kecilkan semua  

Teks -- Zakharia 14:1-21 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Kemenangan terakhir: TUHAN menjadi Raja di Yerusalem
14:1 Sesungguhnya, akan datang hari yang ditetapkan TUHAN, maka jarahan yang dirampas dari padamu akan dibagi-bagi di tengah-tengahmu. 14:2 Aku akan mengumpulkan segala bangsa untuk memerangi Yerusalem; kota itu akan direbut, rumah-rumah akan dirampoki dan perempuan-perempuan akan ditiduri. Setengah dari penduduk kota itu harus pergi ke dalam pembuangan, tetapi selebihnya dari bangsa itu tidak akan dilenyapkan dari kota itu. 14:3 Kemudian TUHAN akan maju berperang melawan bangsa-bangsa itu seperti Ia berperang pada hari pertempuran. 14:4 Pada waktu itu kaki-Nya akan berjejak di bukit Zaitun yang terletak di depan Yerusalem di sebelah timur. Bukit Zaitun itu akan terbelah dua dari timur ke barat, sehingga terjadi suatu lembah yang sangat besar; setengah dari bukit itu akan bergeser ke utara dan setengah lagi ke selatan. 14:5 Maka tertutuplah lembah gunung-gunung-Ku, sebab lembah gunung itu akan menyentuh sisinya; dan kamu akan melarikan diri seperti kamu pernah melarikan diri oleh karena gempa bumi pada zaman Uzia, raja Yehuda. Lalu TUHAN, Allahku, akan datang, dan semua orang kudus bersama-sama Dia. 14:6 Maka pada waktu itu tidak akan ada lagi udara dingin atau keadaan beku, 14:7 tetapi akan ada satu hari -- hari itu diketahui oleh TUHAN -- dengan tidak ada pergantian siang dan malam, dan malampun menjadi siang. 14:8 Pada waktu itu akan mengalir air kehidupan dari Yerusalem; setengahnya mengalir ke laut timur, dan setengah lagi mengalir ke laut barat; hal itu akan terus berlangsung dalam musim panas dan dalam musim dingin. 14:9 Maka TUHAN akan menjadi Raja atas seluruh bumi; pada waktu itu TUHAN adalah satu-satunya dan nama-Nya satu-satunya. 14:10 Seluruh negeri ini akan berubah menjadi seperti Araba-Yordan, dari Geba sampai ke Rimon di sebelah selatan Yerusalem. Tetapi kota itu akan menjulang tinggi dan tetap tinggal di tempatnya, dari pintu gerbang Benyamin sampai ke tempat pintu gerbang yang dahulu, yakni sampai ke pintu gerbang Sudut, dan dari menara Hananeel sampai ke tempat pemerasan anggur raja. 14:11 Orang akan menetap di dalamnya, sebab penumpasan tidak akan ada lagi, dan Yerusalem akan tetap aman. 14:12 Inilah tulah yang akan ditimpakan TUHAN kepada segala bangsa yang memerangi Yerusalem: daging mereka akan menjadi busuk, sementara mereka masih berdiri, mata mereka akan menjadi busuk dalam lekuknya dan lidah mereka akan menjadi busuk dalam mulut mereka. 14:13 Maka pada waktu itu akan terjadi kegemparan besar dari pada TUHAN di antara mereka, sehingga masing-masing memegang tangan temannya dan mengangkat tangannya melawan tangan temannya. 14:14 Juga Yehuda akan berperang melawan Yerusalem itu; dan dikumpulkanlah harta benda segala bangsa di sekeliling, yaitu emas, perak dan pakaian dalam jumlah yang sangat besar. 14:15 Tulah seperti itu juga akan menimpa kuda, bagal, unta, keledai dan segala hewan yang ada dalam perkemahan-perkemahan itu. 14:16 Maka semua orang yang tinggal dari segala bangsa yang telah menyerang Yerusalem, akan datang tahun demi tahun untuk sujud menyembah kepada Raja, TUHAN semesta alam, dan untuk merayakan hari raya Pondok Daun. 14:17 Tetapi bila mereka dari kaum-kaum di bumi tidak datang ke Yerusalem untuk sujud menyembah kepada Raja, TUHAN semesta alam, maka kepada mereka tidak akan turun hujan. 14:18 Dan jika kaum Mesir tidak datang dan tidak masuk menghadap, maka kepada mereka akan turun tulah yang ditimpakan TUHAN kepada bangsa-bangsa yang tidak datang untuk merayakan hari raya Pondok Daun. 14:19 Itulah hukuman dosa Mesir dan hukuman dosa segala bangsa yang tidak datang untuk merayakan hari raya Pondok Daun. 14:20 Pada waktu itu akan tertulis pada kerencingan-kerencingan kuda: "Kudus bagi TUHAN!" dan kuali-kuali di rumah TUHAN akan seperti bokor-bokor penyiraman di depan mezbah. 14:21 Maka segala kuali di Yerusalem dan di Yehuda akan menjadi kudus bagi TUHAN semesta alam; semua orang yang mempersembahkan korban akan datang mengambilnya dan memasak di dalamnya. Dan tidak akan ada lagi pedagang di rumah TUHAN semesta alam pada waktu itu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Rimon a town of Simeon and Judah, 14 km north of Beer-Sheba,a town of Zebulun 26 km ESE of Acco & 20 km west of Hamath,a rock; a prominent landmark in Benjamin, 6 km east of Bethel,a man of Benjamin from Beeroth; father of Baanah and Rechab,a pagan god of storms
 · Anak-anak Rimon a town of Simeon and Judah, 14 km north of Beer-Sheba,a town of Zebulun 26 km ESE of Acco & 20 km west of Hamath,a rock; a prominent landmark in Benjamin, 6 km east of Bethel,a man of Benjamin from Beeroth; father of Baanah and Rechab,a pagan god of storms
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bukit batu Rimon a town of Simeon and Judah, 14 km north of Beer-Sheba,a town of Zebulun 26 km ESE of Acco & 20 km west of Hamath,a rock; a prominent landmark in Benjamin, 6 km east of Bethel,a man of Benjamin from Beeroth; father of Baanah and Rechab,a pagan god of storms
 · Bukit Zaitun a mountain: Mt. of Olives
 · En-Rimon a spring & town of Simeon and Judah, 14 km north of Beer-Sheba
 · Gaba a town of Benjamin assigned to the Kohathite Levites
 · Geba a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Geba-Benyamin a town of Benjamin assigned to the Kohathite Levites
 · Gibea- a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Gibeat a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Gibeon a town of Benjamin pioneered by Jeiel of Benjamin
 · Hananeel a tower on the wall of Jerusalem
 · Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · kaum suku Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · kaum-kaum orang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · kuil Rimon a town of Simeon and Judah, 14 km north of Beer-Sheba,a town of Zebulun 26 km ESE of Acco & 20 km west of Hamath,a rock; a prominent landmark in Benjamin, 6 km east of Bethel,a man of Benjamin from Beeroth; father of Baanah and Rechab,a pagan god of storms
 · laut barat the Mediterranean Sea, which formed the western border of Israel
 · laut sebelah barat the Mediterranean Sea, which formed the western border of Israel
 · Laut Timur the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River
 · menara Hananeel a specific tower on the northern wall of Jerusalem
 · Mesir descendants of Mizraim
 · orang Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · orang Kanaan residents of the region of Canaan
 · orang-orang Benyamin member(s) of the tribe of Benjamin
 · orang-orang Kanaan residents of the region of Canaan
 · perempuan Kanaan residents of the region of Canaan
 · perempuan-perempuan Kanaan residents of the region of Canaan
 · Rimon a town of Simeon and Judah, 14 km north of Beer-Sheba,a town of Zebulun 26 km ESE of Acco & 20 km west of Hamath,a rock; a prominent landmark in Benjamin, 6 km east of Bethel,a man of Benjamin from Beeroth; father of Baanah and Rechab,a pagan god of storms
 · seorang Benyamin member(s) of the tribe of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Hari Raya | Gempa Bumi | Raja | Kudus, Kekudusan | Kuda | Hujan | Menara | Orang Kafir (Tidak Bertuhan) | Unta | Tentara | Orang Yahudi | Keledai | Kidron | Perdagangan | Datang, Kedatangan | Laut | Kristus, Raja | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Za 14:1 - AKAN DATANG HARI ... TUHAN. Nas : Za 14:1 "Hari Tuhan" adalah hari penghukuman dan pemulihan. Di sini hari itu menunjuk kepada saat ketika Kristus akan datang kembali untuk me...

Nas : Za 14:1

"Hari Tuhan" adalah hari penghukuman dan pemulihan. Di sini hari itu menunjuk kepada saat ketika Kristus akan datang kembali untuk menghakimi bangsa-bangsa dan mendirikan pemerintahan-Nya di bumi.

Full Life: Za 14:2 - MENGUMPULKAN SEGALA BANGSA UNTUK MEMERANGI YERUSALEM. Nas : Za 14:2 Bangsa-bangsa seakan-akan memperoleh kemenangan militer, tetapi pada akhirnya mereka akan dibinasakan (lihat cat. --> Za 12...

Nas : Za 14:2

Bangsa-bangsa seakan-akan memperoleh kemenangan militer, tetapi pada akhirnya mereka akan dibinasakan

(lihat cat. --> Za 12:3-9).

[atau ref. Za 12:3-9]

Full Life: Za 14:3 - KEMUDIAN TUHAN AKAN MAJU. Nas : Za 14:3 Tuhan akan campur tangan di dalam pertempuran itu dan mengalahkan bangsa-bangsa.

Nas : Za 14:3

Tuhan akan campur tangan di dalam pertempuran itu dan mengalahkan bangsa-bangsa.

Full Life: Za 14:4 - KAKI-NYA AKAN BERJEJAK DI BUKIT ZAITUN. Nas : Za 14:4 Nubuat ini akan digenapi oleh Yesus Kristus pada kedatangan-Nya yang terakhir ketika Dia kembali ke tempat yang ditinggalkan-Nya (Luk...

Nas : Za 14:4

Nubuat ini akan digenapi oleh Yesus Kristus pada kedatangan-Nya yang terakhir ketika Dia kembali ke tempat yang ditinggalkan-Nya (Luk 24:50-51; Kis 1:9-12). Topografi wilayah itu akan berubah secara dramatis ketika bukit itu akan terbelah dua, setengahnya bergeser ke utara, setengahnya lagi ke selatan, sehingga terjadi sebuah lembah di antaranya.

Full Life: Za 14:8 - AKAN MENGALIR AIR KEHIDUPAN DARI YERUSALEM. Nas : Za 14:8 Air kehidupan (berbeda dengan air yang menggenang), akan mengalir dari Yerusalem (bd. Mazm 46:5; Yeh 47:1-12; Yoel 3:18). Aliran ini ...

Nas : Za 14:8

Air kehidupan (berbeda dengan air yang menggenang), akan mengalir dari Yerusalem (bd. Mazm 46:5; Yeh 47:1-12; Yoel 3:18). Aliran ini tidak mengering di musim panas, seperti halnya sebagian besar sungai di Palestina, tetapi akan terus mengalir ke Laut Tengah dan Laut Mati. Ayat ini membayangkan berkat-berkat Allah yang mengalir dari Yerusalem di kerajaan seribu tahun (Wahy 22:1).

Full Life: Za 14:9 - TUHAN AKAN MENJADI RAJA ATAS SELURUH BUMI. Nas : Za 14:9 Ketika Kristus mendirikan kerajaan-Nya, Dia akan disembah oleh semua bangsa di bumi (bd. Za 4:14; 6:5; Mi 4:13; Wahy 17:14; 19:16).

Nas : Za 14:9

Ketika Kristus mendirikan kerajaan-Nya, Dia akan disembah oleh semua bangsa di bumi (bd. Za 4:14; 6:5; Mi 4:13; Wahy 17:14; 19:16).

Full Life: Za 14:10 - MENJADI SEPERTI ARABA-YORDAN. Nas : Za 14:10 Akibat kedatangan Tuhan, negeri sekitar Yerusalem akan diratakan, sekalipun Yerusalem sendiri akan menjadi dataran tinggi, yang sedi...

Nas : Za 14:10

Akibat kedatangan Tuhan, negeri sekitar Yerusalem akan diratakan, sekalipun Yerusalem sendiri akan menjadi dataran tinggi, yang sedikit tinggi di atas wilayah sekitarnya sehingga menonjol.

Full Life: Za 14:12-15 - YANG AKAN DITIMPAKAN TUHAN. Nas : Za 14:12-15 Ayat-ayat ini lebih merinci hukuman atas bangsa-bangsa (lihat cat. --> Za 14:3). [atau ref. Za 14:3]

Nas : Za 14:12-15

Ayat-ayat ini lebih merinci hukuman atas bangsa-bangsa

(lihat cat. --> Za 14:3).

[atau ref. Za 14:3]

Full Life: Za 14:16 - ORANG YANG TINGGAL ... MENYEMBAH KEPADA RAJA. Nas : Za 14:16 Setelah kedatangan Kristus dan kebinasaan antikristus bersama pasukannya (bd. pasal Wahy 19:1-21), semua orang yang selamat dari ban...

Nas : Za 14:16

Setelah kedatangan Kristus dan kebinasaan antikristus bersama pasukannya (bd. pasal Wahy 19:1-21), semua orang yang selamat dari bangsa-bangsa akan datang setiap tahun ke Yerusalem pada hari Raya Pondok Daun untuk menyembah Raja Mesias, Tuhan Yesus. Mereka yang selamat ini sangat mungkin adalah penduduk sipil yang tetap tinggal di negeri mereka dan menerima Kristus sebagai Tuhan.

Full Life: Za 14:17 - TIDAK AKAN TURUN HUJAN. Nas : Za 14:17 Ketiadaan hujan sama sekali akan menjadi hukuman atas bangsa-bangsa yang tidak pergi menyembah Tuhan dan merayakan hari Raya Pondok ...

Nas : Za 14:17

Ketiadaan hujan sama sekali akan menjadi hukuman atas bangsa-bangsa yang tidak pergi menyembah Tuhan dan merayakan hari Raya Pondok Daun.

Full Life: Za 14:20 - KUDUS BAGI TUHAN. Nas : Za 14:20 Tidak ada lagi pemisahan di antara yang suci dengan yang biasa. Segala sesuatu dan semua orang akan kudus adanya, ditahbiskan dan di...

Nas : Za 14:20

Tidak ada lagi pemisahan di antara yang suci dengan yang biasa. Segala sesuatu dan semua orang akan kudus adanya, ditahbiskan dan diabdikan kepada ibadah dan pelayanan Tuhan.

Full Life: Za 14:21 - TIDAK AKAN ADA LAGI PEDAGANG DI RUMAH TUHAN Nas : Za 14:21 (versi Inggris NIV -- tidak akan ada lagi orang Kanaan). Istilah "orang Kanaan" itu sama artinya dengan kebejatan dan kejahatan. All...

Nas : Za 14:21

(versi Inggris NIV -- tidak akan ada lagi orang Kanaan). Istilah "orang Kanaan" itu sama artinya dengan kebejatan dan kejahatan. Allah akan menegakkan kekudusan dan kebenaran sebagai ciri khas yang utama dan yang meliputi segala sesuatu dalam kerajaan-Nya.

BIS: Za 14:5 - -- Kemungkinan besar artinya: Kamu akan lari ... dua.

Kemungkinan besar artinya: Kamu akan lari ... dua.

BIS: Za 14:6 - udara dingin atau es Kemungkinan besar artinya: udara dingin atau es.

Kemungkinan besar artinya: udara dingin atau es.

Jerusalem: Za 14:1-21 - -- Nubuat mengenai akhir zaman ini memberitahukan bahwa Tauhid Israel menyangkut jagat raja. Ia mempersatukan zaman-zaman (hanya ada satu hari), merubah ...

Nubuat mengenai akhir zaman ini memberitahukan bahwa Tauhid Israel menyangkut jagat raja. Ia mempersatukan zaman-zaman (hanya ada satu hari), merubah tanah (tanah Yerusalem menjadi raja), menghilangkan kesempatan bagi pemujaan berhala dan pemujaan itu sendiri dan ingatan akan berhala dan ilmu sihir (bintang, musim, lembah ben Hinom dan Tofet, dsb). Tauhid Israel juga mempersatukan ibadat dan para penyerta, baik Yahudi maupun bukan Yahudi: Allah Yang Mahaesa menjadi segala-gala dan segala-gala. Uraian mengenai pertempuran di akhir zaman, Zak 14:1-5,12-15 diselingi dan dilengkapi dengan penjelasan tentang keadaan serba baru yang menyusul pertempuran itu, Zak 14:6-11,16-20.

Jerusalem: Za 14:5 - -- Maksud ayat ini dalam naskah Ibrani kurang jelas

Maksud ayat ini dalam naskah Ibrani kurang jelas

Jerusalem: Za 14:5 - gempa bumi.... bdk Ams 1:1 yang menyinggung gempa bumi yang sama (juga Flavius Yosefus menyebutkannya)

bdk Ams 1:1 yang menyinggung gempa bumi yang sama (juga Flavius Yosefus menyebutkannya)

Jerusalem: Za 14:5 - bersama-sama Dia Begitulah menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: bersama-sama Aku.

Begitulah menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: bersama-sama Aku.

Jerusalem: Za 14:9 - TUHAN adalah satu-satunya.... Rumus meriah ini dua kali mengungkapkan pikiran yang sama. Nama Tuhan memang tidak lain kecuali Tuhan sendiri. Di zaman Mesias Allah Yang Mahaesa menj...

Rumus meriah ini dua kali mengungkapkan pikiran yang sama. Nama Tuhan memang tidak lain kecuali Tuhan sendiri. Di zaman Mesias Allah Yang Mahaesa menjadi raja dunia sementara, bdk Mal 1:11+.

Jerusalem: Za 14:10 - di sebelah selatan Yerusalem. Tetapi kota itu Ada ahli yang memperbaiki naskah Ibrani dan menterjemahkannya sbb: di Negeb. Yerusalem akan

Ada ahli yang memperbaiki naskah Ibrani dan menterjemahkannya sbb: di Negeb. Yerusalem akan

Jerusalem: Za 14:10 - dari pintu gerbang Dalam naskah Ibrani tertulis: dan pintu gerbang

Dalam naskah Ibrani tertulis: dan pintu gerbang

Jerusalem: Za 14:10 - dari menara Dalam naskah Ibrani tertulis: dan menara. Geba terletak di perbatasan utara negeri Yehuda di wilayah Benyamin. Rimon, ialah Umm er-Rammamin sekarang, ...

Dalam naskah Ibrani tertulis: dan menara. Geba terletak di perbatasan utara negeri Yehuda di wilayah Benyamin. Rimon, ialah Umm er-Rammamin sekarang, terletak 15 km di sebelah timur laut kota Bersyeba, di perbatasan selatan.

Jerusalem: Za 14:15 - -- Ayat ini sebaik-baiknya ditempatkan sesudah Zak 14:12.

Ayat ini sebaik-baiknya ditempatkan sesudah Zak 14:12.

Jerusalem: Za 14:16 - hari raya Pondok Daun Bdk Kel 23:14+. Hari raya itu dipilih oleh karena pada hari itu umat meluhurkan Tuhan sebagai Raja dunia semesta.

Bdk Kel 23:14+. Hari raya itu dipilih oleh karena pada hari itu umat meluhurkan Tuhan sebagai Raja dunia semesta.

Jerusalem: Za 14:18 - kepada mereka akan turun Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: kepada mereka tidak akan turun.

Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: kepada mereka tidak akan turun.

Jerusalem: Za 14:21 - -- Penulis bagian ini teringat akan nubuat-nubuat nabi Yehezkiel, lalu menyatakan bahwa di zaman keselamatan segala sesuatu di tanah Israel menjadi kudus...

Penulis bagian ini teringat akan nubuat-nubuat nabi Yehezkiel, lalu menyatakan bahwa di zaman keselamatan segala sesuatu di tanah Israel menjadi kudus. Tidak ada perbedaan antara kudus dan tidak kudus (profan).

Ende: Za 14:1 - daripadamu ialah dari Jerusjalem. Kota itu direbut.

ialah dari Jerusjalem. Kota itu direbut.

Ende: Za 14:3 - -- Meskipun Jerusjalem direbut, tetapi Jahwe akan menjelamatkan sisa umatNja. Tindakan Jahwe digambarkan dengan bahasa kiasan dalam aj. 4-5(Zak 14:4-5). ...

Meskipun Jerusjalem direbut, tetapi Jahwe akan menjelamatkan sisa umatNja. Tindakan Jahwe digambarkan dengan bahasa kiasan dalam aj. 4-5(Zak 14:4-5). Ia dilukiskan sebagai pahlawan. Gambaran itu kadang2 sukar untuk diartikan.

Ende: Za 14:6-11 - -- Dalam bagian ini nabi melukiskan sekali lagi keselamatan dengan gambaran tentang perubahan2 jang terdjadi dalam alam. Kesemuanja mau menandaskan sadja...

Dalam bagian ini nabi melukiskan sekali lagi keselamatan dengan gambaran tentang perubahan2 jang terdjadi dalam alam. Kesemuanja mau menandaskan sadja besarnja dan sifat adjaib keselamatan itu sendiri.

Ende: Za 14:9 - -- Keradjaan Allah meliputi bukan bangsa Israil sadja, tetapi djuga seluruh bumi.

Keradjaan Allah meliputi bukan bangsa Israil sadja, tetapi djuga seluruh bumi.

Ende: Za 14:12-14 - -- Dengan bahasa penghebat kebinasaan semua bangsa, jang bermusuhan dengan umat Jahwe (Jerusjalem) dan jang tidak mau bertobat, digambarkan.

Dengan bahasa penghebat kebinasaan semua bangsa, jang bermusuhan dengan umat Jahwe (Jerusjalem) dan jang tidak mau bertobat, digambarkan.

Ende: Za 14:16-21 - -- Ajat2 terachir ini melukiskan pertobatan dan keselamatan sebagai kaum kafir. Istilah dipindjam dari ibadah Jahudi: bangsa kafir akan ikut merajakan pe...

Ajat2 terachir ini melukiskan pertobatan dan keselamatan sebagai kaum kafir. Istilah dipindjam dari ibadah Jahudi: bangsa kafir akan ikut merajakan perajaan pondok2 daun2an dengan mana Jahwe Radja dipermuliakan.

Ende: Za 14:18 - jang tidak naik....dst. bertjorak tambahan.

bertjorak tambahan.

Ende: Za 14:20 - -- Di Jerusjalem dan Juda segala sesuatu mendjadi sutji, sehingga sesuatu jang profan tidak terdapat lagi. Jerusjalem dan Juda mendjadi tempat sutji besa...

Di Jerusjalem dan Juda segala sesuatu mendjadi sutji, sehingga sesuatu jang profan tidak terdapat lagi. Jerusjalem dan Juda mendjadi tempat sutji besar untuk semua bangsa.

Endetn: Za 14:5 - tertumpatlah diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "dan kamu akan lari".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "dan kamu akan lari".

Endetn: Za 14:5 - kesisinja diperbaiki. Tertulis: "Asel".

diperbaiki. Tertulis: "Asel".

Endetn: Za 14:5 - (Allah)mu diperbaiki. Tertulis: "(-)ku".

diperbaiki. Tertulis: "(-)ku".

Endetn: Za 14:5 - (dan) ditambahkan menurut terdjemahan Junani dan Syriah.

ditambahkan menurut terdjemahan Junani dan Syriah.

Endetn: Za 14:5 - (dengan)Nja diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "(-)mu".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "(-)mu".

Endetn: Za 14:6 - lagi kedinginan atau air beku diperbaiki dengan bersandar pada terdjemahan Junani. Tertulis: "tidak ada lagi tjahaja; matabenda akan dikumpulkan(?)".

diperbaiki dengan bersandar pada terdjemahan Junani. Tertulis: "tidak ada lagi tjahaja; matabenda akan dikumpulkan(?)".

Endetn: Za 14:10 - -- Tanda batja dipindahkan.

Tanda batja dipindahkan.

Endetn: Za 14:12 - mereka (2x) diperbaiki. Tertulis: "Ia".

diperbaiki. Tertulis: "Ia".

Endetn: Za 14:18 - -- Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani dan Syriah: "tidak".

Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani dan Syriah: "tidak".

Ref. Silang FULL: Za 14:1 - ditetapkan Tuhan // maka jarahan · ditetapkan Tuhan: Yes 13:6; Yoel 1:15; Yoel 1:15; Mal 4:1 · maka jarahan: Yes 23:18; Yes 23:18

· ditetapkan Tuhan: Yes 13:6; Yoel 1:15; [Lihat FULL. Yoel 1:15]; Mal 4:1

· maka jarahan: Yes 23:18; [Lihat FULL. Yes 23:18]

Ref. Silang FULL: Za 14:2 - segala bangsa // untuk memerangi // akan ditiduri // dari kota · segala bangsa: Yes 2:3; Yes 2:3; Za 12:3; Za 12:3 · untuk memerangi: Yeh 5:8; Yeh 5:8 · akan ditiduri: Kej 34:29; Kej 34:29; Ra...

· segala bangsa: Yes 2:3; [Lihat FULL. Yes 2:3]; Za 12:3; [Lihat FULL. Za 12:3]

· untuk memerangi: Yeh 5:8; [Lihat FULL. Yeh 5:8]

· akan ditiduri: Kej 34:29; [Lihat FULL. Kej 34:29]; Rat 5:11; [Lihat FULL. Rat 5:11]

· dari kota: Yes 13:6; Za 13:8; [Lihat FULL. Za 13:8]

Ref. Silang FULL: Za 14:3 - maju berperang // hari pertempuran · maju berperang: Za 9:14-15 · hari pertempuran: Yes 8:9; Yes 8:9; Za 12:9; Za 12:9

· maju berperang: Za 9:14-15

· hari pertempuran: Yes 8:9; [Lihat FULL. Yes 8:9]; Za 12:9; [Lihat FULL. Za 12:9]

Ref. Silang FULL: Za 14:4 - bukit Zaitun // akan terbelah · bukit Zaitun: Yeh 11:23 · akan terbelah: Bil 16:31; Bil 16:31

· bukit Zaitun: Yeh 11:23

· akan terbelah: Bil 16:31; [Lihat FULL. Bil 16:31]

Ref. Silang FULL: Za 14:5 - gempa bumi // akan datang // bersama-sama Dia · gempa bumi: Am 1:1 · akan datang: Yes 29:6; 66:15-16 · bersama-sama Dia: Ul 33:2; Ul 33:2; Mat 16:27; 25:31; Yud 1:14

· gempa bumi: Am 1:1

· akan datang: Yes 29:6; 66:15-16

· bersama-sama Dia: Ul 33:2; [Lihat FULL. Ul 33:2]; Mat 16:27; 25:31; Yud 1:14

Ref. Silang FULL: Za 14:6 - - · -: Yes 13:10; Yes 13:10; Yer 4:23; Yer 4:23

· -: Yes 13:10; [Lihat FULL. Yes 13:10]; Yer 4:23; [Lihat FULL. Yer 4:23]

Ref. Silang FULL: Za 14:7 - satu hari // dan malam // menjadi siang · satu hari: Yer 30:7 · dan malam: Wahy 21:23-25; 22:5 · menjadi siang: Yes 13:10; Yes 13:10; Yes 30:26; Yes 30:26

· satu hari: Yer 30:7

· dan malam: Wahy 21:23-25; 22:5

· menjadi siang: Yes 13:10; [Lihat FULL. Yes 13:10]; Yes 30:26; [Lihat FULL. Yes 30:26]

Ref. Silang FULL: Za 14:8 - akan mengalir // air // laut timur // musim dingin · akan mengalir: Yes 30:25; Yes 30:25 · air: Yeh 47:1-12; Yoh 7:38; Wahy 22:1-2 · laut timur: Yoel 2:20 · musim dingin: Ke...

· akan mengalir: Yes 30:25; [Lihat FULL. Yes 30:25]

· air: Yeh 47:1-12; Yoh 7:38; Wahy 22:1-2

· laut timur: Yoel 2:20

· musim dingin: Kej 8:22; [Lihat FULL. Kej 8:22]

Ref. Silang FULL: Za 14:9 - menjadi Raja // seluruh bumi // dan nama-Nya · menjadi Raja: Mazm 22:29; Mazm 22:29; Ob 1:21; Ob 1:21 · seluruh bumi: Ul 6:4; Ul 6:4; Mazm 47:8; Yes 45:24; Wahy 11:15 · dan n...

· menjadi Raja: Mazm 22:29; [Lihat FULL. Mazm 22:29]; Ob 1:21; [Lihat FULL. Ob 1:21]

· seluruh bumi: Ul 6:4; [Lihat FULL. Ul 6:4]; Mazm 47:8; Yes 45:24; Wahy 11:15

· dan nama-Nya: Hab 2:14; Ef 4:5-6

Ref. Silang FULL: Za 14:10 - dari Geba // ke Rimon // menjulang tinggi // di tempatnya // gerbang Benyamin // gerbang Sudut // menara Hananeel · dari Geba: 1Raj 15:22 · ke Rimon: Yos 15:32; Yos 15:32 · menjulang tinggi: Yes 2:2; Yer 30:18; Am 9:11; Am 9:11 · di tem...

· dari Geba: 1Raj 15:22

· ke Rimon: Yos 15:32; [Lihat FULL. Yos 15:32]

· menjulang tinggi: Yes 2:2; Yer 30:18; Am 9:11; [Lihat FULL. Am 9:11]

· di tempatnya: Za 12:6

· gerbang Benyamin: Yer 20:2; [Lihat FULL. Yer 20:2]

· gerbang Sudut: 2Raj 14:13; [Lihat FULL. 2Raj 14:13]

· menara Hananeel: Neh 3:1; [Lihat FULL. Neh 3:1]

Ref. Silang FULL: Za 14:11 - akan menetap // tetap aman · akan menetap: Za 2:4 · tetap aman: Mazm 48:9; Mazm 48:9; Yeh 34:24-28; Yeh 34:24 s/d 28

· akan menetap: Za 2:4

· tetap aman: Mazm 48:9; [Lihat FULL. Mazm 48:9]; Yeh 34:24-28; [Lihat FULL. Yeh 34:24] s/d 28

Ref. Silang FULL: Za 14:12 - akan ditimpakan // dalam mulut · akan ditimpakan: Yes 11:4; Yes 11:4 · dalam mulut: Za 14:18; Im 26:16; Im 26:16; Ul 28:22; Ul 28:22; Ayub 18:13

· akan ditimpakan: Yes 11:4; [Lihat FULL. Yes 11:4]

· dalam mulut: Za 14:18; Im 26:16; [Lihat FULL. Im 26:16]; Ul 28:22; [Lihat FULL. Ul 28:22]; Ayub 18:13

Ref. Silang FULL: Za 14:13 - terjadi kegemparan // tangan temannya · terjadi kegemparan: Kej 35:5; Kej 35:5 · tangan temannya: Hak 7:22; Hak 7:22; Za 11:6; Za 11:6

· terjadi kegemparan: Kej 35:5; [Lihat FULL. Kej 35:5]

· tangan temannya: Hak 7:22; [Lihat FULL. Hak 7:22]; Za 11:6; [Lihat FULL. Za 11:6]

Ref. Silang FULL: Za 14:14 - Juga Yehuda // dan dikumpulkanlah · Juga Yehuda: Za 12:2 · dan dikumpulkanlah: Yes 23:18; Yes 23:18

· Juga Yehuda: Za 12:2

· dan dikumpulkanlah: Yes 23:18; [Lihat FULL. Yes 23:18]

Ref. Silang FULL: Za 14:15 - Tulah · Tulah: Za 14:12

· Tulah: Za 14:12

Ref. Silang FULL: Za 14:16 - yang tinggal // sujud menyembah // kepada Raja // Pondok Daun · yang tinggal: 2Raj 19:31; 2Raj 19:31 · sujud menyembah: Mazm 22:30; Mazm 22:30; Mazm 86:9; Mazm 86:9; Yes 19:21; Yes 19:21 · ...

· yang tinggal: 2Raj 19:31; [Lihat FULL. 2Raj 19:31]

· sujud menyembah: Mazm 22:30; [Lihat FULL. Mazm 22:30]; Mazm 86:9; [Lihat FULL. Mazm 86:9]; Yes 19:21; [Lihat FULL. Yes 19:21]

· kepada Raja: Ob 1:21; [Lihat FULL. Ob 1:21]

· Pondok Daun: Kel 23:16; [Lihat FULL. Kel 23:16]; Yes 60:6-9; Mi 4:2; [Lihat FULL. Mi 4:2]

Ref. Silang FULL: Za 14:17 - sujud menyembah // turun hujan · sujud menyembah: 2Taw 32:23; 2Taw 32:23 · turun hujan: Yer 14:4; Yer 14:4; Am 4:7; Am 4:7

· sujud menyembah: 2Taw 32:23; [Lihat FULL. 2Taw 32:23]

· turun hujan: Yer 14:4; [Lihat FULL. Yer 14:4]; Am 4:7; [Lihat FULL. Am 4:7]

Ref. Silang FULL: Za 14:18 - turun tulah // Pondok Daun · turun tulah: Kej 27:29; Kej 27:29 · Pondok Daun: Za 14:12; Za 14:12

· turun tulah: Kej 27:29; [Lihat FULL. Kej 27:29]

· Pondok Daun: Za 14:12; [Lihat FULL. Za 14:12]

Ref. Silang FULL: Za 14:19 - Pondok Daun · Pondok Daun: Ezr 3:4; Ezr 3:4

· Pondok Daun: Ezr 3:4; [Lihat FULL. Ezr 3:4]

Ref. Silang FULL: Za 14:20 - bagi Tuhan // dan kuali-kuali // seperti bokor-bokor · bagi Tuhan: Kel 39:30; Kel 39:30 · dan kuali-kuali: Yeh 46:20; Yeh 46:20 · seperti bokor-bokor: Za 9:15

· bagi Tuhan: Kel 39:30; [Lihat FULL. Kel 39:30]

· dan kuali-kuali: Yeh 46:20; [Lihat FULL. Yeh 46:20]

· seperti bokor-bokor: Za 9:15

Ref. Silang FULL: Za 14:21 - menjadi kudus // lagi pedagang // di rumah // semesta alam // waktu itu · menjadi kudus: Yer 31:40; Yer 31:40; Rom 14:6-7; 1Kor 10:31 · lagi pedagang: Za 9:8 · di rumah: Neh 11:1; Neh 11:1 · sem...

· menjadi kudus: Yer 31:40; [Lihat FULL. Yer 31:40]; Rom 14:6-7; 1Kor 10:31

· lagi pedagang: Za 9:8

· di rumah: Neh 11:1; [Lihat FULL. Neh 11:1]

· semesta alam: Yeh 44:9; [Lihat FULL. Yeh 44:9]

· waktu itu: Neh 8:11

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Za 14:1-21 - Supremasi Allah ditegakkan (Selasa, 22 Desember 2009) Supremasi Allah ditegakkan Apakah Tuhan tidak berdaya dengan kejahatan yang merajalela di mana-mana? Bencana alam bertubi-tubi menimpa bumi ini,...

SH: Za 14:1-21 - Indah pada Waktu-Nya (Sabtu, 10 November 2018) Indah pada Waktu-Nya Ketika mendengar, "Indah pada waktu-Nya, " mungkin pikiran kita segera mengarah pada momen pernikahan. Akan tetapi, itu berbeda ...

Utley: Za 14:1-5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 14:1-51 Sesungguhnya, akan datang hari yang ditetapkan TUHAN, maka jarahan yang dirampas dari padamu akan dibagi-bagi di ten...

Utley: Za 14:6-7 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 14:6-76 Maka pada waktu itu tidak akan ada lagi udara dingin atau keadaan beku, 7 tetapi akan ada satu hari — hari itu dik...

Utley: Za 14:8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 14:88 Pada waktu itu akan mengalir air kehidupan dari Yerusalem; setengahnya mengalir ke laut timur, dan setengah lagi menga...

Utley: Za 14:9 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 14:99 Maka TUHAN akan menjadi Raja atas seluruh bumi; pada waktu itu TUHAN adalah satu-satunya dan nama-Nya satu-satunya. ...

Utley: Za 14:10-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 14:10-1110 Seluruh negeri ini akan berubah menjadi seperti Araba-Yordan, dari Geba sampai ke Rimon di sebelah selatan Yerusa...

Utley: Za 14:12-15 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 14:12-1512 Inilah tulah yang akan ditimpakan TUHAN kepada segala bangsa yang memerangi Yerusalem: dagin. mereka akan menjadi...

Utley: Za 14:16-19 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 14:16-1916 Maka semua orang yang tinggal dari segala bangsa yang telah menyerang Yerusalem, akan datang tahun demi tahun unt...

Utley: Za 14:20-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 14:20-2120 Pada waktu itu akan tertulis pada kerencingan-kerencingan kuda: "Kudus bagi TUHAN!" dan kuali- kuali di rumah TUH...

Topik Teologia: Za 14:5 - -- Gereja Kiasan dan Nama untuk Umat Allah, Gereja Kiasan dan Nama dalam Perjanjian Lama Yang Kudus Ula 33:2-3 Ayu 15:15 Zak 14:5

Topik Teologia: Za 14:9 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah itu Esa Kel 15:11 Ula 4:35,39 Ula 6:4 Ula 32:39 2Sa 7:22 1Ra 8:60 Maz 86:10 Yes 42:8 ...

Topik Teologia: Za 14:16 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Rangkap Allah TUHAN Semesta Alam (Ibr.: Yahweh Sabaoth) ...

Topik Teologia: Za 14:18 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kristus Ha...

Topik Teologia: Za 14:20 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kristus Ha...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Zakharia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Zakharia Tema : Penyelesaian Terakhir Bait Suci dan Janji-Janji Mesias Tanggal Penulisan: 520-470 SM Latar Belakang ...

Full Life: Zakharia (Garis Besar) Garis Besar I. Bagian Satu: Firman Nubuat Dalam Konteks Membangun Kembali Bait Suci (520-518 SM) (Za 1:1-8:23) ...

Jerusalem: Zakharia (Pendahuluan Kitab) ZAKHARIA Kitab Zakharia terdiri dari dua bagian yang jelas berbeda: Za 1-8 dan 9-14. Sesudah pendahuluan yang bertanggalkan bulan Oktober-Nopember thn...

Ende: Zakharia (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Zakharia (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

BIS: Zakharia (Pendahuluan Kitab) ZAKHARIA PENGANTAR Buku Zakharia terdiri dari dua bagian yang berbeda: (1) Pasal 1-8 (Za 1:1-8:23) berisi ramalan-ramalan Nabi Zakharia yang

ZAKHARIA

PENGANTAR

Buku Zakharia terdiri dari dua bagian yang berbeda:

  1. (1) Pasal 1-8 (Za 1:1-8:23) berisi ramalan-ramalan Nabi Zakharia yang diucapkannya antara tahun 520 dan tahun 518 Sebelum Masehi. Ramalan-ramalan itu kebanyakan dinyatakan dalam bentuk penglihatan-penglihatan, dan membicarakan perbaikan Yerusalem, pembangunan kembali Rumah TUHAN, serta penyucian umat Allah. Zakharia meramalkan juga masa kedatangan Raja yang dijanjikan Allah kepada umat-Nya.
  2. (2) Pasal 9-17 (Za 9:1-14:17) merupakan kumpulan pesan-pesan yang diucapkan pada masa-masa yang lebih kemudian. Di sini dibicarakan Juruselamat yang akan datang ke dunia, dan penghakiman terakhir.

Isi

  1.  Pesan-pesan yang berisi peringatan dan pengharapan
    Za 1:1-8:23
  2.  Penghakiman terhadap negeri-negeri tetangga Israel
    Za 9:1-8
  3.  Kemakmuran dan kesejahteraan di masa mendatang
    Za 9:9-14:21

Ajaran: Zakharia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Zakharia, orang-orang Kristen mengerti bahwa kedatangan Kristus telah dinubuatkan terlebih dahulu, dan keraj

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Zakharia, orang-orang Kristen mengerti bahwa kedatangan Kristus telah dinubuatkan terlebih dahulu, dan kerajaan yang kekal juga telah diberitakan di masa lalu. Dengan demikian mereka semakin mengetahui bahwa segala apa yang dikatakan Firman Allah adalah benar.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Zakharia.

Isi Kitab: Kitab Zakharia, terbagi atas 14 pasal. Kitab ini menunjuk kepada kedatangan Kristus yang pertama dan yang kedua kali.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Zakharia

  1. Pasal 1 (Za 1:1-6). Panggilan Allah kepada bangsa Israel untuk bertobat
  2. Pasal 1-6 (Za 1:7-6:15). Nabi Zakharia memperoleh penglihatan-penglihatan

Pendalaman

a. Bacalah pasal Za 1:7-17. Penglihatan pertama: nabi Zakharia adalah penunggang kuda, yang memberitakan tentang keamanan di bumi.

b. Bacalah pasal Za 1:18-21. Penglihatan yang kedua adalah empat tanduk dan empat tukang besi, yang mempunyai arti bahwa kerajaan yang menindas bangsa Israel mengalami kehancuran.

c. Bacalah pasal Za 2:1-13. Penglihatan ketiga adalah orang yang memegang tali ukuran dan mengukur kota Yerusalem, yang mengartikan bahwa Allah akan memanggil pulang umat-Nya.

d. Bacalah pasal Za 3:1-10. Penglihatan yang keempat adalah penglihatan tentang Yosua yang menjadi imam besar yang menggambarkan Yesus Kristus sebagai Imam penghapus dosa manusia.

e. Bacalah pasal Za 4:1-14. Penglihatan yang kelima adalah mengenai kandil emas yang menggambarkan Roh dan Firman Tuhan yang memberikan keberhasilan kepada Zerubabel.

f. Bacalah pasal Za 5:1-4. Penglihatan yang keenam adalah mengenai gulungan kitab yang terbang yang mengartikan hukuman bagi semua orang yang menolak hukum Allah.

g. Bacalah pasal Za 5:5-11. Penglihatan ketujuh adalah mengenai perempuan dalam gantang yang menggambarkan bahwa tanah Yehuda akan dibersihkan dari segala kejahatan.

h. Bacalah pasal Za 6:1-8. Penglihatan kedelapan adalah mengenai empat kereta yang menggambarkan Allah yang menguasai seluruh dunia.

  1. Pasal 7-8 (Za 7:1-8:23).

    Allah mengajarkan tentang ibadah puasa yang benar kepada bangsa Israel, dan janji keselamatan bagi bangsa-bangsa

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Za 9:1-8. Nubuatan tentang hukuman yang dijatuhkan kepada bangsa-bangsa.
    2. Bacalah pasal Za 9:9-10. Nubuatan tentang kedatangan Raja yang kekal (Yesus Kristus).
    3. Bacalah pasal Za 9:11-11:3. Nubuatan tentang pembebasan dan pemulihan kembali bangsa Israel.
    4. Bacalah pasal Za 11:4-17. Nubuatan tentang penolakan bangsa Israel terhada Gembala yang baik (Yesus Kristus).
    5. Bacalah pasal Za 12:1-14. Nubuatan tentang pembebasan dan pembaharuan Yerusalem.
    6. Bacalah pasal Za 13:1-9. Nubuatan tentang pembersihan yang dilakukan Alla terhadap kota Yerusalem.
    7. Bacalah pasal Za 14:1-21. Nubuatan tentang kedatangan Tuhan sebagai Raja di Yerusalem.

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Zakharia mengajarkan bahwa segala sejarah dunia sudah berada dalam pengetahuan Allah dan kuasa-Nya.

  2. Nubuatan akan kedatangan Yesus yang pertama telah terjadi, mengajarkan bahwa nubuatan yang memberitakan kedatangan Yesus kedua kali pasti akan digenapi.

  3. Nubuatan-nubuatan yang sudah digenapi membuktikan bahwa Allah tidak pernah berdusta/berbohong dalam perkataan-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Zakharia?
  2. Apakah pokok isi pemberitaan Kitab Zakharia?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setela mempelajari Kitab Zakharia?

Intisari: Zakharia (Pendahuluan Kitab) Nabi dan imam PENULISNYAZakharia adalah cucu Ido (Zak 1:1) yang mungkin saja adalah imam yang disebut dalam Nehemia 12:4 sebagai orang telah menemani

Nabi dan imam

PENULISNYA
Zakharia adalah cucu Ido (Zak 1:1) yang mungkin saja adalah imam yang disebut dalam Nehemia 12:4 sebagai orang telah menemani Zerubabel dan Yesua dari Babilonia ke Yerusalem. Jika Ido seorang imam, maka Zakharia adalah seorang imam dan nabi. Hal ini menjelaskan keprihatinan Zakharia untuk segera membangun kembali Rumah Tuhan (Ezra 6:14).

SITUASI SAAT ITU
Bangsa Yahudi dibawa kepembuangan di Babel dalam tahun 587/6 SM, tetapi kerajaan Babel tiba-tiba dikalahkan oleh Koresy, "Mesias Allah" (Yes 45:1). Ia segera mengumumkan bahwa orang-orang buangan boleh kembali ke Yerusalem, dan mulai dari tahun 538 SM daan seterusnya terjadi arus kembalinya bangsa Yahudi ke tanah air mereka. Tetapi pekerjaan membangun kembali Rumah Tuhan berjalan lambat sekali. Dalam tahun kedua pemerintahan Darius, Zakharia yang pada waktu itu masih muda mulai memberi semangat kepada mereka untuk mendorong menyelesaikan pekerjaan itu.

CIRI-CIRI NUBUATAN ZAKHARIA
Nubuatan Zakharia dapat dibagi dalam dua bagian (pasal Zak 1-8 dan Zak 9-14). Bagian pertama terdiri dari tujuh penglihatan yang luar biasa, ditambah dengan suatu pemandangan di sidang pengadilan tempat Imam Besar Yosua dituduh oleh Setan. Bagian kedua terutama membahas dua tema, yaitu penghakiman dan penyelamatan: penghakiman untuk orang yang tidak percaya, tetapi penyelamatan bagi umat Allah. Nubuatan ini ditutup dengan pemandangan mengenai hari Tuhan dan seruan nyata untuk hidup dalam kesucian. Perbedaan gaya penulisan kedua bagian nubuatan ini menurut pengamatan beberapa ahli disebabkan oleh karena bagian pertama ditulis pada waktu Zakharia berusia dua puluhan sedangkan bagian keduaa ditulis bertahun- tahun kemudia. Dan ciri yang luar biasa dari bagian kedua Zakharia adalah bahwa akibat dari suatu kejadian digambarkan sebelum kejadian itu terjadi. Sebagai contoh, dalam pasal 9, ayat Zak 9:1-8 menggambarkan penghakiman terhadap musuh- musuh bangsa Israel, tetapi kedatangan raja yang akan menghakimi mereka muncul dalam ayat Zak 9:9-13. Dalam pasal Zak 14 pembangunan kembali Yerusalem digambarkan sebelum tulah yang ditimpakan kepada bangsa-bangsa yang memerangi Yerusalem, tulah yang memaksa mereka untuk menghentikan serangan mereka. Perlu disebutkan juga mengenai "perumpamaan tentang para gembala" (pasal Zak 10,Zak 11) yang mengandung hal-hal yang sesuai atau yang berlawanan dengan tema Perjanjian Baru tentang Gembala Yang Baik. Di sini, para domba yang jemu terhadap Gembala Yang Baik membayarnya dengan tiga puluh keping perak (Zak 11:12,13; lihat Yoh 10; Mat 26:14-16; 27:3-10).

Pesan

Pesan Zakharia dibagi dalam dua bagian. Bagian pertama berkenaan dengan pemulihan Yerusalem, khususnya pembangunan kembali Rumah Tuhan.

1. Bagian pertama
o Penglihatan pertama: seorang laki-laki menunggang kuda merah. Dunia dalam keadaan damai, tetapi mengingat penindasan atas orang Yahudi, seharusnya tidaklah demikian. Reaksi Allah: penghakiman sudah dekat. Zak 1:7-17
o Penglihatan kedua: keempat tanduk: Tanduk merupakan lambang kerajaan-kerajaan, mungkin keempat kekaisaran pada masa Daniel, lebih mungkin lagi kerajaan dari keempat sudut bumi. Mereka segera akan dimusnahkan oleh keempat tukang besi Allah. Zak 1:18-21
o Penglihatan ketiga: Seorang laki-laki dengan pengukur tali, mencoba untuk mengukur Yerusalem. Tidak mungkin!
o Yerusalem segera akan menjadi penuh sesak dan tak mungkin dibangun tembok di sekelilingnya. Berkat Tuhan terlalu besat untuk ditampung! Zak 2:1-13
o Selingan: Yoshua sebagai imam besar. Penglihatan ini menerangkan bagaimana bangsa Yahudi yang jelas berdosa dapat sedemikian diberkati. Allah mengampuni; dalam kemurahanNya Allah memberi pakaian baru kepada bangsa Israel. Zak 3:1-10
o Penglihatan: Kandil emas dan dua pohon zaitun. Ini adalah lambang akhir zaman; pasal ini dengan jelas dikutip dalam Wahyu 1:12 (kaki dian) dan Zak 11:1,4 (tali pengukur dan pohon zaitun). Penglihatan ini menunjuk kepada Roh Kudus, hanya Dia yang dapat memberikan kuasa kepada Gereja. Zak 4:1-14
o Penglihatan keenam: seorang perempuan dalam gantang. Secara simbolis dosa bangsa Yehuda di bawa pergi ke tanah Sinear di Babel. Zak 5:5-11
o Penglihatan ketujuh: empat kereta kuda. Gunung-gunung tempat keluarnya kereta-kereta itu melambangkan kebesaran Allah dan hukum Allah, seperti di Sinai. Kereta kuda, lambang kekacauan, bergerak di seluruh dunia, mendorong umat Allah untuk mencari perlindungan di kota damai, Yerusalem, tempat merka bersama-sama membangun Rumah Tuhan. Zak 6:1-15

2. Bagian kedua
o Dimulai dengan penghakiman. Zak 9:1-17
o Memperkenalkan seorang Gembala-Penyelamat. Zak 10:1-11:17
o Petunjuk pertobatan. Zak 12:1-13:9
o Menggambarkan hari Tuhan. Zak 14:1-21

Penerapan

1. Nubutan dan peran Yerusalem
Dalam kitab yang singkat ini Yerusalem disebut sebanyak empat puluh kali. Kitab ini terutama menyangkut pengllihatan-penglihatan wahyu tentang akhir zaman. Sukar untuk membaca kitab ini dan kitab lainnya dalam seluruh Alkitab tanpa menyadari bahwa bangsa Yahudi secara umum dan Yerusalem secara khusus masih memegang peranan penting dalam rencana-rencana Allah.

2. Setan
Pasal Zak 3 merupakan suatu gambaran yang dramatis tentang setan yang sedang bekerja. Namanya (Setan dalam bahasa Ibrani dan Diabolos dalam bahasa Yunani) berarti penuduh. Di sini kita melihat bahwa setan menuduh Yoshua, Imam Besar, yang terlihat secara simbolis mengenakan pakaian kotor. Mengapa hakim (Malaikat Tuhan) tidak menghukum dia (Roma 8:31-39)? Kenyataannya, setanlah yang dijatuhi hukuman ketika Yoshua secara simbolis diberi pakaian yang bersih (lihat 1Yohanes 2:1,2).

3. Menafsirkan penglihatan-penglihatan
Ketujuh penglihatan itu sukar untuk ditafsirkan. Beberapa ahli telah mencari arti dari tiap detail penglihatan itu. Tetapi, perhatikan penafsiran yang sangat terbatas yang diberikan oleh para malaikat. Dalam penglihatan yangpertama, kita diberitahukan siapa para penunggang kuda itu; dan semak pohon bunga mungkin saja menggambarkan Israel. Tetapi, bagaimana tentang warna-warna kuda? Mengapa kitab gulungan berukuran panjang dua puluh hasta dan lebar sepuluh hasta (Zak 5:2), atau tutup gantang terbuat dari timah (Zak 5:7)? seperti halnya juga dengan perumpamaan- perumpamaan dalam Perjanjian Baru kita harus mencari artinya yang utama tanpa mempermasalahkan hal-hal detail.

Tema-tema Kunci

1. Tiga orang penting
Nubutan ini memfokuskan perhatian pada tiga orang, yaitu Zakharia sendiri, Yoshua, Imam Agung, dan Zerubabel yang menjadi Gubernur Yehuda (Hagai 1:1). Zakharia adalah gembala dari pasal Zak 11 dan dengan demikian menjadi model, atau gambar Kristus. Seperi Kristus, ia menderita cemooh dari setiap domba yang dicobanya untuk digembalakan dan seperti Yesus ia pun di jual seharga seorang budak (Matius 26:15; Keluaran 21:32). Yosua adalah seorang Imam Besar yang juga seorang model Kristus dan diberi julukan Sang Tunas (Zak 6:12). (Juga lihat Yes 11:1; Yer 23:5; dan Yer 33:15). Zerubabel ("Benih dan Babel") adalah keturunan raja Yoyakim, dan ia ada dalam rombongan pertama yang kembali dari Pembuangan dalam tahun 537 SM. Ia seorang yang dapat diandalkan; dialah yang memulai pembangunan kembali Bait Suci dan menyelesaikannya. Tujuan utamanya ialah "Materai kerajaan" (Hagai 2:20-23), suatu indikasi bahwa sebagai Gubernur ia memerintah atas nama Allah. Pelajarilah referensi yang menyangkut ketiga orang penting ini: Ezra 2:1,2; 3:1-9; 4:1-3; 5:1-2; Hagai 1:1; 2:1-5,20-23; Zak 3:1-10; 4:6-10; 6:9- 15; 11:4- 17; Mat 1:12. Lihat bagaimana satu sama lain saling berkaitan.

2. Memperbandingkan tema alkitabiah
Orang Kristen tidak bisa terlalu bebas dalam menafsirkan suatu bagian Alkitab menurut apa yang dianggapnya paling baik. Sering kali kebebasaan kita terbatas, sebab bagian Alkitab yang sedang kita telaah dikomentari atau diperjelas atau ditafsirkan di bagian lain dalam Alkitab. Zakharia 4 adalah contoh yang baik mengenai hal ini. Kandil emas dengan jelas ditulis dalam Wah 1:12 dan kedua pohon zaitun dalam Wah 11. Perhatikan bagaimana Why. menambahkan detail terhadap nubuatan terdahulu, dan bagaimana Wah 11:4, seperti Zakharia, menyatukan kandil emas dan kedua pohon zaitun. Setiap pasal saling mendukung dalam penafsirannya, tetapi tidak saling bertolak belakang. Yes 7:14 juga ditafsirkan serupa oleh Mat 1:22,23. Carilah dalam Alkitab contoh-contoh lainnya (Keluaran; Yunus; Imam Besar; Yesaya 53).

Garis Besar Intisari: Zakharia (Pendahuluan Kitab) [1] KITAB TENTANG KETUJUH PENGLIHATAN Zak 1:1-8:23 Zak 1:1-6Pengantar: seruan untuk bertobat Zak 1:7-17Penglihatan pertama: seorang laki-laki di a

[1] KITAB TENTANG KETUJUH PENGLIHATAN Zak 1:1-8:23

Zak 1:1-6Pengantar: seruan untuk bertobat
Zak 1:7-17Penglihatan pertama: seorang laki-laki di atas seekor kuda merah
Zak 1:18-21Penglihatan kedua: empat tanduk
Zak 2:1-13Penglihatan ketiga: seorang laki-laki dengan tali pengukur
Zak 3:1-10Selingan: imam besar Yosua dituduh dan dibebaskan dari tuduhan
Zak 4:1-14Penglihatan keempat: kandil emas yang berhiaskan dua pohon zaitun
Zak 5:1-4Penglihatan kelima: gulungan kitab yang terbang
Zak 5:5-11Penglihatan keenam: seorang perempuan dalam gantang
Zak 6:1-15Penglihatan ketujuh: empat kereta
Zak 7:1-14Tambahan: seruan untuk bertobat diulangi lagi dua tahun kemudian
Zak 8:1-23Hari depan Yerusalem yang gemilang

[2] KITAB NUBUATAN: I NUBUATAN TENTANG PENGHAKIMAN Zak 9:1-17

Zak 9:1-8Hukuman atas bangsa-bangsa
Zak 9:9-13Seorang Penyelamat untuk Sion
Zak 9:14-17Kedatangan Tuhan

[3] KITAB NUBUATAN: II PARA GEMBALA Zak 10:1-11:17

Zak 10:1-5Seorang gembala bagi Yehuda
Zak 10:6-12Domba-domba dikumpulkan
Zak 1:1-9Domba yang memilih kehancuran
Zak 11:10-17Menentukan harga seorang gembala

[4] KITAB NUBUATAN: III NUBUATAN TENTANG PENYELAMATAN Zak 12:1-13:9

Zak 12:1-9Yerusalem diselamatkan
Zak 12:10-14Jalan keselamatan: pertobatan
Zak 13:1-6Akibat penyelamatan: Yerusalem dibersihkan
Zak 13:7-9Cara penyelamatan: penderitaan sang gembala

[5] KITAB NUBUATAN: IV HARI TUHAN Zak 14:1-21

Zak 14:1-7Hari Tuhan: kegelapan
Zak 14:8-11Hari Tuhan: Tuhan adalah air kehidupan
Zak 14:12-19Hari Tuhan: penghakiman
Zak 14:20-21Hari Tuhan: kesucian
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #18: Centang "Hanya dalam TB" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab hanya dalam versi TB [SEMUA]
dibuat dalam 1.56 detik
dipersembahkan oleh YLSA