14 Agustus 2006

Potensi Kuntum Mawar

Topik : Serupa Kristus

Nats : Ia menetapkan dua belas orang, yang juga disebut-Nya rasul-rasul, untuk menyertai Dia (Markus 3:14)
Bacaan : Markus 3:13-19

Saya dan istri saya suka bunga mawar mini. Baru-baru ini kami menanam beberapa semak mawar, tetapi ada satu yang tidak bertahan hidup. Kami mengembalikannya ke penjual tanaman dan meminta ganti. Waktu itu pertengahan musim panas dan tanaman bunga mawar mini terbatas jumlahnya.

Saya melihat ke sebuah tanaman yang rasanya berpotensi menghasilkan banyak bunga apabila sudah berkembang. Namun, tanaman mawar itu sendiri tampak agak jelek. Istri saya lalu memberi saran yang baik. "Jangan melihat pada bunga-bunga yang sudah mekar. Lihatlah pada banyaknya kuntum mawar sehat yang mulai menyembul keluar."

Dengan mengikuti nasihatnya, kami pun memilih tanaman itu, membawanya pulang, menanamnya, dan merawat tanaman dengan kuntum mawar terbanyak itu. Dalam seminggu, mawar-mawar itu telah bermekaran dengan sangat indah!

Ketika Tuhan memilih para murid-Nya, Dia memilih orang-orang yang tak sempurna (Markus 3:13-19). Yang satu berlatar belakang praktik bisnis yang tidak jujur, yang lain berperangai keras. Yesus tak memandang ketidaksempurnaan mereka, tetapi potensi mereka.

Yesus menggunakan pendekatan yang sama dengan kita. Dia begitu mengasihi kita sehingga Dia memilih kita meskipun memiliki kekurangan (2Tesalonika 2:13). Melalui karya Roh Kudus dalam hidup kita, Dia memelihara dan mengubah kita menjadi serupa dengan gambar-Nya yang mulia (2Korintus 3:18). Lain kali apabila Anda sedang bersama keluarga, sahabat, dan mitra kerja Anda, janganlah terfokus pada kekurangan-kekurangan mereka. Sebaliknya, pandanglah potensi "kuntum-kuntum mawar" itu -HDF



TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA