kecilkan semua  

Teks -- 1 Timotius 3:1-16 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Syarat-syarat bagi penilik jemaat
3:1 Benarlah perkataan ini: "Orang yang menghendaki jabatan penilik jemaat menginginkan pekerjaan yang indah." 3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang, 3:3 bukan peminum, bukan pemarah melainkan peramah, pendamai, bukan hamba uang, 3:4 seorang kepala keluarga yang baik, disegani dan dihormati oleh anak-anaknya. 3:5 Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus Jemaat Allah? 3:6 Janganlah ia seorang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong dan kena hukuman Iblis. 3:7 Hendaklah ia juga mempunyai nama baik di luar jemaat, agar jangan ia digugat orang dan jatuh ke dalam jerat Iblis.
Syarat-syarat bagi diaken
3:8 Demikian juga diaken-diaken haruslah orang terhormat, jangan bercabang lidah, jangan penggemar anggur, jangan serakah, 3:9 melainkan orang yang memelihara rahasia iman dalam hati nurani yang suci. 3:10 Mereka juga harus diuji dahulu, baru ditetapkan dalam pelayanan itu setelah ternyata mereka tak bercacat. 3:11 Demikian pula isteri-isteri hendaklah orang terhormat, jangan pemfitnah, hendaklah dapat menahan diri dan dapat dipercayai dalam segala hal. 3:12 Diaken haruslah suami dari satu isteri dan mengurus anak-anaknya dan keluarganya dengan baik. 3:13 Karena mereka yang melayani dengan baik beroleh kedudukan yang baik sehingga dalam iman kepada Kristus Yesus mereka dapat bersaksi dengan leluasa.
Jemaat Allah, dasar dan penopang kebenaran
3:14 Semuanya itu kutuliskan kepadamu, walaupun kuharap segera dapat mengunjungi engkau. 3:15 Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran. 3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Tim 3:1-7 - ORANG YANG MENGHENDAKI JABATAN PENILIK JEMAAT. Nas : 1Tim 3:1-7 Untuk pembahasan tentang syarat-syarat menjadi penilik jemaat atau gembala lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAA...

Nas : 1Tim 3:1-7

Untuk pembahasan tentang syarat-syarat menjadi penilik jemaat atau gembala

lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).

Full Life: 1Tim 3:2 - SEORANG YANG TAK BERCACAT. Nas : 1Tim 3:2 Seorang calon penilik jemaat harus "tak bercacat" (Yun. _anepilemptos_, secara harfiah berarti "bukan untuk dipegang"). Hal ini berh...

Nas : 1Tim 3:2

Seorang calon penilik jemaat harus "tak bercacat" (Yun. _anepilemptos_, secara harfiah berarti "bukan untuk dipegang"). Hal ini berhubungan dengan perilaku yang sudah terbukti benar, yang tak bercacat dalam kehidupan pernikahan, rumah tangga, sosial, dan usaha. Seorang penilik jemaat sebaiknya jangan sampai dituntut telah melakukan kemesuman atau perbuatan yang tidak senonoh. Sebaliknya, dia harus mempunyai reputasi tidak bercela di hadapan orang yang di dalam dan di luar gereja

(lihat cat. --> 1Tim 3:7),

[atau ref. 1Tim 3:7]

karena kehidupan Kristennya tidak dirusaki oleh dosa atau kemesuman karena kebiasaan atau kebetulan. Dengan demikian ia dapat menjadi teladan yang akan diikuti oleh semua

(lihat cat. --> 1Tim 4:12).

[atau ref. 1Tim 4:12]

Full Life: 1Tim 3:3 - BUKAN PEMINUM. Nas : 1Tim 3:3 Frasa ini (Yun. _me paroinon_, dari _me_, berarti "tidak" dan _paroinos_, kata majemuk yang berarti "pada, dengan, dekat anggur") ya...

Nas : 1Tim 3:3

Frasa ini (Yun. _me paroinon_, dari _me_, berarti "tidak" dan _paroinos_, kata majemuk yang berarti "pada, dengan, dekat anggur") yang diterjemahkan harfiah "tidak dekat atau dengan anggur," "tidak bersama dengan anggur". Di sini Alkitab menuntut bahwa seorang penilik jemaat tidak boleh "duduk di samping anggur" atau "dengan anggur". Dengan kata lain, ia tidak boleh minum anggur yang memabukkan, tergoda atau terbujuk olehnya, atau "makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk" (Mat 24:49).

  1. 1) Pertarakan total dari anggur yang difermentasi merupakan peraturan bagi para hakim dan raja dalam PL (Ams 31:4-7). Peraturan ini juga berlaku bagi semua orang yang mencari pengabdian tingkat tertinggi kepada Allah (Im 10:8-11; Bil 6:1-5; Hak 13:4-7; 1Sam 1:14-15; Yer 35:2-6; lih. Ams 23:31;

    lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA

    di mana akhirnya peraturan ini berlaku bagi seluruh umat Allah; bd. Bil 6:3 dst).
  2. 2) Mereka yang menjadi pemimpin jemaat Kristus tak mungkin mempunyai standar yang lebih rendah. Apalagi, semua orang percaya dalam gereja disebut sebagai imamat yang rajani (1Pet 2:9; Wahy 1:6) dan dengan demikian harus hidup sesuai dengan standar Allah yang tertinggi

    (lihat cat. --> Yoh 2:3;

    lihat cat. --> Ef 5:18;

    lihat cat. --> 1Tes 5:6;

    lihat cat. --> Tit 2:2;

    [atau ref. Yoh 2:3; Ef 5:18; 1Tes 5:6; Tit 2:2]

    lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)

    lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (2)).

Full Life: 1Tim 3:4 - SEORANG KEPALA KELUARGA YANG BAIK. Nas : 1Tim 3:4 Salah satu syarat kunci bagi seorang calon penilik jemaat adalah kesetiaan dalam hubungan pernikahan dan keluarga. Untuk keterangan ...

Nas : 1Tim 3:4

Salah satu syarat kunci bagi seorang calon penilik jemaat adalah kesetiaan dalam hubungan pernikahan dan keluarga. Untuk keterangan yang lebih terinci

lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).

Full Life: 1Tim 3:7 - JUGA MEMPUNYAI NAMA BAIK. Nas : 1Tim 3:7 Seorang penilik atau calon penilik jemaat harus "mempunyai nama baik" di dua kalangan: (a) orang dalam, yaitu anggota gereja (ay...

Nas : 1Tim 3:7

Seorang penilik atau calon penilik jemaat harus "mempunyai nama baik" di dua kalangan:

(a) orang dalam, yaitu anggota gereja (ayat 1Tim 3:1-6) dan

(b) orang luar, yaitu orang di luar gereja (ayat 1Tim 3:7). Dia harus memiliki reputasi dari dahulu dan sampai sekarang dari gaya hidup benar yang sesuai dengan Injil Kristus.

Full Life: 1Tim 3:8 - DIAKEN-DIAKEN. Nas : 1Tim 3:8 Diaken (Yun. _diakonos_) berarti "seorang hamba". Salah satu fungsi ditunjukkan dalam Kis 6:1-6. Mereka menolong gembala dengan meng...

Nas : 1Tim 3:8

Diaken (Yun. _diakonos_) berarti "seorang hamba". Salah satu fungsi ditunjukkan dalam Kis 6:1-6. Mereka menolong gembala dengan mengurus hal-hal jasmani dan bukan rohani dari gereja supaya gembala dapat memusatkan diri pada doa dan pelayanan Firman (Kis 6:2). Syarat-syarat rohani untuk jabatan diaken pada dasarnya sama dengan penilik dan gembala (bd. ayat 1Tim 3:1-7 dengan ayat 1Tim 3:8-13; lih. Kis 6:3).

Full Life: 1Tim 3:8 - JANGAN PENGGEMAR ANGGUR. Nas : 1Tim 3:8 Mengenai syarat ini, hal-hal berikut ini perlu diperhatikan (juga lihat cat. --> 1Tim 3:3). [atau ref. 1Tim...

Nas : 1Tim 3:8

Mengenai syarat ini, hal-hal berikut ini perlu diperhatikan (juga

lihat cat. --> 1Tim 3:3).

[atau ref. 1Tim 3:3]

  1. 1) Secara moral mustahil sang rasul mengizinkan penggunaan terbatas dari segala jenis anggur yang ada pada masa itu. Banyak macam anggur waktu itu adalah campuran yang berbahaya (bd. Ams 23:29-35).
  2. 2) Beberapa orang menafsirkan bahwa Paulus mengatakan bahwa seorang diaken tidak boleh terbiasa mabuk, dan dengan demikian secara tidak langsung menyetujui minuman alkohol sekadarnya. Akan tetapi, Paulus menyatakan bahwa kemabukan adalah dosa yang begitu buruk sehingga pemabuk dilarang masuk kerajaan Allah (1Kor 6:10). Karena itu tak masuk akal bahwa rasul Paulus akan menuntut sebagai syarat bagi diaken (bd. ayat 1Tim 3:2) bahwa diaken itu jangan seorang yang terbiasa mabuk (yaitu orang yang belum diselamatkan). Pastilah Paulus bermaksud arti yang lain untuk kata "anggur" dalam ayat ini, bukan anggur yang memabukkan.
  3. 3) Paulus bukannya menyetujui minuman alkohol sekadarnya, ia malah memberikan peringatan terhadap keinginan dan penggunaan yang berlebih-lebihan dari anggur yang tidak difermentasi di antara kalangan orang kafir

    (lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)).

    Kecanduan akan anggur yang tidak memabukkan menjadi sifat buruk umum dalam masyarakat kafir bersamaan dengan kerakusan (lih. Plinius, Natural History, 14.28.139). Paulus sedang menekankan penguasaan diri dalam seluruh aspek kehidupan ini, bahkan dalam hal yang baik; perhatikan Ams 25:27, yang mengatakan bahwa "Tidaklah baik makan banyak madu."
  4. 4) Bukan rasul Paulus saja yang memberikan nasihat semacam ini. Literatur para Rabi berisi peringatan tentang penggunaan berlebih-lebihan sari buah anggur yang tidak difermentasi. Literatur ini mengatakan mengenai tirosh, suatu sari anggur yang terdiri atas "berjenis-jenis sari buah yang manis dan sama sekali tidak boleh ada anggur yang difermentasi" (Tosef., Ned. IV.3), yang "jikalau diminum secara terbatas memberikan kepemimpinan; ... jikalau diminum berlebihan mendatangkan kemiskinan" (Yoma 76b). "Orang yang biasa meminumnya pasti akan menjadi miskin" (The Jewish Encyclopedia 12.533;

    lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1))

Full Life: 1Tim 3:15 - JEMAAT ... TIANG PENOPANG DAN DASAR KEBENARAN. Nas : 1Tim 3:15 Gereja harus menjadi dasar dari kebenaran Injil. Gereja meneguhkan dan memelihara kebenaran yang dinyatakan oleh Kristus dan para r...

Nas : 1Tim 3:15

Gereja harus menjadi dasar dari kebenaran Injil. Gereja meneguhkan dan memelihara kebenaran yang dinyatakan oleh Kristus dan para rasul dengan menerima serta menaatinya (Mat 13:23), menyimpannya dalam hati (Mazm 119:11), memberitakannya sebagai Firman kehidupan (Fili 2:16), membelanya (Fili 1:16), serta menunjukkan kuasanya dalam Roh Kudus (Mr 16:15-20; Kis 1:8; 4:29-33; 6:8).

BIS: 1Tim 3:2 - hanya satu istrinya hanya satu istrinya: atau hanya menikah sekali.

hanya satu istrinya: atau hanya menikah sekali.

BIS: 1Tim 3:11 - Istri mereka Istri mereka: atau Wanita-wanita yang membantu mereka di jemaat.

Istri mereka: atau Wanita-wanita yang membantu mereka di jemaat.

BIS: 1Tim 3:12 - mempunyai hanya satu istri mempunyai hanya satu istri: atau menikah hanya sekali.

mempunyai hanya satu istri: atau menikah hanya sekali.

BIS: 1Tim 3:16 - dan dinyatakan benar oleh Roh Allah dan dinyatakan benar oleh Roh Allah: atau dan dalam keadaan rohani, dinyatakan benar.

dan dinyatakan benar oleh Roh Allah: atau dan dalam keadaan rohani, dinyatakan benar.

Jerusalem: 1Tim 3:1 - penilik Penilik (episkopos) ini belum 'uskup', bdk Tit 1:5+.

Penilik (episkopos) ini belum 'uskup', bdk Tit 1:5+.

Jerusalem: 1Tim 3:2-7 - -- Sifat-sifat yang didaftar di sini dan dalam 1Ti 3:8-12 bukanlah sifat-sifat yang luar biasa. Daftar ini terpengaruh oleh daftar-daftar tradisionil yan...

Sifat-sifat yang didaftar di sini dan dalam 1Ti 3:8-12 bukanlah sifat-sifat yang luar biasa. Daftar ini terpengaruh oleh daftar-daftar tradisionil yang menyebutkan apa yang perlu dituntut dari para pejabat Gereja.

Jerusalem: 1Tim 3:11 - isteri-isteri Dapat juga diterjemahkan: perempuan. Kalau demikian maka perempuan itu kiranya menjabat diaken. Tetapi bagaimanapun juga kurang jelas apakah isteri-is...

Dapat juga diterjemahkan: perempuan. Kalau demikian maka perempuan itu kiranya menjabat diaken. Tetapi bagaimanapun juga kurang jelas apakah isteri-isteri itu ialah isteri diaken.

Jerusalem: 1Tim 3:15 - dasar kebenaran Gereja/jemaat Allah yang hidup, Ula 5:26; 2Ko 6:16, ialah "baitNya", artinya baik rumah maupun keluargaNya, Bil 12:7; Ibr 3:6; 10:21; 1Pe 4:17. Dalam ...

Gereja/jemaat Allah yang hidup, Ula 5:26; 2Ko 6:16, ialah "baitNya", artinya baik rumah maupun keluargaNya, Bil 12:7; Ibr 3:6; 10:21; 1Pe 4:17. Dalam gereja itu tersimpanlah dengan aman Injil yang menyelamatkan, 1Ti 3:16.

Jerusalem: 1Tim 3:16 - Dia Ialah Kristus. Sejumlah naskah dan terjemahan memakai kata penghubung yang menunjuk barang. Kalau demikian maka pelaku semua kata kerja yang berikut i...

Ialah Kristus. Sejumlah naskah dan terjemahan memakai kata penghubung yang menunjuk barang. Kalau demikian maka pelaku semua kata kerja yang berikut ialah rahasia ibadat kita". bdk Kol 2:3+. Ayat ini kiranya sebuah kutipan dari madah jemaat purba, bdk 1Ti 6:15-16; 2Ti 2:11-13 dan juga Fili 2:6-11. Nyanyian ini boleh dibandingkan dengan Efe 1:3-14; 5:14; Kol 1:15-20

Jerusalem: 1Tim 3:16 - dibenarkan dalam Roh Pembenaran Kristus serta keilahianNya khususnya dinyatakan oleh kebangkitanNya, bdk Rom 1:4+

Pembenaran Kristus serta keilahianNya khususnya dinyatakan oleh kebangkitanNya, bdk Rom 1:4+

Jerusalem: 1Tim 3:16 - diangkat dalam kemuliaan Ialah pengangkatan Kristus ke sorga, Kis 1:2,11,22.

Ialah pengangkatan Kristus ke sorga, Kis 1:2,11,22.

Ende: 1Tim 3:1 - Pemimpin Mungkin pula terdjemahan: "kepala", atau "ketua" ataupun "gembala" umat. Istilah asli ialah "episkopos". Tentang artinja gelaran itu dewasa itu, baik ...

Mungkin pula terdjemahan: "kepala", atau "ketua" ataupun "gembala" umat. Istilah asli ialah "episkopos". Tentang artinja gelaran itu dewasa itu, baik batjalah tjatatan pada Fili 1:1.

Ende: 1Tim 3:2 - Kawin satu kali sadja Aslinja: "Suami seorang isteri sadja". Maksudnja jang sesudah meninggalnja isterinja, tidak kawin lagi. Maklum, bahwa mereka jang dipilih untuk memega...

Aslinja: "Suami seorang isteri sadja". Maksudnja jang sesudah meninggalnja isterinja, tidak kawin lagi. Maklum, bahwa mereka jang dipilih untuk memegang djabatan itu sudah agak landjut umurnja dan mereka tentu dahulu beristeri atau masih beristeri.

Ende: 1Tim 3:3 - Peminum terlalu gemar minum anggur; istilah asli bukan sama artinja dengan pemabuk.

terlalu gemar minum anggur; istilah asli bukan sama artinja dengan pemabuk.

Ende: 1Tim 3:4 - Dengan sepatutnja Mungkin terdjemahan pula:"dalam segala kehormatan". Maksud aslinja kurang terang. Tafsiran sangat umum, ialah ia sebagai ajah harus tahu mendjadikan k...

Mungkin terdjemahan pula:"dalam segala kehormatan". Maksud aslinja kurang terang. Tafsiran sangat umum, ialah ia sebagai ajah harus tahu mendjadikan kewadjibannja dalam mendidik anak-anaknja demikian rupa, sehingga ia tetap dihormati dan ditjintai oleh mereka.

Ende: 1Tim 3:6 - Hukuman setan Ada jang menafsirkan: hukuman sama rupa dengan jang didjatuhkan kepada setan. Tafsir lebih umum, dengan ingat akan kesedjadjaran dengan "djeratan" dal...

Ada jang menafsirkan: hukuman sama rupa dengan jang didjatuhkan kepada setan. Tafsir lebih umum, dengan ingat akan kesedjadjaran dengan "djeratan" dalam ajat berikut, ialah: hukuman jang memang didjatuhkan Allah, tetapi pokoknja dan alasannja penggodaan dari setan.

Ende: 1Tim 3:9 - Rahasia iman jaitu segalanja jang diwudjudkan Allah dan diadjarkan dalam Indjil.

jaitu segalanja jang diwudjudkan Allah dan diadjarkan dalam Indjil.

Ende: 1Tim 3:11 - Jang wanita Dari hubungan disini agak njata, bahwa jang dimaksudkan, ialah wanita jang berdjabatan diakon. Bahwa ada diakon-wanita dewasa itu, terkesan dalam Rom ...

Dari hubungan disini agak njata, bahwa jang dimaksudkan, ialah wanita jang berdjabatan diakon. Bahwa ada diakon-wanita dewasa itu, terkesan dalam Rom 16:1 djuga.

Ende: 1Tim 3:15 - Bertingkah-laku jaitu oleh umat seperti diuraikan dalam bab II, tetapi tak kurang oleh Timoteus sendiri dan para pemimpin dan diakon, sebagaimana diterangkan dalam ba...

jaitu oleh umat seperti diuraikan dalam bab II, tetapi tak kurang oleh Timoteus sendiri dan para pemimpin dan diakon, sebagaimana diterangkan dalam bab II ini.

Ende: 1Tim 3:15 - Rumah Allah Itulah dalam arti "rumah-tangga Allah", ialah umat. Ingatlah 1Ti 3:6 tadi.

Itulah dalam arti "rumah-tangga Allah", ialah umat. Ingatlah 1Ti 3:6 tadi.

Ende: 1Tim 3:15 - Geredja Umat disini dilambangkan dengan gedung jang dibangunkan:" Geredja" disini dimaksudkan pula sebagai meliputi segala umat.

Umat disini dilambangkan dengan gedung jang dibangunkan:" Geredja" disini dimaksudkan pula sebagai meliputi segala umat.

Ende: 1Tim 3:16 - Ia Menurut naskah purba dengan "Ia" disini dimaksudkan Kristus, sebagai rahasia iman jang terwudjud didalamNja. Itu tjukup terang pula dari isi kalimat-k...

Menurut naskah purba dengan "Ia" disini dimaksudkan Kristus, sebagai rahasia iman jang terwudjud didalamNja. Itu tjukup terang pula dari isi kalimat-kalimat itu.

Ende: 1Tim 3:16 - Dalam daging dengan mendjadi manusia dan hidup sebagai manusia.

dengan mendjadi manusia dan hidup sebagai manusia.

Ende: 1Tim 3:16 - Dibenarkan dalam Roh Pernjataan-pernjataan Roh Kudus membuktikan, bahwa Ia Mesias dan pembawa kebenaran.

Pernjataan-pernjataan Roh Kudus membuktikan, bahwa Ia Mesias dan pembawa kebenaran.

Ende: 1Tim 3:16 - Diangkat dalam kemuliaan jaitu dalam kebahagiaannja dan ketika didudukkan disebelah kanan Allah.

jaitu dalam kebahagiaannja dan ketika didudukkan disebelah kanan Allah.

Ref. Silang FULL: 1Tim 3:1 - perkataan ini // jabatan penilik · perkataan ini: 1Tim 1:15; 1Tim 1:15 · jabatan penilik: Kis 20:28; Fili 1:1; Tit 1:7

· perkataan ini: 1Tim 1:15; [Lihat FULL. 1Tim 1:15]

· jabatan penilik: Kis 20:28; Fili 1:1; Tit 1:7

Ref. Silang FULL: 1Tim 3:2 - tak bercacat // satu isteri // menahan diri // memberi tumpangan // cakap mengajar · tak bercacat: Tit 1:6-8 · satu isteri: 1Tim 3:12 · menahan diri: 1Tim 3:11; Tit 2:2 · memberi tumpangan: Rom 12:13; Rom ...

· tak bercacat: Tit 1:6-8

· satu isteri: 1Tim 3:12

· menahan diri: 1Tim 3:11; Tit 2:2

· memberi tumpangan: Rom 12:13; [Lihat FULL. Rom 12:13]

· cakap mengajar: 2Tim 2:24

Ref. Silang FULL: 1Tim 3:3 - bukan peminum // bukan pemarah // hamba uang · bukan peminum: Tit 1:7 · bukan pemarah: 2Tim 2:24 · hamba uang: Luk 16:14; 1Tim 6:10; 2Tim 3:2; Ibr 13:5; 1Pet 5:2

· bukan peminum: Tit 1:7

· bukan pemarah: 2Tim 2:24

· hamba uang: Luk 16:14; 1Tim 6:10; 2Tim 3:2; Ibr 13:5; 1Pet 5:2

Ref. Silang FULL: 1Tim 3:4 - dan dihormati · dan dihormati: 1Tim 3:12; Tit 1:6

· dan dihormati: 1Tim 3:12; Tit 1:6

Ref. Silang FULL: 1Tim 3:5 - mengurus Jemaat · mengurus Jemaat: 1Kor 10:32; 1Kor 10:32

· mengurus Jemaat: 1Kor 10:32; [Lihat FULL. 1Kor 10:32]

Ref. Silang FULL: 1Tim 3:6 - menjadi sombong // kena hukuman · menjadi sombong: 1Tim 6:4; 2Tim 3:4 · kena hukuman: 2Pet 2:4; 2Pet 2:4

· menjadi sombong: 1Tim 6:4; 2Tim 3:4

· kena hukuman: 2Pet 2:4; [Lihat FULL. 2Pet 2:4]

Ref. Silang FULL: 1Tim 3:7 - luar jemaat // jerat Iblis · luar jemaat: Mr 4:11; Mr 4:11 · jerat Iblis: 2Tim 2:26

· luar jemaat: Mr 4:11; [Lihat FULL. Mr 4:11]

· jerat Iblis: 2Tim 2:26

Ref. Silang FULL: 1Tim 3:8 - juga diaken-diaken // penggemar anggur · juga diaken-diaken: Fili 1:1 · penggemar anggur: 1Tim 5:23; Tit 1:7; 2:3

· juga diaken-diaken: Fili 1:1

· penggemar anggur: 1Tim 5:23; Tit 1:7; 2:3

Ref. Silang FULL: 1Tim 3:9 - hati nurani · hati nurani: Kis 23:1; Kis 23:1

· hati nurani: Kis 23:1; [Lihat FULL. Kis 23:1]

Ref. Silang FULL: 1Tim 3:10 - harus diuji · harus diuji: 1Tim 5:22

· harus diuji: 1Tim 5:22

Ref. Silang FULL: 1Tim 3:11 - jangan pemfitnah // menahan diri · jangan pemfitnah: 2Tim 3:3; Tit 2:3 · menahan diri: 1Tim 3:2

· jangan pemfitnah: 2Tim 3:3; Tit 2:3

· menahan diri: 1Tim 3:2

Ref. Silang FULL: 1Tim 3:12 - satu isteri // dengan baik · satu isteri: 1Tim 3:2 · dengan baik: 1Tim 3:4

· satu isteri: 1Tim 3:2

· dengan baik: 1Tim 3:4

Ref. Silang FULL: 1Tim 3:15 - yakni jemaat // dari Allah · yakni jemaat: 1Tim 3:5; 1Kor 10:32; 1Kor 10:32 · dari Allah: Mat 16:16; Mat 16:16

· yakni jemaat: 1Tim 3:5; 1Kor 10:32; [Lihat FULL. 1Kor 10:32]

· dari Allah: Mat 16:16; [Lihat FULL. Mat 16:16]

Ref. Silang FULL: 1Tim 3:16 - agunglah rahasia // ibadah // rupa manusia // antara bangsa-bangsa // dalam kemuliaan · agunglah rahasia: Rom 16:25; Rom 16:25 · ibadah: 1Tim 2:2; 1Tim 2:2 · rupa manusia: Yoh 1:14; Yoh 1:14 · antara bangsa-b...

· agunglah rahasia: Rom 16:25; [Lihat FULL. Rom 16:25]

· ibadah: 1Tim 2:2; [Lihat FULL. 1Tim 2:2]

· rupa manusia: Yoh 1:14; [Lihat FULL. Yoh 1:14]

· antara bangsa-bangsa: Mazm 9:12; Kol 1:23

· dalam kemuliaan: Mr 16:19; [Lihat FULL. Mr 16:19]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 1Tim 2:1--6:2 - -- II. Sejumlah Nasihat dan Pengajaran Kepada Gereja Tentang Allah yang Hidup (2:1-6:2). Pokok-pokok yang dibahas oleh Paulus di dalam bagian ini mudah ...

II. Sejumlah Nasihat dan Pengajaran Kepada Gereja Tentang Allah yang Hidup (2:1-6:2).

Pokok-pokok yang dibahas oleh Paulus di dalam bagian ini mudah dilihat, sebagaimana kentara dari garis besar umumnya. Yang tidak terlalu jelas kelihatan ialah pokok pandangan yang menentukan pemilihan topik-topik tersebut serta urutan pembahasannya. Ide utama dari surat ini ialah pemeliharaan iman dan kesaksian. Oleh karena itu, tidaklah mengejutkan bahwa pada bagian tengah surat ini terdapat paragraf yang menyajikan Gereja sebagai tiang penopang dan dasar kebenaran, sebagai alat yang mempertahankan dan menyebarkan amanat Injil (lihat Pendahuluan, Struktur dan Tema I Timotius). Sesudah paragraf ini, yaitu pada 4:6, muncul dengan pembagian dengan sendirinya. Hingga 4:6 Paulus tampaknya membahas berbagai aspek dari kesaksian seluruh Gereja. Sesudah ayat ini Paulus berbicara kepada perseorangan dan golongan-golongan perseorangan tertentu sambil mengarahkan nasihat-nasihatnya kepada masalah kesaksian.

Wycliffe: 1Tim 2:1--3:13 - -- A. Kepada Gereja yang Bersaksi (2:1-3:13). Secara umum pokok pandangan di bagian ini adalah aspek umum dan bersama dari gereja: yaitu ibadah dan para...

A. Kepada Gereja yang Bersaksi (2:1-3:13).

Secara umum pokok pandangan di bagian ini adalah aspek umum dan bersama dari gereja: yaitu ibadah dan para petugasnya.

Wycliffe: 1Tim 3:1-13 - -- 3) Berbagai Persyaratan Bagi Pejabat Gereja (3:1-13). 1a. Kata-kata pembukaan bagian ini mungkin merupakan lanjutan dari pokok pembahasan terakhir da...

3) Berbagai Persyaratan Bagi Pejabat Gereja (3:1-13).

1a. Kata-kata pembukaan bagian ini mungkin merupakan lanjutan dari pokok pembahasan terakhir dari pasal 2. Semua pemakaian lain dari pernyataan tersebut (1:15; 4:19; II Tim. 2:11; Tit. 3:8) tampaknya mengikuti atau mendahului berbagai pernyataan penting tentang doktrin Injil. Demikian pula di sini jika melahirkan anak dari 2:15 dianggap mengacu kepada kelahiran sang Juruselamat. Tampaknya inilah penafsiran yang lebih disukai.

Paulus kemudian mengawali pembahasan mengenai persyaratan bagi penatua yang dilakukannya secara berurutan: persyaratan pribadi (ay. 2, 3). persyaratan menyangkut keluarga (ay. 4, 5), persyaratan mengenai sikapnya terhadap jemaat (ay. 5, 6), dan mengenai hubungannya dengan dunia non-Kristen (ay. 7). Pada bagian kedua sang rasul membahas persyaratan bagi kedudukan diaken dan diaken perempuan (ay. 8-13) yang sama dengan persyaratan bagi penatua. (Untuk melihat pembahasan klasik tentang fungsi dan jabatan penatua, baca Charles Hodge, Church Polity, Index, "Elder": D. D. Bannerman, The Scripture Doctrine of the Church, Bagian VI. pasal iv; dan juga esai Lightfoot, 'The Christian Ministry.' Commentary on Philippians, hlm. 181-269).

Wycliffe: 1Tim 3:1 - Jabatan penilik jemaat // penilik jemaat // Orang yang menghendaki jabatan penilik jemaat menginginkan, // menghendaki, // menginginkan 1. Jabatan penilik jemaat. Satu kata; juga dipakai dalam Lukas 19:44: Kisah Para Rasul 1:20 dan I Petrus 2:12. Kata kerjanya muncul dalam Ibrani 12:15...

1. Jabatan penilik jemaat. Satu kata; juga dipakai dalam Lukas 19:44: Kisah Para Rasul 1:20 dan I Petrus 2:12. Kata kerjanya muncul dalam Ibrani 12:15 yang menunjukkan bahwa fungsi pokok penatua merupakan tanggung jawab setiap orang percaya. Kata penilik jemaat dipakai dalam Kisah Para Rasul 20:28; Filipi 1:1; Titus 1:7; I Petrus 2:25. Jabatan penatua dan penilik jemaat itu sama: di dalam Titus 1:5, 7 kedua kata ini dipakai untuk orang yang sama di dalam ayat-ayat yang berurutan. Orang yang menghendaki jabatan penilik jemaat menginginkan, dan seterusnya. Ada dua kata yang sama artinya di sini. Yang pertama. menghendaki, hanya dipakai di dalam ayat ini, 6:10 dan Ibrani 11:16. Keinginan sungguh-sungguh dari seseorang untuk memperoleh jabatan ini hendaknya seperti keinginan Abraham akan negeri surgawi. Kata yang satunya, menginginkan, lebih sering dipakai, dan juga mengungkapkan keinginan yang sungguh-sungguh (Ibr. 6:11; I Ptr. 1:12, Luk. 22:15).

Wycliffe: 1Tim 3:2 - Tak bercacat // Dapat menahan diri // Bijaksana // Sopan // Suka memberi tumpangan // Cakap mengajar orang 2. Tak bercacat. Tidak ada celanya; kata Yunani yang sama dipakai dalam 5:7 dan 6:14. Dapat menahan diri. Aslinya berarti "dapat menahan diri dalam me...

2. Tak bercacat. Tidak ada celanya; kata Yunani yang sama dipakai dalam 5:7 dan 6:14. Dapat menahan diri. Aslinya berarti "dapat menahan diri dalam menggunakan anggur," tetapi di sini harus dipahami secara kiasan sebab ayat berikutnya melarang seorang calon bersifat pemarah. Kata kerjanya berarti dapat mengendalikan diri. Bijaksana. Lihat juga Titus 1:8; 2:2, 5. Sopan. Hidup teratur. Dipakai untuk pakaian perempuan dalam 2:9. Suka memberi tumpangan. Dipakai dalam Titus 1:8: I Petrus 4:9 sebuah kata benda serupa dipakai dalam Roma 12:13: Ibrani 13:2. Cakap mengajar orang. Hanya dipakai di sini dan di II Timotius 2:24; di tempat yang satu untuk penatua dan di tempat lainnya untuk gembala.

Wycliffe: 1Tim 3:3 - Bukan peminum // Bukan pemarah // Peramah // Pendamai // Bukan hamba uang 3. Bukan peminum. Bukan orang yang suka mabuk karena minuman keras. Bukan pemarah. Bukan orang yang suka memukul atau suka menggertak. Dipakai hanya d...

3. Bukan peminum. Bukan orang yang suka mabuk karena minuman keras. Bukan pemarah. Bukan orang yang suka memukul atau suka menggertak. Dipakai hanya di sini dan di Titus 1:7. Peramah. Filipi 4:5; Titus 3:2; Yakobus 3:17; I Petrus 2:18. Pendamai. Seperti dalam Titus 3:2. Bukan hamba uang. tidak menerima uang (ASV). Hanya dipakai di sini dan di Ibrani 13:5.

Wycliffe: 1Tim 3:4-5 - Kepala keluarga 4, 5. Kepala keluarga. Menjadi pemimpin keluarga. Kepemimpinan dan pengarahan menonjol sekali di dalam kata ini sebagaimana tampak pada anak kalimat b...

4, 5. Kepala keluarga. Menjadi pemimpin keluarga. Kepemimpinan dan pengarahan menonjol sekali di dalam kata ini sebagaimana tampak pada anak kalimat berikutnya dan pada 3:5. Kata kerja dalam 3:5 (dipakai di tempat lain hanya di Luk. 10:34, 35) menjelaskan tentang kepala keluarga dari ayat 4. dengan penekanan tambahan pada pemeliharaan yang lembut yang tersirat di situ.

Wycliffe: 1Tim 3:6 - Bukan seorang yang baru bertobat // Sombong // Kena hukuman Iblis 6. Bukan seorang yang baru bertobat. Bukan orang yang baru saja menjadi orang Kristen. Dipakai hanya di sini dalam seluruh Perjanjian Baru. "Tetapi, b...

6. Bukan seorang yang baru bertobat. Bukan orang yang baru saja menjadi orang Kristen. Dipakai hanya di sini dalam seluruh Perjanjian Baru. "Tetapi, bukannya menjadi seorang neophytos, yaitu orang yang karena baru percaya sulit dinilai perilakunya, ia justru harus memiliki kesaksian hidup yang baik (bukan hanya dalam gereja. tetapi juga) di luar kalangan gereja (C. J. Ellicott, A Bible Commentary for English Readers, vol. VII). Sombong. Kesombongan yang timbul karena terlalu cepat memperoleh kedudukan. Kena hukuman Iblis. Lihat 3:7.

Wycliffe: 1Tim 3:7 - Hendaklah ia juga mempunyai nama baik di luar jemaat // Digugat // Jerat 7. Hendaklah ia juga mempunyai nama baik di luar jemaat. Lihat parafrase Ellicott di, atas (ay. 6). Pokok pemikiran yang sama terdapat dalam Roma 12:1...

7. Hendaklah ia juga mempunyai nama baik di luar jemaat. Lihat parafrase Ellicott di, atas (ay. 6). Pokok pemikiran yang sama terdapat dalam Roma 12:17b yang merupakan kutipan dari Amsal 3:3, 4. Perhatikan peringatan terhadap kesombongan di dalam konteks Perjanjian Lama yang sama (Ams. 3:7), dan juga dikutip dalam Roma 12:16b. Digugat. Ini sama dengan kutukan yang dikenakan terhadap Iblis akibat keangkuhannya (lih. Yes. 14:12-15). Jerat. Dipakai di 6:9 dan II Timotius 2:26. Keangkuhan merupakan penyebab dari kejatuhan Iblis, dan juga merupakan jerat yang dipasangnya untuk manusia (I Yoh. 2:16).

Wycliffe: 1Tim 3:8 - Demikian juga // Terhormat // Jangan bercabang lidah // Jangan penggemar anggur // Jangan serakah 8. Demikian juga. Dengan cara yang sama. Inti dari pemikiran yang dikemukakan di sini ialah bahwa persyaratan bagi diaken sama dengan persyaratan bagi...

8. Demikian juga. Dengan cara yang sama. Inti dari pemikiran yang dikemukakan di sini ialah bahwa persyaratan bagi diaken sama dengan persyaratan bagi penatua. Terhormat. Orang yang dihormati, berwibawa. Jangan bercabang lidah. Dapat dipercaya omongannya. Jangan penggemar anggur. Kesaksian Alkitab secara konsisten menentang setiap pemakaian minuman keras. Penerapan praktis dari prinsip ini di dalam kehidupan modern ialah tidak minum minuman keras sama sekali. Jangan serakah. Juga dipakai dalam Titus 1:7 dan kata keterangan dalam I Petrus 5:2. Di dalam I Petrus 5:2 kata ini dipertentangkan dengan kata pengabdian diri. Mengenai kemungkinan adanya motivasi ekonomi dibahas oleh Paulus secara lebih lengkap dalam 6:5-10, 17-19 (lihat di bawah). Yang dimaksudkan ialah: bukan uang, tetapi kasih akan uang, itulah yang merupakan akar dari segala macam kejahatan. Nasihat ini terutama relevan dengan jenis tanggung jawab diaken yang tugasnya adalah mengelola keuangan gereja.

Wycliffe: 1Tim 3:9 - Iman // rahasia iman 9. Iman. Ini juga merupakan perpaduan aspek doktrin dan aspek praktis dari kehidupan Kristen: iman harus dipegang teguh dengan nurani yang taat, bukan...

9. Iman. Ini juga merupakan perpaduan aspek doktrin dan aspek praktis dari kehidupan Kristen: iman harus dipegang teguh dengan nurani yang taat, bukan dikotori dengan ketidaktaatan. Ungkapan rahasia iman tidak berarti bahwa di dalam iman Kristen terdapat semacam rahasia yang hanya dapat diketahui oleh kalangan tertentu saja. Cara penyajian Paulus bertolak dari penampakan Kristus di dalam daging, seperti halnya di dalam ayat 16 di bawah ini. Rahasia yang dimaksudkan bukan sesuatu yang harus dijaga ketat kerahasiaannya, melainkan merupakan suatu amanat yang harus disebarluaskan (Rm. 16:25; Kol. 4:3).

Wycliffe: 1Tim 3:10 - Diuji // baru 10. Diuji. Tidak harus dilaksanakan secara formal, tetapi melalui perkenan jemaat. Kata baru di situ penting; tampaknya yang dimaksudkan ialah bahwa p...

10. Diuji. Tidak harus dilaksanakan secara formal, tetapi melalui perkenan jemaat. Kata baru di situ penting; tampaknya yang dimaksudkan ialah bahwa para calon harus disetujui oleh seluruh jemaat terlebih dahulu sebelum memegang jabatan itu. baru melayani: bukan disetujui ketika sudah memangku jabatan.

Wycliffe: 1Tim 3:11 - Istri-istri // terhormat // Pemfitnah // Dapat menahan diri // Dapat dipercayai // kesetiaan, 11. Istri-istri. Konteks dengan jelas mengacu kepada kaum perempuan yang berkedudukan sebagai diaken perempuan. Sang rasul langsung kembali kepada pem...

11. Istri-istri. Konteks dengan jelas mengacu kepada kaum perempuan yang berkedudukan sebagai diaken perempuan. Sang rasul langsung kembali kepada pembahasan tentang diaken secara umum dan melengkapi pandangannya tentang para diaken tersebut. Kata terhormat dan kata lain yang terkait dengannya sering kali muncul di dalam surat-surat penggembalaan ini. Kebajikan yang sama dituntut dari para diaken (ay. 8) dan orang-orang tua (Tit. 2:2). Pemfitnah. Kata Yunani untuk "pemfitnah" adalah diabolos (Iblis), yaitu nama yang diberikan kepada Iblis di dalam Perjanjian Baru: dia itulah pemfitnah terkemuka. Di sini, di II Timotius 3:3 dan di Titus 2:3 kata ini dipakai untuk manusia. Dapat menahan diri. Seperti di 3:2 dan Titus 2:2. Dapat dipercayai. Setia, dapat diandalkan. Kata bendanya, kesetiaan, disebut sebagai salah satu buah roh dalam Galatia 5:22. Kata benda ini, seperti kata sifatnya, dapat berarti setia secara aktif, "mempercayai," atau "kesetiaan" yang menghasilkan keyakinan di pihak orang lain dan dapat membantu menimbulkan iman atau kepercayaan.

Wycliffe: 1Tim 3:12 - -- 12. Lihat ayat 4, 5 di atas; yang dipakai adalah kata-kata yang sama.

12. Lihat ayat 4, 5 di atas; yang dipakai adalah kata-kata yang sama.

Wycliffe: 1Tim 3:13 - kedudukan yang baik // dengan leluasa // kedudukan // yang melayani dengan baik 13. Paulus menutup bagian ini sebagaimana ia membukanya di ayat 1, yaitu dengan argumentasi yang dibuat untuk memberikan semangat kepada pemimpin gere...

13. Paulus menutup bagian ini sebagaimana ia membukanya di ayat 1, yaitu dengan argumentasi yang dibuat untuk memberikan semangat kepada pemimpin gereja. Mereka yang melayani akan memperoleh kedudukan yang baik. Kata dengan leluasa di sini mungkin berarti memiliki "landasan untuk" atau "alasan untuk" merasa leluasa. Dengan demikian, kata ini bila merupakan paralel dan penjelasan dari kata kedudukan sebelumnya (yang secara harfiah berarti sebuah pijakan atau landasan yang di atasnya orang berdiri). Orang yang melayani dengan baik akan menemukan bahwa Tuhan itu setia: dia memperoleh bagi dirinya sebuah landasan dan alasan untuk merasa leluasa dalam beriman, yaitu kepada Kristus Yesus. Mereka yang melayani dengan baik. Mungkin yang dimaksudkan bukan hanya para diaken tetapi juga para penatua.

Wycliffe: 1Tim 3:14-15 - -- 1) Kedudukannya yang Mulia Selaku Organ dari Doktrin Injil (3:14, 15). Paulus menjelaskan alasannya menganggap perlu menulis kepada Timotius sekalipu...

1) Kedudukannya yang Mulia Selaku Organ dari Doktrin Injil (3:14, 15).

Paulus menjelaskan alasannya menganggap perlu menulis kepada Timotius sekalipun tidak lama lagi mereka akan berjumpa. Salah satu penekanan utama di dalam surat ini ialah perilaku yang benar sebagai kesaksian tentang kebenaran. Oleh karena itu, perilaku orang Kristen di dalam pemerintah Gereja adalah yang paling penting, sebab Gereja adalah penyokong dan landasan dari kebenaran; yakni dalam lingkungan kesaksiannya kepada dunia. Kristus yang adalah kebenaran itu sendiri, merupakan satu-satunya landasan Gereja (I Kor. 3:11). Di dalam Ibrani 3:6; 10:21, Gereja disebut sebagai "rumah" Kristus atau "Rumah Allah": bandingkan juga dengan Efesus 2:19, 20. Kebenaran. Sebagian besar pemakaian istilah ini dalam Perjanjian Baru dijumpai di dalam tulisan-tulisan Paulus dan Yohanes. Istilah ini sering kali disamakan dengan "Injil" atau "firman kebenaran" (Rm. 2:16; Gal. 2:15; dan Kol. 1:5), seperti halnya di dalam konteks ini, di mana kata itu jelas merupakan paralel dengan ayat berikutnya yang mengemukakan hakikat Injil.

Wycliffe: 1Tim 3:16 - -- 2) Kidung Pujian: Pernyataan Puitis Mengenai Doktrin yang Benar (3:16). Rahasia. Lihat ayat 9 di atas. Ibadah (kesalehan). Istilah yang penting di da...

2) Kidung Pujian: Pernyataan Puitis Mengenai Doktrin yang Benar (3:16).

Rahasia. Lihat ayat 9 di atas. Ibadah (kesalehan). Istilah yang penting di dalam Surat-surat Penggembalaan dan dalam periode sejarah gereja ini dijumpai pada 2:2; 3:16; 4:7, 8; 6:3, 5, 6. 11; II Timotius 3:5; Titus 1:1; II Petrus 1:3, 6, 7; 3:11; Kisah Para Rasul 3:12; dalam bentuk kata kerja. Kisah Para Rasul 17:23; I Timotius 5:4; dalam bentuk kata sifat, Kisah Para Rasul 10:2, 7; II Petrus 2:9; dalam bentuk adverbia, II Timotius 3:12; Titus 2:12. Yang ditekankan di dalam istilah ini adalah perilaku saleh yang mengutamakan rasa hormat dan kesetiaan. Pengertian ini sangat cocok dengan penekanan utama rasul Paulus di dalam Surat-surat Penggembalaan ini: doktrin yang benar dan cara hidup yang selaras dengan doktrin tersebut. Konteks menjelaskan bahwa yang dimaksudkan oleh Paulus ketika mengatakan Dia yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia adalah Kristus. Bertolak dari sini dan di dalam bagian selanjutnya dari ayat ini, kalimat-kalimatnya memiliki pola yang teratur sebagaimana layaknya sebuah kidung atau syair. Ini sangat cocok dengan maksud Paulus untuk menyampaikan pikiran-pikirannya dalam bentuk yang cukup dikenal dan sedang populer sebab pesan itu dengan demikian akan mudah diingat. Sebagian besar ayat berbentuk kidung dan pujian di dalam Perjanjian Baru berhubungan dengan Paulus (Ef. 5:19; Kol. 3:16; Kis. 16:25; I Kor. 14:15). Oleh karena itu tidak sulit untuk percaya bahwa Paulus sendiri yang menggubah semua nyanyian pujian Kristen mula-mula ini, tentu saja dengan menganggap bahwa baris-baris ini (dan juga Ef. 5:14) memang diambil dari sebuah kidung. Semua kata utama juga muncul di dalam tulisan-tulisan Paulus lainnya. Rupa manusia. Paulus sering kali menekankan kemanusiaan Kristus dengan memakai kata ini (Rm. 1:3; 8:3; 9:5; Ef. 5:15; Kol. 1:22; Ibr. 5:7, 10:20). seperti halnya di sini, selaras dengan doktrin Kelahiran dari Perawan. Dibenarkan. Dinyatakan sebagai benar. (Rm. 3:4; Luk. 7:29, 35). Melalui kehadiran Roh di dalam pelayanan Kristus, Dia dibenarkan dan terbukti benar ucapan-ucapan-Nya (Rm. 1:4; Luk. 4:18, 19; 10:21; Mat. 12:18, 28; dan khususnya Rm. 8:10, 11). Menampakkan diri. Pembuktian terakhir oleh Roh tentang kebenaran Kristus adalah kebangkitan-Nya: karena itu kata-kata "dibenarkan dalam Roh" meliputi penampakan-Nya kepada para malaikat ketika kebangkitan. kenaikan dan kedatangan-Nya di surga (I Ptr. 3:22). Diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Ungkapan ini merupakan rangkuman dari seluruh era pemberitaan Injil saat ini (Rm. 16:26; Kol. 1:6). Dipercayai. Ringkasan dari hasil-hasil pemberitaan Injil. Diangkat. Secara khusus mengacu kepada Kenaikan, tetapi mencakup seluruh manifestasi kemuliaan-Nya. Hal ini ditunjukkan oleh perkembangan sejarah dan alur penalaran syair ini: keseluruhan karya mesianis Kristus terekam di dalamnya.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 1Tim 3:1-13 - Seleksi pemimpin jemaat (Kamis, 30 November 2006) Seleksi pemimpin jemaat Guna mengatasi ajaran palsu yang mengancam kehidupan iman jemaat, Timotius diperintahkan untuk mengangkat pemimpin-pemimp...

SH: 1Tim 3:1-7 - Syarat bagi penilik jemaat. (Selasa, 11 Juni 2002) Syarat bagi penilik jemaat. Penilik jemaat (episkopos) pada waktu itu adalah tuan rumah dari jemaat yang beribadah di rumahnya, dan karena itu menjadi...

SH: 1Tim 3:8-13 - Syarat bagi penilik jemaat. (Rabu, 12 Juni 2002) Syarat bagi penilik jemaat. Penilik jemaat (episkopos) pada waktu itu adalah tuan rumah darijemaat yang beribadah di rumahnya, dan karena itu menjadi ...

SH: 1Tim 3:14--4:5 - Identitas jemaat dan tantangannya (Jumat, 1 Desember 2006) Identitas jemaat dan tantangannya Perilaku para pemimpin dan anggota jemaat dalam kehidupan berjemaat (2:1-3:13) berkaitan erat dengan identitas ...

SH: 1Tim 3:14-16 - Keluarga Allah, dasar dan penopang kebenaran. (Kamis, 13 Juni 2002) Keluarga Allah, dasar dan penopang kebenaran. Dari apa yang Paulus tuliskan pada bagian ini, jelaslah bahwa tujuannya adalah untuk menunjukkan bagaima...

Topik Teologia: 1Tim 3:1 - -- Gereja Organisasi dan Jabatan Gereja Uskup / Penatua Kualifikasi Uskup / Penatua 1Ti 3:1-7 Tit 1:6-8

Topik Teologia: 1Tim 3:2 - -- Pengudusan Pengudusan: Sasaran dan Hambatan Hambatan Pengudusan Kegemaran Diri Menghalangi Pengudusan Luk 8:14 Luk 12...

Topik Teologia: 1Tim 3:4 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Kelompok-kelompok Orang Khusus ...

Topik Teologia: 1Tim 3:5 - -- Gereja Gereja Allah 1Ti 3:5 Kualifikasi Uskup / Penatua 1Ti 3:1-7 Tit 1:6-8

Topik Teologia: 1Tim 3:6 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Setan Gereja Organisasi dan Jabatan Gereja Uskup / Penatua Kualifikasi Uskup / Penatua 1Ti 3:...

Topik Teologia: 1Tim 3:7 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Setan Gereja Organisasi dan Jabatan Gereja Uskup / Penatua Kualifikasi Uskup / Penatua 1Ti 3:...

Topik Teologia: 1Tim 3:8 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Memiliki Kesadaran Moral Mereka Dapat Menghidupi Kehidu...

Topik Teologia: 1Tim 3:9 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Mereka Dapat Menghidupi Kehidupan Seutuhnya Kej 6:9 Kej 20:5-6 1Sa 25:30-31 1Ra 9:4 Ayu 27:6 Maz 24:3...

Topik Teologia: 1Tim 3:10 - -- Gereja Organisasi dan Jabatan Gereja Diaken Kualifikasi Diaken 1Ti 3:8-15

Topik Teologia: 1Tim 3:13 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Kristus Yesus Rom 3:22-24 Rom 8:1 Rom 15:5 Rom 16:3 1Ko 1:2,30 Gal 2:16 ...

Topik Teologia: 1Tim 3:15 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Hidup Yos 3:10 1Sa 17:26 Maz 84:3 Yes 37:4 Yes 37:17 Yer 10:10 Dan ...

Topik Teologia: 1Tim 3:16 - -- Yesus Kristus Penggenapan Luk 24:51 Kis 1:9 1Ti 3:16 1Pe 1:21 Keilahian Kristus Roh Kudus Sifat Ilahi Roh K...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Timotius (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Doktrin yang Benar dan Kesalehan Tanggal Penulisan: Sekitar tahun 65 M Latar Belakang Surat 1 dan 2 Ti...

Full Life: 1 Timotius (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (1Tim 1:1-20) I. Pengarahan Tentang Pelayanan Gereja (1Tim 2:1-4:5) A. Pentingnya Doa ...

Jerusalem: 1 Timotius (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: 1 Timotius (Pendahuluan Kitab) SURAT PERTAMA RASUL PAULUS KEPADA TIMOTEUS KATA PENGANTAR Tiga surat Paulus -- jang terachir -- biasanja disebut surat-surat penggembalaan, sebab hamp...

Wycliffe: 1 Timotius (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 1 TIMOTIUS Kepenulisan. Bahwa Paulus menulis surat-surat Penggembalaan (I, II Timotius dan Titus) masih dipersoalkan. Sekalipun demikian,...

Wycliffe: 1 Timotius (Garis Besar) GARIS BESAR 1 TIMOTIUS I. Salam dan Pendahuluan (1:1-20) A. Salam dengan Catatan Khusus Mengenai Kewenangan dan Pengharapan (1:1, 2...

BIS: 1 Timotius (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS YANG PERTAMA KEPADA TIMOTIUS PENGANTAR Timotius adalah seorang Kristen yang masih muda di Asia Kecil, yang telah menjadi kawan dan pemb

SURAT PAULUS YANG PERTAMA KEPADA TIMOTIUS

PENGANTAR

Timotius adalah seorang Kristen yang masih muda di Asia Kecil, yang telah menjadi kawan dan pembantu Paulus dalam pekerjaan Paulus. Ayah Timotius seorang Yunani dan ibunya Yahudi. Dalam Surat Paulus Yang Pertama \\Kepada Timotius\\, dibentangkan tiga hal yang ada sangkut pautnya satu sama lain.

Pertama-tama ialah peringatan kepada Timotius terhadap ajaran-ajaran salah yang terdapat di dalam jemaat. Ajaran-ajaran itu merupakan campuran faham Yahudi dan faham bukan Yahudi berdasarkan kepercayaan bahwa semesta alam sudah jahat, dan keselamatan hanya dapat diperoleh kalau orang mempunyai pengetahuan tentang rahasia tertentu, dan mentaati peraturan- peraturan seperti misalnya peraturan tidak boleh kawin, pantang makanan- makanan tertentu dan lain sebagainya.

Kedua, ialah petunjuk-petunjuk kepada Timotius mengenai pengurusan jemaat dan mengenai ibadat. Dijelaskan baginya sifat-sifat orang yang boleh menjadi penilik dan pembantu jemaat. Akhirnya Timotius diajar mengenai bagaimana ia dapat menjadi seorang hamba Yesus Kristus yang baik dan mengenai tanggung jawabnya terhadap setiap golongan orang yang menjadi anggota jemaat.

Isi

  1.  Pendahuluan
    1Tim 1:1-2
  2.  Petunjuk-petunjuk mengenai jemaat dan para pengurusnya
    1Tim 1:3-3:16
  3.  Petunjuk-petunjuk kepada Timotius mengenai pekerjaannya
    1Tim 4:1-6:21

Ajaran: 1 Timotius (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti isi Kitab I Timotius dan melakukan kebenaran Firman Tuhan dalam kehidupan mereka. Pendahuluan Penulis

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti isi Kitab I Timotius dan melakukan kebenaran Firman Tuhan dalam kehidupan mereka.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 63 Masehi.

Penerima : Seorang pendeta muda yang bernama Timotius, di kota Efesus. (Dan juga semua jemaat Kristen di dunia). Keadaan di jemaat Efesus: ada orang yang menjadi guru, tetapi tidak tahu Firman Allah. Mereka menyimpang dari ajaran Alkitab. Kehidupan rohani yang tidak bertumbuh. Juga ada persoalan-persoalan pribadi dan persoalan kepemimpinan dalam ibadah jemaat.

Isi Kitab: Kitab I Timotius terbagi atas 6 pasal. Kitab ini ditulis untuk meminta Timotius tetap tinggal di Efesus, agar Timotius menasehati orang-orang tertentu yang mengajarkan ajaran lain, dan membicarakan dongeng-dongeng yang justru membawa masalah bagi jemaat (/TB 1Tim

  1. 1:3-4). Tujuan khusus, ialah Paulus hendak menguatkan iman Timotius karena mungkin banyak orang tidak mau mendengarkan Timotius. Mereka itu adalah orang-orang yang mau menjadi pemimpin tetapi sebenarnya tidak mengenal Firman Allah.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Timotius

  1. Pasal 1 (1Tim 1:1-20).

    Pengajaran tentang tugas seorang pendeta jemaat setempat

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Tim 1:1-2. _Tanyakan_: Siapakah yang memerintahkan Rasul Paulus untuk memberitakan Injil? Siapakah yang memerintahkan saudara untuk memberitakan Injil?
    2. Bacalah pasal 1Tim 1:3-10. _Tanyakan_: Apakah yang harus dikerjakan oleh Timotius (tugas- tugas yang harus ia laksanakan)? Apakah saudara seorang pendeta? Bagaimanakah caranya Timotius menghadapi pengajar-pengajar sesat? Bagaimanakah caranya saudara menghadapi pengajaran-pengajaran yang sesat?
  2. Pasal 2 (1Tim 2:1-15).

    Pengajaran tentang ibadah jemaat dan sikap di dalam beribadah

    Dalam bagian ini dijelaskan mengenai isi doa anggota jemaat dan bagaimana sikap laki-laki ketika beribadah dan bagaimana sikap seorang perempuan di dalam ibadah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Tim 2:1-7. _Tanyakan_: Apakah yang dikehendaki. Allah dari doa anggota jemaat? Apakah isi doa jemaat yang diperintahkan dalam ayat-ayat itu?
    2. Bacalah pasal 1Tim 2:8-15. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap seorang laki-laki ketika beribadah kepada Allah? Bagaimanakah sikap seorang wanita ketika beribadah dalam kebaktian? Apakah perhiasan yang indah di hadapan Tuhan?
  3. Pasal 3 (1Tim 3:1-16).

    Pengajaran tentang syarat-syarat pekerja-pekerja gereja (Penatua/diaken)

    Dalam bagian ini Rasul Paulus memberikan syarat-syarat seseorang yang akan dipilih menjadi pekerja-pekerja gereja, penatua, dan diaken. Tetapi walaupun demikian syarat-syarat ini juga merupakan pembuktian kedewasaan rohani setiap orang Kristen.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Tim 3:1-7. _Tanyakan_: Sebutkanlah dengan lengkap semua syarat seorang penilik jemaat dan apakah hal itu ada pada saudara.
    2. Bacalah pasal 1Tim 3:8-13. _Tanyakan_: Sebutkanlah dengan lengkap semua syarat untuk menjadi seorang diaken dan apakah hal itu sudah ada pada saudara.
  4. Pasal 4-6 (1Tim 4:1-6:21).

    Pengajaran tentang kehidupan seorang hamba Tuhan dan setiap orang Kristen

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa seorang hamba Tuhan haruslah menjadi seorang hamba Tuhan Yesus Kristus yang baik, yaitu tekun dalam mengajar dan setia kepada kebenaran Firman Allah. Dan kehidupannya haruslah dapat menjadi teladan setiap orang, khususnya dalam pergaulannya dengan semua anggota jemaat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Tim 4:1-16. _Tanyakan_: Apakah yang dikatakan oleh Roh Kudus pada hari kemudian? Lihat ayat 1-4 (1Tim 4:1-4). Apakah yang diperintahkan dalam ayat 11-12? (1Tim 4:11-12) Apakah hal itu sudah saudara lakukan?
    2. Bacalah pasal 1Tim 5:1-16. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap terhadap seorang janda?
    3. Bacalah pasal 1Tim 5:17-24. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap terhadap penatua-penatua yang baik? (lihat ayat 17; 1Tim 5:17) Bagaimanakah sikap terhadap tuduhan yang dijatuhkan orang lain kepada seorang penatua?
    4. Bacalah pasal 1Tim 6:2-10. _Tanyakan_: Apakah nasehat tentang bersilat lidah? Apakah akibat daripada memburu uang? (lihat ayat 10; 1Tim 6:10).
    5. Apakah akhir kitab ini? (Bacakan pasal 1Tim 6:19-20).

II. Kesimpulan

Dalam I Timotius diajarkan dengan jelas akan kehidupan dari setiap orang Kristen dalam melayani jemaat atau Gereja, baik ia seorang pendeta, penatua, maupun anggota jemaat biasa. Ada empat hal penting yang Rasul Paulus ingatkan kepada Timotius:

  1. _Larilah_ dari pertengkaran/pertentangan dan cinta akan uang.
  2. _Carilah_ buah-buah Roh.
  3. _Lawanlah_ ajaran sesat dengan iman yang teguh.
  4. _Peliharalah_ Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus, denga melaksanakannya dalam sukacita.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab I Timotius?
  2. Apakah jabatan Timotius?
  3. Bagaimanakah keadaan jemaat saudara? Apakah jemaat saudara suda menuruti Firman Allah yang ada dalam I Timotius?
  4. Sudahkah saudara mengajarkan/berusaha melakukan syarat-syarat atau tanda tanda orang Kristen yang dewasa dalam rohani? (lihat pasal 1Tim 3:1-13).

Intisari: 1 Timotius (Pendahuluan Kitab) Buku pegangan untuk para pemimpin Kristen SURAT PENGGEMBALAAN.Tiga pucuk surat, I dan II Timotius serta Titus, dikenal sebagai surat penggembalaan, s

Buku pegangan untuk para pemimpin Kristen

SURAT PENGGEMBALAAN.
Tiga pucuk surat, I dan II Timotius serta Titus, dikenal sebagai surat penggembalaan, sebab sebagian besar isinya merupakan nasihat yang diberikan oleh seorang gembala yang dewasa kepada orang-orang yang lebih muda yang untuk gilir berikutnya akan membimbing orang-orang lain untuk memikul tugas penggembalaan jemaat.

TIMOTIUS.
Ayah Timotius adalah seorang Yunani, tetapi ibunya seorang Yahudi. Ia bertobat pada usia kurang lebih lima belas tahun, ketika Rasul Paulus mengunjungi kota asalnya, Listra (Kis 16:1-3; 1Tim 1:2). Tujuh tahun kemudian ia ikut dalam pelayanan penginjilan Paulus dan terjalinlah hubungan persahabatan yang sangat erat antara Paulus yang saat itu sudah berumur kira-kira tujuh puluh tahun dengan rekannya yang lebih muda. Setelah pemenjaraan Paulus yang pertama, ia mengunjungi beberapa tempat antara lain Efesus, dan karena tidak dapat lama berada di sana ia meninggalkan Timotius untuk memikul pelayanan di sana. Ketika ditinggal sendirian Timotius mendapatkan ujian yang sangat berat, karena sebelumnya ia sangat bergantung kepada nasihat Paulus. Sifatnya agak pemalu dan peka. Paulus menulis surat kepadanya dari Korintus untuk mendorong dia dan memberikan beberapa nasihat. Ayat kunci kitab ini adalah 1Ti 3:15. Paulus sangat ingin melihat anak rohaninya memenuhi tanggung jawabnya sebagai seorang pemimpin Kristen. Ia berkeinginan supaya dalam segala hal Timotius dapat memberi teladan kepada jemaat yang mengharapkan kepemimpinannya (1Tim 4:12).

CIRI-CIRI KHUSUS.
Ada beberapa kata dan frasa yang hanya terdapat dalam surat-surat penggembalaan, seperti 'Allah Juruselamatku' (1Tim 1:1; 2:3; 4:10; Tit 1:3; 2:10, 13; 3:4) dan petunjuk-petunjuk pada 'peribahasa' yang perlu mendapat perhatian khusus (1Tim 1:15; 3:1; 4:9, 10; 2Tim 2:11-13; Tit 3:8). Surat-surat penggembalaan ini senantiasa menjadi sumber pembangkit semangat dan nasihat praktis bagi para pekerja Kristen.

Pesan dan Penerapan

1. Gereja harus diperingatkan terhadap ajaran sesat.
o Ajaran sesat sudah merupakan ancaman sejak permulaan (13-7) dan seringkali
sangat erat hubungannya dengan tingkah laku yang salah. 1Ti 1:8-11
o Kehidupan yang diubahkan oleh kasih karunia Allah merupakan jawaban yang
paling efektif. 1Ti 1:12-17
o Guru-guru palsu perlu didisiplin. 1Ti 1:20

2. Pentingnya doa.
o Doa harus melibatkan semua orang. 1Ti 2:1
o Doa untuk para penguasa merupakan prioritas. 1Ti 2:2
o Doa harus didukung dengan hidup yang sesuai. 1Ti 2:8-10

3. Petunjuk-petunjuk untuk para penilik jemaat.
o Penilik jemaat harus orang yang tak bercacat dalam masyarakat dan kehidupan
keluarganya terhormat. 1Ti 3:1-7
o Para diaken harus memiliki moral yang tak bercela dan memenuhi persyaratan
rohani. 1Ti 3:8-13

4. Seorang pendeta harus...
o Memiliki kearifan rohani. 1Ti 4:1-5
o Memberi petunjuk yang jelas tentang ajaran sesat. 1Ti 4:6, 7
o Memperhatikan nilai kesalehan. 1Ti 4:8-10
o Menjadi teladan bagi jemaat. 1Ti 4:11-15
o Mengatur prioritas yang tepat. 1Ti 4:16
o Berhati-hati memperlakukan orang lain.1Ti 5:1-22
o Menyiagakan kesehatan yang baik. 1Ti 5:23

5. Pesan terakhir.
o Praktislah dalam pengajaran. 1Ti 6:1, 2
o Jauhilah ketamakan akan harta. 1Ti 6:6-10
o Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar. 1Ti 6:12
o Bertekunlah dalam panggilan. 1Ti 6:20

Tema-tema Kunci

1. Ajaran sesat.
Perjanjian Baru penuh dengan peringatan terhadap ajaran sesat. Dunia dewasa ini sedang ditantang oleh berbagai macam 'isme' dan 'ideologi'. Dalam zaman yang mudah bertoleransi ini, peringatan para rasul perlu mendapatkan perhatian yang serius. Ketulusan saja tidak cukup: kita harus 'menguji roh-roh itu' (1 Yoh. 4:1). Perhatikan berbagai petunjuk dalam Perjanjian Baru tentang guru-guru palsu - (misalnya, Kis 20:28-30; Mat 24:4, 5, 23, 24; 2Yoh 1:7-11). Kegagalan untuk mengerti siapa dan apa yang dilakukan oleh Kristus merupakan akar dari hampir semua ajaran palsu - mengenai hal ini - lihat 1Timotius 3:16.

2. Doa.
Seringkali doa-doa kita hanya terbatas untuk lingkungan keluarga dekat saja, tetapi di sini kita didorong untuk berdoa jauh lebih luas lagi. Para penguasa harus mendapat tempat yang istimewa dalam doa-doa kita. Perlu juga diingat bahwa penguasa pada masa itu adalah Kaisar Nero! Di dalam doa kita berhubungan langsung dengan Allah, tetapi jika doa-doa kita ingin berhasil maka doa-doa itu harus didukung dengan kehidupan yang 98 sepadan. Tangan yang kita angkat untuk berdoa haruslah 'tangan-tangan yang kudus'. Perhatikanlah sikap praktis dan cara-cara untuk memastikan bahwa doa-doa kita tidak menjadi picik. Kapan kita terakhir berdoa untuk para pemimpin pemerintah kita?

3. Kepemimpinan.
Jika gereja ingin memuliakan Allah, maka gereja itu harus mempunyai pola kepemimpinan yang benar. Perhatikan persyaratan rohani dan moral yang ditekankan oleh Rasul Paulus. Perhatikan juga bahaya mengangkat petobat baru untuk menduduki posisi yang menuntut tanggung jawab (1Tim 3:6). Bandingkan persyaratan bagi para penatua dan diaken. Perhatikan penekanan pada kehidupan rumah tangga yang baik dan juga pada reputasi pemimpin itu dalam dunia sekuler. Apakah kelemahan gereja merupakan sebagian pencerminan dari kepemimpinannya? Apakah kita cukup berhati-hati dalam memastikan bahwa para pemimpin itu memenuhi persyaratan yang dituntut dalam Perjanjian Baru? Apakah metode pengangkatan pemimpin gereja kita cukup mampu untuk menetapkan orang-orang yang tepat?

Garis Besar Intisari: 1 Timotius (Pendahuluan Kitab) [1] PERLUNYA PENGAJARAN YANG BENAR 1Ti 1:1-20 1Ti 1:1-2Salam 1Ti 1:3-11Peringatan yang tepat waktu 1Ti 1:12-17Kesaksian pribadi 1Ti 1:18-20Tug

[1] PERLUNYA PENGAJARAN YANG BENAR 1Ti 1:1-20

1Ti 1:1-2Salam
1Ti 1:3-11Peringatan yang tepat waktu
1Ti 1:12-17Kesaksian pribadi
1Ti 1:18-20Tugas yang serius

[2] PERLUNYA DOA 1Ti 2:1-15

1Ti 2:1-8Orang Kristen yang berdoa
1Ti 2:9-15Pelayanan kaum wanita

[3] PERLUNYA KEPEMIMPINAN YANG BAIK 1Ti 3:1-16

Syarat-syarat yang diperlukan dari seorang pemimpin Kristen.

[4] PERLUNYA KEARIFAN ROHANI 1Ti 4:1-16

1Ti 4:1-6Untuk memberi peringatan kepada orang lain
1Ti 4:7-16Untuk melatih disiplin diri

[5] PERLUNYA PETUNJUK-PETUNJUK PRAKTIS 1Ti 5:1-25

Bagaimana menghadapi berbagai kelompok yang berbeda.

[6] PERLUNYA SIKAP-SIKAP YANG BENAR 1Ti 6:1-21

1Ti 6:1, 2Di pihak hamba
1Ti 6:3-21Berbagai petunjuk
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #04: Coba gunakan range (OT dan NT) pada Pencarian Khusus agar pencarian Anda lebih terfokus. [SEMUA]
dibuat dalam 0.70 detik
dipersembahkan oleh YLSA