kecilkan semua  

Teks -- Ester 1:1-22 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Ratu Wasti dibuang
1:1 Pada zaman Ahasyweros -- dialah Ahasyweros yang merajai seratus dua puluh tujuh daerah mulai dari India sampai ke Etiopia --, 1:2 pada zaman itu, ketika raja Ahasyweros bersemayam di atas takhta kerajaannya di dalam benteng Susan, 1:3 pada tahun yang ketiga dalam pemerintahannya, diadakanlah oleh baginda perjamuan bagi semua pembesar dan pegawainya; tentara Persia dan Media, kaum bangsawan dan pembesar daerah hadir di hadapan baginda. 1:4 Di samping itu baginda memamerkan kekayaan kemuliaan kerajaannya dan keindahan kebesarannya yang bersemarak, berhari-hari lamanya, sampai seratus delapan puluh hari. 1:5 Setelah genap hari-hari itu, maka raja mengadakan perjamuan lagi tujuh hari lamanya bagi seluruh rakyatnya yang terdapat di dalam benteng Susan, dari pada orang besar sampai kepada orang kecil, bertempat di pelataran yang ada di taman istana kerajaan. 1:6 Di situ tirai-mirai dari pada kain lenan, mori halus dan kain ungu tua, yang terikat dengan tali lenan halus dan ungu muda bergantung pada tombol-tombol perak di tiang-tiang marmar putih, sedang katil emas dan perak ditempatkan di atas lantai pualam, marmar putih, gewang dan pelinggam. 1:7 Minuman dihidangkan dalam piala emas yang beraneka warna, dan anggurnya ialah anggur minuman raja yang berlimpah-limpah, sebagaimana layak bagi raja. 1:8 Adapun aturan minum ialah: tiada dengan paksa; karena beginilah disyaratkan raja kepada semua bentara dalam, supaya mereka berbuat menurut keinginan tiap-tiap orang. 1:9 Juga Wasti, sang ratu, mengadakan perjamuan bagi semua perempuan di dalam istana raja Ahasyweros. 1:10 Pada hari yang ketujuh, ketika raja riang gembira hatinya karena minum anggur, bertitahlah baginda kepada Mehuman, Bizta, Harbona, Bigta, Abagta, Zetar dan Karkas, yakni ketujuh sida-sida yang bertugas di hadapan raja Ahasyweros, 1:11 supaya mereka membawa Wasti, sang ratu, dengan memakai mahkota kerajaan, menghadap raja untuk memperlihatkan kecantikannya kepada sekalian rakyat dan pembesar-pembesar, karena sang ratu sangat elok rupanya. 1:12 Tetapi ratu Wasti menolak untuk menghadap menurut titah raja yang disampaikan oleh sida-sida itu, sehingga sangat geramlah raja dan berapi-apilah murkanya. 1:13 Maka bertanyalah raja kepada orang-orang arif bijaksana, orang-orang yang mengetahui kebiasaan zaman -- karena demikianlah biasanya masalah-masalah raja dikemukakan kepada para ahli undang-undang dan hukum; 1:14 adapun yang terdekat kepada baginda ialah Karsena, Setar, Admata, Tarsis, Meres, Marsena dan Memukan, ketujuh pembesar Persia dan Media, yang boleh memandang wajah raja dan yang mempunyai kedudukan yang tinggi di dalam kerajaan --, tanya raja: 1:15 "Apakah yang harus diperbuat atas ratu Wasti menurut undang-undang, karena tidak dilakukannya titah raja Ahasyweros yang disampaikan oleh sida-sida?" 1:16 Maka sembah Memukan di hadapan raja dan para pembesar itu: "Wasti, sang ratu, bukan bersalah kepada raja saja, melainkan juga kepada semua pembesar dan segala bangsa yang di dalam segala daerah raja Ahasyweros. 1:17 Karena kelakuan sang ratu itu akan merata kepada semua perempuan, sehingga mereka tidak menghiraukan suaminya, apabila diceritakan orang: Raja Ahasyweros menitahkan, supaya Wasti, sang ratu, dibawa menghadap kepadanya, tetapi ia tidak mau datang. 1:18 Pada hari ini juga isteri para pembesar raja di Persia dan Media yang mendengar tentang kelakuan sang ratu akan berbicara tentang hal itu kepada suaminya, sehingga berlarut-larutlah penghinaan dan kegusaran. 1:19 Jikalau baik pada pemandangan raja, hendaklah dikeluarkan suatu titah kerajaan dari hadapan baginda dan dituliskan di dalam undang-undang Persia dan Media, sehingga tidak dapat dicabut kembali, bahwa Wasti dilarang menghadap raja Ahasyweros, dan bahwa raja akan mengaruniakan kedudukannya sebagai ratu kepada orang lain yang lebih baik dari padanya. 1:20 Bila keputusan yang diambil raja kedengaran di seluruh kerajaannya -- alangkah besarnya kerajaan itu! --, maka semua perempuan akan memberi hormat kepada suami mereka, dari pada orang besar sampai kepada orang kecil." 1:21 Usul itu dipandang baik oleh raja serta para pembesar, jadi bertindaklah raja sesuai dengan usul Memukan itu. 1:22 Dikirimkanlah oleh baginda surat-surat ke segenap daerah kerajaan, tiap-tiap daerah menurut tulisannya dan tiap-tiap bangsa menurut bahasanya, bunyinya: "Setiap laki-laki harus menjadi kepala dalam rumah tangganya dan berbicara menurut bahasa bangsanya."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abagta a man who was one of king Ahasuerus' chamberlains
 · Admata a prince of Persia under King Ahasuerus
 · Ahasyweros king of Persia after Darius
 · Bigta a man who was one of king Ahasuerus' chamberlains
 · Bizta a man who was one of king Ahasuerus' chamberlains
 · Etiopia a country south of Egypt
 · Harbona a man who was one of king Ahasuerus' chamberlains
 · India a country in the region of the Indus River
 · kapal Tarsis son of Javan son of Japheth son of Noah,son of Bilhan, great grandson of Benjamin son of Israel,one of the seven princes of Persia under Ahasuerus,a region known for its ports friendly to the ships of Israel,A ship built strong and equiped for long range trading.
 · kapal-kapal Tarsis son of Javan son of Japheth son of Noah,son of Bilhan, great grandson of Benjamin son of Israel,one of the seven princes of Persia under Ahasuerus,a region known for its ports friendly to the ships of Israel,A ship built strong and equiped for long range trading.
 · Karsena one of the seven princes of Persia under Ahasuerus
 · kerajaan Persia a country located primarily east of the Persian Gulf
 · Madai a country on the SW coast of the Caspian Sea
 · Marsena one of the seven princes of Persia under Ahasuerus
 · Media a country on the SW coast of the Caspian Sea
 · Mehuman a man who was one of king Ahasuerus' chamberlains
 · Memukan one of the seven princes of Persia under Ahasuerus
 · Meres one of the seven princes of Persia under Ahasuerus
 · negeri Persia a country located primarily east of the Persian Gulf
 · orang Persia citizen(s) of Persia
 · Persia citizen(s) of Persia
 · raja Persia a country located primarily east of the Persian Gulf
 · Setar one of the seven princes of Persia under Ahasuerus
 · Susan capital city of Elam and winter home of the Persian kings (OS)
 · Tarsis son of Javan son of Japheth son of Noah,son of Bilhan, great grandson of Benjamin son of Israel,one of the seven princes of Persia under Ahasuerus,a region known for its ports friendly to the ships of Israel,A ship built strong and equiped for long range trading.
 · tentara Persia a country located primarily east of the Persian Gulf
 · Wasti queen of Ahasuerus
 · Zetar a man who was one of king Ahasuerus' chamberlains


Topik/Tema Kamus: Ahasyweros | Wasti | Raja, Kerajaan Media Dan Persia | Suami | Jamu, Perjamuan | Istana | Emas | Makan, Makanan Orang Yahudi | Rumah | Air Anggur | Bahasa | Perak | Tiang | Tempat Tidur | Zetar | Karsena | Marsena | Karkas | Bizta | Admata | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Est 1:1 - PADA ZAMAN AHASYWEROS. Nas : Est 1:1 Ahasyweros memerintah sebagai raja Persia dari 486 SM hingga 465 SM. Tanggal-tanggal penting untuk kitab Ester ialah: (1) pembua...

Nas : Est 1:1

Ahasyweros memerintah sebagai raja Persia dari 486 SM hingga 465 SM. Tanggal-tanggal penting untuk kitab Ester ialah:

  1. (1) pembuangan orang Yahudi oleh Nebukadnezar pada tahun 586 SM (pasal 2Raj 25:1-30);
  2. (2) orang Yahudi diizinkan kembali dari pembuangan pada tahun 538 SM (pasal Ezr 1:1-11);
  3. (3) masa Ester sebagai ratu Persia dimulai pada tahun 479 SM (Est 2:16-17);
  4. (4) perjalanan Ezra dengan izin pemerintah dari Babel ke Yerusalem pada tahun 458 SM (Ezr 7). Jadi, peristiwa-peristiwa dalam kitab ini terjadi kurang lebih 21 tahun sebelum Ezra memimpin rombongan kedua orang buangan kembali ke Yerusalem.

Full Life: Est 1:13 - MENGETAHUI KEBIASAAN ZAMAN. Nas : Est 1:13 Kadang-kadang orang-orang bijaksana yang duniawi lebih memahami keadaan zaman daripada mereka yang dianggap pemimpin bijaksana di an...

Nas : Est 1:13

Kadang-kadang orang-orang bijaksana yang duniawi lebih memahami keadaan zaman daripada mereka yang dianggap pemimpin bijaksana di antara orang percaya. Untuk pembahasan mengenai pemahaman keadaan zaman

lihat cat. --> 1Taw 12:32.

[atau ref. 1Taw 12:32]

BIS: Est 1:8 - Para tamu ... masing-masing Para tamu ... masing-masing, atau Tetapi tak ada yang dipaksa minum. Raja telah memerintahkan kepada pelayan-pelayan istana supaya semua tamu ... masi...

Para tamu ... masing-masing, atau Tetapi tak ada yang dipaksa minum. Raja telah memerintahkan kepada pelayan-pelayan istana supaya semua tamu ... masing-masing.

BIS: Est 1:22 - Perintah ... bahwa Perintah ... bahwa, atau supaya.

Perintah ... bahwa, atau supaya.

Jerusalem: Est 1:1 - -- TAMBAHAN YUNANI Est 1:1-17. Dalam terjemahan Yunani kitab Ester terdapat sejumlah tambahan yang tidak ditemukan dalam naskah Ibrani. Tambahan-tambahan...

TAMBAHAN YUNANI Est 1:1-17. Dalam terjemahan Yunani kitab Ester terdapat sejumlah tambahan yang tidak ditemukan dalam naskah Ibrani. Tambahan-tambahan itu oleh Gereja Katolik dianggap Kitab Suci. Dalam terjemahan Latin karya Hieronimus tambahan-tambahan itu semua ditempatkan pada akhir kitab Ester (Est 10:4-16:24). Dalam terjemahan Indonesia terbitan LAI ditempatkan di bagian "Deuterokanonika". Tambahan pertama ini berperan sebagai kata pendahuluan dan ditempatkan sebelum kisah Ester menurut naskah Ibrani. Latin hal. 755 dst

Jerusalem: Est 1:2 - benteng Susan Kota Susan (atau: Susa) terletak di sebelah timur kota Babel dan dahulu menjadi ibu kita negeri Elam. Selama musim dingin raja-raja Persia berkediaman...

Kota Susan (atau: Susa) terletak di sebelah timur kota Babel dan dahulu menjadi ibu kita negeri Elam. Selama musim dingin raja-raja Persia berkediaman di Susan.

Jerusalem: Est 1:3 - tentara Persia dan Media Ini barangkali perlu diperbaiki menjadi: para perwira tinggi tentara Persia dan Media. Perjamuan besar-besaran semacam itu memang tidak jarang diadaka...

Ini barangkali perlu diperbaiki menjadi: para perwira tinggi tentara Persia dan Media. Perjamuan besar-besaran semacam itu memang tidak jarang diadakan bdk Kej 40:20; 1Ra 3:15; Dan 5:1; Mar 6:21.

Jerusalem: Est 1:9 - Wasti Seorang permaisuri Persia yang bernama Wasti (dan Ester) tidak dikenal ilmu sejarah.

Seorang permaisuri Persia yang bernama Wasti (dan Ester) tidak dikenal ilmu sejarah.

Jerusalem: Est 1:13 - yang mengetahui kebiasaan zaman Maksud ungkapan Ibrani kurang jelas. Mungkin perlu diperbaiki menjadi: yang mahir dalam ilmu hukum.

Maksud ungkapan Ibrani kurang jelas. Mungkin perlu diperbaiki menjadi: yang mahir dalam ilmu hukum.

Jerusalem: Est 1:14 - yang boleh memandang wajah raja Artinya: yang termasuk dewan penasehat pribadi raja, bdk 2Ra 25:19. Dalam kitab Dan 2:2 dst; Est 5:7-12 juga diceriterakan bagaimana seorang raja memi...

Artinya: yang termasuk dewan penasehat pribadi raja, bdk 2Ra 25:19. Dalam kitab Dan 2:2 dst; Est 5:7-12 juga diceriterakan bagaimana seorang raja meminta nasehat dan keterangan dari pihak orang "arif bijaksana".

Jerusalem: Est 1:19 - undang-undang Persia dan Media Dalam kitab-kitab yang berlatar belakang zaman Persia sering kali ditemukan pikiran mengenai undang/penetapan yang tidak tercabut, namun segera juga d...

Dalam kitab-kitab yang berlatar belakang zaman Persia sering kali ditemukan pikiran mengenai undang/penetapan yang tidak tercabut, namun segera juga dibatalkan, bdk Dan 6:8,10,13,16; Est 3:12; 8:5,8. Penulis Yahudi kiranya diam-diam menertawakan "undang-undang Persia dan Media" semacam itu.

Jerusalem: Est 1:22 - dan berbicara menurut bahasa bangsanya Bagian ayat ini terdapat dalam terjemahan Yunani.

Bagian ayat ini terdapat dalam terjemahan Yunani.

Ende: Est 1:1 - -- [1a] Xerxes ini ialah Xerxes I, jang meradja 486-465 seb. Masehi.

[1a] Xerxes ini ialah Xerxes I, jang meradja 486-465 seb. Masehi.

Ende: Est 1:1 - Mordekai nama itu berasal dari nama dewa utama di Babel, jakni "Marduk". [1c] "Jekonja". Radja ini disebut djuga Jojakim (2Ra 24:8) dan "Konja" (Yer 22:14). [1...

nama itu berasal dari nama dewa utama di Babel, jakni "Marduk".

[1c] "Jekonja". Radja ini disebut djuga Jojakim (2Ra 24:8) dan "Konja" (Yer 22:14).

[1d] Gedjala2 sebangsa ini biasanya dalam sastera Perdjandjian Lama menjertai penampakan dan tjampurtangan Allah. Maknanya mimpi Mordekai itu diterangkan oleh Est 10:3a-i.

[1k] Tjahaja (matahari) adalah lambang biasa untuk keselamatan seperti "gelap" mengibaratkan darurat dan bahaja besar.

[1m] Nama-nama orang itu lain bunjinja dalam terdjemahan jang sama nama2 itupun kadang2 berbeda.

Ende: Est 1:2 - puri Susa adalah sebagian dari kota Susa itu, sebangsa benteng, kemana radja dan tentara dapat mengungsi dalam keadaan darurat. Disini rupa2nja adalah istana it...

adalah sebagian dari kota Susa itu, sebangsa benteng, kemana radja dan tentara dapat mengungsi dalam keadaan darurat. Disini rupa2nja adalah istana itu sendiri.

Ende: Est 1:5-8 - -- Penggambaran kemewahan perdjamuan itu memang sedikit banjak chajalan sadja.

Penggambaran kemewahan perdjamuan itu memang sedikit banjak chajalan sadja.

Ende: Est 1:9 - -- Dalam dokumen2 lainnja mengenai radja Xerxes seorang permaisuri jang bernama Wasjti tidak dikenal. Nama Esterpun tidak terdapat selain dalam kitab seb...

Dalam dokumen2 lainnja mengenai radja Xerxes seorang permaisuri jang bernama Wasjti tidak dikenal. Nama Esterpun tidak terdapat selain dalam kitab sebagai permaisuri Xerxes.

Ende: Est 1:14 - boleh memandang wadjah radja merupakan istilah untuk anggota2 dewan penasehat keradjaan.

merupakan istilah untuk anggota2 dewan penasehat keradjaan.

Ende: Est 1:19 - hukum jang tidak dapat dibatalkan lagi (istilah Parsi), sebenarnja berulang kali dibatalkan. Mungkin pengarang mau mengedjek sedikit.

(istilah Parsi), sebenarnja berulang kali dibatalkan. Mungkin pengarang mau mengedjek sedikit.

Ende: Est 1:22 - -- Keradjaan Parsi waktu Xerxes sebenarnja terdiri atas banjak bangsa dan suku jang berlainan. Naskah penetapan pemerintah dari djaman itu djuga memakai ...

Keradjaan Parsi waktu Xerxes sebenarnja terdiri atas banjak bangsa dan suku jang berlainan. Naskah penetapan pemerintah dari djaman itu djuga memakai beberapa bahasa.

Endetn: Est 1:3 - (panglima) ditambahkan, sebab itulah rupa2nja maknanja.

ditambahkan, sebab itulah rupa2nja maknanja.

Endetn: Est 1:4 - (serta) ditambahkan menurut terdjemahan Syriah.

ditambahkan menurut terdjemahan Syriah.

Endetn: Est 1:13 - hukum diperbaiki menurut satu naskah terdjemahan Junani (Luc.). Tertulis: "waktu2".

diperbaiki menurut satu naskah terdjemahan Junani (Luc.). Tertulis: "waktu2".

Endetn: Est 1:14 - ia memanggil diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "jang paling karib".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "jang paling karib".

Endetn: Est 1:18 - demikian setjukupnjalah diperbaiki sedikit. Tertulis: "banjak".

diperbaiki sedikit. Tertulis: "banjak".

Endetn: Est 1:21 - -- Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani: "dan berbitjara dalam bahasanja sendiri".

Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani: "dan berbitjara dalam bahasanja sendiri".

Ref. Silang FULL: Est 1:1 - zaman Ahasyweros // tujuh daerah // ke Etiopia · zaman Ahasyweros: Ezr 4:6; Ezr 4:6 · tujuh daerah: Est 9:30; Dan 3:2; 6:2 · ke Etiopia: Est 8:9

· zaman Ahasyweros: Ezr 4:6; [Lihat FULL. Ezr 4:6]

· tujuh daerah: Est 9:30; Dan 3:2; 6:2

· ke Etiopia: Est 8:9

Ref. Silang FULL: Est 1:2 - benteng Susan · benteng Susan: Ezr 4:9; Ezr 4:9; Est 2:8; Est 2:8

· benteng Susan: Ezr 4:9; [Lihat FULL. Ezr 4:9]; Est 2:8; [Lihat FULL. Est 2:8]

Ref. Silang FULL: Est 1:3 - baginda perjamuan · baginda perjamuan: 1Raj 3:15; 1Raj 3:15

· baginda perjamuan: 1Raj 3:15; [Lihat FULL. 1Raj 3:15]

Ref. Silang FULL: Est 1:5 - tujuh hari // di taman · tujuh hari: Hak 14:17 · di taman: 2Raj 21:18; 2Raj 21:18

· tujuh hari: Hak 14:17

· di taman: 2Raj 21:18; [Lihat FULL. 2Raj 21:18]

Ref. Silang FULL: Est 1:6 - sedang katil · sedang katil: Est 7:8; Yeh 23:41; Am 3:12; 6:4

· sedang katil: Est 7:8; Yeh 23:41; Am 3:12; 6:4

Ref. Silang FULL: Est 1:7 - sebagaimana layak · sebagaimana layak: Est 2:18; Dan 5:2

· sebagaimana layak: Est 2:18; Dan 5:2

Ref. Silang FULL: Est 1:9 - mengadakan perjamuan · mengadakan perjamuan: 1Raj 3:15; 1Raj 3:15

· mengadakan perjamuan: 1Raj 3:15; [Lihat FULL. 1Raj 3:15]

Ref. Silang FULL: Est 1:10 - gembira hatinya // minum anggur // Bizta, Harbona · gembira hatinya: Hak 16:25; Hak 16:25; Rut 3:7; Rut 3:7 · minum anggur: Kej 14:18; Kej 14:18; Est 3:15; 5:6; 7:2; Ams 31:4-7; Dan 5:1-...

· gembira hatinya: Hak 16:25; [Lihat FULL. Hak 16:25]; Rut 3:7; [Lihat FULL. Rut 3:7]

· minum anggur: Kej 14:18; [Lihat FULL. Kej 14:18]; Est 3:15; 5:6; 7:2; Ams 31:4-7; Dan 5:1-4

· Bizta, Harbona: Est 7:9

Ref. Silang FULL: Est 1:11 - mereka membawa // memperlihatkan kecantikannya · mereka membawa: Kid 2:4 · memperlihatkan kecantikannya: Mazm 45:12; Yeh 16:14

· mereka membawa: Kid 2:4

· memperlihatkan kecantikannya: Mazm 45:12; Yeh 16:14

Ref. Silang FULL: Est 1:12 - berapi-apilah murkanya · berapi-apilah murkanya: Kej 39:19; Est 2:21; 7:7 Ams 19:12

· berapi-apilah murkanya: Kej 39:19; Est 2:21; 7:7 Ams 19:12

Ref. Silang FULL: Est 1:13 - kebiasaan zaman · kebiasaan zaman: 1Taw 12:32

· kebiasaan zaman: 1Taw 12:32

Ref. Silang FULL: Est 1:14 - ketujuh pembesar · ketujuh pembesar: Ezr 7:14

· ketujuh pembesar: Ezr 7:14

Ref. Silang FULL: Est 1:18 - dan kegusaran · dan kegusaran: Ams 19:13; 27:15

· dan kegusaran: Ams 19:13; 27:15

Ref. Silang FULL: Est 1:19 - pemandangan raja // dapat dicabut · pemandangan raja: Pengkh 8:4 · dapat dicabut: Est 8:8; Dan 6:9,13

· pemandangan raja: Pengkh 8:4

· dapat dicabut: Est 8:8; Dan 6:9,13

Ref. Silang FULL: Est 1:22 - menurut bahasanya · menurut bahasanya: Neh 13:24; Neh 13:24

· menurut bahasanya: Neh 13:24; [Lihat FULL. Neh 13:24]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Est 1:1-22 - -- I. Ratu Wasti Diceraikan (1:1-22) Pada hari terakhir dari perayaan tujuh hari di istana Susan, Raja Ahasyweros memanggil ratu Wasti untuk tampil di h...

I. Ratu Wasti Diceraikan (1:1-22)

Pada hari terakhir dari perayaan tujuh hari di istana Susan, Raja Ahasyweros memanggil ratu Wasti untuk tampil di hadapan para bangsawan kerajaan yang mabuk untuk memamerkan kecantikannya. Penolakan Wasti membuat raja menjadi murka sekali, dan sesuai dengan usulan Memukan, salah satu pemuka utama, Wasti diceraikan melalui sebuah ketetapan yang disebarluaskan. Hukuman ini, menurut pendapat para penasihat itu, akan menjadi peringatan bagi semua istri lainnya agar menghormati suami mereka.

Wycliffe: Est 1:1 - Pada zaman Ahasyweros // Dialah Ahasyweros yang merajai ... mulai dari India sampai ke Etiopia // India // Seratus dua puluh tujuh daerah // daerah 1. Pada zaman Ahasyweros. Pastilah yang dimaksudkan adalah Raja Ahasyweros (486-465 sM; Ezr. 4:6), putra Darius I, yang berusaha untuk menaklukan Yuna...

1. Pada zaman Ahasyweros. Pastilah yang dimaksudkan adalah Raja Ahasyweros (486-465 sM; Ezr. 4:6), putra Darius I, yang berusaha untuk menaklukan Yunani pada tahun 481 sM. Ahasyweros gagal total di dalam usahanya itu karena kekalahan yang menyakitkan di Salamis (480 sM) dan Plataea (479 sM). Dialah Ahasyweros yang merajai ... mulai dari India sampai ke Etiopia. Untuk mencegah kemungkinan terjadinya kekeliruan dengan ayah Darius orang Media yang memiliki nama yang sama (Dan. 9:1), penulis menunjuk pada wilayah luas yang dikuasai Ahasyweros ini (bdg. 8:9; 10:1). India yang disebut di sini adalah wilayah yang sama dengan wilayah Punjab di Pakistan Barat dewasa ini, yaitu wilayah yang terletak di bagian barat Sungai Indus yang kemudian dikuasai oleh pasukan Aleksander. Herodotus mengemukakan bahwa baik India maupun Etiopia tunduk kepada Ahasyweros (3.97, 98; 7.9). Seratus dua puluh tujuh daerah. Angka ini dikelirukan dengan dua puluh daerah kekuasaan yang disebutkan oleh Herodotus untuk Darius I (3.89-94). dan seratus dua puluh penguasa yang ditugaskan oleh Darius orang Media (Dan. 6: 1). Kata daerah (Ibr. medina) mengacu kepada wilayah pemerintahan yang lebih kecil dari kerajaan, seperti daerah Yehuda (Neh. 1:3) padahal Herodotus sedang mengacu pada wilayah yang lebih luas, seperti provinsi kelima yang mencakup seluruh Fenisia, Palestina, Aram dan Siprus. Tetapi Kitab Daniel tidak membahas wilayah semacam ini sama sekali sebab yang dikemukakan hanya bahwa Darius orang Media "berkenan ... mengangkat seratus dua puluh wakil-wakil raja atas kerajaannya" (Dan. 6:1; bdg. John C. Whitcomb, Darius the Mede, hlm. 31-33).

Wycliffe: Est 1:2 - Benteng Susan 2. Benteng Susan. Susan (Susa) adalah salah satu ibu kota utama kerajaan Persia, yang lain adalah Ekbatana (Ezr. 6:1-2) dan Persepolis. Ke kota inilah...

2. Benteng Susan. Susan (Susa) adalah salah satu ibu kota utama kerajaan Persia, yang lain adalah Ekbatana (Ezr. 6:1-2) dan Persepolis. Ke kota inilah Daniel pernah dibawa di dalam sebuah penglihatan (Dan. 8:2); dan kemudian Nehemia melayani di sini sebagai juru minuman Artahsasta (Neh. 1:1; 2:1).

Wycliffe: Est 1:3 - Pada tahun yang ketiga dalam pemerintahannya, diadakanlah oleh baginda perjamuan // Tentara Persia dan Media, kaum bangsawan dan pembesar daerah // Tentara // bangsawan dan pembesar daerah // seluruh rakyatnya yang terdapat di dalam benteng Susan // Pelataran yang ada di taman istana kerajaan 3. Pada tahun yang ketiga dalam pemerintahannya, diadakanlah oleh baginda perjamuan. Perjamuan (harfiah, pesta minum) ini diadakan pada tahun 483/482 ...

3. Pada tahun yang ketiga dalam pemerintahannya, diadakanlah oleh baginda perjamuan. Perjamuan (harfiah, pesta minum) ini diadakan pada tahun 483/482 sM, dan pastilah merupakan perjamuan yang disebut oleh Herodotus (7.8), ketika mana Ahasyweros membuat rencana untuk menyerang Yunani. Tentara Persia dan Media, kaum bangsawan dan pembesar daerah. Pada zaman Koresy, Media disebut sebelum Persia (Dan. 6:8), namun sekarang Persia jauh lebih terkemuka di zaman monarki ganda. Tentara mewakili kekuatan militer sedangkan bangsawan dan pembesar daerah mewakili para pemimpin sipil. 4, 5. Selama seratus delapan puluh hari Ahasyweros membahas rencana perang dengan para bawahannya dan membuat mereka terkesan dengan kemegahan dan kemewahan istananya. Sesudah itu, diadakan perjamuan selama tujuh hari (ay. 3 dan ay. 5 mungkin mengacu kepada perjamuan yang sama) sebab seluruh rakyatnya yang terdapat di dalam benteng Susan hadir di dalam perjamuan tersebut, termasuk sejumlah pemimpin yang berasal dari berbagai provinsi yang datang untuk pembahasan rencana perang selama seratus delapan puluh hari itu (Keil, in.loco). Pelataran yang ada di taman istana kerajaan. Wilayah atau lapangan yang ada di sekeliling istana.

Wycliffe: Est 1:6 - -- 6. Arti dari beberapa kata di dalam ayat ini tidak jelas. Kain berwarna putih dan ungu tua, yaitu warna-warna kerajaan (bdg. 8:15) digantungkan pada t...

6. Arti dari beberapa kata di dalam ayat ini tidak jelas. Kain berwarna putih dan ungu tua, yaitu warna-warna kerajaan (bdg. 8:15) digantungkan pada tiang-tiang marmer dengan gelang-gelang perak. Kemudian, juga terdapat beberapa buah katil berlapis emas dan perak (bdg. 7:8) di atas lantai pualam yang terbuat dari batu-batu tatahan berbagai warna. Istana yang sangat indah ini terbakar hingga rata dengan tanah menjelang akhir masa pemerintahan Artahsasta, putra dari Ahasyweros, sekitar tahun 435 sM (A. T. Olmstead, The History of the Persian Empire, hlm. 352).

Wycliffe: Est 1:7-8 - Piala emas yang beraneka warna // Sebagaimana layak bagi raja // Adapun aturan minum ialah: tiada dengan paksa 7, 8. Piala emas yang beraneka warna. Tempat minum yang beragam merupakan sebuah bentuk kemewahan gaya Persia. Sebagaimana layak bagi raja. Bandingkan...

7, 8. Piala emas yang beraneka warna. Tempat minum yang beragam merupakan sebuah bentuk kemewahan gaya Persia. Sebagaimana layak bagi raja. Bandingkan I Raja-Raja 10:13. Adapun aturan minum ialah: tiada dengan paksa. Pada umumnya raja memohon para tamunya untuk meminum jumlah tertentu, tetapi sekarang para tamu dapat minum sesuka hati mereka.

Wycliffe: Est 1:9-12 - -- 9-12. Pada hari terakhir perjamuan, sang raja yang sedang mabuk (Hak. 16:25; II Sam. 13:28) memanggil tujuh orang sida-sidanya (bdg. 1:12, 15) yang me...

9-12. Pada hari terakhir perjamuan, sang raja yang sedang mabuk (Hak. 16:25; II Sam. 13:28) memanggil tujuh orang sida-sidanya (bdg. 1:12, 15) yang merupakan sarana penghubung dengan harem untuk memanggil ratu Wasti. Para ratu Persia pada umumnya ikut makan di meja raja, namun tidak harus ikut makan ketika diadakan perjamuan yang besar. Takut akan kehilangan martabatnya di tengah-tengah kelompok pemabuk tersebut (Herodotus, 5.18), Ratu Wasti tidak bersedia memenuhi panggilan itu.

Wycliffe: Est 1:13-14 - Orang-orang arif bijaksana ... yang mengetahui kebiasaan zaman ... ketujuh pembesar 13, 14. Orang-orang arif bijaksana ... yang mengetahui kebiasaan zaman ... ketujuh pembesar. Jumlah tujuh rupanya merupakan sebuah angka keramat bagi ...

13, 14. Orang-orang arif bijaksana ... yang mengetahui kebiasaan zaman ... ketujuh pembesar. Jumlah tujuh rupanya merupakan sebuah angka keramat bagi orang Persia (bdg. 1: 10; 2:9; Ezr. 7:14). Orang-orang bijaksana ini mungkin adalah ahli astrologi atau ahli hukum. Dari keluarga-keluarga terkemuka inilah para raja Persia memperoleh istri mereka (Herodotus 3.84).

Wycliffe: Est 1:16-20 - Sehingga tidak dapat dicabut kembali 16-20. Memukan, salah seorang dari ketujuh pembesar itu (ay. 14), memanfaatkan kesempatan untuk mengubah urusan pribadi menjadi sebuah krisis umum dan...

16-20. Memukan, salah seorang dari ketujuh pembesar itu (ay. 14), memanfaatkan kesempatan untuk mengubah urusan pribadi menjadi sebuah krisis umum dan nasional, pasti karena pernah terjadi perbedaan pendapat di antara sang ratu dengan para pembesar itu. Para istri dari warga negara biasa akan menentang suami mereka (ay. 17) dan demikian pula para istri dari ketujuh pembesar tersebut bahkan "pada hari ini juga" (ay. 18) akan menuntut kesetaraan karena ingin menyamai ratu mereka. Sehingga tidak dapat dicabut kembali (ay. 19). Bandingkan 8:8; Daniel 6:9. Jelas bahwa mereka tidak ingin Wasti berkuasa kembali dan menghukum mereka karena memberikan nasihat ini!

Wycliffe: Est 1:21-22 - Dikirimkanlah oleh baginda surat-surat ke segenap daerah kerajaan, tiap-tiap daerah menurut tulisannya // Setiap laki-laki harus menjadi kepala dalam rumah tangganya dan berbicara menurut bahasa bangsanya 21, 22. Dikirimkanlah oleh baginda surat-surat ke segenap daerah kerajaan, tiap-tiap daerah menurut tulisannya. Kerajaan Persia bermegah memiliki sist...

21, 22. Dikirimkanlah oleh baginda surat-surat ke segenap daerah kerajaan, tiap-tiap daerah menurut tulisannya. Kerajaan Persia bermegah memiliki sistem pengiriman surat yang sangat efisien, walaupun komunikasi menjadi rumit karena ada banyak bahasa yang digunakan di seluruh kerajaan. Setiap laki-laki harus menjadi kepala dalam rumah tangganya dan berbicara menurut bahasa bangsanya. Yang dimaksudkan tidak jelas, namun rupanya "kepemimpinan suami sebagai kepala rumah tangganya harus ditunjukkan dengan kenyataan bahwa hanya bahasa ibu dari kepala rumah tangga saja yang boleh dipakai di dalam setiap rumah" (Keil; bdg. Neh. 13:23). Disebutkannya hal ini di dalam ketetapan menunjukkan bahwa masalah Wasti juga dicantumkan di dalam ketetapan ini.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Est 1:1-22 - Punya kuasa = sombong (Sabtu, 15 Desember 2007) Punya kuasa = sombong Ketika kesombongan menguasai seseorang maka akan terbit hasrat untuk "unjuk gigi": pamer kuasa, kejayaan, dan tentu saja ke...

SH: Est 1:1-22 - Tuhan di tengah dunia sekular. (Kamis, 21 Juni 2001) Tuhan di tengah dunia sekular. Pasal pertama Kitab Ester merupakan jendela bagi kita untuk memahami latar belakang sebuah kisah umat Tuhan di tengah ...

Topik Teologia: Est 1:9 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wanita Dalam Kepemimpinan Wanita sebagai Penguasa Wasti Est 1:9

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ester (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kepedulian Allah yang Memelihara Tanggal Penulisan: 460-400 SM Latar Belakang Setelah kerajaa...

Full Life: Ester (Garis Besar) Garis Besar I. Pemeliharaan Allah Dalam Penempatan Seorang Ratu (Est 1:1-2:18) A. Wasti Dipecat Sebagai Ratu Persia ...

Jerusalem: Ester (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TOBIT, YUDIT DAN ESTER PENGANTAR Dalam terjemahan Latin, Vulgata, tiga kitab, yakni Tobit (Latin:Tobit), Yudit dan Ester ditentukan sesuda...

Ende: Ester (Pendahuluan Kitab) KITAB -KITAB TOBIT JUDIT ESTER PENDAHULUAN Didalam Kitab Sutji Junani dan Latin terdapatlah sesudah kitab2 Tawarich, djadi kitab2 sedjarah, ketiga kit...

Wycliffe: Ester (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN ESTER Judul. Judul kitab ini disesuaikan dengan nama tokoh utamanya, Ester. Nama ini merupakan sebuah nama Persia yang artinya bintang. N...

Wycliffe: Ester (Garis Besar) GARIS BESAR ESTER I. Ratu Wasti Diceraikan (1:1-22). II. Ester Dijadikan Ratu (2:1-23). III. Muslihat Haman Memusnahkan Orang Yahudi (3:...

BIS: Ester (Pendahuluan Kitab) ESTER PENGANTAR Buku Ester mengisahkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di istana raja Persia, yang biasanya dipakai di musim dingin. Dalam buku ini

ESTER

PENGANTAR

Buku Ester mengisahkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di istana raja Persia, yang biasanya dipakai di musim dingin. Dalam buku ini yang memegang peran utama ialah Ester, seorang wanita Yahudi yang patut disebut pahlawan. Karena cintanya kepada bangsanya maka dengan gagah berani ia menggagalkan rencana musuh yang hendak membinasakan orang Yahudi. Buku ini menerangkan latar belakang dan arti suatu perayaan Yahudi yang disebut Purim.

Isi

  1.  Ester menjadi ratu
    Est 1:1-2:23
  2.  Haman membuat rencana jahat
    Est 3:1-5:14
  3.  Haman dihukum mati
    Est 6:1-7:10
  4.  Orang Yahudi mengalahkan musuh mereka
    Est 8:1-10:3

Ajaran: Ester (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ester, setiap anggota Jemaat yakin, bahwa Allah memelihara dan menolong umat-Nya ketika mengalami pencobaa

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ester, setiap anggota Jemaat yakin, bahwa Allah memelihara dan menolong umat-Nya ketika mengalami pencobaan dan penderitaan.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab Ester sangat sukar untuk dipastikan. Tetapi menurut para ahli Alkitab, ada kemungkinan ditulis oleh Mordekhai atau Ester bahkan mungkin juga Nehemia.

Isi Kitab: Isi Kitab Ester menceritakan keadaan Bangsa Israel di pembuangan. Untuk dapat mengerti isi Kitab Ester ini, kita akan mempelajari riwayat para pelaku dan peranannya.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ester

  1. Raja Ahasyweros

    Pasal Est 1:1, raja Ahasyweros adalah raja yang memerintah 127 daerah, dari India sampai Etiopia. Dia adalah salah satu raja yang terkenal pada zaman itu, namun dalam pemerintahannya dia suka bertindak sewenang-wenang.

    Pendalaman

    1. Mengapakah raja Ahasyweros mau membinasakan orang Yahudi? (Est 3:8-11).
    2. Tetapi bagaimanakah sebenarnya kepribadiannya? (Est 6:1-3,10-11).
  2. Ratu Wasti

    Ratu Wasti adalah orang yang dipecat oleh raja Ahasyweros, karena pada waktu raja Ahasyweros menyuruh Wasti memperlihatkan kecantikannya pada pesta yang diadakannya, ratu Wasti menolak. Hal ini bagi raja adalah satu penghinaan, maka raja memberikan keputusan, bahwa ratu Wasti dipecat sebagai ratu dan akan dicari penggantinya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Est 1:9-22. Mengapakah ratu Wasti dipecat?
    2. Kekerasan hati ratu Wasti ini, justru merupaka kesempatan bagi orang Yahudi menjadi rat (Est 2:17-18).
  3. Haman

    Haman adalah seorang yang menerima kebesaran dari raja Ahasyweros dengan kenaikan pangkat dan kedudukan tertinggi di atas semua pembesar. Semua rakyat diperintahkan menyembah Haman. Haman sangat memusuhi orang Yahudi karena Mordekhai tidak mau menyembah dia. Haman diberi kuasa oleh raja untuk membunuh bangsa Yahudi.

    Pendalaman

    1. Siapakah Haman? (Est 3:1,5-6). Dan bagaimanakah kepribadiannya? Serta mengapakah ia membenci orang Yahudi?
    2. Bagaimanakah nasib orang seperti Haman, yang berusah memusnahkan umat Allah? (Est 7:1-10).
  4. Mordekhai

    Mordekhai adalah orang Yahudi yang menjadi pegawai istana raja. Dia mempunyai tugas duduk di pintu gerbang istana raja (pasal Est 2:5,19,21). Dan ia adalah seorang yang tidak menyembah kepada Haman, karena menurut keyakinan Mordekhai hanya Tuhanlah yang patut disembah. Dalam pasal 4 (Est 4:1-17) dijelaskan Mordekhai berdukacita dan bersedih bersama orang Yahudi karena adanya keputusan raja memberi kuasa kepada Haman, untuk membunuh orang Yahudi.

    Pendalaman

    1. Siapakah Mordekhai? (Est 2:5; 3:1-5). Dan bagaimanakah kepribadiannya?
    2. Bacalah pasal Est 6:1-11. Apakah sebabnya Mordekhai dihormati raja?
    3. Bagaimanakah keadaan orang yang taat pada Tuhan, sepert Mordekhai ini? (Est 8:1-2; 9:4; 10:1-3).
  5. Ester

    Ester adalah seorang anak yatim bangsa Yahudi. Dia adalah saudara sepupu dari Mordekhai. Ketika ratu Wsti dipecat dari kedudukannya sebagai ratu, maka Ester diangkat menjadi ratu. Pada waktu orang Yahudi akan dibunuh, Ester menerima permohonan dari Mordekhai untuk menolong membebaskan orang Yahudi (pasal Est 4:14).

    Pendalaman

    1. Siapakah Ester? (Est 1:7; 2:17). Dan apakah kedudukan Ester dalam kerajaan?
    2. Apakah tugas Ester bagi umat Allah? (Est 4:8-16).
    3. Apakah usahanya itu berhasil? (Est 7:1-8 8:5-8).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Ester membuktikan bahwa Allah tetap setia dalam memelihara dan menolong umat-Nya yang berada dalam kesusahan dan kesulitan.

  2. Pengalaman Haman membuktikan bahwa kesombongan ketamakan akan menghasilkan kerugian bagi diri sendiri.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah nama raja yang ada dalam Kitab Ester?
  2. Mengapakah Ester bisa menjadi ratu?
  3. Apakah sebabnya Haman sangat membenci umat Allah?
  4. Bagaimanakah nasib Haman?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar mempelajari Kitab Ester?

Intisari: Ester (Pendahuluan Kitab) Allah mengatur di belakang layar RINGKASAN CERITAEster, anak angkat pamannya, Mordekhai dijadikan ratu oleh Raja Persia Xerxes, yang juga dikenal den

Allah mengatur di belakang layar

RINGKASAN CERITA
Ester, anak angkat pamannya, Mordekhai dijadikan ratu oleh Raja Persia Xerxes, yang juga dikenal dengan nama raja Ahasyweros. Perdana menterinya, Haman, membenci orang Yahudi dan bersekongkol untuk melenyapkan mereka. Sasaran utamanya ialah Mordekhai. Ester dengan kepintarannya membuat raja mengalihkan keputusannya terhadap bangsa Yahudi, dan Haman akhirnya digantung. Mordekhai kemudian diberi kekuasaan dan bangsa Yahudi memperingati peristiwa itu dengan perayaan.

TEMPAT KEJADIAN
Kisah ini terjadi di ibu kota Persia, Susan, pada masa pemerintahan Raja Ahasyweros yang memerintah pada tahun 486-465 S.M.

TUJUAN KITAB ESTER
Ada tiga alasan mengapa kitab ini ditulis:
1. Alasan yang paling utama ialah untuk menerangkan kepada bangsa Yahudi mengenai asal mula Perayaan Purim yang mereka rayakan antara tanggal 13 dan 15 bulan Adar (Februari-Maret). Lihat Ester 9:20-32 dan Est 3:7.
2. Alasan lain yang jelas mengapa kitab itu ditulis ialah untuk memperingatkan umat terhadap anti-Semitisme. Bangsa Yahudi adalah umat Allah yang istimewa, yang menduduki tempat yang unik dalam sejarah dan mempunyai kuasa untuk bertahan melawan segala yang jahat. Ester merupakan salah satu episoda sejarah yang menarik.
3. Kitab ini juga memperlihatkan kuasa Allah untuk mengendalikan peristiwa dan memelihara umat-Nya, bahkan pada saat segala sesuatu tampaknya tak bersahabat dengan mereka.

CIRI-CIRI ISTIMEWA
1. Kitab ini tidak pernah sekali pun menyebut-nyebut Allah, namun kehadiran-Nya terasa di mana-mana.
2. Kitab ini menggambarkan istana Persia dan adat-istiadatnya secara mendetail.
3. Kitab ini merupakan salah satu dari dua kitab dalam Alkitab yang judulnya diambil dari nama wanita.
4. Banyak orang meragukan nilai kitab ini, karena nasionalisme Yahudinya yang sangat kuat dan kurangnya acuan kepada Allah. Namun kisah dan pesan yang disampaikan tidak boleh diabaikan.

Pesan

Kitab Ester menyampaikan dua hal utama:

1. Pemeliharaan Allah
Pemeliharaan Allah berarti bahwa Ia berkuasa penuh atas dunia. Hal ini juga berhubungan dengan pemeliharaan-Nya yang penuh kasih atas umat-Nya (Roma 8:28). Perhatikan:
o Allah selalu ingat akan umat-Nya. Banyak orang Yahudi dalam pembuangan di Persia berpikir bahwa Allah telah melupakan mereka. Mereka bahkan merasa lebih ditinggalkan oleh Allah sewaktu Haman berencana untuk membinasakan mereka. Tetapi, Allah mengingat mereka.
o Allah mengatur segala peristiwa. Allah menempatkan Ester pada kedudukan penting pada waktu yang tepat. Pada waktu diperlukan, Dia bahkan membuat Raja Ahasyweros tidak dapat tidur (Est 6:1)!
o Allah merencanakan tindakan-Nya dengan sempurna. Hal ini jelas terlihat dalam seluruh kisah, tetapi perhatikan secara khusus Est 4:14.
o Allah sungguh-sungguh bekerja. Dia tidak memilih untuk mengadakan mukjizat di sini. Dia semata-mata bekerja melalui hubungan antar manusia yang biasa dan melalui diplomasi. Namun demikian, Dia sungguh-sungguh bekerja. Allah tidak pernah ditonjolkan dalam kisah ini, tetapi umat-Nya tahu bahwa Dia hadir di antara mereka dan melakukan segala sesuatu untuk kebaikan mereka.

2. Umat Allah
o Umat Allah yang istimewa. Kisah ini menunjukkan bahwa bangsa Yahudi merupakan umat pilihan Allah (lihat Ula 7:7,8). Ester merupakan salah satu kisah mengenai hal ini.
o Allah menyelamatkan umat-Nya. Mereka boleh bergantung pada Allah yang akan menyelamatkan mereka, walaupun mereka tahu bahwa mereka hanya akan selamat jika mereka taat pada perjanjian dengan Allah. Lihat Maz 81:13-16.
o Umat Allah yang jujur (Est 2:19-23). Kejujuran Mordekhai dan kejujuran yang berani dari Ester merupakan kunci utama pembebasan bangsa Yahudi. Umat Allah haruslah orang-orang yang penuh kejujuran. Est 7:1-10
o Umat Allah yang minoritas. walaupun merupakan kelompok minoritas, umat Allah dapat mencpai sukses besar jika Dia ada bersama-sama mereka.
o Umat Allah yang percaya. Dalam saat-saat kritis, orang Yahudi percaya penuh kepada Allah. Est 4:15,16

Penerapan

Ester mengajar kita:

o Untuk menaruh keyakinan pada Allah, karena Dia memelihara kita.
o Untuk percaya kepada Allah, sebab waktu Tuhan sangat sempurna.
o Untuk melakukan apa yang benar dan menyerahkan selebihnya kepada Allah.
o Untuk bertindak dengan berani, tak peduli apapun risikonya.
o Untuk berdoa dalam saat-saat kristis.
o Untuk mengasihi golongan minoritas rasial.
o Untuk mengingat kasih Allah yang istimewa terhadap bangsa Yahudi.

Tema-tema Kunci

Ester merupakan sebuah buku mengenai penelitian tentang karakter manusia. Pelajarilah tokoh-tokoh di bawah ini:

1. Ester
Ia lemah lembut dan menarik (Est 2:1-18); bergantung sepenuhnya kepada Allah (Est 4:15-17); berani (Est 4:6); diplomatis (Est 5:1-8; 7:1-6). Apa lagi yang dapat Anda katakan mengenai Dia?

2. Mordekhai
Anda dapat melihat karakternya dengan dua cara. Apakah ia seorang Yahudi yang rencananya dimotivasi oleh rasa patriotisme (lihat Est 2:10; 9:2-4), ataukah ia seorang yang dimotivasi oleh kasihnya kepada umat Allah (lihat Est 2:7; 19-23; 4:1-17; 10:3). Bagaimana pendapat Anda mengenai dia?

3. Haman
Kejatuhannya disebabkan oleh ambisi yang serakah (Est 5:10-12), didorong oleh istrinya (Est 5:14), dan oleh perubahan pendapat istrinya (Est 6:13). Kejatuhan Haman melalui suatu perjalanan panjang (Est 3:1,2). Pelajaran apa yang diajarkan Haman kepada Gereja dewasa ini mengenai ambisi?

Garis Besar Intisari: Ester (Pendahuluan Kitab) [1] RATU WASTI DITURUNKAN DARI KEDUDUKANNYA SEBAGAI RATU Est 1:1-22 Est 1:1-9 Raja mengadakan pesta Est 1:10-12Ratu menolak menghadap raj

[1] RATU WASTI DITURUNKAN DARI KEDUDUKANNYA SEBAGAI RATU Est 1:1-22

Est 1:1-9 Raja mengadakan pesta
Est 1:10-12Ratu menolak menghadap raja
Est 1:13-22Raja menurunkan ratu

[2] ESTER MENJADI RATU Est 2:1-18

Est 2:1-4 Raja mencari seorang ratu baru
Est 2:5-18Seorang wanita Yahudi yatim piatu terpilih

[3] JIWA RAJA DISELAMATKAN Est 2:19-23

[4] HAMAN SI PEMBENCI YAHUDI Est 3:1-15

Est 3:1-6Haman membuat rencana jahat untuk membinasakan orang Yahudi
Est 3:7-15Haman melibatkan raja

[5] ESTER DATANG UNTUK MENYELAMATKAN Est 4:1-5:8

Est 4:1-17Ester mengetahui rencana itu
Est 5:1-8Ester mulai menggunakan cara-cara diplomatis

[6] HAMAN MENGUTARAKAN NIATNYA Est 5:9-14

[7] KEADAAN BERBALIK Est 6:1-14

Est 6:1-11Mordekhai diberi anugerah untuk kesetiaannya
Est 6:12-14Haman menggerutu

[8] KEBENARAN DINYATAKAN Est 7:1-8:17

Est 7:1-10Rencana Haman untuk membunuh Mordekhai terungkap dan Haman digantung
Est 8:1-17 Raja mengubah keputusannya

[9] ORANG YAHUDI BERSUKARIA Est 9:1-32

Est 9:1-17Orang Yahudi mengadakan pembalasan
Est 9:18-32Orang Yahudi mengadakan pesta

[10] KEBESARAN MODERKHAI YANG TERAKHIR Est 10:1-3

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #23: Gunakan Studi Kamus dengan menggunakan indeks kata atau kotak pencarian. [SEMUA]
dibuat dalam 4.13 detik
dipersembahkan oleh YLSA