Mazmur 15:1
KonteksMazmur 16:10
Konteks16:10 sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati 2 , z dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu a melihat kebinasaan. b
Mazmur 20:2
Konteks20:2 (20-3) Kiranya dikirimkan-Nya bantuan g kepadamu dari tempat kudus h dan disokong-Nya i engkau dari Sion. j
Mazmur 31:15
Konteks31:15 (31-16) Masa hidupku g ada dalam tangan-Mu, lepaskanlah aku dari tangan musuh-musuhku dan orang-orang yang mengejar aku!
Mazmur 35:13
Konteks35:13 Tetapi aku, ketika mereka sakit, aku memakai pakaian kabung; k aku menyiksa diriku dengan berpuasa, l dan doaku kembali timbul dalam dadaku,
Mazmur 44:19
Konteks44:19 (44-20) walaupun Engkau telah meremukkan c kami di tempat serigala, d dan menyelimuti kami dengan kekelaman. e
Mazmur 55:9
Konteks55:9 (55-10) Bingungkanlah mereka, kacaukanlah percakapan m mereka, ya Tuhan, sebab aku melihat kekerasan dan perbantahan n dalam kota! o
Mazmur 60:9
Konteks60:9 (60-11) Siapakah yang akan membawa aku ke kota yang berkubu? Siapakah yang menuntun aku ke Edom?
Mazmur 68:24
Konteks68:24 (68-25) Orang melihat perarakan-Mu, ya Allah, perarakan Allahku, Rajaku, ke dalam tempat kudus. s
Mazmur 69:15
Konteks69:15 (69-16) Janganlah gelombang air w menghanyutkan aku, atau tubir menelan x aku, atau sumur menutup mulutnya di atasku. y
Mazmur 69:28
Konteks69:28 (69-29) Biarlah mereka dihapuskan dari kitab kehidupan, r janganlah mereka tercatat bersama-sama dengan orang-orang yang benar! s
Mazmur 71:20
Konteks71:20 Engkau yang telah membuat aku mengalami banyak kesusahan g dan malapetaka, Engkau akan menghidupkan h aku kembali, dan dari samudera raya bumi i Engkau akan menaikkan aku kembali.
Mazmur 90:15
Konteks90:15 Buatlah kami bersukacita seimbang dengan hari-hari Engkau menindas kami, seimbang dengan tahun-tahun kami mengalami celaka.
Mazmur 92:15
Konteks92:15 (92-16) untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya. q
Mazmur 101:8
Konteks101:8 Setiap pagi f akan kubinasakan semua orang fasik g di negeri; akan kulenyapkan dari kota TUHAN, h semua orang yang melakukan kejahatan. i
Mazmur 102:19
Konteks102:19 (102-20) sebab Ia telah memandang s dari ketinggian-Nya yang kudus, TUHAN memandang dari sorga ke bumi,
Mazmur 102:21
Konteks102:21 (102-22) supaya nama TUHAN diceritakan u di Sion, dan Dia dipuji-puji v di Yerusalem,
Mazmur 104:14
Konteks104:14 Engkau yang menumbuhkan e rumput bagi hewan dan tumbuh-tumbuhan untuk diusahakan manusia, yang mengeluarkan makanan f dari dalam tanah
Mazmur 107:3
Konteks107:3 yang dikumpulkan-Nya m dari negeri-negeri, dari timur dan dari barat, dari utara dan dari selatan.
Mazmur 129:8
Konteks129:8 sehingga orang-orang yang lewat tidak berkata: "Berkat TUHAN atas kamu! Kami memberkati kamu h dalam nama TUHAN!"
[15:1] 1 Full Life : SIAPA YANG BOLEH MENUMPANG DALAM KEMAH-MU.
Nas : Mazm 15:1
Mazmur ini menjawab pertanyaan, "Orang yang bagaimanakah mengalami kehadiran dan persekutuan intim dengan Allah?" Dalam mazmur ini tersirat bahwa kita dapat membuat Allah menarik kehadiran-Nya dari kehidupan kita melalui perbuatan tidak benar, penipuan, hujat, atau sifat mementingkan diri. Oleh karena itu kita harus memeriksa tindakan kita setiap hari, mengakui dosa-dosa kita, berbalik daripadanya, senantiasa berusaha supaya kita layak di hadapan Allah melalui Kristus (bd. 2Tim 2:15), dan sadar bahwa kehilangan hubungan dengan Allah berarti kehilangan segala sesuatu (bd. 1Yoh 1:6-7; 2:3-6; 3:21-24).
[16:10] 2 Full Life : TIDAK MENYERAHKAN AKU KE DUNIA ORANG MATI.
Nas : Mazm 16:10
Hubungan pribadi dengan Allah akan memberikan kepastian kepada orang percaya mengenai kehidupan di masa depan dengan Allah dan keyakinan bahwa Ia tidak akan menyerahkan mereka ke dunia orang mati (Ibr. _Sheol_; bd. Mazm 73:26). Rasul Petrus dan Paulus keduanya menerapkan ayat ini kepada Kristus dan kebangkitan-Nya (Kis 2:25-31; 13:34-37).
- 1) _Sheol_, yang terdapat 66 kali dalam PL, dalam bahasa Inggris diterjemahkan 55 kali sebagai "kuburan", dan 6 kali sebagai "kematian". Beberapa ahli berpendapat bahwa _Sheol_ senantiasa berarti "kuburan", sedangkan ahli lainnya beranggapan bahwa kata tersebut tidak pernah mengandung arti demikian itu saja.
- 2) Secara umum, PL memandang _Sheol_ sebagai tempat yang berhubungan dengan semacam hukuman.
- (a) Ketika Yakub mengatakan bahwa dia akan turun ke _Sheol_ karena kehilangan putranya Yusuf (Kej 37:35), ia merasa bahwa dirinya berada di bawah hukuman Allah; karena itu dia menolak untuk dihibur; tidak ada bukti bahwa dia mencari Allah kembali hingga setelah ia mendengar Yusuf masih hidup.
- (b) Daud dengan jelas menunjukkan bahwa _Sheol_ adalah tempat tujuan "orang-orang fasik" (Mazm 9:18), dan Yesaya mengatakan bahwa raja kafir Tiglat-Pileser dari Asyur, ketika meninggal dunia, akan menjumpai di Sheol raja-raja yang ditaklukkannya (Yes 14:9-10).
- (c) Ada beberapa nas yang menunjukkan bahwa orang Israel tidak mengharapkan masuk ke _Sheol_ ketika meninggal dunia ini, tetapi sebaliknya pergi ke tempat di mana mereka dapat menikmati berkat-berkat kehadiran Allah. Ketika Daud meninggal, ia mengharapkan akan tinggal selalu di rumah Tuhan (Mazm 23:6). Pemazmur lainnya percaya bahwa Allah akan menebus hidupnya dari dunia orang mati (_Sheol_) dan membawanya bersama-Nya ke sorga (Mazm 49:16; bd. Mazm 73:14-15). Dan Salomo bersaksi bahwa jalan kehidupan orang berhikmat yang takut akan Allah menuju ke atas "supaya ia menjauhi dunia orang mati di bawah" (Ams 15:24).