Hakim-hakim 1:7
Konteks1:7 Kata Adoni-Bezek: "Ada tujuh puluh raja dengan terpotong ibu jari tangan dan kakinya memungut sisa-sisa makanan di bawah mejaku; sesuai dengan yang kulakukan itu, demikianlah dibalaskan j Allah kepadaku." Kemudian ia dibawa ke Yerusalem k dan mati di sana.
Hakim-hakim 2:17
Konteks2:17 Tetapi juga para hakim itu tidak mereka hiraukan, karena mereka berzinah y dengan mengikuti allah z lain dan sujud menyembah kepadanya. a Mereka segera menyimpang b dari jalan yang ditempuh oleh nenek moyangnya 1 yang mendengarkan perintah c TUHAN; mereka melakukan yang tidak patut.
Hakim-hakim 3:20
Konteks3:20 Lalu Ehud masuk mendapatkan dia, sedang ia duduk sendirian di kamar atas di rumah peranginannya. e Berkatalah Ehud: "Ada firman Allah yang kubawa untuk tuanku." Lalu bangunlah ia berdiri f dari tempat duduknya.
Hakim-hakim 4:6
Konteks4:6 Ia menyuruh memanggil Barak bin Abinoam f dari Kedesh g di daerah Naftali, lalu berkata kepadanya: "Bukankah TUHAN, Allah Israel, memerintahkan demikian: Majulah, bergeraklah menuju gunung Tabor h dengan membawa sepuluh ribu orang bani Naftali i dan bani Zebulon j bersama-sama dengan engkau,
Hakim-hakim 6:8
Konteks6:8 maka TUHAN mengutus seorang nabi n kepada orang Israel, yang berkata kepada mereka: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Akulah yang menuntun kamu keluar dari Mesir o dan yang membawa kamu keluar dari rumah perbudakan. p
Hakim-hakim 6:26
Konteks6:26 Kemudian dirikanlah mezbah bagi TUHAN, Allahmu, di atas kubu pertahanan ini dengan disusun baik, lalu ambillah lembu jantan yang kedua dan persembahkanlah korban bakaran z dengan kayu tiang berhala yang akan kautebang itu."
Hakim-hakim 6:31
Konteks6:31 Tetapi jawab Yoas kepada semua orang yang mengerumuninya itu: "Kamu mau berjuang membela d Baal? Atau kamu mau menolong dia? Siapa yang berjuang membela Baal akan dihukum mati sebelum pagi. Jika Baal itu allah, biarlah ia berjuang membela dirinya sendiri, setelah mezbahnya dirobohkan orang."
Hakim-hakim 6:39
Konteks6:39 Lalu berkatalah Gideon kepada Allah: "Janganlah kiranya murka-Mu bangkit terhadap aku, apabila aku berkata s lagi, sekali ini saja; biarkanlah aku satu kali lagi saja mengambil percobaan dengan guntingan bulu itu: sekiranya yang kering hanya guntingan bulu itu, dan di atas seluruh tanah itu ada embun."
Hakim-hakim 7:14
Konteks7:14 Lalu temannya menjawab: "Ini tidak lain dari pedang Gideon bin Yoas, k orang Israel itu; Allah telah menyerahkan orang Midian dan seluruh perkemahan ini ke dalam tangannya."
Hakim-hakim 8:3
Konteks8:3 Allah telah menyerahkan kedua raja Midian itu, yakni Oreb dan Zeeb, o ke dalam tanganmu; apa yang telah dapat kucapai, jika dibandingkan dengan kamu?" Setelah ia berkata demikian, maka redalah marah mereka terhadap dia.
Hakim-hakim 9:7
Konteks9:7 Setelah hal itu dikabarkan kepada Yotam, u pergilah ia ke gunung Gerizim v dan berdiri di atasnya, lalu berserulah ia dengan suara nyaring kepada mereka: "Dengarkanlah aku, kamu warga kota Sikhem, maka Allah akan mendengarkan kamu juga.
Hakim-hakim 11:21
Konteks11:21 Tetapi TUHAN, Allah Israel, menyerahkan Sihon dengan seluruh rakyatnya ke dalam tangan orang Israel, dan mereka dikalahkan, sehingga orang Israel menduduki seluruh negeri kepunyaan orang Amori, penduduk negeri itu.
Hakim-hakim 13:5
Konteks13:5 Sebab engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; d kepalanya takkan kena pisau cukur, e sebab sejak dari kandungan ibunya anak itu akan menjadi seorang nazir 2 f Allah dan dengan dia akan mulai g penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin."
Hakim-hakim 13:7-8
Konteks13:7 Tetapi ia berkata kepadaku: Engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; oleh sebab itu janganlah minum anggur k atau minuman yang memabukkan 3 l dan janganlah makan sesuatu yang haram, sebab sejak dari kandungan ibunya sampai pada hari matinya, m anak itu akan menjadi seorang nazir Allah." 13:8 Lalu Manoah n memohon kepada TUHAN, katanya: "Ya Tuhan, berilah kiranya abdi Allah, o yang Kauutus itu, datang pula kepada kami dan mengajar kami, apa yang harus kami perbuat kepada anak yang akan lahir itu."
Hakim-hakim 15:19
Konteks15:19 Kemudian Allah membelah liang batu yang di Lehi itu, dan keluarlah air dari situ. Ia minum, lalu menjadi kuat dan segar i kembali. Sebab itu dinamailah mata air j itu Mata Air Penyeru, yang sampai sekarang masih ada di Lehi.
Hakim-hakim 16:17
Konteks16:17 Maka diceritakannyalah kepadanya segala isi hatinya, h katanya: "Kepalaku tidak pernah kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibuku aku ini seorang nazir i Allah. Jika kepalaku dicukur, maka kekuatanku akan lenyap dari padaku, dan aku menjadi lemah dan sama seperti orang-orang lain."
Hakim-hakim 16:28
Konteks16:28 Berserulah Simson kepada TUHAN 4 , x katanya: "Ya Tuhan ALLAH, ingatlah kiranya kepadaku dan buatlah aku kuat, sekali ini saja, ya Allah, supaya dengan satu pembalasan juga kubalaskan y kedua mataku itu kepada orang Filistin."
Hakim-hakim 18:10
Konteks18:10 Apabila kamu memasukinya kamu mendapati rakyat yang hidup dengan tenteram, dan negeri itu luas ke sebelah kiri dan ke sebelah kanan. Sesungguhnya, Allah telah menyerahkannya ke dalam tanganmu; itulah tempat yang tidak kekurangan l apapun m yang ada di muka bumi."
Hakim-hakim 20:18
Konteks20:18 Lalu orang Israel berangkat dan maju ke Betel. o Di sana mereka bertanya kepada Allah: p "Siapakah dari kami yang lebih dahulu q maju berperang r melawan bani Benyamin?" Jawab TUHAN: "Suku Yehudalah s lebih dahulu."
[2:17] 1 Full Life : MENYIMPANG DARI JALAN YANG DITEMPUH OLEH NENEK MOYANGNYA.
Nas : Hak 2:17
Kunci untuk memahami sifat mendasar dari kemerosotan rohani Israel terdapat dalam ayat Hak 2:10-17.
- 1) Sepanjang masa hakim-hakim, angkatan Israel yang baru menyimpang dari jalan dan ajaran nenek moyang mereka. Mereka meninggalkan hubungan perjanjian mereka dengan Allah (ayat Hak 2:10) dan berbalik kepada yang jahat (ayat Hak 2:11-13). Mereka mulai meragukan standar-standar dan hukum-hukum angkatan pendiri mereka (ayat Hak 2:17).
- 2) Mereka menyimpang dari ketaatan kepada firman Allah (ayat Hak 2:2,17) dan sebaliknya hidup menurut keinginan sendiri (bd. Hak 17:6; 21:25).
- 3) Bangsa Israel gagal untuk memisahkan diri sepenuhnya dari kebudayaan
Kanaan yang jahat (ayat Hak 2:11-13; 1:28); sebaliknya, mereka
memilih berbagai keuntungan materiel dan kesenangan asusila orang-orang
Kanaan (ayat Hak 2:12-13; 1:27-28,30,33;
lihat art. SIFAT PENYEMBAHAN BERHALA).
Mereka menikah dengan orang Kanaan (Hak 3:5-6) dan mulai menyembah Baal dan Asytoret (ayat Hak 2:13). Demikian, perpaduan yang tak terelakkan terjadi antara dua kebudayaan dan gaya hidup. - 4) Sejarah ini menunjukkan bahwa arah alami tabiat manusia sejak kejatuhan adalah menurun; kekuatan rohani baik dari perseorangan maupun kelompok orang percaya akan berkurang kecuali kalau pembaharuan rohani terjadi secara berkala oleh kasih karunia Allah melalui pertobatan, doa, dan penyerahan kembali (bd. 2Taw 7:14; Yes 57:15; Mat 5:6; Yud 1:20).
[13:5] 2 Full Life : ANAK ITU AKAN MENJADI SEORANG NAZIR.
Nas : Hak 13:5
Allah berkehendak agar Simson menjadi seorang nazir dan hidup menurut standar Allah yang tertinggi bagi umat-Nya (untuk penjelasan mengenai sumpah seorang nazir
lihat cat. --> Bil 6:2;
[atau ref. Bil 6:2]
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).
[13:7] 3 Full Life : ANGGUR ATAU MINUMAN YANG MEMABUKKAN.
Nas : Hak 13:7
Lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA.
[16:28] 4 Full Life : BERSERULAH SIMSON KEPADA TUHAN.
Nas : Hak 16:28
Simson, kini dengan sikap bertobat dan iman yang dibaharui kepada Allah, berseru kepada Tuhan, dan doanya dikabulkan. Pertunjukan iman Simson ini mengakibatkan namanya tercantum dalam daftar pahlawan iman (lih. Ibr 11:32).