kecilkan semua  

Teks -- Ayub 36:1-33 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Tujuan sengsara ialah pertobatan
36:1 Berkatalah Elihu selanjutnya: 36:2 "Bersabarlah sebentar, aku akan mengajar engkau, karena masih ada yang hendak kukatakan demi Allah. 36:3 Aku akan meraih pengetahuanku dari jauh dan membenarkan Pembuatku; 36:4 karena sungguh-sungguh, bukan dusta perkataanku, seorang yang sempurna pengetahuannya menghadapi engkau. 36:5 Ketahuilah, Allah itu perkasa, namun tidak memandang hina apapun, Ia perkasa dalam kekuatan akal budi. 36:6 Ia tidak membiarkan orang fasik hidup, tetapi memberi keadilan kepada orang-orang sengsara; 36:7 Ia tidak mengalihkan pandangan mata-Nya dari orang benar, tetapi menempatkan mereka untuk selama-lamanya di samping raja-raja di atas takhta, sehingga mereka tinggi martabatnya. 36:8 Jikalau mereka dibelenggu dengan rantai, tertangkap dalam tali kesengsaraan, 36:9 maka Ia memperingatkan mereka kepada perbuatan mereka, dan kepada pelanggaran mereka, karena mereka berlaku congkak, 36:10 dan ia membukakan telinga mereka bagi ajaran, dan menyuruh mereka berbalik dari kejahatan. 36:11 Jikalau mereka mendengar dan takluk, maka mereka hidup mujur sampai akhir hari-hari mereka dan senang sampai akhir tahun-tahun mereka. 36:12 Tetapi, jikalau mereka tidak mendengar, maka mereka akan mati oleh lembing, dan binasa dalam kebebalan. 36:13 Orang-orang yang fasik hatinya menyimpan kemarahan; mereka tidak berteriak minta tolong, kalau mereka dibelenggu-Nya; 36:14 nyawa mereka binasa di masa muda, dan hidup mereka berakhir sebelum saatnya. 36:15 Dengan sengsara Ia menyelamatkan orang sengsara, dengan penindasan Ia membuka telinga mereka. 36:16 Juga engkau dibujuk-Nya keluar dari dalam kesesakan, ke tempat yang luas, bebas dari tekanan, ke meja hidanganmu yang tenang dan penuh lemak. 36:17 Tetapi engkau sudah mendapat hukuman orang fasik sepenuhnya, engkau dicengkeram hukuman dan keadilan; 36:18 janganlah panas hati membujuk engkau berolok-olok, janganlah besarnya tebusan menyesatkan engkau. 36:19 Dapatkah teriakanmu meluputkan engkau dari kesesakan, ataukah seluruh kekuatan jerih payahmu? 36:20 Janganlah merindukan malam hari, waktu bangsa-bangsa pergi dari tempatnya. 36:21 Jagalah dirimu, janganlah berpaling kepada kejahatan, karena itulah sebabnya engkau dicobai oleh sengsara. 36:22 Sesungguhnya, Allah itu mulia di dalam kekuasaan-Nya; siapakah guru seperti Dia? 36:23 Siapakah akan menentukan jalan bagi-Nya, dan siapa berani berkata: Engkau telah berbuat curang? 36:24 Ingatlah, bahwa engkau harus menjunjung tinggi perbuatan-Nya, yang selalu dinyanyikan oleh manusia. 36:25 Semua orang melihatnya, manusia memandangnya dari jauh. 36:26 Sesungguhnya, Allah itu besar, tidak tercapai oleh pengetahuan kita, jumlah tahun-Nya tidak dapat diselidiki. 36:27 Ia menarik ke atas titik-titik air, dan memekatkan kabut menjadi hujan, 36:28 yang dicurahkan oleh mendung, dan disiramkan ke atas banyak manusia. 36:29 Siapa mengerti berkembangnya awan, dan bunyi gemuruh di tempat kediaman-Nya? 36:30 Sesungguhnya, Ia mengembangkan terang-Nya di sekeliling-Nya, dan menudungi dasar laut. 36:31 Karena dengan semuanya itu Ia mengadili bangsa-bangsa, dan juga memberi makan dengan berlimpah-limpah. 36:32 Kedua tangan-Nya diselubungi-Nya dengan kilat petir dan menyuruhnya menyambar sasaran. 36:33 Pekik perang-Nya memberitakan kedatangan-Nya, kalau dengan murka Ia berjuang melawan kecurangan."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Elihu son of Tohu/Toah/Nahath; a Levite from Ephraim,a commander from Manasseh who defected to David,son of Shemaiah (Levi); a gatekeeper,brother of David and his chief officer over the tribe of Judah,son of Barachel the Buzite of the family of Ram; friend of Job


Topik/Tema Kamus: Elihu | Ayub | Awan | Hujan | Susah, Kesusahan Dijadikan Faedah | Tebus, Penebusan | Hikmat Allah | Hidup | Telinga | Tobat, Pertobatan (Berpaling Kepada Tuhan) | Terang | Orang Fasik | Adil, Keadilan Allah | Kuasa Allah | Benar, Kebenaran Rohani | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

BIS: Ayb 36:25 - tak seorang pun ... memahami-Nya tak seorang pun ... memahami-Nya, atau kita hanya memandang dari jauh saja.

tak seorang pun ... memahami-Nya, atau kita hanya memandang dari jauh saja.

BIS: Ayb 36:31 - menghidupi Kemungkinan besar artinya menghidupi; Ibrani: menghakimi.

Kemungkinan besar artinya menghidupi; Ibrani: menghakimi.

Jerusalem: Ayb 36:1 - Berkatalah Elihu Elifas sudah menyinggung, Ayu 5:17, dan menguraikan, Ayu 22:23-30, gagasan yang menjadi pokok utama uraian Elihu ini. Maksud uraian ini sukar ditangka...

Elifas sudah menyinggung, Ayu 5:17, dan menguraikan, Ayu 22:23-30, gagasan yang menjadi pokok utama uraian Elihu ini. Maksud uraian ini sukar ditangkap dan juga sukar mengatakan sejauh mana Elihu menyumbangkan pikiran baru.

Jerusalem: Ayb 36:5 - Ketahuilah.... Naskah Ibrani sangat sukar dimengerti maksudnya. Ada yang mengusulkan perbaikan sbb: Ketahuilah, Allah tidak menghina (menolak) manusia yang murni hat...

Naskah Ibrani sangat sukar dimengerti maksudnya. Ada yang mengusulkan perbaikan sbb: Ketahuilah, Allah tidak menghina (menolak) manusia yang murni hatinya (6) dan Ia tidak membiarkan orang fasik hidup dengan berdaya (hati) penuh.

Jerusalem: Ayb 36:14 - sebelum saatnya Harafiah: di tengah-tengah orang-orang kudus. Artinya di tengah-tengah pelacur kudus, jadi secara terhina.

Harafiah: di tengah-tengah orang-orang kudus. Artinya di tengah-tengah pelacur kudus, jadi secara terhina.

Jerusalem: Ayb 36:15 - membuka telinga mereka Artinya: membuat mereka mengerti, bdk Maz 40:7+.

Artinya: membuat mereka mengerti, bdk Maz 40:7+.

Jerusalem: Ayb 36:17 - -- Ayat ini agaknya rusak dan diterjemahkan dengan macam-macam cara. terjemahan lain: tetapi engkau sibuk dengan perkara orang fasik, dicengkam sengketa ...

Ayat ini agaknya rusak dan diterjemahkan dengan macam-macam cara. terjemahan lain: tetapi engkau sibuk dengan perkara orang fasik, dicengkam sengketa dan hukum.

Jerusalem: Ayb 36:18 - -- Terjemahan lain: Janganlah hatimu terbujuk oleh kelimpahan, janganlah hatimu terpikat oleh besarnya uang tebusan.

Terjemahan lain: Janganlah hatimu terbujuk oleh kelimpahan, janganlah hatimu terpikat oleh besarnya uang tebusan.

Jerusalem: Ayb 36:19-20 - -- Ayat-ayat ini sukar dimengerti maksudnya dan naskah Ibrani nampaknya rusak. Terjemahan dikira-kirakan saja. Naskah Ibrani secara harafiah dapat diterj...

Ayat-ayat ini sukar dimengerti maksudnya dan naskah Ibrani nampaknya rusak. Terjemahan dikira-kirakan saja. Naskah Ibrani secara harafiah dapat diterjemahkan begini: Adakah teriakmu tampil ke depan (pengadilan?), bukannya dalam kesesakan dan segala daya upaya kekuatan?

Jerusalem: Ayb 36:22 - Sesungguhnya.... Setelah memberi keterangan mengenai penyelenggaraan ilahi, Ayu 36:1-21, Elihu kini, Ayu 36:22-37:24, memuji hikmat dan kekuasaan Allah.

Setelah memberi keterangan mengenai penyelenggaraan ilahi, Ayu 36:1-21, Elihu kini, Ayu 36:22-37:24, memuji hikmat dan kekuasaan Allah.

Jerusalem: Ayb 36:29 - Siapa Ini menurut terjemahan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: Jika (ia... )

Ini menurut terjemahan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: Jika (ia... )

Jerusalem: Ayb 36:29 - di tempat kediamanNya Harafiah: di kemahNya. Kemah Allah ialah awan, pokok gemuruh, yang "berkembang" dengan disertai mata petir, ialah "suara Tuhan", bdk Maz 18:10-15; 29;...

Harafiah: di kemahNya. Kemah Allah ialah awan, pokok gemuruh, yang "berkembang" dengan disertai mata petir, ialah "suara Tuhan", bdk Maz 18:10-15; 29; Kel 13:22+; Kel 19:16+.

Jerusalem: Ayb 36:30 - terangNya Dalam Targum terbaca: kabut

Dalam Targum terbaca: kabut

Jerusalem: Ayb 36:30 - dasar laut Ini mungkin perlu diperbaiki menjadi puncak gunung-gunung.

Ini mungkin perlu diperbaiki menjadi puncak gunung-gunung.

Jerusalem: Ayb 36:31 - mengadili Kata Ibrani yang diterjemahkan dengan "mengadili" juga dapat berarti: memberi anugerah kepada. Ini memang lebih sesuai dengan bagian kedua ayat ini (m...

Kata Ibrani yang diterjemahkan dengan "mengadili" juga dapat berarti: memberi anugerah kepada. Ini memang lebih sesuai dengan bagian kedua ayat ini (memberi makan). Kalau terjemahan ini diterima, maka Ayu 36:31 sebaik-baiknya ditempatkan sesudah Ayu 36:31 sebaik-baiknya ditempatkan sesudah Ayu 36:28, sehingga "dengan semuanya itu" (harafiah: dengan mereka itu) mengenai hujan yang disebut dalam Ayu 36:27-28.

Ende: Ayb 36:14 - bantji Kata Hibrani jang dipakai disini ialah "jang sutji". Agaknja "jang sutji" ini ialah orang2 laki2 jang dalam kuil-kuil dewa2 kafir berbuat tjabul denga...

Kata Hibrani jang dipakai disini ialah "jang sutji". Agaknja "jang sutji" ini ialah orang2 laki2 jang dalam kuil-kuil dewa2 kafir berbuat tjabul dengan orang lain untuk menghormati dewa2 tadi.

Ende: Ayb 36:15 - -- Djadi, menurut Elihu, maksud sengsara ialah menjelamatkan manusia dan membuatnja berbalik dari kedjahatan dengan bersesal, setelah diketahuinja.

Djadi, menurut Elihu, maksud sengsara ialah menjelamatkan manusia dan membuatnja berbalik dari kedjahatan dengan bersesal, setelah diketahuinja.

Ende: Ayb 36:17 - -- Ijob tidak mau memperhatikan diri sendiri dan mengakui kesalahannja, melainkan ia ber-soal2 tentang kedjahatan orang2 lain dan mau sadja mereka dihuku...

Ijob tidak mau memperhatikan diri sendiri dan mengakui kesalahannja, melainkan ia ber-soal2 tentang kedjahatan orang2 lain dan mau sadja mereka dihukum, hingga ia tidak bersesal atas disanja sendiri dan karenanja tidak dilepaskan dari sengsaranja.

Ende: Ayb 36:18-21 - -- Dalam naskah Hibrani ajat2 ini hampir tidak dapat dimengerti. Kami menuruti terdjemahan Bible de Jerusalem.

Dalam naskah Hibrani ajat2 ini hampir tidak dapat dimengerti. Kami menuruti terdjemahan Bible de Jerusalem.

Endetn: Ayb 36:2 - (membenarkan) ditambahkan.

ditambahkan.

Endetn: Ayb 36:5 - Allah tidak .... dst. diperbaiki.

diperbaiki.

Endetn: Ayb 36:7 - tuntutan diperbaiki. Tertulis: "mataNja dari ....". Ditinggalkan: "dan".

diperbaiki. Tertulis: "mataNja dari ....". Ditinggalkan: "dan".

Endetn: Ayb 36:9 - (begitu) ditambahkan.

ditambahkan.

Endetn: Ayb 36:14 - (berachir) ditambahkan.

ditambahkan.

Endetn: Ayb 36:16 - dikedjutkan diperbaiki. Tertulis: "kaukedjutkan".

diperbaiki. Tertulis: "kaukedjutkan".

Endetn: Ayb 36:17 - engkau diperbaiki. Tertulis: "dipegang ...".

diperbaiki. Tertulis: "dipegang ...".

Endetn: Ayb 36:29 - siapa gerangan diperbaiki menurut terdjemahan Syriah. Tertulis: "djuga kalau".

diperbaiki menurut terdjemahan Syriah. Tertulis: "djuga kalau".

Endetn: Ayb 36:30 - kabutNja diperbaiki. Tertulis: "tjahaja". "puntjak2 gunung", diperbaiki. Tertulis: "akar2 laut".

diperbaiki. Tertulis: "tjahaja". "puntjak2 gunung", diperbaiki. Tertulis: "akar2 laut".

Endetn: Ayb 36:32 - mengangkat diperbaiki. Tertulis: "menutup".

diperbaiki. Tertulis: "menutup".

Endetn: Ayb 36:33 - mendekat lawan kelaliman diperbaiki. Naskah Hibrani tidak terang.

diperbaiki. Naskah Hibrani tidak terang.

Ref. Silang FULL: Ayb 36:3 - dari jauh // membenarkan Pembuatku · dari jauh: Ayub 6:28; Ayub 6:28 · membenarkan Pembuatku: Ayub 4:17; Ayub 4:17

· dari jauh: Ayub 6:28; [Lihat FULL. Ayub 6:28]

· membenarkan Pembuatku: Ayub 4:17; [Lihat FULL. Ayub 4:17]

Ref. Silang FULL: Ayb 36:4 - bukan dusta // sempurna pengetahuannya // menghadapi engkau · bukan dusta: Ayub 6:28; Ayub 6:28; Ayub 13:6; Ayub 13:6 · sempurna pengetahuannya: Ayub 37:5,16,23 · menghadapi engkau: Ayub ...

· bukan dusta: Ayub 6:28; [Lihat FULL. Ayub 6:28]; Ayub 13:6; [Lihat FULL. Ayub 13:6]

· sempurna pengetahuannya: Ayub 37:5,16,23

· menghadapi engkau: Ayub 32:17; [Lihat FULL. Ayub 32:17]

Ref. Silang FULL: Ayb 36:5 - itu perkasa // hina apapun // akal budi · itu perkasa: Ayub 9:4; Ayub 9:4 · hina apapun: Mazm 5:3; 22:25; 31:23; 69:34; 102:18; 103:10 · akal budi: Bil 23:19; Bil 23:19;...

· itu perkasa: Ayub 9:4; [Lihat FULL. Ayub 9:4]

· hina apapun: Mazm 5:3; 22:25; 31:23; 69:34; 102:18; 103:10

· akal budi: Bil 23:19; [Lihat FULL. Bil 23:19]; Rom 11:29

Ref. Silang FULL: Ayb 36:6 - fasik hidup // memberi keadilan · fasik hidup: Ayub 34:26; Ayub 34:26 · memberi keadilan: Ayub 4:10; Ayub 4:10

· fasik hidup: Ayub 34:26; [Lihat FULL. Ayub 34:26]

· memberi keadilan: Ayub 4:10; [Lihat FULL. Ayub 4:10]

Ref. Silang FULL: Ayb 36:7 - orang benar // untuk selama-lamanya // samping raja-raja · orang benar: Ayub 11:11; Ayub 11:11; Mazm 11:5; 33:18; 34:16; Mat 6:18 · untuk selama-lamanya: 1Sam 2:7-8; 1Sam 2:7; 1Sam 2:8; Ayub 4:...

· orang benar: Ayub 11:11; [Lihat FULL. Ayub 11:11]; Mazm 11:5; 33:18; 34:16; Mat 6:18

· untuk selama-lamanya: 1Sam 2:7-8; [Lihat FULL. 1Sam 2:7]; [Lihat FULL. 1Sam 2:8]; Ayub 4:7; [Lihat FULL. Ayub 4:7]

· samping raja-raja: Mazm 113:8; Yes 22:23

Ref. Silang FULL: Ayb 36:8 - dengan rantai // tali kesengsaraan · dengan rantai: 2Sam 3:34; 2Sam 3:34; 2Raj 23:33; Mazm 107:10,14 · tali kesengsaraan: Ayub 36:10,15,21; Mazm 119:67,71

· dengan rantai: 2Sam 3:34; [Lihat FULL. 2Sam 3:34]; 2Raj 23:33; Mazm 107:10,14

· tali kesengsaraan: Ayub 36:10,15,21; Mazm 119:67,71

Ref. Silang FULL: Ayb 36:9 - berlaku congkak · berlaku congkak: Ayub 15:25; Ayub 15:25

· berlaku congkak: Ayub 15:25; [Lihat FULL. Ayub 15:25]

Ref. Silang FULL: Ayb 36:10 - membukakan telinga // bagi ajaran // dari kejahatan · membukakan telinga: Ayub 33:16; Ayub 33:16 · bagi ajaran: Ayub 5:17; Ayub 5:17 · dari kejahatan: Ayub 36:8; Ayub 36:8; Hak 6:8;...

· membukakan telinga: Ayub 33:16; [Lihat FULL. Ayub 33:16]

· bagi ajaran: Ayub 5:17; [Lihat FULL. Ayub 5:17]

· dari kejahatan: Ayub 36:8; [Lihat FULL. Ayub 36:8]; Hak 6:8; [Lihat FULL. Hak 6:8]; Ayub 34:33; [Lihat FULL. Ayub 34:33]; 1Tes 5:22

Ref. Silang FULL: Ayb 36:11 - dan takluk // hidup mujur // dan senang · dan takluk: Im 26:33; Im 26:33; Ul 28:1; Yes 1:19; Hag 1:12 · hidup mujur: Ul 30:15; Ul 30:15; Ayub 8:7; Ayub 8:7 · dan senang:...

· dan takluk: Im 26:33; [Lihat FULL. Im 26:33]; Ul 28:1; Yes 1:19; Hag 1:12

· hidup mujur: Ul 30:15; [Lihat FULL. Ul 30:15]; Ayub 8:7; [Lihat FULL. Ayub 8:7]

· dan senang: Kel 8:22; [Lihat FULL. Kel 8:22]; Ul 8:1; [Lihat FULL. Ul 8:1]; Yoh 14:21; 1Tim 4:8

Ref. Silang FULL: Ayb 36:12 - oleh lembing // dalam kebebalan · oleh lembing: Im 26:38; Im 26:38; Ayub 15:22; Ayub 15:22 · dalam kebebalan: Ayub 4:21; Ayub 4:21; Ef 4:18

· oleh lembing: Im 26:38; [Lihat FULL. Im 26:38]; Ayub 15:22; [Lihat FULL. Ayub 15:22]

· dalam kebebalan: Ayub 4:21; [Lihat FULL. Ayub 4:21]; Ef 4:18

Ref. Silang FULL: Ayb 36:13 - fasik hatinya // menyimpan kemarahan // minta tolong · fasik hatinya: Ayub 15:12; Ayub 15:12; Rom 2:5 · menyimpan kemarahan: Ayub 5:2; Ayub 5:2 · minta tolong: Ayub 4:17; Ayub 4:17; ...

· fasik hatinya: Ayub 15:12; [Lihat FULL. Ayub 15:12]; Rom 2:5

· menyimpan kemarahan: Ayub 5:2; [Lihat FULL. Ayub 5:2]

· minta tolong: Ayub 4:17; [Lihat FULL. Ayub 4:17]; Am 4:11

Ref. Silang FULL: Ayb 36:14 - masa muda // masa muda · masa muda: Ayub 15:32; Ayub 15:32 · masa muda: Ul 23:17; Ul 23:17

· masa muda: Ayub 15:32; [Lihat FULL. Ayub 15:32]

· masa muda: Ul 23:17; [Lihat FULL. Ul 23:17]

Ref. Silang FULL: Ayb 36:15 - Dengan sengsara // orang sengsara // dengan penindasan // telinga mereka · Dengan sengsara: 2Kor 12:10 · orang sengsara: Ayub 5:15; Ayub 5:15 · dengan penindasan: Ayub 36:8; Ayub 36:8; Ayub 34:33; Ayub ...

· Dengan sengsara: 2Kor 12:10

· orang sengsara: Ayub 5:15; [Lihat FULL. Ayub 5:15]

· dengan penindasan: Ayub 36:8; [Lihat FULL. Ayub 36:8]; Ayub 34:33; [Lihat FULL. Ayub 34:33]

· telinga mereka: Ayub 33:16; [Lihat FULL. Ayub 33:16]

Ref. Silang FULL: Ayb 36:16 - engkau dibujuk-Nya // yang luas // dari tekanan // ke meja // penuh lemak · engkau dibujuk-Nya: Hos 2:13 · yang luas: 2Sam 22:20; 2Sam 22:20; Mazm 18:20 · dari tekanan: Mazm 118:5 · ke meja: Mazm ...

· engkau dibujuk-Nya: Hos 2:13

· yang luas: 2Sam 22:20; [Lihat FULL. 2Sam 22:20]; Mazm 18:20

· dari tekanan: Mazm 118:5

· ke meja: Mazm 23:5; 78:19

· penuh lemak: Kej 17:1; [Lihat FULL. Kej 17:1]; Ayub 15:11; [Lihat FULL. Ayub 15:11]

Ref. Silang FULL: Ayb 36:17 - orang fasik // sepenuhnya, engkau dicengkeram · orang fasik: Ayub 20:29; Ayub 20:29 · sepenuhnya, engkau dicengkeram: Ayub 22:11

· orang fasik: Ayub 20:29; [Lihat FULL. Ayub 20:29]

· sepenuhnya, engkau dicengkeram: Ayub 22:11

Ref. Silang FULL: Ayb 36:18 - besarnya tebusan // menyesatkan · besarnya tebusan: Kel 23:8; Kel 23:8; Am 5:12 · menyesatkan: Ayub 34:33; Ayub 34:33

· besarnya tebusan: Kel 23:8; [Lihat FULL. Kel 23:8]; Am 5:12

· menyesatkan: Ayub 34:33; [Lihat FULL. Ayub 34:33]

Ref. Silang FULL: Ayb 36:19 - seluruh kekuatan · seluruh kekuatan: Mazm 49:7; Yer 9:23

· seluruh kekuatan: Mazm 49:7; Yer 9:23

Ref. Silang FULL: Ayb 36:20 - malam hari · malam hari: Ayub 34:20,25

· malam hari: Ayub 34:20,25

Ref. Silang FULL: Ayb 36:21 - kepada kejahatan // oleh sengsara · kepada kejahatan: Ayub 34:33; Ayub 34:33; Mazm 66:18 · oleh sengsara: Ayub 36:8; Ayub 36:8; Ibr 11:25

· kepada kejahatan: Ayub 34:33; [Lihat FULL. Ayub 34:33]; Mazm 66:18

· oleh sengsara: Ayub 36:8; [Lihat FULL. Ayub 36:8]; Ibr 11:25

Ref. Silang FULL: Ayb 36:22 - dalam kekuasaan-Nya // seperti Dia · dalam kekuasaan-Nya: Ayub 5:9; Ayub 5:9; Ayub 9:4; Ayub 9:4 · seperti Dia: Ayub 21:22; Ayub 21:22; Rom 11:34; Rom 11:34

· dalam kekuasaan-Nya: Ayub 5:9; [Lihat FULL. Ayub 5:9]; Ayub 9:4; [Lihat FULL. Ayub 9:4]

· seperti Dia: Ayub 21:22; [Lihat FULL. Ayub 21:22]; Rom 11:34; [Lihat FULL. Rom 11:34]

Ref. Silang FULL: Ayb 36:23 - menentukan jalan // bagi-Nya // berbuat curang · menentukan jalan: Ayub 27:11 · bagi-Nya: Ayub 34:13; Ayub 34:13; Rom 11:33 · berbuat curang: Kej 18:25; Kej 18:25; Ayub 34:10; ...

· menentukan jalan: Ayub 27:11

· bagi-Nya: Ayub 34:13; [Lihat FULL. Ayub 34:13]; Rom 11:33

· berbuat curang: Kej 18:25; [Lihat FULL. Kej 18:25]; Ayub 34:10; [Lihat FULL. Ayub 34:10]

Ref. Silang FULL: Ayb 36:24 - tinggi perbuatan-Nya // selalu dinyanyikan · tinggi perbuatan-Nya: 1Taw 16:24; Mazm 35:27; 92:6; 111:2; 138:5; 145:10 · selalu dinyanyikan: Kel 15:1; Kel 15:1; Wahy 15:3

· tinggi perbuatan-Nya: 1Taw 16:24; Mazm 35:27; 92:6; 111:2; 138:5; 145:10

· selalu dinyanyikan: Kel 15:1; [Lihat FULL. Kel 15:1]; Wahy 15:3

Ref. Silang FULL: Ayb 36:25 - orang melihatnya · orang melihatnya: Rom 1:20

· orang melihatnya: Rom 1:20

Ref. Silang FULL: Ayb 36:26 - oleh pengetahuan // dapat diselidiki · oleh pengetahuan: Ayub 5:9; Ayub 5:9; 1Kor 13:12 · dapat diselidiki: Kej 21:33; Kej 21:33; Ayub 10:5; Ayub 10:5; Ibr 1:12

· oleh pengetahuan: Ayub 5:9; [Lihat FULL. Ayub 5:9]; 1Kor 13:12

· dapat diselidiki: Kej 21:33; [Lihat FULL. Kej 21:33]; Ayub 10:5; [Lihat FULL. Ayub 10:5]; Ibr 1:12

Ref. Silang FULL: Ayb 36:27 - titik-titik air // menjadi hujan · titik-titik air: Ayub 26:8; Ayub 26:8 · menjadi hujan: 2Sam 1:21; 2Sam 1:21; Ayub 28:26; 38:28; Yes 55:10

· titik-titik air: Ayub 26:8; [Lihat FULL. Ayub 26:8]

· menjadi hujan: 2Sam 1:21; [Lihat FULL. 2Sam 1:21]; Ayub 28:26; 38:28; Yes 55:10

Ref. Silang FULL: Ayb 36:28 - mendung, dan disiramkan // banyak manusia · mendung, dan disiramkan: Mazm 65:11; 72:6; Yoel 2:23 · banyak manusia: Ayub 5:10; Ayub 5:10; Ayub 22:11; Ayub 22:11; Ayub 28:26; Ay...

· mendung, dan disiramkan: Mazm 65:11; 72:6; Yoel 2:23

· banyak manusia: Ayub 5:10; [Lihat FULL. Ayub 5:10]; Ayub 22:11; [Lihat FULL. Ayub 22:11]; Ayub 28:26; [Lihat FULL. Ayub 28:26]; Mat 5:45

Ref. Silang FULL: Ayb 36:29 - bunyi gemuruh // tempat kediaman-Nya · bunyi gemuruh: Mazm 29:3; Yer 10:13 · tempat kediaman-Nya: Ayub 9:6; Ayub 9:6; Ayub 37:16; Mazm 18:8-16; 19:5-6; 104:2; Ams 8:28; Yes...

· bunyi gemuruh: Mazm 29:3; Yer 10:13

· tempat kediaman-Nya: Ayub 9:6; [Lihat FULL. Ayub 9:6]; Ayub 37:16; Mazm 18:8-16; 19:5-6; 104:2; Ams 8:28; Yes 40:22

Ref. Silang FULL: Ayb 36:30 - mengembangkan terang-Nya // dasar laut · mengembangkan terang-Nya: Kel 19:16; Ayub 37:11,15; Mazm 18:13,15; 97:4; Yer 10:13; Hab 3:11 · dasar laut: Mazm 68:23; Yes 51:10

· mengembangkan terang-Nya: Kel 19:16; Ayub 37:11,15; Mazm 18:13,15; 97:4; Yer 10:13; Hab 3:11

· dasar laut: Mazm 68:23; Yes 51:10

Ref. Silang FULL: Ayb 36:31 - mengadili bangsa-bangsa // memberi makan // dengan berlimpah-limpah · mengadili bangsa-bangsa: Ul 28:23-24; 1Raj 17:1; Ayub 37:13; Am 4:7-8 · memberi makan: Mazm 145:15 · dengan berlimpah-limpah: M...

· mengadili bangsa-bangsa: Ul 28:23-24; 1Raj 17:1; Ayub 37:13; Am 4:7-8

· memberi makan: Mazm 145:15

· dengan berlimpah-limpah: Mazm 104:14-15,27-28; Yes 30:23; Kis 14:17

Ref. Silang FULL: Ayb 36:32 - menyambar sasaran · menyambar sasaran: Ayub 28:24; Ayub 28:24; Ayub 37:12,15; Mazm 18:15; 29:7-9

· menyambar sasaran: Ayub 28:24; [Lihat FULL. Ayub 28:24]; Ayub 37:12,15; Mazm 18:15; 29:7-9

Ref. Silang FULL: Ayb 36:33 - memberitakan kedatangan-Nya // memberitakan kedatangan-Nya · memberitakan kedatangan-Nya: Ayub 37:5; 40:4 · memberitakan kedatangan-Nya: Ayub 28:26; Ayub 28:26

· memberitakan kedatangan-Nya: Ayub 37:5; 40:4

· memberitakan kedatangan-Nya: Ayub 28:26; [Lihat FULL. Ayub 28:26]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Ayb 36:1-33 - Bercermin kepada Allah (Kamis, 15 Agustus 2002) Bercermin kepada Allah Pasal ini berfokus khusus pada sifat Allah yang adil, tetapi berbelas kasih dan sukar dipahami. Elihu memulai dengan menyataka...

SH: Ayb 36:1-33 - Siapa berhikmat? (Sabtu, 10 Desember 2005) Siapa berhikmat? Pernyataan Elihu berbeda dengan penyataan dari ketiga teman Ayub bahwa orang tua, para penguasa, dan kaum intelektual lebih b...

SH: Ayb 36:1-33 - Pertobatan yang Menyembuhkan (Jumat, 16 Desember 2016) Pertobatan yang Menyembuhkan Elihu masih meneruskan serangannya secara halus kepada Ayub. Meskipun pernyataan yang diberikan Elihu kepada Ayub terkes...

SH: Ayb 36:1-33 - Ubahlah Cara Pandangmu (Minggu, 11 Juni 2023) Ubahlah Cara Pandangmu Elihu belum selesai berbicara kepada Ayub. Penafsirannya terhadap penderitaan Ayub didasarkan pada apa yang ia ketahui tentang...

Topik Teologia: Ayb 36:6 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Allah Berlaku di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya Pemeliharaan-Nya Me...

Topik Teologia: Ayb 36:8 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Penderitaan Pemeliharaan-Nya Mengajar dan Membentuk Umat-Nya Melalui...

Topik Teologia: Ayb 36:11 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Manusia Dunia Pemeliharaan Allah di Dalam Keberadaan Manusia ...

Topik Teologia: Ayb 36:12 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Penderitaan Pemeliharaan-Nya Mengajar dan Membentuk Umat-Nya Melalui...

Topik Teologia: Ayb 36:13 - -- Dosa Dosa-dosa Kedagingan Definisi Dosa-dosa Kedagingan Prostitusi Ima 19:29 Ula 23:17-18 1Ra 14:22,24 Ayu 36:13-14 Yeh 16:15-19

Topik Teologia: Ayb 36:22 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Alam Memelihara Rasa Keajaiban Terhadap Alam Ke...

Topik Teologia: Ayb 36:24 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Urutan Penciptaan Allah Pujian Pencipta 2Ra 19:15 1Ta 16:25-26 2Ta 2:12 Neh 9:6 Ayu 12:9-10 Ayu 36:24...

Topik Teologia: Ayb 36:25 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Urutan Penciptaan Allah Pujian Pencipta 2Ra 19:15 1Ta 16:25-26 2Ta 2:12 Neh 9:6 Ayu 12:9-10 Ayu 36:24...

Topik Teologia: Ayb 36:26 - -- Allah yang Berpribadi Allah Tidak Terpahami Ayu 9:10-11 Ayu 11:7-9 Ayu 23:8-9 Ayu 26:14 Ayu 33:13-14 Ayu 36:26 Ayu 37:5 Ayu 37:...

Topik Teologia: Ayb 36:27 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Urutan Penciptaan Allah Hujan Kej 7:4 Ula 28:12 1Ra 18:1 2Ta 6:26-27 Ayu 5:10 Ayu 36:27-2...

Topik Teologia: Ayb 36:30 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Langit Kej 1:6-8 Ayu 9:8 Ayu 26:7-8,13 Ayu 28:25-26 Ayu 36:27-30 Ayu 37:16-18 Maz 19:2 Maz 33:6 M...

Topik Teologia: Ayb 36:31 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Manusia Dunia Pemeliharaan Allah di Dalam Keberadaan Manusia ...

Topik Teologia: Ayb 36:32 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku atas Urutan Alamiah Pemeliharaan Allah terhadap Benda-benda di L...

Topik Teologia: Ayb 36:33 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku atas Urutan Alamiah Pemeliharaan Allah terhadap Benda-benda di L...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ayub (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Dikenal Tema : Mengapa Orang Benar Menderita ? Tanggal Penulisan: Tidak Pasti Latar Belakang Kitab Ayub tergol...

Full Life: Ayub (Garis Besar) Garis Besar I. Prolog Prosa: Krisisnya (Ayub 1:1-2:13) A. Ayub, Orang Benar yang Takut Akan Allah (A...

Jerusalem: Ayub (Pendahuluan Kitab) KITAB AYUB PENGANTAR Karya sastera paling unggul yang dihasilkan gerakan kebijaksanaan di Israel ialah kitab Ayub. Kitab ini dimulai dengan sebuah cer...

Ende: Ayub (Pendahuluan Kitab) IJOB PENDAHULUAN Karya utama dari sesusasteraan kebijaksanaan Israil dan jang termasuk bilangan tjiptaan terbesar jang pernah dihasilkan pudjangga2 in...

BIS: Ayub (Pendahuluan Kitab) BUKU AYUB PENGANTAR Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta

BUKU AYUB

PENGANTAR

Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta bendanya, lalu dihinggapi penyakit kulit yang menjijikkan. Dalam tiga rangkaian percakapan yang bersajak, si penulis menggambarkan bagaimana teman-teman Ayub, dan Ayub sendiri menanggapi malapetaka itu. Pokok yang penting dalam percakapan-percakapan itu ialah yang menyinggung caranya Allah memperlakukan manusia. Pada bagian terakhir, Allah sendiri menyatakan diri-Nya kepada Ayub.

Teman-teman Ayub menjelaskan penderitaan Ayub itu menurut ajaran agama yang tradisional. Pada sangka mereka, Allah selalu mengganjar orang yang baik dan menghukum orang yang jahat. Jadi, penderitaan Ayub hanya dapat berarti bahwa ia telah berbuat dosa. Tetapi bagi Ayub pendapat itu terlalu dangkal; tidak sepantasnya ia mendapat hukuman yang sekejam itu, sebab ia seorang yang sangat baik dan jujur. Ia tidak dapat mengerti mengapa Allah membiarkan orang seperti dirinya mengalami begitu banyak bencana, dan dengan berani ia menantang Allah. Ayub tidak kehilangan kepercayaannya kepada Allah, tetapi ia sungguh-sungguh ingin supaya dibenarkan oleh Allah dan supaya mendapat kembali kehormatannya sebagai orang yang baik.

Allah tidak memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Ayub, tetapi Allah menanggapi kepercayaan Ayub dengan memberinya banyak contoh mengenai kuasa dan hikmat-Nya. Contoh-contoh itu dilukiskan dengan puisi. Kemudian dengan segala rendah hati, Ayub mengakui kebijaksanaan dan keagungan Allah, lalu menyesali kata-katanya yang keras dan penuh kemarahan itu.

Bagian terakhir dari kisah ini, yang ditulis dengan bahasa biasa, menuturkan bagaimana Ayub dikembalikan kepada keadaannya semula, dengan kekayaan yang jauh melebihi kekayaannya sebelum itu. Allah memarahi teman-teman Ayub karena mereka tidak dapat memahami arti kesengsaraan Ayub. Hanya Ayublah yang sungguh-sungguh menyadari bahwa Allah lebih besar daripada yang telah diajarkan oleh agama yang tradisional itu.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Ayub 1:1-2:13
  2.  Ayub dan teman-temannya
    Ayub 3:1-31:40
    1. a. Keluhan Ayub
      Ayub 3:1-26
    2. b. Percakapan pertama
      Ayub 4:1-14:22
    3. c. Percakapan kedua
      Ayub 15:1-21:34
    4. d. Percakapan ketiga
      Ayub 22:1-27:23
    5. e. Pujian terhadap hikmat
      Ayub 28:1-28
    6. f. Pernyataan Ayub yang terakhir
      Ayub 29:1-31:40
  3.  Wejangan Elihu
    Ayub 32:1-37:24
  4.  TUHAN menjawab Ayub
    Ayub 38:1-42:6
  5.  Penutup
    Ayub 42:7-17

Ajaran: Ayub (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih d

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih dalam akan Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab Ayub tidak diketahui dengan jelas.

Isi Kitab: Kitab Ayub terdiri dari 42 pasal. Isi Kitab Ayub merupakan kisah nyata dari seorang bernama Ayub yaitu mengisahkan kehidupan Ayub yang berbahagia karena kesalehannya, tetapi kemudian hidup dalam penderitaan karena pencobaan iblis. Akhirnya dia kembali memperoleh kebahagiaan, karena ketekunannya dalam beribadah walaupun menderita.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ayub

  1. Pasal 1 (Ayub 1:1-5).

    Keadaan Ayub sebelum pencobaan iblis Ayub adalah seorang yang hidup dalam kesalehan dan kelimpahan.

    Pendalaman Bacalah pasal Ayub 1:1-5, sebutkanlah keadaan Ayub waktu itu.

  2. Pasal 1-3 (Ayub 1:6-3:26).

    Keadaan Ayub dalam pencobaan iblis Dalam bagian ini dijelaskan bahwa iblis mengambil semua harta milik dan kesehatan Ayub. Hal ini membuat Ayub sangat menderita.

    Pendalaman

    1. Siapakah yang tidak mengingini kebahagiaan Ayub? (Ayub 1:6-12). Tetapi sebenarnya apakah maksud Iblis kepada Tuhan? (Ayub 1:9,11).
    2. Perhatikan pasal Ayub 1:13-22. Apakah yang terjadi dalam kehidupan Ayub? Dan bagaimanakah tanggapan Ayub terhadap hal itu? (Ayub 1:20-22).
    3. Perhatikan pasal Ayub 2:1-10. Penderitaan apa lagikah yang Ayub alami? Tetap bagaimanakah sikapnya terhadap Allah? (Ayub 2:9-10).
  3. Pasal 4-37 (Ayub 4:1-37:24).

    Percakapan Ayub dengan sahabat-sahabatnya

    Pada bagian ini dijelaskan tentang 3 orang sahabat Ayub yang bernama Elifas, Bildad, dan Zofar. Mereka datang dan mengatakan bahwa penderitaan Ayub adalah akibat dari dosa yang dibuat secara sembunyi-sembunyi. Mereka menyuruh Ayub supaya mengakui saja dosanya, tetapi Ayub tetap bertahan, bahwa ia hidup benar di hadapan Allah. Setelah tiga teman Ayub itu selesai berbicara, seorang muda bernama Elihu memperingatkan mereka semua termasuk Ayub bahwa Tuhan adalah Maha besar dan mempunyai maksud yang baik dalam penderitaan orang beriman. (dalam pasal Ayub 9:33).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 4:1-9. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    2. Bacalah pasal Ayub 8:1-7. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    3. Bacalah pasal Ayub 11:1-6. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    4. Bacalah pasal Ayub 31:1-6. Bagaimanakah Ayub memandang dirinya sendiri?
    5. Bagaimanakah pendapat Elihu mengenai hal ini? (Ayub 32:1-5).
  4. Pasal 38-42 (Ayub 38:1-42:17).

    Jawaban Tuhan kepada Ayub Dalam bagian ini Ayub di tegur oleh Allah. Kemudian Ayub merendahkan diri dihadapan Allah serta mencabut pembelaan dirinya. Setelah ini Ayub tidak lagi hidup menderita, karena diberkati Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 38:1,34-38. Apakah yang terjadi dalam bagian ini?
    2. Bacalah pasal Ayub 42:1-6. Apakah yang terjadi dengan Ayub?
    3. Bagaimanakah keadaan Ayub pada akhirnya? (pasal Ayub 42:7-17).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Ayub mengajarkan kepada orang beriman bahwa Iblis tidak berkuasa untuk mencabut nyawa seseorang.

  2. Kitab Ayub mengajarkan bahwa Allah mengijinkan anak-anaknya mengalami penderitaan untuk menunjukkan kemahakuasaan-Nya.

  3. Kitab Ayub mengajarkan bahwa penderitaan dapat menjadi suatu alat untuk membawa seseorang pada pertumbuhan rohani yang dewasa.

  4. Kitab Ayub mengajarkan Ayub sebagai teladan orang yang menyembah Allah secara benar, yaitu penyembahan yang didasari ketulusan hati.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah isi Kitab Ayub?
  2. Siapakah nama-nama sahabat Ayub?
  3. Penderitaan apa sajakah yang dihadapi oleh Ayub? Dan siapakah yang menginginkan hal ini?
  4. Apakah pelajaran rohani yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Ayub?

Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) Mengapa orang tak berdosa harus menderita ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANASelain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok o

Mengapa orang tak berdosa harus menderita

ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANA
Selain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok orang yang dinamakan "Orang-orang berhikmat". Mereka ini adalah para pembimbing dan penasihat yang menghabiskan waktu mereka untuk memutuskan cara-cara yang paling bijaksana dan paling benar untuk menjalani kehidupan dan menjalankan pemerintahan. Hasil penelitian mereka selalu diterapkan dalam kehidupan nyata. Kita mengetahui hal ini dari kitab-kitab mereka yang biasanya disebut "Kitab Hikmat" (Ayub, Amsal, Pengkhotbah, ditambah beberapa Mazmur). Kadangkala mereka memberikan nasihat mereka dalam bentuk pepatah yang singkat dan jelas atau "amsal". Selain itu mereka juga berbicara mengenai masalah-masalah besar dalam kehidupan, terutama masalah penderitaan.

SIAPAKAH AYUB?
Apa yang kita ketahui mengenai Ayub tidak lebih daripada apa yang digambarkan pada permulaan kitab itu. Rupanya ia orang yang terkenal (Yeh 14:14,20), namun oleh karena tidak ada acuan terhadap sejarah orang Israel, Ayub mungkin hidup jauh sebelum umat Allah bermukim di Kanaan. Beberapa orang berpendapat bahwa kisah mengenai penderitaannya dipakai oleh beberapa penulis yang tak dikenal sebagai latar belakang untuk membicarakan masalah penderitaan. Kita pun tidak tahu kapan kitab itu ditulis. Minat terhadap hikmat Allah sudah ada sejak zaman Salomo, dan kitab ini mungkin ditulis pada zaman pemerintahannya.

POKOK PERMASALAHAN
Kitab ini menyangkut suatu pertanyaan abadi yaitu "Mengapa orang yang tak berdosa harus menderita?" Ayub adalah seorang yang baik yang tiba-tiba kehilangan segalanya. Seperti banyak dari penderitaan kita, rasanya hal ini tidak adil. Jawaban baku teman-temannya -- bahwa Allah menghakimi orang yang jahat, dan oleh karenanya pasti Ayub telah melakukan kejahatan -- sama sekali tidak cocok. Mereka mengatakannya dengan berbagai cara. Elifas sopan dan sedikit berbau mistik. Bildad, seorang tradisionalis, mengutarakannya berdasarkan pendapat yang sudah lama dikenal, sementara Zofar adalah pembantah Allah yang kurang ajar dan kasar. Ketiga mereka pada akhirnya kehilangan kesabaran terhadap Ayub. Sesungguhnya, pada percakapan ketiga, Bildad hanya berbicara sedikit sekali, sementara Zofar menolak untuk berbicara lagi. Ayub berdebat dengan kedua orang itu dan dengan Allah; dan dengan demikian ia mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang hanya dapat dijawab dalam Perjanjian Baru. Oleh karena Elihu masih muda, ia tidak dihargai oleh yang lain. Argumentasinya penuh dengan keyakinan orang muda, tetapi juga agak kacau dan tidak matang. Percakapan dengan Elihu mungkin baru belakangan ditambahkan pada kitab itu.

Pesan

1. Dilucuti sampai bergantung sepenuhnya pada iman
o Ayub adalah contoh seorang yang bergantung kepada Allah waktu segalanya berjalan dengan baik dan yang terus percaya kepada-Nya pada waktu mengalami kesusahan. Ayu 1:1,20-22; 2:10
o Ia mungkin menganggap kerugiannya sebagai hukuman Allah, namun demikian ia telah melakukan segalanya dengan tulus untuk melayani Allah. Allah seakan-akan telah meninggalkan dia. Ayu 12:4; 13:19; 16:15-17; 23:10-12; 27:2-6
o Tuduhan-tuduhan yang dilancarkan oleh kawan-kawannya dan tentangan dari istrinya membuat dia sungguh-sungguh seorang diri. Ayu 2:9; 19:13-20

2. Penghibur yang tidak berguna
o Kawan-kawan Ayub sama sekali tidak memberikan pertolongan. Lebih baik jika mereka tidak mengatakan apa-apa. Ayu 13:4,5; 16:2-3; 19:1-3
o Pendapat mereka yang utama, yaitu bahwa Allah memberkati orang saleh dan menghukum orang jahat, secara umum memang benar. Tetapi, tidaklah benar untuk menerapkan pendapat itu tanpa melihat kualitas kehidupan secara menyeluruh. Pendapat itu tidak memberikan jawaban mengapa orang yang tak berdosa kadangkala menderita, sedangkan orang yang tidak saleh terhindar dari malapetaka. Ayu 4:7; 5:19-26; 8:5-7,20:22; 11:13-20
o Mereka mengambil kesimpulan bahwa penderitaan yang diderita oleh Ayub tentunya merupakan penghakiman Allah atas dosa-dosanya. Sanggahan Ayub bahwa ia sungguh-sungguh tidak berdosa hanya membuat mereka bertambah marah. Ayu 22:1-30

3. Penderitaan sebagai didikan
Pendapat Elihu bahwa penderitaan dapat merupakan cara Allah mengajar kita, perlu diperbincangkan lebih lanjut. Tetapi oleh karena baik Ayub maupun Allah tidak memberi tanggapan pada Elihu, maka ini berarti bahwa hal itu tidak berlaku di sini. Ayu 5:17,18; 33:14-30; 36:5-16

4. Kecerobohan Ayub
o Ayub terdorong untuk mengatakan banyak hal secara gegabah, karena kekerasan kawan-kawannya yang kurang simpatik. Ia sungguh-sungguh tersesat ketika menantang Allah dan memperdebatkan masalahnya dengan Dia. Ia seakan-akan menyatakan bahwa ia lebih tahu daripada Allah. Ayu 7:11-21; 9:14-35; 13:3,15-28; 23:2-7; 31:35-37
o Seperti kawan-kawannya, Ayub hanya dapat berpikir dalam hubungannya dengan kehidupan ini saja. Namun demikian, permohonannya akan keadilan sebenarnya mulai menggapai masalah di balik kematian dan mengharapkan keadilan dalam kehidupan selanjutnya. Ayu 10:20-22; 14:7-22; 17:13-16; 19:23-27.

5. Jawaban Allah
Allah tidak secara terang-terangan menjelaskan kepada Ayub mengapa ia menderita seperti yang dialaminya. Sebaliknya Dia menunjukkan secara sekilas kebesaran-Nya dan kebijakan-Nya yang tanpa batas, yang terlihat terutama dalam keajaiban ciptaan-Nya. Jika Ayub tidak dapat mengerti rahasia yang paling sederhana, bagaimana mungkin ia mengerti akan rencana Allah dalam kehidupannya? Ayu 38:1-42:6

Penerapan

1. Penderitaan dialami oleh semua orang
Setiap orang yang hidup dalam dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa ini tidak akan luput dari penderitaan. Kita tidak dapat berharap untuk menjalani kehidupan tanpa mengalami kesakitan atau kesusahan hanya karena kita umat Allah.

2. Jangan mengaburkan kebenaran
Biasanya Allah memberkati dan melimpahi mereka yang mengasihi Dia. Allah juga menghakimi orang yang jahat. Tetapi, tidak selalu terjadi demikian dalam kehidupan ini. Sama sekali tidak benar dan kejam, mengatakan bahwa jika seseorang menderita, maka hal itu pasti disebabkan oleh dosa-dosanya.

3. Apa yang terjadi di balik segala peristiwa
Kita tidak tahu apa yang sedang terjadi dalam dunia rohani yang mempengaruhi keadaan kita di dunia ini. Apa yang kita derita mungkin merupakan gambaran peperangan rohani yang sedang terjadi "di surga".

4. Krisis dan pertumbuhan
Pada saat kita tidak tahu lagi apa yang dapat kita lakukan selain bergantung kepada Allah yang tahu apa yang dilakukan-Nya, maka iman kita menjadi sungguh-sungguh iman yang hidup. Allah kadang-kadang mengambil semua perkara yang kita andalkan, sehingga kita betul-betul bertumpu pada-Nya.

5. Terlalu besar bagi kita
Walaupun kita kadang-kadang dapat melihat rencana Allah dalam penderitaan kita, jalan-jalan-Nya selalu lebih tinggi daripada pengertian kita, sehingga rencana-Nya yang sempurna selalu berada di luar jangkauan pengertian kita. Banyak penjelasan kita hanya melulu kata-kata. Pada saat-saat seperti itu akan lebih baik bila kita diam saja dan menggantungkan diri sepenuhnya kepada Allah.

Tema-tema Kunci

1. Sifat-sifat Allah dan pekerjaan-Nya
Allah berdaulat. Bahkan iblis pun tidak dapat berbuat apa-apa tanpa izin-Nya. Baik Ayub maupun kawan-kawannya sadar akan hal ini dan akan kenyataan bahwa Allah menciptakan dunia ini serta memeliharanya. Kitab ini penuh berisi kebesaran dan kearifan Allah. Lihat Ayu 5:8-16; 9:2-13; 11:7-9; 12:10,13-25; 25:2-6; 26:5-14; 34:10-15; 35:10,11; 36:22-33; 37:1-24; 38:1-39:30; 40:8-41:34.

2. Kelemahan manusia
Kisah Ayub mengilustrasikan kelemahan kita, ketidaktahuan, dosa, dan singkatnya hidup kita. Permohonan Ayub akan keadilan sungguh-sungguh menuntut suatu kehidupan yang melampaui kehidupan saat ini, tempat Allah dapat menghukum yang jahat dan meluruskan yang salah dari dunia ini. Lihat Ayu 4:17-21; 5:7; 7:1-10; 9:2,25,26; 14:1,2,4,7-12; 15:14-16; 25:4-6.

3. Kebijaksanaan
Kebijaksanaan Allah, yaitu pikiran Allah, kepandaian dan rencana-Nya, digambarkan kepada kita sebagai hal yang benar-benar di luar jangkauan kita (Ayu 28:1-28). Jika kita diberi sedikit pengertian tentang rahasia-rahasia ini, hal ini bukan oleh karena kepandaian kita. Hanya pada saat kita berserah kepada-Nya kita dapat mengerti sedikit tentang jalan-jalan-Nya. Pikirkanlah pengertian yang terkandung dalam Yesaya 55:8 dan 1Ko 1:18-31.

4. Saling menghibur
Kawan-kawan Ayub memberi kita suatu contoh yang baik tentang apa yang tidak boleh kita lakukan! Banyak yang mereka katakan itu benar, tetapi tidak ada hubungannya dengan masalah Ayub dan menyakitkan. Perhatikan juga bagaimana Paulus mengajar kita mengenai saling menghormati. Pelajaran apa yang secara tak langsung ingin dikatakan tentang bagaimana kita harus memakai pengalaman hidup kita (2Ko 1:3-8)?

5. Ayub dan Perjanjian Baru
Walaupun Ayub hanya disebut sekali saja dalam Perjanjian Baru (Yak 5:11), pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya dapat lebih jelas dimengerti jika dilihat dari sudut pandang seorang Kristen. Sebagai contoh lihat Ayub 9:33, 1Ti 2:5; Ayu 14:14, Yoh 11:25; Ayu 16:19;; Ibr 9:24; Ayu 19:25; Ibr 7:25; Ayu 23:3; Yoh 14:6.

Garis Besar Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) [1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26 Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26

Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub
Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang
Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[2] PERDEBATAN PERTAMA Ayu 4:1-14:22

Ayu 4:1-5:27Elifas menyatakan pendapatnya
Ayu 6:1-7:21Ayub menyesali nasibnya
Ayu 8:1-22Bildad membela tradisi
Ayu 9:1-10:22Ayub mengalami kegetiran
Ayu 11:1-20Zofar membela Allah
Ayu 12:1-14:22Ayub memprotes ketidakberdosaannya

[3] PERDEBATAN KEDUA Ayu 15:1-21:34

Ayu 15:1-35Elifas mengatakan ia lebih tahu
Ayu 16:1-17:16Ayub merasa putus asa
Ayu 18:1-21Bildad mengulangi pendapatnya
Ayu 19:1-29Ayub memohon pertolongan
Ayu 20:1-29Zofar setuju dengan pendapat kawan-kawannya
Ayu 21:1-34Ayub menentang mereka

[4] PERDEBATAN KETIGA Ayu 22:1-31:40

Ayu 22:1-30Elifas melontarkan tuduhan kepada Ayub
Ayu 23:1-24:25Ayub merindukan keadilan
Ayu 25:1-6Bildad kesal
Ayu 26:1-27:23Ayub setuju dan tidak setuju
Ayu 28:1-28Pujian kearifan
Ayu 29:1-31:40Ayub mengambil kesimpulan

[5] ELIHU BERBICARA Ayu 32:1-37:24

Ayu 32:1-22Elihu frustrasi
Ayu 33:1-33Penderitaan merupakan didikan
Ayu 34:1-35:16Allah tidak dapat berbuat salah
Ayu 36:1-37:24Allah tahu apa yang dilakukan-Nya

[6] ALLAH MEMBERI JAWABAN KEPADA AYUB Ayu 38:1-42:6

[7] BAGAIMANA SEMUA ITU BERAKHIR Ayu 42:7-17

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #25: Tekan Tombol pada halaman Studi Kamus untuk melihat bahan lain berbahasa inggris. [SEMUA]
dibuat dalam 0.52 detik
dipersembahkan oleh YLSA