kecilkan semua  

Teks -- 1 Raja-raja 1:1-53 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Hari tua Daud dan soal penggantinya
1:1 Raja Daud telah tua dan lanjut umurnya, dan biarpun ia diselimuti, badannya tetap dingin. 1:2 Lalu para pegawainya berkata kepadanya: "Hendaklah dicari bagi tuanku raja seorang perawan yang muda, untuk melayani dan merawat raja; biarlah ia berbaring di pangkuanmu, sehingga badan tuanku raja menjadi panas." 1:3 Maka di seluruh daerah Israel dicarilah seorang gadis yang cantik, dan didapatlah Abisag, gadis Sunem, lalu dibawa kepada raja. 1:4 Gadis itu amat cantik, dan ia menjadi perawat raja dan melayani dia, tetapi raja tidak bersetubuh dengan dia. 1:5 Lalu Adonia, anak Hagit, meninggikan diri dengan berkata: "Aku ini mau menjadi raja." Ia melengkapi dirinya dengan kereta-kereta dan orang-orang berkuda serta lima puluh orang yang berlari di depannya. 1:6 Selama hidup Adonia ayahnya belum pernah menegor dia dengan ucapan: "Mengapa engkau berbuat begitu?" Iapun sangat elok perawakannya dan dia adalah anak pertama sesudah Absalom. 1:7 Maka berundinglah ia dengan Yoab, anak Zeruya dan dengan imam Abyatar dan mereka menjadi pengikut dan pembantu Adonia. 1:8 Tetapi imam Zadok dan Benaya bin Yoyada dan nabi Natan dan Simei dan Rei dan para pahlawan Daud tidak memihak kepada Adonia. 1:9 Sesudah itu Adonia mempersembahkan domba, lembu dan ternak gemukan sebagai korban dekat batu Zohelet yang ada di samping En-Rogel, lalu mengundang semua saudaranya, anak-anak raja, dan semua orang Yehuda, pegawai-pegawai raja; 1:10 tetapi nabi Natan dan Benaya dan para pahlawan dan Salomo, adiknya, tidak diundangnya. 1:11 Lalu berkatalah Natan kepada Batsyeba, ibu Salomo: "Tidakkah engkau mendengar, bahwa Adonia anak Hagit, telah menjadi raja, sedang tuan kita Daud tidak mengetahuinya? 1:12 Karena itu, baiklah kuberi nasihat kepadamu, supaya engkau dapat menyelamatkan nyawamu dan nyawa anakmu Salomo. 1:13 Pergilah masuk menghadap raja Daud dan katakan kepadanya: Bukankah tuanku sendiri, ya rajaku, telah bersumpah kepada hambamu ini: Anakmu Salomo, akan menjadi raja sesudah aku dan dialah yang akan duduk di atas takhtaku? Mengapakah sekarang Adonia menjadi raja? 1:14 Dan selagi engkau berbicara di sana dengan raja, akupun akan masuk pula dan menyokong perkataanmu itu." 1:15 Jadi masuklah Batsyeba menghadap raja ke dalam kamarnya. Waktu itu raja sudah sangat tua dan Abisag, gadis Sunem itu, melayani raja. 1:16 Lalu Batsyeba berlutut dan sujud menyembah kepada raja. Raja bertanya: "Ada yang kauingini?" 1:17 Lalu perempuan itu berkata kepadanya: "Tuanku sendiri telah bersumpah demi TUHAN, Allahmu, kepada hambamu ini: Anakmu Salomo akan menjadi raja sesudah aku, dan ia akan duduk di atas takhtaku. 1:18 Tetapi sekarang, lihatlah, Adonia telah menjadi raja, sedang tuanku raja sendiri tidak mengetahuinya. 1:19 Ia telah menyembelih banyak lembu, ternak gemukan dan domba, dan telah mengundang semua anak raja dan imam Abyatar dan Yoab, panglima itu, tetapi hambamu Salomo tidak diundangnya. 1:20 Dan kepadamulah, ya tuanku raja, tertuju mata seluruh orang Israel, supaya engkau memberitahukan kepada mereka siapa yang akan duduk di atas takhta tuanku raja sesudah tuanku. 1:21 Nanti aku ini dan anakku Salomo dituduh bersalah segera sesudah tuanku raja mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya." 1:22 Selagi Batsyeba berbicara dengan raja, datanglah nabi Natan. 1:23 Diberitahukan kepada raja: "Itu ada nabi Natan." Masuklah ia menghadap raja, lalu sujud menyembah kepada raja dengan mukanya sampai ke tanah. 1:24 Natan berkata: "Ya tuanku raja, tuanku sendirilah rupa-rupanya yang telah berkata: Adonia akan menjadi raja sesudah aku dan ia akan duduk di atas takhtaku! 1:25 Sebab pada hari ini ia telah menyembelih banyak lembu, ternak gemukan dan domba; ia mengundang semua anak raja, para panglima dan imam Abyatar, dan sesungguhnya mereka sedang makan minum di depannya sambil berseru: Hidup raja Adonia! 1:26 Tetapi hambamu ini, dan imam Zadok dan Benaya bin Yoyada dan hambamu Salomo tidak diundangnya. 1:27 Jika hal ini terjadi dari pihak tuanku raja, maka engkau tidak memberitahu hamba-hambamu ini, siapa yang akan duduk di atas takhta tuanku raja sesudah tuanku."
Salomo diurapi menjadi raja
1:28 Lalu raja Daud menjawab, katanya: "Panggillah Batsyeba." Perempuan itu masuk menghadap raja dan berdiri di depannya. 1:29 Lalu raja bersumpah dan berkata: "Demi TUHAN yang hidup, yang telah membebaskan nyawaku dari segala kesesakan, 1:30 pada hari ini aku akan melaksanakan apa yang kujanjikan kepadamu demi TUHAN, Allah Israel, dengan sumpah ini: Anakmu Salomo akan menjadi raja sesudah aku, dan dialah yang akan duduk di atas takhtaku menggantikan aku." 1:31 Lalu Batsyeba berlutut dengan mukanya sampai ke tanah; ia sujud menyembah kepada raja dan berkata: "Hidup tuanku raja Daud untuk selama-lamanya!" 1:32 Lagi kata raja Daud: "Panggillah imam Zadok, nabi Natan dan Benaya bin Yoyada." Mereka masuk menghadap raja, 1:33 dan raja berkata kepada mereka: "Bawalah para pegawai tuanmu ini, naikkan anakku Salomo ke atas bagal betina kendaraanku sendiri, dan bawa dia ke Gihon. 1:34 Imam Zadok dan nabi Natan harus mengurapi dia di sana menjadi raja atas Israel; kemudian kamu meniup sangkakala dan berseru: Hidup raja Salomo! 1:35 Sesudah itu kamu berjalan pulang dengan mengiring dia; lalu ia akan masuk dan duduk di atas takhtaku, sebab dialah yang harus naik takhta menggantikan aku, dan dialah yang kutunjuk menjadi raja atas Israel dan Yehuda." 1:36 Lalu Benaya bin Yoyada menjawab raja: "Amin! Demikianlah kiranya firman TUHAN, Allah tuanku raja! 1:37 Seperti TUHAN menyertai tuanku raja, demikianlah kiranya Ia menyertai Salomo; semoga Ia membuat takhta Salomo lebih agung dari takhta tuanku raja Daud." 1:38 Lalu pergilah imam Zadok, nabi Natan dan Benaya bin Yoyada, dengan orang Kreti dan orang Pleti, mereka menaikkan Salomo ke atas bagal betina raja Daud dan membawanya ke Gihon. 1:39 Imam Zadok telah membawa tabung tanduk berisi minyak dari dalam kemah, lalu diurapinya Salomo. Kemudian sangkakala ditiup, dan seluruh rakyat berseru: "Hidup raja Salomo!" 1:40 Sesudah itu seluruh rakyat berjalan di belakangnya sambil membunyikan suling dan sambil bersukaria ramai-ramai, sampai seakan-akan bumi terbelah oleh suara mereka. 1:41 Hal itu kedengaran kepada Adonia dan kepada semua undangan yang bersama-sama dengan dia, ketika mereka baru habis makan. Ketika Yoab mendengar bunyi sangkakala itu, ia berkata: "Apakah sebabnya kota begitu ribut?" 1:42 Selagi ia berbicara, datanglah Yonatan anak imam Abyatar. Lalu Adonia berkata: "Masuklah, sebab engkau seorang kesatria dan tentulah engkau membawa kabar baik." 1:43 Tetapi Yonatan menjawab Adonia: "Tidak! Tuan kita raja Daud telah mengangkat Salomo menjadi raja. 1:44 Raja telah menyuruh supaya imam Zadok, dan nabi Natan dan Benaya bin Yoyada, dengan orang Kreti dan orang Pleti, menyertai Salomo dan mereka menaikkan dia ke atas bagal betina raja. 1:45 Imam Zadok, dan nabi Natan mengurapi dia di Gihon menjadi raja, dan dari sana mereka sudah pulang dengan bersukaria, sehingga kota menjadi ribut, itulah bunyi yang kamu dengar tadi. 1:46 Salomo sekarang duduk di atas takhta kerajaan; 1:47 juga pegawai-pegawai raja telah datang mengucap selamat kepada tuan kita raja Daud, dengan berkata: Kiranya Allahmu membuat nama Salomo lebih masyhur dari pada namamu dan takhtanya lebih agung dari pada takhtamu. Dan rajapun telah sujud menyembah di atas tempat tidurnya, 1:48 dan beginilah katanya: Terpujilah TUHAN, Allah Israel, yang pada hari ini telah memberi seorang duduk di atas takhtaku yang aku sendiri masih boleh saksikan." 1:49 Maka semua undangan Adonia itu terkejut, lalu bangkit dan masing-masing pergi menurut jalannya. 1:50 Takutlah Adonia kepada Salomo, sebab itu ia segera pergi memegang tanduk-tanduk mezbah. 1:51 Lalu diberitahukanlah kepada Salomo: "Ternyata Adonia takut kepada raja Salomo, dan ia telah memegang tanduk-tanduk mezbah, serta berkata: Biarlah raja Salomo lebih dahulu bersumpah mengenai aku, bahwa ia takkan membunuh hambanya ini dengan pedang." 1:52 Lalu kata Salomo: "Jika ia berlaku sebagai kesatria, maka sehelai rambutpun dari kepalanya tidak akan jatuh ke bumi, tetapi jika ternyata ia bermaksud jahat, haruslah ia dibunuh." 1:53 Dan raja Salomo menyuruh orang menjemput dia dari mezbah itu. Ketika ia masuk, sujudlah ia menyembah kepada raja Salomo, lalu Salomo berkata kepadanya: "Pergilah ke rumahmu."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abisag a woman; the Shunammite nurse who attended King David
 · Absalom the son of David and Maacah
 · Abyatar a son of Ahimelech; a high priest and counselor of David,son of Ahimelech (Ahitub I Ithamar Aaron); counselor of David
 · Adonia son of David and Haggith,a Levite whom King Jehoshaphat commissioned to teach the law,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak perempuan Syua daughter of Shua the Canaanite; wife of Judah,daughter of Ammiel/Eliam; the wife David took from Uriah
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bangsa Kreti a tribe of Philistines in southern Canaan (YC),officers who formed part of David's guard
 · Batsyua daughter of Shua the Canaanite; wife of Judah,daughter of Ammiel/Eliam; the wife David took from Uriah
 · Benanya son of Jehoiada; commander of King Solomon's army,son of Jehoiada of Pirathon in Ephraim; one of David's elite,head of a large influential family of Simeon in Hezekiah's time,a Levite worship leader in David's time,a priest in David's time,father of Jehoiada, one of king David's counselors,son of Jeiel; a priest under Jehoshaphat,a man who was a temple helper in the time of Hezekiah,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife,a layman of the Pahath-Moab clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani clan who put away his heathen wife,a layman of the Nebo clan who put away his heathen wife,the father of Pelatiah, a wicked counselor exposed by Ezekiel
 · Benaya son of Jehoiada; commander of King Solomon's army,son of Jehoiada of Pirathon in Ephraim; one of David's elite,head of a large influential family of Simeon in Hezekiah's time,a Levite worship leader in David's time,a priest in David's time,father of Jehoiada, one of king David's counselors,son of Jeiel; a priest under Jehoshaphat,a man who was a temple helper in the time of Hezekiah,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife,a layman of the Pahath-Moab clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani clan who put away his heathen wife,a layman of the Nebo clan who put away his heathen wife,the father of Pelatiah, a wicked counselor exposed by Ezekiel
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · gadis Sunem a resident of the town of Shunem
 · Gihon a river in the Garden of Eden,a spring just southeast of Jerusalem
 · Hagit wife of David; mother of Adonijah
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Natan a son of David; the father of Mattatha; an ancestor of Jesus.,son of David and Bathsheba,brother of Joel in David's army; a prophet,father of Igal, one of David's military elite; a man from Zobah,father of Azariah and Zabud, priestly officials of King Solomon,son of Attai of Judah,brother of Joel, one of David's military elite,one of the leaders Ezra sent to Iddo to ask for recruits,a layman of the Binnui Clan who put away his heathen wife
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Kreti a tribe of Philistines in southern Canaan (YC),officers who formed part of David's guard
 · orang Pleti a type of soldier among David's men, perhaps mercenaries (OS).
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · perempuan Sunem a resident of the town of Shunem
 · Rei a man who was one of David's military elite
 · Salma the tenth son of David; the father of Rehoboam; an ancestor of Jesus; the third king of Israel.,son of David and Bath-Sheba; successor of King David
 · Salomo the tenth son of David; the father of Rehoboam; an ancestor of Jesus; the third king of Israel.,son of David and Bath-Sheba; successor of King David
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Tob-Adonia a Levite whom King Jehoshaphat sent to teach around Judah


Topik/Tema Kamus: Salomo | Natan | Batsyeba | Raja-raja, Kitab-kitab | Adonia | Elia | Abyatar | Adonai | Natan (Nabi) | Abisag | Daud | Suku Yehuda | Raja | Mezbah | Gihon | Yoab | Jamu, Perjamuan | Bagal | Pesta | Sunem | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Raj 1:6 - AYAHNYA BELUM PERNAH MENEGOR. Nas : 1Raj 1:6 Adonia, putra Daud yang keempat, memberontak terhadap ayahnya dengan menyatakan dirinya sebagai raja Israel, sekalipun Allah dan Dau...

Nas : 1Raj 1:6

Adonia, putra Daud yang keempat, memberontak terhadap ayahnya dengan menyatakan dirinya sebagai raja Israel, sekalipun Allah dan Daud telah menunjukkan Salomo sebagai raja berikutnya (ayat 1Raj 1:5,17,30; 2:15).

  1. 1) Hingga saat kematiannya Daud mengalami kesulitan dengan anak-anaknya. Kendatipun tercatat sebagai seorang pemimpin yang baik, ia sangat gagal sebagai seorang ayah karena, mengabaikan atau menolak untuk mendidik, membimbing dan "menegor" (yaitu, mendisiplin) anak-anaknya dengan baik sebagaimana diuraikan dalam Ul 6:1-9. Sebagai akibatnya, kehidupan Daud penuh dengan kesedihan dan kesusahan. Putranya yang sulung, Amnon, memperkosa adik tirinya Tamar dan kemudian dibunuh oleh adik tirinya Absalom (2Sam 13:1-33). Putra Daud yang ketiga, Absalom, memberontak melawan dan berusaha membunuh ayahnya (2Sam 15:1-18:33). Kini putranya yang keempat memberontak dan kemudian dihukum mati oleh Salomo (1Raj 2:23-25).
  2. 2) Karena Daud gagal menaati kehendak Allah mengenai keluarganya, ia mengalami kesusahan silih berganti sepanjang hidupnya. Tidak ada buah pemuridan yang lebih penting dalam kehidupan kita daripada berusaha untuk tetap setia dengan segenap hati kepada pasangan hidup dan anak-anak serta menuntun mereka menjalankan hidup yang saleh melalui pengajaran dan teladan

    (lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK).

Full Life: 1Raj 1:50 - TANDUK-TANDUK MEZBAH. Nas : 1Raj 1:50 Tanduk-tanduk mezbah merupakan lambang kemurahan, pengampunan, dan perlindungan Allah. Adonia lari ke mezbah, dengan percaya bahwa ...

Nas : 1Raj 1:50

Tanduk-tanduk mezbah merupakan lambang kemurahan, pengampunan, dan perlindungan Allah. Adonia lari ke mezbah, dengan percaya bahwa Salomo tidak akan membunuhnya di tempat sekudus itu (bd. Kel 21:13-14).

BIS: 1Raj 1:50 - ujung-ujung mezbah ujung-ujung mezbah: Ujung-ujung yang menonjol berbentuk tanduk pada mezbah. Orang yang memegang ujung mezbah itu tidak boleh dibunuh.

ujung-ujung mezbah: Ujung-ujung yang menonjol berbentuk tanduk pada mezbah. Orang yang memegang ujung mezbah itu tidak boleh dibunuh.

Jerusalem: 1Raj 1:1--2:46 - -- Bab 1-2 ini melanjutkan kisah yang tercantum dalam 2Sa 13-20.

Bab 1-2 ini melanjutkan kisah yang tercantum dalam 2Sa 13-20.

Jerusalem: 1Raj 1:7 - Yoab Yoab adalah keponakan Daud dan sejak dahulu teman seperjuangan. Iapun tetap kepala tentara, 2Sa 19:13+. Abyatar satu-satunya imam yang selamat dari pa...

Yoab adalah keponakan Daud dan sejak dahulu teman seperjuangan. Iapun tetap kepala tentara, 2Sa 19:13+. Abyatar satu-satunya imam yang selamat dari para imam di Nob yang dibunuh raja Saul, 1Sa 22:20. Ia tetap setia pada Daud.

Jerusalem: 1Raj 1:8 - Rei Pertikaian pribadi mempertentangkan pengikut-pengikut Salomo dengan pendukung-pendukung Adonia. Zadok adalah imam saingan imam Abyatar: Benaya, kepala...

Pertikaian pribadi mempertentangkan pengikut-pengikut Salomo dengan pendukung-pendukung Adonia. Zadok adalah imam saingan imam Abyatar: Benaya, kepala pasukan pengawal pribadi raja, iri hati kepada Yoab, panglima tentara. Natan berperan sebagai pengantar Allah dan Daud, khususnya waktu Salomo lahir.

Jerusalem: 1Raj 1:13 - telah bersumpah Dalam kisah sebelumnya tidak ada sepatah katapun mengenai sumpah semacam itu.

Dalam kisah sebelumnya tidak ada sepatah katapun mengenai sumpah semacam itu.

Jerusalem: 1Raj 1:20 - kepadamulah Siapa mengganti raja yang mangkat atau diturunkan belum juga ditentukan oleh hukum. Saul dan Daud sendiri dipilih oleh Tuhan dan rakyat. Anak sulung t...

Siapa mengganti raja yang mangkat atau diturunkan belum juga ditentukan oleh hukum. Saul dan Daud sendiri dipilih oleh Tuhan dan rakyat. Anak sulung ternyata belum berhak mengganti raja. Karena itu raja sendiri harus memilih anak yang akan menggantinya. Daud tidak hanya memilih Salomo sebagai bakal penggantinya, tetapi melalui upacara yang diperintahkannya. Daud tidak hanya memilih Salomo sebagai bakal penggantinya, tetapi melalui upacara yang diperintahkannya, 1Ra 1:33-35, ia sudah menyerahkan kuasanya kepada Salomo.

Jerusalem: 1Raj 1:38 - -- Orang Kreti... Bdk 2Sa 8:18+.

Orang Kreti... Bdk 2Sa 8:18+.

Jerusalem: 1Raj 1:39 - minyak Bdk Kel 30:22+.

Bdk Kel 30:22+.

Ende: 1Raj 1:1 - -- dan seterusnja meneruskan kisah jang dimuat 2Sa 9-20

dan seterusnja meneruskan kisah jang dimuat 2Sa 9-20

Ende: 1Raj 1:5 - -- Oleh sebab kedua putera Dawud jang pertama sudah meninggal, jakni Amnon dan Absjalom, maka Adonia mendjadi putera bungsu dan menganggap dirinja sebaga...

Oleh sebab kedua putera Dawud jang pertama sudah meninggal, jakni Amnon dan Absjalom, maka Adonia mendjadi putera bungsu dan menganggap dirinja sebagai mahkota. Belum ada undang jang menetapkan, bahwa putera bungsu mendjadi pengganti radja, hingga Dawud sendiri masih dapat memilih penggantinja. Sulaiman dipilih oleh Jahwe.

Ende: 1Raj 1:7 - -- Ada dua partai diantara pendjawat Dawud jang tertinggal. Rupa2nja djuga karena persaingan pribadi. Joab, jang sudah seringkali membuat matjam2 hal jan...

Ada dua partai diantara pendjawat Dawud jang tertinggal. Rupa2nja djuga karena persaingan pribadi. Joab, jang sudah seringkali membuat matjam2 hal jang kurang menjenangkan Dawud, hingga ia malah mau memetjat dia sebagai panglima, diiri oleh Benajahu, kepala barisan pengawal; Ebjatar, satu2nja imam jang masih tersisa dari keluarga imam2 di Nob ('Eli) berlawanan dengan Sadok jang diangkat Dawud mendjadi imam setara dengan Ebjatar.

Ende: 1Raj 1:9 - Batu Lengser terdjemahan ini tiada pasti. Tempat ini tidak diketahui lebih landjut.

terdjemahan ini tiada pasti. Tempat ini tidak diketahui lebih landjut.

Ende: 1Raj 1:12 - -- Radja2 dahulu biasanja membunuh semua orang, jang dapat mengantjam kedudukannja, chususnja semua orang dari keluarga radja dahulu. Bila Adonia mendjad...

Radja2 dahulu biasanja membunuh semua orang, jang dapat mengantjam kedudukannja, chususnja semua orang dari keluarga radja dahulu. Bila Adonia mendjadi radja, maka Sulaiman dan ibunja Batsjeba', hampir pasti akan dibinasakan (1Ra 1:21).

Ende: 1Raj 1:13 - -- Mengenai sumpah itu tidak terdapat sesuatupun dalam Kitab2 Sjemuel. Mungkin sumpah ini bukan sumpah resmi, dan sekarang diminta untuk diresmikan oleh ...

Mengenai sumpah itu tidak terdapat sesuatupun dalam Kitab2 Sjemuel. Mungkin sumpah ini bukan sumpah resmi, dan sekarang diminta untuk diresmikan oleh Dawud.

Ende: 1Raj 1:18 - -- Untuk mendesak Dawud, supaja lekas bertindak, Batsjeba' bitjara seakan2 komplotan Adonia sudah berhasil.

Untuk mendesak Dawud, supaja lekas bertindak, Batsjeba' bitjara seakan2 komplotan Adonia sudah berhasil.

Ende: 1Raj 1:21 - -- Lihat keterangan 1Ra 1:12

Lihat keterangan 1Ra 1:12

Ende: 1Raj 1:24 - -- Natan menegur Dawud, se-akan2 ia sendiri sudah mengangkat Adonia mendjadi radja tanpa meminta nasihat nabinja, Natan.

Natan menegur Dawud, se-akan2 ia sendiri sudah mengangkat Adonia mendjadi radja tanpa meminta nasihat nabinja, Natan.

Ende: 1Raj 1:28 - -- Rupa2nja Batsjeba' pergi waktu Natan diterima oleh Dawud.

Rupa2nja Batsjeba' pergi waktu Natan diterima oleh Dawud.

Ende: 1Raj 1:33 - lasjkar tuanmu sendiri ialah barisan pengawal Dawud, jang terdiri atas orang2 asing jang diupah, jakni orang2 Keret dan Pelet (1Ra 1:38) Gihon adalah mata-air jang satu2nja ...

ialah barisan pengawal Dawud, jang terdiri atas orang2 asing jang diupah, jakni orang2 Keret dan Pelet (1Ra 1:38) Gihon adalah mata-air jang satu2nja untuk Jerusjalem dan jang merupakan tempat sutji djuga. Karena itu pelantikan radja harus diadakan disana. Mata-air ini sekarang dinamakan oleh orang2 kristen di Jerusjalem "Mata-air Siti Mirjam".

Ende: 1Raj 1:35 - -- Israil dan Juda ada bagian tersendiri didalam keradjaan Dawud dan jang bersatu hanja didalam diri radja sadja.

Israil dan Juda ada bagian tersendiri didalam keradjaan Dawud dan jang bersatu hanja didalam diri radja sadja.

Ende: 1Raj 1:38-40 - -- Sulaiman sudah dilantik dan diserahi kekuasaan negara, meskipun Dawud masih hidup. Begitu persaingan sesudah mangkatnja ditjegahkannja.

Sulaiman sudah dilantik dan diserahi kekuasaan negara, meskipun Dawud masih hidup. Begitu persaingan sesudah mangkatnja ditjegahkannja.

Ende: 1Raj 1:41 - -- Diantara mata-air Gihon dan mata-air Rogel, dimana penganut Adonia sedang berhimpun, lembah Kidron berlengkung, sehingga keributan pelantikan Sulaiman...

Diantara mata-air Gihon dan mata-air Rogel, dimana penganut Adonia sedang berhimpun, lembah Kidron berlengkung, sehingga keributan pelantikan Sulaiman kedengaran, tetapi tidak kelihatan, meskipun djaraknja enam ratus meter sadja.

Ende: 1Raj 1:50 - -- Tempat2 sutji dahulu dan pada banjak bangsa mempunjai hak suaka, hingga seorang jang lari kesana tidak boleh dibunuh, selama berada ditempat seorang j...

Tempat2 sutji dahulu dan pada banjak bangsa mempunjai hak suaka, hingga seorang jang lari kesana tidak boleh dibunuh, selama berada ditempat seorang jang lari kesana tidak boleh dibunuh, selama berada di tempat itu. Disinipun tempat sutji Jahwe mempunjai hak djuga. Karena itu Adonia mentjari perlindungan pada mesbah itu. Tanduk2 mesbah ialah djorokan2 pada keempat pendjurunja. Djorokan2 ini dianggap bagian jang paling sutji.

Ende: 1Raj 1:53 - menurunkannja Mesbah itu agak tinggi dan Adonia naik keatas.

Mesbah itu agak tinggi dan Adonia naik keatas.

Endetn: 1Raj 1:18 - dengan diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "dan sekarang".

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "dan sekarang".

Endetn: 1Raj 1:20 - kini diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani. Tertulis: "dan akan dikau".

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani. Tertulis: "dan akan dikau".

Endetn: 1Raj 1:37 - Ia menjertai diperbaiki menurut beberapa naskah terdjemahan Junani dan Latin. Huruf hidup naskah Hibrani diubah.

diperbaiki menurut beberapa naskah terdjemahan Junani dan Latin. Huruf hidup naskah Hibrani diubah.

Endetn: 1Raj 1:40 - -- Satu kata (dan rakjat) ditinggalkan, sesuai dengan satu naskah terdjemahan Junani (Luc.).

Satu kata (dan rakjat) ditinggalkan, sesuai dengan satu naskah terdjemahan Junani (Luc.).

Endetn: 1Raj 1:41 - apa... itu diperbaiki bersandarkan terdjemahan Junani. Tertulis: mengapa... rusuh".

diperbaiki bersandarkan terdjemahan Junani. Tertulis: mengapa... rusuh".

Endetn: 1Raj 1:48 - -- (dari keturunanku), ditambahkan menurut terdjemahan Junani dan satu naskah terdjemahan Syriah.

(dari keturunanku), ditambahkan menurut terdjemahan Junani dan satu naskah terdjemahan Syriah.

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:3 - didapatlah Abisag // gadis Sunem · didapatlah Abisag: 1Raj 1:15; 2Sam 3:7; 2Sam 3:7; 1Raj 2:17,22 · gadis Sunem: Yos 19:18; Yos 19:18

· didapatlah Abisag: 1Raj 1:15; 2Sam 3:7; [Lihat FULL. 2Sam 3:7]; 1Raj 2:17,22

· gadis Sunem: Yos 19:18; [Lihat FULL. Yos 19:18]

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:5 - Lalu Adonia // dengan kereta-kereta · Lalu Adonia: 2Sam 3:4; 2Sam 3:4 · dengan kereta-kereta: 1Sam 8:11; 1Sam 8:11

· Lalu Adonia: 2Sam 3:4; [Lihat FULL. 2Sam 3:4]

· dengan kereta-kereta: 1Sam 8:11; [Lihat FULL. 1Sam 8:11]

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:6 - pernah menegor · pernah menegor: 1Sam 3:13

· pernah menegor: 1Sam 3:13

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:7 - dengan Yoab // imam Abyatar · dengan Yoab: 2Sam 2:13,18; 2Sam 2:13; 2Sam 2:18 · imam Abyatar: 1Sam 22:20; 1Sam 22:20

· dengan Yoab: 2Sam 2:13,18; [Lihat FULL. 2Sam 2:13]; [Lihat FULL. 2Sam 2:18]

· imam Abyatar: 1Sam 22:20; [Lihat FULL. 1Sam 22:20]

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:8 - imam Zadok // dan Benaya // nabi Natan // dan Simei // para pahlawan · imam Zadok: 1Sam 2:35; 1Sam 2:35; 2Sam 8:17; 2Sam 8:17 · dan Benaya: 2Sam 8:18; 2Sam 8:18 · nabi Natan: 2Sam 7:2; 2Sam 7:2 &mid...

· imam Zadok: 1Sam 2:35; [Lihat FULL. 1Sam 2:35]; 2Sam 8:17; [Lihat FULL. 2Sam 8:17]

· dan Benaya: 2Sam 8:18; [Lihat FULL. 2Sam 8:18]

· nabi Natan: 2Sam 7:2; [Lihat FULL. 2Sam 7:2]

· dan Simei: 1Raj 4:18

· para pahlawan: 2Sam 23:8

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:9 - samping En-Rogel // anak-anak raja · samping En-Rogel: 2Sam 17:17; 2Sam 17:17 · anak-anak raja: 1Taw 29:24

· samping En-Rogel: 2Sam 17:17; [Lihat FULL. 2Sam 17:17]

· anak-anak raja: 1Taw 29:24

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:10 - dan Salomo // tidak diundangnya · dan Salomo: 2Sam 12:24; 2Sam 12:24 · tidak diundangnya: 1Raj 1:26

· dan Salomo: 2Sam 12:24; [Lihat FULL. 2Sam 12:24]

· tidak diundangnya: 1Raj 1:26

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:11 - kepada Batsyeba // bahwa Adonia · kepada Batsyeba: 2Sam 12:24 · bahwa Adonia: 2Sam 3:4; 2Sam 3:4

· kepada Batsyeba: 2Sam 12:24

· bahwa Adonia: 2Sam 3:4; [Lihat FULL. 2Sam 3:4]

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:12 - kuberi nasihat · kuberi nasihat: Ams 15:22

· kuberi nasihat: Ams 15:22

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:13 - telah bersumpah · telah bersumpah: 1Raj 1:17,30

· telah bersumpah: 1Raj 1:17,30

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:15 - dan Abisag · dan Abisag: 1Raj 1:3; 1Raj 1:3

· dan Abisag: 1Raj 1:3; [Lihat FULL. 1Raj 1:3]

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:17 - telah bersumpah · telah bersumpah: 1Raj 1:13; 1Raj 1:13

· telah bersumpah: 1Raj 1:13; [Lihat FULL. 1Raj 1:13]

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:19 - telah menyembelih · telah menyembelih: 1Raj 1:9

· telah menyembelih: 1Raj 1:9

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:21 - mendapat perhentian · mendapat perhentian: Kej 15:15; Kej 15:15; 1Raj 2:10

· mendapat perhentian: Kej 15:15; [Lihat FULL. Kej 15:15]; 1Raj 2:10

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:26 - tidak diundangnya · tidak diundangnya: 1Raj 1:10

· tidak diundangnya: 1Raj 1:10

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:29 - segala kesesakan · segala kesesakan: 2Sam 4:9; 2Sam 4:9

· segala kesesakan: 2Sam 4:9; [Lihat FULL. 2Sam 4:9]

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:30 - dengan sumpah · dengan sumpah: 1Raj 1:13; 1Raj 1:13; 1Taw 23:1

· dengan sumpah: 1Raj 1:13; [Lihat FULL. 1Raj 1:13]; 1Taw 23:1

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:32 - imam Zadok · imam Zadok: 1Sam 2:35; 1Sam 2:35

· imam Zadok: 1Sam 2:35; [Lihat FULL. 1Sam 2:35]

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:33 - bagal betina // ke Gihon · bagal betina: Hak 10:4; Za 9:9 · ke Gihon: 1Raj 1:38; 2Taw 32:30; 33:14

· bagal betina: Hak 10:4; Za 9:9

· ke Gihon: 1Raj 1:38; 2Taw 32:30; 33:14

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:34 - harus mengurapi // meniup sangkakala · harus mengurapi: 1Sam 2:35; 1Sam 2:35; 1Sam 10:1 · meniup sangkakala: 2Sam 15:10; 2Sam 15:10

· harus mengurapi: 1Sam 2:35; [Lihat FULL. 1Sam 2:35]; 1Sam 10:1

· meniup sangkakala: 2Sam 15:10; [Lihat FULL. 2Sam 15:10]

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:37 - Ia menyertai // lebih agung · Ia menyertai: Yos 1:5,17 · lebih agung: 1Raj 1:47

· Ia menyertai: Yos 1:5,17

· lebih agung: 1Raj 1:47

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:38 - imam Zadok // orang Kreti // ke Gihon · imam Zadok: 1Raj 1:8 · orang Kreti: 1Sam 30:14; 1Sam 30:14; 2Sam 15:18; 2Sam 15:18 · ke Gihon: 1Raj 1:33; 1Raj 1:33

· imam Zadok: 1Raj 1:8

· orang Kreti: 1Sam 30:14; [Lihat FULL. 1Sam 30:14]; 2Sam 15:18; [Lihat FULL. 2Sam 15:18]

· ke Gihon: 1Raj 1:33; [Lihat FULL. 1Raj 1:33]

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:39 - berisi minyak // dalam kemah // sangkakala ditiup // rakyat berseru · berisi minyak: Kel 29:7; Kel 29:7; 1Sam 10:1; 1Sam 10:1; 2Raj 11:12; Mazm 89:21 · dalam kemah: Kel 26:1; Kel 26:1; Kel 27:21; Kel 27...

· berisi minyak: Kel 29:7; [Lihat FULL. Kel 29:7]; 1Sam 10:1; [Lihat FULL. 1Sam 10:1]; 2Raj 11:12; Mazm 89:21

· dalam kemah: Kel 26:1; [Lihat FULL. Kel 26:1]; Kel 27:21; [Lihat FULL. Kel 27:21]

· sangkakala ditiup: 2Sam 15:10; [Lihat FULL. 2Sam 15:10]; 2Raj 11:14

· rakyat berseru: 1Raj 1:34; Bil 23:21; Mazm 47:6; Za 9:9

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:40 - membunyikan suling · membunyikan suling: 1Sam 10:5; 1Sam 10:5

· membunyikan suling: 1Sam 10:5; [Lihat FULL. 1Sam 10:5]

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:41 - sebabnya kota · sebabnya kota: 2Taw 23:12-13

· sebabnya kota: 2Taw 23:12-13

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:42 - datanglah Yonatan // membawa kabar · datanglah Yonatan: 2Sam 15:27,36; 2Sam 15:27; 2Sam 15:36 · membawa kabar: 2Sam 18:26; 2Sam 18:26

· datanglah Yonatan: 2Sam 15:27,36; [Lihat FULL. 2Sam 15:27]; [Lihat FULL. 2Sam 15:36]

· membawa kabar: 2Sam 18:26; [Lihat FULL. 2Sam 18:26]

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:45 - menjadi ribut · menjadi ribut: 1Raj 1:40

· menjadi ribut: 1Raj 1:40

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:46 - sekarang duduk · sekarang duduk: Ul 17:18; Ul 17:18

· sekarang duduk: Ul 17:18; [Lihat FULL. Ul 17:18]

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:47 - lebih agung · lebih agung: 1Raj 1:37

· lebih agung: 1Raj 1:37

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:48 - seorang duduk · seorang duduk: 1Raj 3:6

· seorang duduk: 1Raj 3:6

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:50 - memegang tanduk-tanduk · memegang tanduk-tanduk: Kel 27:2; Kel 27:2

· memegang tanduk-tanduk: Kel 27:2; [Lihat FULL. Kel 27:2]

Ref. Silang FULL: 1Raj 1:52 - sehelai rambutpun · sehelai rambutpun: 1Sam 14:45; 1Sam 14:45

· sehelai rambutpun: 1Sam 14:45; [Lihat FULL. 1Sam 14:45]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 1Raj 1:1-4 - Masa Tua Daud Pada pasal ini kita mendapati, I. Daud menurun kesehatannya (ay. 1-4). II. Adonia berhasrat menguasai kerajaan Israel, dan menj...

Matthew Henry: 1Raj 1:5-10 - Hasrat Adonia untuk Berkuasa Hasrat Adonia untuk Berkuasa (1:5-10) Daud banyak merasakan penderitaan oleh sebab anak-anaknya. Amnon dan Absalom sebelumnya telah menjadi sumber ...

Matthew Henry: 1Raj 1:11-31 - Daud Menjadikan Salomo sebagai Raja Daud Menjadikan Salomo sebagai Raja (1:11-31) Dalam perikop ini, kita mendapati upaya-upaya yang berhasil dilakukan Natan dan Batsyeba untuk memper...

Matthew Henry: 1Raj 1:32-40 - Salomo Dinyatakan sebagai Pewaris Takhta Salomo Dinyatakan sebagai Pewaris Takhta (1:32-40) Dalam perikop ini kita mendapati upaya yang berhasil dilakukan Daud untuk mengamankan hak Salomo...

Matthew Henry: 1Raj 1:41-53 - Salomo Dipermaklumkan sebagai Raja Salomo Dipermaklumkan sebagai Raja (1:41-53) Dalam perikop ini kita mendapati, I. Berita pengangkatan Salomo menjadi raja disampaikan kepada...

SH: 1Raj 1:1-27 - Kehendak Allah, situasi dunia, dan peran Kristen (Senin, 24 Januari 2000) Kehendak Allah, situasi dunia, dan peran Kristen Kristen sering diperhadapkan pada kenyataan bahwa situasi dunia cenderung menentang kehendak Al...

SH: 1Raj 1:1-27 - Masa tua Daud (Jumat, 23 Juli 2004) Masa tua Daud "Tua-tua keladi, semakin tua semakin menjadi" adalah pepatah yang secara negatif menggambarkan seorang yang semakin tua semak...

SH: 1Raj 1:1-27 - Ambisi yang salah (Senin, 22 Juni 2015) Ambisi yang salah Ambisi tidaklah selalu buruk. Namun jadi bermakna negatif bila dikaitkan dengan motivasi mementingkan diri sendiri, sehingga akhir...

SH: 1Raj 1:1-53 - Baca Gali Alkitab 8 (Senin, 29 Juni 2015) Baca Gali Alkitab 8 Tindakan Adonia mengangkat diri sendiri menjadi raja menggantikan Daud merupakan tindakan makar. Mengapa demikian? Pertama, karen...

SH: 1Raj 1:1-27 - Kehendak Diri versus Kehendak Tuhan (Rabu, 10 Februari 2021) Kehendak Diri versus Kehendak Tuhan Orang tua sering kali kewalahan menghadapi kenakalan anaknya. Demikian pula dengan Raja Daud, dia juga kewalahan ...

SH: 1Raj 1:28-53 - Ketaatan yang cerdik, indah, dan tidak egois (Selasa, 25 Januari 2000) Ketaatan yang cerdik, indah, dan tidak egois Daud sedang menghadapi kesulitan; bagai makan buah simalakama, dimakan ibu mati, tidak dimakan bapa...

SH: 1Raj 1:28-53 - Minta petunjuk Tuhan (Sabtu, 24 Juli 2004) Minta petunjuk Tuhan Banyak orang takut untuk berbuat kesalahan. Untuk menghindari kesalahan, banyak orang melakukan beberapa cara, misalnya: ...

SH: 1Raj 1:28-53 - Gagalnya sebuah ambisi (Selasa, 23 Juni 2015) Gagalnya sebuah ambisi Kegagalan itu menyakitkan. Belum lagi akibat yang menyertainya. Sementara Adonia mengadakan perjamuan untuk merayakan pelanti...

SH: 1Raj 1:28-53 - Ketaatan Akan Menyelamatkan (Kamis, 11 Februari 2021) Ketaatan Akan Menyelamatkan Menjadi tua bisa saja membuat kita kurang bijaksana, tetapi ketaatan kepada Allah menyelamatkan kita. Pada masa tuanya, D...

Topik Teologia: 1Raj 1:47 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Pentingnya Nama Keluarga Israe...

Topik Teologia: 1Raj 1:48 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Beribadah kepada Allah Contoh-contoh Beribadah Daud Beri...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Raja-raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang 1 dan 2 Raja-R...

Full Life: 1 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Masa Pemerintahan Salomo (1Raj 1:1-11:43) A. Salomo Menggantikan Daud Sebagai Raja (1...

Matthew Henry: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Begitu banyak sejarah terkandung di dalam Kitab Raja-raja dan pemerintahan mereka, yang mengisahkan secara singkat segenap perkara yang terjadi di ...

Ende: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

BIS: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) I RAJA-RAJA PENGANTAR Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam

I RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam buku ini dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. (1) Wafatnya Raja Daud dan pengangkatan Salomo menjadi raja atas Israel dan Yehuda menggantikan Daud.
  2. (2) Pemerintahan Salomo dan hasil-hasil usahanya, khususnya dalam membangun Rumah TUHAN di Yerusalem.
  3. (3) Bangsa Israel terpecah menjadi kerajaan utara dan kerajaan selatan, dan sejarah raja-raja yang memerintah kedua kerajaan tersebut sampai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi.

Di dalam kedua buku Raja-raja, setiap raja dinilai berdasarkan kesetiaannya kepada Tuhan; dan keberhasilan bangsa adalah akibat dari kesetiaan tersebut. Sebaliknya, penyembahan berhala dan ketidaktaatan mengakibatkan bencana. Berdasarkan penilaian tersebut raja-raja kerajaan utara semuanya gagal, sedangkan raja Yehuda ada yang gagal, ada pula yang tidak.

Yang penting dalam I Raja-raja ialah nabi-nabi Tuhan. Mereka adalah juru bicara Allah yang berani-berani. Mereka memperingatkan raja dan bangsa Israel supaya tidak menyembah berhala dan tidak meremehkan perintah-perintah Allah. Yang menonjol ialah Elia, dan kisah tentang pertarungannya dengan imam-imam Baal (pasal 18 1Raj 18:1-15).

Isi

  1.  Akhir pemerintahan Daud
    1Raj 1:1-2:12
  2.  Salomo menjadi raja
    1Raj 2:13-46
  3.  Pemerintahan Salomo
    1Raj 3:1-11:43
    1. a. Tahun-tahun permulaan
      1Raj 3:1-4:34
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      1Raj 5:1-8:66
    3. c. Tahun-tahun terakhir
      1Raj 9:1-11:43
  4.  Kerajaan yang terpecah
    1Raj 12:1-22:53
    1. a. Pemberontakan suku-suku utara
      1Raj 12:1-14:20
    2. b. Raja-raja Yehuda dan Israel
      1Raj 14:21-16:34
    3. c. Nabi Elia
      1Raj 17:1-19:21
    4. d. Ahab, raja Israel
      1Raj 20:1-22:40
    5. e. Yosafat raja Yehuda dan Ahazia raja Israel
      1Raj 22:41-53

Ajaran: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah berg

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah bergantung pada kesetiaannya terhadap janji Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab I dan II Raja-raja tidak jelas disebutkan dalam Kitab ini, tetapi banyak ahli mengatakan bahwa penulisnya adalah Yeremia (nabi).

Isi Kitab: Isi kedua Kitab ini sesuai dengan namanya, menceritakan tentang kehidupan raja-raja Israel.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I dan II Raja-raja

  1. Pasal 1-11 (1Raj 1:1-11:43).

    Pemerintahan Raja Salomo

    Dalam bagian ini dijelaskan, Salomo naik takhta dan memerintah. Ia menuruti pesan Daud, yaitu bertindak seperti seorang laki-laki dan tetap berhubungan dengan Tuhan. Salomo diberi hikmat oleh Tuhan karena sikapnya yang beribadah terhadap Tuhan dan menetapkan pemerintahannya yang bersifat damai dan sejahtera. Salomo juga membangun rumah Tuhan dan istana serta mentahbiskan rumah Tuhan sehingga ia diberkati secara luar biasa, yaitu kepandaian, kemasyhuran dan kekayaan yang bertambah-tambah. Tetapi Salomo terpengaruh oleh istri-istrinya dan ia menyembah berhala sehingga Tuhan marah kepadanya dan menghancurkan kerajaan itu, akhir pasal 11; 1Raj 11:41-43menyebutkan wafatnya Salomo.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 1:32-40.
    2. Bacalah pasal 1Raj 2:1-4. Apakah nasehat-nasehat Raja Daud yang jug bermanfaat bagi saudara?
    3. Bacalah pasal 1Raj 3:3-9. Apakah yang sering saudara minta dalam doa?
    4. Bacalah pasal 1Raj 7:1,51. Tempat apa sajakah yang dibangun Salomo?
    5. Bacalah pasal 1Raj 11:1-13, 41-43. Apakah yang terjadi dengan Salomo pada akhir hidupnya Da mengapa demikian?
  2. Pasal I Raja-raja 12 sampai II Raja-raja 17 (1Raj 12:1-2Raj 17:29).

    Kerajaan yang terpecah Setelah Salomo meninggal, kerajaan Israel terpecah lagi, dan mulai diperintah oleh raja-raja yang memerintah secara jahat, oleh karena itu selalu mengalami kekacauan dan menerima hukuman dari Tuhan. Tetapi karena cinta kasih Tuhan maka manusia selalu diberi peringatan melalui nabi-nabi supaya bertobat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 12:1-11. Kelompok dibawah pimpinan siapakah yang datang menghada Rehabeam? Dan apakah permintaannya? Apakah usah Rehabeam untuk menjawab permintaan Jerobeam?
    2. Bacalah pasal 1Raj 12:12-20. Nasihat siapakah yang diikuti oleh raja Rehabeam? Dan apakah akibatnya? (kerajaan terpecah menjadi dua 2Raj 12:20).
    3. Bacalah 2Raj 2:1-14. Siapakah dua orang nabi besar yang melayani di Israel? Apakah nabi Elia mati?
    4. Bacalah pasal 2Raj 17:7-23. Ini adalah kehancuran kerajaan Israel. Mengapa terjadi hal itu?
    5. Bacalah pasal 2Raj 24:18-25:7. Ini adalah kehancuran kerajaan Yehuda. Mengapakah terjadi hal ini?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Dalam keadaan jaman yang sesat, Allah selalu memberi jalan kepada umat- Nya untuk bertobat.

  2. Apabila kejahatan terjadi secara luar biasa maka Allah juga memperlihatkan keadilan-Nya dengan hukuman yang luar biasa.

  3. Allah selalu memberkati orang-orang atau bangsa yang takut akan Dia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Sebutkan apakah yang diminta raja Salomo didalam doanya!
  2. Siapakah yang mendirikan bait Allah yang pertama?
  3. Siapakah nama nabi yang bertempur melawan nabi-nabi Baal?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar Kitab I dan II Raja-raja ini?

Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Kerajaan Israel bersatu dan terpecah ISI KITABI Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritaka

Kerajaan Israel bersatu dan terpecah

ISI KITAB
I Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritakan mengenai kehidupan bangsa Israel selama empat abad sesudah kematian Daud dan pembuangan bangsa Israel ke Babel. Kitab itu menceritakan bagaimana suatu negara yang kuat dan bersatu terpecah menjadi dua; bagaimana kerajaan utara yang lebih besar yang terus menerus berpaling dari Allah akhirnya dimusnahkan; bagaimana Yehuda juga gagal untuk memelihara perjanjian dengan Allah dan bagaimana negeri itu juga dilanda bencana, yang mencapai puncaknya pada penghancuran Yerusalem dan pembuangan besar-besaran ke Babel. I Raja-raja merangkum 120 tahun pertama dari kisah yang lengkap.

SIAPA PENULISNYA?
Kitab ini mungkin ditulis oleh seorang nabi atau sejumlah nabi yang menulis di Babel selama masa pembuangan, sekitar tahun 550 SM. Bahan tulisan diambil dari berbagai sumber, seperti catatan resmi pemerintah atau kumpulan kisah-kisah tentang para nabi yang kemudian disatukan sedemikian rupa untuk memberikan tekanan pada pokok-pokok yang ingin diungkapkan oleh si penulis.

TUJUAN PENULISAN
Dalam I dan II Raja-raja penulis tidak ingin mencoba untuk memberikan suatu kisah yang lengkap dari seluruh peristiwa yang terjadi pada masa itu. Ia menceritakan dengan panjang lebar mengenai peristiwa dan tokoh-tokoh yang dianggapnya penting seperti Salomo atau Elia, tetapi tokoh lainnya hanya diceritakan secara sepintas. Raja-raja hanya menulis mengenai pentingnya peristiwa yang terjadi dalam hubungannya dengan perkembangan kehidupan rohani manusia.

PANDANGAN PENULIS
Masalah yang ditunjukkan oleh penulis ialah betapa pentingnya bagi umat Allah untuk menjaga perjanjian mereka dengan-Nya. Manusia dan bangsa-bangsa keduanya dinilai sampai seberapa jauh mereka mencari dan mengikuti kehendak Allah. Jika mereka mengasihi Allah dan patuh pada perintah-perintah-Nya, maka Allah akan memberkati mereka; jika mereka berpaling dari-Nya, maka bencara akan menimpa mereka. Dalam banyak hal sikap seorang raja dianggap sebagai gambaran dari sikap bangsa itu secara keseluruhan; dalam satu segi seorang raja merupakan wakil dari rakyatnya.

METODE PENULISAN
Kisah mengenai kedua bangsa Israel dan Yehuda mudah diikuti jika kita tahu metode penulisan yang dipakai. Kita selalu diberi kisah baru mengenai setiap negeri secara berurutan. Sebagai contoh, gambaran peristiwa yang terjadi dalam kehidupan seorang raja Israel diikuti oleh kisah raja-raja Yehuda yang naik takhta selama pemerintahannya dan seterusnya.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Rehabeam mencoba untuk tidak mengikutsertakan Allah, dan itu tidak mungkin terjadi. Sebenarnya penghakiman Allahlah yang menyebabkan ia kehilangan sepuluh suku dan bukan disebabkan oleh pemberontakan rakyatnya. Bahkan, sebelum Salomo mangkat Yerobeam telah diangkat oleh Allah untuk memerintah Israel. 1Ra 11:26-12:24
o Ahab telah menyaksikan suatu peragaan kekuasaan Allah pada waktu nabi-nabi Baal dikalahkan di Gunung Karmel. Walaupun demikian, dalam perang Siria, Ahab mencoba untuk menghindari kehendak Allah dengan jalan menyamar; tetapi ia mati seperti apa yang dikatakan Allah. 1Ra 18:1-46; 22:5-40

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Salomo kaya raya, bijaksana dan berkuasa, selama bertahun-tahun ia mengasihi dan melayani Allah, tetapi itu tidak berarti ia dapat berlaku sewenang-wenang. Pada waktu ia berdosa, Allah juga menghukumnya seperti kepada orang lain. 1Ra 3:1-11:43
o Omri adalah seorang raja yang sangat berhasil. Ia memberi Israel sebuah ibukota yang baru dan menempatkan Israel pada peta perdagangan, tetapi Kitab Raja-raja memberikan komentar bahwa ia juga berdosa terhadap Allah. 1Ra 16:15-28

3. Allah dapat dipercaya
o Tuhan memberikan sebuah kerajaan kepada Yerobeam, tetapi ia tidak percaya bahwa Allah dapat menghentikan pelarian bangsanya kembali ke Yehuda. Sebaliknya, ia melanggar perintah Allah dengan membangun sebuah patung emas. Ia mendapati bahwa Allah selalu memenuhi janji-janji-Nya, yaitu memberkati dan menghukum! 1Ra 12:25-14:20
o Apabila Tuhan memberikan suatu tugas, Dia juga akan menyediakan sarana untuk melaksanakannya. Tuhan mencukupi kebutuhan Elia sepanjang musim kering dan menunjukkan kepadanya bagaimana caranya untuk mengalahkan penyembahan kepada Baal. 1Ra 17:1-18:46

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
o Tidak taat kepada Tuhan dan menerima hukuman-Nya tidak selalu berarti bahwa kita tidak lagi dapat melayani Dia. Bangsa Yehuda menyadari hal ini setelah kerajaan itu terpecah. Tuhan telah menghukum mereka, tetapi Dia masih tetap Allah mereka dan masih berbicara kepada mereka. 1Ra 12:1-24
o Tidak satu pun dari ketujuh raja Israel pertama yang melayani Tuhan, tetapi Allah masih belum berputus asa terhadap bangsa itu. Dia masih menginginkan penyembahan mereka, dan di atas Gunung Karmel kembali Allah menunjukkan kepada mereka suatu peragaan kuasa-Nya yang besar. 1Ra 18:1-46

Penerapan

I Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba Tuhan
Elia menunjukkan kepada kita ciri-ciri seorang hamba Tuhan yang baik:
o Ia mendengarkan perkataan Allah (1Ra 17:1,2,8).
o Ia menantikan waktu Tuhan yang tepat (1Ra 18:1).
o Ia bertindak dengan berani (1Ra 18:7-40).
o Ia berbicara dengan jelas (1Ra 18:21).
o Ia mempunyai kepercayaan penuh terhadap Allah (1Ra 18:30-38).
o Ia sangat patuh kepada perintah Allah (1Ra 18:36).
o Ia gigih (1Ra 18:41-45).

2. Pelayanan Tuhan
o Tuhan tidak selalu memakai alat-alat bantu yang kita inginkan -- Ia memilih seorang janda untuk menolong Elia (1Ra 17:8-16).
o Membantu hamba Tuhan merupakan suatu pelayanan kepada-Nya dan Tuhan menganugerahi pelayanan (1Ra 17:17-24; 18:3-15).
o Tuhan memulihkan hamba-hamba-Nya pada waktu mereka terjatuh (1Ra 19:4-8).
o Satu tugas terselesaikan tidak berarti akan menghadapi hari depan yang sia-sia (1Ra 19:14-18).

3. Rumah Allah
o Dibangun berdasarkan janji Allah. (1Ra 8:15-21).
o Tempat untuk beribadah (1Ra 8:22-26).
o Tidak dapat membatasi Allah (1Ra 8:27).
o Tempat untuk berdoa (1Ra 8:28-40).
o Harus terbuka bagi semua orang dari berbagai negeri (1Ra 8:41-43).

Tema-tema Kunci

1. Kedaulatan Allah
Tema ini bergema dalam keseluruhan isi kitab yang menceritakan bagaimana Allah terlibat dalam sejarah umat manusia. Bacalah 1Ra 8:14-61; 19:9-18; 20:1-30. Apa yang diceritakan oleh pasal-pasal ini mengenai Allah dan kedaulatannya?

2. Kebenaran
Allah mengharapkan umat-Nya taat dan setia. Setelah negeri itu terpecah, I Raja-raja menggambarkan mengenai pemerintahan delapan raja Israel dan empat raja Yehuda. Buatlah daftar raja-raja ini. Berapa orang dari mereka yang melayani Tuhan? Berdasarkan atas apa penulis kitab Raja-raja membuat penilaian terhadap mereka?

3. Kelemahan
o I Raja-raja tidak pernah mencoba untuk memberikan kepada kita gambaran yang sempurna mengenai hamba-hamba Allah. Kita melihat keburukan maupun kebaikan mereka dan Allah menerima serta memakai mereka seperti apa adanya.
Pelajari 1Ra 1:1-3:1; 11:1-13; 19:1-21. Kelemahan apa saja yang dapat Anda temukan dalam diri Daud, Salomo dan Elia?
o Bacalah kisah Raja Ahab dalam 1Ra 18:1-22:40. Dalam 1Ra 21:27-29 kita membaca bahwa ia bertobat, dan oleh sebab itulah maka Allah memperingan hukuman terhadapnya. Menurut Anda mengapa I Raja-raja menggambarkan Raja Ahab sebagai orang jahat dan bukan hanya sebagai orang lemah?

Garis Besar Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11 1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua 1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo 1Ra 2:1-9Pesan-pesan Dau

[1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11

1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua
1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo
1Ra 2:1-9Pesan-pesan Daud terakhir
1Ra 2:10-11Wafatnya seorang raja yang besar

[2] SALOMO: TAHUN-TAHUN PENUH KEMASYHURAN 1Ra 2:12-10:29

1Ra 2:12-46Pemerintahan raja Salomo terbentuk
1Ra 3:1Persekutuan dengan Mesir melalui perkawinan
1Ra 3:2-28Allah menganugerahkan kebijakan dan kekayaan
1Ra 4:1-28Pembenahan perekonomian
1Ra 4:29-34Salomo si penyair
1Ra 5:1-7:51Rencana pembangunan yang megah
1Ra 8:1-66Peresmian Rumah Tuhan
1Ra 9:1-9Janji dan peringatan Tuhan
1Ra 9:10-28Hubungan dengan luar negeri dan masalah tenaga kerja
1Ra 10:1-13Kunjungan kenegaraan Ratu negeri Syeba
1Ra 10:14-29Kekayaan Raja Salomo

[3] PERTENTANGAN, PEMBERONTAKAN, PERPECAHAN 1Ra 11:1-12:24

1Ra 11:1-8Perzinahan dan imoralitas Salomo
1Ra 11:9-13Penghakiman Allah dinyatakan
1Ra 11:14-25Musuh dari luar yaitu Edom
1Ra 11:26-40Ancaman dari Yerobeam
1Ra 11:41-43Kematian Salomo
1Ra 12:1-15Yerobeam menolak untuk berunding
1Ra 12:16-24Bangsa Israel menyatakan kemerdekaannya

[4] DUA NEGERI BARU -- DUA PERMULAAN YANG BURUK 1Ra 12:25-15:24

1Ra 12:25-33Yerobeam membangun mezbahnya sendiri
1Ra 13:1-34Ia mendapat peringatan keras
1Ra 14:1-20Kematian Yerobeam dan putranya
1Ra 14:21-31Pemerintahan Rehabeam yang keji atas Yehuda
1Ra 15:1-8Abiam -- sama seperti ayahnya
1Ra 15:9-24Asa mengembalikan Yehuda pada jalan yang benar

[5] ISRAEL -- SEBUAH NEGARA BERKEMBANG 1Ra 15:25-16:34

1Ra 15:25-31Garis keturunan Yerobeam berakhir pada Nadab
1Ra 15:32-16:7Baesa membawa bangsa Israel ke dalam dosa
1Ra 16:8-14Pemerintahan Ela berakhir dengan adanya kudeta Zimri
1Ra 16:15-28Pemerintahan Omri -- makmur tetapi jahat
1Ra 16:29-34Memperkenalkan Ahab dan Izebel

[6] ELIA -- SEORANG HAMBA ALLAH 1Ra 17:1-19:21

1Ra 17:1-24Musim kering: Elia diselamatkan
1Ra 18:1-16Obaja mengatur pertemuan
1Ra 18:17-40Duel antara Elia dan nabi-nabi Baal
1Ra 18:41-46Berakhirnya musim kering
1Ra 19:1-18Bagaimana Allah menghadapi hambanya yang tertekan
1Ra 19:19-21Elia bergabung dengan Elisa

[7] AHAB -- SEORANG PENGUASA YANG LEMAH DAN SERAKAH 1Ra 20:1-21:29

1Ra 20:1-34Allah memberi kemenangan kepada Ahab
1Ra 20:35-43Seorang nabi memperingatkan Ahab
1Ra 21:1-26Ahab menipu Nabot
1Ra 21:27-29Ahab bertobat

[8] PEPERANGAN DENGAN SIRIA BERKELANJUTAN 1Ra 22:1-53

1Ra 22:1-4Ahab meminta bantuan Yehuda
1Ra 22:5-28Nabi-nabi asli dan palsu saling bertentangan
1Ra 22:29-36Mereka pergi berperang
1Ra 22:37-40Ahab terbunuh
1Ra 22:41-50Yosafat -- raja Yehuda yang baik
1Ra 22:51-53Ahazia -- raja Israel yang jahat
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.63 detik
dipersembahkan oleh YLSA