berlaku sewenang-wenang. Pada waktu ia berdosa, Allah juga menghukumnya seperti kepada orang lain. 1Ra 3:1-11:43
o Omri adalah seorang raja yang sangat berhasil. Ia memberi Israel sebuah ibukota yang baru dan menempatkan Israel pada peta perdagangan, tetapi Kitab Raja-raja memberikan komentar bahwa ia juga berdosa terhadap Allah. 1Ra 16:15-28

3. Allah dapat dipercaya
o Tuhan memberikan sebuah kerajaan kepada Yerobeam, tetapi ia tidak percaya bahwa Allah dapat menghentikan pelarian bangsanya kembali ke Yehuda. Sebaliknya, ia melanggar perintah Allah dengan membangun sebuah patung emas. Ia mendapati bahwa Allah selalu memenuhi janji-janji-Nya, yaitu memberkati dan menghukum! 1Ra 12:25-14:20
o Apabila Tuhan memberikan suatu tugas, Dia juga akan menyediakan sarana untuk melaksanakannya. Tuhan mencukupi kebutuhan Elia sepanjang musim kering dan menunjukkan kepadanya bagaimana caranya untuk mengalahkan penyembahan kepada Baal. 1Ra 17:1-18:46

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
o Tidak taat kepada Tuhan dan menerima hukuman-Nya tidak selalu berarti bahwa kita tidak lagi dapat melayani Dia. Bangsa Yehuda menyadari hal ini setelah kerajaan itu terpecah. Tuhan telah menghukum mereka, tetapi Dia masih tetap Allah mereka dan masih berbicara kepada mereka. 1Ra 12:1-24
o Tidak satu pun dari ketujuh raja Israel pertama yang melayani Tuhan, tetapi Allah masih belum berputus asa terhadap bangsa itu. Dia masih menginginkan penyembahan mereka, dan di atas Gunung Karmel kembali Allah menunjukkan kepada mereka suatu peragaan kuasa-Nya yang besar. 1Ra 18:1-46

Penerapan

I Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba Tuhan
Elia menunjukkan kepada kita ciri-ciri seorang hamba Tuhan yang baik:
o Ia mendengarkan perkataan Allah (1Ra 17:1,2,8).
o Ia menantikan waktu Tuhan yang tepat (1Ra 18:1).
o Ia bertindak dengan berani (1Ra 18:7-40).
o Ia berbicara dengan jelas (1Ra 18:21).
o Ia mempunyai kepercayaan penuh terhadap Allah (1Ra 18:30-38).
o Ia sangat patuh kepada perintah Allah (1Ra 18:36).
o Ia gigih (1Ra 18:41-45).

2. Pelayanan Tuhan
o Tuhan tidak selalu memakai alat-alat bantu yang kita inginkan -- Ia memilih seorang janda untuk menolong Elia (1Ra 17:8-16).
o Membantu hamba Tuhan merupakan suatu pelayanan kepada-Nya dan Tuhan menganugerahi pelayanan (1Ra 17:17-24; 18:3-15).
o Tuhan memulihkan hamba-hamba-Nya pada waktu mereka terjatuh (1Ra 19:4-8).
o Satu tugas terselesaikan tidak berarti akan menghadapi hari depan yang sia-sia (1Ra 19:14-18).

3. Rumah Allah
o Dibangun berdasarkan janji Allah. (1Ra 8:15-21).
o Tempat untuk beribadah (1Ra 8:22-26).
o Tidak dapat membatasi Allah (1Ra 8:27).
o Tempat untuk berdoa (1Ra 8:28-40).
o Harus terbuka bagi semua orang dari berbagai negeri (1Ra 8:41-43).

Tema-tema Kunci

1. Kedaulatan Allah
Tema ini bergema dalam keseluruhan isi kitab yang menceritakan bagaimana Allah terlibat dalam sejarah umat manusia. Bacalah 1Ra 8:14-61; 19:9-18; 20:1-30. Apa yang diceritakan oleh pasal-pasal ini mengenai Allah dan kedaulatannya?

2. Kebenaran
Allah mengharapkan umat-Nya taat dan setia. Setelah negeri itu terpecah, I Raja-raja menggambarkan mengenai pemerintahan delapan raja Israel dan empat raja Yehuda. Buatlah daftar raja-raja ini. Berapa orang dari mereka yang melayani Tuhan? Berdasarkan atas apa penulis kitab Raja-raja membuat penilaian terhadap mereka?

3. Kelemahan
o I Raja-raja tidak pernah mencoba untuk memberikan kepada kita gambaran yang sempurna mengenai hamba-hamba Allah. Kita melihat keburukan maupun kebaikan mereka dan Allah menerima serta memakai mereka seperti apa adanya.
Pelajari 1Ra 1:1-3:1; 11:1-13; 19:1-21. Kelemahan apa saja yang dapat Anda temukan dalam diri Daud, Salomo dan Elia?
o Bacalah kisah Raja Ahab dalam 1Ra 18:1-22:40. Dalam 1Ra 21:27-29 kita membaca bahwa ia bertobat, dan oleh sebab itulah maka Allah memperingan hukuman terhadapnya. Menurut Anda mengapa I Raja-raja menggambarkan Raja Ahab sebagai orang jahat dan bukan hanya sebagai orang lemah?

Garis Besar Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11 1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua 1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo 1Ra 2:1-9Pesan-pesan Dau

[1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11

1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua
1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo
1Ra 2:1-9Pesan-pesan Daud terakhir
1Ra 2:10-11Wafatnya seorang raja yang besar

[2] SALOMO: TAHUN-TAHUN PENUH KEMASYHURAN 1Ra 2:12-10:29

1Ra 2:12-46Pemerintahan raja Salomo terbentuk
1Ra 3:1Persekutuan dengan Mesir melalui perkawinan
1Ra 3:2-28Allah menganugerahkan kebijakan dan kekayaan
1Ra 4:1-28Pembenahan perekonomian
1Ra 4:29-34Salomo si penyair
1Ra 5:1-7:51Rencana pembangunan yang megah
1Ra 8:1-66Peresmian Rumah Tuhan
1Ra 9:1-9Janji dan peringatan Tuhan
1Ra 9:10-28Hubungan dengan luar negeri dan masalah tenaga kerja
1Ra 10:1-13Kunjungan kenegaraan Ratu negeri Syeba
1Ra 10:14-29Kekayaan Raja Salomo

[3] PERTENTANGAN, PEMBERONTAKAN, PERPECAHAN 1Ra 11:1-12:24

1Ra 11:1-8Perzinahan dan imoralitas Salomo
1Ra 11:9-13Penghakiman Allah dinyatakan
1Ra 11:14-25Musuh dari luar yaitu Edom
1Ra 11:26-40Ancaman dari Yerobeam
1Ra 11:41-43Kematian Salomo
1Ra 12:1-15Yerobeam menolak untuk berunding
1Ra 12:16-24Bangsa Israel menyatakan kemerdekaannya

[4] DUA NEGERI BARU -- DUA PERMULAAN YANG BURUK 1Ra 12:25-15:24

1Ra 12:25-33Yerobeam membangun mezbahnya sendiri
1Ra 13:1-34Ia mendapat peringatan keras
1Ra 14:1-20Kematian Yerobeam dan putranya
1Ra 14:21-31Pemerintahan Rehabeam yang keji atas Yehuda
1Ra 15:1-8Abiam -- sama seperti ayahnya
1Ra 15:9-24Asa mengembalikan Yehuda pada jalan yang benar

[5] ISRAEL -- SEBUAH NEGARA BERKEMBANG 1Ra 15:25-16:34

1Ra 15:25-31Garis keturunan Yerobeam berakhir pada Nadab
1Ra 15:32-16:7Baesa membawa bangsa Israel ke dalam dosa
1Ra 16:8-14Pemerintahan Ela berakhir dengan adanya kudeta Zimri
1Ra 16:15-28Pemerintahan Omri -- makmur tetapi jahat
1Ra 16:29-34Memperkenalkan Ahab dan Izebel

[6] ELIA -- SEORANG HAMBA ALLAH 1Ra 17:1-19:21

1Ra 17:1-24Musim kering: Elia diselamatkan
1Ra 18:1-16Obaja mengatur pertemuan
1Ra 18:17-40Duel antara Elia dan nabi-nabi Baal
1Ra 18:41-46Berakhirnya musim kering
1Ra 19:1-18Bagaimana Allah menghadapi hambanya yang tertekan
1Ra 19:19-21Elia bergabung dengan Elisa

[7] AHAB -- SEORANG PENGUASA YANG LEMAH DAN SERAKAH 1Ra 20:1-21:29

1Ra 20:1-34Allah memberi kemenangan kepada Ahab
1Ra 20:35-43Seorang nabi memperingatkan Ahab
1Ra 21:1-26Ahab menipu Nabot
1Ra 21:27-29Ahab bertobat

[8] PEPERANGAN DENGAN SIRIA BERKELANJUTAN 1Ra 22:1-53

1Ra 22:1-4Ahab meminta bantuan Yehuda
1Ra 22:5-28Nabi-nabi asli dan palsu saling bertentangan
1Ra 22:29-36Mereka pergi berperang
1Ra 22:37-40Ahab terbunuh
1Ra 22:41-50Yosafat -- raja Yehuda yang baik
1Ra 22:51-53Ahazia -- raja Israel yang jahat
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #16: Tampilan Pasal untuk mengeksplorasi pasal; Tampilan Ayat untuk menganalisa ayat; Multi Ayat/Kutipan untuk menampilkan daftar ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.56 detik
dipersembahkan oleh YLSA