Yesaya 1:4
Konteks1:4 Celakalah bangsa yang berdosa, kaum yang sarat dengan kesalahan, p keturunan yang jahat-jahat, q anak-anak yang berlaku buruk! r Mereka meninggalkan s TUHAN, menista Yang t Mahakudus, Allah Israel 1 , dan berpaling membelakangi u Dia.
Imamat 19:32
Konteks19:32 Engkau harus bangun berdiri di hadapan orang ubanan dan engkau harus menaruh hormat o kepada orang yang tua p dan engkau harus takut akan Allahmu; q Akulah TUHAN. r
Imamat 19:2
Konteks19:2 "Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel e dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu 2 , sebab Aku, TUHAN, Allahmu, f kudus. g
Kisah Para Rasul 2:23
Konteks2:23 Dia yang diserahkan Allah menurut maksud dan rencana-Nya, t telah kamu salibkan u dan kamu bunuh oleh tangan bangsa-bangsa durhaka.
Ayub 30:1-12
Konteks[1:4] 1 Full Life : YANG MAHAKUDUS, ALLAH ISRAEL.
Nas : Yes 1:4
Ungkapan ini sebagai gelar untuk Allah terdapat 26 kali dalam kitab ini; lima kali lagi Allah disebutkan hanya sebagai "Yang Mahakudus". Dengan memakai nama ini bagi Allah, yang pasti bersumber dari penglihatan Yesaya yang mengesankan tentang Allah di dalam kekudusan-Nya (pasal Yes 6:1-13), nabi itu bukan hanya menekankan sifat khas Allah yang kudus, tetapi juga bahwa umat Allah harus kudus jikalau mereka ingin terus memiliki suatu hubungan perjanjian dengan Dia.
[19:2] 2 Full Life : KUDUSLAH KAMU.
Nas : Im 19:2
Karena umat Allah harus menjadi seperti Dia, Dia memanggil mereka untuk mengungkapkan tabiat ilahi-Nya dengan memisahkan diri dari kebiasaan-kebiasaan fasik dan dosa bangsa-bangsa di sekeliling dan dengan melayani Dia di dalam kasih dan kebenaran
(lihat cat. --> Im 11:44).
[atau ref. Im 11:44]
Panggilan kepada kekudusan ini pertama diberikan kepada Adam dan Hawa yang diciptakan menurut gambar Allah untuk mencerminkan sifat Allah (Kej 1:26). Setiap angkatan orang percaya harus menjadi "penurut-penurut Allah" (Ef 5:1) dan "Kuduslah kamu, sebab Aku, Tuhan Allahmu, kudus " (bd. Mat 5:48; Rom 12:1-2;
lihat art. PENGUDUSAN, dan
lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).