Ayub 3:1
KonteksAyub 4:15
Konteks4:15 Suatu roh melewati aku, tegaklah r bulu romaku.
Ayub 13:5
Konteks13:5 Sekiranya kamu menutup mulut, c itu akan dianggap kebijaksanaan d dari padamu.
Ayub 14:1
KonteksAyub 15:1
KonteksAyub 18:13
Konteks18:13 Kulit r tubuhnya dimakan penyakit, bahkan anggota s tubuhnya dimakan oleh penyakit parah.
Ayub 18:16
Konteks18:16 Di bawah y keringlah akar-akarnya, dan di atas z layulah rantingnya.
Ayub 19:23
Konteks19:23 Ah, kiranya perkataanku ditulis, dicatat dalam kitab, g
Ayub 20:6
Konteks20:6 Walaupun keangkuhannya y sampai ke langit z dan kepalanya mengenai awan, a
Ayub 20:21
Konteks20:21 Suatupun tidak luput dari pada lahapnya, itulah sebabnya kemujurannya tidak kekal. g
Ayub 20:28
Konteks20:28 Hasil usahanya yang ada di rumahnya v diangkut, semuanya habis pada hari murka-Nya. w
Ayub 25:6
Konteks25:6 Lebih-lebih lagi manusia, yang adalah berenga, anak manusia, s yang adalah ulat! t "
Ayub 26:11
Konteks26:11 tiang-tiang langit bergoyang-goyang, j tercengang-cengang oleh hardik-Nya.
Ayub 28:9
Konteks28:9 Manusia melekatkan tangannya pada batu yang keras, v ia membongkar-bangkir gunung-gunung w sampai pada akar-akarnya;
Ayub 31:10-11
Konteks31:10 maka biarlah isteriku menggiling f bagi orang lain, dan biarlah orang-orang lain meniduri dia. g 31:11 Karena hal itu adalah perbuatan mesum, h bahkan kejahatan, yang patut dihukum i oleh hakim.
Ayub 33:14
Konteks33:14 Karena Allah berfirman s dengan satu dua cara, t tetapi orang tidak memperhatikannya. u
Ayub 33:22
Konteks33:22 sampai nyawanya menghampiri liang kubur, m dan hidupnya mendekati mereka yang membawa maut. n
Ayub 34:7
Konteks34:7 Siapakah seperti Ayub, yang minum hujatan terhadap Allah seperti air, a
Ayub 36:27
Konteks36:27 Ia menarik ke atas titik-titik air, s dan memekatkan kabut menjadi hujan, t
Ayub 37:18
Konteks37:18 Dapatkah engkau seperti Dia menyusun awan menjadi cakrawala, n keras seperti cermin tuangan? o
[3:1] 1 Full Life : MENGUTUKI HARI KELAHIRANNYA.
Nas : Ayub 3:1
Ayub sedang menderita, terhina dan menderita sakit. Kesedihannya yang terbesar ialah bahwa Allah tampaknya telah meninggalkannya.
- 1) Dalam tutur katanya (ayat Ayub 3:2-26) Ayub dengan terus-terang memberitahukan perasaannya kepada Allah. Ia mulai dengan mengutuki hari lahirnya dan keadaannya yang menyedihkan, tetapi perhatikan bahwa dalam semua ini Ayub tidak mengutuk Allah. Seruannya merupakan ungkapan penderitaan dan keputusasaan, bukan seruan yang menentang Allah.
- 2) Senantiasa yang terbaik bagi orang percaya ialah mengungkapkan keraguan dan perasaannya dengan jujur kepada Tuhan di dalam doa. Menghampiri Allah dengan kesedihan dan dukacita kita untuk menjumpai Dia serta memohon belas kasihan-Nya tidak pernah salah. Yesus Kristus sendiri bertanya kepada Allah demikian, "Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?" (Mat 27:46; bd. juga Yer 20:14-18; Rat 3:1-18).
[14:1] 2 Full Life : PENUH KEGELISAHAN.
Nas : Ayub 14:1
Bagi seorang percaya, hidup yang "penuh kegelisahan" mungkin menjadi akibat dari penganiayaan, ketidakadilan, kemiskinan, penyakit, atau perlawanan Iblis terhadap peperangan iman mereka
(lihat art. PENDERITAAN ORANG BENAR).
Allah menghendaki agar semua orang percaya yang menderita dan tertindas di bumi ini mengetahui bahwa suatu hari kebangkitan
(lihat cat. --> Ayub 14:14 berikut)
[atau ref. Ayub 14:14]
dan kemenangan akan tiba bila mereka akan bersama dengan Dia untuk selama-lamanya
(lihat cat. --> Wahy 21:1;
lihat cat. --> Wahy 21:4).
[atau ref. Wahy 21:1,4]
Pada saat itu mereka akan langsung mengalami bahwa "penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita"
(lihat cat. --> Rom 8:18).
[atau ref. Rom 8:18]
[15:1] 3 Full Life : ELIFAS, ORANG TEMAN, MENJAWAB.
Nas : Ayub 15:1
Dalam pasal Ayub 15:1-21:34 keempat peserta percakapan melanjutkan perdebatan mereka, mengembangkan apa yang telah mereka katakan sebelumnya, hanya dengan lebih gigih lagi. Ayub dengan tabah berpaut kepada Allah, sedangkan pada saat bersamaan mempertahankan ketidaksalahannya serta tetap menegaskan bahwa penderitaannya itu tidak adil (mis. Ayub 16:19-21).