Yesaya 41:27
Konteks41:27 Sebagai yang pertama Aku memberitahukannya g kepada Sion, dan Aku memberikan orang yang membawa kabar baik h kepada Yerusalem.
Yesaya 44:28
Konteks44:28 Akulah yang berkata tentang Koresh: x Dia gembala-Ku; segala kehendak-Ku akan digenapinya dengan mengatakan tentang Yerusalem: y Baiklah ia dibangun! dan tentang Bait Suci 1 : z Baiklah diletakkan dasarnya! a "
Yesaya 52:7-10
Konteks52:7 Betapa indahnya kelihatan dari puncak bukit-bukit s kedatangan pembawa berita 2 , t yang mengabarkan berita damai u dan memberitakan kabar baik, yang mengabarkan berita selamat dan berkata kepada Sion: "Allahmu itu Raja! v " 52:8 Dengarlah suara w orang-orang yang mengawal x engkau: mereka bersama-sama bersorak-sorai. y Sebab dengan mata kepala sendiri mereka melihat bagaimana TUHAN kembali z ke Sion. a 52:9 Bergembiralah, b bersorak-sorailah bersama-sama, hai reruntuhan c Yerusalem! Sebab TUHAN telah menghibur d umat-Nya, telah menebus Yerusalem. e 52:10 TUHAN telah menunjukkan tangan-Nya f yang kudus di depan mata semua bangsa; g maka segala ujung bumi h melihat keselamatan i yang dari Allah kita.
Yesaya 61:1
Konteks[44:28] 1 Full Life : KORESY ... BAIT SUCI.
Nas : Yes 44:28
Yesaya menyebut Koresy dengan nama sebagai tokoh yang akan memulai kelepasan orang Yahudi dari penawanan (ayat Yes 44:28). Nubuat ini disampaikan 150 tahun sebelum penggenapannya; pada tahun 538 SM, Koresy mengeluarkan ketetapan yang mengizinkan orang Yahudi kembali ke Yerusalem dan membangun kembali kota dan bait suci mereka (Ezr 1:1-2). Allah mengatur peristiwa kelahiran dan kehidupan Koresy demikian rupa sehingga rencana dan maksud Allah sendiri tergenapi dengan tepat menurut perjanjian-Nya
(lihat cat. --> Yes 41:2).
[atau ref. Yes 41:2]
[52:7] 2 Full Life : BETAPA INDAHNYA ... KEDATANGAN PEMBAWA BERITA.
Nas : Yes 52:7
Ayat ini pertama-tama mengacu kepada orang yang memberitakan pembebasan orang tawanan di Babel; ayat ini juga melambangkan pemberitaan keselamatan melalui Mesias yang akan datang (lih. Rom 10:15; Ef 6:15). Fokus berita yang disampaikan ialah, "Allahmu itu Raja!", yaitu: kerajaan Allah telah datang ke bumi (bd. Mr 1:14-15;
lihat art. KERAJAAN ALLAH).
[61:1] 3 Full Life : ROH TUHAN ALLAH ADA PADA-KU.
Nas : Yes 61:1-3
Gambaran Mesias dan pengurapan-Nya ini berhubungan dengan tugas atau pelayanan-Nya
(lihat cat. --> Yes 11:2-3
[atau ref. Yes 11:2-3]
di mana Yesaya melukiskan sifat dan keunggulan rohani-Nya dengan lebih langsung). Ketika Yesus memulai pelayanan-Nya, Ia mengutip ayat-ayat ini dan menerapkannya pada diri-Nya sendiri (Luk 4:18-19). Untuk menunaikan pelayanan-Nya, Yesus diurapi oleh Roh Kudus (bd. Yes 11:2; 42:1). Pelayanan-Nya yang terurapi mencakup
- (1) pemberitaan Injil kepada orang miskin, rendah hati, dan tersiksa;
- (2) menyembuhkan dan merawat mereka yang secara rohani dan jasmaniah sakit dan hancur hati;
- (3) membuka belenggu-belenggu kejahatan dan memberitakan pembebasan dari dosa dan penguasaan Iblis; dan
- (4) membuka mata rohani orang terhilang sehingga mereka dapat melihat terang Injil dan selamat. Tujuan empat ganda ini menandai seluruh pelayanan Yesus Kristus, dan akan terus digenapi oleh gereja selama berada di bumi.
[61:1] 4 Full Life : ROH TUHAN ALLAH ADA PADA-KU.
Nas : Yes 61:1
Ada sekilas petunjuk tentang ajaran Trinitas di dalam ayat ini: Tuhan Allah, Roh, dan Aku (yaitu Yesus;
lihat cat. --> Mr 1:11).
[atau ref. Mr 1:11]