2 Tawarikh 11:16
Konteks11:16 Dari segenap suku Israel x orang datang ke Yerusalem mengikuti orang-orang Lewi itu, yakni orang yang telah membulatkan hatinya untuk mencari TUHAN 1 Allah Israel; dan mereka datang untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah nenek moyang mereka.
2 Tawarikh 12:2
Konteks12:2 Tetapi pada tahun kelima zaman raja Rehabeam, majulah Sisak, i raja Mesir, menyerang Yerusalem--karena mereka berubah setia j terhadap TUHAN--
2 Tawarikh 19:8
Konteks19:8 Juga di Yerusalem Yosafat mengangkat beberapa orang dari antara orang Lewi, v dari antara para imam w dan dari antara para kepala puak Israel untuk memberi keputusan x dalam hal hukum TUHAN dan dalam hal perselisihan. Mereka berkedudukan di Yerusalem.
2 Tawarikh 20:18
Konteks20:18 Lalu berlututlah Yosafat y dengan mukanya ke tanah. Seluruh Yehuda dan penduduk Yerusalempun sujud di hadapan TUHAN dan menyembah kepada-Nya.
2 Tawarikh 20:27
Konteks20:27 Lalu pulanglah sekalian orang Yehuda dan Yerusalem dengan Yosafat di depan. Mereka kembali ke Yerusalem dengan sukacita, karena TUHAN telah membuat mereka bersukacita karena kekalahan musuh mereka.
2 Tawarikh 21:11
Konteks21:11 Lagipula ia membuat bukit-bukit pengorbanan di gunung-gunung Yehuda. Ia membujuk penduduk Yerusalem untuk berzinah dan ia menyesatkan Yehuda.
2 Tawarikh 23:2
Konteks23:2 Mereka mengelilingi Yehuda dan mengumpulkan orang-orang Lewi w dari semua kota di Yehuda serta kepala-kepala puak orang Israel, dan mereka semua datang ke Yerusalem.
2 Tawarikh 26:3
Konteks26:3 Uzia berumur enam belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan lima puluh dua tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Yekholya, dari Yerusalem.
2 Tawarikh 30:13
Konteks30:13 Maka berkumpullah di Yerusalem banyak orang, suatu jemaah yang sangat besar, untuk merayakan hari raya Roti Tidak Beragi i pada bulan yang kedua.
2 Tawarikh 32:18
Konteks32:18 Dan mereka berseru dengan suara nyaring dalam bahasa Yehuda kepada rakyat Yerusalem yang ada di atas tembok, untuk menakutkan dan mengejutkan mereka, supaya mereka dapat merebut kota itu.
2 Tawarikh 32:22
Konteks32:22 Demikianlah TUHAN menyelamatkan Hizkia dan penduduk Yerusalem dari tangan Sanherib, raja Asyur, dan dari tangan semua musuhnya. Dan Ia mengaruniakan keamanan kepada mereka di segala penjuru.
2 Tawarikh 32:26
Konteks32:26 Tetapi ia sadar c akan keangkuhannya itu dan merendahkan diri bersama-sama dengan penduduk Yerusalem, sehingga murka TUHAN tidak menimpa mereka pada zaman Hizkia. d
2 Tawarikh 33:9
Konteks33:9 Tetapi Manasye menyesatkan Yehuda dan penduduk Yerusalem, sehingga mereka melakukan yang jahat lebih dari pada bangsa-bangsa yang telah dipunahkan TUHAN dari depan orang Israel. y
2 Tawarikh 33:13
Konteks33:13 dan berdoa kepada-Nya 2 . Maka TUHAN mengabulkan doanya, dan mendengarkan permohonannya. Ia membawanya kembali ke Yerusalem dan memulihkan kedudukannya sebagai raja. Dan Manasye mengakui, bahwa TUHAN itu Allah.
2 Tawarikh 34:32
Konteks34:32 Ia menyuruh semua orang yang berada di Yerusalem dan Benyamin ikut serta dalam perjanjian itu. Dan penduduk Yerusalem berbuat menurut perjanjian Allah, yakni Allah nenek moyang mereka.
2 Tawarikh 36:19
Konteks36:19 Mereka membakar r rumah s Allah, merobohkan tembok t Yerusalem dan membakar segala puri dalam kota itu dengan api, sehingga musnahlah u segala perabotannya yang indah-indah. v
[11:16] 1 Full Life : MEMBULATKAN HATINYA UNTUK MENCARI TUHAN.
Nas : 2Taw 11:16
Yerobeam dan kerajaan utara meninggalkan penyembahan kepada Tuhan sebagaimana dinyatakan dalam Firman dan perjanjian-Nya lalu menggantikannya dengan penyembahan berhala
(lihat cat. --> 1Raj 12:28).
[atau ref. 1Raj 12:28]
- 1) Karena alasan ini semua pihak yang ingin tetap setia kepada Allah
meninggalkan rumah mereka, memisahkan diri dari kerajaan utara dan
bergabung dengan kerajaan selatan (ayat 2Taw 11:14,17). Tantangan
untuk tetap setia kepada Allah di tengah-tengah kemurtadan atau
kemerosotan moral sering kali dihadapi umat Allah sepanjang sejarah
penebusan
(lihat cat. --> Wahy 2:7).
[atau ref. Wahy 2:7]
- 2) Kesetiaan dan komitmen kepada Allah dan Firman-Nya adakalanya
berarti harus memisahkan diri dari gereja dan bergabung atau membentuk
gereja lainnya yang setia kepada penyataan Allah yang asli dan mendasar
di dalam Kristus
(lihat cat. --> Mat 21:43
[atau ref. Mat 21:43]
mengenai ajaran Yesus Kristus bahwa kerajaan Allah akan diambil dari orang yang tidak beriman dan diberikan kepada mereka yang menanggapi Injil;lihat cat. --> Ef 4:13;
[atau ref. Ef 4:13]
lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).
[33:13] 2 Full Life : BERDOA KEPADA-NYA.
Nas : 2Taw 33:13
Manasye meninggalkan Allah ayahnya, Hizkia, dan menjadi lebih jahat daripada raja lain dalam sejarah Yehuda. Akan tetapi, pada suatu masa krisis dan kesesakan besar (ayat 2Taw 33:11-12), raja ini sungguh-sungguh bertobat dan berseru kepada Allah (ayat 2Taw 33:12-13). Pengampunan Allah yang dialami Manasye setelah ia bertobat dengan sungguh-sungguh dan merendahkan hati secara dramatis menggambarkan kebenaran bahwa orang berdosa yang paling jahat sekalipun dapat menerima kasih karunia ketika mereka sungguh-sungguh merendahkan diri dan berseru kepada Allah. Sayang sekali, sebagaimana ditekankan penulis 2 Raja-Raja, pemerintahan Manasye yang lama dan jahat telah membawa banyak orang kepada dosa dan kehancuran (2Raj 21:9-15); pertobatan dan pemulihannya tidak menghentikan akibat-akibat menggelombang dari pengaruhnya yang jahat sebelum ini (bd. 2Raj 24:3-4;
lihat cat. --> 2Raj 23:26).
[atau ref. 2Raj 23:26]