Kisah Para Rasul 8:39
Konteks8:39 Dan setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus c dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita.
Kisah Para Rasul 9:31
Konteks9:31 Selama beberapa waktu jemaat di seluruh Yudea, Galilea dan Samaria v berada dalam keadaan damai. Jemaat itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan 1 . Jumlahnya makin bertambah w besar oleh pertolongan dan penghiburan Roh Kudus.
Kisah Para Rasul 13:48
Konteks13:48 Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; h dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal 2 , menjadi percaya.
Kisah Para Rasul 17:13
Konteks17:13 Tetapi ketika orang-orang Yahudi dari Tesalonika tahu, bahwa juga di Berea x telah diberitakan firman Allah oleh Paulus, datang jugalah mereka ke sana menghasut dan menggelisahkan hati orang banyak.
Kisah Para Rasul 17:15
Konteks17:15 Orang-orang yang mengiringi Paulus menemaninya sampai di Atena, b lalu kembali dengan pesan kepada Silas dan Timotius, supaya mereka selekas mungkin c datang kepadanya.
Kisah Para Rasul 27:35
Konteks27:35 Sesudah berkata demikian, ia mengambil roti, mengucap syukur kepada Allah di hadapan semua mereka, memecah-mecahkannya, c lalu mulai makan.
[9:31] 1 Full Life : TAKUT AKAN TUHAN.
Nas : Kis 9:31
Lukas menekankan rumusan "takut akan Allah" baik dalam Injilnya (lih. Luk 1:50; 18:2; 23:40) maupun dalam Kisah Para Rasul. Mereka yang takut akan Tuhan (yaitu, yang menerima kepercayaan Yahudi namun bukan orang Yahudi) yang merupakan titik tolak untuk pekabaran Injil kepada bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pasal 10 (Kis 10:2,22,35; 13:16,26). Takut akan Tuhan mengakibatkan kepercayaan dan ketaatan dan juga pengelakan kejahatan (Ayub 28:28; Mazm 111:10; Ams 1:7); sikap ini dengan sendirinya menghasilkan dorongan dari Roh Kudus
(lihat art. TAKUT AKAN TUHAN).
[13:48] 2 Full Life : DITENTUKAN ALLAH UNTUK HIDUP YANG KEKAL.
Nas : Kis 13:48
Beberapa orang menafsirkan ayat ini sebagai berarti predestinasi tertentu. Akan tetapi, konteks maupun kata yang diterjemahkan "ditentukan" (Yun. _tetagmenoi_, dari _tasso_) tidak membenarkan tafsiran ini.
- 1) Ayat Kis 13:46 dengan jelas menekankan tanggung jawab manusia
dalam menerima atau menolak hidup kekal. Karena itu, terjemahan terbaik
dari _tetagmenoi_ adalah "berkecenderungan"; "dan semua orang yang
berkecenderungan untuk hidup yang kekal menjadi percaya". Terjemahan ini
sangat selaras dengan 1Tim 2:4; Tit 2:11; 2Pet 3:9
(lihat art. PEMILIHAN DAN PREDESTINASI).
- 2) Apa lagi, menurut Paulus, tidak seorang pun yang tanpa syarat ditetapkan untuk hidup kekal (lih. Rom 11:20-22).