Lihat definisi kata "Anggur" dalam Studi Kata
Daftar Isi
HAAG: Anggur
KECIL: Anggur
LAMBANG: Anggur
BROWNING: ANGGUR
ENSIKLOPEDIA: ANGGUR

Anggur

Anggur [haag]

Anggur.

Perkebunan ~A. di dalam PL dipulangkan kembali pada Nuh (Kej 9:20-21). ~A. itu bagi para bapa bangsa merupakan minuman yang sudah dikenal (Kej 14:18; 27:25 dbtl). Tanah Palestina berkali-kali dipuji sebagai tanah ~A. (Ul 6:11; 8:8). Terutama sangat dipuji buah ~A. dari lembah Eskol dekat Hebron (Bil 13:23-24), demikian pula ~A dari Libanon (Hos 14:8). ~A. ditanam orang pada lereng-lereng bukit (Yes 5:1; Yer 31:5 dbtl), orang melindungi ~A. dari binatang ternak maupun binatang buas dengan tembok dan pagar (Bil 22:24; Mat 21:33). Orang membangun menara dan gubuk-gubuk untuk menjaga tanaman ~A. (Ayub 27:18; Yes 1:8; Mat 21:33). Tanahnya digali dan dibersihkan batunya (Yes 5:2). Cabang-cabangnya ditopang dengan tongkat atau diikat pada pohon-pohon ara. Pada saat-saat tertentu batangnya harus dipotong dan dibersihkan (Yes 5:6; Kid 24:31). Saat panen ~A. dipandang sebagai waktu kegembiraan (Yes 16:10; Yer 48:33). Dalam tempat pemeras ~A. yang pada umumnya digali di kebun ~A, orang menginjak-injak ~A. dengan kaki (Neh 13:15; Yes 63:2-3; Yer 25:30; Rat 1:15) dan air perasaannya disimpan dalam guci-guci maupun dalam kantong kulit (Mat 9:17). Kitab /RAPC #Sir 39:26 menggolongkan ~A. dalam bahan-bahan yang penting untuk hidup. ~A. termasuk bekal orang bepergian (Hak 19:19) dan termasuk makanan utama dalam pasukan (2Taw 11:11). Tentu saja ~A. tidak akan absen di dalam pesta-pesta (1Sam 25:36; Yoh 2:1-11 dbtl). Untuk memperbaiki selera rasanya, orang membubuhkan rempah-rempah yang harum ( --> Mur). Di dalam ibadat ~A. hanya memainkan peran kecil. Menurut Luk 10:34 ~A. juga dijadikan obat. -- Nilai ~A. di dalam hidup orang Isr. dinyatakan lewat ungkapan bahasa kiasan: Isr. adalah pokok ~A. yang ditanam oleh Yahwe (Mazm 80:9-12), atau sebidang kebun ~A. yang dikerjakan dan dipelihara olehNya (Yes 5:1-4). Sikap orang jujur adalah seperti ~A. yang tidak dicampuri (Yes 1:22). Di dalam PB kebun ~A. sering muncul dalam perumpamaan (Mat 20:1-16; 21:33-46; bdk,. pula allegori tentang batang ~A. dan ranting-rantingnya Yoh 15:1-8). Arti ~A. yang paling luhur didapati dalam pengadaan --> Perjamuan Malam.

Anggur [kecil]

KS.-

  1. harfiah
    [PL] Kej 9:21-24; Bil 6:2-4; Hak 9:13; 13:2-4,7,13-14; 1Sam 1:14-15; Mazm 104:14-15; Ams 20:1; 23:29-35; 31:4-7; Yer 53:2-8; Dan 1:8; Dan 1:8
    [PB] Mat 9:17; Mr 2:22; 15:23; Luk 1:15; 35:37-39; Yoh 2:3-10; Rom 14:21; Ef 5:18; 1Tim 3:8; 5:23
  2. kiasan
    [PL] Yes 55:1; Yer 25:15-29
    [PB] Wahy 14:8,10; 17:2; 18:3

Anggur [lambang]

  1. (1) LAMBANG murka Allah yang mengakibatkan orang sempoyongan, bukan karena mabuk anggur tapi karena kengeriannya. Mzm 60:5; 75:9; Yes 49:26; 51:21; Yer 13:12-14; 23:9; 25:15; 51:7; Why 14:8, 10; 16:19. Lihat juga MINUM.
  2. (2) LAMBANG penyembahan dan ajaran palsu, atau penyembahan berhala. Yes 65:11; Why 17:2; 18:3.
  3. (3) LAMBANG anugerah Allah atau Injil dan segala janjiNya. Dalam keempat Injil disebut "anggur baru". Kej 49:11-12; Ams 9:5; Kid 5:1; 7:2, 9; 8:2; Yes 25:6; 55:1; Hos 14:8; Za 9:15; Mat 9:17; Mrk 2:22; Luk 5:37.
  4. (4) "Anggur kelaliman" adalah METAFORA kelaliman yang telah menjadi tabiat atau jalan hidup seseorang. Ams 4:17.
  5. (5) Menjadi seperti "anggur yang tidak mendapat jalan hawa" adalah SIMILE keinginan yang ditekan dengan kuat - dalam hal ini, hasrat berbicara. Ayb 32:19.
  6. (6) LAMBANG berkat atau kemewahan atau "kehidupan baik" yang bersifat sementara. Ini dapat merujuk pada hal-hal yang dinilai tinggi oleh orang yang tidak percaya. Atau, bisa dianggap sebagai TIPE berkat-berkat dari masa Injil. Kej 27:28; Bil 18:12; Ul 7:13; 2 Raj 18:32; 2 Taw 31:5; Neh 10:37; Mzm 4:8; 104:15; Ams 3:10; 21:17; Pkh 9:7; Kid 1:2,4; 4:10; Yer 31:12; Rat 2:12; Yeh 27:18; Hos 2:8; Yl 2:24; 3:18; Am 9:13, 14; Mi 2:11; Za 9:17; Why 6:6; 18:13.
  7. (7) Anggur yang dibiarkan mengental di tempat pengendapannya adalah SIMILE untuk mereka yang puas diri, congkak, mementingkan diri sendiri tanpa mempedulikan Tuhan, penghakiman-Nya atas dosa, atau ketersediaan anugerah-Nya. Zef 1:12.

ANGGUR [browning]

1) Di PL anggur dihubungkan dengan pesta dan acara-acara *gembira dan juga dengan acara *perjanjian. Anggur juga melambangkan darah, karena merahnya perasan anggur itu (Yes. 63:2). Dalam PB anggur baru (Mat. 9:17) diartikan *perjanjian baru atau *iman baru yang tidak dapat ditempatkan dalam kerangka yang lama. Dan di *Kana, cerita tentang Yesus mengubah banyak air menjadi anggur (Yoh. 2:6-10), bagi penulis Injil menandakan kegembiraan yang melepaskan dari Injil itu untuk seluruh umat manusia. Anggur juga digunakan dalam *Perjamuan Tuhan pada waktu Yesus mengukuhkan perjanjian baru dalam darah-Nya (Mrk. 14:24). Kemudian, anggur itu digunakan dalam *Ekaristi atau Perjamuan Kudus Kristen (1Kor. 11:25). 2) Kebun anggur dan hasilnya mempunyai arti ekonomis, sosial dan religius penting di Palestina. Pada waktu orang Israel mulai menanamnya, setelah masuk ke tanah *Kanaan, hal itu menandakan niatnya untuk tinggal di situ, karena anggur memerlukan pemeliharaan jangka panjang dan intensif. Cuacanya menguntungkan dan lahan perbukitannya cocok -- lebih baik daripada ditanami gandum. Kebun anggur perlu dilindungi terhadap pencuri dan pondok-pondok didirikan pada waktu *menuai (Yes. 1:8). *Yesaya juga melukiskan (Yes. 5: 1-7) berbagai tahap yang diperlukan untuk menjamin tuaian yang berhasil. Anggur dipakai untuk perdagangan tukar-menukar (barter) -- lih. 2Taw. 2:10 dan untuk berbagai *perayaan (Dan. 1:5, 8, 16) maupun untuk *peribadahan (Yes. 51:7; Yes. 28:7-8; bnd. Kis. 2:13). Pemimpin Kristen perdana dinasihati untuk menahan diri dari minuman keras (1Tim. 3:3, 8), tetapi tidak pantang minum, berbeda dari orang-orang Rekhab di PL (Yer. 35:7-9). Anggur diminum pada perayaan *Paskah dan Yesus memberkatinya pada *Perjamuan Tuhan (Mrk. 14:23, 25) dan upacara itu menjadi universal di Gereja (1Kor. 11:25). Anggur dipakai sebagai simbol untuk Yesus oleh Injil Yohanes (Yoh. 15:1) dan orang Kristen adalah rantingnya.

ANGGUR [ensiklopedia]

Pohon anggur biasa, Vitis vinifera, Latin, adalah tanaman yg merambat di tanah atau memanjat pada tongkat-tongkat penunjang dengan menggunakan sulur-sulurnya. Pohon anggur sering disebut dalam Alkitab, dan berkali-kali dalam anti lambang. Sesudah pertama kali disebut terkait dengan Ararat (Kej 9:20) yg barangkali merupakan tempat asalnya, anggur ini ditanam juga di Mesir kuno. Lukisan-lukisan yg didapati pada tembok-tembok kuburan Mesir menggambarkan tahapan pembuatan anggur, sedang tulisan-tulisan ukir dan patung-patung membuktikan pentingnya anggur itu.

Budi daya anggur sudah diusahakan di tanah Kanaan sebelum orang Ibrani memasuki tanah itu, seperti terang dari makanan yg disediakan oleh Melkisedek (Kej 14:18), dari laporan para pengintai (Bil 13:20, 24), dan dari singgungan-singgungan Musa akan Tanah Perjanjian dalam Ul 6:11. Bahwa Yehuda terkenal karena tanaman anggurnya bisa disimpulkan dari berkat yg diberikan Yakub dalam Kej 49:11. Lembah Eskol (nama itu berarti 'segugus buah anggur') dulu dan sekarang adalah tempat yg istimewa banyak menghasilkan buah anggur, dan begitu juga lembah Sorek di dataran Filistin (Hak 14:5; 15:5; 16:4). Kebun-kebun anggur En-Gedi terkenal juga (Kid 1:14), demikian pula kebun anggur Sibma (Yer 48:32) yg diratapi Yeremia karena keruntuhannya. Yehezkiel mencatat bahwa anggur Helbon dikirim ke luar ke Tirus (Yeh 27:18), sedang Hosea menyinggung harumnya anggur Libanon (Hos 14:8). Cita-cita Israel, bangsa pengembara itu, yg memasuki tanah Kanaan, menjadi nyata setelah menetap memukimi daerah itu, yg memungkinkan setiap orang diam dengan tenteram 'di bawah pohon anggur dan pohon aranya' (1 Raj 4:20).

Untuk membuka suatu kebun anggur menuntut menggali selokan yg lebarnya kr 1 meter, sekeliling tanah yg hendak ditanami itu (Yes 5:1 dab). Tiang-tiang kayu ditancapkan tegak lurus sepanjang parit selokan supaya kokoh menahan pagar hidup atau pagar biasa yg melindungi kebun itu (Mrk 12:1), yg kerapkali terdiri dari semak-semak berduri. Kadang-kadang celah-celah besar antara pagar ditutup dengan menimbun tanah atau menyusun batu. Tanah yg sudah dikelilingi oleh pagar itu kemudian dicangkul dengan cermat, dan sesudah tanahnya gembur, bibit pohon anggur ditanam. Biasanya bibit itu ditanam berbaris-baris, yg jaraknya kr 3 meter, dan bila cabang-cabang yg akan berbuah sudah muncul, cabang-cabang itu ditinggikan dari tanah dengan tongkat-tongkat panjatan (Yeh 17:6). Pohon-pohon anggur dirantingi tiap musim semi (Im 25:3; Yoh 15:2) dengan pisau pemangkas (Yl 3:10). Tukang kebun anggur, yg merantingi dan menjaga pohon-pohon anggur, nampaknya termasuk golongan miskin (Yes 61:5). Sebuah dangau dari kayu dan yg diberi beratap, yg disebut menara jaga, didirikan di tempat yg tinggi, supaya bisa melihat seluruh kebun anggur (Mrk 12:1); di situlah pemilik beserta keluarga berjaga-jaga selama masa memetik buah anggur (Ayb 27:18; Yes 1:8).

Sesudah buah anggur masak, dikumpulkan dalam keranjang dan dibawa ke pemerasan anggur (Hos 9:2) yg terbuat dari batu pahatan yg utuh. Buah anggur diirik untuk mengeluarkan airnya oleh para penolong (Am 9:13), yg bersorak sorai dan bernyanyi kegirangan bersama-sama (Yes 16:10; Yer 25:30). Anggur yg sedang meragi disimpan di dalam kirbat (kantong kulit) baru yg kuat (Mat 9:17) atau. dalam periuk tanah yg besar-besar. Pemungut pajak menuntut bagian dari hasil anggur itu (bnd Yes 3:14), dan hutang yg sudah bertumpuk biasanya dibayar lunas dalam bentuk anggur (2 Taw 2:10). Bebas dari dinas militer diberikan kepada lelaki yg sibuk menuai anggur. Tidak boleh tanaman lain ditanam dalam kebun anggur (Ul 22:9), dan pohon-pohon anggur dibiarkan tumbuh liar setiap tahun ke-7 (Kel 23:11; Im 25:3). Sesudah tuaian dibawa ke rumah, orang miskin diperbolehkan memasuki kebun anggur untuk mengumpulkan semua buah yg ditinggalkan (Im 19:10; Ul 24:21). Jika sebidang kebun anggur sama sekali tidak memberi hasil lagi, kebun itu ditinggalkan (bnd Yes 16:8) dan pohon-pohon yg sudah kering dipakai untuk kayu api dan membuat arang kayu (Yeh 15:4; Yoh 15:6).

Di luar kegunaannya dalam bentuk (minuman) anggur, buah anggur merupakan bagian penting dalam makanan orang Ibrani, sebagai sumber yg menyediakan zat besi dan mineral-mineral pokok. Bagian tertentu dari tuaian itu diolah dalam bentuk kue kismis (1 Sam 25:18).

KISMIS ('tsimmuqim', 'buah-buahan yg dikeringkan'). Buah anggur yg dikeringkan (bnd Bil 6:3) sudah sejak zaman kuno merupakan makanan pokok di daerah-daerah yg disebut dalam Alkitab. Buah anggur ditaruh di luar, seringkali di atap rumah, untuk dikeringkan di bawah panas matahari (lih Pliny, NH 14). Suatu makanan yg disambut baik oleh orang yg lapar (1 Sam 30:12; 1 Taw 12:40), kismis adalah pemberian yg mudah dibawa dan lagi pantas (1 Sam 25:18; 2 Sam 16:1).

Pohon anggur melambangkan kemakmuran dan damai sejahtera bagi orang Ibrani. Lebih khusus pohon anggur melambangkan Israel sebagai bangsa pilihan. Merekalah pohon anggur yg dibawa dari Mesir (Mzm 80:8-14; Yes 5:1-5) dan ditanam dalam suatu tanah pilihan khusus. Mereka telah mendapat semua perhatian yg dibutuhkan guna menghasilkan buah yg paling baik -- tapi sebaliknya hanya memberi buah anggur hutan yg asam-asam. Karena itu Allah akan membiarkan mereka dijarah oleh musuh-musuh mereka.

Ada 5 perumpamaan Yesus berhubungan dengan pohon anggur dan penanamannya. (1). Pohon ara dalam kebun anggur (Luk 13:6-9). (2). Orang upahan dalam kebun anggur (Mat 20:1-6). (3). Anggur baru dalam kantong kulit tua (Mat 9:17). (4). Kedua anak (Mat 21:28-32). (5). Pekerja-pekerja yg jahat (Mat 21:33; Mrk 12:1-11; Luk 20:9-18). Yesus melukiskan diriNya sendiri sebagai pohon anggur yg benar (Yoh 15:1), dan semua orang beriman yg benar berhubungan secara organis dengan Pohon Anggur itu. Pada Perjamuan Terakhir, buah pohon anggur melambangkan darah yg mendamaikan, dan menjadi anggur sakramen dalam kebaktian Perjamuan Kudus di gereja-gereja Kristen. Dalam seni Kristen pohon anggur yg berbuah acap kali melambangkan kesatuan Kristus dengan para pengikutNya.

KEPUSTAKAAN. A. I. Perold, Treatise on Viticulture, 1927; H. N dan A. L Moldenke, Plants of the Bible, 1952, hlm 28 dst, 239 dst; A Goor, 'The History of the grape-vine in the Holy Land', Economic Botany 20, 1966, hlm 46-66; A Goor dan N Nurock, Fruits of the Holy Land, 1968, hlm 18-45. RKH/MHS/BS


Lihat definisi kata "Anggur" dalam Studi Kata



TIP #32: Gunakan Pencarian Khusus untuk melakukan pencarian Teks Alkitab, Tafsiran/Catatan, Studi Kamus, Ilustrasi, Artikel, Ref. Silang, Leksikon, Pertanyaan-Pertanyaan, Gambar, Himne, Topikal. Anda juga dapat mencari bahan-bahan yang berkaitan dengan ayat-ayat yang anda inginkan melalui pencarian Referensi Ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA