TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Judul Artikel Himne PEDIA MEDIA Gambar Audio Alkitab Kuno ITL - draft

Yesaya 42

  Boks Temuan
Hamba TUHAN
42:1 Lihat, itu hamba-Ku 1  o  yang Kupegang, orang pilihan-Ku, p  yang kepadanya Aku berkenan. q  Aku telah menaruh Roh-Ku r  ke atasnya 2 , supaya ia menyatakan hukum s  kepada bangsa-bangsa 3 . t  42:2 Ia tidak akan berteriak atau menyaringkan suara u  atau memperdengarkan suaranya di jalan. 42:3 Buluh v  yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, w  dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya, x  tetapi dengan setia ia akan menyatakan hukum. y  42:4 Ia sendiri tidak akan menjadi pudar dan tidak akan patah terkulai, sampai ia menegakkan hukum z  di bumi; segala pulau a  mengharapkan b  pengajarannya. c  42:5 Beginilah firman Allah, TUHAN, yang menciptakan langit d  dan membentangkannya, yang menghamparkan bumi e  dengan segala yang tumbuh di atasnya, f  yang memberikan nafas g  kepada umat manusia yang mendudukinya dan nyawa kepada mereka yang hidup di atasnya: 42:6 "Aku ini, TUHAN, telah memanggil h  engkau untuk maksud penyelamatan, i  telah memegang tanganmu; j  Aku telah membentuk k  engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian l  bagi umat manusia, menjadi terang m  untuk bangsa-bangsa 4 , n  42:7 untuk membuka mata yang buta 5 , o  untuk mengeluarkan p  orang hukuman dari tempat tahanan q  dan mengeluarkan orang-orang yang duduk dalam gelap r  dari rumah penjara. 42:8 Aku ini TUHAN, s  itulah nama-Ku; t  Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain u  atau kemasyhuran-Ku kepada patung. v  42:9 Nubuat-nubuat w  yang dahulu sekarang sudah menjadi kenyataan, hal-hal yang baru hendak Kuberitahukan. Sebelum hal-hal itu muncul, Aku mengabarkannya x  kepadamu."
Puji-pujian tentang penyelamatan
42:10 Nyanyikanlah y  nyanyian z  baru bagi TUHAN 6  dan pujilah a  Dia dari ujung bumi! b  Baiklah laut bergemuruh serta segala isinya c  dan pulau-pulau d  dengan segala penduduknya. 42:11 Baiklah padang gurun e  menyaringkan suara dengan kota-kotanya dan dengan desa-desa yang didiami Kedar! f  Baiklah bersorak-sorai penduduk Bukit Batu, g  baiklah mereka berseru-seru dari puncak gunung-gunung! h  42:12 Baiklah mereka memberi penghormatan i  kepada TUHAN, dan memberitakan pujian j  yang kepada-Nya di pulau-pulau. k  42:13 TUHAN keluar berperang seperti pahlawan, l  seperti orang perang m  Ia membangkitkan semangat-Nya n  untuk bertempur; Ia bertempik sorak, o  ya, Ia memekik, terhadap musuh-musuh-Nya p  Ia membuktikan kepahlawanan-Nya. 42:14 Aku membisu q  dari sejak dahulu kala, Aku berdiam diri, Aku menahan r  hati-Ku; sekarang Aku mau mengerang seperti perempuan yang melahirkan, Aku mau mengah-mengah dan megap-megap. s  42:15 Aku mau membuat tandus t  gunung-gunung u  dan bukit-bukit, dan mau membuat layu segala tumbuh-tumbuhannya; Aku mau membuat sungai-sungai menjadi tanah kering dan mau membuat kering v  telaga-telaga. 42:16 Aku mau memimpin w  orang-orang buta x  di jalan yang tidak mereka kenal, dan mau membawa mereka berjalan di jalan-jalan yang tidak mereka kenal. Aku mau membuat kegelapan yang di depan mereka menjadi terang y  dan tanah yang berkeluk-keluk menjadi tanah yang rata. z  Itulah hal-hal yang hendak Kulakukan kepada mereka, yang pasti akan Kulaksanakan. a  42:17 Orang-orang yang percaya kepada patung pahatan akan berpaling ke belakang dan mendapat malu, b  yaitu orang-orang yang berkata kepada patung tuangan: "Kamulah allah c  kami!"
Kegagalan dan kebutaan Israel
42:18 Dengarkanlah, hai orang-orang tuli d  pandanglah dan lihatlah, hai orang-orang buta 7 ! 42:19 Siapakah yang buta e  selain dari hamba-Ku, f  dan yang tuli seperti utusan g  yang Kusuruh? Siapakah yang buta seperti suruhan-Ku h  dan yang tuli seperti hamba TUHAN? 42:20 Engkau melihat banyak, tetapi tidak memperhatikan, engkau memasang telinga, tetapi tidak mendengar. i  42:21 TUHAN telah berkenan demi j  penyelamatan-Nya untuk memberi pengajaran-Nya k  yang besar dan mulia; 42:22 namun mereka suatu bangsa yang dijarah l  dan dirampok, mereka semua terjebak dalam geronggang-geronggang m  dan disembunyikan dalam rumah-rumah penjara; n  mereka telah menjadi jarahan dan tidak ada yang melepaskan, o  menjadi rampasan dan tidak ada yang berkata: "Kembalikanlah!" 42:23 Siapakah di antara kamu yang mau memasang telinga p  kepada hal ini, yang mau memperhatikan dan mendengarkannya untuk masa yang kemudian? 42:24 Siapakah yang menyerahkan Yakub untuk dirampas, dan Israel kepada penjarah? q  Bukankah itu TUHAN? r  Sebab kepada-Nya kita telah berdosa, dan orang tidak mau mengikuti s  jalan yang telah ditunjuk-Nya, dan kepada pengajaran-Nya t  orang tidak mau mendengar. 42:25 Maka Ia telah menumpahkan kepadanya kepanasan amarah-Nya u  dan peperangan yang hebat, yang menghanguskan v  dia dari sekeliling, tetapi ia tidak menginsafinya, w  dan yang membakar dia, tetapi ia tidak memperhatikannya. x 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[42:1]  1  Full Life : ITU HAMBA-KU.

Nas : Yes 42:1-7

Sebagian dari ayat-ayat ini dikutip dalam PB (lih. Mat 12:18-21); jelas bahwa hamba yang dibicarakan sang nabi ialah Yesus Kristus, Mesias itu.

[42:1]  2  Full Life : AKU TELAH MENARUH ROH-KU KE ATAS-NYA.

Nas : Yes 42:1

Mesias akan diurapi oleh Roh Kudus supaya melaksanakan tugas penebusan-Nya (bd. Yes 61:1;

lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS).

Para pengikut-Nya, yang akan melanjutkan apa yang telah dimulai oleh Yesus, juga memerlukan pencurahan Roh Kudus atas diri mereka (Kis 1:8; 2:4). Hanya Roh yang dapat memungkinkan orang percaya melayani dengan hikmat, penyataan, dan kuasa yang diperlukan.

[42:1]  3  Full Life : MENYATAKAN HUKUM KEPADA BANGSA-BANGSA.

Nas : Yes 42:1

Dengan kuasa Roh Kudus, Mesias akan membawa norma-norma keadilan kudus dan prinsip-prinsip kebenaran ilahi kepada semua bangsa; dengan demikian sifat pekerjaan-Nya adalah misioner. Dewasa ini tugas yang sama adalah tanggung jawab orang-orang yang membawa nama Kristus. Ia membaptis para pengikut-Nya dengan Roh Kudus supaya mereka dapat melaksanakan tugas ini

(lihat cat. --> Kis 1:8).

[atau ref. Kis 1:8]

[42:6]  4  Full Life : TERANG UNTUK BANGSA-BANGSA.

Nas : Yes 42:6

Misi Mesias mencakup pengantaran perjanjian keselamatan kepada orang bukan Yahudi dan orang Yahudi. Perjanjian yang baru akan ditetapkan oleh kematian-Nya (Yer 31:31-34; Ibr 8:6-13; 9:15;

lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU).

[42:7]  5  Full Life : MEMBUKA MATA YANG BUTA.

Nas : Yes 42:7

Dengan kematian-Nya dan kuasa Roh Kudus, Mesias akan membebaskan semua orang percaya dari kegelapan dosa dan kesalahan

(lihat cat. --> Rom 5:12)

[atau ref. Rom 5:12]

serta melepaskan mereka dari kuasa Iblis (bd. 1Yoh 3:8).

[42:10]  6  Full Life : NYANYIAN BARU BAGI TUHAN.

Nas : Yes 42:10-17

Yesaya bernubuat tentang suatu masa ketika orang bukan Yahudi dan Israel yang setia akan menyanyikan pujian kepada Tuhan mereka dari ujung-ujung bumi karena penebusan dan kemenangan mulia yang mereka alami melalui Dia.

[42:18]  7  Full Life : ORANG-ORANG TULI ... ORANG-ORANG BUTA.

Nas : Yes 42:18-25

Karena kebutaan dan ketulian rohani umat Allah, mereka dijarahi dan dirampok oleh musuh-musuh mereka; tidak ada seorang pun yang melepaskan dan memulihkan mereka.



TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA