2 Samuel 16:21-22
Konteks16:21 Lalu jawab Ahitofel kepada Absalom: "Hampirilah gundik-gundik ayahmu yang ditinggalkannya untuk menunggui istana. Apabila seluruh Israel mendengar, bahwa engkau telah membuat dirimu dibenci oleh ayahmu, maka segala orang yang menyertai engkau, akan dikuatkan hatinya." 16:22 Maka dibentangkanlah kemah bagi Absalom di atas sotoh, lalu Absalom menghampiri gundik-gundik ayahnya 1 di depan mata seluruh Israel. d
Yesaya 59:6-15
Konteks59:6 Sarang yang ditenun itu tidak dapat dipergunakan sebagai pakaian, dan buatan o mereka itu tidak dapat dipakai sebagai kain; perbuatan mereka adalah perbuatan kelaliman, dan yang dikerjakan tangan mereka adalah kekerasan belaka. p 59:7 Mereka segera melakukan kejahatan, dan bersegera hendak menumpahkan darah q orang yang tidak bersalah; rancangan mereka adalah rancangan r kelaliman, dan ke mana saja mereka pergi s mereka meninggalkan kebinasaan dan keruntuhan. 59:8 Mereka tidak mengenal t jalan damai, dan dalam jejak mereka tidak ada keadilan; mereka mengambil jalan-jalan yang bengkok, u dan setiap orang yang berjalan di situ tidaklah mengenal damai. v 59:9 Sebab itu keadilan tetap jauh dari pada kami 2 dan kebenaran tidak sampai kepada kami. Kami menanti-nantikan terang, tetapi hanya kegelapan w belaka, menanti-nantikan cahaya, tetapi kami berjalan dalam kekelaman. 59:10 Kami meraba-raba dinding seperti orang buta, x dan meraba-raba seolah-olah tidak punya mata; kami tersandung y di waktu tengah hari seperti di waktu senja, duduk di tempat gelap seperti orang mati. z 59:11 Kami sekalian meraung seperti beruang; suara kami redup seperti suara burung merpati; a kami menanti-nantikan keadilan, tetapi tidak ada, menanti-nantikan keselamatan, tetapi tetap jauh dari kami. 59:12 Sungguh, dosa pemberontakan b kami banyak di hadapan-Mu dan dosa kami bersaksi c melawan kami; sungguh, kami menyadari pemberontakan d kami dan kami mengenal kejahatan kami: 59:13 kami telah memberontak e dan mungkir terhadap TUHAN, dan berbalik f dari mengikuti Allah kami, kami merancangkan pemerasan g dan penyelewengan, mengandung dusta h dalam hati dan melahirkannya dalam kata-kata. 59:14 Hukum telah terdesak ke belakang, dan keadilan i berdiri jauh-jauh, sebab kebenaran j tersandung di tempat umum dan ketulusan k ditolak orang. 59:15 Dengan demikian kebenaran l telah hilang, dan siapa yang menjauhi kejahatan, ia menjadi korban rampasan. Tetapi TUHAN melihatnya, dan adalah jahat di mata-Nya bahwa tidak ada hukum. m
Yehezkiel 9:4
Konteks9:4 Firman TUHAN kepadanya: "Berjalanlah dari tengah-tengah kota, yaitu Yerusalem i dan tulislah huruf j T pada dahi orang-orang yang berkeluh kesah k karena segala perbuatan-perbuatan keji 3 yang dilakukan di sana. l "
Zefanya 3:1-3
Konteks[16:22] 1 Full Life : GUNDIK-GUNDIK AYAHNYA.
Nas : 2Sam 16:22
Sebagai pemberontakan terbuka terhadap ayahnya, Absalom berbuat zina dengan istri-istri ayahnya sendiri. Alkitab menyatakan bahwa perbuatan jahat Absalom ini dilakukan "di atas sotoh" dan "di depan mata seluruh Israel." Hal ini merupakan penggenapan dari hukuman Allah, "Malapetaka akan Kutimpakan ke atasmu yang datang dari kaum keluargamu sendiri. Aku akan mengambil istri-istrimu di depan matamu dan memberikannya kepada orang lain; orang itu akan tidur dengan istri-istrimu di siang hari. Aku akan melakukan hal itu di depan seluruh Israel secara terang-terangan" (2Sam 12:11-12). Seorang anak yang memperkosa para istri ayahnya melalukan penghinaan terbesar terhadap sang ayah. Daud telah berbuat dosa yang hebat dan karena itu menderita akibatnya saat ini.
[59:9] 2 Full Life : KEADILAN TETAP JAUH DARI PADA KAMI.
Nas : Yes 59:9-14
Yesaya melukiskan para pemohon syafaat sejati sebagai orang yang menyadari dirinya berdosa, mengakui dosa-dosanya, dan sangat sedih karena keadaannya yang tampaknya tidak tertolong lagi.
[9:4] 3 Full Life : BERKELUH KESAH KARENA SEGALA PERBUATAN-PERBUATAN KEJI.
Nas : Yeh 9:4
Allah memerintahkan bahwa hanya orang yang tinggal setia kepada-Nya dan firman-Nya dapat lolos dari hukuman yang akan datang.
- 1) Kesetiaan mereka kepada Allah ditentukan oleh kasih mereka akan kebenaran dan kesedihan serta kebencian mereka atas dosa-dosa yang dilakukan di sekitar mereka. Mereka akan menerima tanda pengenal khusus dari Allah -- huruf Ibrani _taw_ (huruf terakhir dari abjad Ibrani yang berbentuk salib).
- 2) Merasa sedih atas dosa adalah bukti dari iman sejati yang
menyelamatkan; mereka yang sungguh-sungguh menjadi milik Allah akan
sedih seperti Allah pada saat mereka melihat dosa dan kebejatan di dalam
dunia dan gereja
(lihat cat. --> Ibr 1:9).
[atau ref. Ibr 1:9]
[3:1] 4 Full Life : CELAKALAH ... HAI KOTA YANG PENUH PENINDASAN.
Nas : Zef 3:1-7
Setelah menghukum bangsa-bangsa lainnya, Zefanya kembali lagi kepada dosa-dosa Yerusalem dan umat Allah. Mereka kini menjadi umat yang menentang Allah dan hukum-Nya. Kebobrokan moral telah memasuki setiap lapisan masyarakat, dan orang di mana-mana menolak untuk mendengarkan nabi-nabi Allah yang sejati.
[3:3] 5 Full Life : PEMUKANYA ... HAKIMNYA ... NABINYA ... IMAMNYA.
Nas : Zef 3:3-4
Inilah empat golongan utama kepemimpinan Yehuda. Allah menghukum para pemimpin rohani ini karena lalai memelihara kekudusan dan keadilan.
- 1) Para pemuka dan hakim memutarbalikkan hukum dan menggunakan kedudukan mereka secara tidak adil untuk memperoleh uang dan harta bagi diri sendiri.
- 2) Para nabi mengubah berita Allah supaya memperoleh popularitas dan dukungan.
- 3) Para imam mencemarkan rumah Allah dengan melanggar ketetapan-ketetapan-Nya dan hidup mesum.
- 4) Kita harus menolak pemimpin-pemimpin yang bertoleransi atau
memajukan keduniawian dan kebejatan atas nama Allah dan mengganti mereka
dengan pemimpin dan orang awam yang bersikeras bahwa standar-standar
Allah yang kudus harus ditaati. Standar-standar Allah tidak boleh
direndahkan untuk menyesuaikan diri dengan dosa-dosa para pemimpin
tertentu
(lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).