2 Tawarikh 1:4
Konteks1:4 --Tetapi Daud telah mengangkut tabut h Allah dari Kiryat-Yearim ke tempat yang disiapkannya bagi tabut itu, --sebab ia telah memasang kemah i untuk tabut itu di Yerusalem.
2 Tawarikh 1:15
Konteks1:15 Raja membuat banyaknya emas v dan perak di Yerusalem sama seperti batu, dan banyaknya pohon kayu aras sama seperti pohon ara yang tumbuh di Daerah Bukit.
2 Tawarikh 2:17
Konteks2:17 Lalu Salomo menghitung semua orang asing w yang laki-laki yang ada di negeri Israel sama seperti x yang pernah dilakukan Daud, ayahnya. Maka terdapatlah seratus lima puluh tiga ribu enam ratus orang.
2 Tawarikh 3:11
Konteks3:11 Sayap kerub-kerub itu seluruhnya dua puluh hasta panjangnya; sayap yang sebelah kerub yang satu lima hasta panjangnya dan menyentuh dinding ruang, sedang sayapnya yang sebelah lagi juga lima hasta panjangnya dan menyentuh sayap kerub yang lain.
2 Tawarikh 4:2
Konteks4:2 Kemudian dibuatnyalah "laut r " tuangan yang sepuluh hasta dari tepi ke tepi, bundar keliling, lima hasta tingginya, dan yang dapat dililit berkeliling oleh tali yang tiga puluh hasta panjangnya.
2 Tawarikh 5:9
Konteks5:9 Kayu-kayu pengusung itu demikian panjangnya, sehingga ujungnya kelihatan dari tempat kudus, yang di depan ruang belakang itu, tetapi tidak kelihatan dari luar; dan di situlah tempatnya sampai hari ini.
2 Tawarikh 7:1
Konteks2 Tawarikh 9:20-21
Konteks9:20 Segala perkakas minuman raja Salomo dari emas dan segala barang di gedung "Hutan Libanon" itu dari emas murni; perak tidak dianggap berharga pada zaman Salomo. 9:21 Sebab raja mempunyai kapal-kapal yang berlayar ke Tarsis bersama-sama dengan orang-orang Huram; dan sekali tiga tahun kapal-kapal Tarsis itu datang membawa emas dan perak serta gading; juga kera dan burung merak.
2 Tawarikh 9:27
Konteks9:27 Raja membuat banyaknya perak di Yerusalem sama seperti batu, dan banyaknya pohon kayu aras sama seperti pohon ara yang tumbuh di Daerah Bukit.
2 Tawarikh 10:15
Konteks10:15 Jadi raja tidak mendengarkan permintaan rakyat, sebab hal itu merupakan perubahan yang disebabkan Allah, i supaya TUHAN menepati firman yang diucapkan-Nya dengan perantaraan Ahia, orang Silo, j kepada Yerobeam bin Nebat.
2 Tawarikh 12:12
Konteks12:12 Oleh sebab raja merendahkan diri, v surutlah murka TUHAN dari padanya, sehingga ia tidak dimusnahkan-Nya sama sekali. Lagipula masih terdapat hal-hal yang baik w di Yehuda.
2 Tawarikh 13:10
Konteks13:10 Tetapi kami ini, Tuhanlah Allah kami, dan kami tidak meninggalkan-Nya. Dan anak-anak Harunlah yang melayani TUHAN sebagai imam, sedang orang Lewi menunaikan tugasnya,
2 Tawarikh 15:11
Konteks15:11 Pada hari itu mereka mempersembahkan kepada TUHAN tujuh ratus lembu sapi dan tujuh ribu kambing domba dari jarahan t yang mereka bawa pulang.
2 Tawarikh 20:14
Konteks20:14 Lalu Yahaziel bin Zakharia bin Benaya bin Matanya, t seorang Lewi dari bani Asaf, dihinggapi Roh u TUHAN di tengah-tengah jemaah,
2 Tawarikh 21:1
Konteks21:1 Kemudian Yosafat mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di samping nenek moyangnya di kota Daud. Maka Yoram, p anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
2 Tawarikh 22:8
Konteks22:8 Sementara Yehu melakukan penghukuman atas keluarga Ahab, t ia menjumpai pembesar-pembesar Yehuda dan anak-anak saudara-saudara Ahazia, yang melayani Ahazia. Juga mereka dibunuhnya.
2 Tawarikh 23:17
Konteks23:17 Sesudah itu masuklah seluruh rakyat ke rumah Baal, lalu merobohkannya; mereka memecahkan mezbah-mezbahnya dan patung-patungnya dan membunuh h Matan, imam Baal, di depan mezbah-mezbah itu.
2 Tawarikh 24:7
Konteks24:7 Sebab anak-anak Atalya, perempuan fasik itu, telah membongkar rumah Allah, bahkan memakai barang-barang kudus rumah TUHAN untuk para Baal."
2 Tawarikh 24:9
Konteks24:9 lalu menyuruh mengumumkan di Yehuda dan di Yerusalem, bahwa orang harus membawa bagi TUHAN pajak yang dikenakan Musa, hamba Allah itu, kepada orang Israel di padang gurun.
2 Tawarikh 24:16
Konteks24:16 Ia dikuburkan di kota Daud di samping raja-raja, karena perbuatan-perbuatannya yang baik di Israel terhadap Allah dan rumah-Nya.
2 Tawarikh 26:17
Konteks26:17 Tetapi imam Azarya u mengikutinya dari belakang bersama-sama delapan puluh imam TUHAN, orang-orang yang tegas;
2 Tawarikh 28:25
Konteks28:25 Di tiap-tiap kota di Yehuda ia membuat bukit-bukit pengorbanan untuk membakar korban bagi allah lain. Dengan demikian ia menyakiti hati TUHAN, Allah nenek moyangnya.
2 Tawarikh 29:5
Konteks29:5 Katanya kepada mereka: "Dengarlah, hai orang-orang Lewi! Sekarang kuduskanlah b dirimu dan kuduskanlah rumah TUHAN, Allah nenek moyangmu! Keluarkanlah kecemaran 2 dari tempat kudus!
2 Tawarikh 29:8
Konteks29:8 sehingga murka TUHAN menimpa Yehuda dan Yerusalem. Ia membuat mereka menjadi kengerian, kedahsyatan f dan sasaran suitan g seperti yang kamu lihat dengan matamu sendiri.
2 Tawarikh 29:15
Konteks29:15 Mereka mengumpulkan saudara-saudaranya dan menguduskan dirinya. Kemudian mereka datang menurut perintah raja, sesuai dengan firman TUHAN, lalu mentahirkan q rumah TUHAN.
2 Tawarikh 29:19
Konteks29:19 Dan segala perkakas, s yang dibuang raja Ahas, ketika ia berubah setia pada masa pemerintahannya, telah kami sediakan dan kami kuduskan. Sekarang semuanya itu ada di depan mezbah TUHAN!"
2 Tawarikh 30:12
Konteks30:12 Di Yehuda nyata pula tangan Allah yang membulatkan hati h mereka untuk melakukan perintah raja dan para pemimpin sesuai dengan firman TUHAN.
2 Tawarikh 32:6
Konteks32:6 Ia mengangkat panglima-panglima perang yang mengepalai rakyat, menyuruh mereka berkumpul kepadanya di halaman pintu gerbang kota dan menenangkan hati mereka dengan kata-kata:
2 Tawarikh 32:9
Konteks32:9 Sesudah itu Sanherib, raja Asyur, yang sedang mengepung Lakhis j dengan seluruh kekuatan tentaranya, mengutus beberapa pegawai ke Yerusalem, kepada Hizkia, raja Yehuda, dan kepada semua orang Yehuda yang ada di Yerusalem, dengan pesan:
2 Tawarikh 32:13
Konteks32:13 Tidakkah kamu ketahui apa yang aku dan nenek moyangku lakukan terhadap semua bangsa negeri-negeri lain? Apakah para allah bangsa-bangsa segala negeri itu pernah berhasil melepaskan negeri mereka dari tanganku? n
2 Tawarikh 33:11
Konteks33:11 Oleh sebab itu TUHAN mendatangkan kepada mereka panglima-panglima tentara raja Asyur yang menangkap z Manasye dengan kaitan, a membelenggunya dengan rantai b tembaga dan membawanya ke Babel.
2 Tawarikh 33:13
Konteks33:13 dan berdoa kepada-Nya 3 . Maka TUHAN mengabulkan doanya, dan mendengarkan permohonannya. Ia membawanya kembali ke Yerusalem dan memulihkan kedudukannya sebagai raja. Dan Manasye mengakui, bahwa TUHAN itu Allah.
2 Tawarikh 34:26
Konteks34:26 Tetapi kepada raja Yehuda yang telah menyuruh kamu untuk meminta petunjuk TUHAN, harus kamu katakan demikian: Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Mengenai perkataan yang telah kaudengar itu,
2 Tawarikh 35:23
Konteks35:23 Maka pemanah-pemanah p menembaki raja Yosia, dan raja berseru kepada orang-orangnya: "Bawa aku dari sini, karena aku luka parah!"
2 Tawarikh 36:21
Konteks36:21 Dengan demikian genaplah firman TUHAN yang diucapkan Yeremia, sampai tanah itu pulih dari akibat dilalaikannya tahun-tahun sabatnya, y karena tanah itu tandus selama menjalani sabat 4 , z hingga genaplah tujuh puluh tahun. a
![Seret untuk mengatur ukuran](images/t_arrow.gif)
![Seret untuk mengatur ukuran](images/d_arrow.gif)
[7:1] 1 Full Life : KEMULIAAN TUHAN.
Nas : 2Taw 7:1
"Kemuliaan Tuhan" mengacu kepada manifestasi nyata dari kehadiran dan kemegahan Allah
(lihat art. KEMULIAAN ALLAH).
[29:5] 2 Full Life : KUDUSKANLAH DIRIMU ... KELUARKANLAH KECEMARAN.
Nas : 2Taw 29:5
Supaya umat Allah mengalami kebangunan dan pembaharuan rohani, empat hal sangat diperlukan.
- 1) Pengakuan dosa-dosa khusus. Kita harus mengetahui bidang-bidang kehidupan di mana kita telah menyimpang dari kehendak dan firman Allah, dan harus mengakui dosa-dosa khusus tersebut (ayat 2Taw 29:6-7; lih. Mazm 51:5; bd. Mat 5:24).
- 2) Pengudusan rumah Tuhan (ayat 2Taw 29:5,18). Gereja menjadi rumah
Allah di bawah perjanjian yang baru (2Kor 6:16; Ef 2:21-22;
1Tim 3:15). Apa pun di dalam doktrin, penyembahan atau gaya hidup
gereja yang melawan kehendak Allah sebagaimana dinyatakan Alkitab harus
disingkirkan. Demikian pula, orang percaya secara perseorangan, sebagai
bait Roh Kudus (1Kor 6:19), harus dikuduskan dari semua
ketidakbenaran
(lihat cat. --> 1Yoh 1:9;
[atau ref. 1Yoh 1:9]
lihat art. BAIT SUCI, dan
lihat art. PENGUDUSAN).
- 3) Pembaharuan perjanjian (ayat 2Taw 29:10-11). Kita harus memperbaharui penyerahan kita kepada Allah, kerajaan dan maksud-Nya yang benar di bumi, dan kita harus menyatakan suatu keinginan tulus untuk berpaling dari kejahatan dunia dan menolak dosa.
- 4) Mencanangkan korban persembahan darah bagi pendamaian (ayat
2Taw 29:20-24). Dengan iman kita harus mengambil darah pendamaian
Yesus Kristus, yang menderita di salib untuk menyelamatkan dan
menguduskan umat-Nya (lih. Ibr 9:11-14;
lihat cat. --> 1Kor 10:16).
[atau ref. 1Kor 10:16]
[33:13] 3 Full Life : BERDOA KEPADA-NYA.
Nas : 2Taw 33:13
Manasye meninggalkan Allah ayahnya, Hizkia, dan menjadi lebih jahat daripada raja lain dalam sejarah Yehuda. Akan tetapi, pada suatu masa krisis dan kesesakan besar (ayat 2Taw 33:11-12), raja ini sungguh-sungguh bertobat dan berseru kepada Allah (ayat 2Taw 33:12-13). Pengampunan Allah yang dialami Manasye setelah ia bertobat dengan sungguh-sungguh dan merendahkan hati secara dramatis menggambarkan kebenaran bahwa orang berdosa yang paling jahat sekalipun dapat menerima kasih karunia ketika mereka sungguh-sungguh merendahkan diri dan berseru kepada Allah. Sayang sekali, sebagaimana ditekankan penulis 2 Raja-Raja, pemerintahan Manasye yang lama dan jahat telah membawa banyak orang kepada dosa dan kehancuran (2Raj 21:9-15); pertobatan dan pemulihannya tidak menghentikan akibat-akibat menggelombang dari pengaruhnya yang jahat sebelum ini (bd. 2Raj 24:3-4;
lihat cat. --> 2Raj 23:26).
[atau ref. 2Raj 23:26]
[36:21] 4 Full Life : TANAH ITU TANDUS SELAMA MENJALANI SABAT.
Nas : 2Taw 36:21
Sesuai dengan perintah Allah di Gunung Sinai, setiap tahun ketujuh tanah harus tandus (Im 25:1-7). Israel dan Yehuda gagal mematuhi tahun-tahun sabat ini; oleh karena itu, selama pembuangan tujuh puluh tahun, Allah memaksakan perhentian sabat itu (lih. Yer 25:11-12; Yer 29:10).