Bilangan 2:18-19
Konteks2:18 Panji-panji laskar Efraim, a menurut pasukan-pasukan mereka, adalah di sebelah barat. b Pemimpin bani Efraim ialah Elisama bin Amihud c . 2:19 Pasukannya terdiri dari empat puluh ribu lima ratus orang yang dicatat.
Bilangan 26:35-37
Konteks26:35 Inilah bani Efraim, u menurut kaum mereka: dari Sutelah kaum orang Sutelah; dari Bekher kaum orang Bekher dan dari Tahan kaum orang Tahan. 26:36 Dan inilah bani Sutelah: dari Eran kaum orang Eran. 26:37 Itulah kaum-kaum bani Efraim, v dan orang-orang yang dicatat dari mereka berjumlah tiga puluh dua ribu lima ratus orang banyaknya. Itulah bani Yusuf menurut kaum mereka.
Kejadian 30:24
Konteks30:24 Maka ia menamai anak itu Yusuf, p sambil berkata: "Mudah-mudahan TUHAN menambah seorang anak laki-laki q lagi bagiku."
Kejadian 37:1-36
KonteksKejadian 39:1-23
KonteksKejadian 46:20
Konteks46:20 Bagi Yusuf w lahir Manasye x dan Efraim y di tanah Mesir, yang dilahirkan baginya oleh Asnat, anak perempuan Potifera, imam di On. z
Kejadian 48:1-22
KonteksKejadian 49:22-26
Konteks49:22 Yusuf z adalah seperti pohon a buah-buahan yang muda, pohon buah-buahan yang muda pada mata air. Dahan-dahannya b naik mengatasi tembok. 49:23 Walaupun pemanah-pemanah telah mengusiknya, c memanahnya dan menyerbunya, d 49:24 namun panahnya tetap kokoh e dan lengan tangannya f tinggal liat, oleh pertolongan Yang Mahakuat pelindung Yakub, g oleh sebab gembalanya h Gunung Batu Israel, i 49:25 oleh Allah j ayahmu yang akan menolong k engkau, dan oleh Allah Yang Mahakuasa, l yang akan memberkati engkau dengan berkat dari langit di atas, dengan berkat samudera raya yang letaknya di bawah, m dengan berkat buah dada n dan kandungan. o 49:26 Berkat ayahmu melebihi berkat gunung-gunung yang sejak dahulu, yakni yang paling sedap di bukit-bukit p yang berabad-abad; semuanya itu akan turun ke atas kepala Yusuf, q ke atas batu kepala orang yang teristimewa di antara saudara-saudaranya. r
Ulangan 33:17
Konteks33:17 Anak sulung lembu sapinya adalah kegemilangannya dan tanduk-tanduknya t seperti tanduk-tanduk lembu u hutan; dengan itu ia akan menanduk v bangsa-bangsa, seluruh bumi, dari ujung ke ujung. Itulah orang Efraim w yang puluhan ribu, dan itulah orang Manasye x yang ribuan."
Nas : Kej 37:2
Kisah Yusuf mengungkapkan bagaimana keturunan Yakub menjadi suatu bangsa yang tinggal di Mesir. Bagian kitab Kejadian ini bukan saja mempersiapkan kita untuk kisah keluaran; kisah ini juga menyoroti kesetiaan Yusuf terhadap Allahnya dan banyak cara yang dipakai Allah untuk melindungi dan mengarahkan hidupnya demi kebaikan orang lain. Kisah Yusuf menekankan kebenaran bahwa sekalipun yang benar mungkin menderita di dalam dunia yang jahat dan tidak adil, pada akhirnya maksud Allah bagi orang benar akan menang.
[37:3] 2 Full Life : JUBAH YANG MAHA INDAH.
Nas : Kej 37:3
Jubah maha indah yang diterima Yusuf dari ayahnya sangat berbeda dengan jubah sederhana yang dipakai kakak-kakaknya. Pemberian itu menunjukkan sikap pilih kasih dan penghormatan khusus dari ayahnya.
[37:5] 3 Full Life : BERMIMPILAH YUSUF.
Nas : Kej 37:5
Allah kadang-kadang menyatakan kehendak-Nya kepada kita melalui mimpi yang bersifat nubuat (bd. Kej 28:10-17; Bil 12:6-8; Dan 7:1-24; Mat 1:20-24). Dewasa ini, di bawah perjanjian yang baru, Allah mungkin masih berbicara kepada kita melalui mimpi (bd. Kis 2:17), walaupun penyataan dan bimbingan-Nya yang terutama datang melalui Alkitab (Yoh 15:7; 1Tim 4:6; Yak 1:21) dan Roh Kudus yang diam di dalam diri kita (Rom 8:1-17; Gal 5:16-25).
[37:6] 4 Full Life : COBA DENGARKAN MIMPI ... INI.
Nas : Kej 37:6
Yusuf menunjukkan ketidakpekaan dan ketidakdewasaan ketika menceritakan mimpi ini kepada kakak-kakaknya. Maksud mimpi itu ialah memberikan penyataan dan iman untuk masa depannya yang sulit, dan bukan memberinya kesempatan untuk meninggikan diri atas saudara-saudaranya. Allah mungkin memilih Yusuf untuk tugas melindungi keluarga Yakub di Mesir karena standar-standar moral dan pengabdiannya kepada Allah dan hukum-hukum-Nya jelas lebih tinggi dari saudara-saudaranya (lih. 2Tim 2:20-21).
[37:7] 5 Full Life : SUJUD MENYEMBAH KEPADA BERKASKU.
Nas : Kej 37:7
Kemudian mimpi ini tergenapi secara harfiah (Kej 42:6; 43:26; Kej 44:14).
Nas : Kej 37:21
Ruben adalah putra sulung Yakub dan oleh karena itu seharusnya menjadi pemimpin saudara-saudaranya. Akan tetapi, perbuatannya yang tunasusila dengan Bilha
(lihat cat. --> Kej 35:22),
[atau ref. Kej 35:22]
membuatnya kehilangan kepemimpinan rohaninya yang efektif dan tidak bisa mempengaruhi saudara-saudaranya dengan baik (ayat Kej 37:22-29; bd. Kej 42:37-38).
[37:28] 7 Full Life : DIBAWA MEREKA KE MESIR.
Nas : Kej 37:28
Sekalipun Yusuf diperlakukan dengan kejam oleh kakak-kakaknya dan dijual sebagai budak, namun di dalam semua peristiwa ini Allah menggunakan perbuatan jahat manusia untuk melaksanakan kehendak-Nya dalam kehidupan Yusuf
(lihat art. PEMELIHARAAN ALLAH).
[37:35] 8 Full Life : KE DALAM DUNIA ORANG MATI.
Nas : Kej 37:35
Kata-kata "dunia orang mati" di sini adalah kata Ibrani _Sheol_
(lihat cat. --> Mazm 16:10
[atau ref. Mazm 16:10]
untuk keterangan mengenai kata yang penting ini).
[39:1] 9 Full Life : YUSUF TELAH DIBAWA KE MESIR.
Nas : Kej 39:1
Yusuf dibawa ke Mesir sekitar tahun 1900 SM. Ini sekitar 200 tahun setelah panggilan Abraham (Kej 12:1-3). Yusuf menghadapi tiga ujian besar di Mesir: ujian kemurnian pribadi, ujian yang sering dialami orang muda yang jauh dari rumah; ujian kesempatan untuk membalas, yang sering dialami orang yang diperlakukan dengan kejam; dan ujian menghadapi kematian. Dalam setiap kasus ia berhasil lulus karena kepercayaannya kepada Allah dan janji-janji-Nya.
[39:2] 10 Full Life : TUHAN MENYERTAI YUSUF.
Nas : Kej 39:2
Alkitab jelas bahwa pemisahan Yusuf dari keluarganya adalah pimpinan Allah. Allah sedang bekerja melalui Yusuf dan situasi Yusuf untuk memelihara keluarga Israel dan mempersatukan mereka kembali sesuai dengan janji-Nya (bd. Kej 45:5-15; 50:17-20,24;
lihat art. PEMELIHARAAN ALLAH).
[39:9] 11 Full Life : BERBUAT DOSA TERHADAP ALLAH.
Nas : Kej 39:9
Semua dosa, termasuk dosa terhadap integritas pernikahan (yaitu zina), pada dasarnya merupakan dosa terhadap Allah (bd. Mazm 51:6). Raja Daud kemudian belajar kenyataan ini dengan cara yang pahit melalui hukuman Allah yang terus-menerus atas hidup dan keluarganya
(lihat cat. --> Kel 20:14).
[atau ref. Kel 20:14]
[39:12] 12 Full Life : YUSUF ... LARI.
Nas : Kej 39:12
Yusuf, karena kesetiaannya kepada Allah dan Potifar, tetap melawan dosa (bd. Ams 7:6-27). Yusuf menang atas pencobaan itu karena sebelumnya ia telah memutuskan untuk tetap taat kepada Tuhannya dan tidak berbuat dosa (ayat Kej 39:9). Orang percaya di bawah perjanjian baru dapat menang atas pencobaan dengan cara yang sama. Kita harus mengambil keputusan yang tegas dan teguh untuk tidak berdosa kepada Allah. Dengan maksud semacam ini tidak ada peluang untuk mengelak, mengadakan perkecualian atau berkompromi.
[39:20] 13 Full Life : DIMASUKKAN KE DALAM PENJARA.
Nas : Kej 39:20
Kemenangan atas pencobaan dan kesetiaan kepada Allah tidak selalu langsung menghasilkan upah. Yusuf menderita karena kebenarannya. Kristus berbicara tentang para pengikut-Nya yang juga dianiaya oleh karena kebenaran (Mat 5:10) dan mengingatkan kita bahwa orang-orang sedemikian akan dipandang berbahagia dan akan menerima upah yang besar di sorga (Mat 5:11-12).
[39:21] 14 Full Life : TUHAN MENYERTAI YUSUF.
Nas : Kej 39:21
Empat kali dalam pasal Kej 39:1-23 dikatakan bahwa "Tuhan menyertai Yusuf" (ayat Kej 39:2,3,21,23). Karena Yusuf menghormati Allah, Allah menghormati Yusuf. Mereka yang takut akan Allah dan mengakui Dia dalam segala hal memiliki janji bahwa Allah akan meluruskan semua jalannya (Ams 3:5-7).
[48:5] 15 Full Life : AKULAH YANG EMPUNYA MEREKA.
Nas : Kej 48:5
Yakub menganggap kedua anak Yusuf sebagai anaknya sendiri, dengan demikian menjamin dua bagian warisan kepada Yusuf. Efraim dan Manasye akan memiliki hak dan kedudukan yang setara dengan saudara-saudara Yusuf lainnya seperti Ruben dan Simeon. Keturunan Efraim dan Manasye masing-masing menjadi satu suku Israel.
[48:15] 16 Full Life : YANG TELAH MENJADI GEMBALAKU SELAMA HIDUPKU.
Nas : Kej 48:15
Yakub meninggalkan anak-anaknya dengan sebuah teladan iman yang tekun kepada Allah dan suatu kesaksian bahwa Allah telah menggembalakannya sepanjang hidupnya, membebaskannya dari semua bahaya. Kitab Ibrani menunjuk kepada tindakan Yakub bila memberkati Efraim dan Manasye sebagai bukti akhir akan kesungguhan imannya kepada Allah (Ibr 11:21). Hal terbesar yang dapat diwariskan seorang ayah kepada anak-anaknya ialah iman dan komitmennya kepada Allah dan jalan-jalan-Nya. Tidak ada warisan yang lebih berharga lagi.
[48:19] 17 Full Life : ADIKNYA AKAN LEBIH BESAR KUASANYA.
Nas : Kej 48:19
Perhatikanlah bahwa sering dalam sejarah PL Allah memilih yang muda atas yang tua. Ia memilih Ishak dan bukan Ismael (Kej 21:12), Yakub dan bukan Esau (Kej 25:23), Yusuf dan bukan Ruben (ayat Kej 48:21-22; Kej 49:3-4), Efraim dan bukan Manasye (ayat Kej 48:14-20), Gideon dan bukan kakak-kakaknya (Hak 6:11-16), dan Daud atas kakak-kakaknya (pasal 1Sam 16:23). Penekanan ini menunjukkan bahwa yang pertama menurut manusia belum tentu menjadi yang pertama di hadapan Allah. Allah memilih orang berdasarkan kesungguhan, kemurnian, dan kasih mereka, bukan berdasarkan kedudukan dalam keluarga
(lihat cat. --> Mat 19:30;
lihat cat. --> Mat 20:26;
[atau ref. Mat 19:30; 20:26]