TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Obaja 1:3

Konteks
1:3 Keangkuhan f  hatimu 1  telah memperdayakan engkau, ya engkau yang tinggal di liang-liang batu, g  di tempat kediamanmu yang tinggi; engkau yang berkata dalam hatimu: "Siapakah yang sanggup menurunkan aku ke bumi? h "

Obaja 1:10-14

Konteks
1:10 Karena kekerasan q  terhadap saudaramu Yakub, r  maka cela akan meliputi engkau, dan engkau akan dilenyapkan untuk selama-lamanya 2 . s  1:11 Pada waktu engkau berdiri di kejauhan 3 , sedang orang-orang luar mengangkut kekayaan Yerusalem dan orang-orang asing memasuki pintu gerbangnya dan membuang undi t  atasnya, engkaupun seperti salah seorang dari mereka u  itu. 1:12 Janganlah memandang rendah v  saudaramu, pada hari kemalangannya, w  dan janganlah bersukacita x  atas keturunan Yehuda pada hari kebinasaannya; y  dan janganlah membual z  pada hari kesusahannya. a  1:13 Janganlah masuk ke pintu gerbang umat-Ku pada hari sialnya, bahkan janganlah memandang ringan malapetaka b  yang menimpanya pada hari sialnya; dan janganlah merenggut kekayaannya pada hari sialnya. 1:14 Janganlah berdiri di persimpangan untuk melenyapkan orang-orangnya yang luput, c  dan janganlah serahkan orang-orangnya yang terlepas pada hari kesusahan.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[1:3]  1 Full Life : KEANGKUHAN HATIMU.

Nas : Ob 1:3

Teks :
  1. 1) Orang Edom hidup di daerah pegunungan berbatu. Secara congkak mereka beranggapan bahwa negeri mereka itu aman dan menjadi sombong karena kemandirian dan kekuatan mereka; namun Allah akan meruntuhkan mereka.
  2. 2) Alkitab mengajarkan bahwa kesombongan dan kecongkakan menimbulkan penipuan diri sendiri, mendahului kejatuhan (ayat Ob 1:4; Ams 16:18) dan menyebabkan Allah menjadi musuh kita (ayat Ob 1:8; Yak 4:6; 1Pet 5:5).

[1:10]  2 Full Life : DILENYAPKAN UNTUK SELAMA-LAMANYA.

Nas : Ob 1:10

Obaja menubuatkan bahwa orang Edom akan dibinasakan sama sekali karena kekerasan dan kekejaman mereka (bd. ayat Ob 1:16,18), sedangkan Yehuda akan dipulihkan dan kerajaan Allah akan menang (ayat Ob 1:17,19,21). Pada tahun 582 SM, empat tahun setelah Yerusalem dihancurkan, orang Edom nyaris punah oleh serbuan pasukan Babel dan dipaksa hidup di bagian selatan Yehuda. Pada tahun 70 M setelah Yerusalem dibinasakan Roma, mereka tidak disebut-sebut lagi.

[1:11]  3 Full Life : BERDIRI DI KEJAUHAN.

Nas : Ob 1:11-14

Teks :
  1. 1) Edom menolak untuk menolong Israel, tetangga dan kerabatnya, ketika mereka dalam kesulitan; karena itu Allah akan menghukum mereka.
  2. 2) Allah berharap agar umat-Nya yang telah menerima pertolongan dan kemurahan-Nya menunjukkan kemurahan kepada orang lain pada saat mereka memerlukan bantuan. Ketidakacuhan dan sifat mementingkan diri menunjukkan bahwa kasih dan kasih karunia Allah tidak tinggal di dalam kita (1Yoh 3:15-17;

    lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).



TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA