TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Judul Artikel Himne PEDIA MEDIA Gambar Audio Alkitab Kuno ITL - draft

Ulangan 34

  Boks Temuan
Kematian Musa
34:1 Kemudian naiklah Musa dari dataran Moab ke atas gunung Nebo 1 , f  yakni ke atas puncak Pisga, g  yang di tentangan Yerikho, h  lalu TUHAN memperlihatkan i  kepadanya seluruh negeri itu: daerah Gilead sampai ke kota Dan, j  34:2 seluruh Naftali, tanah Efraim dan Manasye, seluruh tanah Yehuda sampai laut k  sebelah barat, 34:3 Tanah Negeb l  dan lembah Yordan, lembah Yerikho, kota pohon korma m  itu, sampai Zoar. n  34:4 Dan berfirmanlah TUHAN kepadanya: "Inilah negeri yang Kujanjikan dengan sumpah o  kepada Abraham, Ishak dan Yakub; p  demikian: Kepada keturunanmulah akan Kuberikan q  negeri itu. Aku mengizinkan engkau melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi engkau tidak akan menyeberang r  ke sana." 34:5 Lalu matilah s  Musa, hamba TUHAN t  itu 2 , di sana di tanah Moab, sesuai dengan firman TUHAN. 34:6 Dan dikuburkan-Nyalah dia di suatu lembah di tanah Moab, di tentangan Bet-Peor, u  dan tidak ada orang yang tahu kuburnya v  sampai hari ini. 34:7 Musa berumur seratus dua puluh tahun, w  ketika ia mati; matanya belum kabur x  dan kekuatannya belum hilang. y  34:8 Orang Israel menangisi Musa di dataran Moab z  tiga puluh hari a  lamanya. Maka berakhirlah hari-hari tangis perkabungan b  karena Musa itu. 34:9 Dan Yosua bin Nun penuh dengan roh kebijaksanaan, c  sebab Musa telah meletakkan tangannya ke atasnya. d  Sebab itu orang Israel mendengarkan dia dan melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa. 34:10 Seperti Musa e  yang dikenal TUHAN dengan berhadapan muka, f  tidak ada g  lagi nabi h  yang bangkit 3  di antara orang Israel, 34:11 dalam hal segala tanda dan mujizat, i  yang dilakukannya atas perintah TUHAN di tanah Mesir terhadap Firaun dan terhadap semua pegawainya j  dan seluruh negerinya, 34:12 dan dalam hal segala perbuatan kekuasaan dan segala kedahsyatan k  yang besar yang dilakukan Musa di depan seluruh orang Israel.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[34:1]  1  Full Life : NAIKLAH MUSA ... KE ATAS GUNUNG NEBO.

Nas : Ul 34:1

Mereka yang dalam hidupnya bersekutu dengan Allah tidak takut mati. Karena kepercayaan mereka kepada-Nya, mereka dapat menghadapi kematian dengan damai dan sukacita (bd. Luk 2:29; Fili 1:23). Seperti Musa, mereka hanya sekilas saja melihat tanah yang dijanjikan (ayat Ul 34:1-4); hanya setelah kematian mereka memperoleh "kota yang mempunyai dasar yang direncanakan dan dibangun oleh Allah" (Ibr 11:10;

lihat cat. --> Fili 1:21).

[atau ref. Fili 1:21]

[34:5]  2  Full Life : MATILAH MUSA, HAMBA TUHAN ITU.

Nas : Ul 34:5

Catatan tentang kematian Musa ini mungkin ditulis oleh Yosua tidak lama sesudah wafatnya pemimpin besar itu (ayat Ul 34:9). Musa tidak diizinkan memasuki tanah perjanjian sebelum dia mati (ayat Ul 34:4); akan tetapi, bertahun-tahun kemudian Musa memasukinya ketika muncul di Gunung Pemuliaan dan berbicara dengan Yesus (Mat 17:3).

[34:10]  3  Full Life : SEPERTI MUSA ... TIDAK ADA LAGI NABI YANG BANGKIT.

Nas : Ul 34:10

Musa sangat dihormati karena persekutuannya yang intim dengan Allah dan pemahamannya akan tabiat dan pribadi Allah. Kerinduan utama semua orang percaya haruslah mengenal Allah dan menikmati persekutuan erat dengan-Nya; ini merupakan kehormatan dan hak terbesar sebagai anak-anak Allah (Yoh 1:12; 17:3; Rom 8:14-15; Gal 4:6). Tidak ada seorang pun di dalam Kristus yang memiliki hidup batiniah yang mengabdi dan hidup lahiriah yang saleh, yang tidak akan menerima kehadiran dan kasih karunia Allah. Persekutuan dengan Allah -- Bapa, Putra, dan Roh Kudus -- adalah janji dan upah terbesar seorang percaya (Yoh 14:15-21,23,26; Wahy 3:20).



TIP #06: Pada Tampilan Alkitab, Tampilan Daftar Ayat dan Bacaan Ayat Harian, seret panel kuning untuk menyesuaikan layar Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA