: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Irnahash | Irpeel | Irsemes | Iru | Isaac | Isaiah | Isak | Isakhar | Isbah | Iscah | Iscariot
Daftar Isi
GAMBAR: Yesaya
BIOTOKOH PL: YESAYA
BROWNING: YESAYA
ENSIKLOPEDIA: YESAYA

Isaiah

Dalam versi-versi Alkitab:

Isaias: ENDE
Jesaja: KL1863 KL1870
Jesjaxja: LDKDR
Yash'aya: BABA
Yasha'ya: SBDR
Yashaya: BABA
Yesaya: BIS FAYH SBDR TB TL WBTCDR
Yesyaya: SBDR

Gambar

Yesaya: selebihnya..
Topik: Isaiah in Various Compositions; Isaiah Preaching; Other Portraits of Isaiah; The Call of Isaiah; The Death of Isaiah

YESAYA [biotokoh pl]

Arti nama:KESELAMATAN DARI ALLAH.
AyahAmos - Yesaya 38:1.
IstriSeorang Nabiah - Yesaya 8:3.
Anak laki-lakiSear - Yasub dan Maher-Syalal-has-baz-Yesaya 7:3 ; 8:1,3 .
Disebut pertama2 Raja-raja 19:2.
Namanya disebut53 kali
Kitab yang menyebut9 buku : 2 Raja-raja, 2 Tawarikh, Yesaya, Matius, Markus, Lukas, Yohanes, Kisah Para Rasul, Roma.
PekerjaanNabi - 2 Raja-raja 19:2
Terakhir disebutRoma 15:12.
Fakta pentingIA NABI PERJANJIAN LAMA YANG TERBESAR.

YESAYA [browning]

Anak *Amos. Yesaya pada dasarnya warga Yerusalem. Ia menikah dan mempunyai dua orang anak laki-laki, atau barangkali tiga, yang diberi nama-nama simbolik (Yes. 7:3; 8:3). Ia memberi nasihat kepada empat raja *Yehuda di antara 740 dan 701 sM, pada waktu menghadapi ancaman serangan *Asyur. Yesaya mendesak mereka agar menghindari keterlibatan dengan bangsa asing.

YESAYA [ensiklopedia]

(Ibrani yesya'yahu, 'Yahweh adalah keselamatan'), putra Amos (Ibrani 'amots, harus dibedakan dari nabi Amos, Ibrani 'amos), tinggal di Yerusalem (Yes 7:1-3; 37:2).

Menurut tradisi Yahudi, dia berasal dari keluarga raja; berdasarkan cerita-cerita dan ucapan-ucapan ilahi dalam kitabnya, kadang-kadang disimpulkan bahwa bagaimanapun juga dia adalah keturunan bangsawan; tapi tidak ada kepastian mengenai hal ini.

Seperti nyata dalam pendahuluan Yes (1:1), dia bernubuat pada zaman Uzia (791/790-740/739 sM, Yotarn (740/739-732/731 sM), Ahas (735-716/715 sM), dan Hizkia (716/715-687/686 sM). (Kurun waktu pemerintahan ini disesuaikan dgn pendapat E. R Thiele.) Yesaya dipanggil menjadi nabi 'dalam tahun matinya raja Uzia' (6:1), yaitu thn 740/739 sM; penampilannya yg terakhir dapat dipastikan yakni pada waktu Sanherib menyerang Yerusalem thn 701 sM (atau kr 688 sM, jika diterima teori bahwa Sanherib mengepung Yerusalem dua kali). Menurut tradisi dia digergaji hancur remuk pada pemerintahan Manasye (lih Martyrdom of Isaiah, ps 5, yg ditulis lama kemudian sesudah zaman Yesaya); ada orang yg melihat hal ini teracu dalam Ibr 11:37, tapi pengacuan itu tidaklah pasti, dan tradisi itu nampaknya tidak mempunyai asas historis yg kuat. Mungkin sekali Yesaya hidup sampai pada pemerintahan Manasye; alpanya nama Manasye dalam Yes 1:1 mungkin berarti bahwa Yesaya tidak berperan di depan umum sesudah Manasye menjadi raja.

Yesaya menikah; istrinya disebut dalam 8:3, mungkin dia bernubuat juga Dua anaknya disebut, dan keduanya diberi nama simbolis (8:18) -- Shear Yasyub, 'Sisa itu akan kembali' (7:3) dan Maher-Syalal Hasy-Bas, 'Percepatlah merampas, bersegeralah merampok' (8:1-4).

Yesaya dan Mikha sezaman (bnd 1:1 dgn Mi 1:1). Aktivitas Yesaya didahului oleh aktivitas Amos dan Hosea (Am 1:1; Hos 1:1). Amos dan Hosea bernubuat terutama kepada suku-suku utara; Yesaya dan Mikha mengalamatkan nubuat mereka terutama ke Yehuda dan Yerusalem (Yes 1:1).

Pada paroan pertama abad 8, baik Israel pada pemerintahan Yerobeam II (kr 782-753 sM), maupun Yehuda pada pemerintahan Uzia, menikmati masa makmur raya. Keadaan ini sebagian besar adalah akibat lemahnya kerajaan Aram dan alpanya campur tangan Asyur di wilayah barat untuk jangka waktu yg agak lama. Pemerintahan Uzia boleh dikatakan sebagai masa paling makmur yg dikenal Yehuda, setelah kekacauan menimpa kerajaan itu sesudah kematian Salomo. Zaman Uzia dan Yotam kemakmuran dan kemewahan berkelimpahan di Yehuda; keadaan ini digambarkan dalam Yes 2-4.

Tapi naiknya Tiglat-Pileser III (745-727 sM) di takhta kerajaan, memacu Asyur kembali mengembangkan sayapnya di wilayah barat. Pekah dari Israel dan Rezin dari Aram membentuk koalisi anti-Asyur. Mereka berusaha memaksa Ahas dari Yehuda bergabung dengan mereka. Karena Ahas menolak, mereka mengancam akan menyingkirkannya dan menempatkan raja boneka menduduki takhta Ahas (734 sM). Tindakan Yesaya pada waktu ini diberitakan dalam ps 7. Ahas melakukan dosa kebodohan dengan meminta bantuan dari raja Asyur; akibatnya Yehuda menjadi negara satelit Asyur. Pada thn 732 sM Asyur merebut Damsyik dan mencaplok wilayah Israel bagian utara dataran Yizreel, dan membiarkan sisa daerah kerajaan Utara diperintah oleh Hosea, sebagai pengikut Asyur. Sewaktu Hosea memberontak, Salmaneser V (727-722 sM) mengepung Samaria, dan penggantinya, Sargon II (722-705 sM), merebut Samaria pada tahun ia naik takhta.

Sesudah peristiwa di atas, beberapa kali lagi gerakan kemerdekaan dilancarkan menentang kekuasaan Asyur. Pada peristiwa-peristiwa itu Yesaya -- yg untuk sementara waktu undur dan membatasi kegiatannya hanya di lingkungan kecil sesudah protesnya menentang politik luar negeri Ahas pada thn 734 sM tidak digubris (8:16 dab) -- tampil memperingatkan Yehuda karena terlibat dalam gerakan politik yg sama, khususnya pengandalan atas bantuan Mesir.

Menurut 14:29, pada tahun kematian Ahas, orang Filistin mengutus delegasi ke Yerusalem untuk menyusun persekutuan anti-Asyur; menentang kegiatan ini Yesaya kembali melancarkan peringatan (14:29-32).

Pada zaman Hizkia juga timbul gerakan-gerakan sejenis, khususnya menonjol pemberontakan Asdod, yg dipatahkan pada thn 711 sM, sewaktu orang Asyur mengepung dan merebut Asdod (bnd Yes 20:1). Yehuda dan Mesir terlibat dalam pemberontakan ini. Mungkin sekali bahwa tarikh Yes 18 adalah waktu ini; pada waktu itu suatu dinasti Etiopia memerintah di Mesir. Setelah Sargon meninggal pemberontakan-pemberontakan timbul menentang penerusnya, Sanherib (705-681 sM). Yehuda adalah salah satu negara yg memberontak itu, dan pemberontakan itu memancing Sanherib thn 701 sM menyerbu Yehuda dan mengepung Yerusalem. Berbagai ucapan ilahi dalam ps 28-31 boleh jadi bertarikh 705-701 sM, termasuk tempelakan mengandalkan Mesir dalam 30:1-7; 31:1-3. Ps 36 dan 37 mencatat ancaman Sanherib terhadap Yerusalem, pembebasan Yerusalem dan aktivitas Yesaya selama waktu bahaya ini. Ps 38 dan 39, yg mungkin berhubungan dengan periode yg sama, melaporkan Hizkia sakit dan kesembuhannya, juga utusan dari Merodakh-Baladan (*MERODAKH-BALADAN). NHR/AL/HAO




TIP #10: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab menjadi per baris atau paragraf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA