kecilkan semua  

Teks -- Efesus 1:1-23 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Salam
1:1 Dari Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah, kepada orang-orang kudus di Efesus, orang-orang percaya dalam Kristus Yesus. 1:2 Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.
Kekayaan orang-orang yang terpilih
1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga. 1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. 1:5 Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya, 1:6 supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya. 1:7 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya, 1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian. 1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus 1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi. 1:11 Aku katakan "di dalam Kristus", karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan -- kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya -- 1:12 supaya kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya. 1:13 Di dalam Dia kamu juga -- karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu -- di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. 1:14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.
Doa untuk pengertian tentang kemuliaan Kristus
1:15 Karena itu, setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus, 1:16 akupun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku, 1:17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. 1:18 Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, 1:19 dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, 1:20 yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga, 1:21 jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang. 1:22 Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. 1:23 Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ef 1:1 - DALAM KRISTUS YESUS. Nas : Ef 1:1 Setiap orang percaya "yang setia" memiliki hidup hanya "dalam Kristus Yesus". 1) Istilah " dalam Kristus", "dalam Tuhan", "dalam ...

Nas : Ef 1:1

Setiap orang percaya "yang setia" memiliki hidup hanya "dalam Kristus Yesus".

  1. 1) Istilah " dalam Kristus", "dalam Tuhan", "dalam Dia", dst. muncul 160 kali dalam surat-surat Paulus (36 kali di Efesus). "Dalam Kristus" berarti bahwa orang percaya kini hidup dan bertindak dalam lingkungan Kristus Yesus. Persatuan dengan Kristus merupakan lingkungan baru orang tertebus. Orang percaya "dalam Kristus" secara sadar memiliki hubungan erat dengan Tuhan mereka, dan dalam hubungan ini kehidupan mereka dipandang sebagai kehidupan Kristus yang hidup dalam diri mereka

    (lihat cat. --> Gal 2:20).

    [atau ref. Gal 2:20]

    Persekutuan pribadi ini dengan Kristus adalah hal yang terpenting dalam pengalaman Kristen. Persatuan dengan Kristus diterima sebagai karunia Allah melalui iman.
  2. 2) Alkitab membandingkan kehidupan baru kita "dalam Kristus" dengan kehidupan lama yang belum diperbaharui "dalam Adam." Sedangkan kehidupan lama itu bercirikan ketidaktaatan, dosa, keterkutukan, dan kematian, kehidupan baru kita "dalam Kristus" bercirikan keselamatan, hidup di dalam Roh, kasih karunia yang berkelimpahan, kebenaran, dan hidup kekal

    (lih. Rom 5:12-21; 6:1-23; 8:1-39; 14:17-19; 1Kor 15:21-22,45-49;

    Fili 2:1-5; 4:6-9;

    lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

Full Life: Ef 1:4 - MEMILIH. Nas : Ef 1:4 Lihat art. PEMILIHAN DAN PREDESTINASI.

Full Life: Ef 1:5 - TELAH MENENTUKAN DARI SEMULA. Nas : Ef 1:5 Lihat art. PEMILIHAN DAN PREDESTINASI.

Full Life: Ef 1:5 - UNTUK MENJADI ANAK-ANAK-NYA. Nas : Ef 1:5 Lihat cat. --> 1Yoh 3:1. [atau ref. 1Yoh 3:1]

Nas : Ef 1:5

Lihat cat. --> 1Yoh 3:1.

[atau ref. 1Yoh 3:1]

Full Life: Ef 1:13 - DIMETERAIKAN DENGAN ROH KUDUS. Nas : Ef 1:13 Sebagai meterai, Roh Kudus dianugerahkan kepada orang percaya sebagai tanda kemilikan Allah. Dengan mencurahkan Roh Kudus, Allah meme...

Nas : Ef 1:13

Sebagai meterai, Roh Kudus dianugerahkan kepada orang percaya sebagai tanda kemilikan Allah. Dengan mencurahkan Roh Kudus, Allah memeteraikan kita sebagai milik-Nya (lih. 2Kor 1:22). Demikianlah, kita mempunyai bukti bahwa kita adalah anak angkat Allah dan bahwa penebusan kita itu nyata jikalau Roh Kudus ada dalam hidup kita (ayat Ef 1:5). Kita dapat mengetahui bahwa kita sungguh-sungguh menjadi milik Allah apabila Roh Kudus mengubah dan memperbaharui kita (Yoh 1:12-13; 3:3-6), membebaskan kita dari kuasa dosa (Rom 8:1-17; Gal 5:16-25), memberikan kesadaran bahwa Allah adalah Bapa kita (ayat Ef 1:5; Rom 8:15; Gal 4:6) dan memenuhi kita dengan kuasa untuk bersaksi bagi-Nya (Kis 1:8; 2:4).

Full Life: Ef 1:13 - ROH KUDUS. Nas : Ef 1:13 Roh Kudus dan tempat-Nya dalam penebusan orang percaya menjadi penekanan inti surat ini. Roh Kudus (1) adalah meterai hak milik ...

Nas : Ef 1:13

Roh Kudus dan tempat-Nya dalam penebusan orang percaya menjadi penekanan inti surat ini. Roh Kudus

  1. (1) adalah meterai hak milik Allah (ayat Ef 1:13);
  2. (2) adalah jaminan dari bagian warisan orang percaya (ayat Ef 1:14);
  3. (3) merupakan Roh hikmat dan wahyu (ayat Ef 1:17);
  4. (4) menolong orang percaya apabila menghampiri Allah (Ef 2:18);
  5. (5) membangun tubuh Kristus menjadi bait yang kudus (Ef 2:21-22);
  6. (6) menyatakan rahasia Kristus (Ef 3:4-5);
  7. (7) memperkuat orang percaya dengan kuasa di dalam batin (Ef 3:16);
  8. (8) mendorong kesatuan dalam iman Kristen dengan menjadi sepenuhnya serupa dengan Kristus (Ef 4:3,13-14);
  9. (9) berduka bila ada dosa dalam diri orang percaya (Ef 4:30);
  10. (10) rindu senantiasa memenuhi dan memberi kuasa kepada orang percaya (Ef 5:18); dan
  11. (11) menolong dalam doa dan peperangan rohani (Ef 6:18).

Full Life: Ef 1:13-14 - ROH KUDUS ... JAMINAN. Nas : Ef 1:13-14 Roh Kudus adalah "jaminan", yaitu cengkeram atau panjar dari warisan kita. Pada zaman ini Roh Kudus dianugerahkan kepada orang per...

Nas : Ef 1:13-14

Roh Kudus adalah "jaminan", yaitu cengkeram atau panjar dari warisan kita. Pada zaman ini Roh Kudus dianugerahkan kepada orang percaya sebagai persekot dari apa yang akan kita miliki sepenuhnya pada masa yang akan datang. Kehadiran dan karya-Nya dalam kehidupan kita menjadi jaminan dari bagian warisan kita pada masa yang akan datang (bd. Rom 8:23; 2Kor 1:22; 2Kor 5:5).

Full Life: Ef 1:16-20 - DALAM DOAKU. Nas : Ef 1:16-20 Doa Paulus bagi jemaat Efesus mencerminkan kerinduan Allah yang tertinggi bagi setiap orang percaya dalam Kristus. Dia berdoa agar...

Nas : Ef 1:16-20

Doa Paulus bagi jemaat Efesus mencerminkan kerinduan Allah yang tertinggi bagi setiap orang percaya dalam Kristus. Dia berdoa agar pekerjaan Roh Kudus dapat lebih meningkat dalam diri mereka (bd. Ef 3:16). Alasan penyaluran Roh Kudus yang ditingkatkan ini ialah supaya orang percaya boleh menerima lebih banyak hikmat, penyataan, dan pengetahuan mengenai maksud penebusan Allah bagi keselamatan saat ini dan pada masa depan (ayat Ef 1:17-18), dan mengalami "kuasa" Roh Kudus di dalam hidup mereka secara lebih berlimpah lagi (ayat Ef 1:19-20).

Full Life: Ef 1:19 - KUASA-NYA. Nas : Ef 1:19 Agar orang percaya dapat bertumbuh dalam kasih karunia, memperoleh kemenangan atas Iblis dan dosa, bersaksi secara efektif mengenai K...

Nas : Ef 1:19

Agar orang percaya dapat bertumbuh dalam kasih karunia, memperoleh kemenangan atas Iblis dan dosa, bersaksi secara efektif mengenai Kristus serta memperoleh keselamatan terakhir, diperlukan kuasa Allah dalam diri mereka (bd. 1Pet 1:5). Kuasa ini merupakan suatu kegiatan, manifestasi, dan kekuatan Roh Kudus yang bekerja dalam orang percaya yang setia. Kuasa dan Roh yang sama ini telah membangkitkan Kristus dari antara orang mati dan mendudukkan-Nya di sebelah kanan Allah Bapa (ayat Ef 1:20; Rom 8:11-16,26-27; Gal 5:22-25).

BIS: Ef 1:1 - di Efesus Dalam beberapa naskah kuno tidak ada: di Efesus.

Dalam beberapa naskah kuno tidak ada: di Efesus.

BIS: Ef 1:5 - di hadapan-Nya. Karena kasih Allah, maka Ia di hadapan-Nya. Karena kasih Allah, maka Ia: atau di hadapan-Nya, dan supaya hidup dalam kasih Allah.

di hadapan-Nya. Karena kasih Allah, maka Ia: atau di hadapan-Nya, dan supaya hidup dalam kasih Allah.

BIS: Ef 1:23 - yang menyempurnakan segala sesuatu di mana pun juga yang menyempurnakan segala sesuatu di mana pun juga: atau dan Dia sendiri telah disempurnakan oleh Allah.

yang menyempurnakan segala sesuatu di mana pun juga: atau dan Dia sendiri telah disempurnakan oleh Allah.

Jerusalem: Ef 1:1 - di Efesus Kata Efesus kiranya berupa tambahan dan tidak terdapat dalam naskah asli semula. Menurut sementara ahli, naskah asli membiarkan kosong tempat sesudah ...

Kata Efesus kiranya berupa tambahan dan tidak terdapat dalam naskah asli semula. Menurut sementara ahli, naskah asli membiarkan kosong tempat sesudah kata "di". Maksudnya bahwa tempat jemaat-jemaat tertentu dapat diisikan saja, bilamana dibacakan dalam jemaat itu. Dengan demikian surat ini berupa surat edaran yang di kirim kepada dan beredar di antara jemaat-jemaat Kristen di Asia-Kecil.

Jerusalem: Ef 1:3 - berkat rohani di dalam sorga Sejak awal surat ini Paulus menempatkan diri di tingkat sorgawi dan tetap tinggal di tingkat sepanjang surat ini, Efe 1:20; 2:6; 3:10; 6:12. Segala "b...

Sejak awal surat ini Paulus menempatkan diri di tingkat sorgawi dan tetap tinggal di tingkat sepanjang surat ini, Efe 1:20; 2:6; 3:10; 6:12. Segala "berkat rohani" sejak kekal turun dari sorga itu dan di sanapun akan terwujud pada akhir zaman. Manakah "berkat sorgawi" itu, diperinci dalam ayat-ayat yang menyusul.

Jerusalem: Ef 1:4 - supaya kita kudus Inilah berkat pertama: orang pilihan dipanggil untuk hidup yang membahagiakan; hidup itu sudah dimulai secara terselubung berkat persatuan orang berim...

Inilah berkat pertama: orang pilihan dipanggil untuk hidup yang membahagiakan; hidup itu sudah dimulai secara terselubung berkat persatuan orang beriman dengan Kristus yang dimuliakan.

Jerusalem: Ef 1:5 - kasih Kasih itu pertama-tama kasih Allah kepada kita. Atas dasar itu Allah "memilih" kita dan memanggil kita kepada kekudusan, bdk Kol 3:12; 1Te 1:4; 2Te 2:...

Kasih itu pertama-tama kasih Allah kepada kita. Atas dasar itu Allah "memilih" kita dan memanggil kita kepada kekudusan, bdk Kol 3:12; 1Te 1:4; 2Te 2:13; Rom 11:28. Tetapi kasih itu kiranya sekaligus kasih kita kepada Allah; kasih kita itu berasal dari kasih Allah dan merupakan tanggapan terhadapNya, bdk Rom 5:5

Jerusalem: Ef 1:5 - untuk menjadi anak-anakNya Ini adalah berkat yang kedua. Allah memilih kita untuk kekudusan yang tidak lain kecuali pengangkatan menjadi anak Allah sendiri. Yesus Kristus adalah...

Ini adalah berkat yang kedua. Allah memilih kita untuk kekudusan yang tidak lain kecuali pengangkatan menjadi anak Allah sendiri. Yesus Kristus adalah sumber dan contoh karunia menjadi anak itu, bdk Rom 8:29.

Jerusalem: Ef 1:6 - kasih-karuniaNya Kata "kasih-karunia" (Yunaninya: kharis) di sini berarti kerelaan hati Allah yang sama sekali tidak mempunyai dasar dalam manusia. Kerelaan hati itu m...

Kata "kasih-karunia" (Yunaninya: kharis) di sini berarti kerelaan hati Allah yang sama sekali tidak mempunyai dasar dalam manusia. Kerelaan hati itu mengandung karunia sebagai pemberian yang menguduskan manusia, tetapi kerelaan Allah jauh lebih luas dari pada pemberian kepada manusia saja. Adapun kerelaan hati itu menyatakan "kemuliaanNya", bdk Kel 24:16. Dalam ayat ini terungkap kedua pokok yang terus berulang dalam pengulasan tentang "berkat sorgawi", yaitu sumber berkat itu ialah kerelaan hati Allah, sedangkan maksud-tujuan berkat itu ialah: KemuliaanNya, yang perlu dimasyhurkan oleh segenap ciptaan. Segala sesuatu berasal dari Allah dan perlu kembali kepadaNya

Jerusalem: Ef 1:6 - di dalam Dia yang dikasihiNya Var: di dalam Anak kekasihNya.

Var: di dalam Anak kekasihNya.

Jerusalem: Ef 1:7 - pengampunan dosa Ini berkat yang ketiga. Berkat itu tidak lain kecuali karya penebusan dalam sejarah melalui salib Kristus.

Ini berkat yang ketiga. Berkat itu tidak lain kecuali karya penebusan dalam sejarah melalui salib Kristus.

Jerusalem: Ef 1:8 - yang dilimpahkanNya Yang melimpahkanNya ialah Allah Bapa.

Yang melimpahkanNya ialah Allah Bapa.

Jerusalem: Ef 1:9 - menyatakan rahasia Ini berkat yang keempat. Mengenai "rahasia" yang dinyatakan dalam hal ini, bdk Rom 16:25+.

Ini berkat yang keempat. Mengenai "rahasia" yang dinyatakan dalam hal ini, bdk Rom 16:25+.

Jerusalem: Ef 1:10 - persiapan Kata Yunani "oikonomia" memang sukar diterjemahkan. Terjemahan lain: untuk mewujudkannya ketika waktunya sudah genap dengan mempersatukan... Mengenai ...

Kata Yunani "oikonomia" memang sukar diterjemahkan. Terjemahan lain: untuk mewujudkannya ketika waktunya sudah genap dengan mempersatukan... Mengenai "kegenapan waktu", bdk Gal 4:4+

Jerusalem: Ef 1:10 - mempersatukan Seluruh surat memaparkan gagasan ini, yaitu: Seluruh dunia ciptaan yang dirusakkan oleh dosa dan dipecah-belah dipulihkan oleh Kristus dan dipersatuka...

Seluruh surat memaparkan gagasan ini, yaitu: Seluruh dunia ciptaan yang dirusakkan oleh dosa dan dipecah-belah dipulihkan oleh Kristus dan dipersatukan di bawah pemerintahanNya dengan maksud mengantarnya kepada Allah; ialah dunia manusia di mana orang Yahudi dan orang bukan Yahudi dipersatukan dalam keselamatan yang sama; dan tidak hanya dunia manusia, tetapi juga dunia malaikat-malaikat, bdk Efe 4:10+.

Jerusalem: Ef 1:11 - Aku berkata "di dalam Kristus", karena Ini tidak terdapat dalam naskah Yunani, tetapi ditambahkan sebagai penjelasan yang perlu untuk dapat mengerti maksud naskah Yunani. Naskah Yunani berb...

Ini tidak terdapat dalam naskah Yunani, tetapi ditambahkan sebagai penjelasan yang perlu untuk dapat mengerti maksud naskah Yunani. Naskah Yunani berbunyi: Di dalam Dia juga kami mendapat

Jerusalem: Ef 1:11 - kami Ialah orang-orang Kristen keturunan Yahudi (dalam Efe 1:13, "kamu" ialah orang Kristen bukan keturunan Yahudi)

Ialah orang-orang Kristen keturunan Yahudi (dalam Efe 1:13, "kamu" ialah orang Kristen bukan keturunan Yahudi)

Jerusalem: Ef 1:11 - yang dari semula ditentukan Berkat yang kelima ini ialah dipilihnya Israel menjadi "bagian" Allah supaya menjadi saksi di dunia tentang pengharapan akan Mesias. Paulus sendiri me...

Berkat yang kelima ini ialah dipilihnya Israel menjadi "bagian" Allah supaya menjadi saksi di dunia tentang pengharapan akan Mesias. Paulus sendiri memang termasuk dalam bangsa terpilih itu dan karenanya berkata: kami.

Jerusalem: Ef 1:13 - kamu juga Berkat yang keenam ialah panggilan orang-orang bukan Yahudi untuk mendapat keselamatan yang dahulu dikhususkan bagi Israel. Mereka telah mendapat jami...

Berkat yang keenam ialah panggilan orang-orang bukan Yahudi untuk mendapat keselamatan yang dahulu dikhususkan bagi Israel. Mereka telah mendapat jaminannya waktu menerima Roh yang dijanjikan

Jerusalem: Ef 1:13 - Roh Kudus Karunia yang tidak lain kecuali Roh Kudus merupakan puncak pelaksanaan rencana penyelamatan Allah. Juga dalam pengulasan Paulus tentang rencana Allah ...

Karunia yang tidak lain kecuali Roh Kudus merupakan puncak pelaksanaan rencana penyelamatan Allah. Juga dalam pengulasan Paulus tentang rencana Allah yang di dalamnya diutarakan peranan masing-masing diri ilahi, Roh kuduslah yang menjadi puncak uraiannya. Karunia Roh Kudus itu sekarang sudah dimulai meski berselubung sekalipun dan meskipun dunia lama masih berlangsung; karunia itu akan menjadi penuh mana kala Kerajaan Allah secara mulia akan ditegakkan untuk selama-lamanya, yakni waktu Parusia Kristus. Bdk Luk 24:49+; Yoh 1:33+; Yoh 14:26+.

Jerusalem: Ef 1:14 - penebusan yang menjadikan kita milik Allah Harafiah: penebusan (bangsa yang menjadi) milik. Artinya: bangsa yang oleh Allah diperoleh sebagai milikNya yang khas melalui darah AnakNya, ialah ban...

Harafiah: penebusan (bangsa yang menjadi) milik. Artinya: bangsa yang oleh Allah diperoleh sebagai milikNya yang khas melalui darah AnakNya, ialah bangsa orang-orang pilihan. Setelah memungut dari Perjanjian Lama gagasan-gagasan "berkat", "memilih", "anak-anak angkat", "penebusan", "bagian Allah", Paulus di sini mengambil gagasan lain lagi dari Perjanjian Lama, yaitu "milik". Hanya gagasan itu diperluas dan disempurnakan dan diterapkan pada Israel baru, jemaat orang-orang diselamatkan, yang tidak lain kecuali Gereja orang-orang Kristen.

Jerusalem: Ef 1:15 - tentang kasihmu terhadap Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini. Kalau demikian maka "imanmu" itu tidak hanya mengenai Kristus, tetapi juga "semua orang kudus".

Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini. Kalau demikian maka "imanmu" itu tidak hanya mengenai Kristus, tetapi juga "semua orang kudus".

Jerusalem: Ef 1:17 - -- Roh di sini adalah sama dengan apa yang sekarang kita sebut "rahmat" (pembantu).

Roh di sini adalah sama dengan apa yang sekarang kita sebut "rahmat" (pembantu).

Jerusalem: Ef 1:18 - mata hatimu Hati (harafiah: jantung) di sini dianggap sebagai pusat dan pangkal perasaan, pikiran dan kelakuan manusia. Pandangan ini sudah terdapat dalam Perjanj...

Hati (harafiah: jantung) di sini dianggap sebagai pusat dan pangkal perasaan, pikiran dan kelakuan manusia. Pandangan ini sudah terdapat dalam Perjanjian Lama, Kej 8:21; 1Sa 16:7; Maz 17:3; 44:22; Yer 11:20; Maz 51:12,19; Yer 4:4; 31:31-33; Yeh 36:26; Ula 4:29; Maz 105:3; 119:2,20; 1Ra 3:9; Hos 2:16; dll, dan juga dalam Perjanjian Baru. Allah mengenal hati manusia, Luk 16:15; Kis 1:24; Rom 8:27. Manusia perlu mengasihi Allah dengan segenap hati, Mar 12:29-30 dsj. Allah mengutus RohNya ke dalam hati orang beriman, Rom 5:5+; 2Ko 1:22; Gal 4:6; Kristus juga diam dalam hati manusia, Efe 3:17. Orang yang hatinya tulus, Kis 2:46; 2Ko 11:3; Efe 6:5; Kol 3:22, lurus, Kis 8:21, dan suci, Mat 5:8; Yak 4:8, terbuka lebar-lebar bagi kehadiran dan pengaruh Allah. Dan orang-orang beriman adalah sehati dan sejiwa, Kis 4:32.

Jerusalem: Ef 1:21 - pemerintah, penguasa ... Ini adalah nama macam-macam "kuasa" di jagat raya dan cukup lazim dipakai dalam karangan-karangan Yahudi. Paulus tidak membenarkan atau menyangkal ada...

Ini adalah nama macam-macam "kuasa" di jagat raya dan cukup lazim dipakai dalam karangan-karangan Yahudi. Paulus tidak membenarkan atau menyangkal adanya kuasa-kuasa semacam itu. Ia hanya menekankan bahwa semua takluk kepada Kristus, Kol 1:16; 2:10. Dengan menghubungkan kuasa-kuasa itu dengan malaikat-malaikat yang tampil dalam tradisi alkitabiah dan dengan pemberian hukum Taurat, Gal 3:19+, Paulus memasukkan kuasa-kuasa itu ke dalam sejarah penyelamatan. Dalam pandangan Paulus kuasa-kuasa itu menjadi makin lama makin buruk, Gal 4:3+; Kol 2:15+, sampai akhirnya dianggap kuasa-kuasa setani, Efe 2:2+; Efe 6:12+; bdk 1Ko 15:24+.

Jerusalem: Ef 1:23 - kepenuhan Gereja yang adalah Tubuh Kristus, 1Ko 12:12+, dapat dikatakan "kepenuhan", bdk juga Efe 3:19; 4:13, sejauh merangkum dunia baru yang sebagai lingkunga...

Gereja yang adalah Tubuh Kristus, 1Ko 12:12+, dapat dikatakan "kepenuhan", bdk juga Efe 3:19; 4:13, sejauh merangkum dunia baru yang sebagai lingkungan umat manusia diikut-sertakan dalam pemulihan umum di bawah pemerintahan Yesus Kristus yang menjadi Tuhan dan Kepala, Kol 1:15-20+. Ungkapan "semua dalam segala sesuatu" bermaksud menonjolkan ukuran yang tidak terbatas, bdk 1Ko 12:6; 15:28; Kol 3:11.

Ende: Ef 1:1-23 - -- Fasal ini berbentuk dan berisi madah pudjian penuh sjukur kepada Allah, jang dalam tjintaNja dari kekal telah menetapkan rentjana untuk menjelamatkan ...

Fasal ini berbentuk dan berisi madah pudjian penuh sjukur kepada Allah, jang dalam tjintaNja dari kekal telah menetapkan rentjana untuk menjelamatkan segenap umat manusia dalam Kristus.

Seluruh fasal ini dalam naskah asli berbentuk satu kalimat pandjang, tetapi untuk memudahkan pembatjaan dan pengertiannja kami uraikan bentuk itu, tetapi sedapat-dapatnja menurut bentuk aslinja.

Ende: Ef 1:3 - Disurga Segala berkat dan rahmat kita ada pada Allah disurga, dan dapat dikatakan, tetap tersedia bagi kita disitu, untuk akan menikmatinja dengan sempurna da...

Segala berkat dan rahmat kita ada pada Allah disurga, dan dapat dikatakan, tetap tersedia bagi kita disitu, untuk akan menikmatinja dengan sempurna dalam hidup abadi. Tetapi sekarang djuga kita sudah mempunjainja tersembunji dalam batin kita, sebagai "tjengkeram", jang kita nikmati dalam kepertjajaan dan pengharapan.

Ende: Ef 1:4 - Kudus mempunjai bagian dalam kekudusan (kebenaran) Allah sebagai anak-anakNja.

mempunjai bagian dalam kekudusan (kebenaran) Allah sebagai anak-anakNja.

Ende: Ef 1:4 - Dalam tjinta Dapat dihubungkan dengan baris jang mendahuluiNja. Kalau demikian tjinta itu berarti tjinta kita kepada Allah. Ada pula jang menghubungkan kedua kata ...

Dapat dihubungkan dengan baris jang mendahuluiNja. Kalau demikian tjinta itu berarti tjinta kita kepada Allah. Ada pula jang menghubungkan kedua kata itu dengan kalimat jang berikut. Kalau demikian dengan "tjinta" dimaksudkan tjinta Allah.

Ende: Ef 1:7 - Penebusan oleh DarahNja Darah Jesus adalah harga jang dibajar untuk membebaskan kita dari perhambaan dosa.

Darah Jesus adalah harga jang dibajar untuk membebaskan kita dari perhambaan dosa.

Ende: Ef 1:11-12 - -- Dengan "kami" dalam kedua ajat ini Paulus memaksudkan orang bangsa Jahudi, termasuk dirinja sendiri. Dalam Efe 1:13 ia akan menjapa saudara-saudara be...

Dengan "kami" dalam kedua ajat ini Paulus memaksudkan orang bangsa Jahudi, termasuk dirinja sendiri. Dalam Efe 1:13 ia akan menjapa saudara-saudara bekas penjembah dewa-dewa.

Ende: Ef 1:13 - Dimeterai dengan tanda-tanda dan dengan memberi kurnia-kurnia jang njata, Roh Kudus telah membuktikan bahwa mereka mempunjai Roh Kudus, dan sebab itu sudah dibe...

dengan tanda-tanda dan dengan memberi kurnia-kurnia jang njata, Roh Kudus telah membuktikan bahwa mereka mempunjai Roh Kudus, dan sebab itu sudah dibenarkan dan termasuk kaum pilihan Allah.

Ende: Ef 1:14 - Tjengkeram warisan Bukan sebagai "padjar" sadja, melainkan sebagai tanda djaminan, bahwa mereka akan mendapat seluruhnja djuga, jaitu seluruh kenikmatan kemuliaan surgaw...

Bukan sebagai "padjar" sadja, melainkan sebagai tanda djaminan, bahwa mereka akan mendapat seluruhnja djuga, jaitu seluruh kenikmatan kemuliaan surgawi.

Ende: Ef 1:18 - Harapan jaitu kemuliaan dan segala harta abadi jang diharapkan.

jaitu kemuliaan dan segala harta abadi jang diharapkan.

Ende: Ef 1:19 - Bagi kita Atau "dalam kita", jaitu jang bekerdja dalam kita.

Atau "dalam kita", jaitu jang bekerdja dalam kita.

Ende: Ef 1:22 - Meletakkan semuanja dibawah tapak kakiNja Atau: "mendjadi tumpuan kakiNja". Kutipan dari Maz 110:1, ini digunakan sebagai bukti kedaulatan mutlak Kristus djuga dalam 1Ko 15:25-27 dan Ibr 1:13;...

Atau: "mendjadi tumpuan kakiNja". Kutipan dari Maz 110:1, ini digunakan sebagai bukti kedaulatan mutlak Kristus djuga dalam 1Ko 15:25-27 dan Ibr 1:13; 2:8. Maksud kalimat itu: menaklukkan segala musuh dibawah kuasaNja, disini Paulus tentu chususnja ingat akan kalangan-kalangan Malaekat dan penguasa-penguasa gaib diangkasa, jang disebut dalam Gal 1:21 tadi.

Ende: Ef 1:23 - -- Tentang arti "Tubuh" disini batjalah 1Ko 12:12-30 dan Rom 12:4-8.

Tentang arti "Tubuh" disini batjalah 1Ko 12:12-30 dan Rom 12:4-8.

Ende: Ef 1:23 - Kepenuhan Kristus sebagai "Tubuh mistik" tidak penuh (utuh) kalau Ia sendiri sadja, tanpa segala anggota, jaitu tanpa umatnja. Dan Kristus kepala tubuh mempunja...

Kristus sebagai "Tubuh mistik" tidak penuh (utuh) kalau Ia sendiri sadja, tanpa segala anggota, jaitu tanpa umatnja.

Dan Kristus kepala tubuh mempunjai "seluruh kepenuhan Allah" (Kol 1:19 dan Kol 2:9), djuga untuk mengalirkannja kedalam sekalian anggota, sampai demikian memenuhi segala dengan segala-galanja.

Ref. Silang FULL: Ef 1:1 - Paulus, rasul // kehendak Allah // orang-orang kudus // di Efesus // orang-orang percaya · Paulus, rasul: 1Kor 1:1; 1Kor 1:1 · kehendak Allah: 2Kor 1:1; 2Kor 1:1 · orang-orang kudus: Kis 9:13; Kis 9:13 · di Efes...

· Paulus, rasul: 1Kor 1:1; [Lihat FULL. 1Kor 1:1]

· kehendak Allah: 2Kor 1:1; [Lihat FULL. 2Kor 1:1]

· orang-orang kudus: Kis 9:13; [Lihat FULL. Kis 9:13]

· di Efesus: Kis 18:19; [Lihat FULL. Kis 18:19]

· orang-orang percaya: Kol 1:2

Ref. Silang FULL: Ef 1:2 - Yesus Kristus · Yesus Kristus: Rom 1:7; Rom 1:7

· Yesus Kristus: Rom 1:7; [Lihat FULL. Rom 1:7]

Ref. Silang FULL: Ef 1:3 - dalam Kristus // dalam sorga · dalam Kristus: 2Kor 1:3; 1Pet 1:3 · dalam sorga: Ef 1:20; Ef 2:6; 3:10; 6:12

· dalam Kristus: 2Kor 1:3; 1Pet 1:3

· dalam sorga: Ef 1:20; Ef 2:6; 3:10; 6:12

Ref. Silang FULL: Ef 1:4 - memilih kita // sebelum dunia // tak bercacat · memilih kita: 2Tes 2:13 · sebelum dunia: Mat 25:34; Mat 25:34 · tak bercacat: Im 11:44; 20:7; 2Sam 22:24; Mazm 15:2; Ef 5:27; K...

· memilih kita: 2Tes 2:13

· sebelum dunia: Mat 25:34; [Lihat FULL. Mat 25:34]

· tak bercacat: Im 11:44; 20:7; 2Sam 22:24; Mazm 15:2; Ef 5:27; Kol 1:22

Ref. Silang FULL: Ef 1:5 - Dalam kasih // telah menentukan // menjadi anak-anak-Nya // dengan kerelaan · Dalam kasih: Ef 4:2,15,16 · telah menentukan: Ef 1:11; Rom 8:29,30 · menjadi anak-anak-Nya: Rom 8:14,15; Rom 8:14; Rom 8:15 &mi...

· Dalam kasih: Ef 4:2,15,16

· telah menentukan: Ef 1:11; Rom 8:29,30

· menjadi anak-anak-Nya: Rom 8:14,15; [Lihat FULL. Rom 8:14]; [Lihat FULL. Rom 8:15]

· dengan kerelaan: Luk 12:32; 1Kor 1:21; Kol 1:19

Ref. Silang FULL: Ef 1:6 - kasih karunia-Nya // yang dikasihi-Nya · kasih karunia-Nya: Ef 1:12,14 · yang dikasihi-Nya: Mat 3:17

· kasih karunia-Nya: Ef 1:12,14

· yang dikasihi-Nya: Mat 3:17

Ref. Silang FULL: Ef 1:7 - oleh darah-Nya // beroleh penebusan // menurut kekayaan · oleh darah-Nya: Rom 3:25; Rom 3:25 · beroleh penebusan: Ef 1:14; Rom 3:24; Rom 3:24 · menurut kekayaan: Rom 2:4; Rom 2:4

· oleh darah-Nya: Rom 3:25; [Lihat FULL. Rom 3:25]

· beroleh penebusan: Ef 1:14; Rom 3:24; [Lihat FULL. Rom 3:24]

· menurut kekayaan: Rom 2:4; [Lihat FULL. Rom 2:4]

Ref. Silang FULL: Ef 1:9 - menyatakan rahasia // telah ditetapkan-Nya · menyatakan rahasia: Rom 16:25; Rom 16:25 · telah ditetapkan-Nya: Ef 1:11; Ef 1:11

· menyatakan rahasia: Rom 16:25; [Lihat FULL. Rom 16:25]

· telah ditetapkan-Nya: Ef 1:11; [Lihat FULL. Ef 1:11]

Ref. Silang FULL: Ef 1:10 - persiapan kegenapan // dalam Kristus · persiapan kegenapan: Mr 1:15; Rom 5:6; Gal 4:4 · dalam Kristus: Kol 1:20

· persiapan kegenapan: Mr 1:15; Rom 5:6; Gal 4:4

· dalam Kristus: Kol 1:20

Ref. Silang FULL: Ef 1:11 - semula ditentukan // menurut keputusan · semula ditentukan: Ef 1:5; Rom 8:29,30 · menurut keputusan: Ef 1:9; Rom 8:28; Ef 3:11; Ibr 6:17

· semula ditentukan: Ef 1:5; Rom 8:29,30

· menurut keputusan: Ef 1:9; Rom 8:28; Ef 3:11; Ibr 6:17

Ref. Silang FULL: Ef 1:12 - bagi kemuliaan-Nya · bagi kemuliaan-Nya: Ef 1:6,14

· bagi kemuliaan-Nya: Ef 1:6,14

Ref. Silang FULL: Ef 1:13 - dalam Dia // firman kebenaran // percaya, dimeteraikan // Roh Kudus · dalam Dia: Rom 16:3; Rom 16:3 · firman kebenaran: Ef 4:21; Kol 1:5 · percaya, dimeteraikan: Ef 4:30 · Roh Kudus: Yoh 14:...

· dalam Dia: Rom 16:3; [Lihat FULL. Rom 16:3]

· firman kebenaran: Ef 4:21; Kol 1:5

· percaya, dimeteraikan: Ef 4:30

· Roh Kudus: Yoh 14:16,17

Ref. Silang FULL: Ef 1:14 - jaminan bagian // yaitu penebusan // memuji kemuliaan-Nya · jaminan bagian: Kis 20:32; Kis 20:32; 2Kor 5:5; 2Kor 5:5 · yaitu penebusan: Ef 1:7; Rom 3:24; Rom 3:24 · memuji kemuliaan-Nya: ...

· jaminan bagian: Kis 20:32; [Lihat FULL. Kis 20:32]; 2Kor 5:5; [Lihat FULL. 2Kor 5:5]

· yaitu penebusan: Ef 1:7; Rom 3:24; [Lihat FULL. Rom 3:24]

· memuji kemuliaan-Nya: Ef 1:6,12

Ref. Silang FULL: Ef 1:15 - Tuhan Yesus // orang kudus · Tuhan Yesus: Kis 20:21; Kis 20:21 · orang kudus: Kol 1:4; Kol 1:4

· Tuhan Yesus: Kis 20:21; [Lihat FULL. Kis 20:21]

· orang kudus: Kol 1:4; [Lihat FULL. Kol 1:4]

Ref. Silang FULL: Ef 1:16 - karena kamu // dalam doaku · karena kamu: Rom 1:8; Rom 1:8 · dalam doaku: Rom 1:10; Rom 1:10

· karena kamu: Rom 1:8; [Lihat FULL. Rom 1:8]

· dalam doaku: Rom 1:10; [Lihat FULL. Rom 1:10]

Ref. Silang FULL: Ef 1:17 - yaitu Bapa // Roh hikmat · yaitu Bapa: Yoh 20:17; Rom 15:6; Wahy 1:6 · Roh hikmat: Kel 28:3; Yes 11:2; Fili 1:9; Kol 1:9

· yaitu Bapa: Yoh 20:17; Rom 15:6; Wahy 1:6

· Roh hikmat: Kel 28:3; Yes 11:2; Fili 1:9; Kol 1:9

Ref. Silang FULL: Ef 1:18 - hatimu terang // dalam panggilan-Nya // betapa kayanya // kemuliaan bagian // orang-orang kudus · hatimu terang: Ayub 42:5; 2Kor 4:6; Ibr 6:4 · dalam panggilan-Nya: Rom 8:28; Rom 8:28 · betapa kayanya: Ef 1:7; Rom 2:4; Rom 2:...

· hatimu terang: Ayub 42:5; 2Kor 4:6; Ibr 6:4

· dalam panggilan-Nya: Rom 8:28; [Lihat FULL. Rom 8:28]

· betapa kayanya: Ef 1:7; Rom 2:4; [Lihat FULL. Rom 2:4]

· kemuliaan bagian: Ef 1:11

· orang-orang kudus: Kol 1:12

Ref. Silang FULL: Ef 1:19 - dengan kekuatan // kuasa-Nya · dengan kekuatan: Yes 40:26; Ef 6:10 · kuasa-Nya: Ef 3:7; Kol 1:29

· dengan kekuatan: Yes 40:26; Ef 6:10

· kuasa-Nya: Ef 3:7; Kol 1:29

Ref. Silang FULL: Ef 1:20 - orang mati // sebelah kanan-Nya // di sorga · orang mati: Kis 2:24; Kis 2:24 · sebelah kanan-Nya: Mr 16:19; Mr 16:19 · di sorga: Ef 1:3; Ef 1:3

· orang mati: Kis 2:24; [Lihat FULL. Kis 2:24]

· sebelah kanan-Nya: Mr 16:19; [Lihat FULL. Mr 16:19]

· di sorga: Ef 1:3; [Lihat FULL. Ef 1:3]

Ref. Silang FULL: Ef 1:21 - dan kerajaan // tiap-tiap nama // akan datang · dan kerajaan: Ef 3:10; Kol 1:16 · tiap-tiap nama: Fili 2:9,10 · akan datang: Mat 12:32; Mat 12:32

· dan kerajaan: Ef 3:10; Kol 1:16

· tiap-tiap nama: Fili 2:9,10

· akan datang: Mat 12:32; [Lihat FULL. Mat 12:32]

Ref. Silang FULL: Ef 1:22 - bawah kaki // sebagai Kepala · bawah kaki: Mat 22:44; Mat 22:44; Mat 28:18; Mat 28:18 · sebagai Kepala: 1Kor 11:3; Ef 4:15; 5:23; Kol 1:18; 2:19

· bawah kaki: Mat 22:44; [Lihat FULL. Mat 22:44]; Mat 28:18; [Lihat FULL. Mat 28:18]

· sebagai Kepala: 1Kor 11:3; Ef 4:15; 5:23; Kol 1:18; 2:19

Ref. Silang FULL: Ef 1:23 - adalah tubuh-Nya // kepenuhan Dia // segala sesuatu · adalah tubuh-Nya: 1Kor 12:27; 1Kor 12:27 · kepenuhan Dia: Yoh 1:16; Yoh 1:16; Ef 3:19 · segala sesuatu: Ef 4:10

· adalah tubuh-Nya: 1Kor 12:27; [Lihat FULL. 1Kor 12:27]

· kepenuhan Dia: Yoh 1:16; [Lihat FULL. Yoh 1:16]; Ef 3:19

· segala sesuatu: Ef 4:10

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Ef 1:1-2 - -- A. Salam (1:1, 2). Semua salam yang membuka surat-surat Paulus sangat mirip. Sekalipun salam pembukaan memang merupakan bentuk surat yang biasa, di d...

A. Salam (1:1, 2).

Semua salam yang membuka surat-surat Paulus sangat mirip. Sekalipun salam pembukaan memang merupakan bentuk surat yang biasa, di dalam salam pembukaan surat ini unsur pribadinya lebih sedikit dibandingkan dengan surat-surat lainnya.

Wycliffe: Ef 1:1 - Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah // Kepada orang-orang kudus // Baru, orang-orang kudus // Di Efesus // Orang-orang percaya // Dalam Kristus Yesus 1. Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah. Seperti halnya di dalam surat-surat yang lain. Paulus menekankan bahwa dirinya telah ditugaskan ol...

1. Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah. Seperti halnya di dalam surat-surat yang lain. Paulus menekankan bahwa dirinya telah ditugaskan oleh Allah untuk menjadi rasul. Kepada orang-orang kudus. Di dalam Perjanjian Baru, orang-orang kudus adalah mereka yang telah dipisahkan, yaitu semua orang percaya. Di Efesus. Lihat pendahuluan. Orang-orang percaya. Orang-orang yang beriman (bdg. Gal. 3:9). Tidak adanya kata sandang di depan kata orang-orang percaya dalam naskah aslinya menunjukkan bahwa orang-orang kudus itu adalah orang-orang percaya. Dalam Kristus Yesus. Sebuah frasa penting di dalam surat ini. Di mana pun orang kudus itu berada secara geografis, kedudukan mereka yang sesungguhnya di hadapan Allah adalah di dalam Kristus Yesus. Mereka telah dimasukkan dalam kesatuan vital dengan Dia sehingga mereka berkaitan dengan Dia (bdg. Yoh. 14:20).

Wycliffe: Ef 1:2 - Kasih karunia dan damai sejahtera // kasih karunia, // Damai sejahtera // Dari Allah Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus // dari 2. Kasih karunia dan damai sejahtera. Salam yang sama dijumpai di dalam semua surat Paulus, sekalipun di dalam surat-surat penggembalaan ditambahkan r...

2. Kasih karunia dan damai sejahtera. Salam yang sama dijumpai di dalam semua surat Paulus, sekalipun di dalam surat-surat penggembalaan ditambahkan rahmat. Kasih karunia harus selalu mendahului damai sejahtera. Kata Yunani untuk kasih karunia, charis, terkait dengan salam Yunani yang umum dipergunakan, chairein, tetapi memberikan kepada salam ini suatu penekanan yang khas Kristen. Damai sejahtera merupakan salam Ibrani yang umum dipakai. Dari Allah Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus. Kata dari yang kedua tidak ada di dalam naskah aslinya. Di sini tampak adanya hubungan sangat erat yang menunjukkan identitas sang Bapa dan Tuhan Yesus Kristus dalam hakikat mereka.

Wycliffe: Ef 1:3-14 - -- B. Berkat Rohani (1:3-14). Orang percaya dilihat sebagai penerima dari segala berkat rohani. Karena itu orang percaya tidak perlu mencari berkat tamb...

B. Berkat Rohani (1:3-14).

Orang percaya dilihat sebagai penerima dari segala berkat rohani. Karena itu orang percaya tidak perlu mencari berkat tambahan dari Allah. Malah dia harus memanfaatkan semua berkat yang telah disediakan. Ketiga Oknum Tritunggal Kudus tampak sebagai ikut ambil bagian dalam menyediakan berkat-berkat rohani tersebut.

Wycliffe: Ef 1:3-6 - -- 1) Dipilih oleh Sang Bapa (1:3-6). Peranan sang Bapa disebut terlebih dulu.

1) Dipilih oleh Sang Bapa (1:3-6).

Peranan sang Bapa disebut terlebih dulu.

Wycliffe: Ef 1:3 - Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus // terpujilah. Yang telah memberkati kita // Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus // dalam surga // di dalam Kristus 3. Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus. "Hampir semua surat Paulus diawali dengan pujian tertentu" (Alf). Perhatikan permainan kata pad...

3. Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus. "Hampir semua surat Paulus diawali dengan pujian tertentu" (Alf). Perhatikan permainan kata pada terpujilah. Yang telah memberkati kita. Kita dipanggil untuk memuji Allah yang sebelumnya sudah memberkati kita. Tentu saja Allah memberkati kita melalui segala yang telah dilakukan-Nya untuk kita. sedangkan kita memuji Dia dengan kata-kata. Dia adalah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus. Pernyataan ini mengidentifikasi Dia sebagai satu-satunya Allah yang sejati, bukan allah yang palsu atau khayal. Satu-satunya cara untuk mengenal Dia adalah melalui Yesus Kristus (Yoh. 14:6). dalam surga. Sekalipun kata sifatnya juga dipakai di bagian lain, di Perjanjian Baru frasa ini hanya dipakai dalam surat Efesus sebanyak kali - 1:3; 1:20; 2:6; 3:10; 6:12. Yang dimaksudkan ialah suasana dari hubungan kita dengan Kristus kita belum sungguh-sungguh di surga; tetapi panggilan kita sifatnya surgawi; kuasa yang ada pada kita untuk hidup setiap hari sifatnya surgawi; pemeliharaan Allah sifatnya surgawi. Perhatikan pengulangan frasa di dalam Kristus di sepanjang surat ini. Hanya di dalam Dia saja kita berkesempatan menerima semua berkat ini.

Wycliffe: Ef 1:4 - Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita // di dalam Dia, // sebelum dunia dijadikan // Supaya kita kudus tak bercacat di hadapan-Nya 4. Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita. Di dalam bahasa Yunani bentuk kata kerja yang dipakai menunjukkan bahwa Dia memilih untuk diri-Nya. Al...

4. Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita. Di dalam bahasa Yunani bentuk kata kerja yang dipakai menunjukkan bahwa Dia memilih untuk diri-Nya. Alkitab banyak menyebutkan tentang kasih Allah yang memilih. Doktrin pemilihan di dalam Alkitab tidak pernah disajikan sebagai yang perlu ditakuti, tetapi senantiasa merupakan sesuatu yang membuat orang percaya, bersukacita. Perhatikan bahwa kita dipilih di dalam Dia, yaitu di dalam Kristus, dan bahwa pemilihan ini dilakukan sebelum dunia dijadikan. Maksud-maksud Allah bersifat abadi. Supaya kita kudus tak bercacat di hadapan-Nya. Untuk maksud inilah Allah memilih kita di dalam Kristus (bdg. Rm. 8:29; Yud. 24, 25).

Wycliffe: Ef 1:5 - Ia telah menentukan kita // Untuk menjadi anak-anak-Nya // menjadi anak-anak-Nya // Sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya 5. Ia telah menentukan kita. Allah memilih kita di dalam Kristus untuk suatu maksud yang sifatnya abadi. Untuk menjadi anak-anak-Nya. Kata yang diterj...

5. Ia telah menentukan kita. Allah memilih kita di dalam Kristus untuk suatu maksud yang sifatnya abadi. Untuk menjadi anak-anak-Nya. Kata yang diterjemahkan menjadi anak-anak-Nya dipakai lima kali dalam Perjanjian Baru (Rm. 8:15, 23; 9:4; Gal. 4:5; dan ayat ini). Yang dimaksudkan ialah bahwa kita ditempatkan dalam kedudukan sebagai anak. Tindakan ini bukan adopsi seperti dalam pengertian modern, tetapi lebih tepat adalah penempatan seorang anak sebagai putra yang sudah dewasa. Maksud Allah ialah agar semua orang percaya menjadi anak-anak yang dewasa di, dalam keluarga-Nya, di mana Kristus adalah "yang sulung" (Rm. 8:29). Sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya. Setiap usaha untuk mendasarkan pilihan dan predestinasi Allah pada kebaikan manusia, entah sudah diketahui sebelumnya belum, adalah tidak alkitabiah dan sia-sia. Sebab dari dipilihnya kita oleh Allah tidak terdapat di dalam diri kita, tetapi di dalam Dia saja (bdg. Ef. 2:8-10; Tit. 3:5). Kehendak Allah merupakan faktor yang menentukan.

Wycliffe: Ef 1:6 - Supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia // Kasih karunia-Nya // Yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia yang dikasihi-Nya // di dalam Dia yang dikasihi-Nya; 6. Supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia. Perhatikan tiga kali pemakaian ungkapan ini (bdg. ay. 12, 14). Ketiga pemakaian tersebut menandai p...

6. Supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia. Perhatikan tiga kali pemakaian ungkapan ini (bdg. ay. 12, 14). Ketiga pemakaian tersebut menandai peranan yang dimainkan oleh masing-masing Oknum ke-Allah-an di dalam keselamatan kita dengan memberikan berkat-berkat yang telah sampai kepada kita. Hal yang paling penting di alam semesta ini adalah kemuliaan Allah. Kitab Westminster Shorter Catechism mengungkapkan soal ini dengan baik di dalam jawabannya terhadap pertanyaan pertama, "Apakah tujuan utama manusia?" "Tujuan utama manusia ialah memuliakan Allah dan menikmati Dia untuk selama-lamanya." Kasih karunia-Nya. "Kasih karunia yang manusia tidak layak terima, bukan diberikan karena pekerjaan manusia, dan bukan balas jasa." (Chafer). Kasih karunia adalah kemurahan hati Allah sendiri yang dicurahkan-Nya atas manusia berdosa yang sesungguhnya hanya layak menerima murka-Nya. Yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia yang dikasihi-Nya. Lebih harfiah lagi, yang telah dikaruniakan-Nya dengan cuma-cuma kepada kita. Terdapat permainan kata lain di dalam bahasa Yunaninya - "Kasih karunia-Nya yang Ia karuniakan." Sulit menunjukkan hal ini dalam bentuk terjemahan. Pencurahan ini terjadi di dalam Dia yang dikasihi-Nya; yaitu Tuhan Yesus Kristus (bdg. Kol. 1:13; Mat. 3:17).

Wycliffe: Ef 1:7 - Di dalam Dia - yaitu Kristus - kita beroleh penebusan // Oleh darah-Nya // Pengampunan dosa // Menurut kekayaan kasih karunia-Nya // kekayaan 7. Di dalam Dia - yaitu Kristus - kita beroleh penebusan. Hal ini merupakan milik kita sekarang. Oleh darah-Nya. Alkitab menyajikan darah Kristus seba...

7. Di dalam Dia - yaitu Kristus - kita beroleh penebusan. Hal ini merupakan milik kita sekarang. Oleh darah-Nya. Alkitab menyajikan darah Kristus sebagai harga beli yang tak terhingga dari penebusan kita (bdg. Kis. 20:28; I Kor. 6:20; I Ptr. 1:18-20). Kolose 1:14 merupakan ayat yang isinya sama dengan ayat ini. Pengampunan dosa. Dengan tepat sekali (hanya sekali ini saja) orang-orang Farisi mengemukakan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat mengampuni dosa selain Allah (Mrk. 2:7). Kenyataan bahwa Tuhan Yesus Kristus mengampuni dosa merupakan bukti bahwa Dia adalah Allah. Menurut kekayaan kasih karunia-Nya. Kembali penekanan pada tidak adanya sama sekali di pihak manusia (bdg. Rm. 5:21). Perhatikan kata kekayaan. Kasih karunia-Nya tidak terbatas.

Wycliffe: Ef 1:8 - Yang dilimpahkan-Nya kepada kita // Hikmat 8. Yang dilimpahkan-Nya kepada kita. Allah berkelimpahan dalam segala hal. Dia adalah Allah yang tidak ada batasnya. Hikmat dari. Tuhan Yesus Kristus ...

8. Yang dilimpahkan-Nya kepada kita. Allah berkelimpahan dalam segala hal. Dia adalah Allah yang tidak ada batasnya. Hikmat dari. Tuhan Yesus Kristus tidak terbatas, dan hikmat itu telah melimpah dari-Nya di dalam arti Ia telah menjadikan hikmat tersebut tersedia bagi kita sebagaimana tampak dari ayat selanjutnya.

Wycliffe: Ef 1:9 - Telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita // Rahasia // rahasia // Rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya 9. Telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita. Penjelasan tentang soal melimpah di atas. Rahasia. Di dalam Perjanjian Baru kata rahasia menunju...

9. Telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita. Penjelasan tentang soal melimpah di atas. Rahasia. Di dalam Perjanjian Baru kata rahasia menunjuk kepada sesuatu yang belum dinyatakan dengan jelas, tetapi yang sekarang dijelaskan. Rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya. Kembali tampak bahwa Allah sepenuhnya menentukan sendiri dan mencukupi sendiri segala sesuatu.

Wycliffe: Ef 1:10 - Persiapan kegenapan waktu // persiapan // persiapan kegenapan waktu // mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu // Segala sesuatu 10. Persiapan kegenapan waktu. Kata persiapan artinya "kepengurusan." Di dalam Perjanjian Baru kata ini dipakai untuk mengacu kepada berbagai pengolah...

10. Persiapan kegenapan waktu. Kata persiapan artinya "kepengurusan." Di dalam Perjanjian Baru kata ini dipakai untuk mengacu kepada berbagai pengolahan berkat Allah. Tampaknya persiapan kegenapan waktu adalah kepengurusan terakhir yang dipercayakan kepada manusia, yang akan membuat maksud-maksud Allah terlaksana dengan baik dalam sejarah umat manusia. Maksud tersebut telah dirangkum di dalam ungkapan mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu. Ini merupakan kata-kata sastra (Robertson) - agar Dia dapat menjadi Kepala dari segala sesuatu di dalam Kristus" (bdg. Kol. 1:18). Segala sesuatu mencakup seluruh ciptaan. Karena Kristus adalah yang terutama di dalam maksud Allah bagi alam semesta dan Gereja, maka seorang yang tidak mengutamakan Kristus dalam hidupnya sama sekali tidak selaras dengan maksud Bapa.

Wycliffe: Ef 1:11 - Di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan // Kami yang dari // Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya // ditentukan, maksud, keputusan, kehendak 11. Di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan. Di sini terdapat perbedaan pendapat mengenai arti bahasa Yunaninya - apakah bentuknya aktif ...

11. Di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan. Di sini terdapat perbedaan pendapat mengenai arti bahasa Yunaninya - apakah bentuknya aktif ataukah pasif. Yang belakangan tampaknya lebih mungkin, sehingga ayat ini dapat diterjemahkan menjadi di dalam Dia kami telah mendapat bagian yang dijanjikan. Kita adalah bagian yang dijanjikan bagi Kristus, sebagaimana pula Dia itu bagian yang dijanjikan bagi kita. Kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya. Kata-kata ditentukan, maksud, keputusan, kehendak memiliki hubungan yang erat. Tidak ada pernyataan di dalam Alkitab yang lebih jelas atau lebih khidmat tentang kedaulatan Allah. Di sepanjang Alkitab terdapat garis sejajar kedaulatan Allah dan tanggung jawab manusia. Kita tidak dapat memadukan keduanya, tetapi kita dapat mempercayai keduanya sebab diajarkan dalam Firman.

Wycliffe: Ef 1:12 - Supaya kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya // yang sebelumnya // kami // kamu // Menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya 12. Supaya kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya. Beberapa penafsir beranggapan bahwa...

12. Supaya kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya. Beberapa penafsir beranggapan bahwa yang dimaksudkan di sini adalah orang-orang Yahudi karena ada ungkapan yang sebelumnya. Pandangan ini mungkin benar mengingat kontras antara kami dalam ayat 12 dengan kamu dalam ayat 13. Menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya. Pernyataan ini mengakhiri bagian kedua dari tiga serangkai hebat ini.

Wycliffe: Ef 1:13 - Di dalam Dia kamu juga (percaya) // Kamu telah mendengar firman kebenaran // Injil keselamatanmu - // Di dalam Dia juga ketika kamu percaya // Roh Kudus yang dijanjikan-Nya itu // kudus // Yang dijanjikan 13. Di dalam Dia kamu juga (percaya). Maksudnya, kamu orang-orang bukan Yahudi, yang kontras dengan orang-orang Yahudi. Kamu telah mendengar firman ke...

13. Di dalam Dia kamu juga (percaya). Maksudnya, kamu orang-orang bukan Yahudi, yang kontras dengan orang-orang Yahudi. Kamu telah mendengar firman kebenaran. Ketika kamu mendengar firman kebenaran, atau firman yang terdiri atas kebenaran. Ini selanjutnya disamakan dengan Injil keselamatanmu - kabar baik yang membawa keselamatan bagimu. Di dalam Dia juga ketika kamu percaya. Secara harfiah, di dalam Dia juga apabila kamu percaya, kamu dimeteraikan. Pemeteraian ini tidak terjadi sebagai peristiwa sesudah keselamatan tetapi terjadi serentak dengan keselamatan. Pelayanan pemeteraian Roh Kudus disebutkan beberapa kali dalam Perjanjian Baru (bdg. II Kor. 1:22; Ef. 4:30). Sebuah meterai merupakan tanda kepemilikan dan jaminan Roh Kudus sendirilah meterainya. Kehadiran-Nya menjamin keselamatan kita. Roh Kudus yang dijanjikan-Nya itu. Kata kudus secara tepat ditulis dengan huruf besar sebab yang dimaksudkan di sini adalah Oknum ketiga dari ke-Allah-an, dan kata sifat tersebut aslinya tegas. Yang dijanjikan. Roh Kudus sendirilah yang merupakan obyek atau isi dari janji yang diberikan.

Wycliffe: Ef 1:14 - Jaminan bagian kita // Penebusan yang menjadikan kita milik Allah // untuk memuji kemuliaan-Nya 14. Jaminan bagian kita. Maksudnya, janji yang menjamin bahwa segala sesuatu yang lain akan diberikan. Penebusan yang menjadikan kita milik Allah. Yes...

14. Jaminan bagian kita. Maksudnya, janji yang menjamin bahwa segala sesuatu yang lain akan diberikan. Penebusan yang menjadikan kita milik Allah. Yesus Kristus telah menebus kita untuk diri-Nya dan telah memberikan Roh Kudus kepada kita sebagai janji bahwa penebusan yang telah dimulai dengan demikian menakjubkan akan dilanjutkan terus hingga sempurna. Kembali kita menemukan frasa untuk memuji kemuliaan-Nya. Pengulangannya mengingatkan kita kembali kepada Allah tritunggal - Bapa. Anak dan Roh Kudus, tiga Oknum, namun satu Allah.

Wycliffe: Ef 1:15-23 - -- C. Doa Pertama Paulus (1:15-23). Doa yang menyusul didasarkan pada paragraf yang baru saja berakhir. Adalah karena Allah telah melakukan semua itu un...

C. Doa Pertama Paulus (1:15-23).

Doa yang menyusul didasarkan pada paragraf yang baru saja berakhir. Adalah karena Allah telah melakukan semua itu untuk orang percaya, yaitu membawa dia dari maksud abadi-Nya dalam kekekalan yang lalu kepada penggenapan penebusan dalam kekekalan yang akan datang, maka Paulus dapat berdoa seperti ini. Perhatikan bahwa berbeda dengan sebagian besar doa kita, doa syafaat Paulus adalah terutama untuk kesejahteraan rohani orang-orang yang didoakannya..

Wycliffe: Ef 1:15 - Setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus 15. Setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus. Kadang-kadang kita lupa bahwa kita harus su...

15. Setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus. Kadang-kadang kita lupa bahwa kita harus sungguh-sungguh mendoakan orang-orang yang sudah diselamatkan seperti halnya kita harus sungguh-sungguh mendoakan mereka yang belum diselamatkan. Iman dan kasih jemaat di Efesus ini merupakan perangsang bagi Paulus untuk mendoakan agar pertumbuhan rohani mereka berlanjut terus.

Wycliffe: Ef 1:16 - Tidak berhenti mengucap syukur karena kamu // Selalu mengingat kamu dalam doa 16. Tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Bersyukur demi kamu; yaitu bersyukur kepada Allah atas apa yang telah Dia lakukan untuk jemaat di Efes...

16. Tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Bersyukur demi kamu; yaitu bersyukur kepada Allah atas apa yang telah Dia lakukan untuk jemaat di Efesus tersebut. Selalu mengingat kamu dalam doa. Paulus tidak menganggap doa itu sesuatu yang kabur dan tidak menentu. Dia senantiasa mengingat mereka dan kebutuhan mereka khususnya di hadapan Allah.

Wycliffe: Ef 1:17 - Allah Tuhan kita Yesus Kristus, // Bapa yang mulia // Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu // untuk mengenal 17. Allah Tuhan kita Yesus Kristus, (bdg. ay. 3) Bapa yang mulia itu. Yakni Bapa yang bercirikan kemuliaan. Supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat d...

17. Allah Tuhan kita Yesus Kristus, (bdg. ay. 3) Bapa yang mulia itu. Yakni Bapa yang bercirikan kemuliaan. Supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu. Mungkin doa ini sifatnya obyektif: yaitu Roh Kudus yang memberi hikmat dan wahyu untuk mengenal. Kata ini menunjukkan pengetahuan penuh berdasarkan pengalaman.

Wycliffe: Ef 1:18 - Supaya Ia menjadikan mata hatimu terang // Agar kamu mengerti // Pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya // Betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya 18. Supaya Ia menjadikan mata hatimu terang. "Di dalam Alkitab hati merupakan pusat dan inti kehidupan yang paling dalam" (Alf). Agar kamu mengerti. H...

18. Supaya Ia menjadikan mata hatimu terang. "Di dalam Alkitab hati merupakan pusat dan inti kehidupan yang paling dalam" (Alf). Agar kamu mengerti. Hanya jika Allah menjelaskan kepada kita barulah kita dapat mengetahui apa yang Ia ingin kita ketahui. Pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya. Pengharapan di dalam Alkitab adalah kepastian mutlak tentang masa depan yang cemerlang. Betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus. Bandingkan dengan "kekayaan kasih karunia-Nya" dalam ayat 7 (bdg. juga dengan Ul. 33:3, 4).

Wycliffe: Ef 1:19 - Betapa hebat kuasa-Nya // bagi kita. 20. Yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati // lah yang membangkitkan Kristus dari antara orang mati tersedia untuk kita, dan kita dapat mengetahuinya dalam pengalaman hidup kita. Mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya // Di surga 19. Betapa hebat kuasa-Nya. Frasa-frasa selanjutnya menumpukkan kata-kata untuk menunjukkan kemahakuasaan Allah bagi kita. 20. Yang dikerjakan-Nya di ...

19. Betapa hebat kuasa-Nya. Frasa-frasa selanjutnya menumpukkan kata-kata untuk menunjukkan kemahakuasaan Allah bagi kita. 20. Yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati. Seringkali standar kuasa Allah dalam Perjanjian Lama ialah pembebasan dari Mesir, khususnya ketika menyeberang Laut Merah. Tetapi di sini terdapat patokan kekuasaan yang jauh lebih besar lagi. Kuasa Allah yang membangkitkan Kristus dari antara orang mati tersedia untuk kita, dan kita dapat mengetahuinya dalam pengalaman hidup kita. Mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya. Mungkin berbagai rujukan di dalam Perjanjian Baru tentang Kristus di sebelah kanan Allah berasal dari Mazmur 110. Di surga. Di dalam pemakaian kedua dari lima pemakaian frasa ini tampak jelas pengertian khusus. Tuhan Yesus secara harfiah dan jasmaniah berada di surga.

Wycliffe: Ef 1:21 - Jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa. Segala // Di dunia ini 21. Jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa. Segala dalam arti "setiap." Ada berbagai kata yang dipakai dalam Perjanjian Baru untuk menu...

21. Jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa. Segala dalam arti "setiap." Ada berbagai kata yang dipakai dalam Perjanjian Baru untuk menunjuk kepada sejumlah pangkat dan jenis makhluk surgawi, baik malaikat yang kudus maupun yang berbuat dosa. Untuk pengangkatan Kristus ini bandingkan dengan Filipi 2:8-11. Di dunia ini. Istilah ini mengacu kepada waktu, pada zaman ini.

Wycliffe: Ef 1:22 - Segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus // Telah diberikan-Nya // kepada jemaat sebagai Kepala 22. Segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus. Kembali rujukan ke Mazmur 110:1 (bdg. juga Mzm. 8:6). Ini menunjukkan kemenangan sempur...

22. Segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus. Kembali rujukan ke Mazmur 110:1 (bdg. juga Mzm. 8:6). Ini menunjukkan kemenangan sempurna yang akan dicapai Kristus. Telah diberikan-Nya (bdg. Yoh. 3:16) kepada jemaat sebagai Kepala. Di sini baru pertama kali di dalam surat ini Kristus disebut sebagai Kepala Gereja, suatu kebenaran yang dikembangkan secara cukup lengkap (lihat Pendahuluan).

Wycliffe: Ef 1:23 - Yang adalah tubuh-Nya // Kepenuhan 23. Yang adalah tubuh-Nya. Walaupun kita melihatnya sebagai sebuah kiasan; pernyataan ini lebih daripada sekadar kiasan saja. Pernyataan ini mengungka...

23. Yang adalah tubuh-Nya. Walaupun kita melihatnya sebagai sebuah kiasan; pernyataan ini lebih daripada sekadar kiasan saja. Pernyataan ini mengungkapkan kesatuan sempurna dari Gereja dengan Tuhan Yesus, pernyataan mutlak orang-orang percaya dengan diri-Nya (bdg. I Kor. 12:12). Kepenuhan. Yang dipenuhi. "Gereja merupakan penyataan yang berkesinambungan mengenai hidup ilahi-Nya di dalam bentuk manusia" (JFB). Dapat dilihat bahwa doa yang sejati mencakup kelimpahan ucapan syukur. Memuja Allah yang heran itu hendaknya lebih diutamakan dari semua permohonan yang mementingkan diri kita sendiri. Betapa berbedanya hidup kita seandainya kita saling mendoakan terus-menerus dengan cara ini!

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ef 1:1-2 - Pengantar Di dalam pasal ini kita membaca perihal, I. Pengantar bagi seluruh surat kerasulan ini, yang umumnya sama seperti pada surat-surat lainnya...

Matthew Henry: Ef 1:3-14 - Pujian atas Berkat-berkat Rohaniah Pujian atas Berkat-berkat Rohaniah (1:3-14) Rasul Paulus mengawali suratnya dengan ucapan syukur dan pujian, disertai dengan ungkapan perasaan yang...

Matthew Henry: Ef 1:15-23 - Doa Rasul Paulus Doa Rasul Paulus (1:15-23) Kita telah sampai pada bagian akhir pasal ini. Bagian yang memuat doa Rasul Paulus yang dinaikkan dengan sungguh-sungguh...

SH: Ef 1:1-6 - Keselamatan ajaib. (Jumat, 31 Oktober 2003) Keselamatan ajaib. Ajaibnya keselamatan dari Tuhan, akan kita sadari apabila kita membandingkan keadaan kita di luar Kristus dengan berkat-b...

SH: Ef 1:1-2 - Bagaimana bentuk relasi rasul-jemaat? (Kamis, 3 Oktober 2002) Bagaimana bentuk relasi rasul-jemaat? Paulus adalah rasul terhadap jemaat Efesus. Lebih dari itu, Paulus menjadi rarul bukan karena diutus oleh jemaat...

SH: Ef 1:3-10 - Mengapa memuji? (Jumat, 4 Oktober 2002) Mengapa memuji? Ayat-ayat berikut ini membawa kita bermuara kepada suatu pujian kepada Allah Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus. Sungguh suatu pujian y...

SH: Ef 1:7-14 - Hak dan tanggung jawab anak-anak Allah. (Sabtu, 1 November 2003) Hak dan tanggung jawab anak-anak Allah. Diangkatnya kita menjadi anak-anak Allah adalah dampak dari keputusan Allah memilih kita. Sebagai ana...

SH: Ef 1:11-14 - Menjadi umat Allah. (Sabtu, 5 Oktober 2002) Menjadi umat Allah. Siapakah umat Allah itu? Paulus menegaskan bahwa umat Allah terdiri dari etnis Yahudi dan juga etnis nonYahudi. Hal ini dijelaskan...

SH: Ef 1:15-23 - Kekayaan rohani di dalam Kristus. (Minggu, 2 November 2003) Kekayaan rohani di dalam Kristus. Dalam doa Paulus ini kita menemukan berkat-berkat atau kekayaan ilahi yang Paulus inginkan agar dinikmati o...

SH: Ef 1:15-23 - Bagaimana mengenal kuasa Allah? (Minggu, 6 Oktober 2002) Bagaimana mengenal kuasa Allah? Dengan doa! Tanpa doa tidak mungkin mengenal kuasa Allah. Paulus berdoa agar Allah ‘menjadikan mata hatimu tenang’...

Utley: Ef 1:1-2 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ef 1:1-21 Dari Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah, kepada orang-orang kudus di Efesus, orang- orang percaya dalam ...

Utley: Ef 1:3-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ef 1:3-143 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat ...

Utley: Ef 1:15-23 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ef 1:15-2315 Karena itu, setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus,...

Topik Teologia: Ef 1:1 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah adalah Satu Pribadi Allah Membuat Rencana dan Melaksanakannya ...

Topik Teologia: Ef 1:2 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Kebapaan Allah Kebapaan Ilahi Gal 1:1 Gal 1:4 Efe 1:2 Efe 5:20 Kol 1:12 1Te 1:3 1...

Topik Teologia: Ef 1:3 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Anak Allah Yes 9:5 Mat 4:3 M...

Topik Teologia: Ef 1:4 - -- Allah yang Berpribadi Allah Aktif dalam Kehidupan Yesus Mat 1:23 Mat 3:17 Yoh 3:16-17 Yoh 4:34 Yoh 5:19-23,30 Yoh 6:27 Yoh 8:42...

Topik Teologia: Ef 1:5 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Kehidupan Yesus Mat 1:23 Mat 3:17...

Topik Teologia: Ef 1:6 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Pengasih Kel 34:6 2Ra 13:23 2Ta 30:9 Ezr 9:8 Neh 9:17 Neh 9:31 Maz 86:15 ...

Topik Teologia: Ef 1:7 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yes...

Topik Teologia: Ef 1:8 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Mahatahu Kej 6:5 Kel 3:7 1Ra 8:39 2Ra 19:27 2Ta 16:9 Ayu 9:4 Ayu 12:13 Ay...

Topik Teologia: Ef 1:9 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Keselamatan Kematian Krist...

Topik Teologia: Ef 1:10 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kehendak Allah Inten...

Topik Teologia: Ef 1:11 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Atribut-Atribut Allah Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru ...

Topik Teologia: Ef 1:12 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Disejajarkan dengan Allah Kita Berharap...

Topik Teologia: Ef 1:13 - -- Roh Kudus Roh yang Berkenaan dengan Kata Ganti Pribadi Yoh 14:16-17 Yoh 15:26 Yoh 16:7-14 Efe 1:13-14 Sifat Ilahi Roh Kudus ...

Topik Teologia: Ef 1:14 - -- Roh Kudus Roh yang Berkenaan dengan Kata Ganti Pribadi Yoh 14:16-17 Yoh 15:26 Yoh 16:7-14 Efe 1:13-14 Roh yang Memeteraikan...

Topik Teologia: Ef 1:15 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mengasihi Sesama adalah Bukti Iman Gal 5:6 Efe 1:15 Efe 6:23 Kol 1:4-5 1Ti 1...

Topik Teologia: Ef 1:16 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mengucap Syukur Senantiasa Maz 30:13 Maz 119:62 Efe 1:16 Efe 5:20 1Te 1:2 ...

Topik Teologia: Ef 1:17 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Roh Kudus Roh yang Cerdas Yes 11:2 Yoh 14:26 Rom 8:27 1Ko 2:10-13 1Ko 12:8 Efe 1:17...

Topik Teologia: Ef 1:18 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Ef 1:19 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Natur dari Para Malaikat Baik Status Para ...

Topik Teologia: Ef 1:20 - -- Yesus Kristus Penggenapan Kis 2:32 Kis 5:31 Kis 7:55-56 Efe 1:20 Fili 2:9-11 Kol 3:1 Ibr 1:3 Ibr 8:1 Ibr 10:12 1Pe 3:22...

Topik Teologia: Ef 1:21 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Gereja Maz 118:22-23 Mat 12:6,8 Mat 16:18-1...

Topik Teologia: Ef 1:22 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Gereja Mat 16:18 Luk 2:28-33 Kis ...

Topik Teologia: Ef 1:23 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Gereja Mat 16:18 Luk 2:28-33 Kis ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Efesus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kristus dan Gereja Tanggal Penulisan: Sekitar 62 M Latar Belakang Surat Efesus merupakan salah satu pu...

Full Life: Efesus (Garis Besar) Garis Besar Salam Kristen (Ef 1:1-2) I. Ajaran yang Penuh Kuasa -- Penebusan Orang Percaya (Ef 1:3-3:21) A. Keuta...

Matthew Henry: Efesus (Pendahuluan Kitab) Beberapa orang berpendapat bahwa sebenarnya surat kepada jemaat di Efesus ini merupakan surat edaran yang dikirim kepada beberapa jemaat, dan kar...

Jerusalem: Efesus (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: Efesus (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT EFESUS KATA PENGANTAR Djudul "kepada orang-orang kudus di Efesus" sudah diberikan kepada surat ini di Geredja purba, te...

Wycliffe: Efesus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN EFESUS Penulis, Tanggal dan Tempat Penulisan. Hanya sedikit kritikus yang tidak yakin bahwa Pauluslah penulis surat ini. Serangan lebih b...

Wycliffe: Efesus (Garis Besar) GARIS BESAR EFESUS I. Kedudukan Orang Percaya di Dalam Kristus (1:1-3:21) A. Salam (1:1, 2) B. Semua Berkat Rohani (1:3-14)...

BIS: Efesus (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI EFESUS PENGANTAR Dalam Surat Paulus Kepada Jemaat di Efesus, penulis menekankan Rencana Allah agar "Seluruh alam, baik

SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI EFESUS

PENGANTAR

Dalam Surat Paulus Kepada Jemaat di Efesus, penulis menekankan Rencana Allah agar "Seluruh alam, baik yang di surga maupun yang di bumi, menjadi satu dengan Kristus sebagai kepala" (Ef 1:10). Surat ini merupakan juga seruan kepada umat Allah supaya mereka menghayati makna rencana agung dari Allah itu untuk mempersatukan seluruh umat manusia melalui Yesus Kristus.

Di dalam bagian pertama surat Efesus ini dikemukakan bagaimana penyatuan itu terjadi. Untuk menjelaskan hal itu ia menceritakan bagaimana Allah Bapa telah memilih umat-Nya, bagaimana Allah melalui Yesus Kristus, Anak-Nya, mengampuni dan membebaskan umat-Nya dari dosa, dan bagaimana janji Allah itu dijamin oleh Roh Allah. Di dalam bagian kedua, diserukan kepada para pembacanya supaya mereka hidup rukun agar kesatuan mereka sebagai umat yang percaya kepada Kristus dapat terlaksana.

Untuk menunjukkan bahwa umat Allah sudah menjadi satu karena bersatu dengan Kristus, penulis memakai beberapa kiasan. Jemaat adalah seperti tubuh dengan Kristus sebagai kepalanya, atau seperti sebuah bangunan yang batu sendinya ialah Kristus, atau seperti seorang istri dengan Kristus sebagai suaminya. Penulis sangat terharu ketika mengingat akan rahmat Allah melalui Kristus, sehingga ungkapan-ungkapan yang dipakainya dalam suratnya menunjukkan bahwa hatinya makin meluap dengan perasaan syukur dan pujian kepada Tuhan. Segala sesuatu ditinjaunya dari segi kasih Kristus, dari segi pengurbanan-Nya, pengampunan-Nya, kebaikan hati-Nya dan kesucian-Nya.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Ef 1:1-2
  2.  Kristus dengan gereja-Nya
    Ef 1:3-3:21
  3.  Kehidupan yang baru sebagai orang Kristen
    Ef 4:1-6:20
  4.  Penutup
    Ef 6:21-24

Ajaran: Efesus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang Kristen mengerti bahwa yang dimaksudkan dengan Gereja adalah Tubuh Kristus. Ini berarti Gereja adalah Tubuh Kristus. Ini berarti

Tujuan

Supaya orang Kristen mengerti bahwa yang dimaksudkan dengan Gereja adalah Tubuh Kristus. Ini berarti Gereja adalah Tubuh Kristus. Ini berarti Gereja adalah orang-orang pilihan Allah, atau kelompok orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Juruselamatnya.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Jemaat Kristen di kota Efesus. (Dan juga jemaat-jemaat Kristen di seluruh dunia).

Isi Kitab: Kitab Efesus terbagi atas 6 pasal. Di dalamnya kita dapat melihat dengan jelas uraian tentang arti Gereja yang benar.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Efesus

  1. Pasal 1-3 (Ef 1:1-3:21).

    Pengajaran tentang keselamatan orang-orang percaya

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa keselamatan orang-orang percaya sudah berada dalam rencana Allah, yaitu terhadap orang-orang yang dipilih-Nya dan orang-orang yang mau menerima anugerah-Nya di dalam Kristus dengan iman.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ef 1:1-14. _Tanyakan_: Siapakah yang telah dipilih Allah? (ayat 4; Ef 1:4). Apakah jaminan keselamatan orang percaya?
    2. Bacalah pasal Ef 2:8-10. _Tanyakan_: Apakah yang menyelamatkan manusia? Untuk apakah Allah menyelamatkan manusia?
  2. Pasal 4-6 (Ef 4:6-6:9).

    Pengajaran tentang kesatuan orang percaya dan cara-cara kehidupan sebagai orang percaya

    Dalam bagian ini Rasul Paulus menjelaskan bahwa setiap orang percaya sudah menjadi saudara karena dipersatukan di dalam Tuhan Yesus. Juga Paulus menjelaskan bagaimana orang-orang Kristen harus hidup di dalam gereja, keluarga dan masyarakat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ef 4:2-3,25-26,28-29,31-32. _Tanyakan_: Apakah yang harus dilakukan oleh orang percaya menurut nats ini?
    2. Bacalah pasal Ef 5:8-21. _Tanyakan_: Apakah yang membuktikan bahwa saudara anak-anak terang?
  3. Pasal 6 (Ef 6:10-24). Pengajaran tentang perlengkapan rohani orang Kristen dalam mengikut Yesus

    Pendalaman

    1. Mengapakah orang Kristen perlu menggunakan perlengkapan rohani yan Allah berikan?
    2. Siapakah musuh-musuh orang Kristen?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Efesus, jelaslah kita lihat bahwa orang-orang percaya adalah Gereja yang disebut juga Tubuh Kristus. Dan melalui Kitab ini juga dijelaskan tentang cara-cara kehidupan Gereja itu.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menjadi penulis Kitab Efesus?
  2. Siapakah yang dikatakan sebagai orang-orang percaya?
  3. Mengapakah orang (manusia) tidak bisa menyelamatkan dirinya dengan usah atau perbuatannya?

Intisari: Efesus (Pendahuluan Kitab) Sebuah surat edaran? UNTUK SIAPA SURAT INI DITULIS?Banyak orang berpendapat bahwa surat ini dimaksudkan untuk diedarkan secara luas, bukan hanya untu

Sebuah surat edaran?

UNTUK SIAPA SURAT INI DITULIS?
Banyak orang berpendapat bahwa surat ini dimaksudkan untuk diedarkan secara luas, bukan hanya untuk gereja di Efesus saja. Surat ini mungkin semacam surat edaran yang ditulis untuk digunakan oleh berbagai kelompok Kristen di daerah Efesus dan sekitamya. Apa yang ditulis Paulus dalam surat ini dapat diterapkan oleh umat Allah pada umumnya dan tidak ditujukan untuk suatu gereja tertentu. Tidak ada salam pribadi. Mungkin surat ini sebenarnya yang dimaksud oleh Rasul Paulus dalam Kolose 4:16 sebagai 'surat dari Laodikia'. Tikhikus dipercayakan untuk menyampaikan surat ini kepada alamat yang dituju. (Efe 6:21, 22). Surat ini, seperti surat-surat Rasul Paulus kepada jemaat di Filipi dan Kolose, ditulis dari dalam penjara dan tema utamanya ialah sifat, ciri-ciri dan tujuan dari gereja Kristen, yaitu terciptanya apa yang disebut 'masyarakat Allah yang baru'.

GEREJA DI EFESUS.
Paulus tinggal di Efesus selama 3 tahun (Kis 19:8, 10; 20:31). Efesus merupakan suatu kota yang banyak menyediakan sarana untuk penyembahan berhala. Kuil Dewi Diana (Artemis) terletak di kota itu. Di sana banyak terdapat orang-orang yang mempraktekkan ilmu sihir. Namun, waktu kita membaca surat ini kita tidak perlu mengetahui latar belakang gereja yang menjadi tujuan surat ini, karena isinya bersifat umum.

PESAN.
Surat ini tidak berhubungan dengan masalah-masalah yang khusus, tetapi tujuannya adalah untuk meninggikan nama Yesus Kristus dan untuk menunjukkan pentingnya gereja Kristen sebagai alat Allah di dunia ini. Seperti halnya dengan surat-surat Paulus lainnya, doktrin yang diberikan disusul dengan penerapan praktis. Iman Kristen dan kehidupan Kristen harus berjalan secara seimbang. Surat ini ditutup dengan peringatan bahwa Kristen selalu berada dalam konflik yang terus-menerus dengan setan dan kuasa kejahatan, tetapi Allah telah memberikan senjata yang diperlukan untuk memampukan Kristen bertahan dalam menghadapi semua serangan musuh.

Pesan

1. Warisan kekayaan untuk dinikmati.
o Tiga Pribadi Keallahan yang berperan dalam penyelamatan kita:
- Allah Bapa. Efe 1:4-6
- Allah Putra. Efe 1:7-12
- Allah Roh Kudus. 1: 13, 14
o Perhatikan permohonan doa Paulus bagi orang-orang Efesus
- untuk penerangan guna mengetahui sampai seberapa luas warisan kita. Efe 1:17-19
- untuk kuasa guna mengetahui sampai seberapa besar keagungan Allah. Efe 1:19-21

2. Kasih karunia dan damai sejahtera untuk dialami.
o Dari keadaan apa kita diselamatkan. Efe 2:1-3, 11, 12
o Oleh siapa kita diselamatkan. Efe 2:4-9, 13-18
o Untuk apa kita diselamatkan. 2:10, 19-22

3. Sumber-sumber rohani untuk dijajaki.
o Kekayaan yang tidak dapat dicari. Efe 3:8-13
o Kekuatan Ilahi. Efe 3:14-21
4. Persatuan rohani yang harus dipelihara.
o Sikap yang benar itu penting. Efe 4:1-3
o Dasar yang sama itu penting. Efe 4:4-6
o Persatuan dalam keanekaragaman harus dihadapi. 4:11
o Kedewasaan Kristen diharapkan. 4:13

5. Hubungan harmonis yang harus diusahakan.
o Terang sebagai ganti kegelapan. Efe 5:3-6
o Hikmat sebagai ganti kebodohan. Efe 5:15-17
o Kerohanian sebagai ganti hawa nafsu.Efe 5:18-20
o Kepatuhan sebagai ganti perdebatan.Efe 5:21-33

6. Senjata rohani untuk dipakai.
o Musuh yang kita hadapi. Efe 6:10-12
o Perlengkapan senjata yang kita punyai.Efe 6:13-20

Penerapan

Efesus mengajar kita tentang:

1. Betapa murah hati Allah
o dalam memberi kita seorang Penyelamat
o dalam mengirim kepada kita Roh Kudus
o dalam memberi jaminan kepada kita rumah surgawi

2. Betapa besar hak kita
untuk menjadi anggota keluarga Allah untuk mendapat bagian dalam Kerajaan Allah

3. Betapa kita perlu tenggang rasa
o dalam sikap kita terhadap orang lain
o dalam hubungan kita dengan orang lain

4. Betapa praktisnya kekristenan dalam hal
o perkawinan
o kedudukan sebagai orang-tua
o pekerjaan

5. Betapa nyatanya setan dalam
o pengaruhnya
o kegiatannya

6. Bagaimana kita perlu bersiap-siap
o dengan perlengkapan senjata Allah
o dengan doa

Tema-tema Kunci

1. Kasih karunia.
Kasih karunia merupakan kata kunci dalam Alkitab, sebab hal itu memperlihatkan sifat Allah yang memungkinkan adanya keselamatan bagi kita. Oleh karena dosa manusia, jika tidak ada kasih karunia, tidak akan ada pengharapan. Kasih karunia berarti hadiah yang diberikan cuma-cuma. Respons manusia terhadap kasih karunia ialah iman, tetapi ini pun diberikan oleh Allah kepada kita. Lihatlah khususnya Efe 2:1-10. Perhatikan bahwa kasih karunia selalu dipertentangkan dengan hukum Taurat (Rom 6:14). Pembenaran dimungkinkan oleh dua alasan, yaitu kasih karunia Allah (Rom 3:24) dan kematian Kristus (Rom 5:9).

2. Keesaan.
Paulus telah menjelaskan bahwa umat Allah di bawah perjanjian baru mengikutsertakan baik orang Yahudi maupun bukan Yahudi, dan sekarang ia menekankan perlunya kita memelihara keesaan sejati ini. Sebagai Kristen kita tidak dapat menciptakan keesaan oleh karena hal ini adalah pekerjaan Roh Kudus, tetapi kita diminta untuk memeliharanya. Kesatuan yang kita punyai tidaklah sama dengan keseragaman. Ada keanekaragaman karunia di antara umat Allah, tetapi hanya ada satu dasar kesatuan. Lihat juga pada perikop lain yang terbaik yang menekankan pentingnya kesatuan - Yohanes pasal 17.

3. Hubungan.
Kita tidak hidup di dalam suatu ruangan hampa, tetapi di dalam serentetan hubungan - di dalam rumah, dalam pekerjaan, di dalam gereja dan di dalam masyarakat pada umumnya. Iman Kristen kita terutama menyangkut hubungan-hubungan tersebut. Kita sering menemukan bahwa pada suatu saat, standar kehidupan menurut ajaran Alkitab bertentangan dengan standar kehidupan yang sementara ini diterima dalam masyarakat. Dalam kasus seperti itu kita harus lebih menaati Allah daripada manusia. Bandingkan perikop dalam Efesus tentang masalah ini dengan ayat-ayat yang serupa dalam Kolose. Juga perhatikan bagaimana dalam memilih pemimpin Kristen, masalah hubungan kekeluargaan sangat mendapat perhatian (1Tim 3:1-5; Tit 1:6-8).

4. Konflik.
Paulus menyebut seorang Kristen sebagai prajurit (2 Tim. 2:3, 4). Baginya selalu berlangsung peperangan, dan Kristen benar-benar terlibat di dalamnya. Alkitab tidak pernah meragukan keberadaan setan. Setan begitu nyata dalam pengalaman Tuhan Yesus,dan nyata juga bagi para murid.Dalam Efesus Paulus mengingatkan kita tentang kecerdikan musuh itu.Kita tidak dapat menghadapinya tanpa senjata atau tanpa perlindungan. Carilah hal-hal yang berhubungan dengan Iblis yang ditunjukkan oleh Kristus - Matius 4:1-11; 12:24; 13:39; 25:41; Lukas 8:12; 10:18; Yohanes 8:44.

Garis Besar Intisari: Efesus (Pendahuluan Kitab) [1] SEBUAH PESAN UNTUK ORANG-ORANG KUDUS YANG SETIA DALAM YESUS KRISTUS DI EFESUS Efe 1:1, 2 [2] WARISAN KITA SEBAGAI ORANG KRISTEN Efe 1:3-2:

[1] SEBUAH PESAN UNTUK ORANG-ORANG KUDUS YANG SETIA DALAM YESUS KRISTUS DI

EFESUS Efe 1:1, 2

[2] WARISAN KITA SEBAGAI ORANG KRISTEN Efe 1:3-2:22

Efe 1:3-6Dipilih untuk suatu maksud
Efe 1:7-14Diselamatkan untuk suatu maksud
Efe 1:15-23Diterangi untuk suatu maksud
Efe 2:1-10Dihidupkan untuk suatu maksud
Efe 2:11-22Didamaikan untuk suatu maksud

[3] SUATU MISTERI YANG DISINGKAPKAN Efe 3:1-21

Efe 3:1-6Orang-orang yang bukan Yahudi juga diikutsertakan
Efe 3:7-12Pelayanan Paulus yang strategis
Efe 3:13-21Pengertian penuh sangat penting

[4] SIFAT GEREJA Efe 4:1-32

Efe 4:1-6Dipersatukan di dalam Roh
Efe 4:7-12Diberkati dengan karunia-karunia Roh
Efe 4:13-16Diperlengkapi untuk bertumbuh
Efe 4:17-24Diperbarui ciri-cirinya
Efe 4:25-32Diubahkan penampilannya

[5] CIRI-CIRI, TINGKAH LAKU DAN KONFLIK KRISTEN Efe 5:1-6:24

Efe 5:1-20Mengikut Kristus
Efe 5:21-6:9Hidup dengan sesama
Efe 6:10-24Menghadapi musuh
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #03: Coba gunakan operator (AND, OR, NOT, ALL, ANY) untuk menyaring pencarian Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 1.46 detik
dipersembahkan oleh YLSA