TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Hakim-hakim 1:31

Konteks
1:31 Suku Asyer y  tidak menghalau penduduk Ako, penduduk Sidon z  serta Ahlab, Akhzib, a  Helba, Afek b  dan Rehob, c 

Hakim-hakim 1:33

Konteks
1:33 Suku Naftali tidak menghalau penduduk Bet-Semes d  dan penduduk Bet-Anat, e  sehingga mereka diam di tengah-tengah orang Kanaan, penduduk asli di negeri itu; tetapi penduduk Bet-Semes dan Bet-Anat itu menjadi orang rodi bagi mereka.

Hakim-hakim 2:1

Konteks
Malaikat TUHAN di Bokhim
2:1 Lalu Malaikat TUHAN 1  pergi o  dari Gilgal p  ke Bokhim q  dan berfirman: "Telah Kutuntun kamu keluar dari Mesir r  dan Kubawa ke negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyangmu, s  dan Aku telah berfirman: Aku tidak akan membatalkan perjanjian-Ku dengan kamu t  untuk selama-lamanya,

Hakim-hakim 2:10

Konteks
2:10 Setelah seluruh angkatan itu dikumpulkan kepada nenek moyangnya, bangkitlah sesudah mereka itu angkatan yang lain 2 , yang tidak mengenal TUHAN ataupun perbuatan yang dilakukan-Nya bagi orang Israel. f 

Hakim-hakim 2:14

Konteks
2:14 Maka bangkitlah murka p  TUHAN terhadap orang Israel. Ia menyerahkan q  mereka ke dalam tangan perampok r  dan menjual mereka s  kepada musuh di sekeliling mereka, sehingga mereka tidak sanggup t  lagi menghadapi musuh mereka.

Hakim-hakim 2:20

Konteks
2:20 Apabila murka l  TUHAN bangkit terhadap orang Israel, berfirmanlah Ia: "Karena bangsa ini melanggar perjanjian m  yang telah Kuperintahkan kepada nenek moyang mereka, dan tidak mendengarkan firman-Ku,

Hakim-hakim 3:28

Konteks
3:28 Berkatalah ia kepada mereka: "Ikutlah aku, sebab TUHAN telah menyerahkan musuhmu, orang-orang Moab k  itu, ke dalam tanganmu. l " Maka turunlah mereka mengikuti dia, lalu mereka merebut tempat penyeberangan sungai Yordan m  ke Moab dan tidak seorangpun dibiarkan mereka menyeberang.

Hakim-hakim 4:6

Konteks
4:6 Ia menyuruh memanggil Barak bin Abinoam f  dari Kedesh g  di daerah Naftali, lalu berkata kepadanya: "Bukankah TUHAN, Allah Israel, memerintahkan demikian: Majulah, bergeraklah menuju gunung Tabor h  dengan membawa sepuluh ribu orang bani Naftali i  dan bani Zebulon j  bersama-sama dengan engkau,

Hakim-hakim 4:9

Konteks
4:9 Kata Debora: "Baik, aku turut! Hanya, engkau tidak akan mendapat kehormatan dalam perjalanan yang engkau lakukan ini, sebab TUHAN akan menyerahkan Sisera ke dalam tangan seorang perempuan." Lalu Debora bangun berdiri dan pergi bersama-sama dengan Barak ke Kedesh. n 

Hakim-hakim 4:14

Konteks
4:14 Lalu berkatalah Debora kepada Barak: "Bersiaplah, sebab inilah harinya TUHAN menyerahkan Sisera ke dalam tanganmu. w  Bukankah TUHAN telah maju di depan x  engkau 3 ?" Lalu turunlah Barak dari gunung Tabor dan sepuluh ribu orang mengikuti dia,

Hakim-hakim 4:16

Konteks
4:16 Lalu Barak mengejar kereta-kereta dan tentara itu sampai ke Haroset-Hagoyim, dan seluruh tentara Sisera tewas oleh mata pedang; tidak ada seorangpun yang tinggal z  hidup.

Hakim-hakim 6:13

Konteks
6:13 Jawab Gideon kepada-Nya: "Ah, tuanku, jika TUHAN menyertai kami, mengapa semuanya ini menimpa kami? Di manakah segala perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib 4  d  yang diceritakan e  oleh nenek moyang kami kepada kami, ketika mereka berkata: Bukankah TUHAN telah menuntun kita keluar dari Mesir? Tetapi sekarang TUHAN membuang f  kami dan menyerahkan kami ke dalam cengkeraman orang Midian."

Hakim-hakim 9:28

Konteks
9:28 Berkatalah Gaal bin Ebed: q  "Siapa r  itu Abimelekh dan siapa kita orang Sikhem, maka kita menjadi hambanya? Bukankah anak Yerubaal dan Zebul, wakilnya, menjadi hamba orang-orang Hemor, s  ayah Sikhem, jadi mengapakah kita menjadi hambanya?

Hakim-hakim 9:38

Konteks
9:38 Jawab Zebul kepadanya: "Di manakah mulutmu itu yang mengatakan: Siapa itu Abimelekh, maka kita menjadi hambanya? Bukankah ini orang-orang yang telah kauhina z  itu? Majulah sekarang untuk memerangi mereka."

Hakim-hakim 11:2

Konteks
11:2 Juga isteri Gilead melahirkan anak-anak lelaki baginya. Setelah besar anak-anak isterinya ini, maka mereka mengusir Yefta, katanya kepadanya: "Engkau tidak mendapat milik pusaka dalam keluarga kami, sebab engkau anak dari perempuan lain."

Hakim-hakim 11:18

Konteks
11:18 Kemudian mereka berjalan melalui padang gurun, menempuh jalan keliling tanah Edom y  dan tanah Moab, lalu sampai ke sebelah timur z  tanah Moab, maka berkemahlah mereka di seberang sungai Arnon, a  dengan tidak masuk daerah Moab, sebab sungai Arnon itulah batas daerah Moab.

Hakim-hakim 11:26-27

Konteks
11:26 Ketika orang Israel diam k  di Hesybon dengan segala anak kotanya, di Aroer l  dengan segala anak kotanya, dan di segala kota sepanjang kedua tepi sungai Arnon selama tiga ratus tahun, mengapa pada waktu itu engkau tidak melepaskan kota-kota itu? 11:27 Jadi aku tidak bersalah terhadap engkau, tetapi engkau berbuat jahat terhadap aku dengan berperang melawan aku. TUHAN, Hakim m  itu, Dialah yang menjadi hakim n  pada hari ini antara orang Israel dan bani Amon. o "

Hakim-hakim 11:35

Konteks
11:35 Demi dilihatnya dia, dikoyakkannyalah bajunya, z  sambil berkata: "Ah, anakku, engkau membuat hatiku hancur luluh dan engkaulah yang mencelakakan aku; aku telah membuka mulutku bernazar kepada TUHAN, dan tidak dapat aku mundur. a "

Hakim-hakim 11:39

Konteks
11:39 Setelah lewat kedua bulan itu, kembalilah ia kepada ayahnya, dan ayahnya melakukan kepadanya apa yang telah dinazarkannya itu; jadi gadis itu tidak pernah kenal laki-laki 5 . Dan telah menjadi adat di Israel,

Hakim-hakim 12:1

Konteks
Yefta dan Efraim
12:1 Dikerahkanlah orang Efraim, lalu mereka bergerak ke Zafon. e  Dan mereka berkata kepada Yefta: f  "Mengapa engkau bergerak untuk memerangi bani Amon dengan tidak memanggil kami untuk maju bersama-sama dengan engkau? g  Sebab itu kami akan membakar rumahmu bersama-sama kamu!"

Hakim-hakim 12:5-6

Konteks
12:5 Untuk menghadapi suku Efraim itu, maka orang Gilead menduduki tempat-tempat penyeberangan sungai Yordan. l  Apabila dari suku Efraim ada yang lari dan berkata: "Biarkanlah aku menyeberang," maka orang Gilead berkata kepadanya: "Orang Efraimkah engkau?" Dan jika ia menjawab: "Bukan," 12:6 maka mereka berkata kepadanya: "Coba katakan dahulu: syibolet." Jika ia berkata: sibolet, jadi tidak dapat mengucapkannya dengan tepat, maka mereka menangkap dia dan menyembelihnya dekat tempat-tempat penyeberangan sungai Yordan itu. Pada waktu itu tewaslah dari suku Efraim empat puluh dua ribu orang.

Hakim-hakim 13:5

Konteks
13:5 Sebab engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; d  kepalanya takkan kena pisau cukur, e  sebab sejak dari kandungan ibunya anak itu akan menjadi seorang nazir 6  f  Allah dan dengan dia akan mulai g  penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin."

Hakim-hakim 13:14

Konteks
13:14 Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon anggur; anggur atau minuman yang memabukkan q  tidak boleh diminumnya dan sesuatu yang haram r  tidak boleh dimakannya. Ia harus berpegang pada segala yang Kuperintahkan kepadanya."

Hakim-hakim 14:9

Konteks
14:9 Dikeruknya madu itu ke dalam tangannya dan sambil memakannya ia berjalan terus, kemudian pergilah ia kepada ayahnya dan ibunya, dan memberikannya juga kepada mereka, lalu mereka memakannya. Tetapi tidak diceriterakannya kepada mereka, bahwa madu itu dikeruknya dari kerangka singa.

Hakim-hakim 14:15

Konteks
14:15 Pada hari ketujuh berkatalah mereka kepada isteri Simson: "Bujuklah z  suamimu, supaya diberitahukannya kepada kami jawab teka-teki itu; kalau tidak, kami akan membakar engkau beserta seisi rumah ayahmu. a  Apakah engkau mengundang kami untuk membuat kami menjadi miskin? Tidak, bukan?"

Hakim-hakim 14:18

Konteks
14:18 Lalu pada hari yang ketujuh itu, sebelum matahari terbenam, berkatalah orang-orang kota itu kepadanya: "Apakah yang lebih manis dari pada madu? Apakah yang lebih kuat dari pada singa? d " Sahutnya kepada mereka: "Kalau kamu tidak membajak dengan lembu betinaku, pasti kamu tidak menebak teka-tekiku."

Hakim-hakim 15:1

Konteks
Simson melawan orang Filistin
15:1 Beberapa waktu kemudian, dalam musim menuai i  gandum, pergilah Simson j  mengunjungi isterinya, dengan membawa seekor anak kambing, k  serta berkata: "Aku mau ke kamar l  mendapatkan isteriku." Tetapi ayah perempuan itu tidak membiarkan dia masuk.

Hakim-hakim 15:11

Konteks
15:11 Kemudian turunlah tiga ribu orang dari suku Yehuda ke gua di gunung batu Etam dan berkata kepada Simson: "Tidakkah kauketahui, bahwa orang Filistin berkuasa atas kita? x  Apakah juga yang telah kauperbuat terhadap kami?" Tetapi jawabnya kepada mereka: "Seperti mereka memperlakukan aku, demikianlah aku memperlakukan mereka."

Hakim-hakim 16:9

Konteks
16:9 sedang di kamarnya y  ada orang bersiap-siap. Kemudian berserulah perempuan itu kepadanya: "Orang-orang Filistin menyergap engkau, z  Simson!" Tetapi ia memutuskan tali-tali busur itu seperti tali rami yang terbakar putus, apabila kena api. Dan tidaklah ketahuan di mana duduk kekuatannya itu.

Hakim-hakim 16:15

Konteks
16:15 Berkatalah perempuan itu kepadanya: "Bagaimana mungkin engkau berkata: Aku cinta kepadamu, e  padahal hatimu tidak tertuju kepadaku? Sekarang telah tiga kali f  engkau mempermain-mainkan aku dan tidak mau menceritakan kepadaku, karena apakah kekuatanmu g  demikian besar."

Hakim-hakim 16:17

Konteks
16:17 Maka diceritakannyalah kepadanya segala isi hatinya, h  katanya: "Kepalaku tidak pernah kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibuku aku ini seorang nazir i  Allah. Jika kepalaku dicukur, maka kekuatanku akan lenyap dari padaku, dan aku menjadi lemah dan sama seperti orang-orang lain."

Hakim-hakim 18:1

Konteks
Patung sembahan Mikha dirampas oleh bani Dan
18:1 Pada zaman itu tidak ada raja v  di antara orang Israel dan pada zaman itu suku Dan sedang mencari milik pusaka untuk menetap, sebab sampai hari itu mereka belum juga mendapat bagian milik pusaka di tengah-tengah suku-suku Israel. w 

Hakim-hakim 19:24-25

Konteks
19:24 Tetapi ada anakku perempuan, o  yang masih perawan, dan juga gundik orang itu, baiklah kubawa keduanya ke luar; perkosalah mereka dan perbuatlah dengan mereka apa yang kamu pandang baik, tetapi terhadap orang ini janganlah kamu berbuat noda." 19:25 Tetapi orang-orang itu tidak mau mendengarkan perkataannya. Lalu orang Lewi itu menangkap gundiknya dan membawanya kepada mereka ke luar, kemudian mereka bersetubuh dengan perempuan p  itu dan semalam-malaman itu mereka mempermainkannya, q  sampai pagi. Barulah pada waktu fajar menyingsing mereka melepaskan perempuan itu.

Hakim-hakim 20:13

Konteks
20:13 Maka sekarang, serahkanlah orang-orang itu, yakni orang-orang l  dursila yang di Gibea itu, supaya kami menghukum mati mereka dan dengan demikian menghapuskan yang jahat itu dari antara orang Israel. m " Tetapi bani Benyamin tidak mau mendengarkan 7  perkataan saudara-saudaranya, orang Israel itu.

Hakim-hakim 21:12

Konteks
21:12 Mereka menjumpai di antara penduduk Yabesh-Gilead empat ratus orang anak gadis, perawan yang belum pernah tidur dengan orang laki-laki, lalu gadis-gadis itu dibawa mereka ke perkemahan di Silo, o  di tanah Kanaan.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[2:1]  1 Full Life : MALAIKAT TUHAN.

Nas : Hak 2:1

Malaikat Tuhan menegur Israel atas kegagalan mereka untuk mengusir orang Kanaan

(lihat cat. --> Kel 3:2;

[atau ref. Kel 3:2]

lihat art. PARA MALAIKAT DAN MALAIKAT TUHAN).

[2:10]  2 Full Life : BANGKITLAH ... ANGKATAN YANG LAIN.

Nas : Hak 2:10

Pola lingkaran kemerosotan rohani dan pembaharuan dimulai dengan kematian angkatan tua yang menaklukkan tanah perjanjian dan munculnya angkatan orang Israel yang baru. Pola yang tercermin dalam Hakim-Hakim berputar sekitar proses berikut:

  1. (1) angkatan yang baru menyimpang dari komitmen benar yang dibuat orang-tua mereka dan meninggalkan hubungan pribadi dengan Tuhan (ayat Hak 2:10);
  2. (2) hal ini mengakibatkan penyesuaian diri dengan gaya hidup dan nilai-nilai kebudayaan sekitar dan mengakibatkan kemurtadan umum (ayat Hak 2:11-13);
  3. (3) hukuman Allah menimpa Israel dalam bentuk penindasan dan perbudakan oleh salah satu musuh mereka (ayat Hak 2:14-15);
  4. (4) setelah itu bangsa Israel berseru kepada Allah dalam penderitaan mereka dan bertobat dari kemurtadan mereka (ayat Hak 2:15,18);
  5. (5) Allah membangkitkan seorang pemimpin yang dikuasai Roh Kudus yang menjadi pembebas bangsa Israel dari perbudakan dan memulihkan hubungan mereka dengan Allah (ayat Hak 2:16,18).

[4:14]  3 Full Life : BUKANKAH TUHAN TELAH MAJU DI DEPAN ENGKAU?

Nas : Hak 4:14

Perlu sekali Allah berjalan di muka kita untuk membuka jalan; jika Ia tidak menuntun sepanjang jalan, usaha kita akan gagal. Oleh karena itu, kita harus sungguh-sungguh berusaha untuk terbuka bagi pimpinan Allah yang terus-menerus dalam kehidupan kita (bd. Kel 33:15).

[6:13]  4 Full Life : DI MANAKAH SEGALA PERBUATAN-PERBUATAN-NYA YANG AJAIB?

Nas : Hak 6:13

Pertanyaan Gideon hendaknya juga diajukan oleh orang percaya PB. Jikalau kuasa ajaib Allah tidak terdapat di antara kita, kita perlu mencari kerajaan Allah dan kebenaran-Nya sehingga semua tindakan-Nya yang perkasa itu dinyatakan kembali di tengah kita

(lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA;

lihat art. KERAJAAN ALLAH;

lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI).

[11:39]  5 Full Life : GADIS ITU TIDAK PERNAH KENAL LAKI-LAKI.

Nas : Hak 11:39

Rupanya nyata bahwa Yefta tidak secara jasmaniah mengorbankan nyawa putrinya (ayat Hak 11:30-31), setidak-tidaknya karena dua alasan.

  1. 1) Yefta pasti mengetahui hukum Allah yang dengan tegas melarang pengorbanan manusia sehingga dia tahu bahwa Allah memandang tindakan semacam itu suatu kekejian yang tidak dapat diterima (Im 18:21; Im 20:2-5; Ul 12:31; 18:10-12).
  2. 2) Penekanan bahwa gadis itu "tidak pernah kenal laki-laki" menunjukkan bahwa dia dipersembahkan kepada Allah sebagai persembahan yang hidup, agar dia mengabdikan seluruh hidupnya pada kesucian dan pelayanan di kemah suci nasional (bd. Kel 38:8; 1Sam 2:22).

[13:5]  6 Full Life : ANAK ITU AKAN MENJADI SEORANG NAZIR.

Nas : Hak 13:5

Allah berkehendak agar Simson menjadi seorang nazir dan hidup menurut standar Allah yang tertinggi bagi umat-Nya (untuk penjelasan mengenai sumpah seorang nazir

lihat cat. --> Bil 6:2;

[atau ref. Bil 6:2]

lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).

[20:13]  7 Full Life : BANI BENYAMIN TIDAK MAU MENDENGARKAN.

Nas : Hak 20:13

Suku Benyamin lebih membela orang-orang jahat di antara mereka daripada korban tak bersalah yang mengalami kekejaman yang hebat itu (Hak 19:25).

  1. 1) Dengan menolak untuk menghukum orang-orang jahat dari kelompok mereka ini, suku Benyamin menunjukkan
    1. (a) mereka tidak menghargai keadilan, dan
    2. (b) telah kehilangan seluruh kepekaan dan kesetiaan moral kepada hukum Allah. Karena itu, Allah menghukum seluruh suku Benyamin (bd. ayat Hak 20:18,35,48).
  2. 2) Dewasa ini ada persamaan di bawah perjanjian yang baru apabila gereja-gereja tidak bersedia mendisiplin atau mengucilkan anggota-anggotanya yang berdosa. Sikap toleransi terhadap dosa dan kebejatan (yaitu, sikap yang tidak ingin menerapkan disiplin alkitabiah) menunjukkan hilangnya kepekaan moral dan kesetiaan kepada Allah dan Firman-Nya oleh jemaat itu sendiri. Hukuman Allah atas jemaat semacam itu sudah pasti

    (lihat cat. --> Mat 13:30;

    lihat cat. --> Mat 18:15;

    lihat cat. --> 1Kor 5:1).

    [atau ref. Mat 13:30; 18:15; 1Kor 5:1]



TIP #11: Klik ikon untuk membuka halaman ramah cetak. [SEMUA]
dibuat dalam 0.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA