TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Judul Artikel Himne PEDIA MEDIA Gambar Audio Alkitab Kuno ITL - draft

Maleakhi 3

  Boks Temuan
3:1 Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku 1 , a  supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku! b  Dengan mendadak Tuhan c  yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! Malaikat Perjanjian 2  d  yang kamu kehendaki e  itu, sesungguhnya, Ia datang, firman TUHAN semesta alam. 3:2 Siapakah yang dapat tahan f  akan hari kedatangan-Nya 3 ? g  Dan siapakah yang dapat tetap berdiri, h  apabila Ia menampakkan diri? Sebab Ia seperti api i  tukang pemurni logam dan seperti sabun j  tukang penatu. 3:3 Ia akan duduk seperti orang yang memurnikan dan mentahirkan perak; k  dan Ia mentahirkan l  orang Lewi, menyucikan mereka seperti emas dan seperti perak, m  supaya mereka menjadi orang-orang yang mempersembahkan korban yang benar n  kepada TUHAN. 3:4 Maka persembahan o  Yehuda dan Yerusalem akan menyenangkan hati TUHAN seperti pada hari-hari dahulu kala dan seperti tahun-tahun p  yang sudah-sudah. 3:5 Aku akan mendekati kamu untuk menghakimi dan akan segera menjadi saksi terhadap tukang-tukang sihir, q  orang-orang berzinah r  dan orang-orang yang bersumpah dusta s  dan terhadap orang-orang yang menindas orang upahan, t  janda u  dan anak piatu, dan yang mendesak ke samping orang asing, v  dengan tidak takut w  kepada-Ku, firman TUHAN semesta alam.
Pembayaran persembahan persepuluhan menyenangkan hati Allah
3:6 Bahwasanya Aku, TUHAN, tidak berubah, x  dan kamu, bani Yakub, tidak akan lenyap. y  3:7 Sejak zaman nenek moyangmu kamu telah menyimpang z  dari ketetapan-Ku dan tidak memeliharanya. Kembalilah a  kepada-Ku, maka Aku akan kembali kepadamu, b  firman TUHAN semesta alam. Tetapi kamu berkata: c  "Dengan cara bagaimanakah kami harus kembali?" 3:8 Bolehkah manusia menipu d  Allah 4 ? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?" Mengenai persembahan persepuluhan e  dan persembahan khusus! 3:9 Kamu telah kena kutuk, f  tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa! 3:10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan g  itu ke dalam rumah perbendaharaan, h  supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap i  langit dan mencurahkan j  berkat k  kepadamu 5  sampai berkelimpahan. l  3:11 Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya m  hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah n  bagimu, firman TUHAN semesta alam. 3:12 Maka segala bangsa akan menyebut kamu berbahagia, o  sebab kamu ini akan menjadi negeri p  kesukaan, firman TUHAN semesta alam. q 
Kemenangan terakhir bagi orang benar
3:13 Bicaramu kurang ajar r  tentang Aku, firman TUHAN. Tetapi kamu berkata: s  "Apakah kami bicarakan di antara kami tentang Engkau?" 3:14 Kamu berkata: "Adalah sia-sia t  beribadah u  kepada Allah 6 . Apakah untungnya kita memelihara apa yang harus dilakukan v  terhadap-Nya dan berjalan dengan pakaian berkabung w  di hadapan TUHAN semesta alam? 3:15 Oleh sebab itu kita ini menyebut berbahagia orang-orang yang gegabah: x  bukan saja mujur y  orang-orang yang berbuat fasik z  itu, tetapi dengan mencobai Allahpun, mereka luput juga." 3:16 Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan TUHAN 7 : "TUHAN memperhatikan dan mendengarnya; a  sebuah kitab b  peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut c  akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya." 3:17 Mereka akan menjadi milik d  kesayangan-Ku e  sendiri, firman TUHAN semesta alam, pada hari yang Kusiapkan. Aku akan mengasihani f  mereka sama seperti seseorang menyayangi anaknya g  yang melayani dia. 3:18 Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar h  dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak i  beribadah kepada-Nya.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[3:1]  1  Full Life : AKU MENYURUH UTUSAN-KU.

Nas : Mal 3:1

Ketika menjawab ketidakpercayaan umat itu, Maleakhi menekankan kepastian kedatangan Mesias. Sebelum Ia datang, Ia akan mengutus seorang untuk membuka jalan. Nubuat ini digenapi ketika Yohanes Pembaptis tampil sebagai pendahulu Yesus Kristus (lih. Mat 11:10; Mr 1:2; Luk 1:76; Luk 7:27).

[3:1]  2  Full Life : MALAIKAT PERJANJIAN.

Nas : Mal 3:1-5

"Malaikat" tersebut adalah Yesus sang Mesias. Kedatangan-Nya yang pertama dan kedua disatukan dalam bagian ini.

[3:2]  3  Full Life : HARI KEDATANGAN-NYA.

Nas : Mal 3:2

Puncak penggenapan ayat ini akan terjadi pada kedatangan Kristus yang kedua kali ketika Ia akan mentahirkan (ayat Mal 3:3) dan menghakimi (ayat Mal 3:5) Israel. Dia akan mengusir semua orang jahat di negeri itu; hanya yang benar akan tetap tinggal (bd. Yes 1:25; Yeh 22:17-22).

[3:8]  4  Full Life : BOLEHKAH MANUSIA MENIPU ALLAH?

Nas : Mal 3:8

(versi Inggris NIV -- Dapatkah manusia mencuri dari Allah?). Umat itu sedang mencuri dari Allah dengan cara tidak memberikan persepuluhan (sepersepuluh dari penghasilan) mereka. Memberi persepuluhan dituntut dari umat itu di dalam hukum Musa (Im 27:30).

  1. 1) Allah mengancam untuk mengutuk orang yang demi kepentingan pribadi tidak bersedia memberikan (Mal 3:8-9) dan memberkati orang yang menopang pelayanan-Nya (Mal 3:10-12;

    lihat cat. --> Mal 3:10 berikut).

    [atau ref. Mal 3:10]

  2. 2) Orang percaya PB wajib memberi untuk menyokong pekerjaan Tuhan baik di gereja lokal maupun di ladang misi

    (lihat cat. --> 2Kor 8:2).

    [atau ref. 2Kor 8:2]

[3:10]  5  Full Life : MENCURAHKAN BERKAT KEPADAMU.

Nas : Mal 3:10

Jikalau umat itu akan bertobat, kembali kepada Allah, dan sebagai tanda pertobatan, mulai mendukung pekerjaan Allah dan hamba-hamba-Nya dengan persepuluhan dan persembahan mereka, Allah akan memberkati mereka dengan kelimpahan. Allah mengharapkan umat-Nya menunjukkan kasih dan pengabdian mereka kepada-Nya dan pekerjaan-Nya dengan memberikan persepuluhan dan persembahan untuk memperluas kerajaan-Nya

(lihat art. PERSEPULUHAN DAN PERSEMBAHAN).

Berkat-berkat yang menyertai kesetiaan dalam memberi dari uang kita akan dinikmati saat ini dan juga dalam kehidupan di akhirat.

[3:14]  6  Full Life : SIA-SIA BERIBADAH KEPADA ALLAH.

Nas : Mal 3:14

Umat itu percaya bahwa sekadar ibadah lahiriah saja kepada Allah sudah cukup untuk memperoleh berkat-Nya; tetapi mereka keliru; karena itu mereka mengira sia-sia beribadah kepada-Nya. Mereka tidak menyadari bahwa hati mereka tidak benar di hadapan-Nya

(lihat art. IBADAH).

[3:16]  7  Full Life : ORANG-ORANG YANG TAKUT AKAN TUHAN.

Nas : Mal 3:16

Bertentangan dengan mayoritas, masih ada beberapa orang yang menghormati Allah.

  1. 1) Tuhan berjanji untuk memelihara suatu catatan permanen di sorga dari orang-orang yang menghormati dan takut akan Dia dengan hidup setia di hadapan-Nya; mereka tidak akan dilupakan.
  2. 2) Bagian ini meyakinkan kita bahwa Allah memperhatikan dan mencatat kesetiaan dan kasih kita kepada-Nya. Bila kita berdiri di hadapan-Nya di sorga, Ia akan mengingat ketekunan pengabdian kita dan berlaku terhadap kita sesuai dengan pengabdian itu.



TIP #03: Coba gunakan operator (AND, OR, NOT, ALL, ANY) untuk menyaring pencarian Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA