kecilkan semua  

Teks -- Ayub 15:1-35 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pendapat Elifas bahwa orang fasik akan binasa
15:1 Maka Elifas, orang Teman, menjawab: 15:2 "Apakah orang yang mempunyai hikmat menjawab dengan pengetahuan kosong, dan mengisi pikirannya dengan angin? 15:3 Apakah ia menegur dengan percakapan yang tidak berguna, dan dengan perkataan yang tidak berfaedah? 15:4 Lagipula engkau melenyapkan rasa takut dan mengurangi rasa hormat kepada Allah. 15:5 Kesalahanmulah yang mengajar mulutmu, dan bahasa orang licik yang kaupilih. 15:6 Mulutmu sendirilah yang mempersalahkan engkau, bukan aku; bibirmu sendiri menjadi saksi menentang engkau. 15:7 Apakah engkau dilahirkan sebagai manusia yang pertama, atau dijadikan lebih dahulu dari pada bukit-bukit? 15:8 Apakah engkau turut mendengarkan di dalam musyawarah Allah dan meraih hikmat bagi dirimu? 15:9 Apakah yang kauketahui, yang tidak kami ketahui? Apakah yang kaumengerti, yang tidak terang bagi kami? 15:10 Di antara kami juga ada orang yang beruban dan yang lanjut umurnya, yang lebih tua umurnya dari pada ayahmu. 15:11 Kurangkah artinya bagimu penghiburan Allah, dan perkataan yang dengan lemah lembut ditujukan kepadamu? 15:12 Mengapa engkau dihanyutkan oleh perasaan hatimu dan mengapa matamu menyala-nyala, 15:13 sehingga engkau memalingkan hatimu menentang Allah, dan mulutmu mengeluarkan perkataan serupa itu? 15:14 Masakan manusia bersih, masakan benar yang lahir dari perempuan? 15:15 Sesungguhnya, para suci-Nya tidak dipercayai-Nya, seluruh langitpun tidak bersih pada pandangan-Nya; 15:16 lebih-lebih lagi orang yang keji dan bejat, yang menghirup kecurangan seperti air. 15:17 Aku hendak menerangkan sesuatu kepadamu, dengarkanlah aku, dan apa yang telah kulihat, hendak kuceritakan, 15:18 yakni apa yang diberitakan oleh orang yang mempunyai hikmat, yang nenek moyang mereka tidak sembunyikan, 15:19 ketika hanya kepada mereka negeri itu diberikan, dan tidak ada seorang asingpun masuk ke tengah-tengah mereka. 15:20 Orang fasik menggeletar sepanjang hidupnya, demikian juga orang lalim selama tahun-tahun yang disediakan baginya. 15:21 Bunyi yang dahsyat sampai ke telinganya, pada masa damai ia didatangi perusak. 15:22 Ia tidak percaya, bahwa ia akan kembali dari kegelapan: ia sudah ditentukan untuk dimakan pedang. 15:23 Ia mengembara untuk mencari makan, entah ke mana. Ia tahu, bahwa hari kegelapan siap menantikan dia. 15:24 Ia ditakutkan oleh kesesakan dan kesempitan, yang menggagahinya laksana raja yang siap menyergap. 15:25 Karena ia telah mengedangkan tangannya melawan Allah dan berani menantang Yang Mahakuasa; 15:26 dengan bertegang leher ia berlari-lari menghadapi Dia, dengan perisainya yang berlapis tebal. 15:27 Mukanya telah ditutupinya dengan lemak, dan lapisan lemak dikenakannya pada pinggangnya; 15:28 ia menetap di kota-kota yang telah hancur, di rumah-rumah yang tidak dapat didiami orang, yang ditentukan untuk tetap menjadi reruntuhan. 15:29 Ia takkan menjadi kaya dan hartanya tidak kekal, serta miliknyapun tidak bertambah-tambah di bumi. 15:30 Ia tidak akan luput dari kegelapan, tunasnya akan dilayukan oleh nyala api, dan ia akan dilenyapkan oleh nafas mulut-Nya. 15:31 Janganlah ia percaya kepada kesia-siaan, akan tertipulah ia, karena kesia-siaan akan menjadi ganjarannya. 15:32 Sebelum genap masanya, ajalnya akan sampai; dan rantingnyapun tidak akan menghijau. 15:33 Ia seperti pohon anggur yang gugur buahnya dan seperti pohon zaitun yang jatuh bunganya. 15:34 Karena kawanan orang-orang fasik tidak berhasil, dan api memakan habis kemah-kemah orang yang makan suap. 15:35 Mereka menghamilkan bencana dan melahirkan kejahatan, dan tipu daya dikandung hati mereka."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Elifas son of Esau,a man of Teman who was a friend of Job
 · orang T'eman resident(s) of the region of Teman
 · orang Teman resident(s) of the region of Teman


Topik/Tema Kamus: Ayub | Angin | Susah, Kesusahan Orang Fasik | Takut, Ketakutan Yang Tidak Suci | Angkuh, Meninggikan Diri | Jatuh, Kejatuhan Manusia | Senang, Kesenangan Orang Fasik | Pohon Zaitun | Sia-Sia, Kesia-Sian | Kematian | Tipu Daya | Kebijaksanaan | Pohon Anggur | Percaya Kepercayaan | Dosa | Benar, Kebenaran Rohani | Senjata | Manusia | Orang Fasik | Api | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ayb 15:1 - ELIFAS, ORANG TEMAN, MENJAWAB. Nas : Ayub 15:1 Dalam pasal Ayub 15:1-21:34 keempat peserta percakapan melanjutkan perdebatan mereka, mengembangkan apa yang telah mereka katakan s...

Nas : Ayub 15:1

Dalam pasal Ayub 15:1-21:34 keempat peserta percakapan melanjutkan perdebatan mereka, mengembangkan apa yang telah mereka katakan sebelumnya, hanya dengan lebih gigih lagi. Ayub dengan tabah berpaut kepada Allah, sedangkan pada saat bersamaan mempertahankan ketidaksalahannya serta tetap menegaskan bahwa penderitaannya itu tidak adil (mis. Ayub 16:19-21).

BIS: Ayb 15:32 - mati Beberapa terjemahan kuno mati, Ibrani: berisi.

Beberapa terjemahan kuno mati, Ibrani: berisi.

Jerusalem: Ayb 15:4 - rasa takut Ialah rasa takut akan Allah, bdk Ams 1:7+; Maz 15:4+

Ialah rasa takut akan Allah, bdk Ams 1:7+; Maz 15:4+

Jerusalem: Ayb 15:4 - rasa hormat Kata Ibrani yang diterjemahkan begini sebenarnya berarti: dengan suara lembut mendaras sesuatu (misalnya: Kitab Suci) merenungkan hal-hal agama, denga...

Kata Ibrani yang diterjemahkan begini sebenarnya berarti: dengan suara lembut mendaras sesuatu (misalnya: Kitab Suci) merenungkan hal-hal agama, dengan suara kedengaran memikirkan sesuatu. Jadi Ayub dituduh Elifas bahwa mengurangi, menghalangi pembicaraan, renungan suci dan saleh, menghilangkan pikiran baik tentang Allah.

Jerusalem: Ayb 15:6 - Mulutmu sendirilah Pernyataan bahwa tidak bersalah, sebenarnya bermaksud menyembunyikan kesalahan.

Pernyataan bahwa tidak bersalah, sebenarnya bermaksud menyembunyikan kesalahan.

Jerusalem: Ayb 15:7 - manusia yang pertama Pertanyaan pertama yang dilontarkan Elifas memperlawankan Ayub dengan manusia pertama. Manusia pertama memang berhak berlaku sebagai guru hikmat bdk S...

Pertanyaan pertama yang dilontarkan Elifas memperlawankan Ayub dengan manusia pertama. Manusia pertama memang berhak berlaku sebagai guru hikmat bdk Sir 49:16; Yes 28:12-13

Jerusalem: Ayb 15:7 - lebih dahulu dari pada bukit-bukit Pertanyaan kedua ini rupanya mau memperlawankan Ayub dengan hikmat Allah sendiri, yang lahir sebelum gunung-gunung dan bukit-bukit, Ams 8:25, dan seja...

Pertanyaan kedua ini rupanya mau memperlawankan Ayub dengan hikmat Allah sendiri, yang lahir sebelum gunung-gunung dan bukit-bukit, Ams 8:25, dan sejak awal mula hadir pada Allah sebagai penasehatNya, Ams 8:22-31; bdk Ayu 28:23-27; Wis 8:3-4

Jerusalem: Ayb 15:14 - Masakan manusia bersih.... Elifas mengulang pikirannya dahulu, 4.17, dan pikiran Ayub, Ayu 14:4+. Tetapi diberinya arti lain. Kenajisan dasari manusia tidak lagi dianggap sebab...

Elifas mengulang pikirannya dahulu, 4.17, dan pikiran Ayub, Ayu 14:4+. Tetapi diberinya arti lain. Kenajisan dasari manusia tidak lagi dianggap sebab mengapa manusia rapuh dan tidak tetap Ayu 4:17-19, dan iapun tidak memaafkan manusia yang mau tidak mau bersalah, Ayu 14:1-4. Sebaliknya, kenajisan dasari itu menjadi sumber dosa berat yang memuncak dalam kefasikan.

Jerusalem: Ayb 15:18 - nenek moyang mereka Bdk Ayu 8:8-10+.

Bdk Ayu 8:8-10+.

Jerusalem: Ayb 15:22 - kegelapan Mengenai kegelapan sebagai lambang kemalangan bdk Maz 17:15+; Yoh 8:12+

Mengenai kegelapan sebagai lambang kemalangan bdk Maz 17:15+; Yoh 8:12+

Jerusalem: Ayb 15:22 - ditentukan Naskah Ibrani diperbaiki.

Naskah Ibrani diperbaiki.

Jerusalem: Ayb 15:29 - miliknyapun Terjemahan ini dikira-kirakan saja.

Terjemahan ini dikira-kirakan saja.

Jerusalem: Ayb 15:30 - nafas mulutNya Ialah angin ribut yang mengibaratkan murka dan penghakiman Allah, bdk Maz 11:6+; Maz 1:4+.

Ialah angin ribut yang mengibaratkan murka dan penghakiman Allah, bdk Maz 11:6+; Maz 1:4+.

Jerusalem: Ayb 15:32 - -- Dalam naskah Ibrani larik pertama ayat ini rusak dan diperbaiki.

Dalam naskah Ibrani larik pertama ayat ini rusak dan diperbaiki.

Jerusalem: Ayb 15:35 - Mereka... Bdk Yes 59:4; Maz 7:15; Ayu 4:8; 5:6; Ams 22:8; Gal 6:8. Jadi rumus ini merupakan suatu prinsip umum: Orang yang melakukan kejahatan tidak dapat terti...

Bdk Yes 59:4; Maz 7:15; Ayu 4:8; 5:6; Ams 22:8; Gal 6:8. Jadi rumus ini merupakan suatu prinsip umum: Orang yang melakukan kejahatan tidak dapat tertimpa kejahatannya sendiri, bdk Est 7:9+.

Ende: Ayb 15:5-6 - -- Dengan membela dirinja dan mempertahankan kesutjiannja, Ijob membuktikan sadja, bahwa ia bersalah; kesadaran akan dosa mengilhamkan pembelaan tadi.

Dengan membela dirinja dan mempertahankan kesutjiannja, Ijob membuktikan sadja, bahwa ia bersalah; kesadaran akan dosa mengilhamkan pembelaan tadi.

Ende: Ayb 15:11 - -- Jakni adjaran jang disampaikan sahabat2 itu kepada Ijob.

Jakni adjaran jang disampaikan sahabat2 itu kepada Ijob.

Ende: Ayb 15:14 - -- Disini keadaan lemah manusia karena kelahirannja tiada memaafinja (lih. Ayu 14:4).

Disini keadaan lemah manusia karena kelahirannja tiada memaafinja (lih. Ayu 14:4).

Ende: Ayb 15:15 - para sutjiNja ialah malaekat2.

ialah malaekat2.

Ende: Ayb 15:15 - Surga disini berarti: penghuni surga, kediaman Allah sendiri.

disini berarti: penghuni surga, kediaman Allah sendiri.

Ende: Ayb 15:18 - -- Elifaz berseru kepada kebidjaksanaan nenek-mojang jang turun-temurun disampaikan.

Elifaz berseru kepada kebidjaksanaan nenek-mojang jang turun-temurun disampaikan.

Ende: Ayb 15:19 - tanah ialah tanah sutji, Kena'an, jang diberikan Allah, waktu nenek-mojang mengungsi dari Mesir. Orang2 asing disini adalah penduduk Kena'an jang aseli, jan...

ialah tanah sutji, Kena'an, jang diberikan Allah, waktu nenek-mojang mengungsi dari Mesir. Orang2 asing disini adalah penduduk Kena'an jang aseli, jang diusir oleh Israil.

Ende: Ayb 15:20-35 - -- Adjaran nenek-mojang, jang dikutip Elifaz.

Adjaran nenek-mojang, jang dikutip Elifaz.

Ende: Ayb 15:22 - tersimpan Walau rupa2nja si djahat tidak dihukum, tetapi itu se-mata2, agar supaja ia nanti dihukum dengan lebih keras lagi.

Walau rupa2nja si djahat tidak dihukum, tetapi itu se-mata2, agar supaja ia nanti dihukum dengan lebih keras lagi.

Ende: Ayb 15:27 - -- Si djahat hidup dengan mewah dan itu menjebabkan ia berontak lawan Allah.

Si djahat hidup dengan mewah dan itu menjebabkan ia berontak lawan Allah.

Ende: Ayb 15:28 - -- Si djahat demikian nekadnja, bahwa ia malahan berani membangun kembali dan mendiami kota2 jang kena kutuk dan jang diharamkan.

Si djahat demikian nekadnja, bahwa ia malahan berani membangun kembali dan mendiami kota2 jang kena kutuk dan jang diharamkan.

Ende: Ayb 15:29 - bajang2nja Si pendjahat dibandingkan dengan pokok anggur.

Si pendjahat dibandingkan dengan pokok anggur.

Ende: Ayb 15:31 - jang hampa (sia2) ialah kemakmuran jang tidak tetap.

ialah kemakmuran jang tidak tetap.

Ende: Ayb 15:35 - -- Si djahat sendiri menjebabkan kemalangannja.

Si djahat sendiri menjebabkan kemalangannja.

Ende: Ayb 15:35 - penipuan ialah apa jang menipu si djahat, jakni kedjahatan jang rupa2nja sadja menguntungkan.

ialah apa jang menipu si djahat, jakni kedjahatan jang rupa2nja sadja menguntungkan.

Endetn: Ayb 15:23 - sial diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "dengan tangannja".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "dengan tangannja".

Endetn: Ayb 15:29 - bajang2nja Menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "bulir2nja(?)".

Menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "bulir2nja(?)".

Endetn: Ayb 15:30 - bunganja diterbangkan diperbaiki (bunga) menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ia lenjap karena embusan mulutNja".

diperbaiki (bunga) menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ia lenjap karena embusan mulutNja".

Endetn: Ayb 15:31 - -- Kata ini dipindahkan keajat jang berikut (ranting2nja).

Kata ini dipindahkan keajat jang berikut (ranting2nja).

Endetn: Ayb 15:32 - ranting2nja melaju Menurut terdjemahan2 kuno.

Menurut terdjemahan2 kuno.

Ref. Silang FULL: Ayb 15:1 - orang Teman · orang Teman: Ayub 4:1; Ayub 4:1

· orang Teman: Ayub 4:1; [Lihat FULL. Ayub 4:1]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:2 - dengan angin · dengan angin: Kej 41:6; Kej 41:6

· dengan angin: Kej 41:6; [Lihat FULL. Kej 41:6]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:3 - tidak berfaedah · tidak berfaedah: Neh 4:2-3; Neh 4:2; Neh 4:3; Ayub 6:26; Ayub 6:26

· tidak berfaedah: Neh 4:2-3; [Lihat FULL. Neh 4:2]; [Lihat FULL. Neh 4:3]; Ayub 6:26; [Lihat FULL. Ayub 6:26]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:4 - kepada Allah · kepada Allah: Ayub 25:6

· kepada Allah: Ayub 25:6

Ref. Silang FULL: Ayb 15:5 - Kesalahanmulah // mengajar mulutmu // orang licik · Kesalahanmulah: Ayub 11:6; 22:5 · mengajar mulutmu: Ams 16:23 · orang licik: Ayub 5:13; Ayub 5:13

· Kesalahanmulah: Ayub 11:6; 22:5

· mengajar mulutmu: Ams 16:23

· orang licik: Ayub 5:13; [Lihat FULL. Ayub 5:13]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:6 - menentang engkau · menentang engkau: Ayub 9:15; Ayub 9:15; Ayub 18:7; Mazm 10:2; Mat 12:37; Mat 12:37; Luk 19:22

· menentang engkau: Ayub 9:15; [Lihat FULL. Ayub 9:15]; Ayub 18:7; Mazm 10:2; Mat 12:37; [Lihat FULL. Mat 12:37]; Luk 19:22

Ref. Silang FULL: Ayb 15:7 - engkau dilahirkan // pada bukit-bukit · engkau dilahirkan: Ayub 38:21 · pada bukit-bukit: 1Sam 2:8; 1Sam 2:8; Mazm 90:2; Ams 8:25

· engkau dilahirkan: Ayub 38:21

· pada bukit-bukit: 1Sam 2:8; [Lihat FULL. 1Sam 2:8]; Mazm 90:2; Ams 8:25

Ref. Silang FULL: Ayb 15:8 - dalam musyawarah // bagi dirimu · dalam musyawarah: Ayub 29:4; Yes 9:6; 40:13; 41:28; Yer 23:18; Rom 11:34; 1Kor 2:11 · bagi dirimu: Ayub 12:2; Ayub 12:2

· dalam musyawarah: Ayub 29:4; Yes 9:6; 40:13; 41:28; Yer 23:18; Rom 11:34; 1Kor 2:11

· bagi dirimu: Ayub 12:2; [Lihat FULL. Ayub 12:2]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:9 - yang kaumengerti · yang kaumengerti: Ayub 12:3; Ayub 12:3

· yang kaumengerti: Ayub 12:3; [Lihat FULL. Ayub 12:3]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:10 - lanjut umurnya // pada ayahmu · lanjut umurnya: Ayub 12:12; Ayub 12:12 · pada ayahmu: 2Taw 10:6; 2Taw 10:6

· lanjut umurnya: Ayub 12:12; [Lihat FULL. Ayub 12:12]

· pada ayahmu: 2Taw 10:6; [Lihat FULL. 2Taw 10:6]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:11 - bagimu penghiburan // dan perkataan // ditujukan kepadamu · bagimu penghiburan: Kej 37:35; Kej 37:35; Ayub 6:10; Ayub 6:10; 2Kor 1:3-4 · dan perkataan: Za 1:13 · ditujukan kepadamu: Ul 8:...

· bagimu penghiburan: Kej 37:35; [Lihat FULL. Kej 37:35]; Ayub 6:10; [Lihat FULL. Ayub 6:10]; 2Kor 1:3-4

· dan perkataan: Za 1:13

· ditujukan kepadamu: Ul 8:3; [Lihat FULL. Ul 8:3]; Ul 32:39; [Lihat FULL. Ul 32:39]; Ayub 5:17; [Lihat FULL. Ayub 5:17]; Ayub 22:22; 23:12; 36:16; Mazm 119:11,72; Yer 15:16

Ref. Silang FULL: Ayb 15:12 - perasaan hatimu · perasaan hatimu: Ayub 11:13; 36:13

· perasaan hatimu: Ayub 11:13; 36:13

Ref. Silang FULL: Ayb 15:13 - memalingkan hatimu // dan mulutmu // mengeluarkan perkataan · memalingkan hatimu: Ams 29:11; Dan 11:30 · dan mulutmu: Ayub 11:8; Ayub 11:8; Ayub 22:5; 32:3 · mengeluarkan perkataan: Mazm 9...

· memalingkan hatimu: Ams 29:11; Dan 11:30

· dan mulutmu: Ayub 11:8; [Lihat FULL. Ayub 11:8]; Ayub 22:5; 32:3

· mengeluarkan perkataan: Mazm 94:4

Ref. Silang FULL: Ayb 15:14 - masakan benar // dari perempuan · masakan benar: 2Taw 6:36; 2Taw 6:36; Ayub 4:17; Ayub 4:17 · dari perempuan: Ayub 14:1; Ayub 14:1

· masakan benar: 2Taw 6:36; [Lihat FULL. 2Taw 6:36]; Ayub 4:17; [Lihat FULL. Ayub 4:17]

· dari perempuan: Ayub 14:1; [Lihat FULL. Ayub 14:1]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:15 - para suci-Nya // pada pandangan-Nya · para suci-Nya: Ayub 5:1; Ayub 5:1 · pada pandangan-Nya: Ayub 4:18; Ayub 4:18

· para suci-Nya: Ayub 5:1; [Lihat FULL. Ayub 5:1]

· pada pandangan-Nya: Ayub 4:18; [Lihat FULL. Ayub 4:18]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:16 - dan bejat // menghirup kecurangan // seperti air · dan bejat: Im 5:2; Im 5:2; Ayub 4:19; Ayub 4:19; Mazm 14:1 · menghirup kecurangan: Ayub 20:12 · seperti air: Ayub 12:4; 34:7; A...

· dan bejat: Im 5:2; [Lihat FULL. Im 5:2]; Ayub 4:19; [Lihat FULL. Ayub 4:19]; Mazm 14:1

· menghirup kecurangan: Ayub 20:12

· seperti air: Ayub 12:4; 34:7; Ams 19:28

Ref. Silang FULL: Ayb 15:17 - telah kulihat · telah kulihat: Ayub 4:8; Ayub 4:8

· telah kulihat: Ayub 4:8; [Lihat FULL. Ayub 4:8]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:18 - nenek moyang · nenek moyang: Ul 32:7; Ul 32:7

· nenek moyang: Ul 32:7; [Lihat FULL. Ul 32:7]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:19 - mereka negeri · mereka negeri: Kej 12:1; Ayub 22:8

· mereka negeri: Kej 12:1; Ayub 22:8

Ref. Silang FULL: Ayb 15:20 - fasik menggeletar // disediakan baginya · fasik menggeletar: Ayub 15:24; Yes 8:22; 50:11; 66:24 · disediakan baginya: Ayub 24:1; 27:13-23; Yes 2:12; Yer 46:10; Ob 1:15; Zef 1:7...

· fasik menggeletar: Ayub 15:24; Yes 8:22; 50:11; 66:24

· disediakan baginya: Ayub 24:1; 27:13-23; Yes 2:12; Yer 46:10; Ob 1:15; Zef 1:7

Ref. Silang FULL: Ayb 15:21 - ke telinganya // ia didatangi · ke telinganya: Ayub 15:24; 1Sam 3:11; 1Sam 3:11; Ayub 18:11; 20:25; Yer 6:25; 20:3 · ia didatangi: Ayub 22:10; 27:20; Yes 13:3; Yer 51...

Ref. Silang FULL: Ayb 15:22 - dari kegelapan // dimakan pedang · dari kegelapan: Ayub 15:23; Ayub 5:14; Ayub 5:14; Ayub 24:17; 38:15; Mazm 91:5; Kid 3:8 · dimakan pedang: Ayub 16:13; 18:19; 19:29; 2...

Ref. Silang FULL: Ayb 15:23 - Ia mengembara // ke mana // hari kegelapan // siap menantikan · Ia mengembara: Mazm 109:10 · ke mana: Ams 30:17; Yeh 39:17; Mat 24:28; Luk 17:37 · hari kegelapan: Ayub 15:22; Ayub 15:22 &midd...

· Ia mengembara: Mazm 109:10

· ke mana: Ams 30:17; Yeh 39:17; Mat 24:28; Luk 17:37

· hari kegelapan: Ayub 15:22; [Lihat FULL. Ayub 15:22]

· siap menantikan: Ayub 18:12

Ref. Silang FULL: Ayb 15:24 - Ia ditakutkan // oleh kesesakan // laksana raja · Ia ditakutkan: Ayub 15:20; Ayub 15:20 · oleh kesesakan: Yes 8:22; 9:1 · laksana raja: Ayub 18:14

· Ia ditakutkan: Ayub 15:20; [Lihat FULL. Ayub 15:20]

· oleh kesesakan: Yes 8:22; 9:1

· laksana raja: Ayub 18:14

Ref. Silang FULL: Ayb 15:25 - mengedangkan tangannya // Yang Mahakuasa · mengedangkan tangannya: Mazm 44:17; Yes 10:32; 37:23 · Yang Mahakuasa: Ayub 11:8; Ayub 11:8; Ayub 35:12; 36:9; 40:3; Mazm 2:2-3; 73:9...

· mengedangkan tangannya: Mazm 44:17; Yes 10:32; 37:23

· Yang Mahakuasa: Ayub 11:8; [Lihat FULL. Ayub 11:8]; Ayub 35:12; 36:9; 40:3; Mazm 2:2-3; 73:9; 75:6; Ams 21:30; Yes 3:16; 45:9

Ref. Silang FULL: Ayb 15:26 - dengan perisainya · dengan perisainya: Yer 44:16

· dengan perisainya: Yer 44:16

Ref. Silang FULL: Ayb 15:27 - lapisan lemak · lapisan lemak: Hak 3:17; Hak 3:17

· lapisan lemak: Hak 3:17; [Lihat FULL. Hak 3:17]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:28 - dapat didiami // menjadi reruntuhan · dapat didiami: Yes 5:9 · menjadi reruntuhan: Ayub 3:14; Ayub 3:14

· dapat didiami: Yes 5:9

· menjadi reruntuhan: Ayub 3:14; [Lihat FULL. Ayub 3:14]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:29 - tidak kekal // di bumi · tidak kekal: Ayub 3:15; Ayub 3:15; Ayub 7:8; Ayub 7:8 · di bumi: Yes 5:8

· tidak kekal: Ayub 3:15; [Lihat FULL. Ayub 3:15]; Ayub 7:8; [Lihat FULL. Ayub 7:8]

· di bumi: Yes 5:8

Ref. Silang FULL: Ayb 15:30 - dari kegelapan // tunasnya // nyala api // akan dilenyapkan // nafas mulut-Nya · dari kegelapan: Ayub 5:14; Ayub 5:14 · tunasnya: Ayub 15:32; Ayub 8:19; 18:16; 29:19; Hos 9:1-16; Mal 4:1 · nyala api: Ayub 15:...

· dari kegelapan: Ayub 5:14; [Lihat FULL. Ayub 5:14]

· tunasnya: Ayub 15:32; Ayub 8:19; 18:16; 29:19; Hos 9:1-16; Mal 4:1

· nyala api: Ayub 15:34; Ayub 16:7; 20:26; 22:20; 31:12

· akan dilenyapkan: Yes 40:23-24

· nafas mulut-Nya: Kel 15:10; [Lihat FULL. Kel 15:10]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:31 - kepada kesia-siaan // akan tertipulah // menjadi ganjarannya · kepada kesia-siaan: Yes 30:12; 47:10; 59:4; Yer 7:4,8; Mat 6:19; Mat 6:19 · akan tertipulah: Ayub 31:5; Ams 1:16; 6:18; Yes 44:20; 59:...

· kepada kesia-siaan: Yes 30:12; 47:10; 59:4; Yer 7:4,8; Mat 6:19; [Lihat FULL. Mat 6:19]

· akan tertipulah: Ayub 31:5; Ams 1:16; 6:18; Yes 44:20; 59:7; Mi 2:11; Mr 13:5; [Lihat FULL. Mr 13:5]; Yak 1:16

· menjadi ganjarannya: Ayub 20:7; 22:13; 27:9; 35:13; Ams 15:29; Yes 1:15; Yer 11:11; Mi 3:4

Ref. Silang FULL: Ayb 15:32 - genap masanya // akan sampai // akan menghijau · genap masanya: Pengkh 7:17 · akan sampai: Ayub 22:16; 36:14; Mazm 55:24; 109:8; Ams 10:27 · akan menghijau: Ayub 15:30; Ayub 15...

· genap masanya: Pengkh 7:17

· akan sampai: Ayub 22:16; 36:14; Mazm 55:24; 109:8; Ams 10:27

· akan menghijau: Ayub 15:30; [Lihat FULL. Ayub 15:30]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:33 - gugur buahnya // jatuh bunganya · gugur buahnya: Hab 3:17 · jatuh bunganya: Ayub 4:20; Ayub 4:20

· gugur buahnya: Hab 3:17

· jatuh bunganya: Ayub 4:20; [Lihat FULL. Ayub 4:20]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:34 - orang-orang fasik // memakan habis // makan suap · orang-orang fasik: Ayub 8:13; Ayub 8:13 · memakan habis: Ayub 15:30; Ayub 15:30; Ibr 10:27 · makan suap: Kel 23:8; Kel 23:8; 1S...

· orang-orang fasik: Ayub 8:13; [Lihat FULL. Ayub 8:13]

· memakan habis: Ayub 15:30; [Lihat FULL. Ayub 15:30]; Ibr 10:27

· makan suap: Kel 23:8; [Lihat FULL. Kel 23:8]; 1Sam 8:3; [Lihat FULL. 1Sam 8:3]

Ref. Silang FULL: Ayb 15:35 - menghamilkan bencana // melahirkan kejahatan · menghamilkan bencana: Ayub 5:7; Ayub 5:7 · melahirkan kejahatan: Ayub 4:8; Ayub 4:8; Yes 29:20; Yes 29:20; Gal 6:7; Yak 1:15

· menghamilkan bencana: Ayub 5:7; [Lihat FULL. Ayub 5:7]

· melahirkan kejahatan: Ayub 4:8; [Lihat FULL. Ayub 4:8]; Yes 29:20; [Lihat FULL. Yes 29:20]; Gal 6:7; Yak 1:15

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Ayb 15:1-35 - Ada penghakiman bagi orang yang fasik (Minggu, 28 Juli 2002) Ada penghakiman bagi orang yang fasik Untuk kedua kalinya Elifas berbicara kepada Ayub. Isi pembicaraannya sedikit lebih pendek dari nasihat pertaman...

SH: Ayb 15:1-35 - Nasihat atau tuduhan? (Jumat, 10 Desember 2004) Nasihat atau tuduhan? Acapkali orang memaksakan pandangannya tentang kebenaran pada orang lain tanpa mempertimbangkan perasaan orang tersebut. ...

SH: Ayb 15:1-35 - Penderitaan Identik Karma? (Kamis, 15 Oktober 2015) Penderitaan Identik Karma? Ayub 15 mengawali ronde kedua dialog Ayub dan ketiga temannya. Sementara Ayub bersikukuh bahwa dirinya tidak melakukan kes...

SH: Ayb 15:1-35 - Penghibur yang Mengecam (Minggu, 12 Maret 2023) Penghibur yang Mengecam Perkataan teman-teman Ayub makin lama makin kasar dan menyakitkan. Mereka sepertinya lupa akan tujuan awal dari kedatangan me...

Topik Teologia: Ayb 15:11 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Penderitaan Pemeliharaan-Nya Menopang Dalam Kesengsaraan ...

Topik Teologia: Ayb 15:12 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Hati sebagai Tempat Emosi Ima 19:17 Ula 20:3 Ula 28:67 Yos 7:5 1Sa 2:1 1Sa 4:13 Ayu 15:12 Maz...

Topik Teologia: Ayb 15:14 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Tempat Umat Manusia Pada Urutan Penciptaan Manusia Dalam Relasinya dengan Allah Manusia adalah Inferior ...

Topik Teologia: Ayb 15:15 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Umat Manusia Pada Umumnya Tempat Umat Manusia Pada Urutan Penciptaan Manusia Dalam...

Topik Teologia: Ayb 15:16 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Tempat Umat Manusia Pada Urutan Penciptaan Manusia Dalam Relasinya dengan Allah Manusia adalah Inferior ...

Topik Teologia: Ayb 15:20 - -- Dosa Konsekuensi Dosa Para Pendosa Penuh Ketakutan Ayu 15:20-26 Ayu 18:5,11 Ayu 27:20 Maz 53:6 Ams 10:24 Ams 28:1 Yes 66:4 Rom 8:15 Ibr ...

Topik Teologia: Ayb 15:21 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Tekanan dan Kegelisahan Pribadi Ayu 4:8 Ayu 5:2 Ayu 15:20-26 Ayu 18:5,7-14 Maz 38:4-5 Maz 141:10 Ams 1:29-32 ...

Topik Teologia: Ayb 15:24 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Tekanan dan Kegelisahan Pribadi Ayu 4:8 Ayu 5:2 Ayu 15:20-26 Ayu 18:5,7-14 Maz 38:4-5 Maz 141:10 Ams 1:29-32 ...

Topik Teologia: Ayb 15:25 - -- Dosa Konsekuensi Dosa Para Pendosa Penuh Ketakutan Ayu 15:20-26 Ayu 18:5,11 Ayu 27:20 Maz 53:6 Ams 10:24 Ams 28:1 Yes 66:4 ...

Topik Teologia: Ayb 15:30 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah

Topik Teologia: Ayb 15:34 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Karakter Para Pendosa Para Pendosa Tidak Berpengharapan Ayu 8:13 Ayu 11:20 Ayu 15:34 ...

Topik Teologia: Ayb 15:35 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ayub (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Dikenal Tema : Mengapa Orang Benar Menderita ? Tanggal Penulisan: Tidak Pasti Latar Belakang Kitab Ayub tergol...

Full Life: Ayub (Garis Besar) Garis Besar I. Prolog Prosa: Krisisnya (Ayub 1:1-2:13) A. Ayub, Orang Benar yang Takut Akan Allah (A...

Jerusalem: Ayub (Pendahuluan Kitab) KITAB AYUB PENGANTAR Karya sastera paling unggul yang dihasilkan gerakan kebijaksanaan di Israel ialah kitab Ayub. Kitab ini dimulai dengan sebuah cer...

Ende: Ayub (Pendahuluan Kitab) IJOB PENDAHULUAN Karya utama dari sesusasteraan kebijaksanaan Israil dan jang termasuk bilangan tjiptaan terbesar jang pernah dihasilkan pudjangga2 in...

BIS: Ayub (Pendahuluan Kitab) BUKU AYUB PENGANTAR Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta

BUKU AYUB

PENGANTAR

Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta bendanya, lalu dihinggapi penyakit kulit yang menjijikkan. Dalam tiga rangkaian percakapan yang bersajak, si penulis menggambarkan bagaimana teman-teman Ayub, dan Ayub sendiri menanggapi malapetaka itu. Pokok yang penting dalam percakapan-percakapan itu ialah yang menyinggung caranya Allah memperlakukan manusia. Pada bagian terakhir, Allah sendiri menyatakan diri-Nya kepada Ayub.

Teman-teman Ayub menjelaskan penderitaan Ayub itu menurut ajaran agama yang tradisional. Pada sangka mereka, Allah selalu mengganjar orang yang baik dan menghukum orang yang jahat. Jadi, penderitaan Ayub hanya dapat berarti bahwa ia telah berbuat dosa. Tetapi bagi Ayub pendapat itu terlalu dangkal; tidak sepantasnya ia mendapat hukuman yang sekejam itu, sebab ia seorang yang sangat baik dan jujur. Ia tidak dapat mengerti mengapa Allah membiarkan orang seperti dirinya mengalami begitu banyak bencana, dan dengan berani ia menantang Allah. Ayub tidak kehilangan kepercayaannya kepada Allah, tetapi ia sungguh-sungguh ingin supaya dibenarkan oleh Allah dan supaya mendapat kembali kehormatannya sebagai orang yang baik.

Allah tidak memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Ayub, tetapi Allah menanggapi kepercayaan Ayub dengan memberinya banyak contoh mengenai kuasa dan hikmat-Nya. Contoh-contoh itu dilukiskan dengan puisi. Kemudian dengan segala rendah hati, Ayub mengakui kebijaksanaan dan keagungan Allah, lalu menyesali kata-katanya yang keras dan penuh kemarahan itu.

Bagian terakhir dari kisah ini, yang ditulis dengan bahasa biasa, menuturkan bagaimana Ayub dikembalikan kepada keadaannya semula, dengan kekayaan yang jauh melebihi kekayaannya sebelum itu. Allah memarahi teman-teman Ayub karena mereka tidak dapat memahami arti kesengsaraan Ayub. Hanya Ayublah yang sungguh-sungguh menyadari bahwa Allah lebih besar daripada yang telah diajarkan oleh agama yang tradisional itu.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Ayub 1:1-2:13
  2.  Ayub dan teman-temannya
    Ayub 3:1-31:40
    1. a. Keluhan Ayub
      Ayub 3:1-26
    2. b. Percakapan pertama
      Ayub 4:1-14:22
    3. c. Percakapan kedua
      Ayub 15:1-21:34
    4. d. Percakapan ketiga
      Ayub 22:1-27:23
    5. e. Pujian terhadap hikmat
      Ayub 28:1-28
    6. f. Pernyataan Ayub yang terakhir
      Ayub 29:1-31:40
  3.  Wejangan Elihu
    Ayub 32:1-37:24
  4.  TUHAN menjawab Ayub
    Ayub 38:1-42:6
  5.  Penutup
    Ayub 42:7-17

Ajaran: Ayub (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih d

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih dalam akan Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab Ayub tidak diketahui dengan jelas.

Isi Kitab: Kitab Ayub terdiri dari 42 pasal. Isi Kitab Ayub merupakan kisah nyata dari seorang bernama Ayub yaitu mengisahkan kehidupan Ayub yang berbahagia karena kesalehannya, tetapi kemudian hidup dalam penderitaan karena pencobaan iblis. Akhirnya dia kembali memperoleh kebahagiaan, karena ketekunannya dalam beribadah walaupun menderita.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ayub

  1. Pasal 1 (Ayub 1:1-5).

    Keadaan Ayub sebelum pencobaan iblis Ayub adalah seorang yang hidup dalam kesalehan dan kelimpahan.

    Pendalaman Bacalah pasal Ayub 1:1-5, sebutkanlah keadaan Ayub waktu itu.

  2. Pasal 1-3 (Ayub 1:6-3:26).

    Keadaan Ayub dalam pencobaan iblis Dalam bagian ini dijelaskan bahwa iblis mengambil semua harta milik dan kesehatan Ayub. Hal ini membuat Ayub sangat menderita.

    Pendalaman

    1. Siapakah yang tidak mengingini kebahagiaan Ayub? (Ayub 1:6-12). Tetapi sebenarnya apakah maksud Iblis kepada Tuhan? (Ayub 1:9,11).
    2. Perhatikan pasal Ayub 1:13-22. Apakah yang terjadi dalam kehidupan Ayub? Dan bagaimanakah tanggapan Ayub terhadap hal itu? (Ayub 1:20-22).
    3. Perhatikan pasal Ayub 2:1-10. Penderitaan apa lagikah yang Ayub alami? Tetap bagaimanakah sikapnya terhadap Allah? (Ayub 2:9-10).
  3. Pasal 4-37 (Ayub 4:1-37:24).

    Percakapan Ayub dengan sahabat-sahabatnya

    Pada bagian ini dijelaskan tentang 3 orang sahabat Ayub yang bernama Elifas, Bildad, dan Zofar. Mereka datang dan mengatakan bahwa penderitaan Ayub adalah akibat dari dosa yang dibuat secara sembunyi-sembunyi. Mereka menyuruh Ayub supaya mengakui saja dosanya, tetapi Ayub tetap bertahan, bahwa ia hidup benar di hadapan Allah. Setelah tiga teman Ayub itu selesai berbicara, seorang muda bernama Elihu memperingatkan mereka semua termasuk Ayub bahwa Tuhan adalah Maha besar dan mempunyai maksud yang baik dalam penderitaan orang beriman. (dalam pasal Ayub 9:33).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 4:1-9. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    2. Bacalah pasal Ayub 8:1-7. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    3. Bacalah pasal Ayub 11:1-6. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    4. Bacalah pasal Ayub 31:1-6. Bagaimanakah Ayub memandang dirinya sendiri?
    5. Bagaimanakah pendapat Elihu mengenai hal ini? (Ayub 32:1-5).
  4. Pasal 38-42 (Ayub 38:1-42:17).

    Jawaban Tuhan kepada Ayub Dalam bagian ini Ayub di tegur oleh Allah. Kemudian Ayub merendahkan diri dihadapan Allah serta mencabut pembelaan dirinya. Setelah ini Ayub tidak lagi hidup menderita, karena diberkati Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 38:1,34-38. Apakah yang terjadi dalam bagian ini?
    2. Bacalah pasal Ayub 42:1-6. Apakah yang terjadi dengan Ayub?
    3. Bagaimanakah keadaan Ayub pada akhirnya? (pasal Ayub 42:7-17).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Ayub mengajarkan kepada orang beriman bahwa Iblis tidak berkuasa untuk mencabut nyawa seseorang.

  2. Kitab Ayub mengajarkan bahwa Allah mengijinkan anak-anaknya mengalami penderitaan untuk menunjukkan kemahakuasaan-Nya.

  3. Kitab Ayub mengajarkan bahwa penderitaan dapat menjadi suatu alat untuk membawa seseorang pada pertumbuhan rohani yang dewasa.

  4. Kitab Ayub mengajarkan Ayub sebagai teladan orang yang menyembah Allah secara benar, yaitu penyembahan yang didasari ketulusan hati.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah isi Kitab Ayub?
  2. Siapakah nama-nama sahabat Ayub?
  3. Penderitaan apa sajakah yang dihadapi oleh Ayub? Dan siapakah yang menginginkan hal ini?
  4. Apakah pelajaran rohani yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Ayub?

Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) Mengapa orang tak berdosa harus menderita ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANASelain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok o

Mengapa orang tak berdosa harus menderita

ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANA
Selain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok orang yang dinamakan "Orang-orang berhikmat". Mereka ini adalah para pembimbing dan penasihat yang menghabiskan waktu mereka untuk memutuskan cara-cara yang paling bijaksana dan paling benar untuk menjalani kehidupan dan menjalankan pemerintahan. Hasil penelitian mereka selalu diterapkan dalam kehidupan nyata. Kita mengetahui hal ini dari kitab-kitab mereka yang biasanya disebut "Kitab Hikmat" (Ayub, Amsal, Pengkhotbah, ditambah beberapa Mazmur). Kadangkala mereka memberikan nasihat mereka dalam bentuk pepatah yang singkat dan jelas atau "amsal". Selain itu mereka juga berbicara mengenai masalah-masalah besar dalam kehidupan, terutama masalah penderitaan.

SIAPAKAH AYUB?
Apa yang kita ketahui mengenai Ayub tidak lebih daripada apa yang digambarkan pada permulaan kitab itu. Rupanya ia orang yang terkenal (Yeh 14:14,20), namun oleh karena tidak ada acuan terhadap sejarah orang Israel, Ayub mungkin hidup jauh sebelum umat Allah bermukim di Kanaan. Beberapa orang berpendapat bahwa kisah mengenai penderitaannya dipakai oleh beberapa penulis yang tak dikenal sebagai latar belakang untuk membicarakan masalah penderitaan. Kita pun tidak tahu kapan kitab itu ditulis. Minat terhadap hikmat Allah sudah ada sejak zaman Salomo, dan kitab ini mungkin ditulis pada zaman pemerintahannya.

POKOK PERMASALAHAN
Kitab ini menyangkut suatu pertanyaan abadi yaitu "Mengapa orang yang tak berdosa harus menderita?" Ayub adalah seorang yang baik yang tiba-tiba kehilangan segalanya. Seperti banyak dari penderitaan kita, rasanya hal ini tidak adil. Jawaban baku teman-temannya -- bahwa Allah menghakimi orang yang jahat, dan oleh karenanya pasti Ayub telah melakukan kejahatan -- sama sekali tidak cocok. Mereka mengatakannya dengan berbagai cara. Elifas sopan dan sedikit berbau mistik. Bildad, seorang tradisionalis, mengutarakannya berdasarkan pendapat yang sudah lama dikenal, sementara Zofar adalah pembantah Allah yang kurang ajar dan kasar. Ketiga mereka pada akhirnya kehilangan kesabaran terhadap Ayub. Sesungguhnya, pada percakapan ketiga, Bildad hanya berbicara sedikit sekali, sementara Zofar menolak untuk berbicara lagi. Ayub berdebat dengan kedua orang itu dan dengan Allah; dan dengan demikian ia mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang hanya dapat dijawab dalam Perjanjian Baru. Oleh karena Elihu masih muda, ia tidak dihargai oleh yang lain. Argumentasinya penuh dengan keyakinan orang muda, tetapi juga agak kacau dan tidak matang. Percakapan dengan Elihu mungkin baru belakangan ditambahkan pada kitab itu.

Pesan

1. Dilucuti sampai bergantung sepenuhnya pada iman
o Ayub adalah contoh seorang yang bergantung kepada Allah waktu segalanya berjalan dengan baik dan yang terus percaya kepada-Nya pada waktu mengalami kesusahan. Ayu 1:1,20-22; 2:10
o Ia mungkin menganggap kerugiannya sebagai hukuman Allah, namun demikian ia telah melakukan segalanya dengan tulus untuk melayani Allah. Allah seakan-akan telah meninggalkan dia. Ayu 12:4; 13:19; 16:15-17; 23:10-12; 27:2-6
o Tuduhan-tuduhan yang dilancarkan oleh kawan-kawannya dan tentangan dari istrinya membuat dia sungguh-sungguh seorang diri. Ayu 2:9; 19:13-20

2. Penghibur yang tidak berguna
o Kawan-kawan Ayub sama sekali tidak memberikan pertolongan. Lebih baik jika mereka tidak mengatakan apa-apa. Ayu 13:4,5; 16:2-3; 19:1-3
o Pendapat mereka yang utama, yaitu bahwa Allah memberkati orang saleh dan menghukum orang jahat, secara umum memang benar. Tetapi, tidaklah benar untuk menerapkan pendapat itu tanpa melihat kualitas kehidupan secara menyeluruh. Pendapat itu tidak memberikan jawaban mengapa orang yang tak berdosa kadangkala menderita, sedangkan orang yang tidak saleh terhindar dari malapetaka. Ayu 4:7; 5:19-26; 8:5-7,20:22; 11:13-20
o Mereka mengambil kesimpulan bahwa penderitaan yang diderita oleh Ayub tentunya merupakan penghakiman Allah atas dosa-dosanya. Sanggahan Ayub bahwa ia sungguh-sungguh tidak berdosa hanya membuat mereka bertambah marah. Ayu 22:1-30

3. Penderitaan sebagai didikan
Pendapat Elihu bahwa penderitaan dapat merupakan cara Allah mengajar kita, perlu diperbincangkan lebih lanjut. Tetapi oleh karena baik Ayub maupun Allah tidak memberi tanggapan pada Elihu, maka ini berarti bahwa hal itu tidak berlaku di sini. Ayu 5:17,18; 33:14-30; 36:5-16

4. Kecerobohan Ayub
o Ayub terdorong untuk mengatakan banyak hal secara gegabah, karena kekerasan kawan-kawannya yang kurang simpatik. Ia sungguh-sungguh tersesat ketika menantang Allah dan memperdebatkan masalahnya dengan Dia. Ia seakan-akan menyatakan bahwa ia lebih tahu daripada Allah. Ayu 7:11-21; 9:14-35; 13:3,15-28; 23:2-7; 31:35-37
o Seperti kawan-kawannya, Ayub hanya dapat berpikir dalam hubungannya dengan kehidupan ini saja. Namun demikian, permohonannya akan keadilan sebenarnya mulai menggapai masalah di balik kematian dan mengharapkan keadilan dalam kehidupan selanjutnya. Ayu 10:20-22; 14:7-22; 17:13-16; 19:23-27.

5. Jawaban Allah
Allah tidak secara terang-terangan menjelaskan kepada Ayub mengapa ia menderita seperti yang dialaminya. Sebaliknya Dia menunjukkan secara sekilas kebesaran-Nya dan kebijakan-Nya yang tanpa batas, yang terlihat terutama dalam keajaiban ciptaan-Nya. Jika Ayub tidak dapat mengerti rahasia yang paling sederhana, bagaimana mungkin ia mengerti akan rencana Allah dalam kehidupannya? Ayu 38:1-42:6

Penerapan

1. Penderitaan dialami oleh semua orang
Setiap orang yang hidup dalam dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa ini tidak akan luput dari penderitaan. Kita tidak dapat berharap untuk menjalani kehidupan tanpa mengalami kesakitan atau kesusahan hanya karena kita umat Allah.

2. Jangan mengaburkan kebenaran
Biasanya Allah memberkati dan melimpahi mereka yang mengasihi Dia. Allah juga menghakimi orang yang jahat. Tetapi, tidak selalu terjadi demikian dalam kehidupan ini. Sama sekali tidak benar dan kejam, mengatakan bahwa jika seseorang menderita, maka hal itu pasti disebabkan oleh dosa-dosanya.

3. Apa yang terjadi di balik segala peristiwa
Kita tidak tahu apa yang sedang terjadi dalam dunia rohani yang mempengaruhi keadaan kita di dunia ini. Apa yang kita derita mungkin merupakan gambaran peperangan rohani yang sedang terjadi "di surga".

4. Krisis dan pertumbuhan
Pada saat kita tidak tahu lagi apa yang dapat kita lakukan selain bergantung kepada Allah yang tahu apa yang dilakukan-Nya, maka iman kita menjadi sungguh-sungguh iman yang hidup. Allah kadang-kadang mengambil semua perkara yang kita andalkan, sehingga kita betul-betul bertumpu pada-Nya.

5. Terlalu besar bagi kita
Walaupun kita kadang-kadang dapat melihat rencana Allah dalam penderitaan kita, jalan-jalan-Nya selalu lebih tinggi daripada pengertian kita, sehingga rencana-Nya yang sempurna selalu berada di luar jangkauan pengertian kita. Banyak penjelasan kita hanya melulu kata-kata. Pada saat-saat seperti itu akan lebih baik bila kita diam saja dan menggantungkan diri sepenuhnya kepada Allah.

Tema-tema Kunci

1. Sifat-sifat Allah dan pekerjaan-Nya
Allah berdaulat. Bahkan iblis pun tidak dapat berbuat apa-apa tanpa izin-Nya. Baik Ayub maupun kawan-kawannya sadar akan hal ini dan akan kenyataan bahwa Allah menciptakan dunia ini serta memeliharanya. Kitab ini penuh berisi kebesaran dan kearifan Allah. Lihat Ayu 5:8-16; 9:2-13; 11:7-9; 12:10,13-25; 25:2-6; 26:5-14; 34:10-15; 35:10,11; 36:22-33; 37:1-24; 38:1-39:30; 40:8-41:34.

2. Kelemahan manusia
Kisah Ayub mengilustrasikan kelemahan kita, ketidaktahuan, dosa, dan singkatnya hidup kita. Permohonan Ayub akan keadilan sungguh-sungguh menuntut suatu kehidupan yang melampaui kehidupan saat ini, tempat Allah dapat menghukum yang jahat dan meluruskan yang salah dari dunia ini. Lihat Ayu 4:17-21; 5:7; 7:1-10; 9:2,25,26; 14:1,2,4,7-12; 15:14-16; 25:4-6.

3. Kebijaksanaan
Kebijaksanaan Allah, yaitu pikiran Allah, kepandaian dan rencana-Nya, digambarkan kepada kita sebagai hal yang benar-benar di luar jangkauan kita (Ayu 28:1-28). Jika kita diberi sedikit pengertian tentang rahasia-rahasia ini, hal ini bukan oleh karena kepandaian kita. Hanya pada saat kita berserah kepada-Nya kita dapat mengerti sedikit tentang jalan-jalan-Nya. Pikirkanlah pengertian yang terkandung dalam Yesaya 55:8 dan 1Ko 1:18-31.

4. Saling menghibur
Kawan-kawan Ayub memberi kita suatu contoh yang baik tentang apa yang tidak boleh kita lakukan! Banyak yang mereka katakan itu benar, tetapi tidak ada hubungannya dengan masalah Ayub dan menyakitkan. Perhatikan juga bagaimana Paulus mengajar kita mengenai saling menghormati. Pelajaran apa yang secara tak langsung ingin dikatakan tentang bagaimana kita harus memakai pengalaman hidup kita (2Ko 1:3-8)?

5. Ayub dan Perjanjian Baru
Walaupun Ayub hanya disebut sekali saja dalam Perjanjian Baru (Yak 5:11), pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya dapat lebih jelas dimengerti jika dilihat dari sudut pandang seorang Kristen. Sebagai contoh lihat Ayub 9:33, 1Ti 2:5; Ayu 14:14, Yoh 11:25; Ayu 16:19;; Ibr 9:24; Ayu 19:25; Ibr 7:25; Ayu 23:3; Yoh 14:6.

Garis Besar Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) [1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26 Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26

Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub
Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang
Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[2] PERDEBATAN PERTAMA Ayu 4:1-14:22

Ayu 4:1-5:27Elifas menyatakan pendapatnya
Ayu 6:1-7:21Ayub menyesali nasibnya
Ayu 8:1-22Bildad membela tradisi
Ayu 9:1-10:22Ayub mengalami kegetiran
Ayu 11:1-20Zofar membela Allah
Ayu 12:1-14:22Ayub memprotes ketidakberdosaannya

[3] PERDEBATAN KEDUA Ayu 15:1-21:34

Ayu 15:1-35Elifas mengatakan ia lebih tahu
Ayu 16:1-17:16Ayub merasa putus asa
Ayu 18:1-21Bildad mengulangi pendapatnya
Ayu 19:1-29Ayub memohon pertolongan
Ayu 20:1-29Zofar setuju dengan pendapat kawan-kawannya
Ayu 21:1-34Ayub menentang mereka

[4] PERDEBATAN KETIGA Ayu 22:1-31:40

Ayu 22:1-30Elifas melontarkan tuduhan kepada Ayub
Ayu 23:1-24:25Ayub merindukan keadilan
Ayu 25:1-6Bildad kesal
Ayu 26:1-27:23Ayub setuju dan tidak setuju
Ayu 28:1-28Pujian kearifan
Ayu 29:1-31:40Ayub mengambil kesimpulan

[5] ELIHU BERBICARA Ayu 32:1-37:24

Ayu 32:1-22Elihu frustrasi
Ayu 33:1-33Penderitaan merupakan didikan
Ayu 34:1-35:16Allah tidak dapat berbuat salah
Ayu 36:1-37:24Allah tahu apa yang dilakukan-Nya

[6] ALLAH MEMBERI JAWABAN KEPADA AYUB Ayu 38:1-42:6

[7] BAGAIMANA SEMUA ITU BERAKHIR Ayu 42:7-17

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #35: Beritahu teman untuk menjadi rekan pelayanan dengan gunakan Alkitab SABDA™ di situs Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.47 detik
dipersembahkan oleh YLSA