TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Maleakhi 1:1-7

Konteks
Judul
1:1 Ucapan ilahi. a  Firman b  TUHAN kepada Israel dengan perantaraan Maleakhi 1 .
TUHAN mengasihi Israel
1:2 "Aku mengasihi c  kamu 2 ," firman TUHAN. Tetapi kamu berkata: d  "Dengan cara bagaimanakah Engkau mengasihi kami?" "Bukankah Esau itu kakak Yakub?" demikianlah firman TUHAN. "Namun Aku mengasihi Yakub, e  1:3 tetapi membenci f  Esau 3 . Sebab itu Aku membuat pegunungannya menjadi sunyi sepi g  dan tanah pusakanya Kujadikan padang gurun. h " 1:4 Apabila Edom i  berkata: "Kami telah hancur, tetapi kami akan membangun kembali j  reruntuhan itu," maka beginilah firman TUHAN semesta alam: "Mereka boleh membangun, tetapi Aku akan merobohkannya; k  dan orang akan menyebutkannya daerah kefasikan dan bangsa yang kepadanya TUHAN l  murka sampai selama-lamanya." 1:5 Matamu akan melihat dan kamu sendiri akan berkata: "TUHAN maha besar m  sampai di luar daerah Israel. n "
Pencemaran korban-korban
1:6 Seorang anak menghormati bapanya o  dan seorang hamba menghormati tuannya. p  Jika Aku ini bapa, di manakah hormat yang kepada-Ku itu? Jika Aku ini tuan, di manakah takut q  yang kepada-Ku itu? firman TUHAN semesta alam r  kepada kamu, hai para imam yang menghina nama-Ku 4 . Tetapi kamu berkata: s  "Dengan cara bagaimanakah kami menghina nama-Mu?" 1:7 Kamu membawa roti cemar t  ke atas mezbah-Ku, tetapi berkata: u  "Dengan cara bagaimanakah kami mencemarkannya?" Dengan cara menyangka: "Meja v  TUHAN boleh dihinakan!"

Maleakhi 2:17

Konteks
TUHAN datang untuk menghukum
2:17 Kamu menyusahi w  TUHAN dengan perkataanmu. Tetapi kamu berkata: x  "Dengan cara bagaimanakah kami menyusahi Dia?" Dengan cara kamu menyangka: "Setiap orang yang berbuat jahat adalah baik di mata TUHAN; kepada orang-orang yang demikianlah Ia berkenan y --atau jika tidak, di manakah Allah yang menghukum? z "
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[1:1]  1 Full Life : MALEAKHI.

Nas : Mal 1:1

Maleakhi bernubuat sekitar 100 tahun setelah kelompok pertama orang buangan kembali dari Babel ke tanah air mereka. Sekalipun umat itu pada mulanya menanggapi pemulihan mereka dengan semangat bagi Allah, komitmen mereka memudar dengan berlalunya tahun-tahun. Sekitar tahun 430 SM, umat itu dihadapkan oleh Maleakhi dengan kurangnya kepercayaan kepada Allah, ketidaksungguhan ibadah mereka dan ketidaksediaan mereka untuk taat kepada hukum Allah.

[1:2]  2 Full Life : AKU MENGASIHI KAMU.

Nas : Mal 1:2

Umat itu ragu-ragu apakah benar Allah mengasihi mereka; karena mengalami kesulitan, mereka menuduh Allah tidak setia kepada janji-janji perjanjian-Nya. Tuhan bersikeras bahwa Ia telah memelihara mereka selama tahun-tahun ini secara khusus. Sebenarnya, Israellah yang lalai mengasihi dan menghormati Allah dengan ketidaktaatan mereka kepada hukum-Nya (Mal 1:6-8).

[1:3]  3 Full Life : MEMBENCI ESAU.

Nas : Mal 1:3

Istilah "membenci" hanya berarti bahwa Allah memilih saudaranya Yakub, dan bukan Esau, untuk mewarisi janji-janji perjanjian dan menjadi seorang leluhur umat pilihan yang kelak akan memperanakkan Mesias. Penolakan Esau dan keturunannya oleh Allah selaku leluhur Mesias tidak ada hubungannya dengan nasib kekal mereka. Keinginan Allah ialah agar Esau dan keturunannya akan hidup bagi Dia dan dengan demikian juga menerima berkat-Nya

(lihat cat. --> Kej 25:23;

lihat cat. --> Rom 9:13).

[atau ref. Kej 25:23; Rom 9:13]

[1:6]  4 Full Life : PARA IMAM YANG MENGHINA NAMA-KU.

Nas : Mal 1:6-8

Maleakhi mengecam para imam negeri itu.

  1. 1) Mereka menunjukkan sikap menghina kepada Allah dengan mempersembahkan hewan-hewan yang cacat atau sakit, bertentangan dengan hukum Allah (Im 22:22).
  2. 2) Selaku orang percaya di dalam Kristus kita harus memberikan yang terbaik dari milik kita kepada Allah. Seluruh hidup kita hendaknya merupakan persembahan yang hidup bagi Dia (Rom 12:1). Saat yang kita lalui di dalam doa dan penelaahan Alkitab seharusnya saat khusus setiap hari, bukan ketika kita sudah terlalu lelah untuk melakukan hal lainnya.
  3. 3) "Meja Tuhan" adalah meja yang dipakai untuk menyembelih korban yang dipersembahkan.



TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA