1 Raja-raja 13:2
Konteks13:2 Lalu atas perintah TUHAN berserulah orang itu terhadap mezbah itu, katanya: "Hai mezbah, hai mezbah! Beginilah firman TUHAN: Bahwasanya seorang anak akan lahir pada keluarga Daud, Yosia 1 x namanya; ia akan menyembelih di atasmu imam-imam bukit pengorbanan y yang membakar korban di atasmu, juga tulang-tulang manusia akan dibakar di atasmu."
1 Raja-raja 8:39
Konteks8:39 maka Engkaupun kiranya mendengarkannya x di sorga, tempat kediaman-Mu yang tetap, dan Engkau kiranya mengampuni, y bertindak, dan membalaskan kepada setiap orang sesuai dengan segala kelakuannya 2 , karena engkau mengenal z hatinya--sebab Engkau sajalah yang mengenal hati semua anak manusia, --
1 Raja-raja 4:31
Konteks4:31 Ia lebih bijaksana u dari pada semua orang, dari pada Etan, orang Ezrahi itu, dan dari pada Heman, Kalkol dan Darda, anak-anak Mahol; sebab itu ia mendapat nama di antara segala bangsa sekelilingnya.
1 Raja-raja 8:46
Konteks8:46 Apabila mereka berdosa k kepada-Mu--karena tidak ada manusia yang tidak berdosa 3 --dan Engkau murka kepada mereka dan menyerahkan mereka kepada musuh, sehingga mereka diangkut tertawan l ke negeri musuh yang jauh atau yang dekat,
Nas : 1Raj 13:2
Nubuat ini diucapkan sekitar 300 tahun sebelum Yosia lahir. Untuk penggenapan nubuat ini lih. 2Raj 23:15-20.
[8:39] 2 Full Life : MENGAMPUNI, BERTINDAK, DAN MEMBALASKAN KEPADA SETIAP ORANG SESUAI DENGAN SEGALA KELAKUANNYA.
Nas : 1Raj 8:39
Salomo memahami bahwa Allah akan mengampuni umat-Nya apabila mereka berbalik dari dosa mereka dan sungguh-sungguh bertobat dengan penyesalan dan dukacita (ayat 1Raj 8:35-36); ia juga mengakui bahwa Allah mungkin harus mendisiplin mereka "supaya mereka takut akan Engkau selama mereka hidup di atas tanah yang telah Kauberikan" (ayat 1Raj 8:40).
[8:46] 3 Full Life : TIDAK ADA MANUSIA YANG TIDAK BERDOSA.
Nas : 1Raj 8:46
Pernyataan Salomo ini bukanlah suatu usaha untuk membenarkan dosa-dosa dirinya atau Israel; sebaliknya, Salomo sedang menyatakan kebenaran bahwa karena dosa ada di mana-mana, berbalik dari Allah senantiasa menjadi kemungkinan bagi rakyatnya (ayat 1Raj 8:46-50; bd. Rom 3:23; 1Yoh 1:10). Apabila kemurtadan terjadi, pembebasan juga mungkin jikalau mereka bertobat dan berbalik kepada Allah (ayat 1Raj 8:46-51).