TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

1 Tawarikh 11:1-7

Konteks
Daud menjadi raja atas Israel
11:1 1 Lalu berkumpullah seluruh Israel 2  l  kepada Daud di Hebron m  dan berkata: "Ketahuilah, kami ini darah dagingmu. 11:2 Telah lama, ketika Saul memerintah, engkaulah yang memimpin segala gerakan n  orang Israel. Dan TUHAN, Allahmu, telah berfirman kepadamu: Engkaulah yang harus menggembalakan o  umat-Ku Israel, dan engkaulah yang menjadi raja p  atas umat-Ku Israel." 11:3 Maka datanglah semua tua-tua Israel menghadap raja di Hebron, lalu Daud mengadakan perjanjian dengan mereka di Hebron di hadapan TUHAN, kemudian mereka mengurapi q  Daud menjadi raja atas Israel, seperti yang difirmankan TUHAN dengan perantaraan Samuel.
Daud merebut Yerusalem dan menetap di sana
11:4 Lalu Daud dengan seluruh orang Israel pergi ke Yerusalem; itulah Yebus, dan di sana orang Yebus r  adalah penduduk negeri itu. 11:5 Penduduk Yebus berkata kepada Daud: "Engkau tidak sanggup masuk ke mari." Tetapi Daud merebut kubu pertahanan Sion 3 , yaitu kota Daud. 11:6 Daud telah berkata: "Siapa lebih dahulu memukul kalah orang Yebus, ia akan menjadi kepala dan pemimpin." Lalu Yoab, s  anak Zeruya, yang menyerang lebih dahulu, maka ia menjadi kepala. 11:7 Lalu Daud menetap di kubu pertahanan itu, sebab itu orang menamainya: Kota Daud.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[11:1]  1 Full Life : DAUD.

Nas : 1Taw 11:1

Pasal 1Taw 11:1-47 memulai kisah Daud; pasal 2Sam 2:1-5:25 mengisahkan secara lebih terinci bagaimana Daud menjadi raja atas Yehuda dan kemudian atas seluruh Israel.

  1. 1) Perbandingan dengan kisah-kisah paralel dalam 2 Samuel menunjukkan dengan jelas bahwa penulis Tawarikh melewati kebanyakan dari kesulitan yang dihadapi Daud, termasuk kegagalan moral pribadinya dan rasa malunya (pasal 2Sam 1:1-4:12; 11:1-21:22). Tidak mencantumkan hal-hal itu selaras dengan maksud ganda penulis kitab ini:
    1. (a) untuk menekankan peristiwa-peristiwa bersejarah yang penting bagi maksud Allah dalam sejarah penebusan, dan
    2. (b) untuk memberikan semangat kepada masyarakat pasca-pembuangan yang kecil hati yang hendak menetap kembali di tanah air mereka.
  2. 2) Maksud yang sama tercermin dalam fokus penulis pada pembangunan bait suci oleh Salomo, tetapi tidak mencantumkan kemurtadan dan penyembahan berhala Salomo sebagaimana dibahas dalam pasal 1Raj 11:1-43.

[11:1]  2 Full Life : BERKUMPULLAH SELURUH ISRAEL.

Nas : 1Taw 11:1

Tujuh tahun pertama dalam pemerintahan Daud sebagai raja di Hebron atas dua suku dianggap sudah diketahui tetapi tidak diuraikan. Kisahnya dimulai dengan Daud menjadi raja atas seluruh Israel.

[11:5]  3 Full Life : KUBU PERTAHANAN SION.

Nas : 1Taw 11:5

Sion adalah salah satu bukit yang melandasi Yerusalem; dahulu merupakan kubu pertahanan suku Yebus sebelum direbut Daud (2Sam 5:6-9;

lihat art. KOTA YERUSALEM).

Bukit itu menjadi kudus ketika Daud membawa tabut perjanjian ke Sion. Kemudian, nama Sion dipakai untuk kota Yerusalem (2Raj 19:21; Mazm 48:1-14; Yes 1:8), kerajaan Yehuda (Yes 33:14; 34:8), dan sorga (Ibr 12:22; bd. Wahy 14:1).



TIP #05: Coba klik dua kali sembarang kata untuk melakukan pencarian instan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA