TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Mazmur 119:1-8

Konteks
Bahagianya orang yang hidup menurut Taurat TUHAN
119:1 1 Berbahagialah 2  orang-orang yang hidupnya tidak bercela, t  yang hidup u  menurut Taurat TUHAN 3 . v  119:2 Berbahagialah w  orang-orang yang memegang peringatan-peringatan-Nya 4 , x  yang mencari Dia y  dengan segenap hati, z  119:3 yang juga tidak melakukan kejahatan, a  tetapi yang hidup menurut jalan-jalan 5  b  yang ditunjukkan-Nya. 119:4 Engkau sendiri telah menyampaikan titah-titah 6 -Mu, c  supaya dipegang d  dengan sungguh-sungguh. 119:5 Sekiranya hidupku tentu untuk berpegang pada ketetapan-Mu 7  8 ! e  119:6 Maka aku tidak akan mendapat malu, f  apabila aku mengamat-amati segala perintah-Mu 9 . g  119:7 Aku akan bersyukur kepada-Mu dengan hati jujur, apabila aku belajar hukum-hukum-Mu h  yang adil. 119:8 Aku akan berpegang pada ketetapan-ketetapan-Mu, janganlah tinggalkan i  aku sama sekali.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[119:1]  1 Full Life : HIDUPNYA TIDAK BERCELA.

Nas : Mazm 119:1-176

Mazmur ini mengungkapkan kasih yang agung untuk firman Allah yang tertulis. Firman Allah disebutnya sebagai janji, perintah, pedoman, kesaksian, ajaran, hikmat, kebenaran, keadilan, dan teguran. Firman Allah disajikan sebagai penghiburan, perlindungan, harta, patokan hidup, kebahagiaan hati dan jiwa, dan sumber jawaban segala kebutuhan.

  1. 1) Pemazmur mengungkapkan kasih yang mendalam bagi Allah dengan membaca, merenungkan, dan mendoakan Firman-Nya. Ia mengajarkan bahwa kita akan bertumbuh dalam kasih karunia dan kebenaran hanya bila kasih akan Firman itu bertumbuh dalam diri kita.
  2. 2) Mazmur ini disebut sebagai akrostik abjad karena ke-22 baitnya (atau alinea) yang terdiri dari delapan ayat masing-masing cocok dengan ke-22 huruf abjad Ibrani. Setiap ayat dari setiap alinea dimulai dengan huruf yang dipakai untuk bait itu.

[119:1]  2 Full Life : BERBAHAGIALAH.

Nas : Mazm 119:1

Allah berjanji untuk mencurahkan berkat-Nya atas orang yang telah memutuskan untuk hidup sesuai dengan Firman-Nya dengan semua standar dan petunjuknya. Mereka akan mengalami kehadiran-Nya yang pribadi (bd. Kej 26:3), yang memberi mereka kekuatan, pertolongan, dan perlindungan (Ef 3:16; Kol 1:11;

lihat cat. --> Luk 24:50).

[atau ref. Luk 24:50]

[119:1]  3 Full Life : TAURAT TUHAN.

Nas : Mazm 119:1

Hukum (Ibr. _torah_) merupakan seluruh pengarahan Allah kepada umat-Nya; hukum ini juga dapat mengacu kepada Pentateukh (lima kitab pertama PL) atau bahkan seluruh PL.

[119:2]  4 Full Life : PERINGATAN-PERINGATANNYA.

Nas : Mazm 119:2

Peringatan-peringatan Allah (Ibr. _'edot_) merupakan syarat-syarat atau tuntutan-tuntutan perjanjian yang dinyatakan sebagai kehendak Allah.

[119:3]  5 Full Life : JALAN-JALAN.

Nas : Mazm 119:3

Jalan-jalan Allah (Ibr. _derek_) menunjukkan prinsip-prinsip dan sarana operasional yang dengannya Allah berhubungan dengan umat-Nya dan memajukan penebusan-Nya di bumi. Jalan-jalan Allah bertentangan dengan hikmat dan nilai-nilai manusiawi (lih. Yes 55:8-9).

[119:4]  6 Full Life : TITAH-TITAH.

Nas : Mazm 119:4

Titah-titah Allah (Ibr. _piqqudim_) mencakup pengarahan yang terinci dari Tuhan.

[119:5]  7 Full Life : KETETAPAN-MU.

Nas : Mazm 119:5

Ketetapan-ketetapan Allah (Ibr. _huqqim_) terdiri atas peraturan-peraturan bagi umat-Nya secara perseorangan dan secara bersama.

[119:5]  8 Full Life : BERPEGANG PADA KETETAPAN-MU

Nas : Mazm 119:5

(versi Inggris NIV -- tabah dalam menaati ketetapan-Mu). Orang percaya harus terus meminta kepada Allah agar memberikan kasih karunia yang diperlukan untuk melaksanakan kehendak-Nya dan tetap tabah dalam jalan-jalan-Nya. Permohonan semacam ini perlu karena kita tidak dapat tinggal setia kepada hukum-hukum Allah tanpa pertolongan-Nya yang menyokong dan karya Roh Kudus di dalam hati kita

(lihat cat. --> Mat 7:21).

[atau ref. Mat 7:21]

[119:6]  9 Full Life : PERINTAH-MU.

Nas : Mazm 119:6

Perintah-perintah Allah (Ibr. _miswot_) mengacu kepada peraturan dan ketetapan yang mengungkapkan kekuasaan Allah serta kehendak-Nya bagi umat-Nya yang seharusnya ditaati.



TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA