Yesaya 5:1
KonteksYesaya 27:1-2
KonteksKeluaran 15:2-21
Konteks15:2 TUHAN itu kekuatanku t dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. u Ia Allahku, v kupuji Dia, Ia Allah bapaku, kuluhurkan w Dia. 15:3 TUHAN itu pahlawan perang; x TUHAN, itulah nama-Nya. y 15:4 Kereta Firaun dan pasukannya z dibuang-Nya ke dalam laut; para perwiranya yang pilihan dibenamkan ke dalam Laut Teberau. 15:5 Samudera raya a menutupi mereka; ke air yang dalam mereka tenggelam seperti batu. b 15:6 Tangan kanan-Mu, c TUHAN, mulia karena kekuasaan-Mu, tangan kanan-Mu, d TUHAN, menghancurkan e musuh. 15:7 Dengan keluhuran-Mu f yang besar Engkau meruntuhkan siapa yang bangkit menentang Engkau; Engkau melepaskan api murka-Mu, g yang memakan h mereka sebagai tunggul gandum. 15:8 Karena nafas hidung-Mu i segala air naik bertimbun-timbun; j segala aliran berdiri tegak seperti bendungan; k air bah membeku di tengah-tengah laut. l 15:9 Kata musuh: Aku akan mengejar, m akan mencapai mereka, akan membagi-bagi jarahan; n nafsuku akan kulampiaskan kepada mereka, akan kuhunus pedangku; tanganku akan melenyapkan mereka! 15:10 Engkau meniup dengan taufan-Mu, o lautpun menutupi mereka; sebagai timah mereka tenggelam dalam air p yang hebat. 15:11 Siapakah yang seperti Engkau, q di antara para allah, ya TUHAN; siapakah seperti Engkau, mulia karena kekudusan-Mu, r menakutkan karena perbuatan-Mu yang masyhur, s Engkau pembuat keajaiban? t 15:12 Engkau mengulurkan u tangan kanan-Mu; bumipun menelan mereka. v 15:13 Dengan kasih setia-Mu Engkau menuntun w umat yang telah Kautebus; x dengan kekuatan-Mu Engkau membimbingnya ke tempat kediaman-Mu y yang kudus. 15:14 Bangsa-bangsa mendengarnya, merekapun menggigil; z kegentaran a menghinggapi penduduk tanah Filistin. b 15:15 Pada waktu itu gemparlah para kepala c kaum di Edom, d kedahsyatan e menghinggapi orang-orang berkuasa di Moab; semua penduduk tanah Kanaan gemetar. f 15:16 Ngeri g dan takut menimpa mereka, karena kebesaran tangan-Mu mereka kaku seperti batu, h sampai umat-Mu menyeberang, ya TUHAN, sampai umat yang Kauperoleh i menyeberang. j 15:17 Engkau membawa k mereka dan Kaucangkokkan l mereka di atas gunung m milik-Mu sendiri; di tempat yang telah Kaubuat kediaman-Mu, n ya TUHAN; di tempat kudus, o yang didirikan tangan-Mu, ya TUHAN. 15:18 TUHAN memerintah kekal selama-lamanya. p " 15:19 Ketika kuda Firaun dengan keretanya dan orangnya yang berkuda telah masuk ke laut, q maka TUHAN membuat air laut berbalik meliputi mereka, tetapi orang Israel berjalan di tempat kering r dari tengah-tengah laut. 15:20 Lalu Miryam, s nabiah 4 t itu, saudara perempuan Harun, mengambil rebana di tangannya, dan tampillah semua perempuan mengikutinya memukul rebana u serta menari-nari. v 15:21 Dan menyanyilah w Miryam memimpin mereka: "Menyanyilah bagi TUHAN, sebab Ia tinggi luhur; kuda dan penunggangnya x dilemparkan-Nya ke dalam laut. y "
Bilangan 21:17
Konteks21:17 Pada waktu itu orang Israel menyanyikan nyanyian f ini: "Berbual-buallah, hai sumur! Mari kita bernyanyi-nyanyi berbalas-balasan karena sumur yang digali oleh raja-raja,
Yudas 1:1-2
Konteks1 Samuel 22:1
KonteksYeremia 33:11
Konteks33:11 akan terdengar lagi suara kegirangan dan suara sukacita, e suara pengantin laki-laki dan suara pengantin perempuan, suara orang-orang yang mengatakan: Bersyukurlah kepada TUHAN semesta alam, sebab TUHAN itu baik, f bahwasanya untuk selama-lamanya g kasih setia-Nya!, sambil mempersembahkan korban syukur h di rumah TUHAN. Sebab Aku akan memulihkan keadaan i negeri ini seperti dahulu, j firman TUHAN.
Efesus 5:19-20
Konteks5:19 dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian p rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan 6 dengan segenap hati. 5:20 Ucaplah syukur q senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita
Wahyu 19:1-7
Konteks[5:1] 1 Full Life : KEBUN ANGGUR.
Nas : Yes 5:1-7
Nyanyian kebun anggur ini menunjukkan bahwa Allah berusaha sedapat-dapatnya untuk menjadikan Yehuda bangsa yang benar dan produktif. Hanya ketika mereka gagal menjadi apa yang diinginkan-Nya barulah Allah membinasakan kebun anggur-Nya (bd. perumpamaan Yesus tentang penggarap-penggarap kebun anggur dalam Mat 21:33-44). Perumpamaan Yesaya secara historis menunjuk kepada kebinasaan Yerusalem dan kerajaan Yehuda pada tahun 586 SM.
[27:1] 2 Full Life : LEWIATAN, ULAR.
Nas : Yes 27:1
Gambaran ini melambangkan kejahatan dan dunia penuh dosa dalam pemberontakan terhadap Allah. Pada akhir zaman, semua yang menentang Allah akan dibinasakan
(lihat cat. --> Wahy 19:11;
lihat cat. --> Wahy 19:14;
lihat cat. --> Wahy 19:15;
lihat cat. --> Wahy 19:17;
lihat cat. --> Wahy 19:19;
lihat cat. --> Wahy 19:20).
[atau ref. Wahy 19:11-20]
[27:2] 3 Full Life : KEBUN ANGGUR YANG ELOK
Nas : Yes 27:2-6
(versi Inggris NIV -- yang subur). Nyanyian nubuat ini menekankan keinginan Allah untuk menjadikan Israel kebun anggur yang berbuah lebat. Pada zaman kerajaan, Israel akan mempengaruhi seluruh bumi bagi Allah dan kebenaran-Nya (ayat Yes 27:6).
Nas : Kel 15:20
Miryam disebut "nabiah" karena ia digerakkan oleh Roh nubuat dan mengucapkan amanat dari Allah kepada umat itu (lih. Bil 12:2,6; bd. Hak 4:4; 2Raj 22:14; Yes 8:3; Luk 2:36;
lihat art. NABI DI DALAM PERJANJIAN LAMA).
[1:2] 5 Full Life : RAHMAT ... MELIMPAHI KAMU.
Nas : Yud 1:2
Kata "melimpahi" (Yun. _plethuno_) secara harfiah berarti "menjadi berlipatganda". Pada saat kita menghampiri Allah, rahmat, sejahtera, dan kasih-Nya menjadi lipat dua, lipat tiga bahkan lipat empat.
[5:19] 6 Full Life : BERNYANYI ... BAGI TUHAN.
Nas : Ef 5:19
Semua lagu rohani kita baik di gereja maupun secara pribadi, harus terutama diarahkan kepada Allah sebagai doa ucapan syukur atau permohonan (bd. Mazm 40:4; 77:7).
- 1) Kidung pujian atau nyanyian rohani lainnya dapat merupakan manifestasi Roh Kudus (ayat Ef 5:18 dst; 1Kor 14:14 dst.).
- 2) Menyanyikan lagu-lagu rohani merupakan sarana peneguhan, ajaran, ucapan syukur dan doa (Kol 3:16).
- 3) Nyanyian Kristen merupakan ungkapan sukacita (ayat Ef 5:19).
- 4) Tujuan dari menyanyikan lagu-lagu rohani bukanlah hiburan atau kesenangan pribadi, melainkan penyembahan dan pemujian Allah (Rom 15:9-11; Wahy 5:9-10).
[19:1] 7 Full Life : KEMUDIAN DARIPADA ITU.
Nas : Wahy 19:1
Pasal Wahy 19:1-21 berbicara mengenai akhir masa kesengsaraan dan kedatangan Kristus kedua kali yang mulia ke bumi guna membinasakan orang-orang fasik dan untuk memerintah bersama umat-Nya.
[19:1] 8 Full Life : HALELUYA!
Nas : Wahy 19:1
Ini merupakan yang pertama di antara empat kali "_Haleluya_" terdapat dalam PB (lih. ayat Wahy 19:1,3-4,6). Kata ini berasal dari dua kata Ibrani: _halal_, yang berarti "pujian" dan _jah_, yang berarti "Yahweh" atau "Tuhan"; jadi, kata Haleluya berarti "Puji Tuhan!" Orang di sorga memuji Tuhan sebab Allah telah menghukum dunia dan menuntut balas atas mereka yang menderita oleh dunia, dan sebab Yesus Kristus akan kembali ke bumi untuk memerintah (ayat Wahy 19:6,11; 20:4). Inilah "Koor Haleluya" sorga.
[19:7] 9 Full Life : PENGANTIN-NYA TELAH SIAP SEDIA.
Nas : Wahy 19:7
Kronologi dari pasal Wahy 19:1-21 menempatkan pengantin itu (yaitu gereja, 2Kor 11:2) sebagai berada di sorga sebelum kedatangan Kristus ke bumi. Banyak penafsir percaya bahwa hal ini menunjukkan bahwa gereja telah diangkat ke sorga sebelum kedatangan Kristus yang dilukiskan dalam ayat Wahy 19:11-21
(lihat art. KEANGKATAN GEREJA).
Dua alasan diberikan untuk ini:
- 1) Pengantin itu telah berpakaian lengkap dan siap di sorga untuk "perjamuan kawin Anak Domba"; demikianlah, gereja seharusnya sudah diangkat dan berada di sorga.
- 2) Pengantin yang telah ada di sorga itu sudah berpakaian lengkap dalam "perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus" (ayat Wahy 19:8). Agar perbuatan-perbuatan yang benar dari orang kudus menjadi lengkap, mereka harus berada di sorga dan dibebaskan dari segala ketidakmurnian.