kecilkan semua  

Teks -- Yakobus 2:1-23 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Jangan memandang muka
2:1 Saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus, Tuhan kita yang mulia, janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka. 2:2 Sebab, jika ada seorang masuk ke dalam kumpulanmu dengan memakai cincin emas dan pakaian indah dan datang juga seorang miskin ke situ dengan memakai pakaian buruk, 2:3 dan kamu menghormati orang yang berpakaian indah itu dan berkata kepadanya: "Silakan tuan duduk di tempat yang baik ini!", sedang kepada orang yang miskin itu kamu berkata: "Berdirilah di sana!" atau: "Duduklah di lantai ini dekat tumpuan kakiku!", 2:4 bukankah kamu telah membuat pembedaan di dalam hatimu dan bertindak sebagai hakim dengan pikiran yang jahat? 2:5 Dengarkanlah, hai saudara-saudara yang kukasihi! Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang mengasihi Dia? 2:6 Tetapi kamu telah menghinakan orang-orang miskin. Bukankah justru orang-orang kaya yang menindas kamu dan yang menyeret kamu ke pengadilan? 2:7 Bukankah mereka yang menghujat Nama yang mulia, yang oleh-Nya kamu menjadi milik Allah? 2:8 Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri", kamu berbuat baik. 2:9 Tetapi, jikalau kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran. 2:10 Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya. 2:11 Sebab Ia yang mengatakan: "Jangan berzinah", Ia mengatakan juga: "Jangan membunuh". Jadi jika kamu tidak berzinah tetapi membunuh, maka kamu menjadi pelanggar hukum juga. 2:12 Berkatalah dan berlakulah seperti orang-orang yang akan dihakimi oleh hukum yang memerdekakan orang. 2:13 Sebab penghakiman yang tak berbelas kasihan akan berlaku atas orang yang tidak berbelas kasihan. Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman.
Iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati
2:14 Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia? 2:15 Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, 2:16 dan seorang dari antara kamu berkata: "Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!", tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu? 2:17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. 2:18 Tetapi mungkin ada orang berkata: "Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan", aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku." 2:19 Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar. 2:20 Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong? 2:21 Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah? 2:22 Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna. 2:23 Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: "Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran." Karena itu Abraham disebut: "Sahabat Allah."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abraham a son of Terah; the father of Isaac; ancestor of the Jewish nation.,the son of Terah of Shem
 · Ishak the only son of Abraham and Sarah; father of Jacob and Esau


Topik/Tema Kamus: Iman | Yakobus, Surat | Abraham | Orang Miskin | Paulus | Kemiskinan | Hina, Penghinaan | Derma, Kedermawanan | Esa Keesaan Allah | Dosa | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Orang-orang Kudus | Kaya, Kekayaan | Hukuman, Penghukuman | Pakaian | Penghakiman | Manusia | Kristus, Allah | Kristus, Raja | Merdeka, Kemerdekaan Kristen | Murah Hati | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yak 2:1 - MEMANDANG MUKA. Nas : Yak 2:1 Memandang muka berarti memberikan perhatian khusus terhadap orang tertentu karena kekayaan, busana atau kedudukan mereka. Melakukan h...

Nas : Yak 2:1

Memandang muka berarti memberikan perhatian khusus terhadap orang tertentu karena kekayaan, busana atau kedudukan mereka. Melakukan hal ini salah karena beberapa alasan.

  1. 1) Hal ini tidak menyenangkan Allah yang tidak pernah memandang penampilan lahiriah tetapi hati orang (1Sam 16:7).
  2. 2) Sikap semacam ini tidak didorong oleh kasih yang murni untuk semua orang (ayat Yak 2:8). Mengagumi kedudukan sosial adalah dosa terhadap hukum kasih.
  3. 3) Sikap ini menjadikan kita "hakim dengan pikiran yang jahat" (ayat Yak 2:4); daripada menghormati "Tuhan kita yang mulia" dan menerima orang berdasarkan iman mereka kepada Kristus, kita dengan tidak adil menunjukkan sikap memihak orang kaya atau orang berkedudukan dengan motivasi yang jahat untuk memperoleh keuntungan.

Full Life: Yak 2:5 - BUKANKAH ALLAH MEMILIH ORANG-ORANG YANG DIANGGAP MISKIN. Nas : Yak 2:5 Orang miskin adalah istimewa dan berharga bagi Allah (bd. Yes 61:1; Luk 4:18; 6:20; 7:22). Sering kali justru mereka yang miskin di d...

Nas : Yak 2:5

Orang miskin adalah istimewa dan berharga bagi Allah (bd. Yes 61:1; Luk 4:18; 6:20; 7:22). Sering kali justru mereka yang miskin di dunia inilah yang paling kaya di dalam iman dan karunia-karunia rohani dan yang, dalam kebutuhannya, berseru dengan lebih sungguh-sungguh kepada Allah dengan kerinduan yang sangat akan kehadiran, kemurahan, dan pertolongan-Nya (Luk 6:20-21). Mereka yang tertindas secara ekonomi di dunia ini belajar bahwa mereka tidak dapat mempercayai harta kekayaan materiel. Oleh karena itu, mereka lebih siap menanggapi undangan Yesus untuk "datang kepada-Ku kamu yang letih lesu dan berbeban berat" (Mat 11:28;

lihat art. KEKAYAAN DAN KEMISKINAN).

Full Life: Yak 2:12 - BERKATALAH DAN BERLAKULAH. Nas : Yak 2:12 Kita harus berbicara dan bertindak dari sudut pandangan orang yang akan dihakimi oleh Allah dan "hukum yang memerdekakan", yaitu huk...

Nas : Yak 2:12

Kita harus berbicara dan bertindak dari sudut pandangan orang yang akan dihakimi oleh Allah dan "hukum yang memerdekakan", yaitu hukum dan kasih Allah yang dicurahkan ke dalam hati kita oleh Roh Allah. Allah akan menghukum semua orang yang pilih kasih karena sikap itu melanggar hukum kasih

(lihat cat. --> Yak 2:1;

[atau ref. Yak 2:1]

lihat art. PENGADILAN ORANG PERCAYA).

Full Life: Yak 2:14 - MEMPUNYAI IMAN, PADAHAL IA TIDAK MEMPUNYAI PERBUATAN. Nas : Yak 2:14 Ayat Yak 2:14-26 membahas persoalan anggota gereja yang mengaku memiliki iman yang menyelamatkan kepada Tuhan Yesus Kristus, namun p...

Nas : Yak 2:14

Ayat Yak 2:14-26 membahas persoalan anggota gereja yang mengaku memiliki iman yang menyelamatkan kepada Tuhan Yesus Kristus, namun pada saat yang bersamaan tidak pernah menunjukkan bukti pengabdian yang sungguh-sungguh kepada Dia dan Sabda-Nya.

  1. 1) Iman yang menyelamatkan senantiasa merupakan iman hidup yang tidak berhenti dengan sekadar mengaku Kristus sebagai Juruselamat, tetapi juga mendorong ketaatan kepada Dia sebagai Tuhan. Demikianlah, ketaatan adalah aspek yang penting dari iman. Hanya mereka yang taat dapat percaya dan hanya mereka yang percaya dapat taat

    (lihat cat. --> Yak 2:24;

    lihat cat. --> Rom 1:5

    [atau ref. Yak 2:24; Rom 1:5]

    mengenai "ketaatan yang disebabkan oleh iman";

    lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

  2. 2) Perhatikan bahwa tidak ada pertentangan di antara Paulus dengan Yakobus mengenai persoalan iman yang menyelamatkan. Biasanya Paulus menekankan iman sebagai sarana untuk seorang menerima Kristus sebagai Juruselamat (Rom 3:22). Yakobus memperhatikan kenyataan bahwa iman yang sejati harus aktif dan tekun sehingga membentuk keberadaan kita.

Full Life: Yak 2:17 - JIKA IMAN ITU TIDAK DISERTAI PERBUATAN ... PADA HAKEKATNYA ADALAH MATI. Nas : Yak 2:17 Teks : 1) Iman sejati yang menyelamatkan begitu penting sehingga mau tidak mau harus menyatakan diri di dalam tindakan saleh...

Nas : Yak 2:17

Teks :
  1. 1) Iman sejati yang menyelamatkan begitu penting sehingga mau tidak mau harus menyatakan diri di dalam tindakan saleh dan pengabdian kepada Yesus Kristus. Perbuatan tanpa iman adalah perbuatan yang mati. Iman tanpa perbuatan adalah iman yang mati. Iman yang sejati selalu menyatakan dirinya dalam ketaatan kepada Allah dan perbuatan belas kasihan terhadap mereka yang membutuhkannya

    (lihat cat. --> Yak 2:22;

    lihat cat. --> Rom 1:5;

    [atau ref. Yak 2:22; Rom 1:5]

    lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT;

    dan

    lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

  2. 2) Yakobus mengarahkan ajaran ini kepada mereka di dalam gereja yang mengaku beriman kepada Kristus dan pendamaian oleh darah-Nya, sambil percaya bahwa pengakuan itu saja sudah cukup untuk keselamatan. Mereka berkeyakinan bahwa hubungan pribadi dalam ketaatan dengan Kristus sebagai Tuhan tidak penting. Yakobus mengatakan bahwa iman semacam itu mati dan tidak menghasilkan keselamatan atau sesuatu yang baik (ayat Yak 2:14-16,20-24). Satu-satunya jenis iman yang menyelamatkan ialah "iman yang bekerja oleh kasih" (Gal 5:6).
  3. 3) Pada pihak lain, jangan beranggapan bahwa kita memelihara iman yang hidup hanya dengan usaha kita sendiri. Kasih karunia Allah, Roh Kudus yang mendiami kita dan syafaat Kristus

    (lihat cat. --> Ibr 7:25)

    [atau ref. Ibr 7:25]

    bekerja di dalam kehidupan kita untuk memungkinkan kita menanggapi Allah "yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman" (Rom 1:17). Jikalau kita berhenti menanggapi kasih karunia Allah dan pimpinan Roh, maka iman kita akan mati.

Full Life: Yak 2:21 - DIBENARKAN KARENA PERBUATAN-PERBUATANNYA. Nas : Yak 2:21 Kebenaran Abraham tidak bersumber dari "melakukan hukum Taurat" (Rom 3:28), tetapi oleh iman dan perbuatan yang bekerja sama di dala...

Nas : Yak 2:21

Kebenaran Abraham tidak bersumber dari "melakukan hukum Taurat" (Rom 3:28), tetapi oleh iman dan perbuatan yang bekerja sama di dalam kasih. Kesediaannya untuk mengorbankan Ishak merupakan ungkapan iman dan komitmennya kepada Allah

(lihat cat. --> Kej 15:6;

lihat cat. --> Kej 22:1).

[atau ref. Kej 15:6; 22:1]

Yakobus memakai contoh Abraham untuk menghancurkan kepercayaan bahwa iman dapat berada tanpa komitmen dan kasih kepada Allah. Rasul Paulus memakai contoh iman Abraham untuk membinasakan pandangan bahwa keselamatan berdasarkan jasa perbuatan seseorang dan bukan kasih karunia Allah (Rom 4:3; Gal 3:6).

Full Life: Yak 2:22 - IMAN BEKERJASAMA DENGAN PERBUATAN-PERBUATAN. Nas : Yak 2:22 Yakobus tidak mengatakan bahwa yang menyelamatkan kita adalah iman dan perbuatan. Anggapan ini memisahkan iman dari perbuatan. Sebal...

Nas : Yak 2:22

Yakobus tidak mengatakan bahwa yang menyelamatkan kita adalah iman dan perbuatan. Anggapan ini memisahkan iman dari perbuatan. Sebaliknya, Yakobus berjuang untuk iman yang bekerja. Demikian, iman dan perbuatan tidak pernah dapat dipisahkan; perbuatan dengan sendirinya mengalir dari iman

(lihat cat. --> Gal 5:6).

[atau ref. Gal 5:6]

BIS: Yak 2:20 - bahwa tidak ada gunanya ... perbuatan? bahwa tidak ada gunanya ... perbuatan?: beberapa naskah kuno: bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang mati?

bahwa tidak ada gunanya ... perbuatan?: beberapa naskah kuno: bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang mati?

Jerusalem: Yak 2:1 - Tuhan kita yang mulia Harafiah: Tuhan (kita) kemuliaan, bdk 1Ko 2:8+.

Harafiah: Tuhan (kita) kemuliaan, bdk 1Ko 2:8+.

Jerusalem: Yak 2:2 - kumpulanmu Yunani: sinagoga. Dalam Perjanjian Baru hanya di sini kumpulan orang-orang Kristen disebut "sinagoga", bdk Yak 5:14. Menurut sementara ahli kata ini m...

Yunani: sinagoga. Dalam Perjanjian Baru hanya di sini kumpulan orang-orang Kristen disebut "sinagoga", bdk Yak 5:14. Menurut sementara ahli kata ini menunjukkan bahwa surat ini ditujukan kepada orang-orang Kristen keturunan Yahudi.

Jerusalem: Yak 2:5 - kaya dalam iman Orang miskin yang disebut dalam Yak 1:9-10+ mempunyai kekayaan sejati, bdk 1Ko 1:17-29.

Orang miskin yang disebut dalam Yak 1:9-10+ mempunyai kekayaan sejati, bdk 1Ko 1:17-29.

Jerusalem: Yak 2:7 - yang olehNya kamu menjadi milik Allah Harafiah: yang disebut atas kamu. Kalau dalam Perjanjian Lama nama Yahwe disebut atas seseorang, maka artinya bahwa orang itu ditempatkan di bawah per...

Harafiah: yang disebut atas kamu. Kalau dalam Perjanjian Lama nama Yahwe disebut atas seseorang, maka artinya bahwa orang itu ditempatkan di bawah perlindungan Allah, Amo 9:12; Yes 43:7; Yer 14:9. Dalam Perjanjian Baru nama yang disebut itu ialah nama Yesus, satu-satunya nama yang menyelamatkan, Kis 2:21+. Nama Yesus itu disebut atas seseorang misalnya waktu dibaptis. Terjemahan lain: (Nama yang mulia), yang kamu bawa.

Jerusalem: Yak 2:13 - penghakiman Di sini artinya: penghukuman. Penghakiman adalah hak istimewa Allah yang memberi hukum, Yak 4:11-12; 5:9; bdk Maz 9:9; 98:9; 96:13. Ia menjaga pelaksa...

Di sini artinya: penghukuman. Penghakiman adalah hak istimewa Allah yang memberi hukum, Yak 4:11-12; 5:9; bdk Maz 9:9; 98:9; 96:13. Ia menjaga pelaksanaan hukum, Yak 1:25; 2:8, yang tersimpul dalam belas-kasihan.

Jerusalem: Yak 2:16-26 - -- Apa yang sampai sekarang dikemukakan perlu dijelaskan dengan uraian mengenai asasnya. Orang yang mendengar firman harus melaksanakannya juga, Yak 1:22...

Apa yang sampai sekarang dikemukakan perlu dijelaskan dengan uraian mengenai asasnya. Orang yang mendengar firman harus melaksanakannya juga, Yak 1:22-25; bdk Yak 4:11. Titik pandangan Yakobus dalam bagian surat ini dapat diperdamaikan dengan pandangan yang dipertahankan Paulus, Rom 3:20-31; 9:31; Gal 2:16; 3:2,5,11 dst; Fili 3:9. Apa yang ditolak oleh Paulus ialah nilai pekerjaan-pekerjaan manusia untuk mendapat keselamatan tanpa iman akan Kristus. Kepercayaan semacam akan daya upaya manusia untuk membenarkan dirinya menyangkal bahwa manusia pada pokoknya seorang berdosa, Rom 1:18-3:20; Gal 3:22, dan menyia-nyiakan kepercayaan kepada Kristus, Gal 2:21; bdk Rom 1:16+. Tetapi Paulus sendiri juga menerima bahwa setelah orang dibenarkan oleh kasih-karunia yang cuma-cuma saja iman harus berkarya dalam kasih, 1Ko 13:2; Gal 5:6; bdk 2Te 1:11; File 6, dan benar-benar melaksanakan hukum, Rom 8:4, ialah hukum Kristus dan hukum Roh, Gal 6:2; Rom 8:2, yang tidak lain kecuali hukum kasih, Rom 13:8-10; Gal 5:14. Namun demikian benar juga bahwa Yakobus mengartikan hal-ihwal Abraham secara lain dari Paulus dengan maksud mencamkan dalam hati kebenaran bahwa iman harus berkarya dalam kasih. Kebenaran itu perlu dicamkan dalam hati orang yang keadaannya berbeda dengan keadaan orang yang dihadapi Paulus. Yakobus lebih dekat dengan agama Yahudi dari Paulus.

Jerusalem: Yak 2:18 - ada orang berkata Ialah orang yang disebut dalam Yak 2:14 dan Yak 2:16. Sekarang Yakobus menghadapi orang-orang itu.

Ialah orang yang disebut dalam Yak 2:14 dan Yak 2:16. Sekarang Yakobus menghadapi orang-orang itu.

Jerusalem: Yak 2:19 - mereka gemetar Setan-setan tidak takut kepada Allah yang mereka kenal, bdk Mar 1:24,34, dll. Namun demikian mereka takut terhadap kemurkaanNya yang akan datang.

Setan-setan tidak takut kepada Allah yang mereka kenal, bdk Mar 1:24,34, dll. Namun demikian mereka takut terhadap kemurkaanNya yang akan datang.

Jerusalem: Yak 2:20 - iman yang kosong Var: Iman yang mati, bdk Yak 2:17 dan Yak 2:26.

Var: Iman yang mati, bdk Yak 2:17 dan Yak 2:26.

Jerusalem: Yak 2:21 - bapa kita Tradisi Yahudi menganggap Abraham sebagai orang benar yang setia pada Allah, Sir 44:19-22, dan sahabat Allah, 2Ta 20:7; Yes 41:8, serta bapa orang yan...

Tradisi Yahudi menganggap Abraham sebagai orang benar yang setia pada Allah, Sir 44:19-22, dan sahabat Allah, 2Ta 20:7; Yes 41:8, serta bapa orang yang percaya, bdk Mat 3:8; Yoh 8:39. Dalam hal ini Yakobus sependapat dengan Paulus, Rom 4:1,16.

Jerusalem: Yak 2:22 - sempurna Sama seperti Paulus Yakobus tidak menganggap iman Abraham sebagai "perbuatan", Kej 15:6, yang dikutip dalam Yak 2:23; Rom 4:3; Gal 3:6. Tetapi Yakobus...

Sama seperti Paulus Yakobus tidak menganggap iman Abraham sebagai "perbuatan", Kej 15:6, yang dikutip dalam Yak 2:23; Rom 4:3; Gal 3:6. Tetapi Yakobus lebih menekankan bahwa iman, hukum sempurna itu diamalkan, Yak 1:25; 2:8.

Ende: Yak 2:1 - -- Djangan hendaknja iman dianggap remeh, karena orang hendak mentjari keuntungan duniawi.

Djangan hendaknja iman dianggap remeh, karena orang hendak mentjari keuntungan duniawi.

Ende: Yak 2:2 - -- Kepada orang kaja-kaja diberi perhatian lebih, sedang jang miskin tak dipedulikan.

Kepada orang kaja-kaja diberi perhatian lebih, sedang jang miskin tak dipedulikan.

Ende: Yak 2:5 - -- Allah menghargakan tinggi para miskin, dengan memberinja iman.

Allah menghargakan tinggi para miskin, dengan memberinja iman.

Ende: Yak 2:6 - -- Orang tak sadar bahwa persahabatan dengan orang-orang kaja akan berbahaja bagi dirinja sendiri: si kaja mudah menipu mereka didepan pengadilan.

Orang tak sadar bahwa persahabatan dengan orang-orang kaja akan berbahaja bagi dirinja sendiri: si kaja mudah menipu mereka didepan pengadilan.

Ende: Yak 2:8 - -- Orang kristen mungkin berkata bahwa melajani orang kaja-kaja itu hanja sekedar memenuhi hukum tjinta kepada semua.

Orang kristen mungkin berkata bahwa melajani orang kaja-kaja itu hanja sekedar memenuhi hukum tjinta kepada semua.

Ende: Yak 2:9 - -- Tetapi, apa sebab mereka tak menundjukkan tjinta sematjam itu kepada orang miskin djuga?

Tetapi, apa sebab mereka tak menundjukkan tjinta sematjam itu kepada orang miskin djuga?

Ende: Yak 2:14-15 - -- Iman tidak terletak hanja dalam mengetahui kebenaran-kebenaran, tetapi terlebih dengan mempraktekkannja.

Iman tidak terletak hanja dalam mengetahui kebenaran-kebenaran, tetapi terlebih dengan mempraktekkannja.

Ende: Yak 2:18 - -- Iman tak dapat dilihat, karena ia ada dalam hati manusia. Tetapi pekerdjaan baik akan membuktikan bahwa dalam hati seseorang ada iman.

Iman tak dapat dilihat, karena ia ada dalam hati manusia. Tetapi pekerdjaan baik akan membuktikan bahwa dalam hati seseorang ada iman.

Ende: Yak 2:21 - -- Abraham adalah tjontoh seorang jang beriman sedjati: ia taat kepada kehendak Allah, malah sampai mau mengorbankan puteranja jang tunggal.

Abraham adalah tjontoh seorang jang beriman sedjati: ia taat kepada kehendak Allah, malah sampai mau mengorbankan puteranja jang tunggal.

Ref. Silang FULL: Yak 2:1 - yang mulia // memandang muka · yang mulia: Kis 7:2; 1Kor 2:8 · memandang muka: Yak 2:9; Ul 1:17; Im 19:15; Ams 24:23; Kis 10:34; Kis 10:34

· yang mulia: Kis 7:2; 1Kor 2:8

· memandang muka: Yak 2:9; Ul 1:17; Im 19:15; Ams 24:23; Kis 10:34; [Lihat FULL. Kis 10:34]

Ref. Silang FULL: Yak 2:4 - sebagai hakim · sebagai hakim: Yoh 7:24; Yoh 7:24

· sebagai hakim: Yoh 7:24; [Lihat FULL. Yoh 7:24]

Ref. Silang FULL: Yak 2:5 - hai saudara-saudara // dunia ini // dalam iman // waris Kerajaan // mengasihi Dia · hai saudara-saudara: Yak 1:16,19 · dunia ini: Ayub 34:19; 1Kor 1:26-28 · dalam iman: Luk 12:21; Wahy 2:9 · waris Kerajaa...

· hai saudara-saudara: Yak 1:16,19

· dunia ini: Ayub 34:19; 1Kor 1:26-28

· dalam iman: Luk 12:21; Wahy 2:9

· waris Kerajaan: Mat 25:34; [Lihat FULL. Mat 25:34 ]

· mengasihi Dia: Yak 1:12; [Lihat FULL. Yak 1:12]

Ref. Silang FULL: Yak 2:6 - orang-orang miskin // ke pengadilan · orang-orang miskin: 1Kor 11:22 · ke pengadilan: Kis 8:3; 16:19

· orang-orang miskin: 1Kor 11:22

· ke pengadilan: Kis 8:3; 16:19

Ref. Silang FULL: Yak 2:8 - dirimu sendiri · dirimu sendiri: Im 19:18; Mat 5:43; Mat 5:43

· dirimu sendiri: Im 19:18; Mat 5:43; [Lihat FULL. Mat 5:43]

Ref. Silang FULL: Yak 2:9 - memandang muka // melakukan pelanggaran · memandang muka: Yak 2:1 · melakukan pelanggaran: Ul 1:17

· memandang muka: Yak 2:1

· melakukan pelanggaran: Ul 1:17

Ref. Silang FULL: Yak 2:10 - tetapi mengabaikan // terhadap seluruhnya · tetapi mengabaikan: Yak 3:2 · terhadap seluruhnya: Mat 5:19; Gal 3:10; 5:3

· tetapi mengabaikan: Yak 3:2

· terhadap seluruhnya: Mat 5:19; Gal 3:10; 5:3

Ref. Silang FULL: Yak 2:11 - Jangan berzinah // Jangan membunuh · Jangan berzinah: Kel 20:14; Ul 5:18 · Jangan membunuh: Kel 20:13; Ul 5:17

· Jangan berzinah: Kel 20:14; Ul 5:18

· Jangan membunuh: Kel 20:13; Ul 5:17

Ref. Silang FULL: Yak 2:12 - akan dihakimi // yang memerdekakan · akan dihakimi: Mat 16:27; Mat 16:27 · yang memerdekakan: Yak 1:25; Yak 1:25

· akan dihakimi: Mat 16:27; [Lihat FULL. Mat 16:27 ]

· yang memerdekakan: Yak 1:25; [Lihat FULL. Yak 1:25]

Ref. Silang FULL: Yak 2:13 - berbelas kasihan · berbelas kasihan: Mat 5:7; 9:13; 12:7; 18:32-35; Luk 6:37

· berbelas kasihan: Mat 5:7; 9:13; 12:7; 18:32-35; Luk 6:37

Ref. Silang FULL: Yak 2:14 - mempunyai perbuatan · mempunyai perbuatan: Mat 7:26; Yak 1:22-25

· mempunyai perbuatan: Mat 7:26; Yak 1:22-25

Ref. Silang FULL: Yak 2:15 - kekurangan makanan · kekurangan makanan: Mat 25:35,36

· kekurangan makanan: Mat 25:35,36

Ref. Silang FULL: Yak 2:16 - gunanya itu · gunanya itu: Luk 3:11; 1Yoh 3:17,18

· gunanya itu: Luk 3:11; 1Yoh 3:17,18

Ref. Silang FULL: Yak 2:17 - adalah mati · adalah mati: Yak 2:20,26; Gal 5:6

· adalah mati: Yak 2:20,26; Gal 5:6

Ref. Silang FULL: Yak 2:18 - tanpa perbuatan // kepadamu imanku // dari perbuatan-perbuatanku · tanpa perbuatan: Rom 3:28 · kepadamu imanku: Ibr 11:40 · dari perbuatan-perbuatanku: Mat 7:16,17; Yak 3:13

· tanpa perbuatan: Rom 3:28

· kepadamu imanku: Ibr 11:40

· dari perbuatan-perbuatanku: Mat 7:16,17; Yak 3:13

Ref. Silang FULL: Yak 2:19 - satu Allah // hal itu · satu Allah: Ul 6:4; Mr 12:29; 1Kor 8:4-6 · hal itu: Mat 8:29; Luk 4:34

· satu Allah: Ul 6:4; Mr 12:29; 1Kor 8:4-6

· hal itu: Mat 8:29; Luk 4:34

Ref. Silang FULL: Yak 2:20 - yang kosong · yang kosong: Yak 2:17,26

· yang kosong: Yak 2:17,26

Ref. Silang FULL: Yak 2:21 - atas mezbah · atas mezbah: Kej 22:9,12

· atas mezbah: Kej 22:9,12

Ref. Silang FULL: Yak 2:22 - iman bekerjasama // oleh perbuatan-perbuatan · iman bekerjasama: Ibr 11:17 · oleh perbuatan-perbuatan: 1Tes 1:3

· iman bekerjasama: Ibr 11:17

· oleh perbuatan-perbuatan: 1Tes 1:3

Ref. Silang FULL: Yak 2:23 - sebagai kebenaran // Sahabat · sebagai kebenaran: Kej 15:6; Rom 4:3; Rom 4:3 · Sahabat: 2Taw 20:7; Yes 41:8

· sebagai kebenaran: Kej 15:6; Rom 4:3; [Lihat FULL. Rom 4:3 ]

· Sahabat: 2Taw 20:7; Yes 41:8

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Yak 2:1 - Saudara-saudaraku // Yesus Kristus Tuhan kita // iman 1. Penekanan pada pentingnya perilaku dilanjutkan di dalam paragraf ini. Di sini diberlakukan untuk soal sikap memihak. Saudara-saudaraku menandai per...

1. Penekanan pada pentingnya perilaku dilanjutkan di dalam paragraf ini. Di sini diberlakukan untuk soal sikap memihak. Saudara-saudaraku menandai peralihan kepada pokok pembahasan yang baru (bdg. 1:2, 19; 2:14, 3:1; 5:1). Kata kerja ayat ini adalah dalam bentuk imperatif (perintah) dan bukan indikatif (petunjuk) sesuai dengan gaya langsung yang dipakai Yakobus. Tidak jelas bagaimana bentuk genitif Yesus Kristus Tuhan kita memberi sifat pada iman. G. Rendall menunjukkan kemungkinan menganggap bentuk genitif itu sebagai bentuk kualitatif, "sebagai menentukan sifat khas dari iman mereka kepada Allah. 'Iman kepada Allah yang didukung dan yang isinya adalah Tuhan Yesus Kristus,' yaitu jenis iman kristiani kepada Allah (The Epistle of St. James and Judaic Christianity, hlm. 46). Sekalipun demikian, mungkin lebih mudah lagi untuk menganggap bentuk genitif ini sebagai bentuk obyektif - "imanmu kepada Tuhan kita Yesus Kristus." Dipandang menurut cara mana pun juga, iman yang dimaksudkan adalah iman yang dinamis, suatu sikap mengandalkan, yang diarahkan kepada Tuhan Yesus Kristus. Pengertian ini tidak ada hubungannya dengan iman sebagai pokok doktrin yang harus dipercayai. Yesus di sini hanya disebut sebagai "yang mulia," sebuah sebutan yang jelas untuk Shekinah (bdg. Yoh. 1:14; II Kor. 4:6; Ibr. 1:3). Pokok utama dari ayat ini ialah bahwa tidaklah konsisten kalau orang berpegang pada iman Kristen dan pada saat yang sama menunjukkan sikap memihak.

Wycliffe: Yak 2:2 - cincin emas // pakaian indah // seorang miskin // memakai pakaian buruk // ke // kumpulan 2. Penulis sekarang memberikan sebuah ilustrasi untuk menegaskan apa yang dikemukakan olehnya. Seorang kaya yang memakai cincin emas dan pakaian indah...

2. Penulis sekarang memberikan sebuah ilustrasi untuk menegaskan apa yang dikemukakan olehnya. Seorang kaya yang memakai cincin emas dan pakaian indah dan seorang miskin yang memakai pakaian buruk masuk ke dalam kumpulan (synagoge) orang-orang Kristen. Pemakaian istilah ini untuk tempat pertemuan orang Kristen telah menimbulkan berbagai dugaan tentang penulis dan pembaca surat ini; namun sebagaimana dikemukakan oleh Blackman, "Harus diingat bahwa kedua istilah itu. synagoge dan ekklesia dapat dikatakan sinonim, sehingga dapat dimaklumi bahwa synagoge dan bukan ekklesia yang menjadi istilah yang umum dipakai untuk Gereja. Jadi. mungkin pemakaian istilah ini oleh Yakobus merupakan sisa-sisa dari masa di mana pemakaian istilah ini masih berlaku" (The Epistle of James, hlm. 77). Penulis memakai ekklesia di 5:14.

Wycliffe: Yak 2:3 - dekat tumpuan kakiku, 3. Orang yang kaya dihadapi secara khusus. Kepadanya ditawarkan tempat duduk yang paling baik (kalos). Ada kemungkinan bahwa kalos seharusnya diterjem...

3. Orang yang kaya dihadapi secara khusus. Kepadanya ditawarkan tempat duduk yang paling baik (kalos). Ada kemungkinan bahwa kalos seharusnya diterjemahkan sebagai "menyenangkan." Bagaimanapun juga, intinya adalah orang kaya tersebut mendapat "perlakuan istimewa, sedangkan orang yang miskin secara kasar diperintahkan untuk tetap berdiri atau setidak-tidaknya jika duduk maka dia hanya diizinkan untuk duduk dekat tumpuan kakiku, yakni di tempat yang hina.

Wycliffe: Yak 2:4 - bukankah kamu telah membuat perbedaan // hakim dengan pikiran yang jahat, 4. Kata kerja yang diterjemahkan dengan bukankah kamu telah membuat perbedaan adalah dalam bentuk pasif sehingga seharusnya diterjemahkan dengan, "Buk...

4. Kata kerja yang diterjemahkan dengan bukankah kamu telah membuat perbedaan adalah dalam bentuk pasif sehingga seharusnya diterjemahkan dengan, "Bukankah kamu bercabang?" Bercabang itu adalah "antara pengakuan dengan perbuatan, antara pengakuan akan kesetaraan kristiani dengan rasa hormat pada pangkat dan kekayaan" (Richard Knowling. The Epistle of St. James, hlm. 44). Dengan melakukan hal itu mereka juga menunjukkan bahwa mereka adalah hakim dengan pikiran yang jahat, yakni hakim yang memakai patokan palsu dalam menentukan keputusannya.

Wycliffe: Yak 2:5 - Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barang siapa yang mengasihi Dia. 6 // Pengadilan // 7. // menghujat Nama yang Mulia // Nama yang mulia yang oleh-Nya kamu menjadi milik Allah 5. Orang-orang yang memberikan perlakuan khusus kepada orang kaya lupa untuk memperhitungkan kenyataan bahwa Allah memilih orang-orang yang dianggap m...

5. Orang-orang yang memberikan perlakuan khusus kepada orang kaya lupa untuk memperhitungkan kenyataan bahwa Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barang siapa yang mengasihi Dia. 6. Alasan lain mengapa tindakan memperlakukan orang kaya secara istimewa ini berarti tidak konsisten ialah karena justru orang-orang kaya itulah yang telah menganiaya orang Kristen. Pengadilan mengacu pada pengadilan Yahudi yang diizinkan dan diakui oleh pemerintah Romawi. 7. Puncak dari argumentasi Yakobus menentang tindakan mengutamakan orang kaya ialah karena mereka menghujat Nama yang Mulia. Bukan nama "Kristen" yang dihujat, melainkan nama Yesus Kristus, Nama yang mulia yang oleh-Nya kamu menjadi milik Allah.

Wycliffe: Yak 2:8 - ahli waris Kerajaan // hukum utama // memandang muka // dosa. Hukum 8. Hukum utama berhubungan dengan pernyataan dalam 2:5, di mana Yakobus mengingatkan para pembacanya bahwa Allah telah memilih orang-orang yang diangg...

8. Hukum utama berhubungan dengan pernyataan dalam 2:5, di mana Yakobus mengingatkan para pembacanya bahwa Allah telah memilih orang-orang yang dianggap miskin untuk menjadi ahli waris Kerajaan. Oleh karena itu hukum utama berlaku bagi warga Kerajaan Allah. Di dalam terjemahan bahasa Inggris (RSV) terdapat terjemahan dari partikel Yunani, mentoi yang artinya "sesungguhnya." Partikel ini menunjukkan bahwa menurut Yakobus, dengan mengutamakan orang kaya, pembacanya tidak menaati hukum ini. 9. Karena kasih tidak memandang muka. Sesungguhnya tindakan memandang muka adalah dosa. Hukum yang dimaksudkan di sini bukan hukum Taurat dalam Perjanjian Lama (walaupun Imamat 19:15 membahas tentang sikap memandang muka), melainkan didacha yang secara keseluruhan menentang sikap memandang muka.

Wycliffe: Yak 2:10 - -- 10. Pengertian tentang solidaritas di dalam hukum Taurat dijumpai di dalam tulisan para rabi (bdg. SBK, III: 755). Yakobus mengambil gagasan ini dan m...

10. Pengertian tentang solidaritas di dalam hukum Taurat dijumpai di dalam tulisan para rabi (bdg. SBK, III: 755). Yakobus mengambil gagasan ini dan membaptiskannya menjadi hukum Kristus. A. Cadoux menulis, "Yakobus memandang kepada hukum Taurat, bukan sebagai sejumlah perintah, tetapi sebagai suatu hubungan pribadi ... bukan sebagai suatu ujian di mana sembilan jawaban benar akan membuat orang yang diuji pasti lulus, sekalipun satu jawabannya salah, melainkan sebagai suatu ikatan persahabatan di mana seratus tindakan kesetiaan bisa batal akibat satu tindakan pengkhianatan (The Thought of St. James, hlm. 72). Ide ini berkaitan erat dengan konsep kristiani mengenai persekutuan dengan Kristus di mana pelanggaran terhadap satu perintah dari peraturan iman Kristen berarti memutuskan hubungan persekutuan tersebut, sebab tindakan itu berarti memutuskan hubungan dengan obyek iman.

Wycliffe: Yak 2:11 - -- 11. Urutan dari dua perintah yang dikutip (perintah ketujuh sebelum perintah keenam) mungkin disebabkan oleh urutan dari LXX dalam Codex Alexandrinus....

11. Urutan dari dua perintah yang dikutip (perintah ketujuh sebelum perintah keenam) mungkin disebabkan oleh urutan dari LXX dalam Codex Alexandrinus. Apabila memang ini alasannya, maka penafsiran-penafsiran yang tidak penting dari ayat ini dapat ditiadakan. Ayat ini hanya menunjang apa yang telah dikemukakan penulis di ayat sebelumnya.

Wycliffe: Yak 2:12 - seperti orang-orang yang akan dihakimi oleh hukum yang memerdekakan orang // memaksa 12. Yakobus kini sudah sampai pada rangkuman nasihatnya. Orang percaya hendaknya berkata dan bertindak (khususnya terhadap mereka yang miskin) seperti...

12. Yakobus kini sudah sampai pada rangkuman nasihatnya. Orang percaya hendaknya berkata dan bertindak (khususnya terhadap mereka yang miskin) seperti orang-orang yang akan dihakimi oleh hukum yang memerdekakan orang. Bagi orang Kristen tetap ada penghakiman, dan penghakiman itu akan didasarkan pada hubungan orang Kristen tersebut dengan standar etika Kristen, yaitu hukum yang diterima oleh orang merdeka tanpa ada pihak yang memaksa (bdg. Rm. 14:10; II Kor. 5:10).

Wycliffe: Yak 2:13 - Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman, 13. Ayat ini merupakan peringatan bahwa Allah tidak akan berbelaskasihan terhadap orang yang tidak memiliki belas kasihan (bdg. Mat. 18:21-25). Tetapi...

13. Ayat ini merupakan peringatan bahwa Allah tidak akan berbelaskasihan terhadap orang yang tidak memiliki belas kasihan (bdg. Mat. 18:21-25). Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman, maksudnya: melalui berbagai tindakan belas kasihan, hukuman Allah dapat dicegah.

Wycliffe: Yak 2:14-26 - -- VIII. Iman dan Perbuatan (2:14-26) Nas ini merupakan bagian yang paling dikenal dan paling seru diperdebatkan dari surat ini. Ayat-ayat inilah yang m...

VIII. Iman dan Perbuatan (2:14-26)

Nas ini merupakan bagian yang paling dikenal dan paling seru diperdebatkan dari surat ini. Ayat-ayat inilah yang membuat Martin Luther menyebut kitab ini sebagai "surat sepele yang tepat." Sebagian besar dari kesulitan untuk menafsirkan 2:14-26 disebabkan karena orang tidak memahami bahwa (1) Yakobus bukan menolak doktrin pembenaran oleh iman dari Paulus melainkan justru menolak penyimpangan terhadap doktrin tersebut. (2) Paulus dan Yakobus memakai kata perbuatan dan dibenarkan dengan pengertian yang berbeda. Kedua hal ini akan dibahas lebih lanjut di dalam penafsiran ayat-ayat dari nas ini.

Wycliffe: Yak 2:14 - jika seorang mengatakan bahwa ia mempunyai iman, // iman // perbuatan 14. Jawaban yang diharapkan dari kedua pertanyaan dalam ayat ini adalah, 'Tidak." yang tegas. Penting untuk dicatat bahwa iman yang dibahas di sini ad...

14. Jawaban yang diharapkan dari kedua pertanyaan dalam ayat ini adalah, 'Tidak." yang tegas. Penting untuk dicatat bahwa iman yang dibahas di sini adalah sejenis iman yang palsu. Hal ini dijelaskan oleh: (1) pernyataan jika seorang mengatakan bahwa ia mempunyai iman, dan (2) pemakaian kata sandang tertentu yang digabungkan dengan kata iman pada anak kalimat terakhir. Hanya iman palsu yang tidak dapat menghasilkan perbuatan dan tidak mampu menyelamatkan. Yang dimaksud perbuatan oleh Yakobus bukan perbuatan menurut pemahaman Yahudi yaitu sarana untuk memperoleh keselamatan, namun perbuatan iman, hasil moral dari kesalehan sejati dan khususnya "perbuatan kasih" (bdg. 2:8).

Wycliffe: Yak 2:15-16 - seorang saudara atau saudari, // Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang, // l 15, 16. Sekarang disajikan sebuah contoh. Orang yang tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan itu adalah seorang saudara atau saudari, yaitu ang...

15, 16. Sekarang disajikan sebuah contoh. Orang yang tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan itu adalah seorang saudara atau saudari, yaitu anggota masyarakat Kristen. Saudara yang kekurangan tersebut disuruh pergi dengan kata-kata yang kosong. Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang, tanpa tindakan apa pun untuk mengurangi penderitaannya. Yakobus dengan marah kemudian bertanya, "Apa sih gunanya itu?" (Phillips). Pergeseran dari yang tunggal kepada yang jamak (kamu) mungkin menunjukkan bahwa "Yakobus menganggap semua anggota persaudaraan itu bertanggung jawab atas pernyataan-pernyataan tanpa perasaan tersebut, sekalipun yang sungguh-sungguh mengucapkan hal itu hanya satu orang saja" (Tasker, op. cit., hlm. 64).

Wycliffe: Yak 2:17 - Iman // mati 17. Iman yang dibahas, yang sebenarnya sama sekali bukan iman, tidak hanya tidak berguna atau tidak dapat diterima, tetapi mati. Iman yang tidak mempe...

17. Iman yang dibahas, yang sebenarnya sama sekali bukan iman, tidak hanya tidak berguna atau tidak dapat diterima, tetapi mati. Iman yang tidak mempedulikan keadaan orang lain sama sekali bukan iman namanya.

Wycliffe: Yak 2:18 - mungkin ada orang yang mengatakan, // Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan // Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan 18. Berbagai kesulitan di dalam menafsirkan ayat ini timbul karena naskah Yunani kuno tidak memiliki tanda baca. Kemungkinan adanya keberatan ditunjuk...

18. Berbagai kesulitan di dalam menafsirkan ayat ini timbul karena naskah Yunani kuno tidak memiliki tanda baca. Kemungkinan adanya keberatan ditunjukkan dengan adanya anak kalimat mungkin ada orang yang mengatakan, sebuah bentuk yang sering dijumpai di dalam khotbah-khotbah di sinagoge kuno (bdg. A. Marmorstein, "The Background of the Haggadah," Hebrew Union College Annual, VI (1929), hlm. 192). Sampai sejauh mana dari ayat ini yang merupakan kata-kata orang yang berkeberatan bisa diragukan, tetapi mungkin paling baik kalau mencakup hanya, Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan. Yakobus menyangkal adanya usaha untuk memisahkan iman dan perbuatan dengan mengatakan: Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan. Ini ia yakin pasti mustahil.

Wycliffe: Yak 2:19 - gemetar, 19. Keyakinan akan keesaan Allah merupakan butir menentukan di dalam pengakuan iman orang Yahudi. Yakobus mengatakan bahwa kepercayaan semacam itu bai...

19. Keyakinan akan keesaan Allah merupakan butir menentukan di dalam pengakuan iman orang Yahudi. Yakobus mengatakan bahwa kepercayaan semacam itu baik. Sekalipun demikian, jika tidak disertai dengan perbuatan, maka pengakuan iman tersebut tidak lebih tinggi dari iman setan-setan. Setan-setan juga menganut monoteisme, tetapi kepercayaan tersebut hanya membuat mereka gemetar, mungkin mengingat hukuman Allah yang akan menimpa mereka (bdg. Mat. 8:29; Mrk. 5:7).

Wycliffe: Yak 2:20 - maukah engkau mengakui // Kosong 20. Yakobus mencapai pokok yang baru di dalam uraiannya dengan kata-kata, maukah engkau mengakui. Yakobus kini siap mengemukakan bukti dari Alkitab un...

20. Yakobus mencapai pokok yang baru di dalam uraiannya dengan kata-kata, maukah engkau mengakui. Yakobus kini siap mengemukakan bukti dari Alkitab untuk mendukung argumentasinya mengenai iman yang disertai perbuatan. Kosong (arge) di dalam konteks ini mungkin paling baik ditafsirkan sebagai "keselamatan yang tidak menghasilkan apa-apa."

Wycliffe: Yak 2:21 - Abraham bapa kita // dibenarkan // kepada 21. Teladan dari Alkitab yang diajukan ialah Abraham bapa kita. Bahwa tokoh ini dipandang sebagai nenek moyang semua orang Kristen sejati tampak dari ...

21. Teladan dari Alkitab yang diajukan ialah Abraham bapa kita. Bahwa tokoh ini dipandang sebagai nenek moyang semua orang Kristen sejati tampak dari Galatia 3:6-29. Kata yang diterjemahkan menjadi dibenarkan di sini jangan dikelirukan dengan pemakaian istilah tersebut oleh Paulus dalam hubungan dengan Abraham (bdg. Rm. 4:1-5). Paulus .menunjuk kepada pembenaran awal Abraham ketika "percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran" (bdg. Kej. 15:6). Yakobus mengacu kepada suatu peristiwa yang terjadi beberapa tahun kemudian, yaitu ketika Abraham diminta untuk mempersembahkan anaknya Ishak. Melalui tindakan ini dia menunjukkan realitas dari pengalaman Kejadian 15.

Wycliffe: Yak 2:22 - -- 22. Kehidupan Abraham dengan demikian secara menakjubkan menunjukkan bahwa perbuatan memisahkan iman dari perbuatan merupakan sesuatu yang mustahil (b...

22. Kehidupan Abraham dengan demikian secara menakjubkan menunjukkan bahwa perbuatan memisahkan iman dari perbuatan merupakan sesuatu yang mustahil (bdg. 2:18). Di dalam kasus Abraham, kedua hal tersebut berjalan bersama-sama. Perbuatan melengkapi iman.

Wycliffe: Yak 2:23 - genaplah nas // Sahabat Allah 23. Di dalam tindakan ketaatan Abraham genaplah nas (Kej. 15:6). Sahabat Allah adalah nama yang biasa dipakai untuk Abraham (bdg. Yes. 41:8; II Taw. 2...

23. Di dalam tindakan ketaatan Abraham genaplah nas (Kej. 15:6). Sahabat Allah adalah nama yang biasa dipakai untuk Abraham (bdg. Yes. 41:8; II Taw. 20:7); juga kitab-kitab Yahudi non-kanonik tertentu).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Yak 2:1-7 - Jangan pilih kasih (Rabu, 1 Agustus 2007) Jangan pilih kasih Warga gereja terdiri dari berbagai ras, tingkat ekonomi dan pendidikan. Dalam keragaman itu, adakah kesetaraan sebagai sesama ...

SH: Yak 2:1-13 - Membedakan orang berdasarkan derajat adalah dosa. (Selasa, 5 Juni 2001) Membedakan orang berdasarkan derajat adalah dosa. Orang yang terpelajar, terhormat, dan terkenal senantiasa mendapatkan perhatian dan kehormatan leb...

SH: Yak 2:8-13 - Penuhi "Hukum Kerajaan" (Kamis, 2 Agustus 2007) Penuhi "Hukum Kerajaan" Yakobus memberi peringatan kepada umat Tuhan agar tidak pilih-pilih dalam menaati firman Tuhan. Seluruh hukum Tuhan harus...

SH: Yak 2:14-20 - Memisahkan iman dengan perbuatan? (Jumat, 3 Agustus 2007) Memisahkan iman dengan perbuatan? Kesalahan terbesar yang orang Kristen bisa lakukan adalah memahami iman terpisah dari pengamalannya. Seharusnya...

SH: Yak 2:14-26 - Pembuktian iman. (Rabu, 6 Juni 2001) Pembuktian iman. Tidak ada gunanya bila seseorang mengaku beriman tetapi tidak disertai dengan perbuatan sebagai perwujudan imannya. Ilustrasi yang d...

SH: Yak 2:21-26 - Dwitunggal tak terpisahkan (Sabtu, 4 Agustus 2007) Dwitunggal tak terpisahkan Menunjuk pada kehidupan Abraham dan Rahab, Yakobus menegaskan bahwa iman yang dibenarkan adalah iman yang melahirkan p...

Topik Teologia: Yak 2:1 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Tuhan Yesus Kristus Kis 11:17 Rom 5:1,11 Rom 6:23 Rom 7:25-26 Rom 8:39 R...

Topik Teologia: Yak 2:2 - -- Gereja Masalah-masalah Yang Dihadapi Gereja Masalah Pribadi dan Sosial dalam Gereja Masalah Status Masyarakat di Antara Orang Perc...

Topik Teologia: Yak 2:5 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mengasihi Allah Janji Terhadap ...

Topik Teologia: Yak 2:6 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengalami Kedongkalan Moral Mereka Dapat Menjadi Dongko...

Topik Teologia: Yak 2:7 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Pencemaran Tempat Suci Menyebut Nama Allah Sembarangan Penghujatan, Pengutukan d...

Topik Teologia: Yak 2:8 - -- Wahyu Allah Wahyu Melalui Kitab Suci Maz 1:1-3 Maz 19:7-11 Maz 119:1-4 Maz 119:13-16 Maz 119:27,29-32 Maz 119:57 Maz 119:75 Maz 119...

Topik Teologia: Yak 2:9 - -- Dosa Pelanggaran Hukum Allah Ula 17:2 Yos 23:16 2Ta 24:20 Yer 34:18 Dan 9:11 Hos 6:7 Hos 8:1 Rom 3:20 Rom 4:15 Rom 7:7-13 Gal 3...

Topik Teologia: Yak 2:10 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Existensi Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Yak 2:11 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Existensi Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Yak 2:12 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Existensi Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Yak 2:13 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Kebencian Meng...

Topik Teologia: Yak 2:14 - -- Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Hubungan Iman yang Menyelamatkan dengan Perbuatan Iman yang Menyelamatkan Menghasilkan Perbuat...

Topik Teologia: Yak 2:15 - -- Dosa Dosa-dosa Roh Dosa-dosa Pemanjaan / Penyenangan Did Kikir Ula 15:9 Ams 11:26 Ams 17:5 Ams 21:26 Ams 23:6-8 Ams 2...

Topik Teologia: Yak 2:19 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah itu Esa Kel 15:11 Ula 4:35,39 Ula 6:4 Ula 32:39 2Sa 7:22 1Ra 8:60 Maz 86:10 Yes 42:8 ...

Topik Teologia: Yak 2:21 - -- Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Hubungan Iman yang Menyelamatkan dengan Perbuatan Iman yang Menyelamatkan Menghasilkan Perbuat...

Topik Teologia: Yak 2:23 - -- Keselamatan Kebenaran Allah Yes 61:10 Rom 1:17 Rom 3:22 Rom 4:5-8 1Ko 1:30 2Ko 5:14,21 Gal 3:6 Fili 3:9-10 Yak 2:23 Ima...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yakobus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yakobus Tema : Iman yang Berhasil Guna Tanggal Penulisan: Tahun 45-49 M Latar Belakang Surat ini tergolong "surat-su...

Full Life: Yakobus (Garis Besar) Garis Besar Salam Kristen (Yak 1:1) I. Menghadapi Pencobaan dan Menarik Manfaatnya (Yak 1:2-18) A. Menerimanya Se...

Jerusalem: Yakobus (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT KATOLIK PENGANTAR Di dalam Perjanjian Baru tercantum tujuh surat yang bukan karangan Rasul Paulus. Agak segera ketujuh surat ini dijadikan...

Ende: Yakobus (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT KATOLIK KATA PENGANTAR UMUM Surat-surat jang bukan surat St. Paulus, jang terdapat dalam Kitab Kudus, disebut surat-surat katolik atau Sur...

Wycliffe: Yakobus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN YAKOBUS Kepenulisan. Tulisan pada bagian atas surat ini menunjukkan bahwa penulisnya adalah Yakobus, hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus....

Wycliffe: Yakobus (Garis Besar) GARIS BESAR YAKOBUS I. Salam (1:1) II. Aneka Pencobaan (1:2-8) III. Kemiskinan dan Kekayaan (1:9-11) IV. Pencobaan dan Godaan (1:12-...

BIS: Yakobus (Pendahuluan Kitab) SURAT YAKOBUS PENGANTAR Surat Yakobus ditujukan kepada "semua umat Allah yang tersebar di seluruh dunia". Dengan memakai berbagai peribahasa, Yakobu

SURAT YAKOBUS

PENGANTAR

Surat Yakobus ditujukan kepada "semua umat Allah yang tersebar di seluruh dunia". Dengan memakai berbagai peribahasa, Yakobus memberikan di dalam suratnya ini sejumlah petunjuk dan nasihat yang praktis untuk orang Kristen mengenai kelakuan dan perbuatan Kristen. Dari pandangan Kristen ia menguraikan berbagai pokok seperti misalnya kekayaan dan kemiskinan, godaan, kelakuan yang baik, prasangka, iman dan perbuatan, ucapan-ucapan mulut, kebijaksanaan, pertengkaran, keangkuhan dan kerendahan hati, hal menyalahkan orang lain, membual, kesabaran, dan doa.

Surat ini menekankan bahwa dalam menjalankan agama Kristen, iman harus disertai perbuatan.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Yak 1:1
  2.  Iman dan kebijaksanaan
    Yak 1:2-8
  3.  Kemiskinan dan kekayaan
    Yak 1:9-11
  4.  Cobaan dan godaan
    Yak 1:12-18
  5.  Mendengar dan berbuat
    Yak 1:19-27
  6.  Peringatan supaya tidak membeda-bedakan orang
    Yak 2:1-13
  7.  Iman dan perbuatan
    Yak 2:14-26
  8.  Orang Kristen dan ucapan-ucapan mulutnya
    Yak 3:1-18
  9.  Orang Kristen dan dunia
    Yak 4:1-5:6
  10.  Berbagai-bagai petunjuk
    Yak 5:7-20

Ajaran: Yakobus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti isi Kitab Yakobus dan melakukannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Pendahuluan Penulis : Yakobus a

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti isi Kitab Yakobus dan melakukannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Pendahuluan

Penulis : Yakobus adalah seorang pemimpin jemaat di Yerusalem. Ia adalah saudara Tuhan Yesus (Mat 13:55).

Tahun : Surat Yakobus ditulis sekitar tahun 40.

Penerima : Kedua belas suku di Perantauan (Yak 1:1). Mereka sedang mengalami penderitaan dan pencobaan dari dalam kalangan jemaat, maupun dari kalangan orang-orang yang bukan Kristen.

Isi Kitab: Kitab Yakobus terbagi atas 5 pasal. Yakobus ingin memberi nasehat dan penghiburan kepada orang-orang Kristen yang mengalami pencobaan, kesusahan dan penganiayaan karena iman Kristen. Dan juga Yakobus mengajarkan cara yang terbaik untuk menghadapi pencobaan. Amanat dalam Kitab ini adalah bahwa iman Kristen sesungguhnya wajib dinyatakan dalam perbuatan baik (orang Kristen wajib menyatakan imannya melalui perbuatannya).

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yakobus

  1. Pasal 1 (Yak 1:1-18).

    Pengajaran tentang menghadapi pencobaan dengan iman

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa pencobaan dapat menghasilkan hidup yang berkemenangan jika ditanggapi dengan iman.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yak 1:2-4,5-6,12.

    1. Mengapakah pencobaan dapat menghasilkan hidup yang berkemenangan? (ayat 2-4,12; Yak 1:2-4,12).
    2. Dalam menanggapi pencobaan sebagai ujian terhadap iman, apakah yang perlu diminta dari Tuhan Yesus? (ayat 5-6; Yak 1:5-6).
  2. Pasal 1-5 (Yak 1:19-5:6).

    Pengajaran tentang jalan terbaik menghadapi cobaan

    Dalam bagian ini ada tiga cara terbaik dalam menghadapi cobaan.

    1. Cepat untuk mendengar (Yak 1:19-2:26).
    2. Lambat untuk berkata-kata (Yak 1:19; 3:1-18).
    3. Lambat untuk marah (Yak 1:19; 4:1-5:6).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yak 3:1-18. _Tanyakan_: Sebutkan mengapa orang Kristen harus lambat berkata kata.
    2. Bacalah pasal Yak 4:1-10. _Tanyakan_: Sebutkanlah apa sebab kemarahan itu timbul? Sebutkanlah pula cara penyelesaiannya (ada 10 perintah).
  3. Pasal 5 (Yak 5:7-20).

    Pengajaran untuk bersabar karena hakim akan segera datang

    Dalam bagian ini ada tiga contoh yang diberikan dalam hal kesabaran.

    1. Petani yang sabar menanti hasil panennya.
    2. Nabi-nabi yang tetap bersabar dalam penderitaan.
    3. Ayub yang sabar, tekun, setia walaupun menderita.

    Tuhan Yang Maha penyayang dan penuh belas kasihan, akan datang.

II. Kesimpulan

Dengan mempelajari Kitab Yakobus, seseorang dituntun untuk hidup sebagai orang Kristen yang dewasa dalam kerohanian.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Yakobus?
  2. Apakah pusat pengajaran Kitab Yakobus?
  3. Mengapakah orang menghadapi pencobaan?

Intisari: Yakobus (Pendahuluan Kitab) Surat tentang kekristenan yang praktisPENULIS DAN TUJUANNYA.1. Penulis. Penulis surat ini hanya disebut Yakobus tanpa penjelasan lebih lanjut (1:1). I

Surat tentang kekristenan yang praktis

PENULIS DAN TUJUANNYA.
1. Penulis. Penulis surat ini hanya disebut Yakobus tanpa penjelasan lebih lanjut (1:1). Ia adalah saudara laki-laki Yesus. Pada masa Yesus ada di dunia, ia seorang yang tidak percaya (Yoh 7:2-5), tetapi ia melihat Yesus sesudah kebangkitan-Nya (1Kor 15:7) dan ia juga hadir pada hari Pentakosta (Kis 1:14). Ia kemudian menjadi pemimpin gereja di Yerusalem (Kis 12:17; 15:13). Ia menjadi sangat dihormati karena pengabdiannya, tetapi ia mati sebagai martir pada tahun 62 M. Perhatikan bahwa ia menyebut dirinya 'hamba' saudaranya.
2. Tujuan penulisan. Yakobus menulis sebagai gembala untuk memberi semangat kepada Kristen (misalnya Yak 5:7) dan juga untuk menegur mereka. Ia menekankan pentingnya iman yang diwujudkan dalam perbuatan praktis.

CIRI-CIRI KHUSUS.
Gaya penulisan Yakobus berbeda dari surat-surat lainnya dalam Perjanjian Baru. Surat itu hanya mengacu kepada Yesus dua kali (Yak 1:1 dan Yak 2:1) dan di luar itu boleh dikatakan berupa sebuat traktat Yahudi. Walaupun demikian, surat ini berisi acuan tidak langsung kepada khotbah di Bukit dan ajaran Yesus lainnya. Penulis juga sering mengacu kepada Perjanjian Lama. Surat ini pendek dan penuh semangat; melihat masalah dengan jelas berdasarkan fakta; beralih dari satu topik ke topik yang lain secara cepat dan penuh dengan ilustrasi-ilustrasi yang nyata.

PEMBACANYA.
Yak 1:1 menceritakan kepada kita bahwa pembacanya adalah' dua belas suku yang tersebar di perantauan' dan Yak 2:2 mengatakan bahwa mereka beribadah di suatu rumah ibadat. Oleh karena itu, hampir dapat dipastikan bahwa mereka adalah orang-orang Yahudi yang bertobat menjadi Kristen. Memperhatikan apa yang dikatakan Yakobus tentang kekayaan, boleh jadi mereka adalah orang-orang miskin.

WAKTU PENULISAN.
Surat ini pasti ditulis sebelum kematian Yakobus dalam tahun 62 M. dan mungkin ditulis paling awal pada tahun 50 M. Dengan demikian, surat ini merupakan surat yang paling awal dalam Perjanjian Baru.

Pesan

Tiga tema pokok surat Yakobus:

1. Kebapaan Allah.
Yakobus mengatakan tentang Allah:
o Ia menjawab doa dengan murah hati. Yak 1:5
o Ia menjanjikan kehidupan bagi Kristen yang dianiaya. Yak 1:12
o Ia tidak pernah mencobai. Yak 1:13
o Ia tidak pernah mengubah sikap-Nya terhadap Kristen. Yak 1:16-18
o Ia memilih yang miskin. Yak 2:5
o Ia membuat manusia serupa dengan Dia. Yak 3:9
o Ia menentang yang congkak. Yak 4:6
o Ia selalu siap dengan kasih karunia-Nya bilamana kita memerlukannya. Yak 4:6, 8

2. Dahsyatnya dosa.
o Dosa berasal dari hawa nafsu manusia. Yak 1:14; 3:6, 16; 4:1-3, 5
o Dosa mulai dari yang kecil, tetapi dengan cepat berkembang. Yak 1:15; 3:5
o Dosa berarti kita sudah menentang Allah dan patut mendapat hukuman-Nya. Yak 2:10-13; 4:12; 5:1
o Dosa harus diperlakukan sesuai dengan sifatnya yang menjijikan. Yak 4:9, 10
o Dosa hanya dapat diampuni oleh kasih karunia Tuhan. Yak 2:13; 4:6; 5:11, 20

3. Perkembangan sikap dan sifat Kristen.
o Dari sekian banyak sarana yang dipakai Allah untuk mengembangkan sifat Kristen, Yakobus berbicara tentang:
- Pencobaan dan penderitaan. Yak 1:2-4
- Firman Allah. Yak 1:21
- Ketaatan yang nyata. Yak 1:22-25
- Penundukan diri dan kerendahan hati. Yak 4:8, 10
o Sifat Kristen digambarkan dalam: Yak 3:13-18; 4:13-17; 5:7-11
o Tingkah laku Kristen digambarkan dalam: Yak 1:26, 27; 2:1-26; 3:1-12; 4:11-12; 5:12-20

Penerapan

1. Bagi semua Kristen.
Pesan Yakobus begitu jelas dan praktis, sehingga banyak yang dapat diterapkan dalam kehidupan Kristen. Pelajarilah seluruh isi surat dan selidikilah sendiri bagaimana setiap topik berhubungan dengan kehidupan Anda.

Tetapi, ada pula beberapa bagIan yang dapat diterapkan Kristen yang sedang berada dalam suatu keadaan tertentu:

2. Bagi Kristen yang berada dalam tekanan.
Renungkanlah apa maksud dari pencobaan yang Anda alami dalam kehidupan Anda. Yak 1:2-4

3. Bagi Kristen yang kaya raya.
Ingatlah bahwa kekayaan materi tidak kekal (Yak 1:9-11) dan pastikan bahwa Anda tidak jatuh ke bawah kutukan Yak 5:1-6

4. BagI Kristen sebagai anggota gereja.
Apakah Anda menyambut semua orang dalam gereja? Yak 2:1-9

5. Bagi pemimpin Kristen.
Jangan cepat berbicara. Yak 3:1

6. Bagi Kristen yang terombang-ambing.
Anda akan disambut bila Anda kembali kepada Bapa. Yak 5:19-20

Tema-tema Kunci

1. Temukan ilustrasi-Ilustrasi.
Yakobus menggunakan ilustrasi yang jelas untuk menyampaikan ajarannya. Pelajarilah ilustrasi-ilustrasi yang dipakainya dan pikirkan pesan apa yang disampaikannya kepada Anda. Ilustrasi-ilustrasi tersebut dapat ditemukan dalam Yak 1:6, 11, 17, 23, 26; 3:3, 5, 7, 12; 4:14; 5:1-2, 7.

2. Temukan khotbah.
Terdapat banyak acuan kepada khotbah di Bukit dalam surat ini. Coba cocokkan ayat-ayat berikut dengan ajaran Yesus dalam Matius 5-7; Yakobus 1:2, 4, 5, 20, 22; 2:10, 13; 3:18; 4:4, 10, 11, 12; 5:2, 3, 10, 12.

3. Temukan ajaran Yesus.
Secara tidak langsung Yakobus juga menyebutkan bagian-bagian dari ajaran Yesus. Dimanakah dalam Yakobus Anda temukan ajaran yang sama dengan ajaran berikut ini? Matius 12:36, 37; 21:21; 22:39; 23:8-12;24: 33.

4. Temukan Perjanjian lama.
Beberapa tokoh dalam Perjanjian Lama dipakai untuk menggambarkan pesan Yakobus. Siapa yang disebutnya dan pelajaran apa yang dapat ditariknya dari masing-masing tokoh? Beberapa tema, seperti hukum, berhubungan dengan Perjanjian Lama. Bagaimana Yakobus mengembangkan pandangan tentang hukum Perjanjian Lama (Yak 2:8- 13)? Banyak ayat-ayat Perjanjian Lama bergema juga dalam surat ini. Buku referensi Alkitab yang baik akan membantu Anda untuk menemukannya.

Garis Besar Intisari: Yakobus (Pendahuluan Kitab) [1] SALAM Yak 1:1 [2] PEDOMAN TENTANG IBADAH SEJATI Yak 1:2-27 Yak 1:2-4Tujuan dari pencobaan Yak 1:5-8Jalan menuju hikmat Yak 1:9-11Kemis

[1] SALAM Yak 1:1

[2] PEDOMAN TENTANG IBADAH SEJATI Yak 1:2-27

Yak 1:2-4Tujuan dari pencobaan
Yak 1:5-8Jalan menuju hikmat
Yak 1:9-11Kemiskinan dari kekayaan
Yak 1:12-15Asal pencobaan
Yak 1:16-18Karunia-karunia Allah
Yak 1:19-21Menolak kejahatan
Yak 1:22-25Pentingnya ketaatan
Yak 1:26-27Definisi ibadah

[3] KASIH YANG TIDAK MEMIHAK Yak 2:1-13

Yak 2:1-7Sebuah ilustrasi
Yak 2:8-13Penerapan

[4] BUKTI IMAN Yak 2:14-26

Yak 2:14-16Pertanyaan-pertanyaan yang menyelidik
Yak 2:17-26Prinsip-prinsip dasar

[5] PENGENDALIAN LIDAH Yak 3:1-12

Alasan-alasan dan kesukaran yang ditimbulkan

[6] HIKMAT DARI SURGA Yak 3:13-18

Yak 3:13-16Pandangan dunia tentang hikmat
Yak 3:17-18Pandangan Tuhan tentang hikmat

[7] PEPERANGAN UNTUK KEKUDUSAN Yak 4:1-10

Yak 4:1-7Musuh-musuh: hawa nafsu, dunia dan Iblis.
Yak 4:8-10Sumber: kasih karunia Allah dan bagaimana mendapatkannya

[8] PENERAPAN IMAN Yak 4:11-5:12

Yak 4:11-12Kepada lidah yang menghancurkan
Yak 4:13-17Kepada ambisi percaya diri
Yak 5:1-6Kepada pemerasan demi kepentingan pribadi
Yak 5:7-11Kepada kesabaran yang membawa sukacita
Yak 5:12Kepada ucapan yang jujur dan dapat dipercaya

[9] BERDOA Yak 5:13-18

Yak 5:13Doa dan jenisnya
Yak 5:14,15Doa dan penderitaan
Yak 5:16Doa dan pengakuan
Yak 5:17,18Doa dan iman

[10] MEMBANTU ORANG-ORANG YANG TIDAK STABIL IMANNYA Yak 5:19-20

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.36 detik
dipersembahkan oleh YLSA