Program Bacaan 

Bacaan Alkitab 25 September

<<
>>
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Hosea 8:1--10:8

Konteks
Keruntuhan Israel sebagai akibat kedurhakaannya
8:1 Tiuplah sangkakala! w  Serangan laksana rajawali x  atas rumah TUHAN! Oleh karena mereka telah melangkahi perjanjian-Ku y  dan telah mendurhaka terhadap pengajaran-Ku. z  8:2 Kepada-Ku mereka berseru-seru 1 : "Ya Allahku, kami, Israel mengenal Engkau!" 8:3 Israel telah menolak yang baik--biarlah musuh mengejar dia! a  8:4 Mereka telah mengangkat raja, tetapi tanpa persetujuan-Ku 2 ; b  mereka mengangkat pemuka, tetapi dengan tidak setahu-Ku. Dari emas dan peraknya mereka membuat berhala-berhala c  bagi dirinya sendiri, sehingga mereka dilenyapkan. 8:5 Aku menolak anak lembumu, hai Samaria; d  murka-Ku menyala terhadap mereka! Sampai berapa lama tidak dapat disucikan, e  8:6 orang-orang Israel itu? Itu dibuat oleh tukang, dan itu bukan Allah! f  Sungguh, akan menjadi serpih anak lembu g  Samaria h  itu! 8:7 Sebab mereka menabur angin, maka mereka akan menuai puting beliung 3 ; i  gandum yang belum menguning tidak ada pada mereka; tumbuh-tumbuhan itu tidak menghasilkan tepung; j  dan jika memberi hasil, maka orang-orang lain menelannya. k  8:8 Israel sudah ditelan; l  sekarang mereka itu ada di antara bangsa-bangsa seperti barang yang tidak disukai m  orang. 8:9 Sebab mereka telah pergi ke Asyur, n  bagaikan keledai hutan o  yang memencilkan diri; Efraim telah membagi-bagi hadiah cinta. p  8:10 Sekalipun mereka membagi-bagi hadiah itu di antara bangsa-bangsa, sekarang ini Aku akan mengumpulkan q  mereka, dan sebentar lagi mereka akan berhenti mengurapi raja dan para pemuka. r  8:11 Sungguh, Efraim telah memperbanyak mezbah; mezbah-mezbah itu menjadikan mereka berdosa 4 . s  8:12 Sekalipun Kutuliskan baginya banyak pengajaran-Ku, itu akan dianggap mereka sebagai sesuatu yang asing 5 . t  8:13 Mereka mencintai korban sembelihan; mereka mempersembahkan daging dan memakannya; u  tetapi TUHAN tidak berkenan kepada mereka. v  Sekarang Ia akan mengingat w  kesalahan mereka dan akan menghukum dosa x  mereka; mereka harus kembali ke Mesir! y  8:14 Israel telah melupakan z  Pembuatnya a  dan telah mendirikan istana-istana; Yehuda telah memperbanyak kota-kota yang berkubu; tetapi Aku akan melepas api ke dalam kota-kota mereka, sehingga puri b  mereka dimakan habis.
Tidak akan ada sukacita dalam pembuangan
9:1 Janganlah bersukacita, hai Israel! Janganlah bersorak-sorak c  seperti bangsa-bangsa! Sebab engkau telah berzinah dengan meninggalkan d  Allahmu, engkau telah mencintai upah sundal e  di segala tempat pengirikan gandum. 9:2 Tempat pengirikan gandum dan tempat pemerasan anggur tidak akan memberi mereka makan, dan anggur f  akan mengecewakan mereka. 9:3 Mereka tidak akan tetap diam g  di tanah TUHAN, tetapi Efraim harus kembali ke Mesir 6 , h  dan di Asyur i  mereka akan memakan makanan najis. 9:4 Mereka tidak akan mempersembahkan korban curahan anggur j  kepada TUHAN dan korban-korban sembelihan mereka tidak akan menyenangkan k  hati-Nya. Roti mereka adalah seperti roti perkabungan, l  semua orang yang memakannya akan menjadi najis, m  sebab roti mereka adalah untuk dirinya sendiri, tidak boleh dibawa ke dalam rumah TUHAN. n  9:5 Apakah yang hendak kamu perbuat o  pada waktu pertemuan raya p  dan pada waktu hari raya TUHAN? 9:6 Sebab walaupun mereka mengelakkan diri dari pemusnahan, Mesir akan mengumpulkan mereka, q  Memfis r  akan menguburkan mereka. s  Rumput akan menutupi barang-barang perak t  mereka yang berharga; onak u  akan tumbuh dalam kemah-kemah mereka. 9:7 Sudah datang hari-hari penghukuman, v  sudah datang hari-hari pembalasan, w  Israel akan mengalaminya, x  "Nabi adalah seorang pandir 7 , y  orang yang penuh roh adalah orang gila! z ", oleh karena besarnya kesalahanmu dan besarnya permusuhan: 9:8 Efraim, umat Allahku, sedang mengintai nabi, jerat penangkap a  burung ada di sepanjang jalannya, permusuhan ada di rumah Allahnya. b  9:9 Busuk c  sangat perbuatan mereka seperti pada hari-hari Gibea; d  Ia akan mengingat e  kesalahan mereka dan akan menghukum dosa f  mereka.
Akibat ketidaktaatan Israel
9:10 Seperti buah-buah anggur di padang gurun Aku mendapati Israel dahulu; seperti buah sulung sebagai hasil pertama g  pohon ara h  Aku melihat nenek moyangmu. Tetapi mereka itu telah pergi kepada Baal-Peor i  dan telah membaktikan diri kepada dewa j  keaiban, sehingga mereka menjadi kejijikan sama seperti apa yang mereka cintai itu. 9:11 Kemuliaan k  Efraim terbang seperti burung: l  tiada yang melahirkan, yang hamil dan yang mengandung! m  9:12 Sekalipun mereka membesarkan anak-anaknya, Aku akan membuat mereka bulus, n  sehingga tidak ada manusia lagi. Sungguh, celakalah o  juga mereka pada waktu Aku menjauh dari pada mereka! p  9:13 Efraim, q  seperti yang Aku lihat, telah membuat anak-anaknya menjadi binatang perburuan; r  Efraim terpaksa menyerahkan anak-anaknya kepada si pembunuh. s  9:14 Berilah kepada mereka, ya TUHAN--apakah yang hendak Kauberi? Berilah kepada mereka kandungan yang mandul dan buah dada yang kering. t  9:15 Segala kejahatan mereka terjadi di Gilgal, u  sungguh, di sana Aku mulai membenci mereka. Oleh karena jahatnya perbuatan-perbuatan v  mereka Aku akan menghalau mereka dari rumah-Ku. Aku tidak akan mengasihi mereka w  lagi 8 , semua pemuka mereka adalah pemberontak. x  9:16 Efraim y  telah dipukul, akarnya telah menjadi kering, mereka tidak akan menghasilkan buah. z  Bahkan sekalipun mereka melahirkan anak, Aku akan mematikan a  buah kandungannya yang berharga. 9:17 Allahku akan membuang b  mereka, sebab mereka tidak mendengarkan c  Dia, maka mereka akan mengembara 9  di antara bangsa-bangsa. d 
Hukuman karena penyembahan berhala
10:1 Israel adalah pohon anggur e  yang riap tumbuhnya, yang menghasilkan buah. Makin banyak buahnya 10 , makin banyak dibuatnya mezbah-mezbah. f  Makin baik g  tanahnya, makin baik dibuatnya tugu-tugu h  berhala. 10:2 Hati mereka licik, i  sekarang mereka harus menanggung akibat kesalahannya: j  Dia akan menghancurkan mezbah-mezbah k  mereka, akan meruntuhkan tugu-tugu l  berhala mereka. 10:3 Sungguh, sekarang mereka berkata: "Kita tidak mempunyai raja lagi, sebab kita tidak takut kepada TUHAN. Apakah yang dapat dilakukan raja bagi kita?" 10:4 Mereka membual, mengangkat sumpah m  dusta, mengikat perjanjian, n  sehingga tumbuh hukum seperti pohon upas o  di alur-alur ladang. 10:5 Penduduk Samaria gentar mengenai anak lembu p  Bet-Awen. q  Sungguh, rakyatnya akan berkabung oleh karenanya, dan imam-imamnya r  akan meratap oleh karenanya, oleh sebab kemuliaannya telah beralih s  dari padanya. 10:6 Anak lembu itu sendiri akan dibawa ke Asyur t  sebagai persembahan u  kepada Raja v  'Agung'. Efraim akan menanggung malu, w  Israel akan mendapat malu x  karena rancangannya. 10:7 Samaria akan dihancurkan; y  rajanya seperti sepotong ranting yang terapung di air. 10:8 Bukit-bukit pengorbanan z  Awen, a  yakni dosa Israel, akan dimusnahkan. Semak duri b  dan rumput duri akan tumbuh di atas mezbah-mezbahnya. c  Dan mereka akan berkata kepada gunung-gunung: "Timbunilah kami 11 ! d " dan kepada bukit-bukit: "Runtuhlah menimpa kami! e "
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[8:2]  1 Full Life : KEPADA-KU MEREKA BERSERU-SERU.

Nas : Hos 8:2-3

Israel akan tetap berseru-seru kepada Allah dan mengaku melayani Dia, tetapi pengakuan itu tidak akan ada manfaat bagi mereka. Ibadah mereka kepada Allah tercemar oleh kehidupan mereka yang duniawi dan penuh dosa. Mereka memuji Allah tetapi pada saat bersamaan menolak jalan-jalan-Nya yang benar.

[8:4]  2 Full Life : MENGANGKAT RAJA, TETAPI TANPA PERSETUJUAN-KU.

Nas : Hos 8:4

Umat itu memilih para pemimpin yang tidak disetujui oleh Allah. Rasul Paulus memperingatkan mengenai saat ketika gereja-gereja akan memilih gembala yang tidak memenuhi syarat menurut standar-standar kebenaran Allah

(lihat cat. --> 2Tim 4:3-4;

lihat cat. --> 2Tim 4:4;

[atau ref. 2Tim 4:3-4]

lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).

[8:7]  3 Full Life : MENABUR ANGIN ... MENUAI PUTING BELIUNG.

Nas : Hos 8:7

Israel telah menabur angin dosa dan penyembahan berhala; sekarang mereka akan mengalami puting beliung serbuan Asyur. Kita harus ingat bahwa tindakan dan sikap berdosa menabur benih-benih yang akan menghasilkan buah-buah kejahatan di dalam hidup kita (lih. Ayub 4:8; Gal 6:7; bd. Mazm 126:5-6; Ams 11:18; 2Kor 9:6).

[8:11]  4 Full Life : MEZBAH-MEZBAH ITU MENJADIKAN MEREKA BERDOSA

Nas : Hos 8:11

(versi Inggris NIV -- mezbah-mezbah untuk berbuat dosa). Mezbah-mezbah yang didirikan Israel di utara tidak diperintahkan Allah; korban-korban mereka dengan demikian menyatakan ambisi dan keinginan mereka sendiri. Ibadah kita kepada Tuhan harus dilandaskan pada ajaran Alkitab dan mengikuti kebiasaan gereja PB. Penyembahan palsu mungkin kelihatan indah bagi perasaan kita dan mungkin juga menghibur kita, tetapi itu masih berdosa karena menggantikan penyembahan yang benar di dalam Roh Allah dengan cara-cara duniawi (bd. Yoh 4:23-24;

lihat art. IBADAH).

[8:12]  5 Full Life : PENGAJARAN-KU ... SESUATU YANG ASING.

Nas : Hos 8:12

Jauh sebelum zaman Hosea, Allah telah memberikan perintah-perintah dan hukum-hukum-Nya kepada Israel. Tetapi umat itu memperlakukan Firman Allah sebagai hal yang asing atau aneh. Banyak orang di dalam gereja dewasa ini jarang membaca Alkitab atau menghargai hukum-hukum Allah; perintah-perintah Firman-Nya tidak cocok bagi mereka karena mereka ingin terus hidup dalam dosa.

[9:3]  6 Full Life : EFRAIM HARUS KEMBALI KE MESIR

Nas : Hos 9:3

(versi Inggris NIV -- akan kembali). Hosea menubuatkan bahwa Efraim (yaitu kerajaan utara) akan mengalami pembuangan. Mesir melambangkan perbudakan dan penindasan yang pernah mereka derita; Mesir ke mana mereka kini harus pergi ialah Asyur

(lihat cat. --> Hos 11:5).

[atau ref. Hos 11:5]

[9:7]  7 Full Life : NABI ADALAH SEORANG PANDIR.

Nas : Hos 9:7

Banyak orang Israel menganggap nabi-nabi Allah itu sebagai pandir dan tidak waras (bd. 2Raj 9:1-3,11). Mereka bermusuhan terhadap setiap nabi yang berkhotbah menentang dosa-dosa mereka serta memperingatkan mereka tentang hukuman yang akan datang dari Allah. Dewasa ini sering kali para hamba Tuhan yang menentang gaya hidup anggota gereja dan memperhadapkan mereka dengan penyesuaian diri dengan dunia ternyata akan ditertawai oleh beberapa orang di dalam gereja.

[9:15]  8 Full Life : AKU TIDAK AKAN MENGASIHI MEREKA LAGI.

Nas : Hos 9:15

Kasih Allah bukan tidak bersyarat bagi mereka yang berkali-kali menolak kasih karunia dan Firman-Nya. Ajaran bahwa Allah akan senantiasa mengasihi kita, tidak peduli kejahatan apa pun yang kita lakukan, bertolak belakang dengan pernyataan Alkitab.

[9:17]  9 Full Life : MEREKA AKAN MENGEMBARA.

Nas : Hos 9:17

Sebagai penggenapan Ul 28:65-66, Israel akan menjadi bangsa yang terserak bagaikan gelandangan tunawisma karena mereka tidak mendengarkan peringatan-peringatan Firman Allah melalui para nabi.

[10:1]  10 Full Life : MAKIN BANYAK BUAHNYA.

Nas : Hos 10:1

Makin makmur negeri Israel dan menghasilkan banyak buah, makin terlibat orang Israel dalam penyembahan berhala. Kemakmuran belum tentu merupakan berkat. Makin banyak uang yang dimiliki seorang, makin banyak yang mereka pakai untuk diri sendiri; mereka lupa Allah dan kebutuhan kerajaan-Nya, mereka berpusat pada diri sendiri dan bukan pada Allah.

[10:8]  11 Full Life : TIMBUNILAH KAMI!

Nas : Hos 10:8

Orang-orang yang telah mengandalkan dewa-dewa palsu dan menerima gaya hidup kafir yang sensual akan berseru kepada gunung-gunung dan bukit-bukit untuk menimbuni dan menyembunyikan mereka dari murka Allah ketika hukuman-Nya dimulai. Mereka yang mundur dan yang memusuhi Allah dan umat-Nya akan melakukan hal yang sama ketika sistem dunia ini runtuh dan mereka menyaksikan murka Allah dicurahkan atas dunia ini (lih. Luk 23:30; Wahy 6:16;

lihat art. KESENGSARAAN BESAR).



TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA