kecilkan semua  

Teks -- Zakharia 3:1-10 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Penglihatan keempat: imam besar Yosua
3:1 Kemudian ia memperlihatkan kepadaku imam besar Yosua berdiri di hadapan Malaikat TUHAN sedang Iblis berdiri di sebelah kanannya untuk mendakwa dia. 3:2 Lalu berkatalah Malaikat TUHAN kepada Iblis itu: "TUHAN kiranya menghardik engkau, hai Iblis! TUHAN, yang memilih Yerusalem, kiranya menghardik engkau! Bukankah dia ini puntung yang telah ditarik dari api?" 3:3 Adapun Yosua mengenakan pakaian yang kotor, waktu dia berdiri di hadapan Malaikat itu, 3:4 yang memberikan perintah kepada orang-orang yang melayaninya: "Tanggalkanlah pakaian yang kotor itu dari padanya." Dan kepada Yosua ia berkata: "Lihat, dengan ini aku telah menjauhkan kesalahanmu dari padamu! Aku akan mengenakan kepadamu pakaian pesta." 3:5 Kemudian ia berkata: "Taruhlah serban tahir pada kepalanya!" Maka mereka menaruh serban tahir pada kepalanya dan mengenakan pakaian kepadanya, sedang Malaikat TUHAN berdiri di situ. 3:6 Lalu Malaikat TUHAN itu memberi jaminan kepada Yosua, katanya: 3:7 "Beginilah firman TUHAN semesta alam: Apabila engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan melakukan tugas yang Kuberikan kepadamu, maka engkau akan memerintah rumah-Ku dan mengurus pelataran-Ku, dan Aku akan mengizinkan engkau masuk ke antara mereka yang berdiri melayani di sini. 3:8 Dengarkanlah, hai imam besar Yosua! Engkau dan teman-temanmu yang duduk di hadapanmu -- sungguh kamu merupakan suatu lambang. Sebab, sesungguhnya Aku akan mendatangkan hamba-Ku, yakni Sang Tunas. 3:9 Sebab sesungguhnya permata yang telah Kuserahkan kepada Yosua -- satu permata yang bermata tujuh -- sesungguhnya Aku akan mengukirkan ukiran di atasnya, demikianlah firman TUHAN semesta alam, dan Aku akan menghapuskan kesalahan negeri ini dalam satu hari saja. 3:10 Pada hari itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, setiap orang dari padamu akan mengundang temannya duduk di bawah pohon anggur dan di bawah pohon ara."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Iblis a person, male (evil angelic),an angel that has rebelled against God
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yesua a son of Eliezer; the father of Er; an ancestor of Jesus,the son of Nun and successor of Moses,son of Nun of Ephraim; successor to Moses,a man: owner of the field where the ark stopped,governor of Jerusalem under King Josiah,son of Jehozadak; high priest in the time of Zerubbabel
 · Yosua a son of Eliezer; the father of Er; an ancestor of Jesus,the son of Nun and successor of Moses,son of Nun of Ephraim; successor to Moses,a man: owner of the field where the ark stopped,governor of Jerusalem under King Josiah,son of Jehozadak; high priest in the time of Zerubbabel


Topik/Tema Kamus: Yesua | Zakharia | Yosua | Malaikat | Benar Kebenaran Di Hadapan Allah | Setan | Imam Agung atau Imam Besar | Pohon Anggur | Tangan | Lihat, Penglihatan | Iblis | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Kristus | Ara | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Za 3:1 - IBLIS BERDIRI DI SEBELAH KANANNYA UNTUK MENDAKWA DIA. Nas : Za 3:1 Yosua sedang mewakili bangsa Israel di hadapan Allah. Iblis, "si penuduh" (lihat cat. --> Mat 4:10), [atau ref. ...

Nas : Za 3:1

Yosua sedang mewakili bangsa Israel di hadapan Allah. Iblis, "si penuduh"

(lihat cat. --> Mat 4:10),

[atau ref. Mat 4:10]

berdiri untuk menentangnya, yang menunjukkan bahwa semua halangan dan perlawanan terhadap pembangunan kembali Bait Suci sesungguhnya berasal dari Iblis. Dia masih merupakan musuh kita, "pendakwa saudara-saudara kita" (Wahy 12:10) yang berusaha mengalahkan kita.

Full Life: Za 3:2 - MENGHARDIK ENGKAU, HAI IBLIS! Nas : Za 3:2 Selaku wakil Israel, Yosua tidak dapat melawan Iblis, karena imam besar itu memakai jubah yang kotor (yaitu, dosa). 1) Allah send...

Nas : Za 3:2

Selaku wakil Israel, Yosua tidak dapat melawan Iblis, karena imam besar itu memakai jubah yang kotor (yaitu, dosa).

  1. 1) Allah sendiri melawan Iblis dan menghardiknya, karena Allah telah memilih Israel untuk melaksanakan rencana-Nya.
  2. 2) Israel merupakan "puntung yang disentak dari api". Api itu melambangkan penderitaan Israel dalam pembuangan Babel. Allah telah menuntun Israel melalui penderitaan-penderitaan ini, bukan untuk memusnahkan mereka, tetapi untuk mendisiplin mereka dan mempersiapkan mereka untuk tugas yang lebih besar.

Full Life: Za 3:4 - MENGENAKAN KEPADAMU PAKAIAN PESTA. Nas : Za 3:4 Jubah Yosua yang kotor ditanggalkan, yang melambangkan penghapusan dosa Yosua (dan Israel). Dia kemudian dikenakan pakaian pesta denga...

Nas : Za 3:4

Jubah Yosua yang kotor ditanggalkan, yang melambangkan penghapusan dosa Yosua (dan Israel). Dia kemudian dikenakan pakaian pesta dengan serban yang bersih di kepalanya, yang menunjukkan pemulihan penuh kepada jabatan imam. Dosa Israel telah dihapuskan dan mereka dikenakan jubah kebenaran ilahi; pentahiran yang sama tersedia bagi kita melalui Kristus (Ef 1:7; Rom 1:16-17; 3:22,25-26).

Full Life: Za 3:7 - APABILA ENGKAU HIDUP MENURUT JALAN YANG KUTUNJUKKAN. Nas : Za 3:7 Firman pribadi Allah kepada Yosua sangat mendorong dia untuk ikut Tuhan dan memenuhi syarat-syarat-Nya; apabila hal ini dilakukan Yosu...

Nas : Za 3:7

Firman pribadi Allah kepada Yosua sangat mendorong dia untuk ikut Tuhan dan memenuhi syarat-syarat-Nya; apabila hal ini dilakukan Yosua, dia akan memimpin di Bait Suci, mengurus semua pelataran Allah di bumi, dan berhak menghampiri ruang takhta Allah di sorga, tempat malaikat melayani. Kita juga dengan leluasa dapat memasuki ruang sorga melalui doa jikalau berjalan di jalan Allah.

Full Life: Za 3:8 - HAMBA-KU, YAKNI SANG TUNAS. Nas : Za 3:8 Yosua dan para imam lainnya merupakan lambang-lambang nubuat, yang menunjuk kepada pekerjaan hamba Allah, Sang Tunas (lihat ...

Nas : Za 3:8

Yosua dan para imam lainnya merupakan lambang-lambang nubuat, yang menunjuk kepada pekerjaan hamba Allah, Sang Tunas

(lihat cat. --> Yes 4:2;

lihat cat. --> Yes 11:1;

lihat cat. --> Yer 23:5).

[atau ref. Yes 4:2; 11:1; Yer 23:5]

Malaikat Tuhan (Kristus), yang berdiri di situ sementara pentahiran dan pemulihan Yosua (ayat Za 3:5), di sini diperkenalkan sebagai Sang Tunas, tunas baru yang akan menanggung dosa-dosa kita sebagai korban karena dosa dan menyediakan penebusan kita (bd. Yes 53:1-6). Dia akan mengalahkan Iblis dengan mengenakan pakaian kotor dosa-dosa dunia pada diri-Nya sendiri dan dengan mati ganti kita.

Full Life: Za 3:9 - SATU PERMATA YANG BERMATA TUJUH. Nas : Za 3:9 Permata ini adalah sebuah lambang lagi dari Mesias (bd. Yes 28:16; 1Pet 2:6). Mata tujuh melambangkan kesempurnaan wawasan, kemahatahu...

Nas : Za 3:9

Permata ini adalah sebuah lambang lagi dari Mesias (bd. Yes 28:16; 1Pet 2:6). Mata tujuh melambangkan kesempurnaan wawasan, kemahatahuan, dan kecerdasan ilahi (bd. Wahy 5:6). Kristus akan menghapus dosa dalam satu hari, yaitu hari ketika Dia mengadakan pendamaian untuk dosa di salib.

BIS: Za 3:1 - Setan Setan: Makhluk adikodrati. Namanya menandakan bahwa ia dianggap sebagai musuh manusia.

Setan: Makhluk adikodrati. Namanya menandakan bahwa ia dianggap sebagai musuh manusia.

BIS: Za 3:2 - Malaikat TUHAN Sebuah terjemahan kuno: Malaikat TUHAN; Ibrani: TUHAN.

Sebuah terjemahan kuno: Malaikat TUHAN; Ibrani: TUHAN.

BIS: Za 3:5 - Ia pun memerintahkan pembantu-pembantunya untuk memasang Beberapa terjemahan kuno: Ia pun memerintahkan pembantu-pembantunya untuk memasang; Ibrani: Aku berkata, "Suruhlah mereka memasang."

Beberapa terjemahan kuno: Ia pun memerintahkan pembantu-pembantunya untuk memasang; Ibrani: Aku berkata, "Suruhlah mereka memasang."

Jerusalem: Za 3:1 - ia memperlihatkan Dalam naskah Ibrani tidak jelas siapa yang memperlihatkan, Tuhan sendiri atau malaikat

Dalam naskah Ibrani tidak jelas siapa yang memperlihatkan, Tuhan sendiri atau malaikat

Jerusalem: Za 3:1 - Iblis berdiri di sebelah kanannya Pada pintu gerbang sorga Malaikat Tuhan mengetahui sidang pengadilan. Iblis (Ibraninya: Syatan, bdk Ayu 1:6), artinya: pendakwa, penggugat, berdiri di...

Pada pintu gerbang sorga Malaikat Tuhan mengetahui sidang pengadilan. Iblis (Ibraninya: Syatan, bdk Ayu 1:6), artinya: pendakwa, penggugat, berdiri di sisi kanan imam besar.

Jerusalem: Za 3:2 - Malaikat TUHAN Ini menurut terjemahan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: TUHAN

Ini menurut terjemahan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: TUHAN

Jerusalem: Za 3:2 - dia ini puntung yang telah ditarik dari api Yosua mewakili bangsa Yahudi.

Yosua mewakili bangsa Yahudi.

Jerusalem: Za 3:3 - pakaian yang kotor Pakaian itu adalah tanda perkabungan, entah atas kematian seseorang, entah atas bencana nasional. Dalam hal terakhir ini perkabungan mengandung pengak...

Pakaian itu adalah tanda perkabungan, entah atas kematian seseorang, entah atas bencana nasional. Dalam hal terakhir ini perkabungan mengandung pengakuan dosa.

Jerusalem: Za 3:4 - -- Maksud ayat ini ialah: perkabungan nasional dihentikan. Berdasarkan terjemahan Yunani Zak 3:4-5 mungkin perlu diurutkan sbb: 4a yang memberikan perint...

Maksud ayat ini ialah: perkabungan nasional dihentikan. Berdasarkan terjemahan Yunani Zak 3:4-5 mungkin perlu diurutkan sbb: 4a yang memberikan perintah kepada orang-orang yang melayaninya. "Tanggalkanlah pakaian yang kotor dari padanya. 4c Kenakanlah kepadanya pakaian pesta. 5 Taruhlah serban tahir pada kepalanya". Maka mereka menaruh serban tahir pada kepalanya dan mengenakan pakaiannya sendiri kepadanya. Malaikat TUHAN berdiri di situ 4b dan berkata kepadanya: "Lihat dengan ini aku telah menjauhkan kesalahanmu dari padamu."

Jerusalem: Za 3:4 - Aku akan mengenakan kepadamu pakaian Dalam terjemahan Yunani terbaca: Kenakanlah pakaian.

Dalam terjemahan Yunani terbaca: Kenakanlah pakaian.

Jerusalem: Za 3:5 - Kemudian ia berkata Ini sebaik-baiknya dihilangkan. Dalam terjemahan Yunani terbaca: Kemudian aku berkata kepadamu

Ini sebaik-baiknya dihilangkan. Dalam terjemahan Yunani terbaca: Kemudian aku berkata kepadamu

Jerusalem: Za 3:5 - mengenakan pakaian Dalam terjemahan Yunani terbaca: mengenakan pakaiannya sendiri.

Dalam terjemahan Yunani terbaca: mengenakan pakaiannya sendiri.

Jerusalem: Za 3:7 - Beginilah firman TUHAN semesta alam Yosua di sini tidak lagi mewakili bangsa Yahudi. Allah berbicara dengan Yosua sendiri dan keimaman di masa depan, bdk Zak 3:8. Keimaman itu turut menu...

Yosua di sini tidak lagi mewakili bangsa Yahudi. Allah berbicara dengan Yosua sendiri dan keimaman di masa depan, bdk Zak 3:8. Keimaman itu turut menunaikan tugas para malaikat sebagai perantaraan, bdk Mal 2:7.

Jerusalem: Za 3:8 - Sang Tunas Bdk Yer 23:5+. Rupanya gelar Mesias ini belum diberikan kepada Zerubabel, sebagaimana terjadi dalam Zak 6:12.

Bdk Yer 23:5+. Rupanya gelar Mesias ini belum diberikan kepada Zerubabel, sebagaimana terjadi dalam Zak 6:12.

Jerusalem: Za 3:9 - Sebab sesungguhnya.... firman TUHAN semesta alam Bagian ayat ini sebaik-baiknya ditempatkan antara Zak 3:7 dan Zak 3:8.

Bagian ayat ini sebaik-baiknya ditempatkan antara Zak 3:7 dan Zak 3:8.

Ende: Za 3:1-7 - -- Dalam penglihatan ini suatu perkara pengadilan digambarkan pada pintu-gerbang surga. Ketuanja ialah malaekat Jahwe dan iapun mewakiliNja. Datanglah pe...

Dalam penglihatan ini suatu perkara pengadilan digambarkan pada pintu-gerbang surga. Ketuanja ialah malaekat Jahwe dan iapun mewakiliNja. Datanglah penuduh dan imam Jesjua', si terdakwa. Jesjua' dibela oleh malaekat Jahwe. Ia kan telah diselamatkan oleh Jahwe dari pembuangan. Ia berpakaian perkabungan. Ia lalu ditahirkan dan dilantik sebagai imamagung dalam Jerusjalem jang baru dan sjarat2 djabatannja ditetapkan.

Ende: Za 3:4 - jang berdiri didepanNja ialah malaekat2 lain, pegawai pengadilan.

ialah malaekat2 lain, pegawai pengadilan.

Ende: Za 3:7 - -- Imamagung boleh menghadap Jahwe di baitullah, seperti malaekat2 menghadapNja disurga. Malaekat2 dan imamagung merupakan pengantara pada Jahwe.

Imamagung boleh menghadap Jahwe di baitullah, seperti malaekat2 menghadapNja disurga. Malaekat2 dan imamagung merupakan pengantara pada Jahwe.

Ende: Za 3:8 - -- Mereka mendjadi tanda bukti, bahwa Zakarja mengutjap nubuat itu.

Mereka mendjadi tanda bukti, bahwa Zakarja mengutjap nubuat itu.

Ende: Za 3:8 - Taruk ialah nama al-Masih.

ialah nama al-Masih.

Ende: Za 3:9-10 - -- Ajat2 ini gelap sekali maknanja.

Ajat2 ini gelap sekali maknanja.

Endetn: Za 3:2 - (malaekat) ditambahkan menurut terdjemahan Syriah.

ditambahkan menurut terdjemahan Syriah.

Endetn: Za 3:5 - -- Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani: "Maka kataku: mereka". "taruhlah", diperbaiki menurut terdjemahan Junani.

Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani: "Maka kataku: mereka". "taruhlah", diperbaiki menurut terdjemahan Junani.

Ref. Silang FULL: Za 3:1 - besar Yosua // sedang Iblis · besar Yosua: Ezr 2:2; Ezr 2:2; Za 6:11 · sedang Iblis: 2Sam 24:1; 2Sam 24:1; 2Taw 18:21; 2Taw 18:21; Mazm 109:6; Mazm 109:6; Mat 4:10;...

· besar Yosua: Ezr 2:2; [Lihat FULL. Ezr 2:2]; Za 6:11

· sedang Iblis: 2Sam 24:1; [Lihat FULL. 2Sam 24:1]; 2Taw 18:21; [Lihat FULL. 2Taw 18:21]; Mazm 109:6; [Lihat FULL. Mazm 109:6]; Mat 4:10; [Lihat FULL. Mat 4:10]

Ref. Silang FULL: Za 3:2 - menghardik engkau // yang memilih // ini puntung // dari api · menghardik engkau: Yud 1:9 · yang memilih: Yes 14:1; Yes 14:1 · ini puntung: Yes 7:4; Yes 7:4 · dari api: Yud 1:23

· menghardik engkau: Yud 1:9

· yang memilih: Yes 14:1; [Lihat FULL. Yes 14:1]

· ini puntung: Yes 7:4; [Lihat FULL. Yes 7:4]

· dari api: Yud 1:23

Ref. Silang FULL: Za 3:4 - menjauhkan kesalahanmu // kepadamu pakaian · menjauhkan kesalahanmu: 2Sam 12:13; 2Sam 12:13; Yeh 36:25; Yeh 36:25; Mi 7:18; Mi 7:18 · kepadamu pakaian: Kej 41:42; Kej 41:42; Mazm ...

· menjauhkan kesalahanmu: 2Sam 12:13; [Lihat FULL. 2Sam 12:13]; Yeh 36:25; [Lihat FULL. Yeh 36:25]; Mi 7:18; [Lihat FULL. Mi 7:18]

· kepadamu pakaian: Kej 41:42; [Lihat FULL. Kej 41:42]; Mazm 132:9; [Lihat FULL. Mazm 132:9]; Yes 52:1; [Lihat FULL. Yes 52:1]; Wahy 19:8

Ref. Silang FULL: Za 3:5 - Taruhlah serban · Taruhlah serban: Kel 29:6; Kel 29:6

· Taruhlah serban: Kel 29:6; [Lihat FULL. Kel 29:6]

Ref. Silang FULL: Za 3:7 - melakukan tugas // memerintah rumah-Ku // dan mengurus // di sini · melakukan tugas: Im 8:35; Im 8:35 · memerintah rumah-Ku: Ul 17:8-11; Yeh 44:15-16; Yeh 44:15; Yeh 44:16 · dan mengurus: 2Taw 23...

· melakukan tugas: Im 8:35; [Lihat FULL. Im 8:35]

· memerintah rumah-Ku: Ul 17:8-11; Yeh 44:15-16; [Lihat FULL. Yeh 44:15]; [Lihat FULL. Yeh 44:16]

· dan mengurus: 2Taw 23:6

· di sini: Yer 15:19; Za 6:15

Ref. Silang FULL: Za 3:8 - imam besar // suatu lambang // Sang Tunas · imam besar: Hag 1:1 · suatu lambang: Ul 28:46; Ul 28:46; Yeh 12:11; Yeh 12:11 · Sang Tunas: Yes 4:2; Yes 4:2; Yes 49:3; Yes 4...

· imam besar: Hag 1:1

· suatu lambang: Ul 28:46; [Lihat FULL. Ul 28:46]; Yeh 12:11; [Lihat FULL. Yeh 12:11]

· Sang Tunas: Yes 4:2; [Lihat FULL. Yes 4:2]; Yes 49:3; [Lihat FULL. Yes 49:3]; Yeh 17:22; [Lihat FULL. Yeh 17:22]

Ref. Silang FULL: Za 3:9 - kepada Yosua // satu permata // bermata tujuh // menghapuskan kesalahan · kepada Yosua: Ezr 2:2; Ezr 2:2 · satu permata: Yes 28:16 · bermata tujuh: 2Taw 16:9; 2Taw 16:9 · menghapuskan kesalahan:...

· kepada Yosua: Ezr 2:2; [Lihat FULL. Ezr 2:2]

· satu permata: Yes 28:16

· bermata tujuh: 2Taw 16:9; [Lihat FULL. 2Taw 16:9]

· menghapuskan kesalahan: 2Sam 12:13; [Lihat FULL. 2Sam 12:13]; Yer 50:20; [Lihat FULL. Yer 50:20]

Ref. Silang FULL: Za 3:10 - temannya duduk // pohon ara · temannya duduk: Ayub 11:18; Ayub 11:18 · pohon ara: Bil 16:14; Bil 16:14; 1Raj 4:25; 1Raj 4:25; Mi 4:4

· temannya duduk: Ayub 11:18; [Lihat FULL. Ayub 11:18]

· pohon ara: Bil 16:14; [Lihat FULL. Bil 16:14]; 1Raj 4:25; [Lihat FULL. 1Raj 4:25]; Mi 4:4

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Za 3:1 - Imam besar Yosua berdiri di hadapan Malaikat TUHAN // Iblis berdiri di sebelah kanannya 1. Imam besar Yosua berdiri di hadapan Malaikat TUHAN. Penglihatan-penglihatan terdahulu menekankan berkat bagi Israel. Namun janji-janji ini tergantu...

1. Imam besar Yosua berdiri di hadapan Malaikat TUHAN. Penglihatan-penglihatan terdahulu menekankan berkat bagi Israel. Namun janji-janji ini tergantung pada kepatuhan dan kekudusan bangsa ini. Penglihatan keempat menunjukkan bahwa jabatan imam Israel harus diduduki dengan pertolongan Tuhan. Keimaman yang tercemar telah mendatangkan celaka atas Israel; dan memerlukan penyucian (bdg. Yeh. 22:26). Zakharia melihat imam besar Yosua, dalam kapasitas sebagai pejabat dan wakil, berdiri di hadapan Malaikat TUHAN dalam pelayanannya sebagai imam. Mendadak dia ternyata menjadi obyek dakwaan Iblis. Jika dia tidak diakui, maka bangsa itu juga akan ditolak; jika dia bersih, maka bangsa itu akan diterima. Iblis berdiri di sebelah kanannya. Iblis muncul dengan maksud untuk mengajukan hukumannya (bdg. Mzm. 109:31).

Wycliffe: Za 3:2 - Tuhan yang memilih Yerusalem // Puntung yang telah ditarik dari api 2. Tuhan yang memilih Yerusalem. Mesias meminta Sang Bapa menghardik Iblis, bukan karena Israel benar, bukan karena Iblis melebih-lebihkan tuntutannya...

2. Tuhan yang memilih Yerusalem. Mesias meminta Sang Bapa menghardik Iblis, bukan karena Israel benar, bukan karena Iblis melebih-lebihkan tuntutannya, bukan karena bangsa ini telah menderita dalam api pembuangan, melainkan karena Allah telah menetapkan pilihan kekal dan tetap bagi Israel sebab Allah mengasihinya (bdg. Rm. 9:16; 11:5). Puntung yang telah ditarik dari api. Gambaran ini dipakai untuk Israel, sebab, walaupun tangan Allah telah menghajarnya, Allah masih memiliki maksud-maksud berkat pada masa depan bagi dunia melalui dia.

Wycliffe: Za 3:3 - Yosua mengenakan pakaian yang kotor 3. Yosua mengenakan pakaian yang kotor. Keimaman dinodai oleh kotornya dosa. Jadi, betapa tidak layaknya bahwa seorang imam mencoba berdiri di hadapan...

3. Yosua mengenakan pakaian yang kotor. Keimaman dinodai oleh kotornya dosa. Jadi, betapa tidak layaknya bahwa seorang imam mencoba berdiri di hadapan Malaikat TUHAN yang kudus.

Wycliffe: Za 3:4 - Tanggalkanlah pakaian yang kotor itu 4. Tanggalkanlah pakaian yang kotor itu. Yosua tidak berdaya untuk memulihkan keadaan itu; dia tidak dapat berbuat apa-apa untuk membersihkan dirinya ...

4. Tanggalkanlah pakaian yang kotor itu. Yosua tidak berdaya untuk memulihkan keadaan itu; dia tidak dapat berbuat apa-apa untuk membersihkan dirinya sendiri. Pembersihan pakaian melambangkan pengampunan, penerimaan, dan pendudukan kembali jabatan imam.

Wycliffe: Za 3:5 - Taruhlah serban tahir pada kepalanya 5. Taruhlah serban tahir pada kepalanya. Perintah Malaikat TUHAN ini mencakup pembersihan sepenuhnya serta pengenaan pakaian imam (bdg. Kel. 28:36-39-...

5. Taruhlah serban tahir pada kepalanya. Perintah Malaikat TUHAN ini mencakup pembersihan sepenuhnya serta pengenaan pakaian imam (bdg. Kel. 28:36-39-8).

Wycliffe: Za 3:7 - Hidup menurut jalan yang Kutunjukkan // Melakukan tugas yang Kuberikan kepadamu // Memerintah rumah-Ku // Mengurus pelataran-Ku // Masuk ke antara mereka yang berdiri melayani di sini 7. Hidup menurut jalan yang Kutunjukkan. Persyaratan dasar bagi para hamba Allah adalah menggunakan ketelitian dalam hal kesalehan pribadi. Melakukan ...

7. Hidup menurut jalan yang Kutunjukkan. Persyaratan dasar bagi para hamba Allah adalah menggunakan ketelitian dalam hal kesalehan pribadi. Melakukan tugas yang Kuberikan kepadamu. Ini berhubungan dengan pelaksanaan tugas-tugas jabatan dengan setia. Memerintah rumah-Ku. Para imam diminta untuk menyatakan kudus atau tidak kudus (Im. 10:10). Mengurus pelataran-Ku. Pelataran Tuhan perlu dijaga terhadap kenajisan. Masuk ke antara mereka yang berdiri melayani di sini. Berkat yang terbesar adalah diberi jalan masuk (harf., berjalan atau lewat) di antara para malaikat surgawi. Ada indikasi tentang persekutuan langsung dengan Tuhan.

Wycliffe: Za 3:8 - Kamu merupakan suatu lambang // Hamba-Ku, yakni Sang Tunas 8. Kamu merupakan suatu lambang. Orang khusus, yang menunjuk pada orang lain. Hamba-Ku, yakni Sang Tunas. Adalah jelas bahwa antitipenya adalah Mesias...

8. Kamu merupakan suatu lambang. Orang khusus, yang menunjuk pada orang lain. Hamba-Ku, yakni Sang Tunas. Adalah jelas bahwa antitipenya adalah Mesias Israel. Baik Hamba maupun Tunas merupakan sebutan untuk Mesias dalam PL. lihat Yesaya 42:1; 52:13; Yehezkiel 34:23,24; Yesaya 4:2; Yeremia 23:5. Sifat kemanusiaan dan kerendahan hati Sang Mesias ditekankan.

Wycliffe: Za 3:9 - Permata // Ukiran di atasnya // Aku akan menghapuskan kesalahan negeri ini dalam satu hari saja 9. Permata. Ini adalah nama ketiga dari Mesias (bdg. Mzm. 118:22; Mat. 21:42; I Ptr. 2:6). Ukiran di atasnya. Kiasan ini adalah untuk semua anugerah, ...

9. Permata. Ini adalah nama ketiga dari Mesias (bdg. Mzm. 118:22; Mat. 21:42; I Ptr. 2:6). Ukiran di atasnya. Kiasan ini adalah untuk semua anugerah, keindahan, dan karunia dari Sang Mesias, yang mempersiapkan Dia untuk menghadapi karya agung-Nya. Aku akan menghapuskan kesalahan negeri ini dalam satu hari saja. Inilah klimaks dari penglihatan tersebut serta maksud dari lambangnya. Kesalahan Israel akan dihapuskan sekali untuk selamanya melalui karya Mesias. Sebagaimana Yosua dan teman-temannya disucikan, serta bangsa itu juga, demikian pula Mesias akan menyempurnakan semuanya ini bagi bangsa-Nya pada masa mendatang.

Wycliffe: Za 3:10 - Di bawah pohon anggur dan di bawah pohon ara 10. Di bawah pohon anggur dan di bawah pohon ara. Berulang kali dalam PL, ketika Israel berada dalam hubungan rohani yang baik dengan TUHAN, kesejahte...

10. Di bawah pohon anggur dan di bawah pohon ara. Berulang kali dalam PL, ketika Israel berada dalam hubungan rohani yang baik dengan TUHAN, kesejahteraan materi diberikan kepadanya (bdg. Mi. 4:4 dengan I Raj. 4:25).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Utley: Za 3:1-5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 3:1-51 Kemudian ia memperlihatkan kepadaku imam besar Yosua berdiri di hadapan Malaikat TUHAN sedang Iblis berdiri di sebela...

Utley: Za 3:6-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 3:6-106 Lalu Malaikat TUHAN itu memberi jaminan kepada Yosua, katanya: 7 "Beginilah firman TUHAN semesta alam: Apabila engka...

Topik Teologia: Za 3:1 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Nabi Zakaria Zak 2:3 Zak 3:1-2 Zak 4:1 Zak 5:5 Setan

Topik Teologia: Za 3:2 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Tempat Penyembahan Pemenuhan Al...

Topik Teologia: Za 3:8 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Zakharia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Zakharia Tema : Penyelesaian Terakhir Bait Suci dan Janji-Janji Mesias Tanggal Penulisan: 520-470 SM Latar Belakang ...

Full Life: Zakharia (Garis Besar) Garis Besar I. Bagian Satu: Firman Nubuat Dalam Konteks Membangun Kembali Bait Suci (520-518 SM) (Za 1:1-8:23) ...

Jerusalem: Zakharia (Pendahuluan Kitab) ZAKHARIA Kitab Zakharia terdiri dari dua bagian yang jelas berbeda: Za 1-8 dan 9-14. Sesudah pendahuluan yang bertanggalkan bulan Oktober-Nopember thn...

Ende: Zakharia (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Zakharia (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Wycliffe: Zakharia (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN ZAKARIA Tanggal dan Kepenulisan. Zakharia, yang hidup sezaman dengan Hagai, mengawali pelayanan nubuatnya pada tahun 520 SM. Tanggal tera...

Wycliffe: Zakharia (Garis Besar) GARIS BESAR ZAKARIA I. Pengantar: Panggilan untuk Bertobat. 1:1-6. II. Penglihatan-penglihatan Zakharia pada Malam Hari. 1:7-6:15. ...

BIS: Zakharia (Pendahuluan Kitab) ZAKHARIA PENGANTAR Buku Zakharia terdiri dari dua bagian yang berbeda: (1) Pasal 1-8 (Za 1:1-8:23) berisi ramalan-ramalan Nabi Zakharia yang

ZAKHARIA

PENGANTAR

Buku Zakharia terdiri dari dua bagian yang berbeda:

  1. (1) Pasal 1-8 (Za 1:1-8:23) berisi ramalan-ramalan Nabi Zakharia yang diucapkannya antara tahun 520 dan tahun 518 Sebelum Masehi. Ramalan-ramalan itu kebanyakan dinyatakan dalam bentuk penglihatan-penglihatan, dan membicarakan perbaikan Yerusalem, pembangunan kembali Rumah TUHAN, serta penyucian umat Allah. Zakharia meramalkan juga masa kedatangan Raja yang dijanjikan Allah kepada umat-Nya.
  2. (2) Pasal 9-17 (Za 9:1-14:17) merupakan kumpulan pesan-pesan yang diucapkan pada masa-masa yang lebih kemudian. Di sini dibicarakan Juruselamat yang akan datang ke dunia, dan penghakiman terakhir.

Isi

  1.  Pesan-pesan yang berisi peringatan dan pengharapan
    Za 1:1-8:23
  2.  Penghakiman terhadap negeri-negeri tetangga Israel
    Za 9:1-8
  3.  Kemakmuran dan kesejahteraan di masa mendatang
    Za 9:9-14:21

Ajaran: Zakharia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Zakharia, orang-orang Kristen mengerti bahwa kedatangan Kristus telah dinubuatkan terlebih dahulu, dan keraj

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Zakharia, orang-orang Kristen mengerti bahwa kedatangan Kristus telah dinubuatkan terlebih dahulu, dan kerajaan yang kekal juga telah diberitakan di masa lalu. Dengan demikian mereka semakin mengetahui bahwa segala apa yang dikatakan Firman Allah adalah benar.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Zakharia.

Isi Kitab: Kitab Zakharia, terbagi atas 14 pasal. Kitab ini menunjuk kepada kedatangan Kristus yang pertama dan yang kedua kali.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Zakharia

  1. Pasal 1 (Za 1:1-6). Panggilan Allah kepada bangsa Israel untuk bertobat
  2. Pasal 1-6 (Za 1:7-6:15). Nabi Zakharia memperoleh penglihatan-penglihatan

Pendalaman

a. Bacalah pasal Za 1:7-17. Penglihatan pertama: nabi Zakharia adalah penunggang kuda, yang memberitakan tentang keamanan di bumi.

b. Bacalah pasal Za 1:18-21. Penglihatan yang kedua adalah empat tanduk dan empat tukang besi, yang mempunyai arti bahwa kerajaan yang menindas bangsa Israel mengalami kehancuran.

c. Bacalah pasal Za 2:1-13. Penglihatan ketiga adalah orang yang memegang tali ukuran dan mengukur kota Yerusalem, yang mengartikan bahwa Allah akan memanggil pulang umat-Nya.

d. Bacalah pasal Za 3:1-10. Penglihatan yang keempat adalah penglihatan tentang Yosua yang menjadi imam besar yang menggambarkan Yesus Kristus sebagai Imam penghapus dosa manusia.

e. Bacalah pasal Za 4:1-14. Penglihatan yang kelima adalah mengenai kandil emas yang menggambarkan Roh dan Firman Tuhan yang memberikan keberhasilan kepada Zerubabel.

f. Bacalah pasal Za 5:1-4. Penglihatan yang keenam adalah mengenai gulungan kitab yang terbang yang mengartikan hukuman bagi semua orang yang menolak hukum Allah.

g. Bacalah pasal Za 5:5-11. Penglihatan ketujuh adalah mengenai perempuan dalam gantang yang menggambarkan bahwa tanah Yehuda akan dibersihkan dari segala kejahatan.

h. Bacalah pasal Za 6:1-8. Penglihatan kedelapan adalah mengenai empat kereta yang menggambarkan Allah yang menguasai seluruh dunia.

  1. Pasal 7-8 (Za 7:1-8:23).

    Allah mengajarkan tentang ibadah puasa yang benar kepada bangsa Israel, dan janji keselamatan bagi bangsa-bangsa

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Za 9:1-8. Nubuatan tentang hukuman yang dijatuhkan kepada bangsa-bangsa.
    2. Bacalah pasal Za 9:9-10. Nubuatan tentang kedatangan Raja yang kekal (Yesus Kristus).
    3. Bacalah pasal Za 9:11-11:3. Nubuatan tentang pembebasan dan pemulihan kembali bangsa Israel.
    4. Bacalah pasal Za 11:4-17. Nubuatan tentang penolakan bangsa Israel terhada Gembala yang baik (Yesus Kristus).
    5. Bacalah pasal Za 12:1-14. Nubuatan tentang pembebasan dan pembaharuan Yerusalem.
    6. Bacalah pasal Za 13:1-9. Nubuatan tentang pembersihan yang dilakukan Alla terhadap kota Yerusalem.
    7. Bacalah pasal Za 14:1-21. Nubuatan tentang kedatangan Tuhan sebagai Raja di Yerusalem.

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Zakharia mengajarkan bahwa segala sejarah dunia sudah berada dalam pengetahuan Allah dan kuasa-Nya.

  2. Nubuatan akan kedatangan Yesus yang pertama telah terjadi, mengajarkan bahwa nubuatan yang memberitakan kedatangan Yesus kedua kali pasti akan digenapi.

  3. Nubuatan-nubuatan yang sudah digenapi membuktikan bahwa Allah tidak pernah berdusta/berbohong dalam perkataan-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Zakharia?
  2. Apakah pokok isi pemberitaan Kitab Zakharia?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setela mempelajari Kitab Zakharia?

Intisari: Zakharia (Pendahuluan Kitab) Nabi dan imam PENULISNYAZakharia adalah cucu Ido (Zak 1:1) yang mungkin saja adalah imam yang disebut dalam Nehemia 12:4 sebagai orang telah menemani

Nabi dan imam

PENULISNYA
Zakharia adalah cucu Ido (Zak 1:1) yang mungkin saja adalah imam yang disebut dalam Nehemia 12:4 sebagai orang telah menemani Zerubabel dan Yesua dari Babilonia ke Yerusalem. Jika Ido seorang imam, maka Zakharia adalah seorang imam dan nabi. Hal ini menjelaskan keprihatinan Zakharia untuk segera membangun kembali Rumah Tuhan (Ezra 6:14).

SITUASI SAAT ITU
Bangsa Yahudi dibawa kepembuangan di Babel dalam tahun 587/6 SM, tetapi kerajaan Babel tiba-tiba dikalahkan oleh Koresy, "Mesias Allah" (Yes 45:1). Ia segera mengumumkan bahwa orang-orang buangan boleh kembali ke Yerusalem, dan mulai dari tahun 538 SM daan seterusnya terjadi arus kembalinya bangsa Yahudi ke tanah air mereka. Tetapi pekerjaan membangun kembali Rumah Tuhan berjalan lambat sekali. Dalam tahun kedua pemerintahan Darius, Zakharia yang pada waktu itu masih muda mulai memberi semangat kepada mereka untuk mendorong menyelesaikan pekerjaan itu.

CIRI-CIRI NUBUATAN ZAKHARIA
Nubuatan Zakharia dapat dibagi dalam dua bagian (pasal Zak 1-8 dan Zak 9-14). Bagian pertama terdiri dari tujuh penglihatan yang luar biasa, ditambah dengan suatu pemandangan di sidang pengadilan tempat Imam Besar Yosua dituduh oleh Setan. Bagian kedua terutama membahas dua tema, yaitu penghakiman dan penyelamatan: penghakiman untuk orang yang tidak percaya, tetapi penyelamatan bagi umat Allah. Nubuatan ini ditutup dengan pemandangan mengenai hari Tuhan dan seruan nyata untuk hidup dalam kesucian. Perbedaan gaya penulisan kedua bagian nubuatan ini menurut pengamatan beberapa ahli disebabkan oleh karena bagian pertama ditulis pada waktu Zakharia berusia dua puluhan sedangkan bagian keduaa ditulis bertahun- tahun kemudia. Dan ciri yang luar biasa dari bagian kedua Zakharia adalah bahwa akibat dari suatu kejadian digambarkan sebelum kejadian itu terjadi. Sebagai contoh, dalam pasal 9, ayat Zak 9:1-8 menggambarkan penghakiman terhadap musuh- musuh bangsa Israel, tetapi kedatangan raja yang akan menghakimi mereka muncul dalam ayat Zak 9:9-13. Dalam pasal Zak 14 pembangunan kembali Yerusalem digambarkan sebelum tulah yang ditimpakan kepada bangsa-bangsa yang memerangi Yerusalem, tulah yang memaksa mereka untuk menghentikan serangan mereka. Perlu disebutkan juga mengenai "perumpamaan tentang para gembala" (pasal Zak 10,Zak 11) yang mengandung hal-hal yang sesuai atau yang berlawanan dengan tema Perjanjian Baru tentang Gembala Yang Baik. Di sini, para domba yang jemu terhadap Gembala Yang Baik membayarnya dengan tiga puluh keping perak (Zak 11:12,13; lihat Yoh 10; Mat 26:14-16; 27:3-10).

Pesan

Pesan Zakharia dibagi dalam dua bagian. Bagian pertama berkenaan dengan pemulihan Yerusalem, khususnya pembangunan kembali Rumah Tuhan.

1. Bagian pertama
o Penglihatan pertama: seorang laki-laki menunggang kuda merah. Dunia dalam keadaan damai, tetapi mengingat penindasan atas orang Yahudi, seharusnya tidaklah demikian. Reaksi Allah: penghakiman sudah dekat. Zak 1:7-17
o Penglihatan kedua: keempat tanduk: Tanduk merupakan lambang kerajaan-kerajaan, mungkin keempat kekaisaran pada masa Daniel, lebih mungkin lagi kerajaan dari keempat sudut bumi. Mereka segera akan dimusnahkan oleh keempat tukang besi Allah. Zak 1:18-21
o Penglihatan ketiga: Seorang laki-laki dengan pengukur tali, mencoba untuk mengukur Yerusalem. Tidak mungkin!
o Yerusalem segera akan menjadi penuh sesak dan tak mungkin dibangun tembok di sekelilingnya. Berkat Tuhan terlalu besat untuk ditampung! Zak 2:1-13
o Selingan: Yoshua sebagai imam besar. Penglihatan ini menerangkan bagaimana bangsa Yahudi yang jelas berdosa dapat sedemikian diberkati. Allah mengampuni; dalam kemurahanNya Allah memberi pakaian baru kepada bangsa Israel. Zak 3:1-10
o Penglihatan: Kandil emas dan dua pohon zaitun. Ini adalah lambang akhir zaman; pasal ini dengan jelas dikutip dalam Wahyu 1:12 (kaki dian) dan Zak 11:1,4 (tali pengukur dan pohon zaitun). Penglihatan ini menunjuk kepada Roh Kudus, hanya Dia yang dapat memberikan kuasa kepada Gereja. Zak 4:1-14
o Penglihatan keenam: seorang perempuan dalam gantang. Secara simbolis dosa bangsa Yehuda di bawa pergi ke tanah Sinear di Babel. Zak 5:5-11
o Penglihatan ketujuh: empat kereta kuda. Gunung-gunung tempat keluarnya kereta-kereta itu melambangkan kebesaran Allah dan hukum Allah, seperti di Sinai. Kereta kuda, lambang kekacauan, bergerak di seluruh dunia, mendorong umat Allah untuk mencari perlindungan di kota damai, Yerusalem, tempat merka bersama-sama membangun Rumah Tuhan. Zak 6:1-15

2. Bagian kedua
o Dimulai dengan penghakiman. Zak 9:1-17
o Memperkenalkan seorang Gembala-Penyelamat. Zak 10:1-11:17
o Petunjuk pertobatan. Zak 12:1-13:9
o Menggambarkan hari Tuhan. Zak 14:1-21

Penerapan

1. Nubutan dan peran Yerusalem
Dalam kitab yang singkat ini Yerusalem disebut sebanyak empat puluh kali. Kitab ini terutama menyangkut pengllihatan-penglihatan wahyu tentang akhir zaman. Sukar untuk membaca kitab ini dan kitab lainnya dalam seluruh Alkitab tanpa menyadari bahwa bangsa Yahudi secara umum dan Yerusalem secara khusus masih memegang peranan penting dalam rencana-rencana Allah.

2. Setan
Pasal Zak 3 merupakan suatu gambaran yang dramatis tentang setan yang sedang bekerja. Namanya (Setan dalam bahasa Ibrani dan Diabolos dalam bahasa Yunani) berarti penuduh. Di sini kita melihat bahwa setan menuduh Yoshua, Imam Besar, yang terlihat secara simbolis mengenakan pakaian kotor. Mengapa hakim (Malaikat Tuhan) tidak menghukum dia (Roma 8:31-39)? Kenyataannya, setanlah yang dijatuhi hukuman ketika Yoshua secara simbolis diberi pakaian yang bersih (lihat 1Yohanes 2:1,2).

3. Menafsirkan penglihatan-penglihatan
Ketujuh penglihatan itu sukar untuk ditafsirkan. Beberapa ahli telah mencari arti dari tiap detail penglihatan itu. Tetapi, perhatikan penafsiran yang sangat terbatas yang diberikan oleh para malaikat. Dalam penglihatan yangpertama, kita diberitahukan siapa para penunggang kuda itu; dan semak pohon bunga mungkin saja menggambarkan Israel. Tetapi, bagaimana tentang warna-warna kuda? Mengapa kitab gulungan berukuran panjang dua puluh hasta dan lebar sepuluh hasta (Zak 5:2), atau tutup gantang terbuat dari timah (Zak 5:7)? seperti halnya juga dengan perumpamaan- perumpamaan dalam Perjanjian Baru kita harus mencari artinya yang utama tanpa mempermasalahkan hal-hal detail.

Tema-tema Kunci

1. Tiga orang penting
Nubutan ini memfokuskan perhatian pada tiga orang, yaitu Zakharia sendiri, Yoshua, Imam Agung, dan Zerubabel yang menjadi Gubernur Yehuda (Hagai 1:1). Zakharia adalah gembala dari pasal Zak 11 dan dengan demikian menjadi model, atau gambar Kristus. Seperi Kristus, ia menderita cemooh dari setiap domba yang dicobanya untuk digembalakan dan seperti Yesus ia pun di jual seharga seorang budak (Matius 26:15; Keluaran 21:32). Yosua adalah seorang Imam Besar yang juga seorang model Kristus dan diberi julukan Sang Tunas (Zak 6:12). (Juga lihat Yes 11:1; Yer 23:5; dan Yer 33:15). Zerubabel ("Benih dan Babel") adalah keturunan raja Yoyakim, dan ia ada dalam rombongan pertama yang kembali dari Pembuangan dalam tahun 537 SM. Ia seorang yang dapat diandalkan; dialah yang memulai pembangunan kembali Bait Suci dan menyelesaikannya. Tujuan utamanya ialah "Materai kerajaan" (Hagai 2:20-23), suatu indikasi bahwa sebagai Gubernur ia memerintah atas nama Allah. Pelajarilah referensi yang menyangkut ketiga orang penting ini: Ezra 2:1,2; 3:1-9; 4:1-3; 5:1-2; Hagai 1:1; 2:1-5,20-23; Zak 3:1-10; 4:6-10; 6:9- 15; 11:4- 17; Mat 1:12. Lihat bagaimana satu sama lain saling berkaitan.

2. Memperbandingkan tema alkitabiah
Orang Kristen tidak bisa terlalu bebas dalam menafsirkan suatu bagian Alkitab menurut apa yang dianggapnya paling baik. Sering kali kebebasaan kita terbatas, sebab bagian Alkitab yang sedang kita telaah dikomentari atau diperjelas atau ditafsirkan di bagian lain dalam Alkitab. Zakharia 4 adalah contoh yang baik mengenai hal ini. Kandil emas dengan jelas ditulis dalam Wah 1:12 dan kedua pohon zaitun dalam Wah 11. Perhatikan bagaimana Why. menambahkan detail terhadap nubuatan terdahulu, dan bagaimana Wah 11:4, seperti Zakharia, menyatukan kandil emas dan kedua pohon zaitun. Setiap pasal saling mendukung dalam penafsirannya, tetapi tidak saling bertolak belakang. Yes 7:14 juga ditafsirkan serupa oleh Mat 1:22,23. Carilah dalam Alkitab contoh-contoh lainnya (Keluaran; Yunus; Imam Besar; Yesaya 53).

Garis Besar Intisari: Zakharia (Pendahuluan Kitab) [1] KITAB TENTANG KETUJUH PENGLIHATAN Zak 1:1-8:23 Zak 1:1-6Pengantar: seruan untuk bertobat Zak 1:7-17Penglihatan pertama: seorang laki-laki di a

[1] KITAB TENTANG KETUJUH PENGLIHATAN Zak 1:1-8:23

Zak 1:1-6Pengantar: seruan untuk bertobat
Zak 1:7-17Penglihatan pertama: seorang laki-laki di atas seekor kuda merah
Zak 1:18-21Penglihatan kedua: empat tanduk
Zak 2:1-13Penglihatan ketiga: seorang laki-laki dengan tali pengukur
Zak 3:1-10Selingan: imam besar Yosua dituduh dan dibebaskan dari tuduhan
Zak 4:1-14Penglihatan keempat: kandil emas yang berhiaskan dua pohon zaitun
Zak 5:1-4Penglihatan kelima: gulungan kitab yang terbang
Zak 5:5-11Penglihatan keenam: seorang perempuan dalam gantang
Zak 6:1-15Penglihatan ketujuh: empat kereta
Zak 7:1-14Tambahan: seruan untuk bertobat diulangi lagi dua tahun kemudian
Zak 8:1-23Hari depan Yerusalem yang gemilang

[2] KITAB NUBUATAN: I NUBUATAN TENTANG PENGHAKIMAN Zak 9:1-17

Zak 9:1-8Hukuman atas bangsa-bangsa
Zak 9:9-13Seorang Penyelamat untuk Sion
Zak 9:14-17Kedatangan Tuhan

[3] KITAB NUBUATAN: II PARA GEMBALA Zak 10:1-11:17

Zak 10:1-5Seorang gembala bagi Yehuda
Zak 10:6-12Domba-domba dikumpulkan
Zak 1:1-9Domba yang memilih kehancuran
Zak 11:10-17Menentukan harga seorang gembala

[4] KITAB NUBUATAN: III NUBUATAN TENTANG PENYELAMATAN Zak 12:1-13:9

Zak 12:1-9Yerusalem diselamatkan
Zak 12:10-14Jalan keselamatan: pertobatan
Zak 13:1-6Akibat penyelamatan: Yerusalem dibersihkan
Zak 13:7-9Cara penyelamatan: penderitaan sang gembala

[5] KITAB NUBUATAN: IV HARI TUHAN Zak 14:1-21

Zak 14:1-7Hari Tuhan: kegelapan
Zak 14:8-11Hari Tuhan: Tuhan adalah air kehidupan
Zak 14:12-19Hari Tuhan: penghakiman
Zak 14:20-21Hari Tuhan: kesucian
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #31: Tutup popup dengan arahkan mouse keluar dari popup. Tutup sticky dengan menekan ikon . [SEMUA]
dibuat dalam 0.68 detik
dipersembahkan oleh YLSA