Yesaya 50:8
Konteks50:8 Dia yang menyatakan aku benar t telah dekat. u Siapakah yang berani berbantah dengan aku? v Marilah kita tampil bersama-sama! w Siapakah lawanku berperkara? Biarlah ia mendekat kepadaku!
Ayub 1:11
Konteks1:11 Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah segala yang dipunyainya, c ia pasti mengutuki Engkau 1 di hadapan-Mu. d "
Ayub 2:5
Konteks2:5 Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah tulang g dan dagingnya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu. h "
Ayub 22:5-30
Konteks22:5 Bukankah kejahatanmu besar dan kesalahanmu m tidak berkesudahan? n 22:6 Karena dengan sewenang-wenang o engkau menerima gadai p dari saudara-saudaramu dan merampas pakaian q orang-orang yang melarat; 22:7 orang yang kehausan tidak kauberi minum air, r dan orang yang kelaparan s tidak kauberi makan, 22:8 tetapi orang yang kuat, dialah yang memiliki tanah, t dan orang u yang disegani, dialah yang mendudukinya. v 22:9 Janda-janda w kausuruh pergi dengan tangan x hampa, dan lengan yatim piatu y kauremukkan. 22:10 Itulah sebabnya engkau z dikelilingi perangkap, a dan dikejutkan b oleh kedahsyatan dengan tiba-tiba. 22:11 Terangmu menjadi gelap, c sehingga engkau tidak dapat melihat dan banjir meliputi engkau. d 22:12 Bukankah Allah bersemayam di langit e yang tinggi? Lihatlah bintang-bintang yang tertinggi, betapa tingginya! 22:13 Tetapi pikirmu: Tahu f apa Allah? Dapatkah Ia mengadili dari balik awan-awan yang gelap? g 22:14 Awan h meliputi Dia, sehingga Ia tidak dapat melihat; i Ia berjalan-jalan sepanjang lingkaran langit! j 22:15 Apakah engkau mau tetap mengikuti jalan lama, yang dilalui k orang-orang jahat, l 22:16 mereka yang telah direnggut sebelum saatnya, m yang alasnya n dihanyutkan sungai; o 22:17 mereka yang berkata kepada Allah: Pergilah dari pada kami! dan: Yang Mahakuasa dapat berbuat apa terhadap kami? p 22:18 Namun Dialah juga yang memenuhi rumah mereka dengan segala q yang baik--tetapi rancangan orang fasik r adalah jauh dari padaku. 22:19 Hal itu dilihat oleh orang benar dan mereka bersukaria; s orang yang tidak bersalah mengolok-olok t mereka: 22:20 Sungguh, lawan kami telah dilenyapkan, u dan peninggalan mereka telah habis dimakan api. v 22:21 Berlakulah ramah terhadap Dia, w supaya engkau tenteram; x dengan demikian engkau y memperoleh keuntungan 2 . 22:22 Terimalah apa yang diajarkan mulut-Nya, z dan taruhlah firman-Nya a dalam hatimu. b 22:23 Apabila engkau bertobat c kepada Yang Mahakuasa, dan merendahkan diri; d apabila engkau menjauhkan kecurangan dari dalam kemahmu, e 22:24 membuang biji emas f ke dalam debu, emas g Ofir h ke tengah batu-batu sungai, i 22:25 dan apabila Yang Mahakuasa menjadi timbunan emasmu, j dan kekayaan perakmu, k 22:26 maka sungguh-sungguh engkau akan bersenang-senang karena Yang Mahakuasa, l dan akan menengadah m kepada Allah. n 22:27 Jikalau engkau berdoa kepada-Nya, o Ia akan mengabulkan doamu, p dan engkau akan membayar nazarmu. q 22:28 Apabila engkau memutuskan berbuat sesuatu, maka akan tercapai maksudmu, r dan cahaya terang s menyinari jalan-jalanmu. t 22:29 Karena Allah merendahkan u orang yang angkuh tetapi menyelamatkan orang yang menundukkan v kepala! 22:30 Orang yang tidak bersalah w diluputkan-Nya: engkau luput karena kebersihan tanganmu. x "
Ayub 42:7
KonteksMazmur 32:6
Konteks32:6 Sebab itu hendaklah setiap orang saleh berdoa kepada-Mu, selagi Engkau dapat ditemui; p sesungguhnya pada waktu banjir q besar terjadi, r itu tidak melandanya. s
Zakharia 3:1-4
KonteksWahyu 12:10
Konteks[1:11] 1 Full Life : IA PASTI MENGUTUKI ENGKAU.
Nas : Ayub 1:11
Dalam ayat Ayub 1:6-12 pertanyaan-pertanyaan utama kitab ini dikemukakan. Mungkinkah umat Allah mengasihi dan melayani Dia karena Dia adalah Allah dan bukan karena semua berkat-Nya? Dapatkah orang benar mempertahankan iman dan kasih mereka kepada Allah di tengah-tengah musibah yang tidak dapat dijelaskan dan penderitaan yang tidak semestinya mereka alami?
[22:21] 2 Full Life : ENGKAU MEMPEROLEH KEUNTUNGAN.
Nas : Ayub 22:21-30
Elifas menghimbau Ayub dengan doktrin pertobatan yang tradisional namun terlalu sederhana: jikalau Ayub bersedia kembali kepada Allah, menerima instruksi dari firman-Nya, merendahkan diri dan menghapus dosa dari hidupnya, dan meninggalkan ketergantungannya pada hal-hal dunia serta bersukacita di dalam Yang Mahakuasa, maka dengan sendirinya Allah akan membebaskannya dari semua kesulitan, doa-doanya akan didengar, dan keberhasilan akan mengikuti semua usahanya. Akan tetapi, Elifas bersalah dalam tiga hal.
- 1) Pertobatan dan keselamatan tidak selalu menghasilkan kemakmuran jasmaniah dan materiel. Kadang-kadang orang beriman, justru karena kesetiaannya "menderita kekurangan, kesesakan, dan siksaan" (Ibr 11:37); sekalipun mereka mempercayai janji-janji Allah, namun saat ini mereka "tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu" (Ibr 11:39).
- 2) Ketika menasihati Ayub untuk bertobat supaya memperoleh kembali kesehatan dan kemakmurannya, Elifas dengan tidak sengaja berpihak kepada Iblis dan tuduhan-tuduhannya menentang Ayub dan Allah. Iblis sebelumnya sudah menuduh Ayub melayani Allah hanya karena apa yang dapat diperoleh daripada-Nya (Ayub 1:9-11). Perhatikan bahwa jikalau Ayub bertobat karena dosa yang terduga supaya memperoleh berkat Allah, maka dia memang layak dituduh melayani Allah hanya demi keuntungan pribadi.
- 3) Walaupun perkataan Elifas dengan fasik mengungkapkan pentingnya pertobatan, perkataan itu diucapkan dengan motivasi yang salah. Sama sekali tidak ada simpati di dalam hatinya terhadap penderitaan Ayub. Kegagalan Elifas menunjukkan bahwa amanat pertobatan yang dialamatkan kepada yang lemah dan menderita harus disertai kata-kata penghiburan dan belas kasihan.
[42:7] 3 Full Life : SETELAH TUHAN MENGUCAPKAN FIRMAN ITU.
Nas : Ayub 42:7
Walaupun kitab Ayub tidak pernah memberikan penyelesaian yang menentukan mengenai persoalan penderitaan yang tidak sepantasnya dialami orang benar, jawaban akhirnya tidak dijumpai dalam pemikiran teologis, tetapi dalam suatu perjumpaan pribadi di antara Allah dengan penderita yang setia.
- 1) Hanya kehadiran pribadi dari Allah akan mendatangkan kepercayaan
akan kasih karunia dan maksud-Nya bagi kehidupan kita. Allah mengutus
Roh Kudus sebagai Penolong dan Penasihat
(lihat cat. --> Yoh 14:16)
[atau ref. Yoh 14:16]
bagi mereka yang percaya kepada Kristus. - 2) Kehadiran Allah ini melalui Roh Kudus mengajarkan kita bahwa kita
dapat mempercayai kasih Allah, baik di tengah keadaan yang sulit maupun
berkat. Melalui kehadiran Kristus kita memperoleh keyakinan bahwa Allah
ada di pihak kita dan bahwa Dia mengusahakan yang terbaik bagi kita
(lihat cat. --> Rom 8:28).
[atau ref. Rom 8:28]
[42:7] 4 Full Life : KAMU TIDAK BERKATA BENAR TENTANG AKU.
Nas : Ayub 42:7
Tuhan menghukum ketiga sahabat Ayub atas teologi kemakmuran dan penderitaan mereka yang salah, teologi yang tampak dalam tuduhan mereka kepada Ayub. Ketiga kesalahan utama mereka adalah:
- 1) Mereka mengajarkan prinsip balas jasa dalam hal kemakmuran dan
penderitaan -- bahwa yang benar akan senantiasa diberkati dan yang fasik
senantiasa mengalami kemalangan
(lihat cat. --> Yoh 9:3).
[atau ref. Yoh 9:3]
- 2) Mereka mendorong Ayub untuk mengakui suatu dosa yang tidak dibuatnya supaya ia dapat lolos dari penderitaannya dan menerima berkat Allah lagi. Dengan nasihat itu mereka mencobai Ayub untuk memakai Allah demi keuntungan pribadi. Jikalau mengikuti nasihat mereka, Ayub akan
- (a) mencemarkan kepercayaan Allah pada dirinya, dan
- (b) memperkuat tuduhan Iblis bahwa Ayub hanya takut akan Allah karena berkat dan keuntungan yang diperolehnya.
- 3) Mereka telah berbicara dengan angkuh ketika menyatakan bahwa Allah mendukung beberapa doktrin dan teologi mereka yang salah.
[42:7] 5 Full Life : BENAR ... SEPERTI HAMBA-KU AYUB.
Nas : Ayub 42:7
Allah menyatakan bahwa apa yang dikatakan Ayub itu benar. Allah tidak bermaksud bahwa segala sesuatu yang dikatakan Ayub itu sungguh tepat, tetapi bahwa tanggapan Ayub kepada ketiga temannya sangat jujur di hadapan Allah dan sikapnya berkenan kepada-Nya. Allah kadang-kadang mengizinkan kesalahan di dalam doa-doa kita dan membiarkan kita meragukan jalan-jalan-Nya jikalau hati kita sungguh-sungguh berserah kepada Dia dalam komitmen sejati.
[3:1] 6 Full Life : IBLIS BERDIRI DI SEBELAH KANANNYA UNTUK MENDAKWA DIA.
Nas : Za 3:1
Yosua sedang mewakili bangsa Israel di hadapan Allah. Iblis, "si penuduh"
(lihat cat. --> Mat 4:10),
[atau ref. Mat 4:10]
berdiri untuk menentangnya, yang menunjukkan bahwa semua halangan dan perlawanan terhadap pembangunan kembali Bait Suci sesungguhnya berasal dari Iblis. Dia masih merupakan musuh kita, "pendakwa saudara-saudara kita" (Wahy 12:10) yang berusaha mengalahkan kita.
[3:2] 7 Full Life : MENGHARDIK ENGKAU, HAI IBLIS!
Nas : Za 3:2
Selaku wakil Israel, Yosua tidak dapat melawan Iblis, karena imam besar itu memakai jubah yang kotor (yaitu, dosa).
- 1) Allah sendiri melawan Iblis dan menghardiknya, karena Allah telah memilih Israel untuk melaksanakan rencana-Nya.
- 2) Israel merupakan "puntung yang disentak dari api". Api itu melambangkan penderitaan Israel dalam pembuangan Babel. Allah telah menuntun Israel melalui penderitaan-penderitaan ini, bukan untuk memusnahkan mereka, tetapi untuk mendisiplin mereka dan mempersiapkan mereka untuk tugas yang lebih besar.
[3:4] 8 Full Life : MENGENAKAN KEPADAMU PAKAIAN PESTA.
Nas : Za 3:4
Jubah Yosua yang kotor ditanggalkan, yang melambangkan penghapusan dosa Yosua (dan Israel). Dia kemudian dikenakan pakaian pesta dengan serban yang bersih di kepalanya, yang menunjukkan pemulihan penuh kepada jabatan imam. Dosa Israel telah dihapuskan dan mereka dikenakan jubah kebenaran ilahi; pentahiran yang sama tersedia bagi kita melalui Kristus (Ef 1:7; Rom 1:16-17; 3:22,25-26).
[12:10] 9 Full Life : PENDAKWA SAUDARA-SAUDARA KITA.
Nas : Wahy 12:10
Iblis mendakwa orang percaya di hadapan Allah dengan mengatakan bahwa mereka melayani Allah hanya untuk keuntungan pribadi (bd. Ayub 1:6-11; Za 3:1).