Mazmur 22:1-3
KonteksMazmur 30:7-8
Konteks30:7 (30-8) TUHAN, oleh karena Engkau berkenan, Engkau telah menempatkan aku di atas gunung yang kokoh; ketika Engkau menyembunyikan wajah-Mu, m aku terkejut. 30:8 (30-9) Kepada-Mu, ya TUHAN, aku berseru, dan kepada Tuhanku aku memohon:
Mazmur 34:6
Konteks34:6 (34-7) Orang yang tertindas ini berseru, dan TUHAN mendengar; Ia menyelamatkan dia dari segala kesesakannya. f
Mazmur 50:15
Konteks50:15 Berserulah n kepada-Ku pada waktu kesesakan 4 , o Aku akan meluputkan p engkau, dan engkau akan memuliakan q Aku." Sela
Mazmur 118:5
Konteks118:5 Dalam kesesakan b aku telah berseru kepada TUHAN. TUHAN telah menjawab c aku dengan memberi kelegaan.
Mazmur 130:1-2
KonteksMazmur 130:2
Konteks130:2 Tuhan, dengarkanlah suaraku! k Biarlah telinga-Mu menaruh perhatian l kepada suara permohonanku. m
Mazmur 33:12-13
Konteks33:12 Berbahagialah bangsa, yang Allahnya ialah TUHAN, d suku bangsa yang dipilih-Nya e menjadi milik-Nya f sendiri! 33:13 TUHAN memandang g dari sorga, Ia melihat semua anak manusia; h
Yesaya 37:15-20
Konteks37:15 Hizkia berdoa w di hadapan TUHAN, katanya: 37:16 "Ya TUHAN semesta alam, Allah Israel, yang bertakhta x di atas kerubim! y Hanya Engkau sendirilah Allah z segala kerajaan a di bumi; Engkaulah yang menjadikan langit dan bumi. b 37:17 Sendengkanlah telinga-Mu, ya TUHAN, dan dengarlah; c bukalah mata-Mu, ya TUHAN, dan lihatlah; d dengarlah segala perkataan Sanherib e yang telah dikirimnya untuk mencela f Allah g yang hidup. 37:18 Ya TUHAN, memang raja-raja Asyur telah memusnahkan semua bangsa dan negeri-negeri h mereka 37:19 dan menaruh para allah mereka ke dalam api, i sebab mereka bukanlah Allah, j hanya buatan tangan k manusia, kayu dan batu; sebab itu dapat dibinasakan l orang. 37:20 Maka sekarang, ya TUHAN, Allah kami, selamatkanlah m kami dari tangannya, supaya segala kerajaan di bumi n mengetahui, bahwa hanya Engkau sendirilah TUHAN 6 . o "
Yesaya 38:1-3
KonteksYohanes 2:2
Konteks2:2 Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu.
Nas : Mazm 22:2-32
Mazmur ini, yang paling banyak dikutip dalam PB disebut "mazmur salib" karena begitu rinci melukiskan penderitaan berat Kristus di salib. Perhatikan setidak-tidaknya dua hal tentang mazmur ini:
- 1) Ini adalah seruan penderitaan dan kesedihan dari seorang penderita saleh yang belum dibebaskan dari pencobaan dan penderitaan. Dalam arti ini semua orang percaya yang menderita dapat menyatukan dirinya dengan kata-kata dalam doa ini.
- 2) Kata-kata dalam mazmur ini mengungkapkan suatu pengalaman yang jauh melebihi pengalaman manusia biasa. Dengan ilham Roh Kudus, pemazmur menubuatkan penderitaan Yesus Kristus ketika disalib dan menunjuk kepada pembenaran diri-Nya tiga hari kemudian.
[22:1] 2 Full Life : ALLAHKU, ALLAHKU, MENGAPA ENGKAU MENINGGALKAN AKU?
Nas : Mazm 22:2
Yesus mengucapkan seruan mengerikan ini di salib ketika kehadiran Bapa sorgawi-Nya yang memelihara dan melindungi ditarik (Yes 53:10-12; 2Kor 5:21; lih. Mat 27:46). Yesus ditinggalkan oleh Allah karena Ia menderita sebagai pengganti orang berdosa, yaitu menjadi kutuk karena kita (Gal 3:13). Dengan mengutip ayat ini, Yesus juga mengacu kepada seluruh mazmur ini sebagai gambaran diri-Nya.
[22:2] 3 Full Life : AKU BERSERU-SERU ... ENGKAU TIDAK MENJAWAB.
Nas : Mazm 22:3
Orang percaya, seperti Yesus sendiri, kadang-kadang mungkin merasa seperti ditinggalkan oleh Allah. Bilamana hal ini terjadi, peganglah teguh kepercayaan kepada Allah dan kebaikan-Nya, sambil tetap berdoa dan mengandalkan Dia (ayat Mazm 22:3-6).
[50:15] 4 Full Life : BERSERULAH KEPADA-KU PADA WAKTU KESESAKAN.
Nas : Mazm 50:15
Tuhan mengundang semua orang percaya yang setia untuk berseru kepada-Nya senantiasa pada waktu keperluan dan kesesakan. Allah ingin mendengarkan doa-doa kita, menolong kita dan membiarkan nama-Nya ditinggikan sebagai Allah yang membebaskan umat-Nya.
[130:1] 5 Full Life : DARI JURANG YANG DALAM AKU BERSERU KEPADA-MU.
Nas : Mazm 130:1
Orang yang menuai kesengsaraan dan siksaan dari dosa-dosa mereka sendiri dapat berseru kepada Allah dengan kepastian bahwa Dia akan mengampuni, menyembuhkan, dan mengembalikan mereka ke dalam persekutuan dengan diri-Nya. Allah ingin menunjukkan kasih setia-Nya kepada semua orang yang dalam kesulitan, menyelamatkan mereka dari perbudakan dosa supaya mereka dapat mengenal kasih, perhatian, dan kebaikan-Nya (ayat Mazm 130:4;
lihat cat. --> Mat 26:28).
[atau ref. Mat 26:28]
[37:20] 6 Full Life : HANYA ENGKAU SENDIRILAH TUHAN.
Nas : Yes 37:20
Lihat cat. --> 2Raj 19:19.
[atau ref. 2Raj 19:19]
[38:1] 7 Full Life : ENGKAU AKAN MATI.
Nas : Yes 38:1
Melalui Yesaya, Allah menubuatkan bahwa Hizkia akan mati sebagai akibat tidak terelakkan dari penyakitnya. Tetapi, banyak nubuat adalah bersyarat (mis. Yer 18:7-10); Allah tidak bertindak secara tipuan (Ibr 6:18), tetapi Ia bisa mengubah rencana-Nya sesuai dengan tanggapan kita kepada firman-Nya. Firman Allah kepada Hizkia menjadi suatu pernyataan yang langsung dan tegas yang mengungkapkan suatu kemungkinan yang sungguh. Karena Hizkia menanggapinya dalam doa yang sungguh-sungguh dan keyakinan teguh akan kemampuan Allah untuk menyembuhkan penyakitnya, Allah di dalam kemurahan-Nya mengabulkan doanya dan menambahkan 15 tahun kepada hidupnya.