Roma 1:6
Konteks1:6 Kamu juga termasuk di antara mereka, kamu yang telah dipanggil menjadi milik Kristus. o
Roma 2:13
Konteks2:13 Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan f hukum Tauratlah yang akan dibenarkan 1 .
Roma 3:22
Konteks3:22 yaitu kebenaran Allah d karena iman 2 e dalam Yesus Kristus f bagi semua orang yang percaya. g Sebab tidak ada perbedaan. h
Roma 5:6
Konteks5:6 Karena waktu kita masih lemah, s Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka t pada waktu yang ditentukan u oleh Allah.
Roma 6:12
Konteks6:12 Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa r lagi 3 di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya.
Roma 7:16
Konteks7:16 Jadi jika aku perbuat apa yang tidak aku kehendaki, aku menyetujui, bahwa hukum Taurat itu baik. s
Roma 8:2
Konteks8:2 Roh 4 , yang memberi hidup i telah memerdekakan j kamu dalam Kristus k dari hukum dosa l dan hukum maut.
Roma 8:6
Konteks8:6 Karena keinginan daging adalah maut, u tetapi keinginan Roh adalah hidup v dan damai sejahtera.
Roma 8:12
Konteks8:12 Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging. e
Roma 11:19
Konteks11:19 Mungkin kamu akan berkata: ada cabang-cabang yang dipatahkan, supaya aku dicangkokkan di antaranya sebagai tunas.
Roma 13:10
Konteks13:10 Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia 5 , karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat. b
Roma 16:1
KonteksRoma 16:3
Konteks16:3 Sampaikan salam kepada Priskila dan Akwila, g teman-teman sekerjaku h dalam Kristus Yesus. i
Roma 16:9
Konteks16:9 Salam kepada Urbanus, teman sekerja kami dalam Kristus, p dan salam kepada Stakhis, yang kukasihi.
Roma 16:11
Konteks16:11 Salam kepada Herodion, temanku sebangsa. s Salam kepada mereka yang termasuk isi rumah t Narkisus, yang ada dalam Tuhan.
Roma 16:21
Konteks16:21 Salam kepada kamu dari Timotius, k temanku sekerja, dan dari Lukius, l Yason m dan Sosipater, teman-temanku n sebangsa.
[2:13] 1 Full Life : ORANG YANG MELAKUKAN HUKUM TAURATLAH YANG AKAN DIBENARKAN.
Nas : Rom 2:13
Paulus tidak memakai istilah "Taurat" dalam arti serangkaian peraturan yang dapat kita taati dan mendapat keselamatan tanpa kasih karunia. "Hukum Taurat" di sini mewakili kehendak Allah yang dinyatakan kepada manusia. Sekadar mendengarkan Firman Allah tidak ada gunanya kecuali disertai iman, penyerahan, dan ketaatan. Harus ada "ketaatan yang bersumber dari iman" (Rom 1:5; bd. Rom 16:26), yang terungkap melalui kasih (Gal 5:6).
Nas : Rom 3:22
Iman kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat merupakan satu-satunya syarat yang diminta Allah untuk memperoleh keselamatan. Untuk pembahasan tentang iman yang menyelamatkan
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA.
[6:12] 3 Full Life : HENDAKLAH DOSA JANGAN BERKUASA LAGI.
Nas : Rom 6:12
Karena dosa sudah dikalahkan, saudara harus senantiasa menentang usahanya untuk berkuasa kembali. Karena dosa berusaha memerintah terutama melalui keinginan-keinginan tubuh, maka keinginan ini harus dilawan dengan iman kepada Kristus
(lihat cat. --> Rom 6:15 berikut).
[atau ref. Rom 6:15]
Kita dapat melakukan hal itu dengan menyangkal keinginan jahat tubuh kita (ayat Rom 6:12), menolak untuk menyerahkan anggota tubuh kepada dosa (ayat Rom 6:13), dan mempersembahkan tubuh dan seluruh kepribadian kita sebagai hamba kepada Allah dan kebenaran (ayat Rom 6:13-19).
[8:2] 4 Full Life : (HUKUM) ROH.
Nas : Rom 8:2
(Dalam versi Inggris NIV bukan "Roh" tetapi "Hukum Roh"). "Roh yang memberi hidup" ini ialah kuasa dan hidup yang mengatur dan menggiatkan dari Roh Kudus yang bekerja dalam hati orang percaya. Roh Kudus memasuki kehidupan orang berdosa dan membebaskan mereka dari kuasa dosa (bd. Rom 7:23). Hukum Roh kini bekerja secara leluasa pada saat orang percaya menyerahkan diri untuk menaati Roh (ayat Rom 8:4-5,13-14). Mereka mendapati kekuatan baru yang bekerja di dalam dirinya, suatu kuasa yang memungkinkan mereka mengatasi dosa. "Hukum dosa dan hukum maut" adalah kuasa dosa yang mengikat, sehingga memperbudak orang (Rom 7:14) dan membawa mereka kepada keadaan yang menyedihkan (Rom 7:24).
[13:10] 5 Full Life : KASIH TIDAK BERBUAT JAHAT TERHADAP SESAMA MANUSIA.
Nas : Rom 13:10
"Kasih" digenapi bukan hanya melalui perintah-perintah yang positif (Rom 12:9-21; 1Kor 13:4,6-7) tetapi juga dengan perintah-perintah negatif. Semua perintah yang disebutkan di sini berbentuk negatif (ayat Rom 13:9; bd. 1Kor 13:4-6).
- 1) Kasih itu positif; namun kasih juga negatif karena berhubungan dengan kecenderungan manusia akan dosa, mementingkan diri sendiri, dan kekejaman. Delapan dari sepuluh Hukum bersifat negatif karena dosa terjadi dengan sendirinya, sedangkan kebaikan tidak. Bukti pertama dari kasih Kristen ialah berbalik dari dosa dan segala yang mendatangkan kerugian atau kesedihan kepada orang lain.
- 2) Pandangan bahwa etika Kristen harus bersifat positif saja adalah pandangan yang keliru didasarkan pada pandangan masyarakat yang berusaha meloloskan diri dari semua larangan yang mengekang kerinduan yang tak terkendalikan dari tabiat berdosa (Gal 5:19-21).
Nas : Rom 16:1
Febe mungkin yang mengantarkan surat ini. Dia adalah seorang diaken wanita dari jemaat di Kengkrea yang melayani orang miskin, orang sakit dan yang sangat memerlukan pertolongan, dan juga membantu para misionaris seperti Paulus. Salam Paulus kepada sekurang-kurangnya 8 orang wanita dalam pasal ini menunjukkan bahwa wanita menjalankan pelayanan yang penting di gereja ketika itu.