PEDOMAN: Nazar Orang Nazir
HAAG: Nazar, Orang
KECIL: Nazir
ENSIKLOPEDIA: NAZAR
MYSABDA: Nazir
Nazar
Ibrani
Strongs #05139: ryzn naziyr or rzn nazir
1) consecrated or devoted one, Nazarite1a) consecrated one
1b) devotee, Nazarite
1c) untrimmed (vine)
5139 naziyr naw-zeer'
or nazir {naw-zeer'}; from 5144; separate, i.e. consecrated (as prince, a Nazirite); hence (figuratively from the latter) an unpruned vine (like an unshorn Nazirite): KJV -- Nazarite (by a false alliteration with Nazareth), separate(-d), vine undressed.see HEBREW for 05144
Strongs #05145: rzn nezer or rzn nezer
1) consecration, crown, separation, Nazariteship1a) crown (as sign of consecration), earring
1a1) stones of a crown, diadem, stones of charming
1b) woman's hair
1c) consecration
1c1) of high priest
1c2) of Nazarite
5145 nezer neh'-zer
or nezer {nay'-zer}; from 5144; properly, something set apart, i.e. (abstractly) dedication (of a priet or Nazirite); hence (concretely) unshorn locks; also (by implication) a chaplet (especially of royalty): KJV -- consecration, crown, hair, separation.see HEBREW for 05144
Nazar [pedoman]
- 1. Janji yang sungguh-sungguh kepada Allah. Mazm 76:12
- 2. Diadakan dengan maksud:
- 2.1 Menyerahkan diri kepada Allah. Bil 6:2
- 2.2 Mempersembahkan anak-anak kepada Allah. 1Sam 1:11
- 2.3 Mempersembahkan harta benda kepada Allah. Kej 28:22
- 2.4 Mempersembahkan korban-korban. Im 7:16; 22:18; Bil 15:3
- 2.5 Merendahkan diri. Bil 30:13
- 3. Harus dengan sukarela. Ul 23:22,23
- 4. Harus dilakukan dengan setia. Bil 30:2
- 5. Harus dilakukan dengan segera. Ul 23:21,23
- 6. Bahaya apabila bernazar dengan tidak berpikir lebih dahulu. Ams 20:25
- 7. - anak-anak, tidak berlaku apabila tidak seizin orang tuanya. Bil 30:3-5
- 8. - isteri, tidak berlaku apabila tidak seizin suaminya. Bil 30:6-8,10-13
- 9. - seorang janda dan seorang perempuan yang diceraikan, ditanggung sendiri.
- 10. - isteri, hanya dapat dibatalkan pada waktu sedang bernazar. Bil 30:14,15
- 11. Dapat ditebus dengan ganti kerugian yang sepantasnya. Im 27:1-8,11-23
- 12. Binatang yang halal yang dijanjikan untuk nazar, tidak boleh ditebus. Im 27:9,10
- 13. - yang ditulis dalam Firman Tuhan:
- 13.1 Dari Yakub. Kej 28:20-22; 31:13
- 13.2 Dari orang Israel. Bil 21:2
- 13.3 Dari Yefta. Hak 11:30
- 13.4 Dari Hana. 1Sam 1:11
- 13.5 Dari Elkana. 1Sam 1:21
- 13.6 Dari Daud. Mazm 132:2-5
- 13.7 Dari seorang pelaut yang membuang Yunus ke dalam laut. Yun 1:16
- 13.8 Dari Yunus. Yun 2:9
- 13.9 Dari ibu Lemuel. Ams 31:1,2
- 13.10 Dari Paulus. Kis 18:18
- 13.11 Dari beberapa orang Yahudi yang bersama-sama dengan Paulus. Kis 21:23,24,26
- 14. Segala persembahan dengan - harus dibawa ke Kemah Pertemuan. Ul 12:6,11,17,18,26
- 15. - barang najis atau bercela, suatu penghinaan terhadap Allah. Im 22:23; Mal 1:14
- 16. Upah seorang sundal atau uang semburit tidak boleh dijadikan - . Ul 23:18
Bil 30:9
Orang Nazir [pedoman]
- 1. Orang yang mengkhususkan diri bagi Tuhan. Bil 6:2
- 2. Beberapa macam - :
- 3. Harus kudus. Bil 6:8
- 4. Dilarang:
- 4.1 Minum anggur atau minuman keras. Bil 6:3; Luk 1:15
- 4.2 Makan buah anggur atau suatu apapun yang berasal dari pohon anggur. Bil 6:3,4; Hak 13:14
- 4.3 Mencukur kepalanya. Bil 6:5; Hak 13:5; 16:17
- 4.4 Menajiskan diri dengan mayat orang. Bil 6:6,7
- 4.5 Dibangkitkan untuk kebaikan bangsanya. Am 2:11
- 4.6 Orang Yahudi yang tidak beribadah mencoba menajiskan - . Am 2:12
- 5. Apabila dinajiskan pada waktu bernazar:
- 5.1 Harus mencukur kepalanya pada hari ketujuh. Bil 6:9
- 5.2 Harus membawa dua ekor anak burung merpati dengan korban bakaran. Bil 6:10,11
- 5.3 Mulai lagi bernazar dengan korban karena salah. Bil 6:12
- 6. Pada waktu kenazirannya genap:
- 6.1 Dibawa ke pintu Kemah Pertemuan. Bil 6:13
- 6.2 Mempersembahkan persembahan-persembahan. Bil 6:14-17
- 6.3 Mencukur kepala. Bil 6:18; Kis 18:18; 21:24
- 6.4 Paha depan domba jantan dari korban syukur diletakkan ke atas telapak tangannya oleh imam. Bil 6:19,20; Im 7:32
- 7. Melukiskan:
Nazar, Orang [haag]
Nazar. (Orang Nazar).
(Asal bhs. Ibr.: disendirikan, dikuduskan).
Seperti pada para nabi (Bdk.: Am 2:11) asal mula ~ON diartikan bagi orang, yang dipanggil Tuhan dan oleh karena itu diharuskan berpantang terhadap berbagai hal (Hak 13:5,14; 1Sam 1:11). Di kemudian hari perbuatan nazar adalah sebuah yayasan yang diatur oleh hukum (Bil 6:1-21): seperti sebuah kaul, yang dilakukan untuk sementara waktu (biasanya 30 hari) (bdk.: 1Mak 3:49; /TB #Kis 18:18; 21:23). Wanita tidak dikecualikan. Di dalam PB Yohanes Pembaptis mempunyai sifat-sifat karismatis dari seorang Nazar (Luk 1:15; 7:33).
Nazir [kecil]
TB- Orang yang membaktikan diri untuk pelayanan kepada Tuhan, kadang-kadang untuk sementara waktu, kadang-kadang untuk seumur hidup. Ia tidak boleh memangkas rambutnya atau meminum air anggur (mis. Bil 6:1-27; Hak 13:5).
BIS- Orang yang membaktikan diri untuk pelayanan kepada Tuhan, kadang-kadang untuk sementara waktu, kadang-kadang untuk seumur hidup. Ia tidak boleh memangkas rambutnya atau minum air anggur ataupun menyentuh jenazah (Bil 6:1-21).
KS.- [PL] Bil 6:2-21; Hak 13:5-7; 16:17; Am 2:11-12
NAZAR [ensiklopedia]
Istilah 'nazar' dalam pemikiran bangsa Sem mungkin berasal dari nama satu dewa. Kalau memang benar demikian, maka hal itu mengilustrasikan fakta pemakaian 'nazar' dalam Alkitab yg selalu menyebut nama Allah, dan memberikan tafsiran baru untuk bagian-bagian Alkitab seperti Yer 32:35: ay itu tidak berarti 'mengorbankan anak-anak kepada Molokh' seperti TBI, tapi 'mengorbankan anak-anak sebagai molekh, yaitu sebagai persembahan yg merupakan penggenapan suatu nazar. Mengenai Hak 11:30 dab, *YEFTA.
Nazar bisa berupa kehendak melaksanakan suatu tindakan (Kej 28:20) atau menjauhkan diri dari suatu tindakan (Mzm 132:2 dab) untuk memperoleh belas kasihan Allah (Bil 21:1-3), atau dalam hal menyatakan kegairahan atau penyerahan diri kepada Allah (Mzm 22:25). Bernazar atau tidak bernazar bukanlah dosa. Tapi bila suatu nazar dikaulkan -- biasanya nazar diucapkan dengan suara nyaring (Ul 23:23) -- ikatannya sama kudusnya dengan sumpah (Ul 23:21-23). Karena itu janganlah bernazar tanpa memikirkannya sungguh-sungguh (Ams 20:25); sebab orang yg bernazar, misalnya mengucapkan nazar hendak mempersembahkan sesuatu (Yos 8:35; Yer 33:18), dan kemudian bila tiba saatnya, maka dia bebas dari ikatan nazarnya tadi, hanya bila ia melaksanakan penyerahan persembahan itu (Pedersen). Melaksanakan tuntutan nazar itu adalah kebahagiaan bagi orang yg bernazar (Ayb 22: 27), dan demikianlah bentuk kebahagiaan Israel kelak (Nah 1:15). Namun mempersembahkan ternak yg cacat menggantikan ternak yg sudah dinazarkan adalah perbuatan dosa dan mendatangkan kutuk Allah (Mat 1:14).
Apa yg sudah menjadi milik Allah (mis anak sulung, buah bungaran, persepuluhan, Im 27:26), atau suatu kekejian bagi Allah (Ul 33:18), tidak boleh dinazarkan atau dikuduskan bagi Allah. Tapi karena anak sulung bisa ditebus (Im 27; Bil 3:44 dab), wajarlah kalau Hana menyerahkan Samuel kepada Yahweh sebagai pemenuhan nazar (1 Sam 1:11). Nazar itu sendiri pada dirinya tidaklah mengandung suatu apa pun (Mzm 51:16 dab) dan dapat diucapkan oleh pengkhianat (2 Sam 15:7 dab) atau seorang sundal yg berpura-pura saleh (Ams 7:14). Karena itu dalam PB nazar yg disebut 'korban' dari seorang yg sok saleh beragama dicela oleh Yesus (Mrk 7:11). Nazar (euche) Paulus dalam Kis 18:18 (bnd Kis 21:23) pastilah nazar yg bersifat sementara dari seorang nazir, cetusan hati yg sungguh dan tulus sesuai kepercayaan lama Ibrani (Kis 18:18; bnd 21:23).
KEPUSTAKAAN. A. R Johnson, Sacral Kingship in Ancient Israel, 1955, hlm 40 catatan; J Pedersen, Israel, Its Life and Culture, 4, 1959, hlm 265-266, 324-330. EEE/MHS/HAO
Nazir [MYSABDA]
Nazirgroup |
Nama Lain | : | Orang Nazir |
Nomor Strong | : | H5139; H5145 |
Kata Asli | : | נָזִיר; נֵ֫זֶר; נֶזֶר; נֵזֶר |