Kejadian 2:4
Konteks2:4 Demikianlah riwayat 1 r langit dan bumi pada waktu diciptakan. s Ketika TUHAN Allah 2 menjadikan bumi dan langit, --
Kejadian 4:2
Konteks4:2 Selanjutnya dilahirkannyalah Habel, c adik Kain; dan Habel menjadi gembala kambing domba, Kain menjadi petani. d
Kejadian 4:20
Konteks4:20 Ada itu melahirkan Yabal; dialah yang menjadi bapa orang yang diam dalam kemah dan memelihara ternak.
Kejadian 5:32
Konteks5:32 Setelah Nuh berumur n lima ratus tahun, ia memperanakkan Sem, o Ham dan Yafet. p
Kejadian 6:6
Konteks6:6 maka menyesallah d TUHAN 3 , bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya.
Kejadian 9:3
Konteks9:3 Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. r Aku telah memberikan semuanya s itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau.
Kejadian 9:13
Konteks9:13 Busur-Ku g Kutaruh di awan 4 , supaya itu menjadi tanda perjanjian antara Aku dan bumi.
Kejadian 11:26-27
Konteks11:26 Setelah Terah hidup tujuh puluh tahun, ia memperanakkan Abram, m Nahor n dan Haran. o
Kejadian 15:12
Konteks15:12 Menjelang matahari terbenam, tertidurlah Abram dengan nyenyak. q Lalu turunlah meliputinya gelap gulita yang mengerikan.
Kejadian 19:24
Konteks19:24 Kemudian TUHAN menurunkan hujan belerang x dan api atas Sodom dan Gomora, y berasal dari TUHAN, dari langit; z
Kejadian 24:24
Konteks24:24 Lalu jawabnya kepadanya: "Ayahku Betuel, anak Milka, yang melahirkannya bagi Nahor. e "
Kejadian 25:17
Konteks25:17 Umur Ismael ialah seratus tiga puluh tujuh tahun. Sesudah itu ia meninggal. Ia mati dan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya 5 . k
Kejadian 26:26
Konteks26:26 Datanglah Abimelekh dari Gerar mendapatkannya, bersama-sama dengan Ahuzat, sahabatnya, dan Pikhol, kepala pasukannya. u
Kejadian 27:3
Konteks27:3 Maka sekarang, ambillah senjatamu, tabung panah dan busurmu, pergilah ke padang k dan burulah bagiku seekor binatang;
Kejadian 28:17
Konteks28:17 Ia takut dan berkata: "Alangkah dahsyatnya tempat ini. c Ini tidak lain dari rumah Allah, d ini pintu gerbang sorga."
Kejadian 33:20
Konteks33:20 Ia mendirikan mezbah j di situ dan dinamainya itu: "Allah Israel ialah Allah."
Kejadian 35:23
Konteks35:23 Anak-anak Lea s ialah Ruben, anak sulung t Yakub, kemudian Simeon, Lewi, Yehuda, u Isakhar dan Zebulon. v
Kejadian 35:29
Konteks35:29 Lalu meninggallah Ishak, ia mati dan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya; l ia tua dan suntuk umur, m maka Esau dan Yakub, anak-anaknya itu, menguburkan dia. n
Kejadian 36:16
Konteks36:16 kepala kaum Korah, kepala kaum Gaetam dan kepala kaum Amalek; itulah kepala-kepala kaum Elifas u di tanah Edom; v itulah keturunan Ada. w
Kejadian 36:29
Konteks36:29 Itulah kepala-kepala kaum orang Hori: kepala kaum Lotan, kepala kaum Syobal, kepala kaum Zibeon, kepala kaum Ana, m
Kejadian 41:11
Konteks41:11 Pada satu malam juga kami bermimpi, aku dan kepala juru roti itu; masing-masing mempunyai mimpi dengan artinya sendiri. w
Kejadian 41:31
Konteks41:31 Sesudah itu akan tidak kelihatan lagi bekas-bekas kelimpahan di negeri ini karena kelaparan itu, sebab sangat hebatnya kelaparan itu.
Kejadian 44:24
Konteks44:24 Setelah kami kembali kepada hambamu, ayahku, r maka kami memberitahukan kepadanya perkataan s tuanku t itu.
Kejadian 46:7
Konteks46:7 Anak-anak dan cucu-cucunya laki-laki dan perempuan, seluruh keturunannya n dibawanyalah ke Mesir. o
Kejadian 49:32
Konteks49:32 dan di situlah juga kukuburkan Lea; j ladang dengan gua yang ada di sana telah dibeli dari orang Het. k "
[2:4] 1 Full Life : DEMIKIANLAH RIWAYAT.
Nas : Kej 2:4
Riwayat penciptaan yang kedua ini (Kej 2:4-25) tidak bertentangan dengan Kej 1:1-2:3. Kisah ini lebih merinci penciptaan laki-laki dan wanita, lingkungan dan masa percobaan mereka. Pasal Kej 2:1-25 memberikan rincian menurut topik, sedangkan pasal Kej 1:1-31 menyajikan urutan kronologis.
[2:4] 2 Full Life : TUHAN ALLAH.
Nas : Kej 2:4
Nama Allah yang lain diperkenalkan dalam Kej 2:4, nama "Tuhan" (Ibr. _YHWH_, "Yahweh"). Jikalau _Elohim_ (Kej 1:1) merupakan nama Allah yang umum, yang menekankan kebesaran dan kuasa-Nya
(lihat art. PENCIPTAAN),
"Tuhan" adalah nama pribadi dan perjanjian yang dengannya Allah menyatakan diri kepada umat-Nya. Dalam penyataan nama perjanjian Allah ini terkandung kasih setia-Nya, perhatian akan keselamatan manusia, serta kedekatan dan kehadiran-Nya yang setia bersama umat-Nya. Nama pribadi ini dipakai dalam situasi ketika Dia dilihat dalam hubungan langsung dengan umat-Nya atau dengan alam. Bila kata-kata "Tuhan Allah" dipakai bersamaan, maka nama tersebut mengacu kepada Pencipta mahakuasa yang telah memasuki hubungan perjanjian dengan umat manusia (lih. ayat Kej 2:9-25; Kel 6:6; Im 11:44-45; Yes 53:1,5-6;
lihat cat. --> Kel 3:14).
[atau ref. Kel 3:14]
[6:6] 3 Full Life : MAKA MENYESALLAH TUHAN.
Nas : Kej 6:6
Allah dinyatakan dalam pasal-pasal awal Alkitab ini sebagai Allah yang menangani orang secara pribadi dan sanggup menyatakan perasaan, kekecewaan, dan reaksi terhadap dosa yang disengaja dan pemberontakan manusia.
- 1) Istilah "menyesal" menunjukkan bahwa akibat dosa umat manusia yang menyedihkan itu, sikap Allah terhadap manusia berubah; sikap kemurahan dan sabar berubah menjadi hukuman.
- 2) Sekalipun keberadaan, sifat, dan maksud-maksud utama Allah tidak berubah (1Sam 15:29; Yak 1:17), Ia tetap terbuka dan tanggap dalam urusan-Nya dengan manusia. Allah dapat mengubah perasaan, sikap, tindakan, dan pikiran-Nya sesuai dengan tanggapan yang berubah terhadap kehendak-Nya (bd. Kel 32:14; 2Sam 24:16; Yer 18:7,8; 26:3,13,19; Yeh 18:1-32; Yun 3:10).
- 3) Penyataan ini mengenai Allah sebagai Allah yang dapat merasakan penyesalan dan kesedihan menunjukkan bahwa Allah berada dalam hubungan yang pribadi dan intim dengan ciptaan-Nya. Dia memiliki kasih yang mendalam bagi umat manusia dan perhatian ilahi terhadap persoalan mereka (Mazm 139:7-18).
[9:13] 4 Full Life : BUSUR-KU KUTARUH DI AWAN.
Nas : Kej 9:13
Pelangi merupakan tanda Allah dan peringatan terus-menerus mengenai janji-Nya untuk tidak lagi memusnahkan semua penghuni bumi dengan air bah. Pelangi seharusnya mengingatkan kita akan kemurahan dan kesetiaan Allah kepada firman-Nya.
[25:17] 5 Full Life : ISMAEL ... DIKUMPULKAN KEPADA KAUM LELUHURNYA.
Nas : Kej 25:17
Pernyataan ini memberikan gagasan bahwa Ismael percaya kepada Allah dan menerima warisan rohani dari ayahnya dan semua orang yang mati di dalam iman
(lihat cat. --> Kej 25:8 sebelumnya).
[atau ref. Kej 25:8]