Imamat 10:6
Konteks10:6 Kemudian berkatalah Musa kepada Harun dan kepada Eleazar dan Itamar, s anak-anak Harun: "Janganlah kamu berkabung t dan janganlah kamu berdukacita, u supaya jangan kamu mati dan jangan TUHAN memurkai segenap umat v ini, tetapi saudara-saudaramu, yaitu seluruh bangsa Israel, merekalah yang harus menangis w karena api yang dinyalakan TUHAN itu.
Imamat 10:2
Konteks10:2 Maka keluarlah api h dari hadapan TUHAN, lalu menghanguskan keduanya 1 , i sehingga mati di hadapan TUHAN. j
1 Samuel 19:24
Konteks19:24 Iapun menanggalkan l pakaiannya, dan iapun juga kepenuhan di depan Samuel. m Ia rebah terhantar dengan telanjang sehari-harian dan semalam-malaman itu. Itulah sebabnya orang berkata: "Apakah juga Saul termasuk golongan nabi? n "
1 Samuel 19:1
KonteksKisah Para Rasul 21:27
KonteksKisah Para Rasul 21:2
Konteks21:2 Di Patara kami mendapat kapal, yang hendak menyeberang ke Fenisia. r Kami naik kapal itu, lalu bertolak.
Kisah Para Rasul 19:1
KonteksEzra 9:3
Konteks9:3 Ketika aku mendengar perkataan itu 3 , maka aku mengoyakkan w pakaianku dan jubahku dan aku mencabut rambut kepalaku dan janggutku dan duduklah aku tertegun. x
Ester 4:1-4
KonteksAyub 1:20
Konteks1:20 Maka berdirilah Ayub, lalu mengoyak jubahnya, s dan mencukur kepalanya, t kemudian sujudlah ia dan menyembah 4 , u
Ayub 2:12
Konteks2:12 Ketika mereka memandang dari jauh, mereka tidak mengenalnya u lagi. Lalu menangislah mereka dengan suara nyaring. v Mereka mengoyak jubahnya, w dan menaburkan debu di kepala x terhadap langit.
Yesaya 32:11
Konteks32:11 Gentarlah, d hai perempuan-perempuan yang hidup aman, gemetarlah, hai perempuan-perempuan yang hidup tenteram, e tanggalkanlah dan bukalah pakaianmu, f kenakanlah kain kabung g pada pinggangmu!
Yehezkiel 24:17
Konteks24:17 Diam-diam saja mengeluh, p jangan mengadakan ratapan kematian; lilitkanlah destarmu q dan pakailah kasutmu, r jangan tutupi mukamu s dan jangan makan roti perkabungan. t "
Yehezkiel 24:23
Konteks24:23 kepalamu pakai destar d dan kakimu pakai kasut; e dan kamu tidak akan meratap f atau menangis. Tetapi kamu akan hancur lebur g dalam hukumanmu, dan kamu akan mengeluh seorang kepada yang lain. h
Yehezkiel 26:16
Konteks26:16 Semua pemuka bangsa-bangsa yang di tepi lautan akan turun takhta dan menjauhkan jubah-jubah kerajaannya dan menanggalkan pakaiannya yang berwarna-warna. j Mereka akan diliputi k kegentaran dan akan duduk di tanah; l mereka akan gentar m senantiasa dan kaget n melihat engkau.
Yunus 3:6
Konteks3:6 Setelah sampai kabar itu kepada raja kota Niniwe, turunlah ia dari singgasananya, ditanggalkannya jubahnya, diselubungkannya kain kabung, lalu duduklah ia di abu. w
[10:2] 1 Full Life : API ... MENGHANGUSKAN KEDUANYA.
Nas : Im 10:2
Nadab dan Abihu dibunuh karena, sebagai imam, mereka memberontak kepada Allah dan hukum-Nya dan dengan demikian menajiskan tempat yang kudus (ayat Im 10:3).
- 1) Mereka secara tegas telah dilarang untuk mempersembahkan api yang
asing kepada Tuhan
(lihat cat. --> Im 10:1 sebelumnya;
[atau ref. Im 10:1]
bd. Kel 30:9-10). Dengan tindakan itu mereka yang ditugaskan untuk mengajarkan hukum Allah menolak untuk menghormati perintah-perintah Allah secara serius. Sekalipun mengaku diri hamba-hamba Allah yang kudus, mereka sesungguhnya melayani keinginan mereka sendiri, dan di dalam diri mereka tidak ada takut akan Allah. - 2) Kedua orang ini merupakan pemimpin umat Allah. Apabila hamba-hamba
Allah berbuat dosa secara terang-terangan, perbuatan mereka sangat
merugikan Allah dan maksud-maksud penebusan-Nya di bumi. Pelanggaran
mereka menajiskan gereja dan seluruh umat Allah serta memalukan Dia.
Karena alasan ini Alkitab mengajarkan bahwa hanya mereka yang
menunjukkan kehidupan Kristen yang tekun dan setia kepada Allah dan
Firman-Nya dapat diangkat menjadi penilik jemaat Allah (lih.
1Tim 3:1-7;
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).
[19:1] 2 Full Life : EFESUS ... BEBERAPA ORANG MURID.
Nas : Kis 19:1
Apakah dua belas murid di Efesus ini orang Kristen atau murid Yohanes Pembaptis? Kemungkinan keduanya.
- 1) Beberapa orang mengira bahwa mereka adalah orang Kristen.
- (a) Lukas menyebut mereka "murid", kata yang biasa dipakainya untuk orang Kristen. Seandainya yang dimaksudkan Lukas bahwa mereka hanya murid Yohanes Pembaptis, bukan Kristus, maka hal itu pasti akan dinyatakannya.
- (b) Paulus menyebut mereka sebagai sudah percaya (ayat
Kis 19:2). Kata kerja "percaya" dipakai kira-kira dua puluh kali
di dalam kitab Kisah Para Rasul tanpa menyebut pelengkap penderita.
Dalam setiap kasus yang lain, konteks menunjukkan bahwa yang
dimaksudkan adalah percaya pada Kristus untuk keselamatan
(lihat cat. --> Kis 19:2 selanjutnya).
[atau ref. Kis 19:2]
- 2) Orang yang lain lagi beranggapan bahwa murid-murid di Efesus ini adalah murid Yohanes Pembaptis yang masih menantikan kedatangan Mesias. Setelah mendengar tentang Yesus dari Paulus, mereka percaya kepada-Nya sebagai Kristus yang dijanjikan dan mereka dilahirkan kembali oleh Roh Kudus (ayat Kis 19:4-5).
- 3) Bagaimanapun kasusnya, jelas bahwa kepenuhan mereka dalam Roh Kudus terjadi setelah mereka beriman, dibaptis dan ditumpangi tangan (ayat Kis 19:5-6).
[9:3] 3 Full Life : KETIKA AKU MENDENGAR PERKATAAN ITU.
Nas : Ezr 9:3
Tanggapan Ezra yang sedih dan doanya adalah contoh yang baik sekali dari keprihatinan dan kekhawatiran yang seharusnya dialami oleh semua hamba Allah yang benar ketika menyaksikan umat Allah menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan fasik.
- 1) Ezra terkejut, malu, dan sangat sedih karena kesalahan umat itu (ayat Ezr 9:3-6; lih. 1Sam 15:35; Yer 9:1-26; 2Kor 11:29).
- 2) Ezra memiliki suatu perasaan yang dalam mengenai kemuliaan, kebenaran, dan kasih Tuhan, yang ditolak umat itu (ayat Ezr 9:4,8-10). Ia tidak bisa menerima apa yang sedang dilakukan umat itu (ayat Ezr 9:3,5; 10:1; juga lih. doa Nehemia dalam Neh 9:1-38 dan Daniel dalam pasal Dan 9:1-27).
- 3) Ezra berdoa kepada Allah dalam kerendahan hati dan dengan air mata (ayat Ezr 9:3,5; 10:1).
- 4) Ezra menyatukan dirinya dengan mereka yang didoakan olehnya dengan menyebut "dosa-dosa kami" dan "kejahatan-kejahatan kami" (ayat Ezr 9:6-15); ia merasakan rasa malu dan kesalahan nasional lebih dalam daripada mereka (bd. Yes 53:12).
- 5) Ezra memahami bahwa kasih karunia dan kemurahan Allah, yang ditunjukkan kepada kaum sisa yang kembali dengan membangkitkan harapan dan visi tentang masa depan, membangun kembali bait Allah dari puing-puing dan memberikan mereka tembok perlindungan, kini diancam oleh ketidaktaatan umat itu kepada firman Allah (ayat Ezr 9:8-15).
- 6) Ezra sangat sadar akan kasih karunia dan kemurahan Allah sehingga mengharapkan akan melihat pengampunan dan pemulihan umat itu (ayat Ezr 9:8-9,12-14).
- 7) Akhirnya, penyesalan Ezra yang dalam menarik perhatian orang lain yang gemetar "karena firman Allah Israel" (ayat Ezr 9:4) dan memahami dampak-dampak merusak dari dosa untuk umat itu dan keluarga mereka (ayat Ezr 9:7,13-15).
[1:20] 4 Full Life : SUJUDLAH IA DAN MENYEMBAH.
Nas : Ayub 1:20
Ayub menanggapi semua musibah yang menimpa dirinya dengan kesedihan yang sangat, tetapi juga dengan kerendahan hati yang tunduk kepada Allah dan terus menyembah Dia di tengah-tengah kesukaran yang hebat (ayat Ayub 1:21; 2:10).
- 1) Reaksi Ayub kemudian hari terhadap musibah selanjutnya terdiri atas keragu-raguan, kemarahan, dan perasaan diasingkan dari Allah (Ayub 7:11). Namun pada saat-saat yang suram ini dan iman yang goyah, ia tidak berbalik melawan Allah, tetapi dengan terus terang mengungkapkan protes dan perasaannya kepada-Nya.
- 2) Kitab Ayub menunjukkan bagaimana orang percaya yang setia hendaknya menghadapi musibah di dalam hidup ini. Sekalipun kita mengalami penderitaan hebat dan kesengsaraan yang tidak dapat dipahami, kita harus berdoa memohon kasih karunia untuk menerima apa yang Allah izinkan menimpa kita dan memohon penyataan dan pemahaman mengenai maknanya. Allah akan menangani perasaan dan keluhan kita yang kacau jikalau diarahkan kepada-Nya -- bukan dengan sikap memberontak, melainkan dengan kepercayaan sungguh-sungguh kepada-Nya sebagai Allah yang pengasih.
- 3) Kitab ini menyatakan bahwa Allah menerima pertanyaan Ayub (pasal Ayub 38:1-41:34) dan pada akhirnya memuji dia karena mengatakan yang "benar tentang Aku" (Ayub 42:7).