Yeremia 2:6
Konteks2:6 Dan mereka tidak lagi bertanya: Di manakah TUHAN, yang menuntun kita keluar dari tanah Mesir; x yang memimpin kita di padang gurun, di tanah yang tandus y dan yang lekak-lekuk, z di tanah yang sangat kering dan gelap, di tanah yang tidak dilintasi a orang dan yang tidak didiami manusia?
Yeremia 3:1
KonteksYeremia 3:7
Konteks3:7 Pikir-Ku: Sesudah melakukan semuanya ini, ia akan kembali kepada-Ku, tetapi ia tidak kembali. Hal itu telah dilihat w oleh Yehuda, saudaranya perempuan x yang tidak setia.
Yeremia 3:17
Konteks3:17 Pada waktu itu Yerusalem akan disebut takhta a TUHAN, dan segala bangsa b akan berkumpul ke sana, demi c nama TUHAN ke Yerusalem, dan mereka tidak lagi akan bertingkah langkah menurut kedegilan hatinya d yang jahat.
Yeremia 4:4
Konteks4:4 Sunatlah dirimu 2 bagi TUHAN, dan jauhkanlah kulit khatan hatimu, i hai orang Yehuda dan penduduk Yerusalem, supaya jangan murka-Ku j mengamuk seperti api, k dan menyala-nyala dengan tidak ada yang memadamkan, l oleh karena perbuatan-perbuatanmu yang jahat! m "
Yeremia 7:20
Konteks7:20 Sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: k Sesungguhnya, murka-Ku l dan kehangatan amarah-Ku akan tercurah m ke tempat ini, ke atas manusia, ke atas hewan, ke atas pohon-pohonan di padang dan ke atas hasil tanah; amarah itu akan menyala-nyala dengan tidak padam-padam. n "
Yeremia 16:10
Konteks16:10 Apabila engkau memberitahukan kepada bangsa ini segala perkataan itu dan mereka berkata kepadamu: Mengapakah TUHAN mengancamkan segala malapetaka yang besar ini terhadap kami? Apakah kesalahan kami dan apakah dosa yang telah kami lakukan terhadap TUHAN, Allah e kami?,
Yeremia 16:14
Konteks16:14 Sebab itu, demikianlah firman TUHAN, sesungguhnya, waktunya akan datang, n bahwa tidak dikatakan orang lagi: Demi TUHAN yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir!, o
Yeremia 23:36
Konteks23:36 Tetapi Sabda yang dibebankan oleh TUHAN janganlah kamu sebut-sebutkan lagi, sebab yang menjadi beban bagi setiap orang ialah perkataannya sendiri, oleh karena kamu telah memutarbalikkan e perkataan-perkataan Allah yang hidup, f TUHAN semesta alam, Allah kita.
Yeremia 24:1
KonteksYeremia 25:27
Konteks25:27 Kemudian haruslah kaukatakan kepada mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Minumlah sampai mabuk b dan muntah-muntah! Rebahlah dan jangan bangun lagi, oleh karena pedang c yang hendak Kukirimkan ke antara kamu!
Yeremia 34:5
Konteks34:5 Engkau akan mati dengan damai. Dan sebagaimana dinyalakan api y untuk menghormati bapa-bapa leluhurmu, raja-raja dahulu, yang hidup sebelum engkau, demikianlah orang akan menyalakan api untuk menghormati engkau, dan akan meratapi engkau dengan berkata: Aduhai, z tuan! Sungguh, Akulah yang mengucapkan firman ini, demikianlah firman TUHAN."
Yeremia 34:18
Konteks34:18 Dan Aku akan menyerahkan orang-orang, yang melanggar perjanjian-Ku s dan yang tidak menepati isi perjanjian yang mereka ikat di hadapan-Ku, dengan memotong anak lembu jantan menjadi dua 5 untuk berjalan di antara belahan-belahannya; t
Yeremia 35:18
Konteks35:18 Tetapi berkatalah Yeremia kepada kaum orang Rekhab: "Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Oleh karena kamu telah mendengarkan perintah Yonadab, bapa leluhurmu, j telah berpegang pada segala perintahnya dan telah melakukan tepat seperti yang diperintahkannya kepadamu,
Yeremia 37:13
Konteks37:13 Tetapi ketika ia sampai ke pintu gerbang Benyamin, o maka di sana ada seorang kepala jaga yang bernama Yeria bin Selemya bin Hananya; ia menangkap nabi Yeremia sambil berteriak: "Engkau mau menyeberang p kepada orang Kasdim!"
Yeremia 37:21
Konteks37:21 Raja Zedekia memberi perintah, lalu orang menahan Yeremia di pelataran penjagaan dan memberikan setiap hari kepadanya sepotong roti dari jalan tukang roti, sampai pada waktu segala roti b habis c di kota itu. Demikianlah Yeremia tinggal di pelataran penjagaan d itu.
Yeremia 38:27
Konteks38:27 Memang semua pemuka itu datang bertanya kepada Yeremia, tetapi ia memberi jawab kepada mereka tepat seperti segala yang diperintahkan raja. Maka mereka membiarkan dia, sebab sesuatupun dari pembicaraan itu tidak ada yang diketahui siapapun.
Yeremia 40:1
KonteksYeremia 50:34
Konteks50:34 Tetapi Penebus u mereka adalah kuat; TUHAN semesta alam v nama-Nya. Tentulah Ia akan memperjuangkan perkara w mereka, supaya Ia memberi ketenteraman x kepada bumi, tetapi kegemparan kepada penduduk Babel.
![Seret untuk mengatur ukuran](images/t_arrow.gif)
![Seret untuk mengatur ukuran](images/d_arrow.gif)
[3:1] 1 Full Life : ENGKAU TELAH BERZINAH.
Nas : Yer 3:1-5
Berpalingnya Yehuda kepada dewa-dewa lain itu sama dengan perzinaan rohani terhadap Tuhan; ketidaksetiaan ini sering kali terungkap dalam bentuk kebejatan yang jasmaniah bila umat itu terlibat dalam upacara pelacuran di kuil. Kendatipun firman Allah kepada mereka melalui hamba-Nya Yeremia, umat itu terus hidup dalam kejahatan mereka. PB sering kali memperingatkan terhadap penyembahan berhala dan ketunasusilaan, agar orang yang hidup di bawah perjanjian yang baru tidak mengulangi kesalahan mereka yang hidup di bawah perjanjian yang lama (bd. 1Kor 6:9-11).
[4:4] 2 Full Life : SUNATLAH DIRIMU
Nas : Yer 4:4
(versi Inggris NIV -- sunatlah hatimu). Untuk mengelak malapetaka besar yang akan menimpa mereka, penduduk Yehuda harus mengalami pembaharuan moral menyeluruh dengan kembali mengabdi kepada kebenaran, keadilan, dan kesalehan. Mereka harus terbuka terhadap Roh Kudus yang menginsafkan, bertobat dari dosa mereka dan membuka tanah hati mereka yang sangat keras itu (ayat Yer 4:3). Kejahatan di dalam hati mereka harus disingkirkan sebagaimana kulit khatan mereka ketika disunat.
[24:1] 3 Full Life : MENGANGKUT KE DALAM PEMBUANGAN.
Nas : Yer 24:1-10
Latar belakang sejarah perumpamaan dua keranjang buah ara ini ialah awal pemerintahan Zedekia. Raja Nebukadnezar baru saja membawa Yekhonya dan banyak orang Israel lainnya ke Babel (597 SM). Zedekia dan mereka yang masih tinggal telah luput dari hukuman Allah; karena itu mereka menganggap bahwa nubuat-nubuat Yeremia mengenai kebinasaan total tidak benar. Perumpamaan Yeremia mengingatkan bahwa orang yang tertinggal di Yerusalem akan mengalami hukuman yang lebih dahsyat daripada mereka yang sudah dibawa ke dalam pembuangan di Babel.
[24:1] 4 Full Life : DUA KERANJANG BUAH ARA.
Nas : Yer 24:1
Keranjang pertama (yaitu, para tawanan tahun 597 SM) dipandang berisi buah ara yang sangat baik, baik dalam arti bahwa Allah akan memurnikan mereka melalui penderitaan dalam pembuangan (ayat Yer 24:5). Setelah pembuangan mereka akan dibawa kembali ke negeri mereka (ayat Yer 24:6) dan akan berbalik dari berhala kepada Allah dengan sepenuh hati (ayat Yer 24:7); Allah akan memakai mereka untuk melaksanakan rencana penebusan-Nya di dalam dunia. Keranjang kedua berisi buah ara jelek (ayat Yer 24:2) dan melambangkan Raja Zedekia dan orang-orang yang masih tertinggal di Yerusalem setelah penawanan pertama; mereka akan terus menentang Yeremia dan beritanya, dan oleh karena itu mengalami kengerian yang luar biasa pada saat kejatuhan Yerusalem pada tahun 586 SM, peristiwa yang sangat memalukan.
[34:18] 5 Full Life : MEMOTONG ANAK LEMBU JANTAN MENJADI DUA.
Nas : Yer 34:18
Orang yang terlibat dalam penegakan suatu perjanjian akan berjalan di antara dua paruhan anak lembu yang disembelih; tindakan ini mungkin berarti bahwa semua pihak patut dipotong-potong apabila melanggar perjanjian itu (bd. Kej 15:10).
[40:1] 6 Full Life : DIANGKUT KE DALAM PEMBUANGAN.
Nas : Yer 40:1-44:30
Pasal-pasal ini membahas aneka peristiwa yang terjadi di Yehuda setelah kejatuhan Yerusalem. Banyak orang dibawa ke Babel, sedangkan hanya sebagian kecil saja ditinggalkan. Peristiwa yang terjadi sesudah kejatuhan kota itu menunjukkan bahwa bangsa itu masih menolak untuk mengandalkan Allah.
[40:1] 7 Full Life : (YEREMIA) TERBELENGGU PADA TANGANNYA.
Nas : Yer 40:1
Lihat cat. --> Yer 39:11.
[atau ref. Yer 39:11]