TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yesaya 32:1--33:10

Konteks
Raja yang adil
32:1 Sesungguhnya, seorang raja c  akan memerintah menurut kebenaran 1 , dan pemimpin-pemimpin akan memimpin menurut keadilan, d  32:2 dan mereka masing-masing akan seperti tempat perteduhan e  terhadap angin dan tempat perlindungan terhadap angin ribut, f  seperti aliran-aliran air g  di tempat kering, h  seperti naungan batu yang besar, di tanah yang tandus. 32:3 Mata orang-orang yang melihat tidak lagi akan tertutup, i  dan telinga j  orang-orang yang mendengar akan memperhatikan. 32:4 Hati orang-orang yang terburu nafsu akan tahu menimbang-nimbang, k  dan lidah l  orang-orang yang gagap akan dapat berbicara jelas. 32:5 Orang bebal m  tidak akan disebutkan lagi orang yang berbudi luhur, dan orang penipu tidak akan dikatakan terhormat. 32:6 Sebab orang bebal mengatakan kebebalan, n  dan hatinya merencanakan yang jahat, o  yaitu bermaksud murtad p  dan mengatakan yang menyesatkan q  tentang TUHAN, membiarkan kosong r  perut orang lapar dan orang haus kekurangan minuman. 32:7 Kalau penipu, akal-akalnya adalah jahat, s  ia merancang perbuatan-perbuatan keji t  untuk mencelakakan orang sengsara dengan perkataan dusta, sekalipun orang miskin u  itu membela haknya. v  32:8 Tetapi orang yang berbudi luhur merancang hal-hal yang luhur, w  dan ia selalu bertindak x  demikian.
Peringatan kepada perempuan-perempuan Yerusalem
32:9 Hai perempuan-perempuan y  yang hidup aman 2 , bangunlah, dengarkanlah z  suaraku, hai anak-anak perempuan yang hidup tenteram, a  perhatikanlah perkataanku! 32:10 Dalam waktu setahun b  lebih kamu akan gemetar, hai orang-orang yang hidup tenteram, sebab panen buah anggur sudah habis binasa, c  dan panen buah-buah lain juga tidak ada. 32:11 Gentarlah, d  hai perempuan-perempuan yang hidup aman, gemetarlah, hai perempuan-perempuan yang hidup tenteram, e  tanggalkanlah dan bukalah pakaianmu, f  kenakanlah kain kabung g  pada pinggangmu! 32:12 Ratapilah ladangmu h  yang permai, dan pohon anggurmu i  yang selalu berbuah lebat, 32:13 ratapilah j  tanah bangsaku yang ditumbuhi semak duri dan puteri malu, k  bahkan juga segala rumahmu tempat bergirang-girang di kota yang penuh keriaan. l  32:14 Sebab purimu m  sudah ditinggalkan dan keramaian kotamu sudah berubah menjadi kesepian. n  Bukit dan Menara o  sudah menjadi tanah rata untuk selama-lamanya, menjadi tempat kegirangan bagi keledai p  hutan dan tempat makan rumput bagi kawanan binatang. q  32:15 Sampai dicurahkan kepada kita Roh r  dari atas 3 : Maka padang gurun akan menjadi kebun s  buah-buahan, dan kebun buah-buahan itu akan dianggap hutan. t  32:16 Di padang gurun u  selalu akan berlaku keadilan v  dan di kebun buah-buahan akan tetap ada kebenaran. w  32:17 Di mana ada kebenaran x  di situ akan tumbuh damai sejahtera, y  dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman z  untuk selama-lamanya. 32:18 Bangsaku akan diam di tempat yang damai, a  di tempat tinggal b  yang tenteram di tempat peristirahatan c  yang aman. 32:19 Hutan d  e  akan runtuh seluruhnya dan kota akan direndahkan f  serendah-rendahnya 32:20 Berbahagialah kamu yang boleh menabur g  di segala tempat di mana terdapat air, h  yang dapat membiarkan sapi dan keledainya pergi ke mana-mana! i 
TUHAN adalah penolong dan raja di Sion
33:1 Celakalah j  engkau, hai perusak 4  yang tidak dirusak sendiri, dan engkau, hai penggarong yang tidak digarong sendiri! Apabila engkau selesai merusak, engkau sendiri akan dirusak; k  apabila engkau habis menggarong, engkau sendiri akan digarong. l  33:2 TUHAN, kasihanilah m  kami 5 , Engkau kami nanti-nantikan! Lindungilah n  kami setiap pagi dengan tangan-Mu, ya, selamatkanlah o  kami di waktu kesesakan! p  33:3 Waktu mendengar suara q  gemuruh ketika Engkau bangkit, r  larilah s  bangsa-bangsa dan berceraiberailah suku-suku bangsa. 33:4 Orang mengumpulkan t  jarahan u  seperti belalang v  pelahap menelan makanannya; mereka menyerbunya seperti serbuan kawanan belalang. 33:5 TUHAN tinggi luhur, w  sebab Ia tinggal di tempat tinggi; x  Ia membuat Sion penuh keadilan y  dan kebenaran. z  33:6 Masa keamanan akan tiba bagimu; kekayaan yang menyelamatkan a  ialah hikmat dan pengetahuan; takut b  akan TUHAN, itulah harta benda c  Sion. 33:7 Lihat, orang-orang d  Ariel menjerit di jalan, utusan-utusan e  yang mencari damai menangis dengan pedih. 33:8 Jalan-jalan raya menjadi sunyi dan seorangpun f  tiada lagi yang lintas di jalan. g  Perjanjian sudah diingkari, h  saksi-saksi sudah ditolak, dan manusia tidak dihiraukan. 33:9 Negeri berkabung i  dan merana; Libanon j  tersipu-sipu dan mati rebah; k  Saron l  sudah seperti padang belantara, Basan m  dan Karmel n  meluruh daun. 33:10 Sekarang, Aku akan bangkit, o  firman TUHAN, sekarang, Aku akan bangkit berdiri, p  sekarang, Aku akan berdiri tegak!
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[32:1]  1 Full Life : SEORANG RAJA AKAN MEMERINTAH MENURUT KEBENARAN.

Nas : Yes 32:1-8

Nubuat ini meramalkan pemerintahan Kristus di seluruh dunia (bd. Yes 9:7; 11:4; 16:5), yang ditandai kebenaran dan orang-orang yang hidup selaras dengan firman Allah.

[32:9]  2 Full Life : PEREMPUAN-PEREMPUAN YANG HIDUP AMAN.

Nas : Yes 32:9-14

Banyak orang Israel puas dengan dosa, sekalipun itu merusak keluarga dan bangsa mereka; Yesaya mengatakan bahwa sebaliknya mereka harus meratap (ayat Yes 32:12), gentar (ayat Yes 32:11), mengenakan kain kabung (ayat Yes 32:11), dan gemetar (ayat Yes 32:11) sementara berseru kepada Allah hingga Dia mencurahkan Roh dari sorga (ayat Yes 32:15). Dewasa ini, bilamana dosa, Iblis, dan dunia berpeluang memasuki gereja, kita juga harus meratap dan berseru kepada Allah untuk memulihkan kebenaran dan kepenuhan Roh dalam rumah-Nya (ayat Yes 32:15-16; bd. pasal Yes 35:1-10).

[32:15]  3 Full Life : SAMPAI DICURAHKAN KEPADA KITA ROH DARI ATAS.

Nas : Yes 32:15-20

Yesaya kembali kepada tema pemerintahan benar sang raja

(lihat cat. --> Yes 32:1-8).

[atau ref. Yes 32:1-8]

  1. 1) Kebenaran dan berkat zaman kerajaan akan terjadi karena Roh Kudus akan dicurahkan atas umat dan akan bekerja di dalam hati mereka (bd. Yes 44:3).
  2. 2) Pada zaman ini, berkat-berkat penebusan mencapai kita melalui Roh Kudus yang telah dicurahkan atas orang percaya (bd. Yoel 2:28-32;

    lihat cat. --> Kis 1:8 dan

    lihat cat. --> Kis 2:4).

    [atau ref. Kis 1:8; Kis 2:4]

    Namun pencurahan ini hanya sebagian; kita masih menantikan dan mendoakan kepenuhan penebusan dan pencurahan penuh Roh Kudus pada akhir sejarah.

[33:1]  4 Full Life : HAI PERUSAK.

Nas : Yes 33:1

Penerapan langsung ialah kepada tentara Asyur; penerapan akhirnya ialah antikristus dan Iblis sendiri (lih. Wahy 19:20; 20:10).

[33:2]  5 Full Life : TUHAN, KASIHANILAH KAMI.

Nas : Yes 33:2-9

Inilah doa kaum sisa yang benar memohon kelepasan dari tangan musuh.



TIP #06: Pada Tampilan Alkitab, Tampilan Daftar Ayat dan Bacaan Ayat Harian, seret panel kuning untuk menyesuaikan layar Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA