Kisah Para Rasul 8:5
Konteks8:5 Dan Filipus t pergi ke suatu kota di Samaria 1 dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ.
Kisah Para Rasul 13:52
Konteks13:52 Dan murid-murid m di Antiokhia penuh dengan sukacita dan dengan Roh Kudus 2 . n
Kisah Para Rasul 14:16
Konteks14:16 Dalam zaman yang lampau Allah membiarkan n semua bangsa menuruti jalannya masing-masing, o
Kisah Para Rasul 19:30
Konteks19:30 Paulus mau pergi ke tengah-tengah rakyat itu, tetapi murid-muridnya s tidak mengizinkannya.
Kisah Para Rasul 19:41
Konteks19:41 (19-40b) Dan dengan kata-kata itu ia membubarkan kumpulan rakyat itu.
Kisah Para Rasul 21:9
Konteks21:9 Filipus mempunyai empat anak dara yang beroleh karunia untuk bernubuat. b
Kisah Para Rasul 23:2
Konteks23:2 Tetapi Imam Besar Ananias z menyuruh orang-orang yang berdiri dekat Paulus menampar mulut a Paulus.
Kisah Para Rasul 23:4
Konteks23:4 Dan orang-orang yang hadir di situ berkata: "Engkau mengejek Imam Besar Allah?"
[8:5] 1 Full Life : FILIPUS PERGI KE ... SAMARIA.
Nas : Kis 8:5-24
Perhatikan urutan peristiwa dalam kisah pencurahan Roh atas orang percaya di Samaria.
- 1) Filipus memberitakan Injil Kerajaan dan Allah meneguhkan Firman-Nya dengan tanda-tanda yang ajaib (ayat Kis 8:5-7).
- 2) Banyak orang Samaria menerima Firman Allah (ayat Kis 8:14),
percaya kepada Yesus (ayat Kis 8:12), disembuhkan dan dilepaskan
dari kuasa-kuasa kejahatan (ayat Kis 8:7), lalu dibaptis dalam air
(ayat Kis 8:12-13). Dengan demikian, mereka mengalami keselamatan,
karya pembaharuan Roh Kudus dan kuasa kerajaan Allah
(lihat cat. --> Kis 8:12).
[atau ref. Kis 8:12]
- 3) Akan tetapi, Roh Kudus "belum turun di atas seorang pun di antara mereka" setelah mereka bertobat dan dibaptis (ayat Kis 8:16).
- 4) Beberapa hari setelah pertobatan orang Samaria, Petrus dan Yohanes
tiba di Samaria dan berdoa supaya mereka beroleh Roh Kudus (ayat
Kis 8:14-15). Jelas adalah selang waktu di antara saat mereka
bertobat dan saat mereka menerima baptisan dalam Roh Kudus (ayat
Kis 8:16-17; bd. Kis 2:4). Dengan kata lain, penerimaan Roh oleh
orang Samaria mengikuti pola pengalaman para murid pada hari Pentakosta
(lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID; dan
lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
- 5) Penerimaan Roh Kudus seharusnya disertai suatu penyataan lahiriah,
yaitu berbicara dengan bahasa roh dan bernubuat
(lihat cat. --> Kis 8:18).
[atau ref. Kis 8:18]
[13:52] 2 Full Life : PENUH DENGAN ... ROH KUDUS.
Nas : Kis 13:52
Kata kerja Yunani yang diterjemahkan "penuh" dipakai dalam bentuk imperfek, yang menunjukkan tindakan berkesinambungan di masa lampau. Para murid secara terus-menerus dipenuhi dan diberi kuasa hari lepas hari. Kepenuhan Roh bukanlah pengalaman sekali saja, tetapi adalah kehidupan dengan kepenuhan berulang-ulang untuk keperluan dan tugas yang diberi Allah (bd. Ef 5:18).