kecilkan semua  

Teks -- Nehemia 8:7-18 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
8:7 (#8-#8) Juga Yesua, Bani, Serebya, Yamin, Akub, Sabetai, Hodia, Maaseya, Kelita, Azarya, Yozabad, Hanan, Pelaya, yang adalah orang-orang Lewi, mengajarkan Taurat itu kepada orang-orang itu, sementara orang-orang itu berdiri di tempatnya. 8:8 (#8-#9) Bagian-bagian dari pada kitab itu, yakni Taurat Allah, dibacakan dengan jelas, dengan diberi keterangan-keterangan, sehingga pembacaan dimengerti. 8:9 (#8-#10) Lalu Nehemia, yakni kepala daerah itu, dan imam Ezra, ahli kitab itu, dan orang-orang Lewi yang mengajar orang-orang itu, berkata kepada mereka semuanya: "Hari ini adalah kudus bagi TUHAN Allahmu. Jangan kamu berdukacita dan menangis!", karena semua orang itu menangis ketika mendengar kalimat-kalimat Taurat itu. 8:10 (#8-#11) Lalu berkatalah ia kepada mereka: "Pergilah kamu, makanlah sedap-sedapan dan minumlah minuman manis dan kirimlah sebagian kepada mereka yang tidak sedia apa-apa, karena hari ini adalah kudus bagi Tuhan kita! Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena TUHAN itulah perlindunganmu!" 8:11 (#8-#12) Juga orang-orang Lewi menyuruh semua orang itu supaya diam dengan kata-kata: "Tenanglah! Hari ini adalah kudus. Jangan kamu bersusah hati!" 8:12 (#8-#13) Maka pergilah semua orang itu untuk makan dan minum, untuk membagi-bagi makanan dan berpesta ria, karena mereka mengerti segala firman yang diberitahukan kepada mereka. 8:13 (#8-#14) Pada hari yang kedua kepala-kepala kaum keluarga seluruh bangsa, juga para imam dan orang-orang Lewi berkumpul pada Ezra, ahli hukum Taurat itu, untuk menelaah kalimat-kalimat Taurat itu. 8:14 (#8-#15) Maka didapatinya tertulis dalam hukum yang diberikan TUHAN dengan perantaraan Musa, bahwa orang Israel harus tinggal dalam pondok-pondok pada hari raya bulan yang ketujuh, 8:15 (#8-#16) dan bahwa di semua kota mereka dan di Yerusalem harus disampaikan berita dan pengumuman yang berbunyi: "Pergilah ke gunung, ambillah daun pohon zaitun, daun pohon minyak, daun pohon murad, daun pohon korma dan daun dari pohon-pohon yang rimbun guna membuat pondok-pondok sebagaimana tertulis." 8:16 (#8-#17) Maka pergilah orang mengambil daun-daun itu, lalu membuat pondok-pondok, masing-masing di atas atap rumahnya, di pekarangan mereka, juga di pelataran-pelataran rumah Allah, di lapangan pintu gerbang Air dan di lapangan pintu gerbang Efraim. 8:17 (#8-#18) Seluruh jemaah yang pulang dari pembuangan itu membuat pondok-pondok dan tinggal di situ. Memang sejak zaman Yosua bin Nun sampai hari itu orang Israel tidak pernah berbuat demikian. Maka diadakanlah pesta ria yang amat besar. 8:18 (#8-#19) Bagian-bagian kitab Taurat Allah itu dibacakan tiap hari, dari hari pertama sampai hari terakhir. Tujuh hari lamanya mereka merayakan hari raya itu dan pada hari yang kedelapan ada pertemuan raya sesuai dengan peraturan.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Akub son of Eli-O-Enai (Hananiah Zerubbabel David Judah); Akkub I,a Levite who was chief gate keeper under Nehemiah; Akkub II,a chief Temple Servant under Nehemiah; Akkub III,a Levite scribe who helped Ezra explain the law; Akkub IV
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · Azarya son of Ahimaaz; grandson and successor of Zadok I,son of Nathan; a priest who was chief of Solomons officers,son and successor of king Amaziah of Judah,son of Ethan son of Zerah of Judah,son of Jehu son of Obed of Judah,son of Johanan; descendant of Meraioth I,son of Hilkiah before the exile; high priest Azariah III,a descendant of Hilkiah the priest,son of Zephaniah/Uriel (Korah Levi); forefather of Samuel,son of Oded; prophet under King Asa,second son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,fifth son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,son of Jeroham; a commander who helped enthrone Joash,son of Obed; a commander who helped enthrone Joash,the priest who confronted Uzziah for offering incense,a chief of Ephraim under Israel's King Pekah,father of Joel (Kohath Levi), who served under Hezekiah,son of Jehallelel (Merari Levi). He served under Hezekiah,chief priest, of Zadok's line, under Hezekiah,son of Maaseiah son of Ananiah; a repairer of Nehemiah's wall,a man who accompanied Zerubbabel back to the land of Judah,a scribe who helped Ezra explain the reading of the Law,a priest who signed the covenant to keep God's law,a prince of Judah who led praises to God on the new city wall,son of Hoshaiah; one of the leaders rebelling against Jeremiah,a man exiled from Judah and trained with Daniel in Babylon
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Bani a man of Gad; one of David's military elite,son of Shemer (Merari Aaron Levi),a man descended from Perez of Judah,a non-Levite ancestor of men who put away their heathen wives,a non-Levite ancestor of others who put away heathen wives,a Levite who helped Ezra explain the reading of the law,son of Henadad (Levi); a signer of the pledge to keep the law,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law,son of Hashabiah and father of head Levite Uzzi under Nehemiah
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Ezra a man of Judah; probably the son of Hodiah
 · Hanan son of Shashak of Benjamin,son of Azel of Benjamin,son of Maacah; one of David's military elite,a Levite; head of a group of temple servants in Ezra's time,a Levite who helped Ezra explain the reading of the law,son of Henadad, a Levite who signed the pledge to obey the law,an Israelite chief who signed the covenant to keep God's law,a man of God who had a room in the temple; son of Igdaliah
 · Hodia a man of Judah,son of Henadad; a Levite,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum-kaum Lewi members of the tribe of Levi
 · kaum-kaum suku Lewi members of the tribe of Levi
 · Kelita a Levite who put away his heathen wife,a Levite who helped Ezra explain the reading of the law,son of Henadad; a signer of the covenant to obey God's law
 · Lewi relating to Levi and the priesthood given to him,a tribal name describing people and ceremonies as sacred
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · Nehemia leader among those who returned from exile with Zerubbabel,son of Hacaliah; governor of the returned exiles,son of Azbuk, ruler of half the district of Beth-Zur
 · Nun son of Elishama; father of Joshua (Ephraim), Moses' aide
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Lewi member of the tribe of Levi
 · orang-orang dari bani Lewi members of the tribe of Levi
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Lewi members of the tribe of Levi
 · Orang-orang suku Lewi members of the tribe of Levi
 · para orang Lewi members of the tribe of Levi
 · Pelaya son of Eli-O-Enai (Hananiah Zerubbabel David Judah),a Levite who helped Ezra explain the reading of the law,son of Henadad; a signer of the covenant to obey God's law
 · pintu gerbang Air a gate into Jerusalem
 · Sabetai a Levite who objected to Israel's putting away heathen wives,a Levite who helped Ezra explain the reading of the law,a Levite supervisor for rebuilding the temple under Nehemiah


Topik/Tema Kamus: Ezra | Nehemia | Penulis Peristiwa | Hukum, Hukum Musa | Raya, Perayaan Pondok Daun | Pohon Korma | Sinagoga | Rumah Ibadat Orang Yahudi | Sukacita | Rumah | Hadiah | Pondok Daun (Hari Raya Pondok Daun) | Firman Tuhan | Kelita | Pohon Zaitun | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Neh 8:7 - MENGAJARKAN TAURAT ITU KEPADA ORANG-ORANG. Nas : Neh 8:8 Ezra dan orang-orang Lewi menunjukkan apa yang seharusnya terjadi manakala Firman Allah diberitakan kepada umat-Nya. Banyak orang bua...

Nas : Neh 8:8

Ezra dan orang-orang Lewi menunjukkan apa yang seharusnya terjadi manakala Firman Allah diberitakan kepada umat-Nya. Banyak orang buangan yang kembali tidak paham lagi akan bahasa Ibrani karena bahasa mereka kini adalah bahasa Aram. Jadi, ketika kitab-kitab suci berbahasa Ibrani dibacakan, sekelompok orang yang saleh menerjemahkannya ke dalam bahasa Aram lalu menjelaskan artinya sedemikian rupa hingga orang banyak itu dapat mengerti dan menerapkannya dalam hidup mereka; sebagai akibatnya, umat itu bersukacita "karena mereka mengerti segala firman yang diberitahukan kepada mereka" (ayat Neh 8:13). Penyataan, pertobatan, kebangunan rohani, dan sukacita semuanya ada namun terpendam serta menanti akan dibebaskan oleh Roh Kudus melalui pemberita-pemberita yang diurapi yang memberitakan Firman Allah dengan jelas, dengan kuasa, dan keyakinan.

Full Life: Neh 8:9 - MENANGIS KETIKA MENDENGAR. Nas : Neh 8:10 Ketika umat itu mendengar dan memahami Firman Allah, mereka sangat menyadari dosa dan kesalahan mereka. 1) Bagian-bagian Taurat...

Nas : Neh 8:10

Ketika umat itu mendengar dan memahami Firman Allah, mereka sangat menyadari dosa dan kesalahan mereka.

  1. 1) Bagian-bagian Taurat yang dengan jelas menyatakan keadaan rohani mereka mungkin adalah pasal Im 26:1-46 dan pasal Ul 28:1-68; bagian-bagian ini berbicara tentang berkat-berkat atau hukuman-hukuman Allah, tergantung dari ketaatan dan ketidaktaatan umat kepada Firman-Nya.
  2. 2) Dalam kebangunan rohani, tangisan, ketika disertai pertobatan yang sungguh-sungguh (bd. pasal Neh 9:1-38), menjadi tanda pekerjaan Roh Kudus

    (lihat cat. --> Yoh 16:8).

    [atau ref. Yoh 16:8]

    Berbalik dari dosa dalam kesedihan mendatangkan pengampunan Allah dan sukacita keselamatan

    (lihat cat. --> Neh 8:11;

    lihat cat. --> Mat 5:4).

    [atau ref. Neh 8:11; Mat 5:4]

Full Life: Neh 8:10 - MAKANLAH SEDAP-SEDAPAN DAN MINUMLAH MINUMAN MANIS. Nas : Neh 8:11 Orang Yahudi amat menikmati makanan yang banyak lemak dan minuman yang manis. Banyak anggur kuno dididihkan hingga menjadi sangat ma...

Nas : Neh 8:11

Orang Yahudi amat menikmati makanan yang banyak lemak dan minuman yang manis. Banyak anggur kuno dididihkan hingga menjadi sangat manis dan kental seperti madu. Cairan ini harus dicampur dengan banyak air sebelum bisa diminum

(lihat cat. --> Neh 5:18).

[atau ref. Neh 5:18]

Full Life: Neh 8:10 - SUKACITA KARENA TUHAN ITULAH PERLINDUNGANMU. Nas : Neh 8:11 Pernyataan Firman Allah, disertai keinginan sungguh-sungguh untuk mengikuti petunjuk-petunjuknya, akan menghasilkan sukacita sejati ...

Nas : Neh 8:11

Pernyataan Firman Allah, disertai keinginan sungguh-sungguh untuk mengikuti petunjuk-petunjuknya, akan menghasilkan sukacita sejati yang mendalam. "Sukacita karena Tuhan ini" didasarkan pada pendamaian dengan Allah dan kehadiran Roh di dalam kehidupan kita. Hal ini dipelihara oleh kepastian bahwa kita sudah diampuni di dalam Kristus dan dipulihkan kepada persekutuan dengan Allah, dan bahwa kini kita hidup sesuai dengan kehendak-Nya (ayat Neh 8:11-14; bd. Luk 7:50). Sukacita semacam itu menjadi

  1. (1) sebagai benteng yang menjaga kita dari kesusahan dan pencobaan setiap hari (bd. Mazm 119:165; Gal 5:22; Fili 4:4), dan
  2. (2) sebagai kuasa serta motivasi untuk bertekun di dalam iman hingga kesudahan.

BIS: Neh 8:7 - Mereka menterjemahkan ... menjelaskannya Mereka menterjemahkan ... menjelaskannya, atau Mereka membaca Hukum Allah, lalu menterjemahkannya serta menerangkannya.

Mereka menterjemahkan ... menjelaskannya, atau Mereka membaca Hukum Allah, lalu menterjemahkannya serta menerangkannya.

BIS: Neh 8:14 - -- Kemungkinan besar artinya: Sebab itu ... mengumumkan perintah ini. Ibrani: Dan juga bahwa perintah-perintah berikut ini harus diumumkan.

Kemungkinan besar artinya: Sebab itu ... mengumumkan perintah ini. Ibrani: Dan juga bahwa perintah-perintah berikut ini harus diumumkan.

Jerusalem: Neh 8:7 - yang adalah orang-orang Lewi Begitulah menurut terjemahan Latin dan 3Ezr 9:48. Dalam naskah Ibrani tertulis: dan orang-orang Lewi. Ayat ini diselipkan oleh si Muwarikh dengan maks...

Begitulah menurut terjemahan Latin dan 3Ezr 9:48. Dalam naskah Ibrani tertulis: dan orang-orang Lewi. Ayat ini diselipkan oleh si Muwarikh dengan maksud memberi orang Lewi peranan penting, seperti yang mereka pegang pada zaman kemudian dari Nehemia.

Jerusalem: Neh 8:8 - dibacakan Yang membacakan adalah beberapa orang menurut naskah Ibrani. Tetapi dalam terjemahan Yunani terbaca: dibacakan Ezra bdk ayat 4. Mengenai Ezra sebagai ...

Yang membacakan adalah beberapa orang menurut naskah Ibrani. Tetapi dalam terjemahan Yunani terbaca: dibacakan Ezra bdk ayat 4. Mengenai Ezra sebagai "ahli Kitab" bdk Ezr 7:6+.

Jerusalem: Neh 8:9 - Nehemia, yakni kepala daerah itu dan Bagian ayat ini berupa sisipan. Dalam 3Ezra nama Nehemia tidak ada dan dalam terjemahan Yunani gelar "kepala daerah" tidak terdapat. Tentang gelar itu...

Bagian ayat ini berupa sisipan. Dalam 3Ezra nama Nehemia tidak ada dan dalam terjemahan Yunani gelar "kepala daerah" tidak terdapat. Tentang gelar itu bdk Ezr 2:63+.

Jerusalem: Neh 8:14 - pada hari raya bulan yang ketujuh Menurut Ima 23:33-36,39-43 hari raya Pondok Daun, bdk Kel 23:14+, dilangsungkan selama tujuh hari pada bulan yang ketujuh. Tetapi menurut Ima 23:40 da...

Menurut Ima 23:33-36,39-43 hari raya Pondok Daun, bdk Kel 23:14+, dilangsungkan selama tujuh hari pada bulan yang ketujuh. Tetapi menurut Ima 23:40 daun-daun dipergunakan dalam suatu perarakan membuat pondok-pondok. Menurut Ima 23:27,34 dan Bil 29:12-38 perayaan Pondok Daun mulai pada tanggal lima belas bulan ketujuh. Kisah Nehemia ini tidak tahu akan hari pendamaian, Ima 16; 23:27, yang dirayakan pada tanggal sepuluh bulan ketujuh. Kalau di zaman Ezra-Nehemia hari pendamaian sudah dirayakan, maka haruslah berlangsung antara pembacaan hukum Taurat oleh Ezra 3 dst, dan perayaan hari raya Pondok Daun, Ezr 8:13 dst.

Jerusalem: Neh 8:17 - Memang sejak zaman Yosua... Bdk 2Ra 23:22; 2Ta 35:18. Kurang jelas apa yang di maksud. Catatan ini tidak dapat mengenai pondok-pondok yang didirikan untuk hari raya Pondok Daun. ...

Bdk 2Ra 23:22; 2Ta 35:18. Kurang jelas apa yang di maksud. Catatan ini tidak dapat mengenai pondok-pondok yang didirikan untuk hari raya Pondok Daun. Sebab justru itulah yang memberi hari raya itu namanya yang sudah ada dalam Ula 16:13.

Ende: Neh 7:73--8:18 - -- Bagian ini meneruskan Ezr 8:36

Bagian ini meneruskan Ezr 8:36

Ende: Neh 8:9 - Nehemia, Jang mulia Rupa2nja kata2 ini ditambahkan oleh si penjusun kita untuk menjesuaikan tjeritera ini dengan lingkungan, dimasa itu ditaruh oleh si penjusun, jakni ki...

Rupa2nja kata2 ini ditambahkan oleh si penjusun kita untuk menjesuaikan tjeritera ini dengan lingkungan, dimasa itu ditaruh oleh si penjusun, jakni kisah mengenai Nehemia.

Endetn: Neh 8:13 - -- Ditinggalkan "dan", menurut terdjemahan Junani, Syriah dan Latin (Vlg).

Ditinggalkan "dan", menurut terdjemahan Junani, Syriah dan Latin (Vlg).

Ref. Silang FULL: Neh 8:7 - orang-orang Lewi // mengajarkan · orang-orang Lewi: Ezr 10:23; Ezr 10:23 · mengajarkan: Im 10:11; Im 10:11; 2Taw 17:7; 2Taw 17:7

· orang-orang Lewi: Ezr 10:23; [Lihat FULL. Ezr 10:23]

· mengajarkan: Im 10:11; [Lihat FULL. Im 10:11]; 2Taw 17:7; [Lihat FULL. 2Taw 17:7]

Ref. Silang FULL: Neh 8:9 - orang-orang Lewi // menangis · orang-orang Lewi: Neh 7:1,65,70 · menangis: Ul 12:7,12; 16:14-15

· orang-orang Lewi: Neh 7:1,65,70

· menangis: Ul 12:7,12; 16:14-15

Ref. Silang FULL: Neh 8:10 - sedia apa-apa // sebab sukacita · sedia apa-apa: 1Sam 25:8; 2Sam 6:19; 2Sam 6:19; Est 9:22; Luk 14:12-14 · sebab sukacita: Im 23:40; Im 23:40; Ul 12:18; Ul 12:18; Ul 1...

· sedia apa-apa: 1Sam 25:8; 2Sam 6:19; [Lihat FULL. 2Sam 6:19]; Est 9:22; Luk 14:12-14

· sebab sukacita: Im 23:40; [Lihat FULL. Im 23:40]; Ul 12:18; [Lihat FULL. Ul 12:18]; Ul 16:11,14-15

Ref. Silang FULL: Neh 8:12 - berpesta ria · berpesta ria: Est 9:22

· berpesta ria: Est 9:22

Ref. Silang FULL: Neh 8:14 - dalam pondok-pondok · dalam pondok-pondok: Kel 23:16; Kel 23:16

· dalam pondok-pondok: Kel 23:16; [Lihat FULL. Kel 23:16]

Ref. Silang FULL: Neh 8:16 - gerbang Air // gerbang Efraim · gerbang Air: Neh 3:26; Neh 3:26 · gerbang Efraim: 2Taw 25:23; 2Taw 25:23

· gerbang Air: Neh 3:26; [Lihat FULL. Neh 3:26]

· gerbang Efraim: 2Taw 25:23; [Lihat FULL. 2Taw 25:23]

Ref. Silang FULL: Neh 8:17 - di situ // pernah berbuat · di situ: Hos 12:10 · pernah berbuat: 1Raj 8:2; 1Raj 8:2; 2Taw 7:8; 2Taw 7:8; 2Taw 8:13; 2Taw 8:13

· di situ: Hos 12:10

· pernah berbuat: 1Raj 8:2; [Lihat FULL. 1Raj 8:2]; 2Taw 7:8; [Lihat FULL. 2Taw 7:8]; 2Taw 8:13; [Lihat FULL. 2Taw 8:13]

Ref. Silang FULL: Neh 8:18 - kitab Taurat // itu dibacakan // ada pertemuan // dengan peraturan · kitab Taurat: Ul 28:61; Ul 28:61 · itu dibacakan: Ul 31:11; Ul 33:10; Ul 33:10 · ada pertemuan: Im 23:36; Im 23:36 · d...

· kitab Taurat: Ul 28:61; [Lihat FULL. Ul 28:61]

· itu dibacakan: Ul 31:11; Ul 33:10; [Lihat FULL. Ul 33:10]

· ada pertemuan: Im 23:36; [Lihat FULL. Im 23:36]

· dengan peraturan: Im 23:36,40; [Lihat FULL. Im 23:36]; [Lihat FULL. Im 23:40]; Ezr 3:4; [Lihat FULL. Ezr 3:4]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Neh 8:8 - Dibacakan dengan jelas // jelas 9. Dibacakan dengan jelas. Kata jelas (Ibrani meporosy) memberikan kesan bahwa bukan hanya uraian tentang hukum Taurat, tetapi mungkin juga terjemahan...

9. Dibacakan dengan jelas. Kata jelas (Ibrani meporosy) memberikan kesan bahwa bukan hanya uraian tentang hukum Taurat, tetapi mungkin juga terjemahannya ke dalam bahasa Aram (bdg. Ezr. 4:18).

Wycliffe: Neh 8:9 - Hari ini adalah kudus bagi Tuhan Allahmu. Jangan kamu berduka dan menangis // sukacita karena Tuhan 10. Hari ini adalah kudus bagi Tuhan Allahmu. Jangan kamu berduka dan menangis. Penguraian yang jelas tentang Firman Allah (mungkin bagian-bagian dari...

10. Hari ini adalah kudus bagi Tuhan Allahmu. Jangan kamu berduka dan menangis. Penguraian yang jelas tentang Firman Allah (mungkin bagian-bagian dari Kitab Ulangan) secara hebat menginsafkan bangsa itu akan dosa mereka dan membuat mereka menangis serta bertobat. Namun satu-satunya hari di dalam satu tahun yang telah ditetapkan oleh Allah secara khusus untuk meratap dan menyesali kesalahan adalah Hari Pendamaian yang jatuh pada tanggal 10 dari bulan yang ketujuh. Oleh karena itu kekuatan sejati mereka akan diperoleh di dalam sukacita karena Tuhan (ay. 11).

Wycliffe: Neh 8:12 - Untuk ... berpesta ria 13. Untuk ... berpesta ria. Perhatikan perubahan emosi yang begitu mendadak dari 8:10 ke 8:13. Juga bandingkan dengan Ester 9:19.

13. Untuk ... berpesta ria. Perhatikan perubahan emosi yang begitu mendadak dari 8:10 ke 8:13. Juga bandingkan dengan Ester 9:19.

Wycliffe: Neh 8:13-18 - seluruh jemaah ... membuat pondok-pondok dan tinggal di situ 14-19. Telaah hukum Taurat yang terinci membuat banyak pemimpin datang kepada Ezra pada hari berikutnya untuk pengarahan lebih jauh, khususnya tentang...

14-19. Telaah hukum Taurat yang terinci membuat banyak pemimpin datang kepada Ezra pada hari berikutnya untuk pengarahan lebih jauh, khususnya tentang pelaksanaan yang tepat dari Perayaan Pondok Daun (dari tanggal 15 hingga tanggal 22 dari bulan ketujuh). Orang-orang Yahudi telah menjalankan perayaan ini selama berabad-abad (I Raj. 8:65; II Taw. 7:9; Ezr. 3:4); namun kini mereka sadar, dari sebuah studi yang lebih teliti terhadap Imamat 23:42 bahwa "setiap orang asli di Israel haruslah tinggal di dalam pondok-pondok daun." Tampaknya, dalam abad-abad yang lalu hal ini diabaikan; oleh karena itu, pada saat ini, untuk pertama kalinya sejak zaman Yosua bin Nun, seluruh jemaah ... membuat pondok-pondok dan tinggal di situ (ay. 18). Mungkin penduduk kota membangun pondok di halaman rumah mereka sendiri, para imam dan orang Lewi membangun pondok di pelataran Bait Suci dan orang-orang awam yang tidak tinggal di kota itu membuat pondok di tempat-tempat terbuka (ay. 17).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Neh 8:9-18 - Firman sebagai fondasi dan bahan pembangunan selanjutnya. (Kamis, 23 November 2000) Firman sebagai fondasi dan bahan pembangunan selanjutnya. Sejak umat Israel dalam pembuangan, tidak ada lagi orang yang menyuarakan firman T...

Topik Teologia: Neh 8:7 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Hukum 2Ta 25:...

Topik Teologia: Neh 8:8 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Kitab Hukum Allah ...

Topik Teologia: Neh 8:9 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Menikmati Allah Sukacita dalam Allah Alasan-alasan...

Topik Teologia: Neh 8:10 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Menikmati Allah Sukacita dalam Allah Alasan-alasan Bersukacita bagi Orang-orang Per...

Topik Teologia: Neh 8:12 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Tujuan Alkitab Kitab Suci adalah untuk Studi Ezr 7:10 Neh...

Topik Teologia: Neh 8:13 - -- Pengudusan Pengudusan: Fakta yang Tergenapi dan Proses Pertumbuhan Pengudusan sebagai Pertumbuhan dalam Anugerah Sarana Pertumbuha...

Topik Teologia: Neh 8:17 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Tujuan Alkitab Kitab Suci adalah untuk Studi Ezr 7:10 Neh 8:13,18 Maz 1:...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Nehemia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra dan Nehemia (?) Tema : Pembangunan Kembali Tembok Yerusalem Tanggal Penulisan: Sekitar 430-420 SM Latar Belakang...

Full Life: Nehemia (Garis Besar) Garis Besar I. Membangun Kembali Tembok Yerusalem: Dipimpin oleh Nehemia (Neh 1:1-7:73) A. Syafaat Nehemia bagi Yerus...

Jerusalem: Nehemia (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: Nehemia (Pendahuluan Kitab) KITAB ESRA-NEHEMIA PENDAHULUAN Kitab Esra-Nehemia menurut aselinja hanjalan sat karya sadja. Sebagaimana halnja dengan pelbagai kitab lainnja, barulah...

Wycliffe: Nehemia (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN NEHEMIA Judul. Seperti halnya Kitab Ezra, kitab ini judulnya juga disesuaikan dengan nama tokoh utamanya. Lihat pendahuluan Kitab Ezra un...

Wycliffe: Nehemia (Garis Besar) GARIS BESAR NEHEMIA I. Nehemia Tiba di Yerusalem (1:1-2:20) A. Berita Menyedihkan dari Yerusalem dan Doa Nehemia (1:1-11). ...

BIS: Nehemia (Pendahuluan Kitab) NEHEMIA PENGANTAR Buku Nehemia dapat dibagi dalam tiga bagian: (1) Kisah perbaikan tembok-tembok Yerusalem di bawah pimpinan Nehemia yang

NEHEMIA

PENGANTAR

Buku Nehemia dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. (1) Kisah perbaikan tembok-tembok Yerusalem di bawah pimpinan Nehemia yang diangkat menjadi gubernur Yehuda oleh raja Persia. Nehemia juga menjalankan bermacam-macam perubahan dalam bidang sosial dan agama.
  2. (2) Pembacaan Hukum Allah yang dilakukan oleh Ezra secara khidmat, dan pengakuan dosa oleh umat Israel.
  3. (3) Kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan Nehemia sebagai gubernur Yehuda.

Bagian yang menarik dalam buku ini ialah kisah yang menunjukkan betapa Nehemia bergantung kepada Allah dan betapa sering ia berdoa kepada-Nya.

Isi

  1.  Nehemia kembali ke Yerusalem
    Neh 1:1-2:20
  2.  Tembok-tembok Yerusalem diperbaiki
    Neh 3:1-7:73
  3.  Hukum TUHAN dibacakan dan perjanjian dengan Allah diperbaharui
    Neh 8:1-10:39
  4.  Kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan Nehemia
    Neh 11:1-13:31

Ajaran: Nehemia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat dengan mengenal Kitab Nehemia, memperoleh pengertian tentang cara hidup yang berhasil, karena contoh kehidupan Nehemia

Tujuan

Supaya anggota jemaat dengan mengenal Kitab Nehemia, memperoleh pengertian tentang cara hidup yang berhasil, karena contoh kehidupan Nehemia yang berhasil, melalui perjuangan dan kerja keras serta penyerahan diri kepada Allah.

Pendahuluan

Penulis : Nehemia.

Isi Kitab: Kitab ini terbagi atas 13 pasal. Isinya merupakan kelanjutan dari Kitab Ezra, yaitu pemulihan pemerintahan bangsa Israel, setelah kembali dari pembuangan.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Nehemia

  1. Pasal 1-11 (Neh 1:1-11:36).

    Keamanan kota Yerusalem dilaksanakan

    Nehemia mendengar keadaan kota Yerusalem yang rusak berat. Langkah pertama yang diambilnya ialah pembangunan kembali tembok Yerusalem. Dalam melaksanakan kembali tembok ini, Nehemia lebih dahulu berpuasa dan meminta bantuan dari raja, kemudian Nehemia memeriksa kembali tembok-tembok yang sudah runtuh. Dalam pembangunan ini, Nehemia menghadapi ancaman-ancaman dan tantangan, tetapi Nehemia menanggapinya dengan berdoa dan penjagaan serta memberikan teladan-teladan yang baik kepada penguasa- penguasa, akhirnya pembangunan tembok selesai, dan ditempatkan penjaga- penjaga. Langkah kedua, Nehemia menambah jumlah penduduk di kota Yerusalem dengan orang-orang yang baik di hadapan Tuhan, yaitu mereka yang mau mendengar Kitab Taurat, mereka yang mengaku dosa dan suka berdoa, mereka yang membuat perjanjian dengan Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Neh 1:1-4. Apakah bukti beban Nehemia atas bangsanya?
    2. Bagaimanakah kegiatan pembangunan tembok Yerusalem walaupun mendapat ancaman? (Neh 4:11-16,22-23).
    3. Bacalah pasal Neh 9:1-3; 11:1-2. Orang-orang yang bagaimanakah yang tinggal di Yerusalem?
  2. Pasal 12-13 (Neh 12:1-13:31).

    Keamanan hidup rohani umat Allah dilaksanakan Pasal-pasal ini menjelaskan bahwa setelah tembok kota Yerusalem selesai dibangun, Nehemia mulai mengadakan pembangunan rohani umat Allah. Hal ini dimulai dari kehidupan rohani para imam, karena para imanlah yang memegang peranan penting dalam hidup rohani umat Allah.

    Pendalaman

    1. Apakah dasar tindakan Nehemia? (Neh 13:1-3).
    2. Apakah yang diperbuat imam Elyasib? (Neh 13:4-9).
    3. Apakah yang terjadi dengan orang-orang Lewi yan seharusnya melayani umat Allah? (Neh 13:10-11).
    4. Apakah hubungan perbuatan dosa dengan kehancuran kot Yerusalem? (Neh 13:17-18).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Nehemia memberikan pengajaran untuk memperoleh kemenangan dari tantangan yang berat melalui penyerahan, kepercayaan kepada kuasa Allah dan disertai dengan usaha yang sungguh.

  2. Untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang haruslah mempunyai sifat seperti Nehemia, yakni rajin berdoa, bersemangat dan mempunyai penyerahan kepada Allah.

  3. Melalui kehidupan Nehemia, kita mengetahui bahwa Allah mau dan bisa memakai siapa saja yang berbeban kepada pekerjaan-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Nehemia?
  2. Berita apakah yang diterima oleh Nehemia?
  3. Bagaimanakah sikap Nehemia menerima berita itu?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari mempelajari Kita Nehemia?

Intisari: Nehemia (Pendahuluan Kitab) Pembangunan kembali tembok Yerusalem LATAR BELAKANG SEJARAHSetelah kematian Salomo, kerajaan Israel terpecah menjadi dua -- kerajaan utara dan selata

Pembangunan kembali tembok Yerusalem

LATAR BELAKANG SEJARAH
Setelah kematian Salomo, kerajaan Israel terpecah menjadi dua -- kerajaan utara dan selatan. Ibukota kerajaan utara ialah Samaria, dan dalam tahun 722 SM kota itu direbut oleh bangsa Asyur dan banyak rakyatnya dijadikan tawanan. Hal yang hampir sama terjadi juga terhadap kerajaan selatan, Yehuda, ketika Yerusalem direbut oleh bangsa Babel pada tahun 586 SM. Dalam tahun 539 SM bangsa Babel sendiri dikalahkan oleh bangsa Persia -- dan raja Persia mendorong sebagian orang Yahudi untuk kembali ke tanah air mereka. Kira-kira 50.000 orang kembali dan memulai tugas untuk membangun kembali Rumah Tuhan, tetapi kemudian mereka menjadi kecil hati dan hanya mampu membangun fondasinya saja. Sejarah selanjutnya agak ruwet, tetapi rupanya kira-kira enam belas tahun kemudian Allah mengirimkan dua orang nabi, Hagai dan Zakharia, untuk menggugah semangat rakyat. Mereka sudah menempati rumah mereka masing-masing, tetapi mengabaikan pembangunan kembali Rumah Tuhan. Sebagai akibatnya, pekerjaan pembangunan dimulai lagi dan kali ini Rumah Tuhan dapat diselesaikan. Dalam tahun 486 SM serombongan lagi orang Yahudi kembali ke Yerusalem di bawah pimpinan Ezra. Ezra berusaha sebaik mungkin untuk membangun semangat bangsanya dan mengangkat moral serta kehidupan rohani mereka, tetapi ia banyak menemui kekecewaan. Beberapa tahun kemudian, sekitar tahun 445 SM Allah berbicara kepada seorang lain, yaitu Nehemia dan menugaskannya untuk secara khusus menekuni pembangunan kembali tembok kota yang sudah hancur itu. Beberapa orang menempatkan kisah kembalinya Ezra sesudah Nehemia, tetapi keterangan tersebut tidak meyakinkan.

SIAPAKAH NEHEMIA?
Sebagai pengurus minuman raja, Nehemia mencicipi lebih dahulu anggur yang akan disajikan kepada raja untuk membuktikan bahwa minuman itu tidak mengandung racun. Hanya orang yang paling dipercaya dapat menduduki posisi tertinggi ini dalam istana raja Persia. Namun demikian, hati Nehemia lebih cenderung untuk melakukan tugas yang Allah bebankan kepadanya. Ia digambarkan sebagai seorang pengusaha yang hidupnya penuh diwarnai doa. Nehemia tidak melupakan bangsanya sendiri. Ia bersedia meninggalkan kehidupan mewah dalam istana dan pergi ke Yerusalem untuk membangun kembali kota itu. Ketika pada akhirnya ia pergi ke Yerusalem, ia bertugas sebagai gubernur sipil dengan kuasa dari raja Persia.

Pesan

Nehemia merupakan gambaran seorang pekerja yang ideal bagi Allah. Kuncinya ialah doa dan kerja. Ia tidak saja berdoa dan bekerja sendiri, tetapi ia menganjurkan para pengikutnya untuk melakukan hal yang sama.

1. Berdoalah dalam segala situasi kehidupan
o Ia berdoa waktu ia mendengar mengenai keadaan Yerusalem. Neh 1:4-11
o Ia berdoa waktu ia menghadap Raja Artahsasta untuk memohon izin pergi ke Yerusalem. Neh 2:4
o Ia berdoa di hadapan penentangnya. Neh 4:4,9
o Ia berdoa waktu difitnah. Neh 6:8,9
o Ia berdoa pada waktu pekerjaan perbaikan tembok telah selesai. Neh 13:14

2. Kerja dan doa berjalan bersama-sama
o Ia melakukan penyelidikan terlebih dahulu untuk memastikan apa yang terjadi. Neh 2:11-16
o Ia mengatur tenaga kerja, sehingga setiap orang tahu apa yang diharapkan dari mereka. Neh 3:1-32
o Ia memberi teladan kepada orang lain untuk bekerja. Neh 2:17,18; 4:6,23
o Ia menyadari kesucian pekerjaan yang Allah bebankan kepadanya. Neh 6:3

Penerapan

1. Anda harus berbeban bagi bangsa Anda
Ketika Nehemia menerima kabar mengenai keadaan yang tragis di kota Yerusalem yang hancur, ia merasa sangat terharu.

2. Siap untuk bertindak
Sebelum mengambil tindakan apa-apa, Nehemia berdoa. Pertama-tama ia mencari pimpinan Tuhan, setelah ia menerimanya ia segera bertindak.

3. Siap untuk menghadapi tentangan
Bekerja untuk Allah tidak pernah tanpa tantangan. Nehemia mendapati bahwa ia mempunyai musuh, baik di dalam maupun di luar kota Yerusalem. Tetapi ia membuktikan bahwa selalu ada kemungkinan untuk menang atas segala tentangan itu.

4. Hati-hati terhadap bahaya kemunduran
Nehemia mengumpulkan rakyat untuk mendengarkan firman Allah dan ternyata mereka memberi tanggapan positif. Tetapi ketika ia kembali ke kota Yerusalem setelah ditinggalkannya selama dua belas tahun, ia mendapati bahwa rakyat telah melupakan Allah dan bahwa diperlukan suatu reformasi lebih lanjut.

Tema-tema Kunci

Nehemia dengan jelas dianggap sebagai seorang pekerja Allah yang ideal -- "seorang patriot yang berani, tidak mengenal takut, penuh semangat dan berinisiatif, seorang pendoa dan pekerja keras dan seorang yang takut kepada Allah dan yang selalu mencari berkat-Nya". Kehidupannya ditandai dengan keseimbangan yang sehat antara berdoa dan kerja keras. Pelajarilah dalam kitab ini hal-hal yang berhubungan dengan kedua unsur ini. Bandingkan penemuan Anda dengan studi yang serupa mengenai kehidupan Paulus.

1. Patriotisme
Patriotisme itu sendiri tidak salah. Paulus mempunyai beban berat bagi bangsanya (Rom 10:1). Kristus mendorong murid-murid-Nya untuk memberikan kepada Kaisar apa yang menjadi haknya (Mat 22:21). Nehemia menaruh perhatian yang besar terhadap rakyatnya (Neh 1:3-11). Patriotisme sejati adalah rasa prihatin terhadap keadaan bangsa. Bagaimana umat Kristen dewasa ini dapat mempengaruhi sikap bangsanya?

2. Doa
Nehemia berdoa setiap saat dan dalam segala keadaan (Neh 1:4; 2:4; 4:4; 5:19; 6:9,14; 13:14, 22,29,31). Bandingkan ini dengan perintah Paulus kepada orang-orang di Filipi 4:6,7. Apa tujuan doa?

3. Dedikasi
Nehemia menerima tugas yang diberikan oleh Allah dengan sungguh-sungguh -- ia sangat teliti. Ia bertekad untuk menyelidiki perkara yang sebenarnya (Neh 2:12). Ia tahu akan kesucian pekerjaannya (Neh 6:3). Ia menjadi teladan bagi orang lain untuk bekerja seperti dia (Neh 2:17,18; 4:6,23). Buatlah daftar tugas-tugas yang harus dilaksanakan di gereja Anda atau dalam kelompok Anda, dan rencanakan penyelesaiannya.

4. Ketekunan
Nehemia tidak undur menghadapi tentangan, baik dari dalam maupun dari luar. Ia diejek dan dicaci, karena bergantung kepada Allah (Neh 2:19,20). Ia tidak bersedia mengalihkan perhatiannya dari tugas yang sedang dihadapinya (Neh 6:2,3). Carilah keterangan mengenai mereka yang menderita bagi Kristus di bawah rezim yang kejam, dan pakailah hal ini untuk merangsang doa yang teratur. Pikirkan juga situasi Anda sendiri sehubungan dengan tantangan yang Anda hadapi.

Garis Besar Intisari: Nehemia (Pendahuluan Kitab) [1] BERITA BURUK TENTANG YERUSALEM Neh 1:1-4 [2] DOA NEHEMIA Neh 1:5-11 Neh 1:5Permohonan untuk kesetiaan janji Allah Neh 1:6,7Penyesalan atas

[1] BERITA BURUK TENTANG YERUSALEM Neh 1:1-4

[2] DOA NEHEMIA Neh 1:5-11

Neh 1:5Permohonan untuk kesetiaan janji Allah
Neh 1:6,7Penyesalan atas dosa bangsa Israel
Neh 1:8-10Kenangan akan kemurahan Allah yang tak kunjung padam
Neh 1:11Seruan mohon pertolongan dalam kesesakan

[3] NEHEMIA MENDAPAT KUASA Neh 2:1-10

Neh 2:1-5Ia mengajukan permohonan kepada raja
Neh 2:6-9 Raja memberikan restunya
Neh 2:10Tanda-tanda awal tantangan

[4] NEHEMIA DI YERUSALEM Neh 2:11-20

Neh 2:11-16Nehemia memeriksa tembok Yerusalem
Neh 2:17-20Nehemia mencari dukungan rakyat untuk tugas perbaikan tembok kota

[5] PEMBANGUNAN TEMBOK-TEMBOK KOTA Neh 3:1-6:19

Neh 3:1-32Pembagian kerja
Neh 4:1-23Tantangan terhadap pembangunan
Neh 5:1-6:14Perselisihan di dalam
Neh 6:15-19Tugas selesai

[6] ORANG-ORANG BUANGAN YANG KEMBALI DENGAN ZERUBABEL Neh 7:1-73

[7] EZRA MEMBACAKAN HUKUM Neh 8:1-18

[8] PEMBARUAN PERJANJIAN Neh 9:1-10:39

Neh 9:1-38Pengakuan dosa
Neh 10:1-39Persetujuan terhadap perjanjian

[9] RAKYAT YANG TERLIBAT Neh 11:1-12:26

Neh 11:1-24Penduduk Yerusalem
Neh 11:25-36Daftar desa-desa
Neh 12:1-26Para imam dan bangsa Lewi

[10] PERESMIAN TEMBOK KOTA DAN URUSAN ADMINISTRASI Neh 12:27-13:31

Neh 12:27-43Peresmian tembok kota
Neh 12:44-47Organisasi orang-orang Lewi
Neh 13:1-31Perbaikan-perbaikan selanjutnya yang diadakan oleh Nehemia
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.18 detik
dipersembahkan oleh YLSA