: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Kushaiah | Kusta | Kusyan | Kusyan-Risyataim | Kuta | kutuk | Laadah | Laban | Labu | Lachish | Lada
Daftar Isi
BROWNING: KUTUK
ENSIKLOPEDIA: KUTUK

kutuk

KUTUK [browning]

Ucapan dengan maksud untuk mencederai. Karena Israel telah dipilih oleh Allah dan dimasukkan ke dalam hubungan *perjanjian, maka bangsa ini dapat dikutuk jika tidak setia (Ul. 30:19; Im. 26:14-45). Individu dapat juga dikutuk, misalnya pencuri (Hak. 17:2) atau prajurit yang memberontak (1Sam. 14:24). Dalam *perumpamaan Mat. 25:41 dst., yang terkutuk adalah mereka yang telah berjumpa Kristus tetapi menolak menerima Dia. Namun, dalam Gal. 3:13, Paulus mengutip Ul. 21:23 dan menjelaskan bahwa Kristus telah menjadi terkutuk karena kita dengan menanggung sendiri kuk mereka yang hidup di bawah kutuk *Taurat, dan dengan demikian menebus mereka.

KUTUK [ensiklopedia]

Perbendaharaan kata Alkitab mengenai kutuk ialah sinonim-sinonim Ibrani 'arar, qalal, dan 'ala, yg padanannya dalam bh Yunani adalah kataraomai, katara dan epikataratos; dan kata-kata Ibrani hekherim dan kherem berpadanan dengan kata-kata Yunani anathematizo dan anathema.

Arti asasi dari kelompok pertama ialah pengutukan. Seorang dapat mengucapkan kutuk, menginginkan kerugian orang lain (Ayb 31:30; Kej 12:3); atau untuk menguatkan janjinya sendiri (Kej 24:41; 26:28; Neh 10:29); atau untuk menjamin kebenaran kesaksiannya dalam hukum (1 Raj 8:31; bnd Kel 22:11). Jika Allah mengucapkan kutuk, pertama-tama ialah celaan atas dosa (Bil 5:21, 23; Ul 29:19, 20); kedua, kutuk itu ialah penghukuman-Nya atas dosa (Bil 5:22, 24, 27; Yes 24:6); dan ketiga, orang yg menderita akibat-akibat dosa karena penghakiman Allah disebut suatu kutuk (Bil 5:21, 27; Yer 29:18).

Bagi orang Ibrani, sama seperti satu kata bukanlah hanya suara di bibir saja, melainkan pengantar atau alat yg disuruh pergi, demikianlah kutuk yg diucapkan menjadi alat untuk merugikan. Di belakang kata itu berdiri jiwa yg menciptakannya. Demikianlah satu kata yg tidak didukung oleh roh yg cakap untuk melaksanakannya hanyalah menjadi 'kata bibir' saja (2 Raj 18:20). Tapi jika jiwa berkuasa maka kata-katanya dirasuki kuasa juga (Pkh 8:4; 1 Raj 21:4). Potensi kata nampak dalam beberapa mujizat penyembuhan oleh Tuhan Yesus (Mat 8:8, 16; bnd Mzm 107:20), dan pengutukan-Nya atas pohon ara yg tak berbuah (Mrk 11:14, 20, 21). Dalam Za 5:1-4 kutuk yg mewakili hukum Allah itu sendirilah yg menjelajahi tanah, melihat para pendosa dan membinasakan mereka. Kutuk menjadi bahaya nyata bagi orang tuli sama seperti batu sandungan menjadi bahaya bagi orang buta, sebab ia tidak dapat naik banding kepada 'berkat' Tuhan yg lebih kuat (Im 19:14; Mzm 109:28; berbeda dgn Rm 12:14). Pengulangan berkat dan kutuk di G Gerizim dan Ebal (Ul 27:11 dab; Yos 8:33) mengungkapkan pandangan dinamis yg sama terhadap kutuk. Di perbatasan Kanaan, Musa memperhadapkan kepada umat 'hidup dan mati, berkat dan kutuk' (lih Ul 30:19). Perbuatan nasional pertama pada waktu memasuki Kanaan ialah menggerakkan keduanya: berkat yg akan 'menyusul' mereka yg taat, dan kutuk yg akan 'menyusul' mereka yg tidak taat (Ul 28:2,15). Di antara kedua kutub ini hidup nasional bergerak.

Karena hubungan antara ketaatan dan berkat, ketidaktaatan dan kutuk (Ul 11:26-28; Yes 1:19, 20) itulah maka Ul 29:2, ump, dapat berkata tentang perjanjian Allah sebagai 'kutuk'-Nya, dan Za 5:3 dapat menyebut Dasasila 'kutuk'. Firman kasih karunia Allah dan firman murka Allah mewujudkan firman yg sama; firman yg menjanjikan hidup itu menjadi bau maut dan bau penghakiman bagi pemberontak, dan oleh karenanya menjadi kutuk. Bila kutuk Allah menimpa umat-Nya yg durhaka, itu bukanlah peniadaan melainkan pelaksanaan.

Paulus memakai kebenaran ini untuk menjelaskan ajaran tentang penyelamatan. Hukum menjadi kutuk bagi mereka yg gagal menaatinya (Gal 3:10), tapi Kristus menyelamatkan kita dengan menjadi kutuk bagi kita (Gal 3:13) dan cara kematian-Nya membuktikan bahwa Ia menjadi ganti kita, sebab 'terkutuklah setiap orang yg tergantung di kayu'. Kutipan Ul 21:23, di mana 'kutuk Allah' berarti 'di bawah kutuk Allah', menunjukkan bahwa kutuk Allah atas dosa menimpa Tuhan Yesus Kristus, dan dengan demikian menjadi kutuk bagi kita.

Akar kata Ibrani kharam berarti 'mengucilkan dari masyarakat' (Koehler, Lexicon). Ini dikuatkan oleh pemakaian PL. Pada umumnya kata ini dipakai bagi hal-hal yg terbuka bagi pemakaian manusia, tapi yg dengan sengaja dibuat tak tersedia. (a) Im 27:29 agaknya menunjuk kepada hukuman mati yg tak dapat dielakkan. (b) Dalam Yeh 44:29; Bil 18:14 persembahan-persembahan kepada Allah disebut kherem, dikhususkan bagi maksud-maksud keagamaan saja. Im 27:21 dab menyejajarkan kherem dan qodesy untuk menyatakan dua sisi dari perbuatan yg sama: orang mengkhususkan sesuatu hanya bagi Allah saja (kherem), Allah menerimanya dan mencirikannya sebagai milik-Nya sendiri (qodesy), sehingga tidak dapat ditukarkan lagi oleh manusia. (c) Khususnya, kata itu dipakai bagi 'pengrusakan total'. Kadang-kadang penyebab yg terkandung di dalamnya ialah murka Allah (ump Yes 34:5), tapi lebih sering hal itu dimaksudkan untuk meniadakan kemungkinan penularan demi kepentingan Israel (Ul 7:26; 20:17). Tiap hubungan dengan 'hal yg dipersembahkan' macam itu melibatkan orang dalam penularannya dan nasibnya (Yos 6:18; 7:1, 12; 22:20; 1 Sam 15:23; 1 Raj 20:42). Akhan melibatkan diri dan keluarganya dalam penghancuran Yerikho; Rahab, karena menyamakan dirinya dengan Israel, bebas dari kutuk dan menyelamatkan keluarganya juga (Yos 6:21-24, 8:26, 27; Hak 21:11). (d) Secara rohani, kherem ialah penghakiman Allah terhadap pendosa yg tak bertobat (Mal 4:6), dan di sinilah nampak jelas bahwa kherem tak mungkin diselamatkan, bnd anathema dalam PB (Gal 1:8-9; 1 Kor 16:22; Rm 9:3).

KEPUSTAKAAN. J Pedersen, Israel, 1-2, 1926; 3-4, 1940; D Aust dll, 'Curse', NIDNTT 1, hlm 413-418; H. C Berichts, JBL 13, 1963; J. B Payne, The Theology of the Older Testament, 1962, hlm 201 dsb; J. B Lightfoot, Galatians, 1880, pada 3: 10, 13, dan hlm 152-154. JAM/HH




TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA