Daftar Isi
HEBREW: 1912 wdh Hoduw
BROWNING: INDIA
ENSIKLOPEDIA: INDIA

India

Dalam versi-versi Alkitab:

Hindi: TL
India: BIS FAYH TB
Peta Google: India (22° 0´, 77° 0´);
OpenBible: (Flickr/Panoramio) India

Ibrani

Strongs #01912: wdh Hoduw

India = "flee away" or " give ye thanks"

1) the country surrounding the Indus, mentioned as the eastern border
of the empire of Ahasuerus

1912 Hoduw ho'-doo

of foreign origin; Hodu (i.e. Hindu-stan): KJV -- India.

INDIA [browning]

Meskipun dalam Alkitab hanya disebutkan dalam Kitab Ester (1:1; 8:9), telah terdapat perdagangan reguler antara India dengan negara-negara Laut Tengah. Persekutuan Kristen Malabar di India Barat Daya mengaku telah didirikan oleh Rasul Tomas suatu hal yang kurang mungkin.

INDIA [ensiklopedia]

I. Periode pertama

Ibrani hoddu, dari bh Persia Kuno hindu (bnd Sanskrit sindhu) dalam prasasti-prasasti Darius I dan Xerxes I dari Persia. Daerah yg dinamai demikian adalah bagian lembah Indus dan dataran ke arah timur pegunungan Afghan, yg digabungkan dalam kekaisaran Persia oleh Darius I, dan yg menjadikannya perbatasan timur wilayahnya (Herodotus, 3.94; 4.40, 44). Dalam Est 1:1; 8:9 batas-batas wilayah kekuasaan Ahasyweros (Xerxes I) adalah 'dari India sampai Etiopia', hoddu dan kusy; ini sesuai dengan prasasti-prasasti Persia Kuno, bnd daftar negara-negara termasuk 'Sind' atau India (Hidusy) dan Etiopia (Kusyiya) dalam R. G Kent, Old Persian: Grammar,'Texts, Lexicon, 1953, hlm 151, garis 25, 29 dan bg 3. Tapi lama sebelumnya, kegiatan perdagangan antara India dan Mesopotamia telah ada, diperhitungkan kr pada thn 2100 sM (periode Ur III), berdasarkan naskah-naskah dan adanya lembah Indus di Mesopotamia.

Beberapa orang berpendapat bahwa Ofir termasuk wilayah India (S)upara (*OFIR). India adalah sumber dari gajah-gajah perang yg digunakan oleh Aleksander dan pengganti-pengganti Seleusidnya di Aram, dan dalam periode Yunani-Romawi beberapa barang luks datang dari India, biasanya melalui Arabia-Selatan, atau melalui Laut Merah atau melalui daratan barat Arabia. Mengenai rute dan ilmu pelayaran bnd van Beek dan Hourani, JAOS 78, 1958, hlm 146, 147; dan 80, 1960, hlm 135-139. Pangeran-pangeran Yunani mempertahankan diri mereka untuk beberapa lama di wilayah-wilayah barat laut India; bnd W. W Tam, The Greeks in Bactria and India, 1938. Mengenai orang India di Mesir pada periode Yunani-Romawi, bnd Sir H. I Bell, Cults and Creeds in Graeco-Roman Egypt, 1953, hlm 48; E Bevan, History ofEgypt under the Ptolemaic Dynasty, 1927,hlm 155; Petrie, Memphis 1, 1909, hlm 16, 17.

II. Periode kemudian

Antara abad pertama sM dan thn 200 M, India dan negara-negara di sekitar Laut Tengah mengadakan hubungan dagang dan kultural yg erat, dipacu oleh pasar Romawi yg memasarkan barang-barang mewah dari timur dan yg dipermudah oleh penemuan sifat musim-musim, serta pembukaan rute laut yg teratur ke kota-kota Tamil (zaman Cranganore dan Kottayam), dan bahkan ke Madras (Sopatma) dan lebih jauh lagi. Inilah latar belakang berita pengkomunikasian Kekristenan yg pertama di India. Tradisi tunggal gereja kuno di India Selatan mengkaitkan sejarah pendiriannya kepada Tomas, rasul itu. Kitab Kisah (Yudas) Tomas (*APOKRIFA PB) yg berpengaruh gnostisisme juga menempatkan aktivitas-aktivitas Tomas di India. Kitab ini termasuk dongeng, tapi J. N Farquhar membuktikan bahwa di dalamnya digambarkan pengenalan yg teliti mengenai India dalam abad pertama, dan mendalilkan bahwa Tomas lebih dahulu bekerja di Punjab, baru kemudian di India Selatan (BJRL 11, 1926; 12, 1927).

Tapi nampaknya tidak ada naskah kuno yg lain mengenai kegiatan Tomas di India, yg jelas tidak bergantung kepada Kisah ini (A Mingana, BJRL 11, 1926; 12, 1927). Dikatakan bahwa si kelana Pantaenus pernah menjadi Penginjil di India beberapa waktu sebelum thn 180 M, dan ia mendapati masyarakat Kristen di sana memakai Injil Mat bh Ibrani, yg ditinggalkan oleh Bartolomeus (Eusebius, EH 5. 10); tapi acuan yg bisa saja pada Aden atau bagian lain dari Arabia-lah mungkin yg dimaksud. Bahwa gereja Siria India Selatan sudah sangat tua tidak dapat disangkal: tapi pertanyaan apakah berdasarkan rasuli atau sub-rasuli masih terbuka.

KEPUSTAKAAN. E. H Warmington, Indian Commerce, 1928; L. W Browne, The Indian Christians of St. Thomas, 1956. KAK/AL




TIP #31: Tutup popup dengan arahkan mouse keluar dari popup. Tutup sticky dengan menekan ikon . [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA