Boks Temuan
Hakim-hakim 1:1-36
Konteks
Keadaan orang Israel setelah Yosua mati
1:1 Sesudah Yosua mati
1 ,
a orang Israel bertanya kepada TUHAN: "Siapakah dari pada kami yang harus lebih dahulu
b maju menghadapi orang Kanaan
c untuk berperang melawan mereka?"
1:2 Firman TUHAN: "Suku Yehudalah
d yang harus maju; sesungguhnya telah Kuserahkan negeri itu ke dalam tangannya.
e "
1:3 Lalu berkatalah Yehuda kepada Simeon, saudaranya itu: "Majulah bersama-sama dengan aku ke bagian yang telah diundikan kepadaku dan baiklah kita berperang melawan orang Kanaan, maka akupun akan maju bersama-sama dengan engkau ke bagian yang telah diundikan kepadamu." Lalu Simeon
f maju bersama-sama dengan dia.
1:4 Maka majulah suku Yehuda, lalu TUHAN menyerahkan orang Kanaan dan orang Feris
g ke dalam tangan mereka, dan mereka memukul kalah orang-orang itu dekat Bezek,
h sepuluh ribu orang banyaknya.
1:5 Di Bezek mereka menjumpai Adoni-Bezek
i dan berperang melawan dia, dan mereka memukul kalah orang Kanaan dan orang Feris.
1:6 Tetapi Adoni-Bezek melarikan diri, lalu mereka mengejarnya, menangkapnya dan memotong ibu jari
2 dari tangannya dan dari kakinya.
1:7 Kata Adoni-Bezek: "Ada tujuh puluh raja dengan terpotong ibu jari tangan dan kakinya memungut sisa-sisa makanan di bawah mejaku; sesuai dengan yang kulakukan itu, demikianlah dibalaskan
j Allah kepadaku." Kemudian ia dibawa ke Yerusalem
k dan mati di sana.
1:8 Sesudah itu bani Yehuda berperang melawan Yerusalem,
l merebutnya lalu memukulnya dengan mata pedang dan memusnahkan kota itu dengan api.
1:9 Kemudian bani Yehuda maju berperang melawan orang Kanaan, yang diam di pegunungan,
m di Tanah Negeb
n dan di Daerah Bukit.
1:10 Lalu suku Yehuda bergerak menyerang orang Kanaan yang diam di Hebron
o --nama Hebron dahulu adalah Kiryat-Arba
p --dan memukul kalah Sesai, Ahiman dan Talmai.
q
1:11 Dari sana mereka bergerak menyerang penduduk Debir.
r Nama Debir dahulu adalah Kiryat-Sefer.
1:12 Berkatalah Kaleb: "Siapa yang mengalahkan dan merebut Kiryat-Sefer, kepadanya akan kuberikan Akhsa, anakku, menjadi isterinya."
1:13 Dan Otniel, anak Kenas adik Kaleb, merebut kota itu; lalu Kaleb memberikan Akhsa, anaknya, kepadanya menjadi isterinya.
1:14 Ketika perempuan itu tiba, dibujuknya suaminya untuk meminta sebidang ladang kepada ayahnya. Maka turunlah perempuan itu dari keledainya, lalu berkatalah Kaleb kepadanya: "Ada apa?"
1:15 Jawabnya kepadanya: "Berikanlah kepadaku suatu hadiah; telah kauberikan kepadaku tanah yang gersang, berikanlah juga kepadaku mata air." Lalu Kaleb memberikan kepadanya mata air yang di hulu dan mata air yang di hilir.
s
1:16 Keturunan Hobab, ipar
t Musa, orang Keni
u itu, maju bersama-sama dengan bani Yehuda dari kota pohon korma
v ke padang gurun Yehuda di Tanah Negeb dekat Arad;
w lalu mereka menetap di antara penduduk di sana.
1:17 Yehuda maju bersama-sama dengan Simeon,
x saudaranya itu, lalu mereka memukul kalah orang Kanaan, penduduk Zefat; mereka menumpas kota itu. Sebab itu kota itu dinamai Horma.
y
1:18 Selanjutnya suku Yehuda merebut Gaza
z dengan daerahnya, Askelon
a dengan daerahnya dan Ekron dengan daerahnya.
1:19 Dan TUHAN menyertai
b suku Yehuda, sehingga mereka menduduki pegunungan
c itu; tetapi mereka tidak dapat menghalau penduduk yang di lembah, sebab orang-orang ini mempunyai kereta-kereta besi.
d
1:20 Kepada Kaleb telah diberikan Hebron,
e seperti yang dikatakan Musa dahulu, dan dari sana telah dihalaukannya anak Enak
f yang tiga itu.
1:21 Tetapi orang Yebus, penduduk kota Yerusalem,
g tidak dihalau
h oleh bani Benyamin, jadi orang Yebus itu masih diam bersama-sama dengan bani Benyamin di Yerusalem sampai sekarang.
1:22 Keturunan Yusuf
i juga maju menyerang Betel,
j dan TUHAN menyertai mereka.
1:23 Keturunan Yusuf menyuruh orang mengintai Betel itu--nama kota itu dahulu adalah Lus.
k
1:24 Ketika pengintai-pengintai itu melihat seorang keluar dari kota itu, maka berkatalah mereka kepadanya: "Tolong tunjukkan bagaimana kami dapat memasuki kota ini, maka kami akan memperlakukan engkau sebagai sahabat.
l "
1:25 Lalu ditunjukkannyalah kepada mereka bagaimana mereka dapat memasuki kota itu, dan mereka memukul kota itu dengan mata pedang, tetapi orang itu dengan seluruh kaumnya dibiarkan
m mereka pergi.
1:26 Orang itu pergi ke negeri orang Het
n dan mendirikan di sana sebuah kota yang dinamainya Lus.
o Demikianlah nama kota itu sampai sekarang.
1:27 Suku Manasye tidak menghalau
p penduduk Bet-Sean dan penduduk segala anak kotanya, penduduk Taanakh dengan segala anak kotanya, penduduk Dor
q dengan segala anak kotanya, penduduk Yibleam
r dengan segala anak kotanya, dan penduduk Megido
s dengan segala anak kotanya, sebab orang Kanaan
t itu berkeras untuk tetap diam di negeri itu.
1:28 Setelah orang Israel menjadi kuat, mereka membuat orang Kanaan itu menjadi orang rodi dan tidak menghalau mereka sama sekali
3 .
u
1:29 Suku Efraimpun
v tidak menghalau orang Kanaan yang diam di Gezer,
w sehingga orang Kanaan itu tetap diam di tengah-tengah mereka
x di Gezer.
1:30 Suku Zebulon tidak menghalau penduduk Kitron dan penduduk Nahalol, sehingga orang Kanaan itu tetap diam di tengah-tengah mereka, walaupun sebagai orang rodi.
1:31 Suku Asyer
y tidak menghalau penduduk Ako, penduduk Sidon
z serta Ahlab, Akhzib,
a Helba, Afek
b dan Rehob,
c
1:32 sehingga orang Asyer itu diam di tengah-tengah orang Kanaan, penduduk asli di negeri itu, sebab orang-orang itu tidak dihalaunya.
1:33 Suku Naftali tidak menghalau penduduk Bet-Semes
d dan penduduk Bet-Anat,
e sehingga mereka diam di tengah-tengah orang Kanaan, penduduk asli di negeri itu; tetapi penduduk Bet-Semes dan Bet-Anat itu menjadi orang rodi bagi mereka.
1:34 Orang Amori
f mendesak bani Dan
g ke sebelah pegunungan dan tidak membiarkan mereka turun ke lembah,
h
1:35 dan orang Amori itu berkeras untuk tetap diam di Har-Heres,
i di Ayalon
j dan di Saalbim,
k walaupun mereka mendapat tekanan berat dari keturunan Yusuf, sebab mereka menjadi orang rodi.
1:36 Daerah orang Amori itu mulai dari pendakian
l Akrabim, dari Sela,
m terus ke atas.
n
Yakobus 3:1-18
Konteks
Dosa karena lidah
3:1 Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru
4 ;
e sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi
f menurut ukuran yang lebih berat.
g
3:2 Sebab kita semua bersalah
h dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya,
i ia adalah orang sempurna,
j yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.
k
3:3 Kita mengenakan kekang pada mulut kuda, sehingga ia menuruti kehendak kita, dengan jalan demikian kita dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.
l
3:4 Dan lihat saja kapal-kapal, walaupun amat besar dan digerakkan oleh angin keras, namun dapat dikendalikan oleh kemudi yang amat kecil menurut kehendak jurumudi.
3:5 Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan
m perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar.
3:6 Lidahpun adalah api
5 ;
n ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh
o dan menyalakan roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka.
p
3:7 Semua jenis binatang liar, burung-burung, serta binatang-binatang menjalar dan binatang-binatang laut dapat dijinakkan dan telah dijinakkan oleh sifat manusia,
3:8 tetapi tidak seorangpun yang berkuasa menjinakkan lidah; ia adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai, dan penuh racun
q yang mematikan.
3:9 Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa
r Allah,
3:10 dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.
3:11 Adakah sumber memancarkan air tawar dan air pahit dari mata air yang sama?
3:12 Saudara-saudaraku, adakah pohon ara dapat menghasilkan buah zaitun dan adakah pokok anggur dapat menghasilkan buah ara?
s Demikian juga mata air asin tidak dapat mengeluarkan air tawar.
Hikmat yang dari atas
3:13 Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan
t perbuatannya
u oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan.
3:14 Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri
6 ,
v janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!
w
3:15 Itu bukanlah hikmat yang datang dari atas,
x tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan.
y
3:16 Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri
z di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.
3:17 Tetapi hikmat yang dari atas
a adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai,
b peramah, penurut, penuh belas kasihan
c dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik.
d
3:18 Dan buah yang terdiri dari kebenaran
e ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai.
f