kecilkan semua  

Teks -- Yehezkiel 21:1-32 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pedang TUHAN melawan Yerusalem
21:1 Datanglah firman TUHAN kepadaku: 21:2 "Hai anak manusia, tujukanlah mukamu ke Yerusalem dan ucapkanlah banyak tegoran terhadap tempat kudusnya dan bernubuatlah melawan tanah Israel. 21:3 Katakanlah kepada tanah Israel: Beginilah firman TUHAN: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu dan akan mencabut pedang-Ku dari sarungnya dan melenyapkan dari tengah-tengahmu orang benar dan orang fasik. 21:4 Oleh karena Aku hendak melenyapkan dari tengah-tengahmu orang benar dan orang fasik, maka pedang-Ku akan terhunus dari sarungnya terhadap semua manusia dari selatan sampai utara. 21:5 Dan semua manusia akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, mencabut pedang-Ku dari sarungnya, sehingga tidak akan kembali lagi ke situ. 21:6 Dan engkau anak manusia, mengeranglah! Mengeranglah di hadapan mereka seperti seorang yang tulang pinggangnya patah dan yang berada dalam kesengsaraan yang pahit. 21:7 Dan kalau mereka bertanya kepadamu: Mengapa engkau mengeluh? jawablah: Karena suatu berita! Kalau berita itu sudah tersiar, setiap hati akan menjadi tawar dan semua tangan menjadi lemah lesu, segala semangat menghilang dan semua orang terkencing ketakutan. Sungguh, pasti datang dan terjadi! demikianlah firman Tuhan ALLAH." 21:8 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku: 21:9 "Hai anak manusia, bernubuatlah dan katakan: Beginilah firman TUHAN: Pedang! Pedang! Yang sudah diasah dan juga digosok! 21:10 Diasah untuk menumpahkan darah dan digosok supaya mengkilap seperti petir. Apakah kita akan bersukacita? -- Tongkat anakku menghina segala macam kayu. -- 21:11 Pedang itu diberikan supaya digosok, supaya sedia dipergunakan; pedang itu diasah dan digosok, supaya diberikan ke tangan si pembunuh. 21:12 Berserulah dan merataplah, hai anak manusia! Sebab pedang itu ditujukan melawan umat-Ku, ditujukan melawan semua pemimpin Israel; mereka dan umat-Ku sama-sama dibiarkan dimakan pedang. Oleh sebab itu tepuklah pinggangmu sebagai tanda perkabungan. 21:13 Sebab percobaan datang dan tidak suatupun yang dapat tahan, demikianlah firman Tuhan ALLAH. 21:14 Dan engkau anak manusia, bernubuatlah dan tepuklah tanganmu, biarlah pedang itu menjadi dua kali lipat, tiga kali lipat. Itu pedang pembunuh, pedang untuk pembunuhan besar-besaran, yang berkeliling menghabiskan mereka. 21:15 Supaya hati mereka hancur dan yang jatuh berebahan bertambah-tambah di tiap pintu gerbang mereka, Aku memerintahkan penumpahan darah dengan pedang itu. Aduh, pedang itu dibuat menyamai petir dan digosok untuk menumpahkan darah. 21:16 Pancung yang di kanan dan di kiri, ke mana saja matamu menetak. 21:17 Dan Aku juga akan bertepuk tangan dan hati-Ku yang panas menjadi tenang kembali. Aku, TUHAN, yang mengatakannya." 21:18 Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku: 21:19 "Hai engkau anak manusia, gambarlah dua jalan yang akan dilalui oleh pedang raja Babel; keduanya mulai dari satu negeri. Buatlah sebuah papan penunjuk jalan pada awal jalan yang menuju ke masing-masing kota. 21:20 Gambarlah dari jalan mana pedang itu datang melawan Raba, ibukota bani Amon dan melawan Yehuda, yang bentengnya ada di Yerusalem. 21:21 Sebab raja Babel berdiri pada persimpangan jalan itu, pada awal kedua jalan itu untuk melakukan tenungan; ia mengocok panah, meminta petunjuk dari terafim dan menilik hati binatang. 21:22 Ke dalam tangan kanannya terjatuh panah tenungan mengenai Yerusalem: supaya diperdengarkannya suara orang yang membunuh dan menyerukan pekik pertempuran, supaya menyusun alat-alat pendobrak pintu gerbang dan menimbun tanah menjadi tembok pengepungan dan mendirikan benteng pengepungan. 21:23 Tetapi bagi mereka, itu adalah tenungan yang menipu, walaupun mereka mengangkat sumpah yang muluk-muluk; tetapi ia mengingat kesalahan mereka, sehingga mereka ditangkap. 21:24 Oleh sebab itu, beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena kamu membuat kesalahanmu itu teringat kembali dengan tersingkapnya pelanggaranmu, sehingga kentara dosa-dosamu dalam segala perbuatanmu, oleh karena kamu menjadi teringat kembali, kamu akan ditangkap dengan kekerasan. 21:25 Dan hai engkau, raja Israel, orang fasik yang durhaka, yang saatmu sudah tiba untuk penghakiman terakhir, 21:26 beginilah firman Tuhan ALLAH: Jauhkanlah serbanmu dan buangkanlah mahkotamu! Tiada yang tetap seperti keadaannya sekarang. Yang rendah harus ditinggikan, yang tinggi harus direndahkan. 21:27 Puing, puing, puing akan Kujadikan dia! Inipun tidak akan tetap. Sampai ia datang yang berhak atasnya, dan kepadanya akan Kuberikan itu."
Pedang TUHAN melawan bani Amon
21:28 "Dan engkau anak manusia, bernubuatlah dan katakan: Beginilah firman Tuhan ALLAH mengenai bani Amon dan cercaan mereka; katakanlah: Pedang, pedang sudah tercabut untuk menumpahkan darah, digosok untuk memusnahkan, dan supaya mengkilap seperti petir -- 21:29 sedang orang melihat penglihatan-penglihatan yang menipu bagimu dan memberi tenungan-tenungan bohong kepadamu -- untuk ditetakkan ke leher orang-orang fasik yang durhaka, yang saatnya sudah tiba untuk penghakiman terakhir. 21:30 Kembalikanlah itu ke sarungnya! Di tempat penciptaanmu dan di negeri asalmu Aku akan menghukum engkau. 21:31 Aku akan mencurahkan geram-Ku atasmu dan menyemburkan api murka-Ku kepadamu dan menyerahkan engkau ke dalam tangan orang-orang dungu, yang menimbulkan kemusnahan. 21:32 Engkau menjadi makanan api, darahmu akan tertumpah di tengah-tengah tanah itu, dan engkau tidak akan diingat-ingat lagi, sebab Aku, TUHAN, yang mengatakannya."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Amon a son of Manasseh; the father of Josiah and an ancestor of Jesus,governor of the Town of Samaria under King Ahab,son and successor of King Manasseh,a man who, with his sons, were servants of Solomon
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Babel members of the nation of Babylon
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · orang Amon member(s) of the tribe/nation of Ammon
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · perempuan Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · Raba a town; the capital of the nation of Ammon. It is now called Amman, the capital of Jordan.,a town in the hill country of Judah
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang perempuan Amon member(s) of the tribe/nation of Ammon
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Domba Jantan | Yehezkiel | Babel | Pedang | Senjata Untuk Berperang | Pintu Gerbang | Ramal, Ramalan | Tangan | Nabi | Terafim | Anak Panah | Orakel | Dosa | Ulah Perang | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yeh 21:3-32 - PEDANG-KU. Nas : Yeh 21:3-32 Hukuman atas Yerusalem dan bangsa Yehuda akan dilaksanakan dengan pedang (yaitu, oleh pasukan Babel) yang akan dipakai Allah untu...

Nas : Yeh 21:3-32

Hukuman atas Yerusalem dan bangsa Yehuda akan dilaksanakan dengan pedang (yaitu, oleh pasukan Babel) yang akan dipakai Allah untuk membinasakan mereka.

Full Life: Yeh 21:3 - ORANG BENAR DAN ORANG FASIK. Nas : Yeh 21:3 Dalam musibah nasional atau bencana alam, orang benar dan orang fasik sering kali sama-sama menderita. Tetapi perhatikan bahwa dahul...

Nas : Yeh 21:3

Dalam musibah nasional atau bencana alam, orang benar dan orang fasik sering kali sama-sama menderita. Tetapi perhatikan bahwa dahulu Yehezkiel sudah menjelaskan bahwa orang benar tidak akan mengalami hukuman kekal orang fasik (lih. Yeh 18:1-24).

Full Life: Yeh 21:12 - DIBIARKAN DIMAKAN PEDANG. Nas : Yeh 21:12 Karena umat Allah tidak menerima dirotani oleh Allah, maka Allah tidak ada pilihan lain selain menyerahkan mereka kepada pedang. Te...

Nas : Yeh 21:12

Karena umat Allah tidak menerima dirotani oleh Allah, maka Allah tidak ada pilihan lain selain menyerahkan mereka kepada pedang. Tetap keras hati dan keras kepala sementara dihajar Tuhan mengakibatkan ikut dihukum bersama dengan dunia

(lihat cat. --> Ibr 12:5).

[atau ref. Ibr 12:5]

Full Life: Yeh 21:19-23 - RAJA BABEL. Nas : Yeh 21:19-23 Para penganut spiritisme percaya bahwa mereka dapat meramalkan masa depan dengan menyelidiki hati binatang yang dibunuh (ayat Ye...

Nas : Yeh 21:19-23

Para penganut spiritisme percaya bahwa mereka dapat meramalkan masa depan dengan menyelidiki hati binatang yang dibunuh (ayat Yeh 21:21); tetapi Yehezkiel menjelaskan bahwa Allah mengendalikan perbuatan kafir Raja Nebukadnezar supaya kehendak Allah terlaksana (bd. Yer 27:6).

Full Life: Yeh 21:27 - SAMPAI IA DATANG. Nas : Yeh 21:27 Yehezkiel bernubuat bahwa sekalipun keturunan Daud akan tetap hidup, takhta Daud tidak akan didirikan kembali sehingga Raja Mesias ...

Nas : Yeh 21:27

Yehezkiel bernubuat bahwa sekalipun keturunan Daud akan tetap hidup, takhta Daud tidak akan didirikan kembali sehingga Raja Mesias datang untuk menetapkan pemerintahan-Nya (bd. Kej 49:10; Za 9:9; Mat 21:1-11; Wahy 19:11-16; 20:4). Yesus Kristus, Sang Mesias, akan memerintah Israel kelak.

BIS: Yeh 21:10 - -- Kemungkinan besar artinya: Bagi ..... abaikan.

Kemungkinan besar artinya: Bagi ..... abaikan.

BIS: Yeh 21:13 - -- Ayat 13 tak jelas dalam bahasa Ibrani.

Ayat 13 tak jelas dalam bahasa Ibrani.

BIS: Yeh 21:14 - menakutkan Beberapa terjemahan kuno: menakutkan.

Beberapa terjemahan kuno: menakutkan.

BIS: Yeh 21:15 - -- Kemungkinan besar artinya: mengancam ..... pedang.

Kemungkinan besar artinya: mengancam ..... pedang.

BIS: Yeh 21:16 - -- Ayat 16 dalam bahasa Ibrani tak jelas.

Ayat 16 dalam bahasa Ibrani tak jelas.

BIS: Yeh 21:20 - Pasanglah ..... bercabang Pasanglah ..... bercabang. Ibrani tak jelas.

Pasanglah ..... bercabang. Ibrani tak jelas.

BIS: Yeh 21:21 - mengocok panah dan memeriksa hati binatang mengocok panah dan memeriksa hati binatang: Kalau harus mengambil keputusan, orang dahulu kadang-kadang mengocok tabung panahnya lalu tanpa melihat me...

mengocok panah dan memeriksa hati binatang: Kalau harus mengambil keputusan, orang dahulu kadang-kadang mengocok tabung panahnya lalu tanpa melihat mengambil salah satu panah. Cara lain ialah dengan mempelajari tanda-tanda pada hati binatang kurban.

Jerusalem: Yeh 21:2 - tempat kudusnya Begitu terbaca dalam terjemahan Yunani dan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: tempat-tempat kudus.

Begitu terbaca dalam terjemahan Yunani dan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: tempat-tempat kudus.

Jerusalem: Yeh 21:3 - orang benar dan orang fasik Di sini nabi Yehezkiel masih juga mengungkapkan prinsip lama mengenai kesetiakawanan semua orang dalam hukuman meskipun nabi sendiri menolak prinsip i...

Di sini nabi Yehezkiel masih juga mengungkapkan prinsip lama mengenai kesetiakawanan semua orang dalam hukuman meskipun nabi sendiri menolak prinsip itu, Yeh 14:12+, dengan menekankan pertanggungjawab perorangan.

Jerusalem: Yeh 21:9 - Beginilah firman TUHAN Sajak berikutnya, Yeh 21:9-17 adalah suatu nyanyian tentang pedang Tuhan yang diserahkan kepada "si pembunuh", Yeh 21:11, ialah orang Babel. Mereka ak...

Sajak berikutnya, Yeh 21:9-17 adalah suatu nyanyian tentang pedang Tuhan yang diserahkan kepada "si pembunuh", Yeh 21:11, ialah orang Babel. Mereka akan menimpakan hukuman (yang dilambangkan pedang itu). Hanya naskah Ibrani agak rusak dan sukar diartikan.

Jerusalem: Yeh 21:10 - Apakah kita... kayu Maksud naskah Ibrani tidak jelas dan terjemahan-terjemahan kunopun jelas tidak dapat mengertinya. Terjemahan Indonesia secara harafiah saja mengalihba...

Maksud naskah Ibrani tidak jelas dan terjemahan-terjemahan kunopun jelas tidak dapat mengertinya. Terjemahan Indonesia secara harafiah saja mengalihbahasakan kata-kata Ibrani yang tertulis.

Jerusalem: Yeh 21:12 - tepuklah pinggangmu Bdk Yer 31:19+.

Bdk Yer 31:19+.

Jerusalem: Yeh 21:13 - Sebab percobaan... Naskah Ibrani tidak jelas maksudnya dan terjemahannya dikira-kirakan saja.

Naskah Ibrani tidak jelas maksudnya dan terjemahannya dikira-kirakan saja.

Jerusalem: Yeh 21:14 - pedang untuk pembunuhan.... Maksud naskah Ibrani tidak jelas dan terjemahannya tidaklah pasti.

Maksud naskah Ibrani tidak jelas dan terjemahannya tidaklah pasti.

Jerusalem: Yeh 21:15 - Aduh... Terjemahan ini tidak pasti.

Terjemahan ini tidak pasti.

Jerusalem: Yeh 21:16 - Pancung Terjemahan ini tidak pasti.

Terjemahan ini tidak pasti.

Jerusalem: Yeh 21:18-27 - -- Ini sebuah nubuat lain mengenai raja Nebukadnezar yang maju perang ke barat untuk menindas pemberontakan. Dengan membuang undi diambil keputusan dahul...

Ini sebuah nubuat lain mengenai raja Nebukadnezar yang maju perang ke barat untuk menindas pemberontakan. Dengan membuang undi diambil keputusan dahulu menyerang negeri Yehuda. Begitu Nebukadnezar tidak jadi menyerang Raba, ibu kota bani Amon, yang sekarang bernama Aman, tetapi justru Yerusalem. Ini tidak berdasarkan "tenungan penipu", Yeh 21:23, tetapi menjadi kesaksian tentang kesalahan Israel yang memberontak terhadap Nebukadnezar dan meminta pertolongan pada Mesir.

Jerusalem: Yeh 21:27 - Sampai ia datang... Ini mengingatkan nubuat Yakub, Kej 49:10+, sebagaimana diperbaiki oleh banyak ahli, a.l. oleh penterjemah Indonesia.

Ini mengingatkan nubuat Yakub, Kej 49:10+, sebagaimana diperbaiki oleh banyak ahli, a.l. oleh penterjemah Indonesia.

Jerusalem: Yeh 21:28-32 - -- Setelah undi menentukan Yerusalem sebagai sasaran serangan Nebukadnezar, Yeh 21:27, bani Amon dapat menyangka dirinya terluput dari bahaya. Tetapi mer...

Setelah undi menentukan Yerusalem sebagai sasaran serangan Nebukadnezar, Yeh 21:27, bani Amon dapat menyangka dirinya terluput dari bahaya. Tetapi merekapun akan tertimpa hukuman.

Jerusalem: Yeh 21:29 - untuk ditetakkan ke leher Dalam naskah Ibrani tertulis: untuk menetakkan engkau ke leher.

Dalam naskah Ibrani tertulis: untuk menetakkan engkau ke leher.

Ende: Yeh 21:3 - -- Apa jang dikatakan disini masih merumuskan anggapan lama (kesalahan dan hukuman kolektip). Anggapan ini sudah dibetulkan oleh Jeheskiel sendiri dalam ...

Apa jang dikatakan disini masih merumuskan anggapan lama (kesalahan dan hukuman kolektip). Anggapan ini sudah dibetulkan oleh Jeheskiel sendiri dalam pasal 9 (Yeh 9).

Ende: Yeh 21:4 - Tanah Selatan (Negeb) letaknja disebelah selatan Palestina.

(Negeb) letaknja disebelah selatan Palestina.

Ende: Yeh 21:11 - si pembunuh ialahBabel.

ialahBabel.

Ende: Yeh 21:12 - menepuk paha isjarat baik untuk kemarahan maupun kesedihan.

isjarat baik untuk kemarahan maupun kesedihan.

Ende: Yeh 21:13 - terbuktilah sudah jakni kekuatan pedang itu. Bagian kedua ajat ini kurang terang maknanja. "tongkat penghina" itu mungkin radja Sedekia. Selama ia masih ada Jerusjalem ...

jakni kekuatan pedang itu. Bagian kedua ajat ini kurang terang maknanja. "tongkat penghina" itu mungkin radja Sedekia. Selama ia masih ada Jerusjalem tidak dapat tahan, apalagi bila ia lenjap.

Ende: Yeh 21:16 - -- Dalam naskah Hibrani ajat ini sukar untuk dimengerti..

Dalam naskah Hibrani ajat ini sukar untuk dimengerti..

Ende: Yeh 21:18-20 - -- Suatu perbuatan beribarat lagi. Jeheskiel menggambarkan dua djalan dan petundjuk djalan. Perbuatan itu menjatakan bahwa Allah sendiri mengutus dan mem...

Suatu perbuatan beribarat lagi. Jeheskiel menggambarkan dua djalan dan petundjuk djalan. Perbuatan itu menjatakan bahwa Allah sendiri mengutus dan memimpin Nebukadnezar untuk menghukum Jerusjalem.

Ende: Yeh 21:21 - -- Mengotjok anak2 panah, menanjai terafim (patung dewata), dan memeriksa limpa adalah pelbagai alat untuk mengenali kehendak dewata dan apa jang harus d...

Mengotjok anak2 panah, menanjai terafim (patung dewata), dan memeriksa limpa adalah pelbagai alat untuk mengenali kehendak dewata dan apa jang harus diperbuat.

Ende: Yeh 21:23 - -- Orang Israil menganggap alat2 tersebut sebagai tachjul belaka dan demikianpun adanja. tapi berkenaan dengan Nebukadnezar Allah sendiri mengurus halnja...

Orang Israil menganggap alat2 tersebut sebagai tachjul belaka dan demikianpun adanja. tapi berkenaan dengan Nebukadnezar Allah sendiri mengurus halnja sedemikian, sehingga Nebukadnezar dengan tidak sadar melaksanakan kehendak Allah Israil.

Ende: Yeh 21:26 - ini bukan ini Ungkapan hibrani ini berarti: semua berubah, tidak tetap sama sadja. Radja Juda diturunkan.

Ungkapan hibrani ini berarti: semua berubah, tidak tetap sama sadja. Radja Juda diturunkan.

Ende: Yeh 21:27 - sampai datanglah jang berhak Disindirlah seorang radja baru dimasa depan, jang berhak untuk menerima keradjaan itu kembali, jaitu al-Masih.

Disindirlah seorang radja baru dimasa depan, jang berhak untuk menerima keradjaan itu kembali, jaitu al-Masih.

Ende: Yeh 21:28-32 - -- Nubuat ini menerangkan aj. 25(Yeh 21:25) dengan lebih landjut. Dalam ajat 25(Yeh 1:25) nabi berbitjara tentang Amon. Amon bersekutu Israil lawan Babel...

Nubuat ini menerangkan aj. 25(Yeh 21:25) dengan lebih landjut. Dalam ajat 25(Yeh 1:25) nabi berbitjara tentang Amon. Amon bersekutu Israil lawan Babel.

Ende: Yeh 21:29 - -- 'Amon berpendapat, bahwa ia akan terluput, sebagaimana jang dikatakan tukang2 tenungnja.

'Amon berpendapat, bahwa ia akan terluput, sebagaimana jang dikatakan tukang2 tenungnja.

Endetn: Yeh 21:7 - (mereka) ditambahkan menurut terdjemahan Junani dan Syriah.

ditambahkan menurut terdjemahan Junani dan Syriah.

Endetn: Yeh 21:15 - -- Beberapa kata ditinggalkan; tidak dapat diartikan.

Beberapa kata ditinggalkan; tidak dapat diartikan.

Endetn: Yeh 21:19 - tiga kali diperbaiki menurut terdjemahan Latin (Vgl.). Tertulis: "jang ketiga".

diperbaiki menurut terdjemahan Latin (Vgl.). Tertulis: "jang ketiga".

Endetn: Yeh 21:20 - orang jang tewas diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "batu2 sandungan".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "batu2 sandungan".

Endetn: Yeh 21:20 - pembantai diperbaiki menurut kiraan. Kata Hibrani tidak diketahui maknanja.

diperbaiki menurut kiraan. Kata Hibrani tidak diketahui maknanja.

Endetn: Yeh 21:20 - diasah diperbaiki menurut Targum. Tertulis: "saudara".

diperbaiki menurut Targum. Tertulis: "saudara".

Endetn: Yeh 21:21 - hendaklah tadjam diperbaiki. Kata Hibrani tidak terang.

diperbaiki. Kata Hibrani tidak terang.

Endetn: Yeh 21:21 - -- Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan2 kuno. "berbaliklah".

Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan2 kuno. "berbaliklah".

Ref. Silang FULL: Yeh 21:1 - Tuhan kepadaku · Tuhan kepadaku: Yeh 20:1; Yeh 20:1

· Tuhan kepadaku: Yeh 20:1; [Lihat FULL. Yeh 20:1]

Ref. Silang FULL: Yeh 21:2 - tujukanlah mukamu // tempat kudusnya // bernubuatlah melawan · tujukanlah mukamu: Yeh 13:17; Yeh 13:17 · tempat kudusnya: Yeh 9:6 · bernubuatlah melawan: Yer 26:11-12; Yeh 20:46; Yeh 20:46

· tujukanlah mukamu: Yeh 13:17; [Lihat FULL. Yeh 13:17]

· tempat kudusnya: Yeh 9:6

· bernubuatlah melawan: Yer 26:11-12; Yeh 20:46; [Lihat FULL. Yeh 20:46]

Ref. Silang FULL: Yeh 21:3 - menjadi lawanmu // mencabut pedang-Ku // orang fasik · menjadi lawanmu: Yer 21:13; Yer 21:13 · mencabut pedang-Ku: Yes 27:1; Yes 27:1; Yeh 14:21; Yeh 14:21 · orang fasik: Yeh 21:9-11...

· menjadi lawanmu: Yer 21:13; [Lihat FULL. Yer 21:13]

· mencabut pedang-Ku: Yes 27:1; [Lihat FULL. Yes 27:1]; Yeh 14:21; [Lihat FULL. Yeh 14:21]

· orang fasik: Yeh 21:9-11; Ayub 9:22; [Lihat FULL. Ayub 9:22]; Yes 57:1; [Lihat FULL. Yes 57:1]; Yer 47:6-7

Ref. Silang FULL: Yeh 21:4 - maka pedang-Ku // sampai utara · maka pedang-Ku: Im 26:25; Im 26:25; Yer 25:27; Yer 25:27 · sampai utara: Yeh 20:47

· maka pedang-Ku: Im 26:25; [Lihat FULL. Im 26:25]; Yer 25:27; [Lihat FULL. Yer 25:27]

· sampai utara: Yeh 20:47

Ref. Silang FULL: Yeh 21:5 - mencabut pedang-Ku // akan kembali // lagi · mencabut pedang-Ku: Yes 34:5; Yes 34:5 · akan kembali: Yeh 21:30 · lagi: Yeh 20:47-48; Yeh 20:47; Yeh 20:48; Nah 1:9

· mencabut pedang-Ku: Yes 34:5; [Lihat FULL. Yes 34:5]

· akan kembali: Yeh 21:30

· lagi: Yeh 20:47-48; [Lihat FULL. Yeh 20:47]; [Lihat FULL. Yeh 20:48]; Nah 1:9

Ref. Silang FULL: Yeh 21:6 - dalam kesengsaraan · dalam kesengsaraan: Yeh 21:12; Yes 22:4; Yes 22:4; Yer 30:6; Yeh 9:4; Yeh 9:4

· dalam kesengsaraan: Yeh 21:12; Yes 22:4; [Lihat FULL. Yes 22:4]; Yer 30:6; Yeh 9:4; [Lihat FULL. Yeh 9:4]

Ref. Silang FULL: Yeh 21:7 - engkau mengeluh // menjadi tawar // lemah lesu // semangat menghilang // terkencing ketakutan · engkau mengeluh: Ayub 23:2; Ayub 23:2 · menjadi tawar: Yos 7:5; Yos 7:5 · lemah lesu: Yer 47:3; Yer 47:3; Yeh 22:14 · se...

· engkau mengeluh: Ayub 23:2; [Lihat FULL. Ayub 23:2]

· menjadi tawar: Yos 7:5; [Lihat FULL. Yos 7:5]

· lemah lesu: Yer 47:3; [Lihat FULL. Yer 47:3]; Yeh 22:14

· semangat menghilang: Mazm 6:3; [Lihat FULL. Mazm 6:3]

· terkencing ketakutan: Im 26:36; [Lihat FULL. Im 26:36]; Ayub 11:16; [Lihat FULL. Ayub 11:16]

Ref. Silang FULL: Yeh 21:10 - menumpahkan darah // macam kayu · menumpahkan darah: Mazm 110:5-6; Yes 34:5-6 · macam kayu: Ul 32:41

· menumpahkan darah: Mazm 110:5-6; Yes 34:5-6

· macam kayu: Ul 32:41

Ref. Silang FULL: Yeh 21:11 - supaya digosok · supaya digosok: Yer 46:4

· supaya digosok: Yer 46:4

Ref. Silang FULL: Yeh 21:12 - tepuklah pinggangmu · tepuklah pinggangmu: Yer 31:19

· tepuklah pinggangmu: Yer 31:19

Ref. Silang FULL: Yeh 21:14 - tepuklah tanganmu // yang berkeliling · tepuklah tanganmu: Yeh 21:17; Bil 24:10; Bil 24:10 · yang berkeliling: Yeh 6:11; Yeh 6:11; Yeh 30:24

· tepuklah tanganmu: Yeh 21:17; Bil 24:10; [Lihat FULL. Bil 24:10]

· yang berkeliling: Yeh 6:11; [Lihat FULL. Yeh 6:11]; Yeh 30:24

Ref. Silang FULL: Yeh 21:15 - mereka hancur // menumpahkan darah · mereka hancur: 2Sam 17:10; 2Sam 17:10 · menumpahkan darah: Mazm 22:15

· mereka hancur: 2Sam 17:10; [Lihat FULL. 2Sam 17:10]

· menumpahkan darah: Mazm 22:15

Ref. Silang FULL: Yeh 21:17 - bertepuk tangan // yang panas // yang mengatakannya · bertepuk tangan: Yeh 21:14; Yeh 22:13 · yang panas: Yeh 5:13; Yeh 5:13 · yang mengatakannya: Yeh 6:11; Yeh 6:11; Yeh 16:42; Ye...

· bertepuk tangan: Yeh 21:14; Yeh 22:13

· yang panas: Yeh 5:13; [Lihat FULL. Yeh 5:13]

· yang mengatakannya: Yeh 6:11; [Lihat FULL. Yeh 6:11]; Yeh 16:42; [Lihat FULL. Yeh 16:42]

Ref. Silang FULL: Yeh 21:19 - oleh pedang // papan penunjuk · oleh pedang: Yeh 14:21; Yeh 14:21; Yeh 32:11 · papan penunjuk: Yer 31:21

· oleh pedang: Yeh 14:21; [Lihat FULL. Yeh 14:21]; Yeh 32:11

· papan penunjuk: Yer 31:21

Ref. Silang FULL: Yeh 21:20 - bani Amon · bani Amon: Ul 3:11; Ul 3:11

· bani Amon: Ul 3:11; [Lihat FULL. Ul 3:11]

Ref. Silang FULL: Yeh 21:21 - ia mengocok // dari terafim // hati binatang · ia mengocok: Ams 16:33; Ams 16:33 · dari terafim: Za 10:2 · hati binatang: Bil 22:7; Bil 23:23; Bil 23:23

· ia mengocok: Ams 16:33; [Lihat FULL. Ams 16:33]

· dari terafim: Za 10:2

· hati binatang: Bil 22:7; Bil 23:23; [Lihat FULL. Bil 23:23]

Ref. Silang FULL: Yeh 21:22 - menyerukan pekik // tembok pengepungan // benteng pengepungan · menyerukan pekik: Yer 4:16; Yer 4:16 · tembok pengepungan: Yer 32:24 · benteng pengepungan: 2Raj 25:1; 2Raj 25:1; Yeh 4:2; Yeh ...

· menyerukan pekik: Yer 4:16; [Lihat FULL. Yer 4:16]

· tembok pengepungan: Yer 32:24

· benteng pengepungan: 2Raj 25:1; [Lihat FULL. 2Raj 25:1]; Yeh 4:2; [Lihat FULL. Yeh 4:2]; Yeh 26:9

Ref. Silang FULL: Yeh 21:23 - ia mengingat // kesalahan · ia mengingat: Bil 5:15; Bil 5:15 · kesalahan: Yeh 17:19; Yeh 17:19

· ia mengingat: Bil 5:15; [Lihat FULL. Bil 5:15]

· kesalahan: Yeh 17:19; [Lihat FULL. Yeh 17:19]

Ref. Silang FULL: Yeh 21:25 - sudah tiba // penghakiman terakhir · sudah tiba: Yeh 22:4 · penghakiman terakhir: Yeh 35:5

· sudah tiba: Yeh 22:4

· penghakiman terakhir: Yeh 35:5

Ref. Silang FULL: Yeh 21:26 - buangkanlah mahkotamu // harus direndahkan · buangkanlah mahkotamu: Yes 28:5; Yes 28:5; Yer 13:18; Yer 13:18 · harus direndahkan: Mazm 75:8; Mazm 75:8; Yes 40:4; Yeh 17:24; Yeh 17...

· buangkanlah mahkotamu: Yes 28:5; [Lihat FULL. Yes 28:5]; Yer 13:18; [Lihat FULL. Yer 13:18]

· harus direndahkan: Mazm 75:8; [Lihat FULL. Mazm 75:8]; Yes 40:4; Yeh 17:24; [Lihat FULL. Yeh 17:24]; Mat 23:12; [Lihat FULL. Mat 23:12]

Ref. Silang FULL: Yeh 21:27 - berhak atasnya // Kuberikan itu · berhak atasnya: Kej 49:10 · Kuberikan itu: Mazm 2:6; Yer 23:5-6; Yeh 37:24; Hag 2:22-23

· berhak atasnya: Kej 49:10

· Kuberikan itu: Mazm 2:6; Yer 23:5-6; Yeh 37:24; Hag 2:22-23

Ref. Silang FULL: Yeh 21:28 - bani Amon // katakanlah: Pedang · bani Amon: Kej 19:38; Kej 19:38; Zef 2:8 · katakanlah: Pedang: Yer 12:12; Yer 12:12

· bani Amon: Kej 19:38; [Lihat FULL. Kej 19:38]; Zef 2:8

· katakanlah: Pedang: Yer 12:12; [Lihat FULL. Yer 12:12]

Ref. Silang FULL: Yeh 21:29 - memberi tenungan-tenungan // penghakiman terakhir · memberi tenungan-tenungan: Yer 27:9 · penghakiman terakhir: Yeh 21:25; Yeh 22:28; 35:5

· memberi tenungan-tenungan: Yer 27:9

· penghakiman terakhir: Yeh 21:25; Yeh 22:28; 35:5

Ref. Silang FULL: Yeh 21:30 - ke sarungnya // negeri asalmu · ke sarungnya: Yeh 21:5; Yer 47:6 · negeri asalmu: Yeh 16:3; Yeh 16:3

· ke sarungnya: Yeh 21:5; Yer 47:6

· negeri asalmu: Yeh 16:3; [Lihat FULL. Yeh 16:3]

Ref. Silang FULL: Yeh 21:31 - dan menyemburkan // api murka-Ku // menimbulkan kemusnahan · dan menyemburkan: Mazm 18:16; Yes 11:4; Yes 11:4 · api murka-Ku: Mazm 79:6; Yeh 22:20-21 · menimbulkan kemusnahan: Yer 4:7; Yer...

· dan menyemburkan: Mazm 18:16; Yes 11:4; [Lihat FULL. Yes 11:4]

· api murka-Ku: Mazm 79:6; Yeh 22:20-21

· menimbulkan kemusnahan: Yer 4:7; [Lihat FULL. Yer 4:7]; Yer 51:20-23; Yeh 16:39; [Lihat FULL. Yeh 16:39]

Ref. Silang FULL: Yeh 21:32 - makanan api // akan diingat-ingat · makanan api: Yeh 20:47-48; Yeh 20:47; Yeh 20:48; Mal 4:1 · akan diingat-ingat: Yeh 25:10

· makanan api: Yeh 20:47-48; [Lihat FULL. Yeh 20:47]; [Lihat FULL. Yeh 20:48]; Mal 4:1

· akan diingat-ingat: Yeh 25:10

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yeh 21:1-7 - Ancaman-ancaman terhadap Israel; Penghakiman-penghakiman Dinubuatkan Dalam pasal ini kita mendapati, I. Sebuah uraian dari nubuat dalam penutup pasal sebelumnya mengenai api di hutan, yang dikeluhkan oran...

Matthew Henry: Yeh 1:1-3 - Penglihatan Yehezkiel yang Pertama di Tepi Sungai Kebar Dalam pasal ini kita mendapati, I. Keadaan-keadaan biasa di seputar nubuat yang akan disampaikan, waktu disampaikannya (ay. 1), tempat ...

Matthew Henry: Yeh 21:8-17 - Penghakiman-penghakiman Dinubuatkan Penghakiman-penghakiman Dinubuatkan (21:8-17) Di sini ada nubuat lain tentang pedang itu, yang disampaikan dengan cara yang sangat menyentuh. Ung...

Matthew Henry: Yeh 21:18-27 - Penghakiman-penghakiman Dinubuatkan Penghakiman-penghakiman Dinubuatkan (21:18-27) Sang nabi, dalam ayat-ayat sebelumnya, sudah menunjukkan kepada mereka bahwa pedang sedang datang....

Matthew Henry: Yeh 21:28-32 - Kehancuran Bani Amon Kehancuran Bani Amon (21:28-32) Nubuat tentang kehancuran bani Amon, yang diwujudkan oleh Nebukadnezar sekitar lima tahun setelah kehancuran Yeru...

SH: Yeh 21:1-17 - Kedahsyatan pedang petir (Kamis, 6 September 2001) Kedahsyatan pedang petir Yehezkiel kali ini harus menujukan wajahnya ke arah Yerusalem dan mengucapkan banyak teguran kepada Israel yang telah menaj...

SH: Yeh 21:1-17 - Pedang Tuhan! (Selasa 28 Oktober 2008) Pedang Tuhan! Apa sebab kita mudah tergoda bersikap kompromi dengan dosa? Mungkin karena kita berpikir bahwa Tuhan tidak akan tega menghukum ...

SH: Yeh 21:1-27 - Pedang Pembunuh (Kamis, 18 Agustus 2016) Pedang Pembunuh Jika satu bangsa berperang dengan bangsa lainnya, maka persentase menang 50:50. Bagaimana jadinya apabila Allah berperang melawan ban...

SH: Yeh 21:1-27 - Apa yang Kekal? (Jumat, 22 September 2023) Apa yang Kekal? Murka Tuhan sudah tidak terpadamkan lagi karena melihat umat-Nya menjalani hidup sesuka hati. Pedang menjadi gambaran dari hukuman Tu...

SH: Yeh 21:18-32 - Peta dua jalan (Jumat, 7 September 2001) Peta dua jalan Ibarat sebuah medan pertempuran yang tak terhindarkan, Yehezkiel harus menggambar dua jalan yang berpangkal dari satu titik, yakni B...

SH: Yeh 21:18-32 - Jangan bermuka dua (Rabu 29 Oktober 2008) Jangan bermuka dua Mungkinkah umat Tuhan dinilai Allah lebih jahat daripada yang bukan umat Tuhan? Bila demikian, bagaimana Allah akan memperlak...

SH: Yeh 21:28-32 - Hukuman atas Amon (Jumat, 19 Agustus 2016) Hukuman atas Amon Di satu sisi, hukuman merupakan ekspresi kasih Allah. Tetapi di sisi lain, hukuman mencerminkan keadilan-Nya atas kejahatan. Kedua ...

SH: Yeh 21:28-32 - Tuhan Tahu dan Peduli (Sabtu, 23 September 2023) Tuhan Tahu dan Peduli Kadang kita bertanya: "Mengapa orang jahat lestari hidupnya; mengapa Tuhan membiarkan mereka tetap hidup baik dan tidak dihukum...

Topik Teologia: Yeh 21:32 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Metafora untuk Para Pendosa Para Pendosa seperti Makanan Api Yes 9:18 Yeh 21:32

TFTWMS: Yeh 7:21--21:32 - Yeh 7:21, 22 21 Yeh 7:21, 22 21 Aku akan menyerahkannya menjadi rampasan di tangan orang-orang asing dan menjadi jarahan bagi orang-orang fasik di bumi ini, dan mere...

TFTWMS: Yeh 21:1-5 - Yehezkiel 21:1-5 Yehezkiel 21:1-5 Datanglah firman TUHAN kepadaku: "Hai anak manusia, tujukanlah mukamu ke Yerusalem dan ucapkanlah banyak tegoran terhadap temp...

TFTWMS: Yeh 21:6-7 - Yehezkiel 21:6, 7 Yehezkiel 21:6, 7 Dan engkau anak manusia, mengeranglah! Mengeranglah di hadapan mereka seperti seorang yang tulang pinggangnya patah dan yang berad...

TFTWMS: Yeh 21:8-13 - Yehezkiel 21:8-13 Yehezkiel 21:8-13 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku: "Hai anak manusia, bernubuatlah dan katakan: Beginilah firman TUHAN: Pedang! Pedang...

TFTWMS: Yeh 21:14-17 - Yehezkiel 21:14-17 Yehezkiel 21:14-17 Dan engkau anak manusia, bernubuatlah dan tepuklah tanganmu, biarlah pedang itu menjadi dua kali lipat, tiga kali lipat. Itu peda...

TFTWMS: Yeh 21:18-20 - Yehezkiel 21:18-20 Yehezkiel 21:18-20 Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku: "Hai engkau anak manusia, gambarlah dua jalan yang akan dilalui oleh pedang raja Babel...

TFTWMS: Yeh 21:21-23 - Yehezkiel 21:21-23 Yehezkiel 21:21-23 Sebab raja Babel berdiri pada persimpangan jalan itu, pada awal kedua jalan itu untuk melakukan tenungan; ia mengocok panah, memi...

TFTWMS: Yeh 21:24-27 - Yehezkiel 21:24-27 Yehezkiel 21:24-27 Oleh sebab itu, beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena kamu membuat kesalahanmu itu teringat kembali dengan tersingkapnya pela...

TFTWMS: Yeh 21:28-32 - Yehezkiel 21:28-32 Yehezkiel 21:28-32 "Dan engkau anak manusia, bernubuatlah dan katakan: Beginilah firman Tuhan ALLAH mengenai bani Amon dan cercaan mereka; kata...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yehezkiel Tema : Hukuman dan Kemuliaan Allah Tanggal Penulisan: 590-570 SM Latar Belakang Latar belakang sejarah Kit...

Full Life: Yehezkiel (Garis Besar) Garis Besar I. Panggilan dan Penugasan Yehezkiel (Yeh 1:1-3:27) A. Penglihatan Tentang Kemuliaan Allah ...

Jerusalem: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) YEHEZKIEL Berbeda dengan kitab Yeremia, kitab Yehezkiel tampaknya sebuah kitab yang tersusun rapih. Sesudah pendahuluan, Yeh 1-3, yang berisikan kisah...

Ende: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) JEHESKIEL PENDAHULUAN Diantara para tokoh kenabian di Israil Jeheskiel (artinja: Allah menguatkan, ataupun: Semoga Allah mengguatkan, jakni anak ini) ...

Ende: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) yehezkiel 21 ~ komentari Pedang Penghakiman Allah Setelah dituduh berbicara dalam "perumpamaan" dalam lima ayat sebelumnya (20:45-49), Y...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) ISRAEL& TUJUAN ILAHI ALLAH(Yehezkiel 21) Semua bangsa berada di bawah kendali Allah. Ia bisa dan akan menggunakan mereka untuk mencapai pelbagai ...

TFTWMS: Yehezkiel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 "Yehezkiel 18 berfokus pada tanggung jawab individu atas kesalahannya sendiri. Itu adalah satu sisi mata uang. Tetapi Alkitab...

BIS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) YEHEZKIEL PENGANTAR Nabi Yehezkiel tinggal dalam pembuangan di Babel, baik sebelum, maupun sesudah jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi.

YEHEZKIEL

PENGANTAR

Nabi Yehezkiel tinggal dalam pembuangan di Babel, baik sebelum, maupun sesudah jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi. Pesannya ditujukan kepada orang-orang yang dibuang di Babel dan mereka yang tinggal di Yerusalem. Buku Yehezkiel dibagi dalam empat bagian yang penting yaitu:

  1. (1) Peringatan kepada umat Israel bahwa Allah akan menghakimi mereka dan bahwa Yerusalem akan jatuh dan hancur.
  2. (2) Pesan dari TUHAN bahwa Ia akan menghakimi bangsa-bangsa yang menindas dan menyesatkan umat-Nya.
  3. (3) Penghiburan bagi Israel setelah jatuhnya Yerusalem, dan janji tentang masa depan yang cerah.
  4. (4) Gambaran Yehezkiel tentang Rumah TUHAN dan bangsa yang diperbaharui.

Yehezkiel adalah orang yang teguh imannya dan hebat daya khayalnya. Sebagian besar dari pesannya didapatnya melalui penglihatan-penglihatan, dan dinyatakannya dengan perbuatan yang merupakan lambang yang jelas bagi bangsa Israel. Yehezkiel menekankan perlunya pembaharuan hati dan jiwa, serta tanggung jawab setiap orang atas dosa-dosanya sendiri. Ia juga menyatakan harapannya akan pembaharuan hidup bagi bangsa Israel. Sebagai imam dan juga selaku nabi, Yehezkiel memberi perhatian khusus kepada Rumah TUHAN dan pentingnya hidup menurut kehendak TUHAN.

Isi

  1.  Yehezkiel dipanggil menjadi nabi
    Yeh 1:1-3:27
  2.  Pesan-pesan tentang hukuman bagi Yerusalem
    Yeh 4:1-24:27
  3.  Penghakiman Allah terhadap bangsa-bangsa
    Yeh 25:1-32:32
  4.  Janji Allah kepada umat-Nya
    Yeh 33:1-37:28
  5.  Pesan tentang hukuman bagi Gog
    Yeh 38:1-39:29
  6.  Penglihatan tentang Rumah TUHAN dan tanah Israel di kemudian hari
    Yeh 40:1-48:35

Ajaran: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Yehezkiel, anggota jemaat dapat mengerti dan yakin bahwa Allah yang memilih bangsa Israel sebagai umat pilih

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Yehezkiel, anggota jemaat dapat mengerti dan yakin bahwa Allah yang memilih bangsa Israel sebagai umat pilihan-Nya, adalah Allah yang dikenal dalam Tuhan Yesus Kristus, yaitu Allah Yang Mahakuasa dan yang mempunyai rencana yang indah dalam kehidupan seseorang.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yehezkiel.

Isi Kitab: Kitab Yehezkiel terdiri dari 48 pasal. Isi Kitab ini merupakan pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan bangsa- bangsa lain.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yehezkiel

  1. Pasal 1-3 (Yeh 1:1-3:27).

    Allah memanggil Yehezkiel menjadi hambanya

    1. Allah memperlihatkan kemuliaan-Nya kepada Yehezkie (pasal 1; Yeh 1-28).
    2. Allah memberikan tugas kepada Yehezkiel dalam melayani-Ny (pasal 2-3; Yeh 2:1-3:27).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yeh 2:1-7. Apakah tugas Yehezkiel? Dan orang-orang macam apakah yang ia layani?

  2. Pasal 4-24 (Yeh 4:1-24:27).

    Pemberitaan tentang penghukuman yang akan dialami oleh bangsa Israel

    1. Perumpamaan-perumpamaan tentang penghukuman yang aka dialami bangsa Israel (pasal 3-7; Yeh 3:1-7:27).
    2. Pemberitaan tentang penglihatan Yehezkiel atas dos bangsa Israel (pasal 8-11; Yeh 8:1-11:25).
    3. Pemberitaan tentang penghakiman yang akan dialami bangs Israel (pasal 12-19; Yeh 12:1-19:14).
    4. Gambaran tentang dosa-dosa daripada bangsa Israe (pasal 20-24; Yeh 20:1-24:27).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yeh 24:1-11. Apakah sebabnya penghukuman akan dialami oleh orang-orang Israel?

  3. Pasal 25-32 (Yeh 25:1-32:32).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa-bangsa

    Pendalaman

    Sebab-sebab bangsa-bangsa lain dihukum: Amon Yeh 25:1-3. Moab Yeh 25:8. Edom Yeh 25:12. Filistin Yeh 25:15. Tirus Yeh 26:1-2. Sidon Yeh 28:20-22. Mesir dan Firaun Yeh 29:1-3.

  4. Pasal 33-39 (Yeh 33:1-39:29).

    Pemberitaan akan pembaharuan yang akan diterima bangsa Israel setelah penghakiman

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yeh 36:1-10. Apakah pendapat saudara tentang ayat 9 (Yeh 36:9)?

  5. Pasal 40-48 (Yeh 40:1-48:35).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan dari zaman baru

    1. Pemberitahuan tentang ukuran dari pada Bait Alla (pasal 40-42; Yeh 40:1-42:20).
    2. Petunjuk-petunjuk dalam ibada (pasal 43-46; Yeh 43:1-46:24).
    3. Pemberitahuan tentang keadaan dan pembagian tana (pasal 47-48; Yeh 47:1-48:35).

    Pendalaman

    Bacalah pasal 48:35; Yeh 48:35. Siapakah yang akan memerintah secara langsung dalam zaman baru itu?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Panggilan atas Yehezkiel untuk menjadi pemberita Firman Allah, mengajarkan bahwa Allah juga memanggil setiap orang percaya untuk bersaksi tentang Kristus.

  2. Tuntutan Allah terhadap tanggung jawab Yehezkiel dalam pemberitaannya, mengajarkan juga bahwa Allah menuntut pertanggungjawaban setiap orang Kristen dalam hal memberitakan Injil.

  3. Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain telah digenapi, membuktikan bahwa apa yang dikatakan oleh Firman Allah itu benar.

  4. Apabila kehidupan di dalam zaman yang baru penuh dengan persekutuan, maka sudah selayaknyalah setiap orang percaya untuk memulai hidup dengan penuh persekutuan di dunia ini.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Yehezkiel?
  2. Apakah isi Kitab Yehezkiel?
  3. Untuk apakah Yehezkiel dipanggil Allah?
  4. Pelajaran apakah yang saudara terima setelah mempelajar Kitab Yehezkiel?

Intisari: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Laporan seorang penjaga LATAR BELAKANGDalam tahun 597 SM raja Babel, Nebukadnezar mengangkut raja Yoyakim ke Babel bersama dengan sepuluh ribu pendud

Laporan seorang penjaga

LATAR BELAKANG
Dalam tahun 597 SM raja Babel, Nebukadnezar mengangkut raja Yoyakim ke Babel bersama dengan sepuluh ribu penduduk utama bangsa Israel. Pemerintahan boneka yang ditinggalkannya di Yerusalem memberontak, dan dalam tahun 587 SM Nebukadnezar menghancurkan seluruh kota dan mengangkut lebih banyak penduduk ke pembuangan.

PENULIS
Diperkirakan bahwa kitab Yehezkiel disusun oleh beberapa pengarang atau ditulis lama sesudah pengarangnya meninggal, tetapi pemakaian kata ganti orang pertama, waktu yang tepat, data pribadi yang diberikan secara rinci, dan gaya penulisan yang sama dalam keseluruhan kitab merupakan indikasi kuat bahwa Yehezkiel sendiri yang memastikan bahwa semua nubuatannya ditulis dan menjelang akhir hidupnya ia menyusunnya dengan cermaat ke dalam bentuk buku. Yehezkiel dibesarkan di Yehuda dan boleh jadi pada masa remajanya ia dipengaruhi oleh pembaruan raja Yosia dan nubuatan Yeremia. Dia seorang imam yang dibuang ke Babel pada tahun 597 SM, kemungkinan bersama-sama dengan raja Yoyakim, dan tulisannya sangat dipengaruhi oleh latar belakang keimamannya. Dalam pembuangan ia bermukim di Tel-Abib di tepi sungai Kedar. Lima tahun kemudian, pada waktu ia berumur tiga puluh tahun, ia mendapat penglihatan dari Tuhan dan dipanggil menjadi nabi. Dia mungkin saja mempunyai kedudukan penting (Yeh 8:1; 14:1), walaupun kebanyakan orang menolak peringatannya (Yeh 3:25), atau tidak menganggapnya denganserius (Yeh 33:30-32).

ISI KITAB
Dalam kitab Yehezkiel, kita dapat membaca kisah kehidupan nabi itu dan nubuat-nubuatnya yang mencakup kurun waktu mulai dari tahun 597 sampai 570 SM. Kitab Yehezkiel terbagi dalam empat bagian penting. Pasal Yeh 1-24 khususnya berisi nubuatan yang diberikan sebelum tahun 587 SM pada waktu Yehezkiel memperhadapkan umat dengan dosa mereka, serta menunjukkan bahwa kejatuhan Yerusalem tidak dapat dihindari dan merupakan dosa yang sepatutnya mereka terima. Pasal Yeh 25:1-32:32 merupakan nubuatan tentang penghakiman terhadap bangsa- bangsa yang ada di sekeliling Yerusalem. Pasal Yeh 33:1-39:29 ditulis setelah kejatuhan Yerusalem dan Yehezkiel mendorong orang-orang buangan untuk bertobat dari dosa-dosa lama mereka, dan menjadi anggota masyarakat baru yang menyerahkan diri untuk melayani Tuhan. Bagian akhir berisi harapan tentang kembalinya bangsa Israel dari pembuatan sampai padda akhir zaman, dan berisi penglihatan Yehezkiel tentang Yerusalem baru. Kita akan lebih banyak belajar dari kitab Yehezkiel jika kita melihatnya sebagai pesan kepada suatu bangsa yang istimewa, yang sungguh-sungguh memerlukan pertolongan dalam suatu keadaan yang nyata.

Pesan

1. Sifat Allah
Rakyat yang berada dalam pembuangan mungkin saja tergoda untuk meragukan kuasa Tuhan. Yehezkiel sangat ingin memberitakan kebesaran Tuhan dalam situasi yang jelas sangat tidak menguntungkan sekalipun.
o Allah itu penuh kemuliaan dan mengagumkan. Yeh 1:25-28; 3:23
o Allah itu kudus. Yeh 5:11; 36:23
o Allah berkuasa di mana-mana. Yeh 3:12-27; 5:5
o Allah berkuasa atas segala bangsa. Yeh 25:1-32:32
o Allah itu adil. Yeh 18:25; 33:20
o Allah memimpin dan menunjukkan jalan bagi umat-Nya. Yeh 2:2; 11:1,5
o Allah bertindak agar umat-Nya mengenal Dia. Yeh 6:7, 14; 20:38
o Allah memelihara umat-Nya seperti seorang gembala yang baik. Yeh 34:11-16
o Allah memberikan hidup baru. Yeh 36:25-32

2. Bahaya dosa
Pesan Yehezkiel mengenai kematian dan hukuman kelihatannya keras dan tidak berperasaan apabila kita berpikir tentang rakyat yang sedang menderita di pembuangan, tetapi hal itu penting untuk membuat mereka mengerti bahwa pembuangan itu merupakan hukuman. Dengan maksud untuk mempermalukan mereka sampai mereka bertobat, Yehezkiel menganggap mereka busuk sampai ke akar-akarnya.
o Mereka telah mempermalukan nama Allah. Yeh 20:9; 36:20
o Mereka telah mencemarkan rumah Allah. Yeh 5:11; 23:38
o Mereka pemuja berhala. Yeh 20:7,18; 22:4
o Mereka mengambil bagian dalam upacara mengurbankan anak-anak. Yeh 20:26,31
o Mereka mengabaikan hukum. Yeh 44:6-8
o Mereka menekan orang miskin. Yeh 22:7,12

3. Pentingnya penghakiman
Oleh karena Allah itu adil, maka Israel harus dihukum. Hanya karena kesabaran Tuhan yang besar saja Dia masih dapat mentoleransi bangsa yang sudah bobrok itu sekian lamanya, tetapi Yehezkiel membawa pesan bahwa kesabaran Tuhan terhadap bangsa Israel akhirnya habis juga.
o Penghakiman tidak dapat dihapuskan. Yeh 12:22,27
o Penghakiman tidak dapat dihindari. Yeh 7:4-27; 22:14
o Penghakiman tidak datang "nanti", tetapi "sekarang". Yeh 9:10; 24:14

4. Janji kehidupan baru
Tuhan masih rindu untuk menyelamatkan bangsa Israel. Penghakiman dan pembuangan berarti bahwa dosa mereka dihukum dan sekarang akan ada berita pengampunan. Semua orang ditantang untuk bertobat dan dengan iman bergabung ke dalam komunitas umat Tuhan yang:
o Terbentuk dari orang-orang yang hatinya telah diubahkan oleh Tuhan. Yeh 36:25-27
o Diberi hidup oleh Roh Allah. Yeh 37:5
o Tidak terpecah-belah. Yeh 37:15-17
o Mempunyai perjanjian kekal dengan Allah. Yeh 14:11; 37:23
o Dipimpin oleh Raja Mesias keturunan Daud. Yeh 37:24-28
o Membawa hidup baru kepada dunia. Yeh 47:1-12

Penerapan

Yehezkiel banyak berbicara mengenai kegagalan para penguasa Israel untuk bertindak sebagai wakil Tuhan, dan bangsa Israel gagal untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah. Namun demikian, ia juga menunjukkan cara bagaimana menjalani kehidupan.

1. Ciri-ciri manusia yang sudah diperbarui
o Dia dipimpin oleh Tuhan
o Hatinya ditujukan kepada Tuhan
o Tujuan hidupnya untuk memuliakan Tuhan
o Dia dengan penuh sukacita menerima kehendak Tuhan
o Dia dikenal oleh kesucian hatinya dan ketaatannya kepada Tuhan
o Dia hidup dengan perasaan aman, karena tahu Tuhan memeliharanya
o Dia menunjukkan keprihatinannya terhadap sesama

2. Ciri-ciri seorang pemimpin yang baik
o Dia taat kepada Tuhan dalam segala hal
o Dia berpaling kepada Tuhan untuk memperoleh kekuatan
o Dia tekun menjalankan tugasnya
o Dia mengerti orang yang dipimpinnya
o Dia mengambil keputusan berdasarkan keadilan
o Dia tidak takut untuk berbicara

Tema-tema Kunci

1. Kebesaran Allah
Bangsa Israel berpikir bahwa kebesaran Israel adalah sama dengan kebesaran Allah, sehingga Allah tidak akan membiarkan Israel dihancurkan. Pendapat ini salah; Israel sendiri telah mencemarkan nama Allah. Demi untuk kemuliaan-Nya sendiri Allah bertindak, pertama-tama menghukum dan kemudian menyelamatkan. Bacalah Yeh 20:40-44; 28:25,26; 36:16-23; 38:17-23; 39:7,8,25-29. Dengan cara bagaimana orang Kristen dewasa ini mencemarkan nama Allah?

2. Allah memelihara
Allah terus memelihara bangsa Israel, bahkan pada waktu Dia harus menghukum mereka sekalipun. Bacalah: Yeh 11:17; 16:60-63; 28:24-26; 34:11-31; 37:25-27. Bandingkan gambaran Allah sebagai gembala Israel yang terdapat pada pasal Yeh 34, dengan pengajaran mengenai Gembala Agung dalam Yohanes 10:7-18.

3. Tanggung jawab
Setiap orang harus mempertanggungjawabkan segala perbuatannya di hadapan Allah. Bukan keluarga atau keadaan yang akhirnya harus dipersalahkan tentang apa yang terjadi pada seseorang. Ia sendiri yang harus memilih untuk melayani Allah dan terus melayani atau tidak. Baca Yeh 18:1-32; 33:7-20.

4. Penjaga
Yehezkiel menerima panggilan sebagai seorang penjaga atau "pengawas" dengan penuh kesungguhan dan ia memperingatkan bangsanya bahwa penghakiman Allah sudah dekat, dan memberikan kepada mereka kesempatan untuk berbalik serta menerima jalan keselamatan yang Allah sediakan. Carilah ayat-ayat: Yeh 3:12-21; 33:1-9. Dari ayat-ayat di atas dan ayat-ayat lainnya, buatlah daftar mengenai tanggung jawab yang diberikan Allah kepada hamba-hamba-Nya di dunia.

Garis Besar Intisari: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) [1] PANGGILAN YEHEZKIEL Yeh 1:1-3:27 Yeh 1:1-3Waktu terjadinya Yeh 1:4-24Penglihatan mengenai makhluk hidup Yeh 1:25-28Kemuliaan Tuhan Yeh 2:1-3

[1] PANGGILAN YEHEZKIEL Yeh 1:1-3:27

Yeh 1:1-3Waktu terjadinya
Yeh 1:4-24Penglihatan mengenai makhluk hidup
Yeh 1:25-28Kemuliaan Tuhan
Yeh 2:1-3:15Yehezkiel menerima pengutusan
Yeh 3:16-27Ia harus memberi peringatan kepada bangsa Israel

[2] NUBUATAN MENGENAI PENGHAKIMAN ATAS YERUSALEM Yeh 4:1-12:28

Yeh 4:1-5:17Gambaran mengenai pengepungan terhadap Yerusalem
Yeh 6:1-14Nubuatan tentang gunung-gunung Israel
Yeh 7:1-27Kehancuran telah tiba
Yeh 8:1-9:11Pemujaan berhala di Rumah Allah
Yeh 10:1-22Hukuman terhadap pemimpin-pemimpin Israel
Yeh 11:16-25Bangsa Israel yang sudah diperbarui akan kembali
Yeh 12:1-28Gambaran mengenai pembuangan

[3] DOSA-DOSA ISRAEL DAN YERUSALEM Yeh 13:1-24:27

Yeh 13:1-23Nabi-nabi palsu akan dihukum
Yeh 14:1-11Pemuja berhala akan dihukum
Yeh 14:12-23Penghakiman tidak dapat dihindarkan
Yeh 15:1-8Yerusalem seperti kebun anggur yang tak berguna
Yeh 16:1-63Yerusalem sebagai pelacur
Yeh 17:1-24Perumpamaan tentang dua ekor elang dan kebun anggur
Yeh 18:1-32Tanggung jawab pribadi terhadap dosa
Yeh 19:1-14Ratapan untuk dua pangeran Israel
Yeh 20:1-29Masa lalu Israel yang penuh pemberontakan
Yeh 20:30-44Penghakiman dan pemulihan Tuhan
Yeh 20:45-21:32Penghakiman dengan api dan pedang
Yeh 22:1-31Yerusalem sudah berdosa besar
Yeh 23:1-49Israel dan Yehuda merupakan dua kakak beradik yang berdosa
Yeh 24:1-14Yerusalem bagaikan periuk berkarat
Yeh 24:15-27Istri Yehezkiel meninggal

[4] NUBUATAN TENTANG HUKUMAN BAGI BANGSA-BANGSA Yeh 25:1-32:32

Yeh 25:1-7Terhadap Amon
Yeh 25:8-11Terhadap Moab
Yeh 25:12-14Terhadap Edom
Yeh 25:15-17Terhadap bangsa Filistin
Yeh 26:1-28:19Terhadap Tirus
Yeh 28:20-26Terhadap Sidon
Yeh 29:1-32:32Terhadap Mesir

[5] NUBUATAN TENTANG HARI DEPAN Yeh 33:1-39:29

Yeh 33:1-20Yehezkiel, si penjaga
Yeh 33:21-33Penjelasan tentang jatuhnya Yerusalem
Yeh 34:1-31Gembala yang baik menggantikan gembala yang buruk
Yeh 35:1-15Pengkhianatan Edom akan dibalas
Yeh 36:1-14Hidup baru bagi tulang-tulang yang kering
Yeh 37:15-28Bangsa yang dibangkitkan dengan raja yang baru
Yeh 38:1-39:20Nubuatan tentang Gog
Yeh 39:21-29Rencana Tuhan untuk bangsa Israel

[6] GAMBARAN MENGENAI YERUSALEM BARU Yeh 40:1-48:35

Yeh 40:1-42:20Rumah Tuhan yang baru
Yeh 43:1-12Kemuliaan Tuhan kembali ke rumah-Nya
Yeh 43:13-46:24Pengaturan ibadah
Yeh 47:1-12Sungai yang memberi hidup
Yeh 47:13-48:35Pembagian tanah di antara suku-suku
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 1.40 detik
dipersembahkan oleh YLSA