Amsal 8:14
Konteks8:14 Padaku ada nasihat dan pertimbangan, akulah pengertian, padakulah kekuatan. h
Amsal 10:15
Konteks10:15 Kota yang kuat o bagi orang kaya ialah hartanya 1 , tetapi yang menjadi kebinasaan bagi orang melarat p ialah kemiskinan.
Amsal 10:29
Konteks10:29 Jalan TUHAN adalah perlindungan bagi orang yang tulus, tetapi kebinasaan bagi orang yang berbuat jahat. k
Amsal 11:7
Konteks11:7 Pengharapan orang fasik gagal b pada kematiannya, dan harapan orang jahat menjadi sia-sia. c
Amsal 14:26
Konteks14:26 Dalam takut akan TUHAN ada ketenteraman c yang besar, bahkan ada perlindungan d bagi anak-anak-Nya.
Amsal 21:22
Konteks21:22 Orang bijak dapat memanjat kota pahlawan-pahlawan, y dan merobohkan benteng yang mereka percayai.
[10:15] 1 Full Life : KOTA YANG KUAT BAGI ORANG KAYA IALAH HARTANYA.
Nas : Ams 10:15
Amsal ini mengamati keuntungan-keuntungan yang nyata dari kekayaan (bd. Ams 14:20; 19:4) dan keadaan yang merugikan dari kemiskinan (bd. Ams 18:23; 19:4,7). Mungkin seorang pengamat yang sambil lalu menganggap orang kaya itu sudah mapan (lih. Ams 11:4). Namun di mata Allah, "harta benda yang diperoleh dengan kefasikan tidak berguna" (ayat Ams 10:2). PB lebih menjelaskan keadaan orang kaya dan orang miskin. "Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang mengasihi Dia?" (Yak 2:5; bd. Luk 2:7-12; 4:22). Seperti halnya dengan kitab-kitab PL lainnya, Amsal harus dibaca dengan mengingat penyataan Allah yang sempurna melalui Anak-Nya sebagaimana tercatat dalam PB (Ibr 1:1-3;
lihat art. KRISTUS DALAM PERJANJIAN LAMA).